Bagaimana Menjadi Seorang Jutawan

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai
Selandia Baru, 27 April 2000 (Asli dalam Bahasa Inggris)


Ketika Anda berlatih secara rohani, Anda memiliki segala sesuatu, sebagai contoh, Anda sekarang memiliki lebih banyak teman daripada yang pernah Anda impikan, Anda kemungkinannya memiliki lebih banyak anak dan bekerja lebih keras daripada sebelumnya, dan memiliki lebih banyak uang, beberapa di antara kalian, dan pekerjaan yang lebih baik. Atau bahkan jika Anda memiliki uang dalam jumlah yang sama, Anda mengetahui bagaimana cara pengaturannya yang lebih baik, dan dengan demikian Anda memiliki lebih banyak daripada sebelumnya. Anda melakukan perjalanan lebih banyak daripada yang pernah Anda lakukan sebelumnya dengan jumlah uang yang sama, karena Anda mengetahui bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik, dan dengan demikian Anda menjadi lebih berbahagia. Anda memiliki lebih banyak daripada sebelumnya, meskipun kemungkinannya pendapatan Anda sama adanya

Para Praktisi Quan Yin adalah Gerbang ke Surga

Saya membaca suatu artikel di majalah, "Bagaimana Menjadi Seorang Jutawan." Inginkah kalian mendengarkannya? Sangat masuk di akal. Kita memberikan sedemikian banyaknya uang,  tidakla banyak, tetapi buat kita uang itu adalah begitu banyaknya. Sebenarnya, uang itu juga begitu banyaknya. Jutaan dollar bukanlah uang yang kecil di dunia ini. Meskipun kita tidak dapat membandingkan diri kita dengan Bill Gates (pendiri dan komisaris utama Microsoft Corp., salah satu orang terkaya di dunia, yang memberikan begitu banyak uang).  Kita adalah 'gerbang-gerbang' (gates) yang berbeda, namun kita juga adalah gerbang. [Tertawa] "Quan Yin Fa Mun" berarti "gerbang ke surga, gerbang ke alam Tuhan." Kita juga menyumbangkan begitu banyak uang, dalam kapasitas kita. Orang lain juga berpikir uang itu begitu banyaknya! Uang itu tidaklah begitu banyak dibandingkan dengan orang lain atau Bank Dunia, tetapi uang itu sedemikian banyaknya untuk apa yang kita peroleh, untuk perbuatan orang awam. Kebanyakan orang tidak memberikan itu.

Jadi saya juga memberikan, dan banyak orang berpikir bahwa saya sangat kaya. Saya juga, tetapi saya tidaklah sekaya yang mereka pikirkan, yang mana adalah baik. Namun jika mereka mengunjungi kita, katakan jika mereka adalah saya dan memiliki sejumlah uang tersebut, mereka tidak akan kelihatan sebegitu kayanya; mereka tidak akan dapat memberikan sedemikian banyaknya, bukanlah karena mereka tidak ingin melakukannya. Melainkan hanya karena mereka tidak tahu bagaimana mengaturnya sehingga uang itu terhambur begitu saja.

Latihan Rohani Membawa Kelimpahan

Jadi, ketika saya membaca artikel tersebut, saya pikir sungguh hebat sekali. Saya telah melakukannya -- "Bagaimana Menjadi Seorang Jutawan". Saya telah mengetahui keseluruhannya. Tetapi ketika saya membaca artikel tersebut, kelihatannya seperti saya telah menulisnya sendiri. Karena sedemikian alaminya -- beberapa orang memilikinya secara alami. Tetapi ianya juga karena kita tercerahkan. Kita berlatih dalam jalur tercerahkan dan jalur kasih, dan kita memiliki sedikit keinginan di dunia ini. 

Seperti apa adanya Anda sekarang -- sebelumnya, Anda memiliki begitu banyak, tetapi Anda masih berpikir bahwa Anda belum cukup memiliki, namun sekarang, seberapa banyakpun yang Anda miliki, Anda dapat mengaturnya. Anda masih dapat datang ke New Zealand, Thailand, atau retret di manapun juga, sejauh Anda memiliki cuti. Anda selalu dapat mengatur, dan itu suatu keajaiban. Dan Anda merasakan bahwa itu cukup adanya. Dan Anda selalu merasa dikasihi. Saya hanyalah satu orang, tetapi Anda sekalian merasakan bahwa saya mengasihi kalian sendirian, bahwa saya memiliki kasih yang cukup untuk semua orang. Hal tersebut karena kita berlatih dalam jalur kasih. Kita mengetahui bagaimana memiliki secara cukup, seperti halnya mengetahui bagaimana menghemat lebih banyak dan Anda menginginkan sedikit barang yang tidak perlu, sehingga dengan demikian Anda menghemat lebih banyak uang! Jadi pada saat Anda menghemat satu dollar, sepertinya Anda memperoleh penghasilan satu dollar lebih banyak, dan Anda tidak perlu bekerja untuk memperolehnya. Anda hanya memotong beberapa barang yang tidak perlu. Sebelumnya, Anda keluar untuk   membeli segala sesuatu, tetapi sekarang  Anda harus berpikir secara hati-hati. Sebelumnya, Anda keluar dan membeli segala sesuatu, tetapi sekarang Anda langsung menuju ke tempat penjualan tahu. Anda menghemat uang, waktu dan pikiran.  

Sebelumnya, Anda memasak segala macam makanan, tetapi sekarang hanyalah tahu dan chap-chai, dan besoknya, chap-chai dan tahu. Suatu kehidupan yang bersahaja. Sebelumnya, Anda berpelesiran ke mana-mana, dan kemungkinannya Anda perlu memesan kamar hotel untuk dirimu dan suamimu, dan membelanjakan sebegitu banyaknya uang. Tetapi sekarang, Anda hanya cukup mengepak tenda dan berkemah di luar kesegaran udara; alami adanya. Oksigen -- begitu banyak disekitar Anda, karena Anda berkemah di bawah pohon dan di atas rumput. Anda merasa enak, enteng, dan juga ekonomis. 

Kita hidup bersama, dan kita berbahagia. Kita tidak perlu tinggal di hotel besar untuk berbahagia. Kenyataannya, kita lebih berbahagia daripada ketika kita tinggal di hotel besar karena kita memiliki kepentingan dan citta yang umum, kita saling mengasihi, dan kita merasa begitu enak. Dan udaranya, makanannya, dan atmosfir yang sehat menjadikan kita merasa sedemikian enaknya.

Anda tidak harus memperoleh lebih banyak uang; Anda cukup perlu mengetahui bagaimana menghidupi kehidupanmu, karena Anda hanya memiliki satu kehidupan, kehidupan ini. Apakah saya membicarakan kebenaran atau tidak, apakah Anda memiliki surga atau tidak, atau Anda telah berinkarnasi atau tidak, kehidupan inilah yang Anda semua ketahui. Jika Anda tidak mengaturnya secara baik, Anda tidak dapat hidup secara bebas dan  Anda tidak dapat merasakan kebahagiaan tersebut. Anda harus  melakukan apa yang sesungguhnya Anda inginkan, dan apa yang baik untuk Anda.

Tentu saja, Anda akan mengatakan kepada saya bahwa dengan demikian Anda dapat melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan, tetapi itu tidak betul adanya. Apa yang baik untuk Anda adalah apa yang seharusnya Anda lakukan. Diet vegetarian adalah sehat, dan meditasi menenangkan saraf Anda, menjadikanmu lebih bercahaya, lebih pintar dan lebih mengasihi. Itu baik buat Anda. Bukanlah berarti Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Tentu saja kita dapat melakukan apapun yang kita kehendaki. Tetapi apa yang baik untuk kita -- itulah apa yang dilakukan oleh orang yang pintar. Menghemat uang adalah lebih baik daripada memperoleh uang. Segala sesuatu yang Anda hemat adalah seperti Anda memperolehnya, hanya saja Anda tidak perlu harus pergi dan bekerja agar dapat memperolehnya, atau bahkan membayar pajak atas penghasilan tersebut. Apapun yang Anda peroleh adalah milik Anda. Dan Anda dapat melakukan apapun yang diinginkan. Anda dapat memberikan sesuatu yang Adna sukai, atau memberikan kepada orang yang membutuhkan. Itulah apa yang kita kerjakan sepanjang waktu. Saya juga melakukannya. Saya melakukan apa yang saya katakan kepada kalian.    

Teladani Contoh Guru Yang Sempurna

Saya tidak selalu melakukan hal-hal yang tertulis dalam majalah berita. Hal-hal yang seringkali saya lakukan tidak tertulis di dalamnya. Mungkin tertulis hanya karena ada orang yang mengetahui dan hadir di sana, kemudian menuliskan laporan, seperti peristiwa konser yang mana setiap orang harus mengetahuinya. Di luar itu, saya melakukannya setiap hari, setiap waktu, pada setiap kesempatan yang saya miliki.

Suatu ketika seorang Pendamping Dharma tertawa dan ia berkata, " Guru, mengapa makanan-makanan yang ada di McDonald's harganya begitu mahal ? Suatu rumah makan termahal yang pernah saya tahu !", Anda tahu mengapa ? Karena ketika kami berkunjung ke sana dan menemukan beberapa orang tuna-wisma yang mengorek tempat sampah untuk mencari makanan sisa, saya memberinya uang sebesar 500 dollar. Ia berkata, " Ya Tuhan, hanya makan beberapa kentang goreng dan dua gelas cola harganya 500 dollar [Tertawa]. Kita selalu berbagi di setiap kesempatan. Seringkali kita melihat para tuna-wisma berkeliaran di sekitar tempat sampah untuk mencari makanan, saya tidak tega melihatnya sehingga saya memberi mereka sesuatu. Saya memberi mereka apa yang ada di tangan saya. Ia berkelakar, " Kami hanya memesan dua paket kentang goreng dan minum dua gelas medium cola, kami melayani sendiri bahkan berbaris untuk memesan makanan ditambah lagi dengan harganya yang sangat mahal!". Di rumah makan kelas satu, Anda hanya tinggal duduk diberi serbet dan lainnya, kemudian pelayan akan datang dan melayani kita seperti layaknya seorang raja. Kemudian Anda membayar, tiga ratus, empat ratus atau lima ratus dollar tergantung apa yang kita pesan. Walaupun tiga ratus dollar terasa cukup mahal untuk makan dua orang di rumah makan nomor satu, namun orang itu merasa makan di McDonald's lebih mahal lagi, kelakarnya.

Hal-hal demikian kita lakukan karena kita mengasihi sesama kita, karena bagaimanapun mereka adalah bagian dari kita sehingga tidak ada lagi yang perlu dibicarakan. Namun kadang-kadang kita menuliskannya di majalah berita karena murid-murid lainnya perlu contoh untuk mereka pelajari, selain itu apapun yang saya lakukan, saya lakukan secara terbuka, sehingga bisa diketahui orang banyak. Kita tidak bermaksud untuk menggembar-gemborkan kegiatan kita supaya diketahui orang lain, tetapi kita membuatnya supaya kita bisa tetap berhubungan karena kita tahu apa yang telah kita kerjakan.

Jika kita bermaksud mengungkapkannya kepada orang lain, kita tinggal menuliskannya di "Reuters" atau perusahaan berita lainnya, tidak hanya menuliskannya di majalah kecil kita. Tapi inilah jalan hidup yang kita jalani setiap saat. Setiap orang harus melakukannya. Saya sangat bangga Anda menjalaninya setiap saat. Saya tahu Anda melakukannya secara pribadi dan Anda memiliki sejumlah uang untuk hadir disini, untuk melakukan retret, untuk menjumpai saya saat Anda punya kesempatan untuk itu. Dapatkah Anda lihat bahwa hidup Anda sekarang lebih kaya ? [Ya!] [Tepuk tangan].

Saya memberi setiap saat dan saya masih memiliki cukup banyak, maksud saya cukup banyak untuk ukuran saya. Apalagi yang saya perlukan ? Ketika saya datang ke sini untuk menemui Anda , saya memakai pakaian ini, ini adalah pakaian yang saya rancang sendiri, hanya untuk kesenangan semata, dan bila saya tidak bersama Anda lagi, saya akan segera melepaskannya, karena pakaian ini berat dan saya tidak terlalu menyukainya. Saya makan sekali atau dua kali setiap harinya, baik itu makanan yang masih baru ataupun sisa makanan saya sebelumnya, Apalagi yang saya perlukan ? Karena itulah saya bisa memiliki cukup banyak uang, karena saya tidak terlalu banyak membelanjakannya, bukan karena saya memiliki uang lebih banyak. Demikian pula Anda, walaupun Anda memiliki pendapatan tetap seperti dulu, Anda bisa memiliki seorang anak beberapa orang anak lagi dan Anda tetap memiliki uang lebih. Anda bisa merasa bahwa hidup Anda lebih kaya dari sebelumnya dan Anda merasa puas akan kehidupan Anda yang terasa lebih dari cukup, bukankah demikian ? Itulah trik yang sebenarnya harus Anda lakukan.

Mengatur secara Bijak untuk Menjadi Seorang Jutawan

Banyak orang yang telah menjadi Jutawan dan tidak seorangpun yang mengetahuinya. Setiap orang menyangka untuk menjadi seorang Jutawan sangatlah sulit, padahal sebenarnya tidak demikian. Orang-orang yang telah menjadi Jutawan biasanya hidup hemat dan sederhana. Bahkan mereka tidak mengendarai mobil mewah. Mereka membeli mobil bekas sehingga mereka tidak perlu membayar pajak yang mahal. Mereka hanya mengendarai mobil yang mereka rasa aman. Mereka tidak menjalani hidup seperti apa yang kita kira, karena mereka tahu jika mereka hidup bermewah-mewahan, uang mereka akan segera lenyap walaupun mereka seorang Jutawan. Jadi, mereka banyak menyimpan uang mereka, mereka mencari cara untuk menghematnya, seperti mengendarai mobil yang hemat bahan bakarnya, atau tinggal di lingkungan dan rumah jauh dibawah jangkauan keuangan mereka, sehingga mereka bisa berhemat. Mereka selalu berhemat di manapun mereka berada sehingga keuangan mereka selalu stabil.

Orang-orang yang sebenarnya tidak memiliki banyak uang tetapi banyak menghambur-hamburkan uang dan mengendarai mobil mewah dan lainnya, ia juga orang yang kaya, namun kaya akan hutang dan pinjaman. Seorang Jutawan merasa cukup dengan mengendarai mobil biasa karena mereka tahu bagaimana cara mengelola hidup mereka agar mereka tidak terjebak oleh hutang. Banyak Jutawan yang hidup bertetangga dengan Anda dan Anda tidak menyadarinya karena mereka tidak memperlihatkan jumlah uang yang mereka miliki. Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, mereka memahami nilai uang sehingga mereka tidak membelanjakannya secara berlebihan. Mereka melakukan semua itu secara alami, karenanya mereka menjadi kaya.

Tentu saja kadang-kadang mereka memenangkan undian [tertawa]. Tapi mereka juga menginvestasikan uang mereka, misalnya ; jika penghasilan mereka 40.000 dollar setahun, mereka menyimpan 15 - 20 % untuk diinvestasikan di Bank. Mereka tahu cara untuk mengatur uang mereka. Mereka tidak menghabiskan seluruh penghasilan mereka, mereka menyisakan sebagian untuk di investasikan.

Anda juga bisa menjadi orang kaya misalnya dengan menyimpan uang di bank sebesar 10.000 dollar hari ini, sepuluh tahun kemudian uang itu akan bertambah menjadi 50.000 dollar, tapi cara itu terlalu lama. Berbeda dengan orang yang kaya, ia membuka lapangan kerjanya sendiri, mereka berani mengambil resiko, karena itulah hidup, jika kita tidak berani mengambil resiko maka hidup kita akan terasa hampa, terasa lambat, tanpa tujuan jelas dan tidak memiliki banyak uang. Namun bila Anda bisa mengaturnya dengan baik, Anda akan merasa hidup ini lebih mudah. Makanan tahu lebih murah dibandingkan daging, hanya sedikit saja perbedaannya, tapi kita tetap sehat dengan memakan tahu, kita bisa hidup dengan lebih baik, lihat saya !

Terlihat Baik dari Luar Maupun dari Dalam

Semua orang yang hadir tampak baik. Saya sangat bangga kepada Anda semua. Anda harus bangga pada diri Anda sendiri dan menunjukkan kepada semua orang dengan mengatakan," Saya vegetarian, lihat saya !". Anda terlihat rupawan, Seandainya Anda menggunakan rias muka sekarang, semua orang akan mati [Tertawa], bahkan suami Anda akan sekarat. Anda menjadi sangat cantik sehingga mereka tidak mau meninggalkan Anda. Karena itu mereka sangat ketakutan, Anda telah diinisiasi sehingga mereka takut Anda menjadi seorang biarawati atau sejenisnya. Mereka akan mencintai Anda dengan sepenuh hati karena Anda terlihat lebih cantik dari hari ke hari.

Banyak suami yang telah meninggalkan istrinya, namun setelah istrinya diinisiasi, sang suami kembali lagi dan berkata, " Wow, bagaimana cara kamu bisa menjadi secantik ini ?"dan mereka kembali hidup bersama. Hal yang sama terjadi pada sebagian istri yang meninggalkan suami mereka dan tidak menginginkan mereka. Namun setelah si suami diinisiasi sang istri kembali lagi dan berkata, " Ya Tuhan, ia berubah ! Ia menjadi orang yang sama sekali baru." dan mereka pun kembali hidup bersama seolah tidak ada masalah sebelumnya. Mereka meninggalkan pacar mereka dan kembali hidup bersama karena pasangan mereka lebih cantik secara rohani.

Saat Anda memperoleh kecantikan rohani, maka jasmani Anda pun akan tampak cantik pula. Karenanya, teruslah berlatih, maka kehidupan Anda akan semakin baik dari hari ke hari, saya tidak perlu lagi menceritakannya kepada Anda. Saya mengatakannya karena saya khawatir masih ada yang belum mengetahuinya, mereka bisa membuktikannya bersama Anda. Hidup Anda adalah sebuah contoh karunia rohani dan cinta kasih. Tidak perlu lagi berkhotbah kepada semua orang, mereka tinggal melihat hidup Anda, melihat cara Anda menjalani hidup Anda, melihat cara Anda mengaktualisasikan diri Anda kepada dunia. Cara itu lebih baik daripada membaca ribuan buku yang berisikan masalah rohani. Anda merupakan buku itu. Anda merupakan contoh yang terbaik, doktrin yang terbaik dan teori keagamaan yang terbaik yang pernah ditunjukkan kepada semua orang.

Dahulu, ada cerita dari Meksiko tentang seorang Guru. Ia adalah orang yang sangat terkenal - Quetzalcoat. Ia menceritakan kisah ini kepada murid-muridnya. Cerita tentang dua orang manusia yang tergabung dalam sebuah kelompok. Salah satu di antara mereka sangat pintar, dan ia menunjukkan dirinya sebagai seorang yang sangat religius. Ia selalu pergi ke Gereja setiap hari minggu dan selalu berada di baris pertama dalam acara ritual tersebut dan selalu menjadi orang yang terakhir meninggalkan ruangan. Ia tidak pernah melewatkan kesempatan untuk hadir dalam setiap acara di gereja, tapi ia tidak pernah melakukan hal-hal lainnya. Sedangkan seorang lainnya tidak pernah datang ke gereja, tapi ia sibuk bekerja setiap hari, ia memenuhi seluruh tugas dan kewajibannya. Apapun yang dimilikinya, ia pergunakan untuk kepentingan keluarganya dan bagi fakir miskin. Ia juga turut menyumbang untuk perbaikan gereja.

Quetzalcoatl pernah berkata bahwa setiap orang tentunya sangat menghormati orang yang setiap hari datang ke gereja walaupun ia tidak pernah melakukan hal lain selain hanya mengunjunginya , mereka berpikir bahwa ia adalah orang suci. Namun orang yang tidak pernah mengunjungi gereja sekalipun adalah juga orang suci dan ia juga gereja itu sendiri, ia sebenarnya berada di luar bangunan gereja untuk mengurus seluruh kebutuhan areal gerejanya sendiri. Ia selalu mengerjakan apapun yang bisa ia kerjakan, bahkan adakalanya ia bekerja lebih keras agar ia mendapatkan sedikit uang lebih untuk diberikannya kepada siapapun yang membutuhkannya. Itulah yang ia lakukan setiap harinya. Guru mengatakan bahwa berkunjung ke gereja itu sangat baik, namun kita sebenarnya diberi dua pilihan, apakah kita akan menjadi orang yang selalu berkunjung ke gereja tanpa melakukan hal lainnya ataukah kita akan menjadikan diri kita sebagai gereja itu sendiri. Semuanya tergantung pada diri kita sendiri. Saya pikir Anda semua adalah gereja, saya tidak perlu lagi membangun gereja.

Gereja Milik Guru

Beberapa orang pernah menanyakan kenapa saya tidak memiliki gereja atau kuil sendiri, saya jawab, " Saya tidak perlu membuat gereja atau kuil, saya sudah memiliki jutaan gereja atau kuil di sekeliling saya. " [Tepuk tangan] Saya kemudian berkata, " Sekarang ini kita hidup di jaman moderen dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Segala sesuatunya bergerak, baik itu telepon, rumah, mobil maupun kuil pun serba bergerak." Anda adalah kuil-kuil saya yang bergerak. Kita bisa berkomunikasi setiap saat dan bisa pergi kemana saja, kita sangat lentur. Sebuah bangunan seperti gereja atau kuil hanya bisa ditempatkan pada suatu tempat tertentu, tapi kita bisa bergerak, kita adalah kuil yang bisa bergerak kesana-kemari." Bukankah itu sesuatu yang hebat ?

Semua orang pasti sanggup bila hanya berbicara, tapi menjalani apa yang kita ucapkan lebih sulit daripada hanya sekedar berbicara. Anda bisa melakukan semuanya, Anda bisa berbicara dan bisa pula melaksanakan apa yang Anda bicarakan. Itulah kelebihan yang Anda miliki. Saya pernah berkata bahwa saya datang untuk menjadikan Anda lebih hebat. Tidak penting apakah saya Guru yang hebat atau bukan. Guru yang hebat dan pengajar yang hebat tidak menyibukkan dirinya untuk menjadi hebat, tetapi ia berusaha untuk membuat orang lain menjadi hebat. Jika Anda mempunyai murid yang baik, itu berarti Anda pun baik. Jadi, tidaklah penting untuk mengetahui apakah saya hebat atau tidak, karena selama Anda hebat maka dengan doa Anda semua, saya akan hebat pula. Karenanya ijinkan saya untuk mengucapkan, " Terima kasih yang sebanyak-banyaknya ". Namun sebenarnya apabila seluruh umat manusia di dunia ini telah diberi pencerahan, maka tidak ada seorangpun yang mencari dan mendatangi saya. Saya akan merasa senang hanya dengan menjadi warga biasa.

Berat sekali rasanya setiap kali saya harus meninggalkan Anda, saya ingin Anda menyadarinya bahwa bukan Anda saja yang tidak mau meninggalkan saya. Tapi saya harus melanjutkan pekerjaan saya dan mengesampingkan perasaan pribadi saya. Sebenarnya saya sangat ingin bersama Anda untuk selama-lamanya. Percayalah, Anda adalah orang-orang yang terbaik. Kemana lagi saya harus pergi ? Anda tentu suka tinggal bersama teman yang baik, setiap orang suka, saya juga. Tapi hal tersebut bisa diatasi karena kita selalu bersama di sini ( Guru menunjukkan hatinya ). Terima kasih. Saya sangat menyayangi Anda semua.