Majalah E-News Maha Guru Ching Hai No.115


=======Daftar Isi=======

uLaporan Khusus: Larut dalam Lautan Kasih Guru

uRagam Peristiwa:Malaysia/ Jepang/ Panama

uKata-Kata Mutiara

uWejangan Guru: Kita Dapat Mengungkapkan Seluruh Alam Semesta

uPojok Tayangan Koleksi Guru

uIlmu Pengetahuan dan Kerohanian : Ilmu Pengetahuan, Kerohanian dan Konsistensi

uPertanyaan dan Jawaban Pilihan:  Evolusi

uInformasi Kesehatan: Keajaiban Vitamin B12 

uKorespondensi Rohani Antara Guru dan Murid: Pelindung Dewiku

uGuru Menceritakan Lelucon: Bau Milik Siapakah?/ Uji IQ

uBerada di Jalur Rohani: Nenek Yang Bahagia

uKasih dalam Tindakan: Pasien Lumpuh Memperoleh Kembali Mobilitas

uSitus WWW Quan Yin

uPeningkatan Rohani: Rekaman Video Terakhir Maha Guru Ching Hai
 

Diterbitkan : 5 Agustus   2000
Didirikan : 1 April 1990
Diterbitkan oleh: The Supreme Master Ching Hai International Association 
Penerbit: Lin Ping Xing
Majalah Berita Maha Guru   Ching Hai
diterbitkan dalam berbagai bahasa : Au Lac, China, Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Korea, Portugis, Spanyol, Thailand dan tersedia sesuai permintaan.
 

A Little Message (catatan kecil dalam tulisan bahasa Inggris):
In speaking of God, or the Supreme Spirit, we will use original non-sexist terms to avoid the argument about whether God is a She or a He.
She + He = Hes (as in Mess)
Her + Him = Hirm (as in Firm)
Hers + His = Hiers (as in Beers)
Example: When God wants, Hes makes things happen according to Hiers will to suit Hirm.


Laporan Khusus

Larut dalam Lautan Kasih Guru
Oleh Kelompok Berita Jepang
 

Suatu hari di bulan Juli, tiba-tiba para inisiasi Jepang menerima berita bahwa kita dapat pergi melihat Guru. Kami telah melihatNya di bulan Mei selama ceramahNya di Tokyo, dan tidak berharap dapat melihatNya lagi dalam waktu yang  singkat. Diliputi dengan  kegembiraan dan suka cita, kami tiba di tempat tinggalNya.   

Hari itu sedang hujan, sehingga kami mendirikan tempat perlindungan dengan lembaran vinyl yang tembus pandang di luar rumahNya. Sementara kami bermeditasi dalam kesunyian, Guru muncul dan menyapa kami dengan kata-kata ini: "Center kita di sini adalah yang terbaik di dunia, dan juga tembus pandang." Celutukan kecilNya membuat kami tertawa senang. Guru senantiasa bijak sekali dalam membuat setiap orang merasa santai dan bahagia, dan penuh pengertian sehingga membuat kami masing-masing  merasa dikasihi.

Ketika menjawab pertanyaan dari rekan praktisi, Ia menceritakan suatu cara rahasia untuk mencapai kebebasan. Kita selalu mengharapkan atau meminta sesuatu dari orang lain, berpikir bahwa mereka harus bertindak dengan cara tertentu. Inilah sebenarnya yang membuat kita berputus-asa. Jika kita tidak memiliki keinginan dan tidak melekat terhadap apapun juga, maka kita akan merasa bebas dan santai. Guru juga menasehatkan kami untuk lebih banyak membicarakan tentang jasa kebajikan orang lain, dan membicarakan kekurangan mereka hanya kadang-kadang saja. Dengan cara demikian, kita akan dapat mengatur keluarga kita secara baik, menangani hubungan kemanusiaan secara patut, sehingga menghadapi lebih sedikit halangan dan mengalami lebih sedikit pergolakan. Guru juga menerangkan lebih jauh kenapa perlu mengikuti perintahNya secara tepat. Karena Beliau bekerja untuk berbagai orang, sehingga jika kita menggunakan pikiran kita untuk menilai atau melaksanakan kata-kataNya, maka kita akan lebih sering membuat kekacauan dan menghalangi tugas illahi Beliau dalam membabarkan Dharma kepada makhluk hidup. Jadi, untuk memberikan manfaat kepada orang banyak, kita mesti mengikuti perintahNya dengan berpegang teguh terhadap makna asliNya secara persis.

   Guru berbicara dengan kebiasaan bersenda-gurauNya, dan bahkan terkadang menggunakan beberapa kata-kata bahasa Jepang, sehingga para murid yang kegirangan menanggapi dengan tepuk tangan berkali-kali. Seorang rekan praktisi bertanya, "Apakah cinta- kasih?" Terhadap pertanyaan ini, Guru meluangkan waktu yang panjang untuk memberikan jawaban yang sangat terinci. "Cinta-kasih sejati bukanlah berarti mengasihi orang atau benda yang kita cintai. Cinta-kasih berarti memberikan kasih dan menyenangkan orang dan binatang yang membutuhkan kasih, membuat mereka merasa dikasihi, senang, dan bahagia."

Kemudian Guru memberikan satu contoh: Suatu kala, seekor anjing yang sangat lemah mengembara ke dalam center di Amerika Serikat. Di bawah pemeliharaan Guru dan rekan praktisi, anjing tersebut segera pulih dan menjadi anggota center tersebut. Anjing tersebut sangat cerdik dan dapat memahami kata-kata Guru. Sayang sekali bahwa anjing tersebut dihalau pergi ketika Beliau tidak berada di center. Ketika Guru kemudian mendengar berita tentang anjing tersebut, Ia sangat sedih dan meratap. Anjing tersebut telah menempatkan kepercayaan penuh terhadap kita, namun kita masih menghalau anjing yang telah tuna-wisma ini ke jalanan. Beliau berkata,  Ini bukanlah cinta-kasih, dan menambahkan bahwa Ia tidak mengetahui di mana anjing itu berada dan apakah anjing itu digigit oleh anjing lain. Air mata kesedihan mengalir turun di pipiNya memikirkan tentang nasib menyedihkan anjing tersebut. Kami sangat tersentuh oleh kasih-sayang Guru yang tak terbatas terhadap seluruh makhluk hidup sehingga air mata juga berlinang dari mata kami.    

Pada saat pertemuaan yang berharga ini selesai, kami menyampaikan salam perpisahan kepada Guru, dan Beliau memegang sebatang lilin di tanganNya sambil melihat kami berlalu dari balkon di  luar kamarNya. Pemandangan saat itu adalah dari seorang ibu yang berhati lembut mengirimkan anak-anaknya ke jalan mereka. Kami semua sangat enggan untuk beranjak! Kami sungguh berterima-kasih kepada Guru yang telah membuat perjalanan  ini ke Jepang. Kami percaya bahwa di bawah berkah Guru, Jepang akan memiliki masa depan yang lebih baik dan cerah.

Kembali ke Daftar Isi


 

Ragam Peristiwa

Laporan dari Malaysia 

Kegiuran Surgawi

[Penang] Segera setelah ceramah Guru di Kuala Lumpur, Center Penang menerima banyak panggilan telpon yang menanyakan apakah Guru datang ke Penang, khususnya dari mereka yang tidak dapat menghadiri ceramahNya. Sehingga untuk menanggapi permintaan orang-orang setempat, pada tanggal 11 Juni, untuk pertama kalinya  suatu seminar yang menyajikan video Guru diadakan di suatu lokasi setempat, yaitu Kompleks Masyarakat Penyayang. Walaupun terjadi badai guntur  persis sebelum seminar, tetapi ratusan orang tetap menghadiri seminar tersebut. Selama waktu istirahat, mereka mengerumuni utusan Quan Yin dan rekan praktisi yang hadir guna menanyakan berbagai pertanyaan rohani. Beberapa tamu undangan masih tetap tinggal bahkan setelah seminar selesai, dan para inisiasi menjawab pertanyaan mereka sambil mengemasi barang-barang untuk pulang.

Pada tanggal 2 Juli, kami menyelenggarakan suatu upacara pembukaan Center Penang dan video seminar yang kedua kalinya. Center baru tersebut terletak di suatu tempat yang baik di daerah kota, jauh dari kemacetan lalu-lintas dan dekat beberapa rumah makan vegetarian. Upacara pembukaan tersebut diiklankan di koran setempat, dan surat undangan mengenai acara tersebut juga dikirimkan kepada para rekan inisiasi dan non-inisiasi. Upacara dimulai pukul 10:00 pagi, pada saat seorang utusan Quan Yin dan penghubung setempat menanamkan sebatang pohon dan menyalakan petasan di lokasi. Para inisiasi di seluruh Malaysia menghadiri upacara pembukaan tersebut, berkumpul bersama untuk bercanda-ria.

Seminar video dimulai pada pukul 11:00 , dan hujan turun berselang-seling sebagaimana biasanya. Namun demikian cuaca tersebut tidak membatasi ratusan jiwa yang tulus untuk hadir. Setelah makan siang, banyak tamu undangan yang mempelajari Metode Kemudahan, dan beberapa di antaranya memiliki pengalaman batin yang menakjubkan. Mereka banyak menanyakan pertanyaan yang tertalian dengan pengalaman batin setelah mempelajari Metode tersebut.  Seorang peserta mengungkapkan bahwa ia bermimpi tentang Guru sehari sebelumnya, dan selama meditasi ia telah melihat titik cahaya tak terhitung banyaknya yang kemudian berubah ke dalam kilatan cahaya yang terang benderang di depan mata kebijaksanaannya. Ia berterima-kasih kepada Guru untuk berkah dan kasih-sayangNya. Acara ini membenarkan judul 'Kegiuran Surgawi'.

Foto: Para undangan berpartisipasi dalam seminar video Guru yang diselenggarakan di Center baru.           

Kembali ke Daftar Isi


Laporan dari Panama

Merentangkan Kasih Guru

[Panama] Pada tanggal 13 Jujli 2000, rekan inisiasi memenuhi undangan untuk mengujungi Chitre, suatu kota kecil di Panamanian propinsi Herrera, yang terletak sekitar perjalanan 4 jam dari Kota Panama, dan memberikan ceramah tayangan video kepada para pencari Kebenaran  di sana.  Pada seminar tersebut, kami menyajikan rekaman video Guru yang berjudul "Kasih adalah Hukum Teragung di Alam Semesta." Setelah menonton video tersebut, para hadirin mengajukan berbagai pertanyaan rohani, dan kami mencoba untuk menjawab pertanyaan mereka sebisa mungkin, sambil berdoa terus-menerus kepada Guru batin kami untuk memperoleh bimbingan.

  Ruangan penuh dengan orang yang mencari seorang Guru tercerahkan, dan mereka sangat menghargai ajaran Guru. Banyak yang segera meminta untuk belajar Metode Kemudahan, sehingga kita memberikan instruksi Metode Kemudahan kepada beberapa orang di tempat itu juga, dan kemudian kepada yang lainnya di Center Panama, karena waktu sudah larut. Orang-orang yang belajar Metode Kemudahan malam itu merasa gembira sekali setelah sesi meditasi mereka, dan memberitahukan kita bahwa mereka akan meneruskan latihan.

Kami akan segera memenuhi undangan lainnya, kali ini mengunjungi kota David di Propinsi Chiriqui (enam jam jauhnya dari Kota Panama dan dekat Costa Rica), untuk memberikan ceramah tayangan video lainnya. Saudari inisiasi yang mengundang kami ke kota David memberitahukan bahwa di kota banyak orang yang menunggu untuk mendengarkan ajaran Guru.

 

Kembali ke Daftar Isi

Laporan dari Jepang 

Gaung Ceramah Guru di Tokyo di Majalah Rohani KARNA

[Tokyo] Hampir satu setengah bulan setelah ceramah Guru pada tanggal 7 Mei di Tokyo yang berlangsung selama perjalanan "Lautan Kasih", suatu laporan yang khusus dengan judul "Maha Guru Ching Hai - Kunjungan Pertama Beliau di Jepang selama Bertahun-tahun." diterbitkan sebagai berita utama dalam terbitan peringatan hari jadi majalah setempat KARNA yang ke 15. Laporan tujuh halaman ini menyajikan suatu transkrip ceramah berikut riwayat dan enam foto berwarna dari Guru kita yang cantik dan manis.

Ceramah Guru di Tokyo menekankan bahwa setiap orang memiliki sifat Alami Illahi di dalam , dan kapan saja kita dapat memilih untuk  menggunakan sifat keagungan ini maka kita selalu dapat melakukannya jika kita mengetahui caranya. Laporan itu juga meliputi sesi pertanyaan dan jawaban yang ditranskrip dari ceramah tersebut.  

Majalah KARNA sangat terkenal bagi masyarakat rohani Jepang, dan tidak mencerminkan kepercayaan dari agama atau kelompok kepercayaan tertentu saja. Motonya adalah, "Membangunkan Chi (energi hidup) dan sifat Alami Illahi". Kami mengetahui keberadaan majalah KARNA  melalui salah satu rekan inisiasi, dan tahun lalu kami memasang iklan mengenai seminar tayangan video yang menampilkan ceramah Guru di majalah tersebut. Tahun ini, ketika kami menanyakan apakah ceramah "Lautan Kasih" dapat diiklankan di majalah KARNA, kami diberitahukan bahwa tenggat-waktu untuk permohonan pemasangan iklan telah lewat. Namun kita sangat beruntung,yang pada akhirnya kita dapat memasang satu halaman iklan berwarna yang diterbitkan di majalah tersebut karena tanggal pencetakan kebenaran mengalami keterlambatan.

Tidak seberapa lama setelah ceramah tanggal 7 Mei, seseorang yang bertanggung-jawab di KARNA mengubungi kami dan menyampaikan minat majalah tersebut untuk mencetak suatu artikel mengenai ceramah Guru dengan foto. Suatu kenyataan bahwa ceramah Guru telah menyentuh hati rakyat Jepang.  Sebagai suatu majalah yang terkenal dalam dunia rohani di Jepang, majalah KARNA senantiasa dapat ditemukan di kebanyakan toko buku di kota seperti Tokyo. Dengan demikian, sejumlah orang dapat membaca artikel mengenai ceramah Guru, dan banyak yang melakukan telpon permintaan ke Center Tokyo setelah membaca artikel tersebut.      

Keterangan Foto: Laporan tujuh halaman tentang Guru dengan foto berwarnan - artikel utama pada  terbitan terbaru majalah rohani KARNA  yang berbahasa Jepang.  

KARNA, Jepang, 1 Juli 2000 (Aslinya dalam bahasa Jepang)

Kembali ke Daftar Isi



Kata-Kata Mutiara


Ceramah oleh Maha Guru  Ching Hai, Tainan, Formosa
13 Mei 1988
(Aslinya dalam bahasa China)

Setelah kita menyucikan perbuatan, ucapan, dan pikiran kita, maka segala sesuatu yang kita lakukan adalah benar, dan sesuai dengan jalan Kebenaran. Inilah kenapa kita harus mengejar latihan rohani. 

Kita mesti berlatih Metode Quan Yin agar dapat membersihkan pikiran kita yang berupa sampah yang tidak kelihatan yang berasal dari berbagai gagasan persepsi. Setelah itu, segala sesuatu yang masuk ke dalam dimensi murni ini akan menjadi air madu. Kalau tidak, walaupun kita melakukan banyak hal dengan usaha yang besar, kesemuanya itu hanya untuk sifat ke-aku-an, untuk ketenaran dan untuk keberuntungan.

Adakalanya, kita selaku praktisi rohani haruslah tidak terlalu berisik, karena kekuatan Kebenaran agung akan secara alami menjaga segalanya, sampai ke rincian yang paling kecil sekalipun. Kekuatan tersebut akan menjaga segala sesuatu bilamana diperlukan, dan tidak berbuat apapun apabila tidak diperlukan.

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai, Kaohsiung, Formosa
9 Oktober 1988
(Aslinya dalam bahasa China)

Ketika kita menolong orang lain, kita harus mengatakan, "Saya melakukannya atas nama Tuhan". Dengan demikian kita tidak akan menerima berkah pahala apapun atau akibat hukum karma. .

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa 
29 Juli 1989
(Aslinya dalam bahasa China)

Ketika pikiran kita damai maka kita bebas dari berbagai perasaan bersalah, dan pada saat demikian kita bebas dari rintangan hukum karma. Ini juga berlaku bagi kewajiban duniawi kita. Ketika kita telah memenuhi seluruh kewajiban kita, kita tidak merasa memberontak di pikiran dan bebas dari situasi yang membuat kita merasa memberontak, dan membuat kita memahami di dalam sanubari bahwa kita tidak melakukan sesuatu secara benar. Jika kita telah memenuhi kewajiban kita secara jelas, maka kita tidak memiliki rintangan hukum karma.   

 
 

Wejangan Guru

Kita Dapat Mengungkapkan Seluruh Alam Semesta

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai, Tainan, Formosa,   7 Juli 1988 (Aslinya dalam bahasa China)

Banyak orang di dunia ini telah menemukan berbagai  peralatan yang menakjubkan, seperti komputer, pesawat udara, dan pesawat angkasa yang dapat membawa kita ke Bulan dan planet Mars. Walupun mereka berutang terhadap kekuatan yang berasal dari dalam diri mereka, tetapi mereka hanya menggunakan sebagian kecil kekuatan tersebut. Namun demikian, sebelum mereka menciptakan barang-barang ini, mereka harus mempertimbangkan secara hati-hati dan mencapai sanubari untuk kekuatan maha kuasa ini. Jika kita secara benar memahami kekuatan ini, kita akan menemukan banyak sekali barang, bukan hanya sejumlah kecil mesin, pesawat angkasa, atau komputer. Kita akan dapat menjelajahi dan mengungkapkan seluruh alam semesta.Kita akan mengetahui setiap planet, bulan, dan bintang. Kita akan memahami bahasa semut dan burung. Kita akan dapat membaca keadaan pikiran makhluk hidup apapun. Kita dapat menyelamatkan mereka hanya apabila kita mengetahui keadaan pikiran mereka. Kalau tidak, kita tidak akan dapat memberitahukan apa yang semut atau burung kehendaki, paling tidak membaca pikiran manusia. Namun demikian, kearifan ini diluar uraian. Saya hanya dapat berkata: Mengetahui tetapi tidak mengetahui adalah mengetahui yang murni.   

Marilah saya terangkan secara singkat. Hampir di kebanyakan kejadian, kita semua 'mengetahui' sesuatu, itulah dia, pikiran kita yang mengetahuinya. Katakanlah saya meletakkan dua tangkai bunga secara bersamaan dengan dua tangkai bunga lainnya. Itu menjadikannya empat tangkai bunga. Saya mengetahui ini dengan jelas sekali karena pikiran saya melakukan penambahan berdasarkan pengetahuan saya. Namun demikian, terdapat hal-hal yang di luar alam pengetahuan dan bayang-bayang pikiran. Tetapi kita masih mengetahui segala sesuatu; kita dapat melakukannya dan mencipta segalanya. Kita dapat pergi ke manapun tanpa harus menggunakan pesawat udara atau pesawat angkasa. 

Pesawat angkasa terbaik yang ditemukan oleh ilmuwan kita saat ini hanya dapat terbang sejauh Bulan atau planet Mars. Dan ketika pesawat tersebut mendarat di tempat tujuannya, hanya sedikit yang dapat mereka lakukan. Para ilmuwan tidak dapat mengenali secara dekat atau berkomunikasi dengan makhluk hidup di sana karena mereka adalah makhluk yang tidak kasat mata. Mereka menyadari bahwa suhu udara sangat tinggi di Mars. Di Bulan, tidak banyak yang mereka dapat lakukan selain mengumpulkan bebatuan untuk penelitian atau sebagai cendera-mata.  Mereka menghamburkan begitu banyak uang dan usaha hanya membawa kembali beberapa batu untuk penelitian!  Bebatuan ini hanya memiliki sedikit kandungan karena bebatuan Bulan kurang lebih sama dengan bebatuan yang kita miliki di sini. Demikian juga, debu di Bulan dan di Bumi tidak jauh berbeda.

Dengan berlatih Metode Quan Yin, kita dapat menuju Mars tanpa pesawat angkasa, jika kita sungguh menginginkannya. Kita dapat melakukan banyak hal di sana, dan kita tidak berlarian di permukaan Mars yang panas dan lalu buru-buru kembali ke Bumi, karena kita tidak melakukan apapun di sana. Sekali kita membuka mata kebijaksanaan kita, gerbang menuju kebijaksanaan, maka kita mengetahui segalanya dan dapat melakukan apapun. Tetapi pikiran kita tidak mesti mengetahui tentang hal-hal ini; karena memang tidak disarankan untuk mengetahuinya.  Adakalanya, pikiran bisa saja menyadarinya tetapi pikiran tidak memiliki gagasan kenapa hal-hal tersebut terjadi sebagaimana adanya. Pikiran hanya dapat menikmati pengalaman tanpa mengetahui sebabnya. Pikiran tidak dapat melakukan perhitungan seperti penambahan dua dan dua menjadi empat, ia hanya tidak dapat menjelaskannya. Saya juga tidak dapat, tetapi saya mengetahui bahwa hal-hal itu ada. Rekan sepelatihan kami mengetahuinya juga. Bukan hanya satu atau dua di antara mereka, tetapi ratusan, ribuan, puluhan ribu dan jutaan yang mengetahuinya.     

Atmosfir Bumi Akan Meningkat Baik Jika Semakin Banyak Orang Berlatih Metode Quan Yin

Sekarang, sudah terdapat banyak orang yang berlatih Metode Quan Yin. Inilah adalah berita terbaik. Kenapakah demikian? Karena semakin banyak orang berlatih Metode quan Yin, semakin baik atmosfir Bumi ini jadinya.   Kalau tidak, kita tidak dapat melangsungkan hidup. Atmosfir saat ini sangat buruk sekali. Banyak negara kuat yang mengambil bagian dalam lomba kekuatan nuklir. Satu tekanan tombol oleh seseorang dapat berarti kehancuran Bumi. Kita tidak perlu menunggu sampai ada perang. Katakanlah bahwa seseorang memutuskan ia tidak ingin tinggal lagi dan ia ingin membawa kita semua ke surganya. Jika ia memiliki pengendalian atas tombol itu, maka kita akan berada dalam situasi  yang sungguh kacau. Orang yang mengendalikan tombol tersebut adalah orang awam; mereka bukan para Suci atau Tuhan. Dengan demikian adakalanya mereka secara fisik dapat merasa baik dan di lain waktu merasa tidak begitu baik. Mereka kemungkinan baru  meminum minuman keras atau memakai obat-obatan atau bertengkar dengan pasangannya.  Perasaan kurang bahagia demikian dapat mempengaruhi keputusan mereka yang dihasilkan oleh pikiran. Ini sungguh berbahaya buat kita, dan kita sama sekali tidak memiliki perlindungan lain kecuali kekuatan maha agung di dalam yang melindungi hidup kita.

Jika kita mengetahui di mana adanya kekuatan maha agung ini, tentu saja kita akan mampu mendapatkannya. Sama seperti ketika kita mengetahui di mana adanya tambang emas, maka kita dapat menggali keluar emas tersebut dan menggunakannya. Jika kita mengetahui di mana adanya bank kita, berapa banyak uang yang kita memiliki di dalam rekening kita, dan bagaimana menarik uang tersebut, barulah kita dapat memperoleh uang dari bank setiap hari. Sederhana sekali. Metode Quan Yin persisnya bukanlah suatu metode. Ia menunjukkan kepada kita bagaimana menemukan kembali kekuatan maha agung kita. Kita selalu memilikinya, tetapi kita tidak dapat menggunakannya karena kita tidak mengenalinya. Pada waktu inisiasi, saya akan memberitahukan Anda bagaimana menggunakan kekuatan maha agung Anda, sungguh sederhana sekali.  Sekarang saya sedang memegang kertas tisu, tetapi karena saya terlalu sibuk memandang  orang-orang, saya tidak menyadarinya. Namun demikian, jika ada seseorang yang memberitahukan saya:   "Hei! Di situlah adanya!" barulah saya melihatnya dan menemukannya kembali! Sungguh sederhana sekali.

Kekuatan maha agung ini senantiasa berada di dalam diri kita. Kita tidak harus membelinya atau memperolehnya dari seseorang. Tiada siapapun yang mengendalikan kekuatan maha agung kita, dan tiada siapapun yang dapat menyembunyikannya. Ianya telah terbuka sepanjang waktu, siap melayani kita dan membiarkan kita untuk menggunakannya kapan saja. Sangat sayang sekali apabila kita tidak menggunakannya. Hal tersebut hanyalah karena perhatian kita terus menerus dipengaruhi oleh hal-hal tampak luar. Kita melihat ke luar, menyembah para suci di luar, dan mencari kekuatan luar. Kita menyembah dewa dan hantu, gunung dan sungai, dan patung para suci, yang mana merupakan tulang dalam bentuk lainnya. Apakah kita mau menjadi para suci bertulang? Itulah sebabnya kenapa Buddha Sakyamuni berkata: Anda tidak akan pernah mencapai keadaan Pencapaian Kebuddhaan/Realisasi Illahi (tidak pergi atau datang, omnipresence) dengan mencarinya melalui bahasa duniawi atau penampilan fisik yang mana merupakan persepsi dari suara dan gambaran luar, tidak seperti suara batin, yang mana adalah sesuatu yang tidak kasat mata, tanpa bentuk, dan maha berada (omipresent). Hanya itulah Realisasi Illahi (Pencapaian Kebuddhaan) yang sejati, yang berarti bahwa kita tidak perlu mengangkat  satu jaripun dan ia telah ada di sana! Kita tidak perlu mencarinya dan tetap ia telah ada di sini. Itulah keadaan Realisasi Illahi (Pencapaian Kebuddhaan).         

Mudah sekali bagi kita menemukan keadaan ini, tetapi kita mesti mengetahui ada di mana. Lihatlah dan Anda akan tahu. Seperti seseorang mengingatkanku bahwa saya memiliki kertas tisu ini di tanganku, saya hanya perlu melihatnya dan lalu saya mengetahuinya, karena ia sudah berada di sana! Oleh karena itu, Yesus Kristus berkata, "Kerajaan Surgawi berada di dalam dirimu. Engkau adalah bait agung, gereja Allah yang maha besar, dan Allah bersemayam di dalam dirimu." Itulah arti dari kata-kataNya. Itulah bagaimana Ia menemukan Allah dengan mudahnya dan menjadi puteraNya. Murid-muridNya juga memiliki masalah menemukan kekuatan Roh Kudus. Sakyamuni berkata, "Buddha berada di dalam hatimu." Persis sekali karena Ia telah ada di dalam hatiNya sehingga Beliau dapat menemukannya dengan mudah. Kalau tidak, jika Ia tidak ada di sana, kemungkinan Beliau tidak dapat menemukannya dalam enam tahun, enam puluh tahun, enam ratus tahun, enam puluh ribu tahun, enam milliar, atau enam trilliun tahun.    

Dunia Suci Apabila Pikiran Kita Suci

Apabila kita mengatakan bahwa Allah   berada di dalam hati kita, kita bukanlah mengartikan hati fisik. Kita mengartikannya berada di dalam kita. Karena konsep ini tidak dapat diungkapakan dalam kata-kata, untuk sementara waktu, saya akan mengatakan bahwa ia berada di dalam diri kita. Saya menggunakan istilah "di dalam" untuk membedakannya dari "di luar", atau berada di luar. Yang berada di luar menunjukkan suatu situasi seperti memuja rupang Buddha kayu. Maaf, tetapi sungguh itu hanyalah rupang kayu! Apakah ada kemungkinan lainnya? Rupang Buddha batu kurang lebih juga sama. Kita dapat melakukan perjalanan suci ke gunung atau sungai. Jika Allah berada di gunung, berarti Ia memiliki diskriminasi, dan jika Beliau hanya tinggal di suatu biara, berarti Ia memiliki diskriminasi. Atau jika Allah hanya bersemayam di suatu gereja saja, maka Beliau juga memiliki diskriminasi. Namun sungguh, Ia maha berada (Omnipresent). Daripada hanya bersemayam di dalam hati kita, Beliau berada di dalam hati setiap orang, setiap bunga, pohon, batu, dan sekumpulan pasir, dan di setiap helai rambut kita. Di dalam segalanya, terdapat Allah, Sifat Ketuhanan, dan Kebenaran. Kita tidak mesti mencari Kebenaran di manapun juga; kita harus mencariNya di sini. Kita sedang mengubah dunia ini menjadi Surga. Itulah kenapa Sakyamuni Buddha berjanji pada kita secara jelas: "Dunia suci apabila pikiran kita suci."   [Tepuk tangan]

Beberapa saat yang lalu, kita mendengarkan bahwa rekan-rekan praktisi kita memiliki pengalaman yang menakjubkan terlepas di mana adanya mereka. Namun demikian, beberapa dari mereka memiliki lebih banyak pengalaman   dan beberapa memiliki lebih sedikit pengalaman. Hal ini karena beberapa lebih rajin, dan beberapa tidak rajin, beberapa memiliki kekuatan pemusatan pikiran yang lebih kuat, dan beberapa tidak, tetapi mereka masih dapat memiliki sedikit sedikit saja. Hal ini karena Sifat Ketuhanan (Sifat Kebuddhaan) telah berada di sini menunggui kita; kita telah memilikinya di dalam diri kita. Persis seperti kertas tisu yang telah ada di sana sepanjang waktu, menungguku untuk melihatnya, dan lalu saya menjadi sadar. Sungguh sederhana. Pencerahan adalah sesederhana itu.

Apakah pencerahan itu? Saat kita menyadari kekuatan maha agung kita, kita memiliki pandangan sekilas dimensi yang menakjubkan dari kekuatan ini, tetapi itu hanyalah suatu bagian saja.Kita tidak akan pernah selesai menjelajahi alam semesta, dan kita akan terus menerus belajar bahkan setelah kita telah menjadi Guru yang tercerahkan. Akan sangat membosankan apabila kita berhenti belajar setelah kita menjadi Guru yang tercerahkan! Di dunia luar, sebagai contoh, setelah kita memperoleh gelar Ph.D. atau menyelesaikan ujian dari guru kita, kita masih harus terus belajar.  Kita bahkan tidak dapat mempelajari semua hal di dunia ini, alih-alih semua yang berada di alam semesta! Saya tidak dapat memberitahukan Anda bahwa terdapat tingkat yang tertinggi menunggu Anda.

Dengan berlatih Metode Quan Yin, kita dapat pergi melampaui tiga alam, dan hanya sekali kita melakukannya, itulah ketika proses belajar dimulai. Kita tidak berlatih Metode Quan Yin untuk lahir di tiga alam tersebut dan lalu seketika berhenti di sana. Bukanlah demikian kasusnya. Ia berada di luar dari tiga alam di mana kita mulai mempelajari Kebenaran. Kalau tidak kenapa Buddha Skayamuni bermeditasi setiap hari? Ia memasuki samadhi selama meditasi dan pada saat Ia keluar dari samadhi, ia hanya akan mengatakan beberapa kata.      

Di beberapa alam, tidak ada kelahiran, kematian, kerapuhan, ataupun kehancuran. Tetapi di Bumi kita, kita memiliki semua fenomena ini. Terdapat banyak alam yang  tiada kelahiran, tiada kehancuran, tiada kontaminasi, tiada kesucian. Mereka dapat keluar selamanya. Hanya setelah kita mencapai dimensi ini barulah kita dapat mencapai kekekalan, yang mana adalah suatu hal yang tidak mungkin terjadi di dunia ini. Banyak orang bertanya kenapa kita tidak melatih kekuatan fisik. Mereka berpikir bahwa daripada belajar peningkatan pikiran, seseorang seharusnya berlatih dulu secara tubuh fisik guna mencapai kekekalan. Mereka telah salah paham akan metode Taoisme Lau-Zi. Mereka mendengar bahwa para praktisi Taois dapat mencapai kekekalan. Namun demikian, kita mengetahui bahwa para praktisi Taois yang dulu itu telah meninggalkan kita; tiada seorangpun dari mereka yang masih tinggal saat ini. Jika mereka itu kekal, lalu di manakah mereka tinggal? Jangan terus bermimpi.  [Tepuk-Tangan]   

Bagian dari Kekekalan

Terdapat jalur kerohanian yang menuju kekekalan. Saya dapat memberitahukan Anda dunia mana yang Anda dapat tinggal secara kekal. Dunia tersebut tidak pernah musnah, sehingga kita dapat tinggal di sana selamanya. Walaupun seandainya saya memberitahukan Anda semua rinciannya dan kita dapat menemukan suatu jalan untuk menjadi kekal di sini, tetapi dunia ini tidak selamanya kekal. Jadi tolonglah jangan menanyakan pertanyaan demikian! [Tertawa] Anda harus bangun dan menggunakan kebijaksanaan Anda sendiri untuk memutuskan mana yang merupakan jalan paling agung, dan di manakah adanya keabadian kita. Janganlah membangun rumah di air atau pasir.

Pernah sekali ketika saya pergi ke Taitung memberikan ceramah, kami mendirikan tenda di pingiran sungai. Suatu hari, hujan lebat sekali, sehingga kita pindah dengan segera. Setengah jam kemudian, sungai tersebut meluap. Jika tenda kami masih berada di sana, maka semuanya termasuk orang dan kendaraan akan tersapuh bersih. Kita seharusnya tidak mendirikan rumah di tempat yang demikian! Karena tidak masalah seberapa kokohnya rumah kita tersebut, suatu hari rumah itu akan tersapu bersih oleh air.

Oleh karena itu, janganlah mencari kekekalan di sini. Sebaliknya, kita harus menemukan jalan untuk pindah dari dunia ini ke dunia lainnya, di mana kondisi dan lingkungannya kondusif untuk hidup kekal. Kita hanya dapat hidup selamanya di tempat yang demikian. Dunia ini, tanpa menyebut betapa rapuhnya kehidupan tersebut, dapat musnah dalam waktu beberapa detik saja. Sehingga, saya sungguh kagum bahwa ada orang yang mempercayai akan latihan untuk memperoleh kekekalan. Anda harus melihat kebenaran secara jelas dan berlatih dengan suatu metode yang masuk di akal untuk memperoleh hasil yang masuk di akal. Masih ada orang-orang  yang berada    di sekeliling memberitahukan setiap orang bahwa mereka berlatih untuk memperoleh kekekalan, mencoba untuk meyakinkan orang lain bahwa mereka itu agung. Saya tidak mengenal mereka, dan saya tidak ingin mengenal mereka juga. Ketika saya dengar tentang mereka, saya tertawa. Itu sungguh membangun istana di pasir!

Banyak orang menanyakan kenapa kita berlatih Metode Quan Yin daripada metode lainnya. Sederhana saja, karena ini adalah metode yang harus kita latih pada awal mulanya . Kita berlatih metode lain karena kita tidak tahu metode sejati ini. Kita menebak secara membabi-buta dan mencoba segalanya yang dapat kita lakukan sampai kita menemukan metode sejati ini dan menyadari: "Oh! Kita telah membuang waktu secara percuma!" Katakanlah terdapat sedikit pintu masuk ke tempat pertemuan kita di sini. Jika Anda tidak datang melalui pintu masuk tersebut tetapi malahan berkata, "Semua pintu masuk adalah sama. Jadi marilah kita masuk melalui pintu masuk manapun juga!" Pintu-pintu tersebut bisa saja merupakan pintu masuk, tetapi mereka kemungkinannya mengarah ke tempat lain! Kita ingin meninggalkan dunia yang sementara ini, melewati tiga alam, dan mencapai kekekalan hidup. Sehingga, kita harus berlatih metode kekekalan. Hanya apabila kita telah menemukan dan tiba di alam kekekalan barulah dapat impian kita menjadi kenyataan.

Kita mengetahui bahwa dunia demikian itu ada karena banyak orang yang telah ke sana sebelumnya dan telah menceritakan kita tentang dunia tersebut. Yesus Kristus, Buddha Sakyamuni, Muhammad dan lainnya telah memberitahukan kita tentang keberadaan dunia yang abadi, lebih berbahagia dan lebih mulia daripada dunia yang satu ini. Anda kemungkinannya tidak mempercayai sabda orang kuno karena Anda tidak yakin apakah sabda tersebut hanyalah mitologi saja. Kita tidak memiliki cara untuk membuktikan dengan Jesus Kristus apakah sabda dalam Alkitab sungguh merupakan sabda Beliau sendiri, atau telah ditambahkan oleh orang lain kemudian. Kita tidak dapat menanyakan Buddha Sakyamuni apakah Beliau telah benar-benar berada di Surga Barat dan apakah surga itu benar-benar ada. Sehingga, kita bisa saja  bersifat masa bodoh. Namun demikian, kita tidak seharusnya curiga bahwa hari ini terdapat orang yang dapat pergi ke sana,. [Tepuk Tangan]  

Kita dapat pergi hari ini; ini saya jamin Anda. Rekan sepelatihan kami dapat pergi. Setiap orang dapat pergi. Demikian juga dengan pengajar  yang telah berada di sini kemarin. Salah satu rekan praktisi kami yang adalah supir taksi juga dapat pergi, dan tentunya Anda juga. Nah barusan orang itu dengan gelar Ph.D. memiliki pengalaman yang sangat baik, dan Anda juga dapat memiliki pengalaman yang baik. Gelar Ph.D. tidaklah penting. Kita harus menemukan kembali kebijaksanaan batin kita yang teragung, yang berada di atas segala akal budi duniawi dan di balik semua khayalan. Semakin banyak saya berbicara, semakin malas saya jadinya, sehingga semakin sulit jadinya saya berbicara. Setiap hari, saya merasa sangat kecewa karena saya tidak tahu bagaimana harus menerjemahkan hal yang paling penting dan indah ini ke dalam bahasa yang tidak kekal dari dunia ini, agar dapat mengenalkannya kepada orang yang tidak pernah mengalaminya. Katakanlah kita telah mencoba memakan kue dan mengetahui seberapa manis, enak, dan harum rasanya. Tetapi beberapa di antara kita tidak pernah memakan kue tersebut. Jadi bagaimana kita dapat berbagi dengan mereka pengalaman kita untuk menyakinkan dan mendorong mereka guna membeli kue tersebut?   

Metode  Quan Yin Mengukur Tingkat Rohani Kita Secara Tepat

Latihan rohani bukan hanya dimulai pada saat inisiasi. Kemarin, saya menceritakan tentang Guru Kong Hai. Ia mempelajari jalan (Tao) rahasia dalam tiga bulan yang seharusnya membutuhkan dua puluh tahun bagi kebanyakan orang. Gurunya memberitahukannya: "Kamu telah menyelesaikan latihanmu. Kamu tidak perlu belajar lebih lanjut lagi." Saya juga menceritakan kemarin tentang seorang bhikshu yang berasal dari sekte Tendai (Buddhisme). Ia meminta Guru Kong Hai untuk menerimanya sebagai muridnya dan mengajarkannya semua jalan rahasia. Tetapi ia ingin menyelesaikannya dalam tiga bulan, karena ia berpikir bahwa ia dapat melakukannya juga. Guru Kong Hai berkata padanya, "Tidak, kamu tidak dapat menyelesaikan latihanmu dalam tiga bulan," karena Guru Kong Hai telah memulai pengolahan rohaninya ketika ia masih kecil. Sebelum ia tiba di China, ia telah memiliki minat yang dalam akan Kebenaran; ia telah mengetahui jalan rahasia. Mengetahui jalan rahasia bukanlah berarti bahwa ia mempelajarinya. Hal tersebut merupakan realisasi diri sejati. Yang merupakan jawaban atas keteguhan dan ketegasan minatnya untuk memperoleh Kebenaran. Sehingga waktu ia berada di China, ia hanya mempelajari tahapan akhir dalam tiga bulan.

Inillah sebabnya banyak orang yang memiliki pengalaman dalam dimensi yang lebih tinggi ketika mereka menerima inisiasi pertama kalinya. Hal ini karena mereka telah berlatih rohani pada waktu lampau. Beberapa orang memliki pengalaman lebih sedikit  karena mereka kurang memusatkan perhatian dan lemah imannya. Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa mereka melakukannya secara sengaja karena hal ini biasanya terkait dengan latar belakang kerohanian mereka pada kehidupan terakhirnya. Namun demikian, kita harus mencoba untuk melihat dan mengetahui tingkat rohani kita. Metode Quan Yin dapat mengukur tingkat rohani kita secara tepat; kita tidak dapat mengelabui siapapun. Katakanlah ada beberapa orang yang datang dan memberitahukan Anda bahwa mereka telah berlatih selama puluhan tahun, tetapi pada waktu inisiasi, kita dapat mengetahui sampai di mana tingkat mereka yang sebenarnya. Namun terdapat juga beberapa orang yang tidak pernah berlatih sebelumnya dan kemungkinan tidak memiliki kepercayaan agama apapun juga, tetapi pada saat mendengarkan ceramah saya, mereka percaya. Minat mereka terhadap Kebenaran muncul dan mereka memutuskan untuk berlatih rohani. Pada saat mereka datang untuk menerima inisiasi, mereka memiliki pengalaman luar biasa karena mereka telah berlatih di masa lalu, atau karena kerinduan batin mereka.

Sebelum saya menemukan Metode Quan Yin, saya melakukan perjalanan ke banyak tempat, mengunjungi tempat persamuan, gereja, dan vihara, melafal sutra dan kitab suci dan puja-bhakti.Saya rindu sekali untuk merealisasikan Kebenaran. Waktu itu, saya sering pergi ke gereja dan bergabung dalam paduan suara mereka, tetapi adakalanya saya tidak merasa sedang bernyanyi. Saya senang berdoa kepada Tuhan secara sendirian di gereja. Saya berdoa hanya untuk satu hal: "Tuhan, jika Engkau benar-benar ada, biarkanlah aku mengenaliMu." Itulah doa saya dulu, sama setiap harinya. Saya pikir ini adalah doa yang tertinggi, karena segala sesuatu lainnya hanyalah bersifat sementara saja. Hal-hal yang sepele seperti memperoleh kekuasaan, menyembuhkan penyakit, menjaga kesehatan, dan memenangkan keberuntungan tidak terdapat dalam perhatian kita.

Katakanlah seorang raja menawarkan seluruh harta pusaka dan perhiasannya kepada rakyatnya, dan seluruh lelaki dan perempuan datang untuk memilih di antara berbagai perhiasan, uang emas, barang antik, dan barang berharga lainnya. Namun demikian, ini hanyalah suatu bagian saja dari kekayaan sang raja. Seorang wanita berjalan melewati barang-barang ini tanpa memilih salah satupun, dan melangkah sampai ke ujung aula dan meminta sang raja. Ia hanya ingin melihat sang raja karena ia menyukainya dan tidak pernah melihatnya sebelum ini. Sang raja sungguh bersuka cita dan mengawininya. Sekarang segala harta milik raja menjadi kepunyaannya! [Tertawa dan tepuk tangan] Sehingga, dikatakan dalam Alkitab: "Carilah dulu Kerajaan Allah, dan segala sesuatu lainnya akan ditambahkan kepadamu." Saya berharap kalian semua akan secepatnya menemukan Kerajaan Surgawi dan Hati Surgawi ini di dalam diri Anda, dan dengan demikian semuanya akan menjadi milik Anda! [Tepuk tangan]       

Kembali ke Daftar Isi



Pojok Tayangan Koleksi Guru

Dengan kasih sayang Beliau yang tak terbatas, Guru pernah sekali meluangkan waktu untuk mengumpulkan suatu daftar yang menyarankan tayangan untuk pertumbuhan rohani kita dan kesenangan dalam menonton (lihat "Tayangan Yang Baik Untuk Keluarga" di Majalah Berita 108 untuk daftar tayangan filem yang disarankan). Dengan tema mulai dari lelucon sampai drama, dan berbagai tayangan tersebut dapat  mendatangkan perasaan yang luar biasa yang Guru telah katakan sebagai hal yang bermanfaat buat kita semua: Tertawa dengan suka-cita dan tetesan air mata welas asih.

Walaupun tayangan yang disarankan kali ini dikategorikan untuk anak-anak, tetapi pesan yang disampaikan akan menghangatkan hati tua maupun muda.  Tayangan lelucon mulai dari humor masa lalu  dari Charlie Chaplin sampai hiburan yang lebih jenaka   yang dimainkan oleh Jim Carrey (Liar Liar dan Ace Ventura). Dan tentu saja Guru juga memasukkan beberapa filem yang menyentuh perasaan yang mengandung pesan yang lebih dalam. Salah satu filem klasik, Black Beauty, menceritakan tentang seekor kuda yang memikul beban atas kesalahan perlakuan di tangan majikan manusia, dan hanya bisa "memaafkan semua" ketika ia mengetahui bahwa ia sesungguhnya  disayangi kembali. 

 

Filem dengan Pemain Hidup
* Little Men
* Liar Liar
* On Golden Pond
* Guess Who's Coming to Dinner?
* Coming to America
* Escape to Witch Mountain
* Ace Ventura 1 & 2
* Charlie Chaplin's movies
* The Little Mermaid (Czech version)
* Zenon: Girl of the 21st Century
* Legend
* The Princess Bride
* The Kid
* Thomas and The Magic Railroad

Filem Animasi
* The Bear
* Air Bud
* Lassie
* Homeward Bound
* Black Beauty
* The Black Stallion 1 & 2
* The Dog of Flanders
* You Lucky Dog
* Shiloh 1 & 2
* My Dog Skip
* Boomerang
* Nikki, Wild Dog of the North
* Benji
* Napoleon

Filem Animasi 
* My Neighbor Totoro (Japanese)
* The Little Mermaid
* Dumbo
* The Adventures of Rocky and Bullwinkle
* Who Framed Roger Rabbit?
* Chicken Run (claymation)
* Pokemon 2000

Kembali ke Daftar Isi



Ilmu Pengetahuan & Kerohanian

Ilmu Pengetahuan, Kerohanian dan Konsistensinya
Oleh Tim Berita Amerika Serikat   
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

Anda akan terkagum apabila mendengarkan ilmuwan yang bernama "Ching Hai" membahas misteri dunia dan alam semesta pada berbagai video dan kaset rekaman ceramah Beliau. Wejangan Beliau menegaskan apa yang Yesus katakan: "Carilah dulu Kerajaan Allah dan segala sesuatu lainnya akan ditambahkan kepadamu." Guru Ching Hai mengambil jurusan bahasa di perguruan tinggi, tetapi setelah mencapai pencerahan sempurna, Beliau dapat menjelaskan asal-mula Alam Semesta lebih baik dari ilmuwan manapun di planet ini. Guru juga pernah berkata bahwa tiada pertentangan antara ilmu pengetahuan dan agama, bahwa ilmu pengetahuan berusaha membuktikan mengenai pencerahan yang telah diketahui orang, dan bahwa ilmu pengetahuan dari planet lainnya adalah milliaran atau triulliunan kali lebih maju dari kita.    

Teori Big Bang

Suatu artikel yang tercetak di koran the Indianapolis Star (15 Januari 1998) menyatakan bahwa kebanyakan ahli astronomi dari Masyarakat Astonomikal Amerika dalam pertemuan tahunan musim salju menyepakati bahwa alam semesta dimulai dengan suatu "Big Bang", ketika semua waktu dan ruang terkandung dalam suatu titik asap padat tunggal - suatu "singularitas" - yang secara mendadak mengembang keluar dalam suatu pijaran bola api yang mengandung partikel, yang sekarang membentuk galaksi, bintang dan planet. Tetapi para ilmuwan gagal mengenali "singularitas" tersebut sebenarnya apa dan apa yang akan terjadi setelah Big Bang. Apakah alam semesta akan berkembang selamanya atau apakah akan runtuh atau tertutup kembali dalam suatu "Big Crunch"? Ada satu  teori yang menyarankan bahwa alam semesta pada suatu hari akan mengerut ke asal-muasalnya.

Selama ceramah Beliau di Jenewa, Swiss pada tanggal 21 April 1993, Guru Ching Hai ditanyakan apakah Ia setuju dengan teori ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan asal-mula Bumi, yaitu "Teori Big Bang," dan Ia menjawab, "Ya, saya setuju dengan teori tersebut. Tetapi para ilmuwan menjelaskan sesuatu hanya dalam aspek material dan fisik . Mereka belum menemukan kembali inti sejati, kekuatan yang tidak kasat mata di balik Big Bang. Namun demikian,  teori tersebut juga membantu guna memahami aspek rohani dan penciptaan."

Pada tanggal 22 Maret 1993, selama berlansungnya sesi tanya dan jawab di Brisbane, Australia, Guru memberikan uraian yang jelas tentang bagaimana munculnya keberadaan alam semesta itu. (lihat "Pertanyaan dan Jawaban Pilihan" dalam terbitan majalah Berita ini) /singularitas dalam terminologi ilmu pengetahuan adalah Tuhan, kebijaksanaan, atau energi kosmik. Apabila pusat kekuatan kebijaksanaan ini bergerak, segala bentuk penciptaan menjadi hidup darinya, dengan berbagai bentuk, ukuran, energi, kebijkasanaan, dan kemampuan untuk bergerak dan berpikir. Karena pusat tersebut memiliki 'kekuatan magnet' yang besar, segala sesuatu akan kembali ke kekuatan pusat, dan lalu berevolusi lagi."Singularitas" tersebut telah mengembang dan menyusut beberapa kali, sehingga membolehkan kita berevolusi dan tumbuh. Dan Guru menjelaskan dalam ceramahNya di Singapura pada tanggal 26 September 1994 bahwa, secara ilmiah, proses ini sama dengan teori "Big Bang" tetapi hal tersebut sangat sulit untuk dijelaskan dalam bahasa manusia.           

Keraguan Seorang Ateis 

Dalam usaha membuktikan bahwa kehidupan dimulai dari bumi melalui tubrukan serampangan molekul-molekul yang berada dalam sekumpulan cairan 'prabiotik' metan, amoniak, karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogren dan uap air, maka ilmuwan Miller dan Urey mencipta ulang kondisi ini dalam suatu percobaan laboratorium yang terkenal di tahun 1950-an.   Percikan listrik (yang menyerupai halilintar) terjadi dalam penciptaan asam amino, pembentuk batang DNA.

Namun demikian, Sir Fred Hoyle, meskipun seorang ateis, tidak menyetujui kesimpulan yang ditarik dari percobaan tersebut di atas dan mempercayai bahwa kehidupan tidak akan muncul di Bumi secara kebetulan. DNA terlalu rumit dan terlalu luar biasa untuk dapat dibangun kembali secara hukum alam. Bahkan jika seluruh alam semesta pada awalnya hanya terdiri dari sekumpulan cairan, Hoyle menyimpulkan, suatu kebetulan tidak mungkin mengarah pada penciptaan kehidupan. Kemungkinan kejadian serampangan telah menciptakan suatu siklus kehidupan, menurut dia, adalah sebesar 'angin topan yang bertiup melewati tempat pembuangan sampah dan membangun Boeing 747." Bersama dengan Francis Crick (salah satu penemu DNA) dan sejumlah ilmuwan lainnya, Hoyle sekarang mempercayai bahwa kehidupan muncul di suatu planet lain dan dipindahkan ke sini. Namun demikian, Hoyle dan yang lainnya tidak dapat menjelaskan bagaimana kehidupan itu muncul pada planet lain tersebut!       

Penerobosan Ilmu Alam Moderen

Konsepsi penerobosan ilmu alam moderen menyajikan suatu contoh yang baik mengenai konsistensi antara ilmu pengetahuan dan kerohanian. Ketika ilmu pengetahuan molekul dikembangkan,manusia mulai mengubah pandangan mereka tentang obyek material di dunia ini. Mereka menyadari bahwa berbagai obyek padat sebenarnya tidak 'padat' dan bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah terdiri dari berbagai molekul dengan ruang besar di antaranya. Seiring dengan kemajuan ilmu alam, manusia mulai menyadari bahwa jenis molekul yang tak terbilang di alam semesta ini dibuat dari beberapa jenis atom yang dapat dihitung, yang lebih lanjut ditemukan terbuat dari berbagai jenis  partikel dasar yang terbatas seperti elektron, proton, neutron, dsb.

Pandangan manusia atas material dunia lagi-lagi berubah secara dramattis pada waktu mekanik quantum diperkenalkan pada permulaan abad ke 20. Mekanik quantum memandang partikel dasar material dunia bukanlah sebagai "partikel", tetapi sebagai gelombang energi dalam berbagai keadaan getaran. Yakni, obyek seperti cangkir dan mangkok yang kita lihat dan rasakan tidaklah nyata ada; benda-benda tersebut hanyalah energi dalam keadaan getaran tertentu yang membuat kita merasa mereka adalah cangkir dan mangkok. Dengan kata lain, segala sesuatu di dunia ini adalah khayalan dan hanya terdiri dari getaran energi.

Penemuan ini konsisten dengan ajaran para Guru Agung bahwa dunia ini adalah khayalan. Dalam suatu ceramah di Thailand pada tanggal 1 Januari 1994, Maha Guru Ching Hai berkata, "Ketika kita melihat ke dalam (meditasi), kita menemukan tiada apapun; kita menemukan tiada bentuk fisik, tiada substansi; melainkan, kita menemukan eksistensi sejati, energi sejati. Itulah asalnya kita berada. Jika kita tidak mengakui diri kita sebagai suatu tubuh yang memerlukan makanan, maka kita akan menyadari bahwa itulah darimana kita berasal. Itulah energi sejati dari mana segalanya berasal........."

Mekanika quanyum juga konsisten dengan ajaran rohani bahwa seluruh benda diciptakan dari Suara agung (Tao, Sabda, atau Getaran). Dalam ceramah Guru Ching Hai yang diberikan di Taipei, Formosa pada tanggal 6 Maret 1986, Beliau memberikan uraian yang jelas  berikut ini: "Suara ini telah ada ada ketika penciptaan dimulai. Ketika suara ini  menjadi keberadaan, segalanya menjadi keberadaan. Suara ini adalah Tuhan; suara ini adalah Penciptaan. Segala sesuatu  di alam semesta ini terhubung bersama  oleh suara ini. Semua alam, dari yang tinggi sampai yang rendah, terhubung satu dengan lainnya melalui suara ini. Segala sesuatu di alam semesta, apakah batu, tanaman, manusia, bergetar menurut frekwensi khusus mereka sendiri."

Dari contoh tersebut di atas, kita dapat melihat bahwa ilmu pengetahuan material termasuk dalam kerohanian. Kebanyakan ilmuwan memberikan perhatian mereka hanya pada tingkat meterial, dan walaupun mereka telah membuat banyak penemuan besar, namun apa yang mereka dapat temukan terbatas adanya. Seperti yang pernah Maha Guru Ching Hai katakan, "Para ilmuwan hanya menemukan zat. Mereka menemukan semua bentuk energi sebagai zat, tetapi bukan akal-budi yang bersifat fleksibel di balik energi tersebut. Dengan demikian, hanya sedikit saja perbedaan di sini. Manusia menggunakan energi sebagai alat untuk mempertahankan hidup mereka dan untuk memberikan lebih banyak kesenangan dalam hidup mereka. Tetapi mereka tidak mengetahui bahwa di balik energi tersebut terdapat akal-budi yang fleksibel, kebijksanaan." Ceramah di Universitas Harvard, 27 Oktober 1989)

"Metode Quan Yin memiliki suatu kunci, suatu alat, yang mana Anda dapat pergi ke tempat-tempat lain untuk belajar." (Ceramah di Chiayi, Formosa, 16 Januari 1989). "Pada waktu ini, Bumi kita tidak memiliki sekolah ilmu pengetahuan yang besar yang dapat mengajarkan ilmu pengetahuan lanjutan. Sehingga Anda harus belajar Metode Quan Yin, dan Anda akan secara bertahap mengembangkan kebijaksanaan Anda. Atau Anda dapat pergi ke planet -planet lainnya untuk belajar, sehingga Anda dapat melayani dunia pada waktu Anda kembali." Bahkan bila para ilmuwan besar datang ke sini dari planet-planet lainnya untuk menciptakan berbagai mesin dan mengajari kita dalam banyak aspek, kita masih harus menyiapkan diri kita terlebih dahulu. Kita harus siap dengan kebijaksanaan tingkat tinggi, sehingga kita dapat mencerna pengetahuan maju dan ilmu pengetahuan yang mereka akan ajarkan kepada kita. Bagaimanapun juga, kita harus berlatih metode kebijaksanaan untuk mengembangkan dan memelihara kebijaksanaan kita. Barulah kita dapat melakukan segala sesuatu." (Ceramah di Hong Kong, 19 Februari 1992)   

Kembali ke Daftar Isi


Pertanyaan dan Jawaban Pilihan

Evolusi
Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai 
Brisbane, Australia, 22 Maret 1993 (Aslinya dalam bahasa Inggris)

T: Guru Yang Terhormat, ada satu pertanyaan yang membingungkan saya sejak lama yaitu mengenai evolusi. Dengan pengetahuan saya yang terbatas tentang evolusi, saya tidak mengetahui bagaimana menjawab para murid yang saya ajari selama bertahun-tahun. Pertanyaanku adalah apakah kehidupan di Bumi telah mengambil banyak bentuk dan berevolusi dari nenek moyang kita , ataukah Tuhan menciptakan semuanya pada waktu yang sama?

Saya sangat bingung antara agama dan pengetahuan ilmiah. Jika saya  berpijak pada kepercayaan agama, saya dapat berkata bahwa Tuhan menciptakan segalanya. Lalu kita pulang ke rumah dan tidur; tidak ada pertanyaan lebih lanjut. Tetapi jika saya jelaskan secara ilmiah, saya akan berkata bahwa kita semua berasal dari satu nenek moyang yang sama yang kemudian bercabang, seperti yang diusulkan Charles Darwin. Sehingga, dengan pengetahuan saya yang terbatas, saya tidak dapat menjawabnya. Saya telah mengatakan kepada murid-murid saya bahwa saya harus menunggu Guru agung saya yang berpengetahuan Surgawi. Lalu kemungkinan saya baru dapat menjelaskannya.   

G: Anda lihat, agama dan ilmu pengetahuan tidak bertentangan. Itu hanyalah suatu perbedaan terminologi. Dan adakalanya ilmu pengetahuan tidak menyebutkan, atau mereka tidak menemukan prinsip yang mendasari segala benda -- tanaman dan kayu dan segalanya itu. Agama, sebagai contoh Kristianitas, akan mengatakan bahwa segala sesuatu diciptakan dari satu sumber, dari Tuhan. Dan Buddhisme akan mengatakan segala makhluk memiliki Sifat Kebuddhaan. Dan Taoisme akan mengatakan bahwa kita semua adalah satu. Tetapi ini adalah sama sebagaimana yang ilmu alam katakan bahwa berbagai unsur yang berada di dalam diri saya dan kalian juga terdapat di dalam tanaman, pohon, kayu, dan segalanya itu.

Lalu apa yang membuat unsur-unsur  kita bergerak, berbicara dan berpikir? Sedangkan unsur yang demikian tidak membuat tanaman dan pohon berbicara. Dan jika kita memiliki unsur yang sama di dalam semua benda, lalu, tentu saja, kita membutuhkan kekuatan yang sama untuk gerakan ini. Apakah benar demikian? Ya! Sehingga, sebenarnya kita semua diciptakan dari Tuhan. Anda dapat menyebutnya Tuhan atau energi alam semesta. Baik saja. Pada awalnya hanya terdapat energi alam semesta. Jangan namakan ia Tuhan atau Sifat Kebuddhaan, karena hal tersebut membingungkan terlalu banyak orang. Kita akan membicarakannya dalam istilah ilmiah. Energi alam semesta hanyalah merupakan tempat rehatan bagi semua benih kebijaksanaan, dan segala benih benda yang mampu meluas dan mengembang. Tetapi ketika energi alam semesta berputar karena sesuatu di dalam dirinya, maka segala benih berpencar ke segala penjuru dan menjadi segala keberadaan sebagaimana   hari ini. Jadi, kita dapat memanggilnya Tuhan, atau kita dapat menamakannya Sifat Kebuddhaan.

     Jika kita tidak mengetahui sumber hayati kita,maka kita tidak akan hidup sesuai dengan hukum alam semesta, dan itu membuat masalah buat kita.  Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan untuk bermeditasi sekarang, mencoba untuk menemukan sumber dari segala akal-budi ini. Dan ketika kita kembali ke sumber tersebut, atau paling tidak kita berada dengannya, kehidupan kita akan lebih harmonis bersama seluruh alam semesta, dan oleh karena itu, kita berbahagia! Kita tidak memiliki halangan. Kita tidak mengendara di  seluruh tempat, tetapi mengendara pada jalur yang benar, dengan kecepatan yang tepat. Ini tidak bertentangan dengan ilmu alam sama sekali. Tetapi kemungkinannya ilmu alam tidak menyatakan tentang kekuatan yang menggerakkan segala sesuatu.  

Ilmu alam hanya membicarakan tentang zat, unsur yang berada di dalam diri Anda dan saya dan segala benda lainnya. Hanya dengan itu saja mereka telah menemukan sesuatu yang hebat. Tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan metode ilmiah untuk menemukan kembali benda-benda yang tanpa zat? Itulah kekuatan alam semesta kita yang menggerakkan segala sesuatu, dan apa yang kita namakan jiwa adalah merupakan bagian darinya; bagian dari kekuatan alam semesta.

Benda-benda yang muncul sebagai suatu keberadaan adalah berbeda sesuai dengan seberapa jauh mereka berasal dari kekuatan pusat pusaran alam semesta ini pada waktu terjadinya gerakan putaran besar. Sehingga, kita berbeda dalam bentuk, ukuran, energi, kebijaksanaan, dan kemampuan untuk bergerak dan berpikir. [Tepuk tangan] Dan, segala sesuatu akan kembali ke kekuatan pusat, di mana kemudian mereka akan berubah secara lambat-laun. Jika mereka ingin lebih dekat, mereka harus lebih bijaksana, karena yang berada di pusat adalah kebijaksanaan. Sehingga mereka berubah bentuk secara lambat-laun. Itulah alasan terjadinya evolusi (suatu perubahan bentuk yang terjadi secara lambat-laun dan terus menerus). Mereka harus berubah bentuk secara lambat-laun, menjadi lebih bijaksana, lebih agung, lebih bijaksana, lebih agung, lebih bijaksana, lebih agung (perubahan yang terus menerus), dan kemudian mereka dapat berada lebih dekat pada pusat, karena pusat memiliki kekuatan magnit besat, yang menyedot segala sesuatu untuk kembali ke dalam dan kemudian mendorongnya keluar lagi, perubahan sepanjang waktu.

Namun, adakalanya kekuatan alam semesta juga perlu berehat, dan segala sesuatu akan berhenti. Dan apabila ia bangun kembali, segala sesuatu mulai bekerja lagi. Itu terjadi setelah berkalpa-kalpa kehidupan. Agak sedikit sulit buat saya untuk menjelaskan hal ini, tetapi cobalah memahami apa yang saya katakan.  

T: Jika Tuhan menciptakan alam semesta dan Bumi, apakah alam semesta diciptakan sebelum atau pada waktu yang bersamaan dengan Bumi?

G: Di alam semesta, terdapat banyak bumi. Kita bukan hanya satu-satunya. Anda dapat mencari waktu untuk berkunjung! Sehingga, kita melihat banyak UFO dan benda-benda seperti itu. Itu adalah benda yang nyata. Terdapat banyak bumi yang seperti milik kita, terdapat manusia dan kehidupan. Beberapa telah terlihat sekilas oleh para ilmuwan, tetapi mereka belum mengungkapkannya, karena mereka kekurangan bukti, planet-planet tersebut terlalu jauh jaraknya, dan mereka tidak yakin apa sebenarnya itu. Beberapa planet ini lebih menyerupai Bumi; di sana ada manusia seperti kita, dengan banyak lahan pertanian dan segalanya. Planet lainnya tidak menyerupai bumi. Ini adalah planet yang lebih bersifat rohani, di mana terdapat manusia, tetapi mereka lebih menyerupai malaikat dan tidak kasat mata bagi mata telanjang kita, bagi mata para ilmuwan, dan bagi mata dari semua teropong. Sehingga,  kita harus mengunjungi mereka dengan tubuh rohani kita dan menggunakan mata rohani kita untuk menghubungi atau melihat mereka. Ini yang oleh para ilmuwan tidak dapat dilakukan. Jadi, sebagai contoh, kemarin dan hari sebelumnya, banyak orang mengatakan mereka melihat tempat yang indah, ada istana dan manusia, tetapi bukan di Bumi. Kita dapat melakukan perjalanan dalam sekejab ke planet manapun juga, jika kita cukup berlatih diri. Tetapi bagaimanapun itu bukanlah tujuan sebenarnya kita. Jadilah apa adanya; kita tidak memiliki keinginan untuk hal-hal tertentu.     

T: Bagaimana kita dapat mengetahui tujuan kita, yakin akan apa tujuan kita tersebut? Apabila ada yang bertanya, dapatkah kita membantu mereka mengetahui tujuan dalam hidup mereka? Pekerjaan apa yang secara pribadi harus kita lakukan di sini?

G: Saya telah mengatakannya bahwa kita di sini untuk memberkahi dunia dan mengetahui sifat keagungan kita. Apabila kita mengetahui sifat keagungan kita, kita adalah satu dengan seluruh kekuatan alam semesta. Dan siapapun yang berhubungan dengan kita juga akan memiliki berkah dari kekuatan alam semesta ini. Bumi akan lebih berkembang karena semakin banyak orang seperti kita berlatih dan memberkahi dunia secara diam dengan kebijaksanaan dan jasa kebajikan dari latihan rohani kita. Itulah tujuan kita. Kalau tidak, apa lagi yang dapat Anda pikirkan? Apakah kita berada di sini hanya utnuk makan dua atau tiga kali sehari, memiliki beberapa anak, dan lalu kaput? Bagaimanapun itu bukanlah tujuan sebenarnya! Tidak masuk di akal bagi Tuhan yang telah begitu susah-payah menciptakan kita, lalu meletakkan kita di sini selama beberapa puluh tahun dan membiarakan kita mati dalam kesengsaraan, yang adakalanya terkena kanker, sengsara, bencana alam, gempa bumi, dan sebagainya. Ini tidak masuk di akal.

Jadi, tujuan kehidupan manusia adalah untuk mengenali Tuhan. Mengenali Tuhan berarti mengenali sifat agung kita sendiri, mengenali seluruh kekuatan alam semesta di mana diri kita merupakan salah bagian darinya. Walaupun kita mengatakannya sebagian, tetapi itu adalah keseluruhan. Sebagai contoh, jika tangan saya terpotong, lalu itu hanya satu jari. Tetapi karena jari tersebut melekat di tubuh saya, ia menjadi satu bagian dari tubuh saya, ia kepunyaan tubuh saya. Walaupun saya mengatakan itu bagian dari tubuh saya, sebenarnya ia juga keseluruhan tubuh saya. Oleh karena itu, kita adalah bagian dari kekuatan alam semesta, tetapi kita juga adalah bagian dari keseluruhan tersebut, jika kita terhubungkan kembali. Celah kecil yang ada di sambungkan kembali pada waktu inisiasi. Kita menoleh ke dalam batin, kita berada di dalam, kita terhubung, dan lalu kita menjadi keselurahan dengan alam semesta. Sehingga, kita memberkahi setiap orang yang berada di sekeliling kita, tanpa harus meletakkan tangan pada mereka atau melakukan sesuatu pada mereka.  Setiap orang yang kita kasihani atau yang memiliki garis keturunan akan terselamatkan atau terbekahi dalam satu dan lain hal. Tergantung pada karma mereka, dan tergantung pada cinta kasih kita kepada mereka. 

Kembali ke Daftar Isi



Informasi Kesehatan

Keajaiban Vitamin B12
Oleh Kelompok Berita Taipei, Formosa

Apakah Vitamin B12?

Apakah Vitamin B12 dan seberapa vitalnya bagi kesehatan manusia? Vitamin B12 memegang peranan yang penting dalam struktur darah. Ia hanya dapat diserap untuk fungsi normal dalam bentuk faktor intrinsik, suatu mukoprotein yang ditemukan dalam perut dan usus. Vitamin B12 pada mulanya dipisahkan dari hati binatang pada permulaan tahun 1947, dan digunakan untuk mengobati penyakit kekurangan darah (anemia). Kemudian, para peneliti menggunakan fermentasi untuk memisahkan sejumlah besar Vitamin B12 yang larut dengan bakteri (streptomyces griseus), yang tekniknya masih secara luas digunakan dalam bidang farmasi. Nama kimia selengkapnya Viotamin B12 adalah Cyanocobalamin. Vitamin B12 juga dikenal sebagai Cobalamin dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kekurangan darah dan sering disebut sebagai 'faktor anti penyakit kekurangan darah.' Keberadaan susunan fosfor dan unsur logam dalam molekulnya menimbulkan warna kemerahan, menjadikannya sebagai satu-satunya vitamin merah kristalin dan memperoleh nama kecil "Vitamin Merah." Sebagai satu-satunya vitamin yang mengandung semua mineral umum, Vitamin B12 muncul dalam berbagai bentuk, seperti B12a, B12b, dan B12c. Vitamin-vitamin tersebut biasanya mengandung  molekul unsur logam yang terikat pada kelompok CN dan kelompok OH atau NO2.    

Vitamin B12 dan Kesehatan Tubuh 

Vitamin B12 merupakan salah satu faktor nutrisi yang tidak terbuang dalam tubuh manusia. Sebagai contoh, ia memainkan peranan yang penting dalam pertumbuhan dan pencirian berbagai sel, teramsuk sel darah merah. Juga, vitamin tersebut penting untuk pembaruan sel epithelial dan untuk menjaga myelin, suatu lapisan perlindungan yang berada di sekitar urat saraf. Terhadap fungsi tubuh, Vitamin B12 memegang tujuh peranan utama di dalam tubuh manusia, yaitu sebagai berikut:

* Membantu metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Ini berarti bahwa semakin banyak makanan ini kita konsumsi, semakin banyak Vitamin B12 yang diperlukan tubuhmu untuk metabolis makanan-makanan tersebut. Diantara nurtisi ini, protein mengkonsumsi paling banyak Vitamin B12. 

* Menyediakan zat yang dibutuhkan oleh hemokrom dalam hemoglobin (melalui interaksi dengan asam folik), sehingga mencegah kekurangan darah (anemia).

* Menormalkan funsi sistim saraf pusat 
* Membantu anak-anak untuk tumbuh, dan menambah selera makan  
* Menambah kekuatan fisik  
* Mencegah kegugupan dan kepenatan  
* Meningkatkan perhatian, ingatan, dan keseimbangan rasa

Penyerapan dan Penyimpanan Vitamin B12 di dalam Tubuh Manusia

Sesuai hasil penelitian medis, bahwa apabila Vitamin B12 masuk ke dalam tubuh maka akan membentuk suatu kemajemukan dengan faktor instrinsik yang dipisahkan oleh sel-sel parital (sel-sel besar kalenjar zat dalam perut yang berfungsi menghancurkan makanan) pada lendir lambung (mucous membrane) dalam perut, sebelum diserab oleh lambung penerima (bagian bawah) yang merupakan bagian bawah perut yang kecil dalam bentuk ion kalsium.  Secara teori, jika lambung kita berfungsi normal dan kita harus memakan sejumlah kecil ion kalsium, maka tubuh kita akan menyerap seluruh Vitamin B12 yang terkandung dalam makanan apapun, sehingga tidak akan terjadi kekurangan Vitamin B12. Dengan demikian, kemungkinannya tidaklah benar untuk mengatakan bahwa banyaknya kandungan Vitamin B12 dalam rumput laut dan beberapa jenis kacang tidak dapat diserap secara langsung oleh tubuh.

Suatu temuan yang pernah dilaporkan adalah bahwa kehamilan dapat mengakibatkan suatu penambahan yang luar biasa dan spontan dalam lambung penerima dalam perut, sehingga menjadikan penyerapan Vitamin B12 yang lebih baik. Di sisi lainnya, kelalaian faktor instrinsik dapat mengakibatkan kekurangan  Vitamin B12. Gastrectomy (proses pembedahan untuk mengangkat seluruh atau sebagian lambung) ataupun kegagalan fungsi lambung karena rendahnya pemisahan faktor intrinsik juga dapat merintangi penyerapan Vitamin B12 oleh tubuh, sehingga menyebabkan penyakit kekurangan darah (pengurangan sel darah merah atau hemoglobin di dalam darah yang kronis). Kasus demikian sebagian besar terjadi karena kegagalan lambung untuk menghasilkan faktor intrinsik yang diperlukan untuk penyerapan Vitamin B12. 

Begitu Vitamin B12 diserap maka akan disimpan di dalam hati, dan dipindahkan oleh faktor intrinsik seperti transkobalamin I dan II melalui aliran darah apabila tubuh memerlukannya. Sebagai tambahan terhadap susunan darah, Vitamin B12 juga terlibat dalam biosintesis gugusan methyl, dan dengan demikian secara tidak langsung tetapi memiliki hasil yang kuat terhadap sintesis purin dan pyrimidine nucleotides yang merupakan bagian dari asam nukleik, yaitu pembentuk balok DNA. Fungsi terbaik Vitamin B12 adalah apabila diserap bersama dengan asam folik, dan dapat menghidupkan kembali sel mati dalam tubuh dalam waktu yang singkat. Vitamin B12 juga mendukung kelompok Vitamin B lainnya maupun Vitamin A, C, dan E. Vitamin B12 siap diserap apabila kalenjar thyroid befungsi secara normal. Gejala munculnya kekurangan Vitamin B12 hanya muncul sekitar lima tahun setelah tubuh dihilangkan sama sekali dari Vitamin B12.

Vitamin B12 dapat bertahan dalam suhu dan panas yang tinggi, tetapi dapat ditembus oleh asam, alkalis, kelembaban, kopi, tembakau, alkohol, estrogen, dan obal tidur. Jika dikonsumsi bersama dengan Vitamin B12, maka akan menetralisir efeknya atau merintangi penyerapan tubuh. Mengkonsumsi alkohol juga mencegah penyerapan Vitamin B1, B2, B6, dan B12, asam folik, Vitamin C dan K, zat  besi, magnesium, dan kalsium. Karena konsumsi alkohol dapat merugikan kesehatan, maka disarankan untuk berhenti mengkonsumsi alkohol.     

Makanan Nabati Mengandung Vitamin B12 

Para peneliti medis dan ahli gizi Barat telah lama mempercayai bahwa Vitamin B12 hanya dapat ditemukan dalam daging, seperti sapi, babi, ayam, dan hati, maupun telur, dan jarang di makanan yang berasal dari tanaman. Hasil penemuan tersebut telah mengarahkan mereka terhadap suatu kesimulan bahwa kekurangan Vitamain B12 adalah akibat umum penyakit kekurangan darah (anemia) yang menimpa para pemakan nabati (vegetarian). Kekeliruan konsep ini kemungkinan terjadi karena penelitian yang kurang cukup bukti atau kelewatan melihat makanan yang berdasarkan sayuran seperti Chlorella dan Sprirulina yang lebih  kaya kandungan Vitamin B12, protein, dan nutrisi lainnya daripada daging sapi  dan hati. Masyarakat medis Timur juga menemukan bahwa banyak jamuan China seperti Chinese Angelica, Angelica keiskei, dan comfrey (Symphytum officinale) mengadung Vitamin B12. Keju (khususnya jenis fermentasi), susu dan produk susu (sebagai contoh: yogurt), tepung terigu, beras merah, rumput laut, rumput gandum, dedak beras, kembang teh, jamur, kacang, sayur pilihan, produk sampingan kacang fermentasi (sebagai contoh miso; kacang merah pilihan dan kacang hitam yang difermentasikan) dan ragi (sebagai contoh: bir tanpa alkohol) semuanya mengandung vitamin ini juga. Dengan demikian, tidak perlu bagi para pemakan nabati kwatir akan kekurangan Vitamin B12. Tuhan telah memberikan kita persediaan makanan yang cukup. Kita hanya perlu  berlaku cukup bijak untuk membuka harta karun yang tidak akan habis dipakai ini.

Orang dewasa, apakah vegetarian ataupun bukan vegetarian, hanya memerlukan sejumlah kecil sekali Vitamin B12 agar dapat tetap sehat. Namun demikian terdapat orang di bagian dunia tertentu dapat menghasilkan Vitamin B12 di dalam tubuh mereka. Pengujian bakteri di laboratorium yang diambil dari usus beberapa vegetarian di India, sebagai contoh, telah menemukan mikro-orgnisme yang memiliki kemampuan demikian. Kekurangan Vitamin B12 hanya dapat ditentukan melalui pemeriksaan darah. Jika ditermukan bahwa vitamin tersebut mendekati atau berada di bawah tingkat normal, maka pelengkap vitamin perlu di konsumsi.   

Fungsi Baru Vitamin B12 - Pelacak Kanker 

Suatu kenyataan medis bahwa semua makhluk hidup membutuhkan Vitamin B12 sebagai ko-enzim dalam proses normal metabolisme dan produksi kembali (susunan DNA dan RNA) dalam sel tubuh mereka. Kekurangna vitamin ini yang berkepanjangan dapat menyebabkan sejumlah penyakit. Sebagai contoh, sel darah merah orang yang normal berusia dan mati dalam 120 hari. Sel darah merah baru dibentuk dalam sel tulang sumsum untuk menormalkan fungsi tubuh manusia. Namun demikian, kekurangan Vitamin B12 dapat mengakibatkan kegagalan fungsi pembuatan sel darah merah atau mencegah keberhasilan pembentukan sel tersebut, yang pada gilarannya menyebabkan anemia megaloblastic (kekurangan darah yang mana sejumlah sel darah merah berukuran abnormal ditemukan dalam darah). Dalam beberapa kasus, kekurangan Vitamin B12 dalam jangka panjang dapat menahan pembentukan dan fungsi myelin, dan kemudian mengarah kepada neuritis (pembengkakan urat saraf) atau perkembangan otak yang tidak lengkap. Dengan kata lain, konsumsi Vitamin B12 secara cukup sangatlah penting untuk kesehatan. Berdasarkan teori bahwa seluruh sel dalam tubuh, khususnya yang bermetabolis secara cepat, membutuhkan Vitamin B12, para penelita di Klinik Mayo, Amerika Serikat telah menciptakan suatu peran penting bagi vitamin, yaitu meracak sel kanker. Semua sel kanker menjalani metobolisme yang cepat, yang berarti bahwa sel-sel tersebut membutuhkan sejumlah besar Vitamin B12 untuk menyuburkannya. Para peneliti dari Klinik Mayo telah menemukan bahwa  jika Vitamin B12 digabung dengan atom radio-aktif dan lalu disuntikkan ke dalam tubuh, maka pada  pemindai CAT memberikan hasil sel dan tingkat radio-aktif yang berbeda. Ini membantu para peneliti guna menelusuri tempat persis sel kanker yang ada, yang menyerap dan mengkonsumsi lebih banyak radio-aktif Vitamin B12 daripada yang dilakukan sel normal lainnya. Percobaan pendahuluan di Klinik Mayo telah menemukan bahwa teknologi 'peracakan cerdik' ini secara berhasil melokalisasi posisi pertumbuhan kanker dari 90 persen pasien yang ada. Ini sangat membantu sekali khususnya dalam melakukan diagnosa kanker payudara, di mana percobaan sinar-X tradisional kurang dapat dipercaya. Seorang pasien wanita yang didiagnosa dengan teknologi baru Klinik Mayo diminta hanya menjalani operasi sebagian daripada mengangkat seluruh payudaranya. Hasil penelitian juga menemukan bahwa teknik baru ini dapat digunakan untuk mendiagnosa kanker paru-paru, thyroid, kalenjar prostat, usus, otak, dan tulang.  Penemuan ini merupakan penerobosan besar dalam diagnosa dan pengobatan kanker.

Kembali ke Daftar Isi


Korespondensi Rohani Antara Guru dan Murid

Pelindung Dewiku
Oleh saudari inisiasi Lidia Mertinez de Diaz, Panama 
(Aslinya dalam bahasa Spanyol)

Guru Yang Terkasih dan Terhormat: Aku ingin memberitahukan Guru bahwa , walaupun keberadaan batinku telah sejak dulu mencariMu, dan aku telah mengetahui  Engkau sejak 1990, namun hal ini tidak terjadi hingga bulan September 1999 di mana aku melakukan hubungan rohani dengan Engkau setelah mengunjungi salah satu Center Meditasi Guru. Pada waktu itu, aku mengetahui bahwa itu adalah apa yang jiwaku harapkan, sehingga sejak saat itu aku memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian dan berhenti memakan telur.

Aku sering bermimpi tentang Engkau, dan telah menjalani malam-malamku dengan berbicara padaMu di dalam mimpiku. BerkahMu telah semakin merubah keberadaanku, hari demi hari, dan sekarang aku memiliki lebih banyak kasih bagi suami dan enam anak-anakku, tiga di antaranya merupakan anak yang kulahirkan dan tiganya lagi merupakan bawaan suamiku. Namun aku perlu memberitahukan kepada Engkau bahwa bagiku, mereka semuanya adalah sama. Aku mengasihi mereka secara sama, walaupun mereka memiliki dua ibu yang berbeda. Aku memberitahukan ini karena bagian yang terbaik dari segalanya adalah Engkau sungguh membantukan pada hari inisiasiku (30 April 2000).

Pada tahun 1989, aku secara tidak sengaja bertemu seorang wanita yang menceritakanku bahwa seseorang menggunakan ilmu hitam untuk menentangku, tetapi  karena aku adalah sahabat karib Yesus dan sungguh besar imanku, mereka tidak dapat membunuhku. Namun demikian, adakalanya aku mendapatkan sakit dan aku sering menderita sakit punggung. Setelah mendengarkan ini, aku memberitahukan wanita itu karena masalah ini aku akan berdoa lebih banyak, dan kulakukan, namun pada suatu hari Jumat setelah aku mengatakan dalam doaku, aku bermimpi tentang seorang perempuan yang menggunakan ilmu hitam untuk menentangku; aku melihatnya menusukkan jarum yang berbentuk golok ke bagian punggungku. Mimpi ini sungguh nyata! Setelah beberapa hari kemudian aku bertemu dengannya dan ia begitu pucat pasi. Aku percaya bahwa ia pikir aku memiliki kekuatan ilmu dan telah mengganggu prakteknya, khususnya karena aku memberitahukannya, "Aku memaafkanmu untuk kebodohan batinmu, tetapi hentikan perbuatan itu...."

Aku mencari Tuhan, berdoa dan mencoba mengolah diriku, tetapi di rumah selalu ada masalah. Lalu, suatu hari, aku memutuskan untuk menghadapi mereka, berpakaian secara rohani dan baju fisik tentara, jadi aku lakukan melalui kata-kata dan perbuatan. Aku memutuskan untuk meminta kehormatan daru irabg-orang di sekitarku, dan itu membutuhkan lima tahun, tetapi aku berhasil mencapainya. Sungguh suatu pertarungan yang keras tetapi saya selalu merasakan bantuan dari malaikat "Gabriel" ku dan adakalanya kehadiran Yesus, namun aku lebih sering mendapatkan bantuan dari seorang wanita cantik yang berbicara denganku setiap malam. Hari ini aku dapat memberitahukanMu, Guru, bahwa wanita itu adalah Engkau, dan aku berterima-kasih kepadaMu untuk menolongku!

PertolonganMu sungguh besar dan ajaib, karena pada waktu diumumkan kepadaku seminggu sebelumnya bahwa aku akan menerima inisiasi pada hari Minggu tanggal 30 April, saya mulai mengalami pembersihan batin. Aku melihat cahaya besar yang berwarna ungu muncul di dalam diriku setiap hari, pada malam dan pagi hari. Ketika suamiku dan salah satu anak perempuanku meninggalkan rumah, saya memiliki dua jam waktu bebas sebelum memulai kegiatan harianku, dan saya mengalami lima hari cahaya batin yang terus menerus mendatangiku melalui meditasi Metode Kemudahan. Pada akhir setiap sesi, cahaya ungu tersebut berubah menjadi cahaya perak!

Pada hari inisiasiku, begitu saya mulai mengulang Lima Nama Suci dan kami bermeditasi pada Cahaya, aku mengalami kesakitan luar biasa di punggungku' sungguh sakit sehingga aku percaya akan pingsan, namun pikiranku untuk menjadi tentara muncul kembali dan Engkau melindungiku, sehingga aku meluruskan punggungku, mengulang Nama Suci dan memusatkan perhatian pada mata kebijaksanaan. Pada waktu itu, aku merasa bahwa Engkau berdiri di belakangku dan mulai menarik keluar golok yang ditanamkan di sana, dan aku merasakan sakit yang perih sekali, tetapi setelah itu aku merasakan kelegaan, aku menangis, dan lalu tiba-tiba aku dengar utusan Quan Yin memberitahukan kami untuk memulai meditasi pada Suara. Ketika kami mulai, aku mulai merasakan kehangatan di tempat lukaku, sepertinya luka itu mulai memperoleh penyembuhan. Aku ingin memberitahukanMu bahwa pada hari inisiasiku dan selama bermeditasi aku mendengarkan Suara, aku juga melihat Cahaya dan sungguh indah sekali!

Guru, aku sungguh bersyukur kepada Mu untuk pertolongan dan cinta kasih tak terbatas dariMu. Terima kasih untuk membebaskanku baik secara fisik dan rohani. Engkau sungguh seorang  Guru sejati! Aku merasa Engkau adalah Yesus, tetapi ini adalah rahasiaku. Aku berharap akan datang hari tersebut di mana aku dapat secara fisik menghubungiMu, di mana aku dapat menyentuhMu, jika Engkau mengijinkannya. Bahkan sejak inisiasiku, aku telah dapat bermeditasi lebih dari minimum dua setengah jam setiap hari. Aku merasakan sepertinya aku sedang retret denganMu. Aku belum pernah melihatMu, tetapi aku telah mendengarkanMu berbicara kepadaku, dan hari ini aku mendengarkan Engkau menyanyikan Nama Suci sementara di luar sedang hujan. Sungguh suara yang penuh nada dinyanyikan pada sebelah kananku! Terima-kasih untuk segalanya! Sungguh indah semuanya, khususnya ketika seseorang dapat merakan Kasih ilahi! Aku sungguh bersyukur atas berkahMU! 

Kembali ke Daftar Isi


Guru Menceritakan Lelucon

Bau Milik Siapakah?
Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai
Hsihu, Formosa,  19 Februari  1996 
(Aslinya dalam bahasa Inggris) 

Terdapat pasangan yang telah menikah sejak lama dan tidak memiliki anak, dan kemungkinan mereka merasa sedikit kesepian. Sehingga sang isteri berkata ia ingin seekor anjing untuk menemaninya, dan sang suami berkata, "Seekor anjing? bukankah aku cukup untukmu?" Ia membandingkan dirinya dengan seekor anjing! Sehingga sang isteri berkata, "Oh ya, tetapi berbeda. Aku memikirkan sesuatu yang hidup. Kamu tahu, ia dapat berjalan denganku ke toko, dan hal-hal seperti itu, sementara kamu tidak berada di sini. Aku mencintaimu. Hanya saja anjing itu berbeda. Kamu tidak membandingkan dirimu terhadap seekor anjing, iya kan? Lalu sang suami berkata, "Baiklah. Baiklah. Tetapi apa yang akan ia makan? "Oh," sang isteri berkata, "Apapun yang kita makan, ia dapat memakannya juga. Anjing makan segalanya." Itulah sebabnya mereka jadi anjing. Jadi bagaimanapun, sangsuami berkata, "Dan lalu, jadi di mana ia akan tinggal?" dan sang isteri menjawab, "Ia dapat tinggal di sini bersama kita, di dalam rumah ini. Rumah kita cukup besar." Dan sang suami masih merasa segan dan skeptis, lalu bertanya, "Tetapi di mana ia akan tidur?" Sang isteri menjawab,"Baiklah ia dapat tidur di ranjang bersama kita, iya kan? Dan lalu sang suami bertanya lebih lanjut, "Baiklah, bagaimana dengan bau?" Jadi sang isteri berkata, "Baiklah, jika aku dapat terbiasa dengan bau terebut, tentunya ia dapat juga."        

 

Uji IQ

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai 
Los Angeles, U. S. A., 14 Mare1996
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

Ada suatu mesin yang diciptakan oleh seseorang khususnya untuk mengukur IQ orang. Sehingga jika Anda ingin mengetahui seberapa cerdasnya Anda, seberapa tinggi IQ Anda, Anda hanya perlu meletakkan kepala di lubang mesin tersebut, menekan tombol dan tunggu jawabannya. Sebagai contoh, jika Steve meletakkan kepalanya di mesin tersebut, maka mesin itu akan berkata, "Steve, perbanyak meditasi! IQ kamu membutuhkan lebih banyak vitamin." Lalu orang lain datang, dan mengulurkan kepalanya ke dalam mesin, ke bagian yang kosong, dan menekan tombol, dan kemungkinannya mesin tersebut akan memberikan jawaban lain. Dan sungguh tepat. Mesin tersebut dapat memberitahukan anda seberapa tinggi IQ yang Anda miliki, kemungkinan satu koma sembilan atau seratus empat puluh. Mesin tersebut dapat  memberitahukan Anda bahwa Anda memiliki IQ seorang yang jenius, dan lalu Anda aka merasa bahagia. Suatu hari seseorang sedang mengawasi orang lain menggunakan mesin ini sepanjang waktu dan ia berkata, "wow! Itu hebat sekali!" Hal terkahir yang ia dengar dari mesin tersebut adalah, "Oh, IQ anda sebegitu jeniusnya." Sehingga ia sangat senang sekali, dan ia meletakkan kepalanya di dalam dan menekan tombolnya. Dan lalu kesunyian panjang keluar dari mesin tersebut, kemudian datang suatu keluhan seperti ini, "OOOOOOHHHHHH......." Lalu datang suara yang berkata, "Mohon tidak berbuat lelucon. Mohon jangan meletakkan batu di dalam mesin."

Kembali ke Daftar Isi



Berada di Jalur Rohani

Nenek Yang Bahagia
Oleh saudari inisiasi  Olga Molnar, Canberra, Australia 
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

Aku teringat, beberapa tahun lalu di kampung halamanku, Hungaria, aku memainkan piano di sekolah dasar suatu lagu Chirstmas. Pada hari berikutnya, polisi rahasia komunis membawaku pergi dari sekolah untuk pertanyaan, dan mereka menanyakanku kenapa aku memainkan lagu Christmas dan siapa yang telah mengajarkanku musik.  Setelah dicerca dengan panjang lebar, mereka membiarkanku pulang dengan suatu peringatan untuk tidak melakukannya lagi. Aku juga suka pergi ke gereja setempat untuk doa pendek setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah. Aku baru saja berumur delapan tahun pada waktu itu, dan ditanya lagi oleh polisi rahasia tentang kenapa saya pergi ke gereja, siapa yang memberitahukanku untuk pergi ke gereja, siapa yang mengajarkanku untuk berdoa, kenapa saya menyanyikan lagu Christmas di khalayak umum, dsb. 

Ketika aku menyelesaikan sekolah dasar, aku diberitahukan oleh kepala sekolah bahwa karena tingkah-laku yang tidak dapat diterima, aku tidak akan dapat ke sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikanku. "Jangan mencoba," ia berkata, "karena, latar belakang agama kamu maka negara tidak akan mengijinkannya." Tetapi walaupun demikian, malaikat pelindungku menolongku masuk ke sekolah menengah, yang mana dapat saya selesaikan, dan lalu saya melanjutkan ke akademi. Namun demikian, pada tahun 1956 seluruh duniaku seolah-olah menjadi terbalik. Perjuangan kemerdekaan rakyat Hungaria pada tahun itu telah menghentikan pendidikanku di Hungaria, karena ayahku berpartisipasi dalam perjuangan tersebut, sehingga kami harus meninggalkan rumah dan negara kami bersama dengan ibuku dan adikku yang berusia satu tahun. Sekali lagi, malaikat pelindungku berada di sampingku, dan menolongku melewati penjagaan ketat perbatasan Hungaria untuk memperoleh kemerdekaan.   

Sekarang setelah lebih tua dan lebih bijak, aku tinggal di Australia bersama dengan keluarga terkasih, dan aku merupakan seorang nenek yang bahagia dari 13 cucu. Kebahagianku semakin terdorong tanpa diharapkan sama sekali ketika selama musim Christmas tahun 1999, ibuku yang berusia 81 tahun memberitahukanku bahwa ia mengalami pengalaman batin yang baik dengan cahaya batin ketika berlatih meditasi Metode Kemudahan. Guru sungguh menjaga keluarga kami!

Aku di inisiasi delapan bulan yang lalu. Sejak itu, puteriku berhenti merokok, puteraku tidak lagi meminum minuman keras sebanyak yang dulu sering dilakukannya, dan di atas segalanya, adikku yang tinggal 2500 km jauhnya, baru-baru datang mengunjungi kami. Kami telah tidak saling ketemu selama delapan tahun, dan aku tidak dapat mempercayai mataku ketika aku melihatnya! Ia telah berubah menjadi lebih baik selama ini. Kepribadiannya telah menjadi lebih baik, dan pandangannya atas kehidupan ini menjadi lebih cerah. Sehingga, saya mengundangnya untuk datang bersamaku ke sesi meditasi kelompok setempat. Pada awalnya ia menolakku, tetapi saya mendesaknya, "Jika kamu ingin mengenaliku secara lebih baik, datang dan lihatlah kelompok kami, bagaimana kami bermeditasi, bagaimana kami menikmati kebersamaan satu dengan lainnya, dan bagaimana meditasi memberikan seseorang kedamaian batin dan perasaan yang baik." Pada akhirnya, ia menyerah dan datang ke meditasi kelompok denganku. Kami lalu menikmati sore yang sangat bahagia, bercanda dan tertawa terus menerus. Pada perjalanannya pulang ke rumah ia memelukku, berterima kasih kepadaku karena telah mengundangnya, dan berkata, "Kak, aku menyukai kelompok meditasi ini."

Ketika ia kembali ke rumah, ia menelponku, dan merupakan suatu kejutan besar karena ia tidak pernah menelponku sebelumnya oleh sebab biaya telpon yang tinggi. Namun pada hari itu ia melakukannya! Hari itu adalah hari Senin, hari meditasi center kami. Ia memberitahukanku, "Kak, aku mencintaimu, dan aku mencintai teman-teman di kelompok meditasimu. Mohon beritahukan mereka bahwa aku kehilangan mereka semua. Jika ada kelompok meditasi di sini, aku pasti ikut serta, tetapi sungguh menyesal bahwa tidak ada kelompok demikian disini." Aku diliputi dengan kegembiraan, dan hampir menangis.

Terima kasih, Guru, telah mengubah hidupku dan keluargaku menjadi lebih baik! Aku semakin mencintaiMu seiring dengan berlalunya waktu. 

Kembali ke Daftar Isi



Kasih dalam Tindakan

Pasien Lumpuh Memperoleh Kembali Mobilitas
Laporan dari Formosa

[Taitung] Suku Tupan yang berasal dari penduduk asli Rukai tinggal di daerah pegunungan terpencil di desa Tawu pinggiran pantai timur Formosa kota Taitung. Di sini, transportasi sangat tidak nyaman, kesempatan kerja sangat sedikit, dan standar hidup tidak tinggi. Sejak tahun lalu, rekan inisiasi setempat telah melakukan kunjungan rutin ke suku Tupan yang lumpuh karena kecelakaan mobil. Pada awalnya, ia sama sekali tidak dapat bergerak atau berbicara. Namun demikian, oleh berkah kasih guru dan perhatian serta kasih tanpa pamrih dari saudara dan kakak iparnya, pasien tersebut sekarang dapat menjawab dengan beberapa kata yang sederhana. Kepulihannya yang ditunjukkan dalam setiap kunjungan sangat menyentuh kami. Sebagai tambahan, kedua tangannya yang sebelumnya tidak berdaya mulai menunjukkan tanda-tanda kehidupan, dan sekarang ia dapat mengambil buah dengan jari-jarinya yang tidak begitu kuat. Selama kunjungan kami yang terakir, ia mengagetkan kami dengan duduk di atas tempat tidur, yang sungguh di luar perkiraan kami! Dalam hati kami, kami berterima-kasih kepada Guru secara diam-diam: "Keajaiban ini kemungkinannya sulit bagi manusia untuk dapat memperolehnya, tetapi tiada yang tidak mungkin di bawah kekuatan dan kasih yang maha besar dariMu!"

Kunjungan kami baru-baru ini bertepatan dengan pesta panen tahunan suku Tupan, dan atmosfir dipenuhi dengan kehangatan dan karakter yang penuh perhatian dari rakyat suku asli Formosa. Kami juga berjumpa dengan saudara tua pasien lumpuh tersebut untuk pertama kalinya, karena ia bekerja selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk menopang ketujuh anaknya dan adiknya yang hanya mampu berbaring di ranjang. Ia menyambut kami dengan perasaan haru dan berterima-kasih terhadap kepedulian yang ditujukan kepada saudara dan anak-anaknya, dan berkata bahwa ia telah dengan teliti membaca semua majalah yang telah diberikan kepada keluarganya, seraya menambahkan, "Jika ini bukan karena perhatian dan kepedulian Guru yang suci, kami sungguh tidak tahu apa yang akan terjadi!" Ia dengan sepenuh hati mengundang kami untuk bergabung dengan perayaan kepercayaan tahunan suku Tupan, tetapi kita harus mengucapkan selamat berpisah dan meninggalkannya untuk mengunjungi keluarga lainnya.

Orang berikutnya yang kami kunjungi adalah seorang lelaki tua berusia delapan puluh satu tahun, yang menderita stroke selama dua puluh lalu dan sekarang tinggal sendirian. Begitu ia melihat kami, ia menggoyangkan belakang kursi rotannya dan mencoba untuk berdiri. Ia sungguh berterima-kasih kepada Guru atas perhatian-Nya yang penuh kasih. "Kemungkinan karena aku menolong banyak orang dan melakukan banyak perbuatan baik ketika aku masih muda, sekarang aku telah menjadi tua  dan tiada siapapun yang dapat kusandari, guru dan saudara-saudara sekalian ke sini untuk membantuku." Ia menyimpulkan: "Guru secara diam-diam menjagaku!"   

Gambar: 
1. Orang tua yang lumpuh dan sendirian ini mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Guru dan para rekan sepelatihan untuk pertolongan mereka.
2. Lumpuh dan berbaring tanpa daya di tempat ditur setelah kecelakaan mobil, lelaki suku asli ini sekarang dapat duduk di tempat tidur.

Kembali ke Daftar Isi


Peningkatan Rohani

Rekaman Video Terakhir Maha Guru Ching Hai 

<dalam bahasa Inggris> 
679 Satu Hari Kebersamaan (Bagian 1) 
Retret Internasional 6-hari di Bangkok, Thailand
28 Desember 1999

680 Di Balik Kekosongan Eksistensi   (Bagian 2) 
Retret Internasional 6-hari di Bangkok, Thailand  
27 & 30 Desember  1999 

681 Hati Seorang Anak Kecil (Bagian 3) 
Retret Internasional  6-Hari di Bangkok, Thailand  
29 Desember  2000 

Untuk memesan publikasi Guru, silahkan menghubungi:
The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd", Taipei, Formosa. 
Tel: (886) 2-87873935 
Fax: (886) 2-87870873 
email: wisdom@m2.dj.net.tw 
ROC Postal Remittance Account No: 19259438 
Postal Account: The Supreme Master Ching Hai Publishing Co., Ltd. 


 

Kembali ke Daftar Isi



Situs WWW Quan Yin

http://www.Godsdirectcontact.org.tw
(Formosa; in Chinese, English)

http://www.smchbooks.com/
(Formosa; in Chinese, SMCH Book Store)

http://www.Godsimmediatecontact.com
(Singapore; in English)

http://www.GodsImmediateContact.co.kr
(Korea; in Korean)

http://www.Godsdirectcontact.co.kr
(Korea; in Korean)

http://www.GodsImmediateContact.org
(Japan; in Japanese)

http://www.Godsdirectkontak.org
(Indonesia; dalam bahasa Indonesia)

http://www.Spiritual-Discovery.org
(U.S.A.; in simplified & traditional Chinese, English, Korean, Aulacese)

http://mason.gmu.edu/~lduan/Godsdirectcontact
(U.S.A.; in English)

http://members.tripod.com/~Godsdirectcontact/
(U.S.A.; in English)

http://www.Godsdirectcontact.com
(U.S.A.; in Spanish, French, English, simplified & traditional Chinese)

http://www.spiritweb.org/Spirit/media.html?who=Suma%20Ching%20Hai
(U.S.A.; in English)

http://www.Godsimmediatecontact.net/

(USA; in English)

http://www.godsimmediatecontact.net/aulac
(USA; in Aulacese)

http://www.Godsimmediatecontact.org/video/
(in USA with Windows Media Video & Real Video; in Multi Languages)

http://www.members.xoom.com/meditations/GodsDirectContact.html
(U.S.A.; in English)

http://www.GodsImmediateContact.tripod.com
(U.S.A.; in English)

http://www.contactDirectAvecDieu.org
(France; in French)

http://godsdirectcontact.rma.cz
(Czech Republic; in Czech)

http://www.Godsdirectcontact.org
(Canada with Real Audio service; in English, Aulacese)

http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org
(Austria; in German)

http://www.Godsdirectcontact.de
(Germany; in German)

http://freespace.virginnet.co.uk/smch.ma/Godsdirectcontact/Persian.htm
(UK; in Persian)

http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel
(Hungary; in Hungarian)

http://Godsdirectcontact.bizland.com/
(Sweden, in Swedish)

http://www.geocities.com/godsdirectcontact_2000
(Poland; in Polish, English, Aulacese)

http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome
(in English) (Book order - I Have Come To Take You Home)

News Group: lovesrc@Godsdirectcontact.org


Situs WWW Berita Online Maha Guru Ching Hai: 

Traditional Chinese:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/news/115/index.htm (Formosa)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/115/ (U.S.A.)

http://Spiritual-Discovery.org/ch/news/115/index.htm (U.S.A.)


Simplified Chinese :

http://Spiritual-Discovery.org/gb_chinese/news/115/index.htm (U.S.A.)

http://godsdirectcontact.com/eNews/chinese/115/index_gb.html (U.S.A.)


English:

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/english/115 (U.S.A.)

http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/115/ (U.S.A.)

http://godsimmedatecontact.net/news/news115/ (U.S.A.)

http://Spiritual-Discovery.org/eng/news/115/index.htm (U.S.A.)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/115/index.htm (Formosa)


Aulacese:

http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/
(VNI,VPS,VISCII and VNU fonts)

http://godsimmediatecontact.net/aulac/n115/ (VNI font)


Spanish:
http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/spanish/ (U.S.A.)

Korean:
http://www.godsimmediatecontact.co.kr/115/index.htm (Korea)

Japanese:
http://www.Godsimmediatecontact.org/kannon/news/newsindex.htm (U.S.A)

French:
http://www.contactdirectavecdieu.org/News/index.html (France)

German:
http://www.Godsdirectcontact.de (Germany )

Indonesia:
http://www.Godsdirectkontak.org (bahasa Indonesia)



Kembali ke Daftar Isi