Majalah E-News Maha Guru Ching Hai No. 116


 

=======Daftar Isi=======

uRagam Peristiwa: Korea/ Hong Kong/ Australia/ Panama

uSajak: Maha Bunda Ching Hai

uBerada di Jalur Rohani : Pengalaman dengan Kelompok Rohani Lainnya

uMutiara Kebijaksanaan: Menemukan Guru Sejati dan Jalur Rohani yang Benar/Dari Buah, Mereka Dikenali

uAntara Guru dan Murid: Kesaksian Seorang Inisiasi Tua

uGuru Menceritakan Lelucon: Mencari Kasir/Kenapa Dokter Mengenakan Masker/Simulasi Yang Terbaik/ Peduli Terhadap Masa Depan Siapa?

uLayar Tayangan: Impian Yang Menjadi Kenyataan

uPeningkatan Rohani: Video Rekaman Terakhir Maha Guru Ching Hai/Berkunjung ke Kebun Puisi Maha Guru Ching Hai

uSajak Keabadian: Guru dan Saya/ Jangan Lupakan Daku/ Memo/ Tahukah Engkau?

uGuru Bercerita:  Kekuatan Pelindung Yang Tak Terbayangkan

uRestoran Vegetarian di Seluruh Dunia

uInformasi Kesehatan: Ilmu Parasit dan Vegetarianisme 

uSeberkas Sinar:  Rekayasa Genetika - Kiriman Tuhan atau Apa? 

uSitus WWW Quan Yin

uSeni Agung: Menguak Rahasia Busana dan Perhiasan Surgawi/ Menghargai Perhiasan Surgawi dengan Mata Kebijaksanaan - Rumah Guru
 
 


Ragam Peristiwa

Laporan dari Korea 

Lautan Air Mata 

[Seoul] Majalah Berita No.114 berisi suatu laporan perubahan bersejarah yang terjadi di Korea setelah Guru membimbing 10.000 hadirin dalam doa perdamaian antara Korea Utara dan Selatan pada acara ceramahNya yang diselenggarakan di COEX Convention Center, Seoul.  Doa ini menghasilkan kejadian yang sulit dipercaya dengan pertemuan beberapa kali yang dilakukan oleh pemimpin kedua Korea.

Kesepakatan pertama di antara para pimpinan negara adalah memperbolehkannya para anggota keluarga dari Utara dan Selatan yang telah lama terpisah   untuk saling bertemu untuk pertama kalinya setelah terpisah selama lima puluh tahun. Janji ini ditepati pada tanggal 15 Agustus, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Korea, yang mana 100 warga Korea Utara mengunjungi Selatan untuk bertemu keluarga mereka yang telah lama terpisah. Dan sungguh menakjubkan, pertemuan mereka terjadi di COEX Center - persis di tempat Guru dan 10.000 hadirin telah berdoa untuk kedamaian kedua Korea! Di Center tersebut, seorang ibu tua dari Korea Selatan menemukan anak lelakinya dari Korea Utara, dan ibu tua tersebut memeluknya dan menangis, sambil berkata, "Kenapa membutuhkan waktu 50 tahun untuk kamu datang ke sini meskipun sebenarnya hanya satu jam waktu penerbangan?" Pada hari tersebut, bukan hanya wanita ini tetapi juga seluruh rakyat Korea, yang merasakan kisah pribadi yang sungguh sulit terlukiskan dan mengharukan, yang menjadikan seluruh semenajung Korea memasuki lautan air mata.

Pertemuan seperti itu akan berlanjut di bulan September dan Oktober tahun ini. Perubahan drastis dalam sejarah di Korea akan terjadi di bidang   lainnya juga. Sebagai contoh, para pemimpin agama dari Korea Selatan akan mengunjungi Korea Utara, dan berbagai kesenian, termasuk konser musik akan saling dipertukarkan. Pada acara Pesta Olimpik di Sydney, para atlit dari Korea Selatan dan Utara secara bersama memasuki upacara pembukaan di bahwa satu bendera.  Dan pembangunan untuk menghubungkan rel kereta api dari Korea Selatan ke Korea Utara yang membolehkan perjalanan dari Korea Selatan ke Eropa melalui China dan Rusia, telah dimulai dan akan selesai dalam waktu setahun.

Kembali ke daftar isi


Laporan dari Hong Kong 

Aktivitas Dinamis Memasuki Milenium Baru

[Hong Kong] Pada bulan Januari 2000, para inisiasi Hong Kong menyambut milenium baru dan memasuki Era Emas dengan memindahkan Center setempat ke gedung yang baru didirikan terletak di lingkungan yang tenang dan bersih. Kami berterima kasih kepada Guru yang telah mengatur keadaan menjadi lebih baik bagi kelompok meditasi kami, dan berharap melalui perubahan ini kami semua akan dapat berlatih dengan lebih baik!

Kami merasakan  kegembiraan yang luar biasa ketika Guru singgah ke Hongkong menyampaikan ceramah pada tanggal 2 Mei, dan bahagia bahwa terdapat sekolompok baru rekan inisiasi yang bergabung ke dalam keluarga Quan Yin pada waktu itu. Dalam semangat kebersatuan, banyak saudara inisiasi yang menyumbangkan rekaman kaset dan video ceramah Guru yang bernilai tinggi pada  perpustakaan Center Hong Kong, sehingga para rekan inisiasi yang baru dapat mempelajari lebih banyak tentang ajaran Guru yang luar biasa dan memesan kaset pilihan mereka. Kebanyakan ceramah awal Guru tersebut dalam bahasa Mandarin, sehingga kita telah mengatur suatu kelas Mandarin setelah meditasi kelompok hari MInggu. 

Selain mempelajari teknik dasar pengucapan, tata bahasa dan percakapan melalui serangkaian permainan dan nyanyian, para inisiasi diminta untuk lebih banyak mendengarkan kaset Guru dan dengan demikian belajar dari Kebijaksanaan Guru yang tak terbatas. Karena latihan meditasi yang tekun dan pengetahuan akan ajaran Guru sama-sama pentingnya dalam mengejar perkembangan rohani, Center juga menyelenggarakan kelompok pengkajian atas ajaran Guru setelah meditasi kelompok pada hari Sabtu.

Dalam ceramahNya 'Sad Paramita' (Enam Kesempurnaan Buddhis), Guru mengajarkan Metode Kemudahan, dan juga menyarankan kita untuk melakukan gerak badan sebelum meditasi. Sehingga sekrang Center juga menyelenggarkan kursus singkat   gerakan yoga.  Kami semua merasa lebih senang dan santai dalam meditasi kami setelah melakukan beberapa gerakan perenggangan.

Pada waktu Festival Perahu Naga di setempat pada tanggal 6 Juni, kami mengatur acara tamasya di pinggiran kota bagi para inisiasi dan keluarga mereka, yang mana mencakup kunjungan ke pusat pendidikan alam, dan lalu berjalan santai melintasi pegunungan sampai ke pantai. Rekan inisiasi juga membawa serta peralatan memasak dan menyiapkan makan siang vegetarian yang enak buat semua orang. Anak-anak dan   remaja juga menikmati acara bebas seperti berenang, naik perahu, ngobrol dan tidur siang di bawah pohon. Para anggota keluarga inisiasi merasa gembira memiliki kesempatan ini untuk mempelajari lebih banyak mengenai kelompok kita.

Selain buku panduan masak Guru 'Dapur Agung' (Supreme Kitchen), berbagai buku lainnya tentang masakan vegetarian dan informasi mengenai makanan organik juga tersedia sebagai referensi di Center. Sebagai tambahan, sejak Juni, para inisiasi Hong Kong telah mendirikan kelompok pemesanan sayuran organik dan makanan lainnya, yang mana dapat diambil dari Center setelah meditasi kelompok. Dengan cara demikian, kita dapat mendukung pertanian organik dalam melindungi lingkungan, mengurangi kesempatan memakan makanan rekayasa genetik, dan menyediakan pelayanan yang lebih bersahabat dan sungguh memudahkan bagi para inisiasi.

Kami juga berpartisipasi dalam Pameran Buku Hong Kong yang diselenggarakan pada tanggal 19 sampai dengan 26 Juli untuk mengenalkan ajaran Guru. Saudara-saudara yang baru diinisiasi pada bulan Mei secara aktif membantu dalam berbagai tugas di pameran yang dilakukan Center, mereka  menunjukkan semangat yang ideal tentang 'semua untuk satu, dan satu untuk semua' melalui pekerjaan mereka yang rajin.   

Cuplikan Gambar

1. Pandangan sekilas Center Hong Kong yang baru. 
2. Center Hong Kong mendirikan kelompok pemesanan sayuran organik dan makanan lainnya untuk menghindari memakan makanan rekayasa genetik.
 
 

Kembali ke daftar isi

Laporan dari Australia 

Wajah yang Berseri-seri di Center Bunga Yang Sedang Kuncup

[Byron Bay/Northern Rivers] Center baru di Bryron Bay/Nothern Rivers seperti bunga yang sedang kuncup, berdasarkan hasil penilaian dari wajah yang berseri-seri dari para praktisi inisiasi dan yang mengikuti Metode Kemudahan pada kelompok setempat.

Northern Rivers yang merupakan distrik New South Wales kelihatan menarik banyak orang yang memiliki puncak tujuan dalam hidup untuk mencari Kebenaran.  Pancaran senyuman dari mereka yang telah menemukan Kebenaran secara tulus tentunya merupakan berkat Kasih tak terbatas dari Maha Guru Ching Hai.

Para anggota kelompok datang bersama untuk bermeditsi setiap Minggu sore di tempat terpencil dan sunyi seperti lukisan indah gereja kota, tempat yang dapat dicapai  dua puluh menit dari Byron Bay. Center itu sendiri cukup ramai dengan menampung orang-orang dari berbagai daerah di distrik Northern Rivers, termasuk kota-kota dan desa-desa di Lismore, Bangalow, Lennox Heads, Nimbin, Kyogle, Murwillumbah, Mullumbimby and desa-desa lainnya.

Kasih Guru menyebar laksana serangkaian ombak kebahagiaan, sebagaimana tercermin dari atmosfir di suatu seminar yang diselenggarkan oleh Center pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus.

Seminar tersebut yang diselenggarakan dalam bentuk penayangan video salah satu ceramah Guru yang diikuti dengan sesi tanya-jawab dan makanan vegetarian, menarik begitu banyak pendatang baru yang tulus. Terlihat adanya rasa segan meninggalkan tempat seminar dari para hadirin sampai seminar tersebut berakhir sebagaimana tercermin dari rasa seakan-akan tidak mau pergi dari para hadirin.  Banyak yang memohon inisiasi, dan sering menunjukkan kerinduan yang mendalam akan Kebenaran yang mana kita yang paham akan ajaran Guru dapat memakluminya dengan baik. Sungguh suatu pengalaman hangat bagi hati dan jiwa merasakan pancaran kasih Guru yang menyelimuti kita di sini di Byron Bay/Nothern Rivers.

Kami berencana untuk melanjutkan penyelenggaraan seminar seperti ini setiap empat bulan sekali untuk mengenalkan ajaran Guru kepada mereka yang siap untuk menerima hadiah tanpa pamrih dari Guru berupa petunjuk Metode Kemudahan dan inisiasi ke dalam Metode Quan Yin.

    
   

Kembali ke daftar isi

Laporan dari Panama

Membawa Cahaya ke David City 

[Panama] Pada tanggal 4 Agustus, para inisiasi Panama berkunjung ke David City, propinsi Chiriqui, sekitar 6 jam perjalanan dari Panama City, untuk mengenalkanajaran Guru melalui seminar penayangan video. Beberapa saudara sepelatihan melakukan perjalanan di sekitar daerah tersebut selama dua hari sebelum acara seminar tersebut dimulai untuk mendistribusikan selebaran undangan kepada penduduk setempat. Kami tiba satu hari lebih cepat untuk mengatur segala aktivitas di sana dan bermeditasi memohon Guru mengatur segala sesuatunya dan untuk memberikan pencerahan kepada penduduk Chiriqui.

Pada hari seminar, kami diundang oleh stasiun radio setempat untuk suatu wawancara sore hari. Sungguh menakjubkan. Kami semua merasakan kehadiran Guru dan kasih yang berlimpah di dalam hati kami yang terpancar keluar bagi semua orang. Minat yang luar biasa ditunjukkan oleh direktur program stasiun radio tersebut dan ia memberitahukan kami bahwa ia akan hadir di seminar tersebut.

Kami lalu pergi menuju tempat di mana seminar penayangan video akan diselenggarakan dan hal pertama yang kami lakukan adalah bermeditasi selama satu jam penuh sebelum mengatur segala sesuatu di sana. Ketika acara seminar akan dimulai, terjadi  hujan badai yang kencang di seluruh kota, tetap kami juga memperhatikan bahwa terlepas dari cuaca tersebut, terdapat cukup banyak pencari tulus yang datang ke tempat acara untuk mendengarkan ajaran Guru. Pada akhir seminar, banyak orang yang memohon untuk mempelajari Metode Kemudahan dan kami segera memberikan petunjuk.  Pada waktu sesi pelatihan telah berakhir, para praktisi baru Metode Kemudahan merasa segan untuk meninggalkan tempat.

Pada tanggal 26 Agustus, kami kembali ke propinsi Chiriqui dan menyelenggarakan sesi meditasi kelompok dengan para praktisi Metode Kemudahan dan terdapat dua orang lagi yang memohon untuk mempelajari Metode tersebut karena laporan yang positif dari praktisi baru. Mereka sungguh tulus. Dan setelah mempelajari Metode Kemudahan mereka kelihatan sungguh bahagia. Beberapa praktisi baru memberitahukan kami bahwa mereka ingin menerima inisiasi ke dalam Metode Quan Yin pada suatu hari.      
 

Kembali ke daftar isi


Sajak
 

Maha Bunda  Ching Hai
Oleh saudara inisiasi Jose Mendez, Santiago, Chili
(Aslinya dalam bahasa Spanyol)

Aku adalah kerinduan yang engkau bawa serta dalam jiwamu.

Aku adalah kasih abadi yang berada di dalam hatimu.

Aku adalah trinitas yang terdapat dalam intisarimu

Dan semua yang aku miliki hanya ada karena kamu.

 

Aku ada di dalam seni tanah liat pada  masa pertumbuhanmu

Aku ada di dalam mimpi polos pada  masa kanak-kanakmu.

Dan ketika kamu lahir, kamu tahu

Bahwa seorang anak sepertiku

Akan memperkaya hidupmu,

Dari awal mulanya waktu.

 

Ibumu merupakan intisari,

Intisari dari lelaki dan

intisari Tuhan yang agung,

Roh kekalmu memberkahi meja

Yang merupakan tempat makan yang sakral buat Tuhan. 

 

 

Berada di Jalur Rohani

Pengalaman dengan Kelompok Rohani lainnya.

Diringkas dari percakapan antara Maha Guru Ching Hai dan murid-muridNya selama Perayaan Tahun Baru Lunar di Center Florida, Amerika Serikat.
15 Pebruari 1999 (Aslinya dalam bahasa Ingggris)

T (rekan inisiasi A): Saya sempat bersama dengan seorang guru India selama 14 tahun.
M: Empat belas tahun! Sungguh waktu yang lama sekali.
T: Dan mereka memiliki kelompok pertumbuhan yang begitu pesat di asrama (ashram=tempat perkumpulan rohani/tempat meditasi) mereka.  Anda tahu, mereka hanya mengajarkan terapi dan pemijitan.
M: Dan segala hal seperti itu, ya, saya tahu.
T: Diet bio-enerjetik dan segala hal dan sebagainya.
M: Itu baik.
T: Jadi, setelah  mereka dilepaskan, mereka terlihat segar dan bahagia.
M: Untuk berapa lama?
T: Itulah masalahnya. Saya pikir mereka tersangkut pada tingkat tertentu.
M: Apakah mereka mengajarkan Metode Quan Yin? 
T: Tidak.
M: Tidak, itulah bedanya, kalian paham. [Ya.] Itulah langkah terakhir yang kalian mesti jalani. Jika kita tidak berlatih Metode Quan Yin, jangan memperbincangkan aktivitas luar atau organisasi atau terapi apapun yang mereka tawarkan, yang kesemuanya adalah merupakan tingkat mental atau tingkat fisik. Meskipun secara kejiwaan membantu juga merupakan sifat mental.  Jadi, tanpa akar penyembuhan yang nyata dari getaran alam semesta, segala sesuatu bersifat sementara dan tidak akan ada kemajuan. Jadi, kita tidak melakukan penyembuhan apapun di sini. Mereka hanya mendapatkan penyembuhannya saja. Kita tidak melakukan terapi apapun. Mereka hanya begitu saja merasa baik. Sejauh mereka melakukan apa yang telah diperintahkan maka mereka akan maju. Dan itu merupakan sesuatu yang nyata karena itu merupakan milik kalian, permanen adanya, dan kalian menyimpannya. Apakah sang Guru masih berada di sana atau tidak bersama kalian, kalian tetap memilikinya, kalian tetap menyimpannya.

Metode Quan Yin merupakan metode terbaik yang dapat kalian miliki. Metode ini menyembuhkan segalanya buat kalian. Jika kalian hanya melakukan apa yang Guru katakan, segala sesuatu akan sempurna dan kalian akan maju. Bukanlah berarti bahwa kalian harus tergantung pada saya untuk memperoleh kesembuhan dalam jangka waktu tertentu, dan lalu kalian harus kembali lagi. Itu berbeda. Jadi kita juga memiliki banyak kebebasan di sini. 

Mereka dapat mengalami apapun yang mereka sukai. Bukanlah berarti bahwa saya melarang mereka untuk melakukan sesuatu. Saya hanya membentangkan kepada mereka apa yang bersifat pro dan kontra, dan mereka tinggal memilihnya. Mereka hanya cukup memilih untuk tinggal atau melanjutkan dengan perintah tersebut karena kebanyakan dari mereka cukup cerdas untuk memahami bahwa itu benar adanya. Itu benar adanya dan mereka merasa baik. Itulah kenapa mereka tidak ingin berubah; bukanlah bahwa saya melarang mereka untuk berubah atau untuk mencoba. Dan saya juga tidak mendorong mereka untuk melakukan apapun.  Mereka hanya begitu saja tidak melakukannya. Bukanlah karena saya melarangnya, tetapi karena mereka telah mengetahuinya. Mungkin mereka sudah cukup dewasa untuk mengerti, atau mereka telah cukup mencobanya.

Tentu saja, saya juga tidak mendorong orang untuk merasa ciut hatinya atau sesuatu seperti itu. Jadi, sebagai contoh, jika ada seorang saudara sepelatihan lelaki  memiliki masalah, saya katakan, "Okay, dapatkan teman gadis lainnya." Atau  jika ada seorang saudara sepelatihan perempuan yang memiliki masalah, dan saya katakan, "Anda dapat menikah, tidak apa-apa koq."  Cinta tidak apa-apa. Menikah juga tidak masalah, sejauh tidak menghalangi latihan kalian. Dan berhubungan seks juga tidak apa-apa, sejauh hal tersebut tidak mengganggu kalian dan merusak kemajuan rohani kalian. Tetapi kebanyakan waktu, hal tersebut mengganggu, karena benak kita tidak dapat menanganinya. Pengalaman hubungan seks sangat kuat untuk mereka tangani. Itulah sebabnya kebanyakan guru memberitahukan murid-murid mereka untuk menjauhi hubungan seks.

Sama seperti halnya alkohol. Alkohol itu benar-benar suatu racun, tetapi jika kalian meminumnya sedikit saja tentu  tidak akan membunuh kalian, dan tidak akan membawa kalian ke neraka. Hanya jika kalian meminumnya sedikit saja, besok kalian akan meminumnya sedikit lebih dan lebih lagi, dan lalu kalian akan merusak tubuh, benak, dan roh kalian. Jadi para guru katakan, "Jauhi dari alkohol." Bukanlah karena guru tersebut bersifat diktator atau mengendalikan murid mereka, ia hanya mengetahui apa yang baik dan apa yang tidak baik. Namun kita yang berhak memilih.   

Jadi, saya tidak mendorong orang untuk mengalami apa saja secara leluasa karena mereka telah cukup mengalaminya dalam hidup.  Perlukan saya ajarkan mereka tentang seks atau alkohol atau pilihan bebas, atau kehidupan liar? Atau perlukan saya mendorong kalian untuk melakukannya? Untuk beberapa individu, baik saja jika mereka sungguh-sungguh memerlukan itu, namun dalam beberapa hal mereka telah mengetahuinya. Sebagai contoh, murid-murid kami telah mengetahui lima-sila; mereka telah mengetahui kerangka-kerjanya, jadi mereka saja memahami sampai di mana mereka mesti berhenti. Lalu jika mereka ingin mengalaminya sedikit, itu baik saja, namun mereka memahami bahwa itu salah adanya. Karena dengan berlatih Metode Quan Yin memberikan kalian kesadaran yang tajam bahwa kalian secara otomatis memahami apa yang tidak baik. Meskipun kalian mencobanya, kalian telah memahaminya bahwa hal itu tidak akan benar adanya. 

T (Rekan inisiasi  B): Selama bertahun-tahun, saya telah pergi ke berbagai asrama (ashram). Pada suatu waktu, saya melakukan semacam penelitian. Sehingga saya kemungkinan telah pergi ke 50 sampai 70 asrama.

M: Wow! Itu suatu rekor.

T: Dan beberap di antaranya, cukup bervariasi, saya tinggal selama sebulan atau adakalanya beberapa bulan jika saya berlatih di sana. Dan saya selalu merasa heran, pada waktu saya perhatikan berbagai tradisi dan kelompok yang berbeda ini, kenapa setiap kelompok memiliki personalitasnya yang terbentuk masing-masing.   Dan Anda dapat mengenali seseorang dari kelompok, dan mereka akan mengembangkan semacam personalitas, dan saya selalu merasa heran di mana terdapat satu kelompok yang mana setiap orang memiliki sifat personalitas individu masing-masing. Sehingga, kebanyakan dari mereka akan merasa sangat tegang, karena latihan yang mereka lakukan, atau merasa terlalu longgar.

M: Terlalu ekstrim, huh? Atau sebaliknya.

T: Namun apa yang saya alami di sini kelihatan sepertinya menyenangkan, energi yang tidak dikekang di antara orang-orang . Jadi sungguh menyenangkan, terbuka adanya.

M:Kita berwatak. Kita tidak ekstrim atau seperti itu. Saya katakan berusaha sebaik mungkin untuk melakukan dua setengah jam meditasi setiap hari, hanya itu saja. Di sini kita bebas untuk berkembang secara individu, dan kita hanya melakukan pekerjaan rumah kita, seperti setiap orang lainnya, tetapi kita lalu berkembang sesuai latihan kita. Itulah sebabnya saya tidak mendorong orang untuk datang ke sini dan bekerja untuk saya, bahkan, untuk tinggal di sini, dengan uang mereka sendiri. Saya akan duduk dengan manisnya jika saya membolehkan semua orang di sini untuk datang dan bekerja di sini secara bebas, untuk tiga bulan atau enam bulan atau dua minggu, atau apapun. Karena mereka juga merasa gembira untuk melakukannya. Tetapi saya kuatir jika itu akan memberikan efek yang baik buat mereka. Itulah kenapa saya memberitahukan kalian sebelumnya bahwa saya harus memikirkan tentang apa yang baik bagi kalian, setelah saya mengalaminya, seperti kalian, dengan berbagai sekte yang berbeda. 

T (Rekan inisiasi  C):Saya pikir Guru merupakan yang terbaik karena kelompok kita adalah yang terbaik dan kita memiliki yang terbaik untuk segala sesuatu. Kita memiliki kesempatan untuk melakukan meditasi kelompok dan retret dan kita dapat melihat Guru sesering mungkin. Saya sungguh menghargai itu. Saya memiliki rekan seorang warga negara Amerika dan ia memiliki seorang guru di India. Ia melihat gambar Guru di meja saya, dan ia bertanya, "Siapakah perempuan ini?" Saya katakan, "Ini adalah Guru saya." Sehingga ia berkata bahwa ia telah pergi ke rumah makan vegetarian Guru di San Jose dan ia memberitahukan saya bahwa ia juga berlatih Metode Quan Yin.

M: Ya, itu benar. Beberapa guru lainnya juga mengajarkan Metode Quan Yin, bukan hanya saya saja. Saya telah memberitahukan itu kepada  kalian beberapa kali.  

T: Jadi saya bertanya kepadanya apakah ia telah melihat gurunya setelah ia memperoleh inisiasi, dan ia berkata bahwa ia sudah lama tidak pernah melihatnya. Ia hanya pernah melihatanya dulu sekali saja.

M: Itu sudah cukup. Ia tidak pernah melihatnya.

T:Saya menanyakannya apakah ia melakukan meditasi kelompok dengan yang lainnya dan ia berkata, "Tidak". Ia hanya bermeditasi sendirian saja. Jadi, walaupun saya tahu ia telah cukup memiliki, saya merasa sungguh tersanjung karena kita dapat melakukan begitu banyak. [Tepuk tangan]

M: Tetapi dapatkah ia pergi ke India untuk melihat gurunya? 

T: Saya tidak tahu. Mungkin ia tidak berminat. Tetapi ia tidak pernah pergi dan saya pikir ia hanya memiliki sedikit saudara sepelatihan dari kelompoknya di daerah yang sama dan mereka tidak memikirkan untuk melakukan meditasi kelompok. Dan saya pikir pengaturuan ini bagi kelompok kita, di mana Guru membolehkan kami bermeditasi dalam suatu kelompok secara bersama, dari pengalaman saya sendiri, sungguh hebat sekali. Seandainya saya tidak bertemu dengan para saudara sepelatihan yang membantu saya pada awalnya, saya tidak akan mampu mengatasi berbagai masalah saya. Sungguh sulit sekali buat saya pada awal mulanya. Jadi, saya sungguh-sungguh menghargai itu, Guru, dan juga semua saudara sepelatihan yang telah menolong saya.  [Hampir menangis] Dibandingkan dengan yang lainnya, saya pikir saya adalah orang yang paling beruntung. Terima kasih, Guru. Saya sungguh-sungguh menghargai itu. [Tepuk tangan.]

IM:Saya pikir kelompok kita telah menghasilkan praktisi dengan frekuensi yang tertinggi, menurut pengalaman saya, dari berbagai kelompok di seluruh dunia. Saya mengambil contoh dari beberapa asrama sebelum saya bertemu kalian, dan saya pikir kita cukup baik, sangat seimbang.

  Kembali ke daftar isi


Mutiara Kebijaksanaan

Menemukan Guru Sejati dan Jalur Rohani Yang Benar
Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai,  Hamburg, Jerman 
25 Agustus 1995 (Aslinya dalam bahasa Inggris) 

Hanya apabila kita benar-benar tulus, barulah Tuhan akan membawa kita ke jalur yang paling sesuai.  Tidak semestinya timbul pertanyaan tentang apakah seorang guru itu baik atau tidak. Hanya terdapat satu pertanyaan yaitu apakah sang murid itu baik atau tidak. Sejauh kita belum siap, sejauh kita tidak sungguh-sungguh, secara tulus mencari Yang Maha Tinggi, kita akan menghadapi berbagai macam tingkat guru, tetapi bukan yang tertinggi. Jadi, pertanyaannya tergantung pada Anda, sampai Anda mengetahui bahwa Anda sungguh-sungguh mencari Yang Maha Tinggi, kalau tidak Anda hanya mencari kekuatan gaib saja, atau hanya untuk keingin-tahuan belaka. Luangkan waktu Anda, dan periksa dengan hati Anda sendiri. Saya yakin Anda berada di jalur yang benar. Tetapi keyakinan saya tidak dapat membantu Anda jika itu bukan merupakan keyakinan Anda sendiri. Jika Anda dapat mempercayai saya, maka saya dapat memberitahukan Anda seratus persen dalam nama Tuhan bahwa Anda berada di jalur yang terbaik. Namun tergantung diri Anda, Anda mesti mempercayai diri Anda. Percaya pada intuisi Anda, kebijaksanaan Anda, ketulusan Anda, dan lalu Anda akan mengetahui jika itu benar atau tidak. 

Dari Buah, Mereka Dikenali
Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai 
Laiyi, Pingtung, Formosa 
29 Desember  1992 (Aslinya dalam bahasa Inggris)

Banyak sekali masalah kita yang merupakan buatan sendiri. Jika kita tidak memiliki keyakinan terhadap seseorang, maka kita dapat mencari orang lain. Sejauh kita merasa bahagia, itu baik-baik saja; cukup temukan kebahagiaan Anda, pergilah berenang ke seluruh tempat untuk mencari, jika Anda menghendakinya.  Saya tidak pernah mengikat siapapun. Apapun yang Anda lakukan, dan Anda merasa bahagia, itu baik-baik saja. Tetapi sebelum Anda pergi, Anda mesti yakin di mana Anda akan pergi, dan apabila Anda pergi ke tempat lain, putuskan apakah mereka lebih baik dari tempat ini atau tidak sebelum Anda pergi, kalau tidak Anda hanya membuang waktu saja. Anda bisa saja hanya duduk di sini dan mengayuh sepeda dengan lebih cepat. Jika Anda pergi ke segala jurusan, walaupun seandainya Anda pergi dengan pesawat terbang, itu pasti tidak akan terlaksana. Oleh karena itu, Anda mesti melihat ke mana Anda akan pergi atau memutuskan terlebih dahulu apakah perlu untuk pergi, untuk berubah arah atau tidak. Jika kita berjalan atau mengayuh sepeda di jalan ini, akan membutuhkan waktu yang panjang. Dan kemungkinannya kita akan kehilangan kesabaran, dan lalu kita dapat saja kehilangan keyakinan. Namun kita mesti melihat, bertanya pada orang yang datang dan pergi, apakah ini merupakan arah yang benar. Jika mereka pergi ke arah yang benar, maka kita dapat mengetahui bahwa kita juga berada di jalan yang benar,  tidak masalah apakah kita naik sepeda atau motor, atau berada di dalam mobil atau pesawat terbang. Jangan hanya berjalan di sekeliling atau berlari ke tempat lain hanya karena Anda pergi dengan terlalu lamban, kendaraan Anda terlalu lamban. Jalannya sudah benar. Jadi kita terima saja.

Oleh karena itu, sebelum Anda pergi untuk belanja, Adna mesti melihat dengan teliti, itu saja. Jika semua orang memiliki pengalaman yang baik dan memperoleh pencerahan, Anda tahu itu baik adanya, Anda tahu sang Maha Guru itu baik adanya. [Tepuk tangan] Hanya itu saja jalan yang tersedia untuk menilai. Dari buah mereka dapat dikenali. Kalau tidak, apa yang akan Anda pergunakan untuk menilai? Jika Anda tidak dapat menggapai buah di pohon, mungkin lengan Anda terlalu pendek. Bukanlah berarti bahwa sang pohon tidak berbuah. Setiap orang juga memakannya, dan Anda dapat melihatnya. Anda tidak dapat memakannya karena Anda tidak dapat menggapainya. Itu merupakan kesalahan Anda. Anda mesti mencoba lebih keras lagi atau memanjat ke atas. Anda tidak dapat menyalahkan pohonnya.

Jika setiap orang juga memakannya dan Anda melihat mereka sedang memakannya, dan Anda dapat melihat buahnya ada di sana dan Anda tidak dapat memakannya, maka Anda tidak dapat menyalahkan pohonnya. Hanya jika tidak ada seorangpun yang pernah memakannya atau di pohon tersebut Anda tidak dapat menemukan buah apapun, tiada seorangpun yang pernah merasakan buah dari pohon tersebut, dan Anda tidak melihat orang yang memakannya, maka Anda dapat katakan bahwa pohon itu tidak memiliki buah. Tetapi jika Anda melihat semua orang memakannya, Anda tahu. Dan jika Anda tidak dapat, kemungkinan itu merupakan masalah Anda.     

Ceramah oleh Maha Guru  Ching Hai 
Malaysia, 27 Pebruari 1992 (Aslinya dalam bahasa Inggris) 

Butuh hati yang tulus untuk tetap berada di jalur rohani, karena godaan di luar sungguh besar sekali. Saya tahu adakalanya Anda gagal, tetapi Anda dapat kembali dan mulai lagi. Anda dapat pergi keluar untuk berbelanja, berbelanja kerohanian, tetapi kemudian Anda akan kembali , karena saya tahu tidak ada jalan lain yang lebih baik untuk Anda. Saya telah berbelanja di seluruh dunia. Jika terdapat jalan lain yang lebih baik untuk Anda, saya pasti telah membelinya terlebih dahulu untuk Adna dengan harga yang mahal. Karena saya telah mengeluarkan uang dari kocek saya sendiri dan waktu saya berputar terus, mencari suatu metode pencerahan atau seorang Guru. Saya telah mencari, saya telah mencoba, saya telah melakukan zazen, saya telah melakukan zen zen, saya telah melakukan yoga, dan saya telah melakukan segala hal. Saya bahkan telah mencoba makan hanya sekali dalam sehari, dan telah duduk sekian jam dengan mata terbuka, kuatir   kalau-kalau saya merasa ngantuk, dan telah melakukan segala macam percobaan. Saya telah singgah semua para suci, sampai tiada terdapat lagi para suci yang dapat disinggahi. Dan saya telah melafal segala mantra yang dapat Anda sebutkan, yang telah Anda dengar. Saya telah berlutut pada mereka sampai lutut saya bergoyang seperti daun di musim rontok. Dan saya telah pergi ke seluruh tempat untuk berjiarah, mencari berkah dan pencerahan. Saya telah melakukan segalanya dengan kekuatan saya untuk mempelajari jalan yang terbaik buat pembebasan. Dan ini merupakan satu jalan yang saya pilih, dan jalan ini cocok bagi setiap orang, mulai dari kanak-kanak sampai yang dewasa, tua sampai yang muda. Namun, dapat dipastikan bahwa  jalan ini bukanlah untuk setiap orang. Meskipun kita terbuka untuk setiap orang, tetapi tidak setiap orang yang datang. karena jalan ini bukan merupakan pertunjukan luar. Bukan hanay karena ajaran saya yang menarik orang, bukan hanya karena penampilan saya atau kepribadian saya, melainkan kerinduan jiwa mereka yang penting.   

Kembali ke daftar isi


Antara Guru dan Murid

Kesaksian seorang Inisiasi Tua 

Dinarasi oleh saudari inisiasi Xiao, Shi Xiuchu, Yilan, Formosa
Dikompilasi dan ditulis oleh saudari inisiasi Zhong Wen Hong, Yilan, Formosa

Guru Serba Tahu (Omniscient)

Ketika saya diinisiasi tahun 1987, Guru tinggal di Xin Dian sementara keluarga saya tinggal di Yilan. Namun begitu, Guru mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dalam rumah kami. Saya bertanya pada Guru, "Guru, kenapakah Engkau begitu fantastik?" dan Ia menjawab, "Jika saya tidak demikian, bagaimana dapat saya berani menjadi Guru kamu?"

Selama jangka waktu tertentu ketika Guru sedang menyelenggarakan ceramah di Yilan, Ia tinggal di rumah saya. Beliau sangat ramah tamah, dan kita seperti satu keluarga saja. Satu hari, saya menyiapkan sarapan pagi yang mewah untuk menjamu Guru, tetapi seorang murid biarawan memberitahukan saya, saudari Xiao, kenapakah Anda menyiapkan begitu banyak makanan? Guru tidak pernah sarapan pagi."   Jadi, kami akhirnya menyantap sarapan tersebut bersama, dan baru saja kami hampir selesai makan, Guru turun dari lantai atas dan bertanya, "Apa yang sedang kalian lakukan? Apa yang sedang kalian makan? Kenapa kalian tidak mengundang saya untuk makan bersama?" Guru selalu hangat dan ramah tamah seperti ini.

Ketika tinggal bersama kami, satu hari Guru menggunakan toilet di lantai dasar. Merasa kurang enak, saya bertanya pada Guru, "Kenapa tidak Guru menggunakan toilet di lantai atas?" dan Ia memberikan saya jawaban jenaka ini: "Kamu tidak menggunakan toilet di lantai bawah, jadi kamu tidak pernah membersihkannya!" Biasanya, saya menggunakan toilet di lantai dua dan membersihkannya setiap kali setelah dipakai. Suami saya biasanya menggunakan toilet yang di lantai bawah, yang mana tidak pernah saya bersihkan. Guru mengambil kesempatan ini untuk menunjukkan kekurangan saya,  membuka sudut ketidak-sempurnaan pengolahan rohani saya.   

Selama jangka waktu tersebut, Guru tinggal di ruangan anak lelaki saya, yang sedang pergi ke Taipei kuliah kedokteran. Namun begitu, Guru mengetahui persis apa yang sedang terjadi dalam hidupnya baik selama ia belajar di sekolah ataupun praktek di rumah sakit. Kemudian, anak lelaki saya juga diinisiasi dan ia sungguh menyukai Guru, sehingga ia pernah sekali memberikan foto Guru kepada teman kuliahnya. Namun begitu, rumah teman kuliahnya sungguh berantakan dan ia tidak dapat menemukan tempat yang cocok untuk menggantung foto tersebut. Akhirnya ia meletakkan foto tersebut pada meja mahjong (kartu permainan China) yang kosong. Segera setelah itu, isteri dan putera teman kuliahnya menyaksikan Guru keluar dari foto dalam bentuk fisik manusia dan mengeluh pada mereka: "Kenapa kalian meletakkan saya di kasino?" Itu sungguh suatu contoh yang menakjubkan akan kemunculan Guru dalam wujud manifestasiNya!

Satu hari, isteri teman kuliahnya sedang menonton siaran TV kabel dari salah satu ceramah Guru. Ia mendadak melihat manifestasi tubuh Tubu berjalan keluar dari tubuh fisikNya dan lalu kembali. Sementara itu, tubuh fisik Guru masih terus memberikan kuliah. Wanita ini mulanya telah menguasai kemampuan dalam membaca masa lalu dan yang akan datang. Dan setelah mengetahui Guru, ia juga mulai melihat bentuk manifestasi Guru, Bodhisattva Quan Yin, dan beberapa dimensi yang lebih tinggi.

Meletakkan pisau jagal dan segera menjadi orang suci

Pada tahun 1988, saya mengikuti guru dan membantu di acara ceramah Beliau di Taitung. Kami mendirikan tenda kami di pinggiran sungai Zhiben. Sehari sebelum acara ceramah dimulai, seorang suku asli Zhiben yang berusia di atas 60 tahun datang menemui Guru. Ia berbicara dalam bahasa Jepang, dan tidak bisa bahasa China. Ia memberitahukan kami bahwa ia dulu adalah seorang tentara ketika masih muda (selama penguasaan Jepang), dan telah membunuh orang. Ia menceritakan kepada kami tentang nasibnya yang sengsara; isterinya dan dua anaknya masing-masing telah meninggal semua selama jangka waktu dua tahun, dan anak-anak yang lainnya tidak berbakti kepadanya. Tinggal bersama dengan beberapa sahabatnya, ia menopang hidupnya dengan menangkap ular dan musang, dan memakan daging ular. Ia juga merokok dan minum minuman keras. Ia kemudian meminta Guru untuk memberitahukan keberuntungannya. Guru memberitahukannya bahwa Beliau tidak mengetahui bagaimana memberitahukan keberuntungan, dan lalu memberikannya beberapa biskuit dan satu amplop merah (suatu tradisi pemberian dari China yang berisi uang), memberitahukannya untuk membeli makanan yang bergizi. Guru juga menasehatinya untuk tidak merokok dan minum terlalu banyak. Sebagai balasannya, ia meniup harmonika untuk menjamu Guru, dan Beliau bahkan memintanya untuk mengulang  sekali lagi. Dengan penuh welas asih, Guru memberikannya suatu kesempatan untuk mendapatkan berkah yang berasal dari perjamuan musiknya kepada seorang Guru Tercerahkan.

Ia mengambil biskuit dan amplop merah dan lalu pergi. Namun setelah ia berjalan kembali di sepanjang arus sungai dan dengan segera ia mengembalikan biskuit dan amplop merah tersebut kepada Guru. Seorang murid biarawan bertanya kepadanya, "Kenapa Anda kembali lagi?" Ia menjawab, "Saya ingin mengikuti Guri." Murid biarawan tersebut memberitahukannya, "Tapi lalu Anda harus menjadi seorang vegetarian." Ia berkata, "Saya dapat menjadi seorang vegetarian!" Murid biarawan tersebut kemudian bertanya lebih lanjut kepadanya, "Lalu bagaimana dengan rokok yang sedang Anda pegang?" Ia berkata, "Itu mudah sekali! Saya akan berhenti merokok sekarang juga." Dan dengan segera, ia membuang rokok tersebut ke sungai. Murid biarawan tersebut memberikan tantangan sekali lagi kepadanya: "Untuk menjadi biarawan Guru, Anda mesti mencukur rambut sampai botak." Ia berkata, "Tidak masalah." Lalu, Guru mencukur rambutnya dan memberitahukan murid biarawan tersebut untuk membawanya ke sungar dan membersihkan dirinya. Ia kelihatan tertutup penuh dengan daki sehingga dibutuhkan lima atau enam kali pembersihan untuk benar-benar membersihkan badannya. Lalu setiap orang menyumbangkan beberapa baju untuk ia pakai. Seorang murid biarawan kebenaran membawa sepasang sepatu, yang mana cocok dengan ukuran kaki lelaki tersebut. 

Setelah ia membersihkan tubuhnya dan memakai jubah biarawan, ia kelihatan seperti baru saja dilahirkan kembali. Di sekitarnya terdapat   suatu aura yang saleh, penuh kedamaian dan ketenangan sehingga kita sulit mengenalinya sebagai seorang lelaki yang sebelumnya bernasib buruk dan hidup dari daging ular, yang telah datang pagi tadi meminta Guru untuk memberitahukan nasibnya. Tentu saja, semua perubahan ini terjadi karena welas asih agung dan kekuatan tak terbatas dari Guru dalam memikul karma tak terukur dari berbagai makhluk hidup. Guru memberitahukan kami, "Ia telah mencukur kepalanya dan membersihkan dirinya. Tiga hari setelah mendengarkan ceramah saya, ia akan diinisiasi dan segera mencapai tingkat kesucian." Ini sungguh-sungguh merupakan kasus "meletakkan pisau jagal dan segera menjadi orang suci."

Dalam tahun-tahun berikutnya, saya mengikuti Guru ketika Beliau memberikan ceramah di Amerika Serikat, Formosa, Kanada, Jepang, Korea, Hong KOng, Costa Rica, Brasil dan Asia Tenggara. Di Costa Rica, Guru berceramah di suatu center Kristen yang indah. Orang yang bertanggung-jawab mengatur acara ceramah merasakan getaran Guru selama ceramahNya dan sehingga ia menerima inisiasi. Setelah pulang ke rumah, ia mengalami pertengkaran yang hebat dengan isterinya. Pada hari berikutnya, ia meluapkan kesedihannya kepada Guru, yang memberikannya kata-kata penghiburan berikut: "Tidak apa-apa, pulanglah ke rumah dengan kasih."  Akhirnya, isterinya berubah sehingga ia mulai mencintai Guru, dan juga diinisiasi. Pasangan tersebut malah mengundang Guru ke rumah mereka. Ketika mereka melihat Guru meninggalkan bandara pada waktu Beliau berangkat naik pesawat, isterinya menangis seperti seorang bayi karena ia secara tulus tidak ingin melihat Guru pergi.

Terdapat seorang murid yang tinggal di center Hsihu yang tidak pernah ingin pergi ke manapun. Namun, ketika Guru memintanya apakah ia bersedia pergi ke Costa Rica, ia mengiyakan. Ketika Guru mengunjungi tuan rumah center Kristen tersebut di rumahnya, saudara sepelatihan ini juga meminta untuk pergi bersama. Sang tuan rumah mempunyai anak lelaki berusia satu tahun, dan ketika saudara sepelatihan ini melihatnya, ia mengendongnya seperti mereka ini bersaudara. Secara luar biasa, anak tersebut memanggilnya dua kali dalam bahasa China: "Saudara tua!" Orang-tuanya terkagum mendengar anak lelakinya berbicara bahasa China. Setelah itu, barulah Guru mengungkapkan kepada kita bahwa mereka berdua pernah bersaudara dalam kehidupan sebelumnya. Namun demikian, dalam kehidupan kali ini, mereka masing-masing terlahir di Formosa dan Costa Rica.

Kematian suami saya     

Setelah melakukan perjalanan dengan Guru ke banyak negara, saya tinggal di Center Hsihu selama satu tahun. Suatu hari, anak lelaki saya, yang telah menjadi seorang dokter, menelpon saya dan meminta saya segera mengepak; ia sedang datang menjemput saya untuk pulang menjaga suami saya. Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan yang tak terduga pada ayahnya, ia menemukan bahwa suami saya tanpa diketahui menderita kanker hati selama sekian tahun. Kankernya telah masuk tahap akut, dan ia hanya memiliki empat bulan untuk hidup. Saya menemukannya sungguh sulit dapat dipercaya! Suami saya tidak pernah merasakan kesakitan apapun dan ia hidup secara normal. Ia pergi ke pasar dan berjalan-jalan persis seperti orang sehat lainnya.  Ketika ia pergi ke Center Hsihu, saya melihat ia masih dapat berlari dengan cepat, dan menyantap semangkok besar makanan. Tapi laporan kesehatan tersebut tidaklah berbohong! Jikalau bukan karena berkah welas-asih dari Guru, ia tidak mungkin dapat hidup sekian lama setelah menderita kanker hati.   

Beberapa hari sebelum ia meninggal, suami saya bertanya pada saya, "Keberatankah kamu jika saya berangkat sebelum kamu?" Dan saya menjawab, "Apakah saya keberatan atau tidak, semua orang juga harus pergi pada suatu hari." Sebagai balasan, saya bertanya padanya, "Apakah kamu benar-benar tidak merasakan sakit apapun?" Ia berkata, "Bagaimana mungkin tiada kesakitan? Namun dengan berkah Guru, saya dapat menahan sakit yang sedikit ini."  Saya bertanya lebih lanjut kepadanya, "Kamu berkata akan pergi; apakah Guru yang memberitahukannya? Atau apakah kamu telah mengalami pengalaman batin?"  Ia berkata, "Semua buku, kaset dan video rekaman Guru mengatakan bahwa Ia akan membiarkan kita mengetahuinya! Selain itu, saya juga telah memiliki pengalaman batin!"

Dalam beberapa hari sebelum ia meninggal, suami saya mendadak bicara dengan bahasa China yang sangat baku dengan suatu artikulasi Beijing, sedangkan sebelumnya ia biasa berbicara dengan bahasa Mandarin yang sangat kacau. Kemungkinan itu merupakan sisa pengetahuan dari kehidupan sebelumnya! 

Satu hari sebelum ia meninggal, di rumah sakit, ia meminta menantu kami dan perawatnya, yang juga rekan inisiasi, untuk membacakan kepadanya buku Pencerahan Seketika Guru. Pada hari ia meninggalkan dunia ini, menantu kami masih tetap membacakan buku Guru kepadanya, sebagai biasanya. Akhirnya, setelah memperhatikan matanya tertutup, ia berhenti membaca. Tetapi, suami saya segera membuka matanya dan berkata, "Lanjutkan." Dengan cara demikian, ia meninggal secara damai sambil tidur mendengarkan suara ilahi yang berasal dari ajaran Guru di telinganya. Saya merawatnya selama dua puluh satu hari di rumah sakit, jumlah hari yang sama persis  ketika ia merawat saya di rumah sakit setelah saya mengalami kecelakaan lalu-lintas. Kami jarang bertengkar. Sesungguhnya kami memiliki jodoh yang baik, dan tidak saling berhutang apapun.  

Tiga hari sebelum meninggalnya, suami saya memberitahukan anak lelaki kami bahwa ia dapat mengikuti retret tujuh hari secara tepat waktu. Saya menghitung sendiri. "Kecuali suami saya meninggal besok dan lalu dikremasikan pada hari berikutnya, dan abunya dibawa kembali ke Yilan, maka tidaklah mungkin buat anak kami untuk mengejar kereta penumpang dan mengikuti retret di San Di Mun, Pintung."  Anak lelaki kami pada waktu itu sedang bekerja di Rumah Sakit Umum Veteran di Taichung, dan suami saya juga dirawat di rumah sakit tersebut. Jika ia benar-benar meninggalkan kami pada hari tersebut yang telah saya perhitungkan, ia dapat dikremasi pada hari berikutnya dan abunya dapat dibawa pulang ke rumah di Yilan, dan anggota keluarga lainnya dapat mengurusi lebih lanjut, dan dengan demikian anak lelaki kami dapat mengambil tempat ayahnya yang telah menandatangani untuk ikut retret, dengan demikian mengambil kesempatan pemakamannya untuk mengambil cuti dari rumah sakit. Kalau tidak, ia begitu sibuk di pekerjaannya sebagai dokter sehingga ia jarang sekali memiliki kesempatan untuk ikut retret. Akhirnya, kami berdua dapat secara tepat waktu ikut serta dalam kereta penumpang yang menuju ke San Di Mun dan ikut serta dalam retret Natal tujuh hari pada tahun 1992.   

Setelah berturut-turut kematian dari suami saya saudara sepelatihan  Xiao, bapak mertua dan ibu mertua saya, lalu anak lelaki saya pergi bekerja di Kaoshiung, meninggalkan saya sendirian di Yilan. Oleh karena itu saya pergi untuk tinggal bersama anak perempuan saya di Taipei. Saya tidur dengan cucu saya, yang berkata bahwa ia merasakan kenyamanan luar biasa tidur bersama dengan saya. Suatu hari, ia memberitahukan saya, "Di dalam mimpi saya, kakek memberitahukan saya bahwa saya mesti mencari Guru dan berlatih secara rohani apabila saya telah tumbuh dewasa."

Selama lebih dari satu dasawarsa,  saya telah melakukan perjalanan ke berbagai tempat bersama Guru dan mengalami berbagai kejadian yang luar biasa. Setiap jejak kaki dalam perjalanan hidup saya merupakan suatu kesaksian terhadap kekuatan Guru yang luar biasa. 

 

Kembali ke daftar isi


Guru Menceritakan Lelucon

Ceramah oleh Maha Guru  Ching Hai 
Kamboja, 19 Juli 1996
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

Mencari Kasir

Ada seorang bankir yang menghadiri suatu jamuan makan malam, dan seorang temannya bertanya padanya, "Oh! Saya dengar bahwa bank Anda sedang mencari seorang kasir," dan bankir tersebut berkata, "Ya, ya, kita sedang lakukan, sedang lakukan." Dan lalu temannya berkata, "Tetapi saya pikir Anda baru saja mengangkat seseorang beberapa minggu yang lalu." Lalu bankir menjawab, "Ya, ya, benar sekali, sudah kita lakukan. Itulah orang yang kita cari sekarang." Lalu temannya bertanya, "Dapatkah Anda menguraikan dirinya? Bagaimanakah rupanya?" Dan bankir tersebut menjawab, "Baiklah, ia panjangnya (tall = maksudnya tingginya) sekitar lima kaki dan kita pendeknya (short = maksudnya kekurangan uang) sekitar seratus juta dollar." 

Kenapa Dokter Mengenakan Penutup Muka

Pernah seorang anak kecil bertanya pada ayahnya, "Ayah, kenapakah dokter selalu harus mengenakan penutup muka di ruang operasi?" Dan ayahnya menjawab, "Apabila terjadi sesuatu yang keliru, tiada seorangpun yang akan mengenali siapakah mereka."
 

Simulasi yang Terbaik

Seorang pasien bertanya pada dokternya, "Dok, tolong berikan sesuatu yang akan mengsimulasi saya, menggairahkan saya, dan membuat saya berada pada semangat simulasi yang tinggi, suatu semangat tempur yang bergairah."  Lalu dokter tersebut berkata, "Jangan kuatir, ambillah ini, dan setelah Anda melihat bonnya, Anda akan memiliki semua perasaan tersebut."

Mempedulikan Masa Depan Siapa?

Seorang pasien berkata pada dokternya, "Dok, saya kuatir tentang masa depan saya," lalu dokter tersebut menjawab, "Saya akan memberikan Anda satu tahun perawatan; dengan beban biasaya sekitar $500 dollar sebulan. Apakah itu baik?" Lalu pasien tersebut berkata, "Tetapi itu hanya mempedulikan masa depan Anda sendiri, bukan masa depan saya."

Silahkan singgah ke situs jaringan berikut untuk menikmati versi video dan rekaman asli dari lelucon tersebut, dan Anda akan bahagia sepanjang hari. Anda dapat juga berbagi keceriaan lelucon Guru dengan orang-orang di sekitar Anda juga.

http://www.Godsdirectcontact.org/video/joke/116/
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/light_sound/jokes/116/

 
 
 

Kembali ke daftar isi


Layar Tayangan 

Impian yang Menjadi Kenyataan

Oleh saudari inisiasi Lee, Yenmei, Taipei, Formosa

Layar tayangan yang berjudul 'Impian yang Menjadi Kenyataan" dengan karakter utamanya isteri Chris yang bernama Annie yang merasa tegang dengan perasaan bersalahnya sendiri. Ia pikir bahwa ia bertanggung-jawab atas kematian mendadak anak perempuan dan anak lelaki mereka. Dan kemudian digoyahkan lagi dengan kematian susulan dari suaminya, Chris, walaupun ia telah naik ke surga,    ia tidak dapat menahan penderitaan ini lebih lanjut. Sehingga ia membunuh diri dan jatuh ke dalam suatu tempat yang dalam di neraka. Tersiksa oleh suara hatinya sendiri, ia terlarut ke dalam ingatannya dan tidak dapat bangkit. Jika Chris tidak mengambil resiko yang besar dengan berjelajah dari surga ke neraka untuk menyelamatkannya, kemungkinan besar ia akan selamanya berada di tempat yang dinamakan 'neraka tanpa ujung', dan tidak akan pernah terbangunkan. Itu sungguh merupakan alam yang menyeramkan karena tiada seorangpun yang peduli akan jiwa yang terjatuh di sana. (Guru pernah membuat catatan berikut mengenai tayangan ini: "Itu benar. Orang yang bunuh diri pergi ke tempat yang menyeramkan, karena mereka tidak merasakan kebaikan dalam diri mereka, dan mereka menciptakan dunianya sendiri.")

Merupakan tugas yang sangat sulit dan berisiko bagi suaminya untuk memasuki alam kesadaran Annie dan coba membangunkannya ke sisi yang lebih terang. Jika Chris gagal menyelesaikan misinya dalam jangka waktu tertentu, ia juga akan teracun oleh atmosfir tersebut dan terjatuh ke dalam daerah tersebut. Jika kekuatannya tidak cukup kuat, getarannya terlalu rendah, dan daya-keinginannya tidak cukup kuat, ia kemungkinan akan terkuasai dengan segera. Oleh karena itu, ini sama berbahaya juga dengan seorang Guru Tercerahkan yang pergi menyelamatkan makhluk hidup di suatu alam yang berbeda tingkatannya. Jika sang Guru tidak cukup berkekuatan, Ia kemungkinannya akan menghadapi masalah, dan juga perlu memiliki kasih yang luar biasa untuk mencapai tujuan ini. Sang suami dalam tayangan ini pada akhirnya berhasil mengatasi berbagai masalah dan berhasil dalam menyelamatkan isterinya secara tepat karena ia memiliki kekuatan cinta kasih yang kuat.

Bukanlah suatu pekerjaan yang mudah untuk membangunkan orang atau menghapuskan catatan di alam kesadaran mereka. Rekan praktisi kita mengetahui bahwa kita memiliki 'penghapus' yang mampu mengosongkan ingatan yang terkumpul sejak beberapa kehidupan selama perpindahan kita yang tak putus-putusnya. Nama  merek dari 'penghapus' ini adalah Metode Quan Yin. Nama merek yang terkenal ini sangatlah ilmiah, seperti halnya kita mengetahui bagaimana menjalankan suatu komputer, kita dapat dengan mudah menghapuskan data yang tersimpan di komputer. Sementara kita masih berada di dunia ini, kita lebih baik menggunakan 'penghapus' Metode Quan Yin untuk membersihkan perbuatan, ucapan dan pikiran kita, daripada disedot oleh sisa ingatan kita yang sudah pindah berkali-kali, atau disiksa dalam dimensi yang menyakitkan.  

Tayangan ini secara berhasil menggambarkan kedua sisi yang disebut Surga dan Neraka yang diciptakan oleh pikiran. Beberapa bagian tayangan yang merupakan hasil rekayasa komputer terlihat begitu nyata dan realistik sehingga filem tersebut menerima piala Oscar untuk efek visual terbaik. Tayangan ini juga cukup terinci dalam menguraikan alam di balik dunia ini dan beberapa karakter pemain yang cukup menarik, termasuk anak lelaki dan anak perempuan dari karakter utama, Malaikat Surga dan Malaikat Neraka. Ini sungguh-sungguh suatu tayangan yang menyebabkan para penonton merefleksikan secara mendalam hakekat dari cinta kasih dan kehidupan setelah kematian. 

Kembali ke daftar isi


Peningkatan Rohani

Video Terakhir Maha Guru  Ching Hai'

<bahasa Inggris>
665 Halloween Weekend with Supreme Master Ching Hai (1, 2)
Group Meditation at the Los Angeles Center, U.S.A.
October 30-31, 1999

<bahasa Inggris + Teks bahasa China>
631 The Purpose of God's Creation 
Group Meditation in London, UK
March 10, 1998

<bahasa Inggris + Terjemahan Lisan bahasa Slovenia + Teks bahasa China>
660 A Prayer for World Peace 
Lecture in Ljubljana, Slovenia
May 26, 1999

<bahasa Inggris + Terjemahan Lisan bahasa  Zulu  + Teks bahasa China>
668 The Invisible Passageway 
Lecture in Durban, South Africa
November 26, 1999

<bahasa China + Teks bahasa Korea>
319 Same Action, Different Situation 
Group Meditation in Tainan, Formosa
February 21, 1993

554 Those Who Practice Spirituality Are Truly Free 
Group Meditation at Raising Center, Cambodia
July 19, 1996

466 One Must Have Faith in Master to See God 
Group Meditation at the Hsihu Center, Formosa 
January 8, 1995

<Bahasa Inggris + Teks bahasa Korea>
537 Use The Power of Intelligence Carefully (1, 2)
Group Meditation in Los Angeles, CA, U.S.A.
March 14, 1996

584 Let Your Life Be Harmonious and Beautiful 
International Four-day Retreat in Sydney, Australia (4)
May 9-12, 1997

547 The Side Effects of A Non-vegetarian Diet 
Buddha's Birthday And International Seven-Day Retreat in Phnom Penh, 
Cambodia (4) 
May 11-17, 1996

<Bahasa Inggris + Teks bahasa Spanyol>
582 Be Determined on the Spiritual Path 
International Four-day Retreat in Sydney, Australia (2) 
May 9-12, 1997

608 The Methods of Spiritual Improvement 
International Four-Day Retreat in Washington D.C., U.S.A. (5)
December 24-27, 1997

<Bahasa Inggris + Teks bahasa Indonesia >
260 The Mystery of the World Beyond 
Lecture at the United Nations, N. Y., U.S.A. 
June 26, 1992

<Bahasa Inggris + Teks bahasa Mongol>
623 Recognize Your Own God Nature (1,2)
Lecture at the University of California, Irvine, U.S.A.
June 2, 1998

<Bahasa Inggris + Teks bahasa Jepang>
Looking at the Past, Stepping into A Bright Future

Rekaman Kaset Terkini dari Maha Guru Ching Hai

Edisi-Ulangan Rekaman Kaset bahasa China (Edisi Hikayat)
CS5 (5 tapes)
The Story of Naropa (1-5) 
Hsin Dien, Formosa June 29 ~ July 6, 1990
 

Untuk memesan publikasi Guru, silahkan menghubungi: 
The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., 
Ltd., Taipei, Formosa.
Tel: (886) 2-87873935
Fax: (886) 2-87870873
email: wisdom@m2.dj.net.tw
ROC Postal Remittance Account No: 19259438
Postal Account: The Supreme Master Ching Hai Publishing Co., Ltd.

 

Berkunjung ke Kebun Puisi Maha Guru Ching Hai

Sejak Beliau masih remaja, Guru Ching Hai telah menulis berbagai sajak yang penuh dengan melodi cinta-kasih yang menyentuh sudut terdalam jiwa kita. Hasil karya ini telah dihimpun dalam beberapa buku. Sekarang, dua dari koleksi ini, "Memori Yang Hilang" (The Lost Memories) dan "Impian Seekor Kupu-Kupu" (The Dream of a Butterfly" (dalam versi bahasa Aulac) telah dipublikasikan!

"Memori Yang Hilang"  merupakan bungarampai puisi Maha Guru Ching Hai yang ditulis sebelum Beliau meninggalkan rumah untuk perjalanan rohaniNya, dan "Impian Seekor Kupu-Kupu" meliputi sajak yang Beliau tulis baik sebelum maupun sesudah mencapai Pencerahan. Koleksi ini mencatat jejak yang mendalam akan cinta-kasih, kesedihan dan kebahagiaan dalam hidupNya, dan dari kumpulan tersebut, pembaca dapat mengetahui bahwa, seperti kita semua, Beliau juga hidup dalam serangkaian kehidupan manusia yang adakalanya naik dan turun. Namun, melalui pemikiran yang lembut menurut jalan ceritaNya, kita juga tergerak untuk memenungkan makna terdalam dari keberadaan, dan mudah-mudahan, kita dapat pada akhirnya menemukan Diri Sejati kita sendiri yang terwujud dalam tubuh manusia sebagaimana yang telah Beliau lakukan melalui latihan rohani yang sepenuhnya.

Kembali ke daftar isi


SAJAK KEABADIAN

 

GURU DAN SAYA

Digubah oleh Maha Guru Ching Hai
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

Bisa diterima bila dokter menjerit waktu sakit,

Tapi tak pantas bagi seorang Suci menangis waktu tertekan,

Begitukah?

Semua itu alasan buat penyaliban.

 

Bisakah kamu betul-betul lakukan untukNya semua yang kamu mau,

Dan mengharapkan Guru untuk memikulnya?

Di balik dada, jantung seorang Suci berdetak

Persis seperti punyamu.

Dan bahan-bahan inti tubuhnya

Tak beda dari yang lain.

 

Guru memenuhi apa pun yang diminta

Buat kebahagiaan yang lain.

Namun dalam semua hal, ia harus menderita,

Sementara kita menikmati dalam kenyamanan.

 

Jesus mati di salib

Agar murid-muridNya hidup abadi.

Mestikah mereka menombaknya ketika ia sekarat,

Bermandikan darah segar?

 

Oh! Manusia, kamu lebih kejam dari yang lain,

Dengan segala alasan membunuh.

Yang penuh kasih, Putra Allah

Mati ditanganmu.

Bagaimana kamu menilai dirimu sendiri?

 

Bahkan di masa kini, kamu terus menerus

Menunjam Guru di jantung,

Dengan menghujat, dengan menyiksa perasaannya hingga ke puncak,

Lalu berbalik, menyalahkan cacatmu padanya.

 

Kamu mencela cermin untuk buruk rupa yang tampil.

Tidak tahukah kamu

Itu wajahmu sendiri?

Waktu menikmati penyebaran kasak-kusuk tak benar,

Berhenti dan pikirlah!

 

Kamu dan Guru bahkan adalah kembaran.

Apa yang melukainya,

Pada gilirannya, kamu’kan segera merasakannya.

Dalam Jiwamu, dalam batinmu.

Dia dan kamu adalah satu.

 

Kamu perlu terus berpaling masuk lewat pengamatan mendalam

Untuk menemukan Kebenaran yang kamu cari,

Sampai ke saat nuranimu bangkit,

Lalu kamu’kan menangis sedih!

 

Penyesalan akan melukaimu…

Bahkan Surga pun takkan mampu menanggungnya.

Masih belum terlambat

Kamu dan saya ada dalam keabadian.

Hanya ketahuilah bahwa Guru menderita bagi seluruh umat manusia,

Bagaimana pun cara kamu melihatnya.

 

Katak yang hidup di sumur.

Memandang langit sebagai liang.

Hentikanlah sekarang!

Jangan bikin pandanganmu terbatas.

Guru adalah sama, tetapi tak serupa.

 

Janganlah menilaiNya,

Karena kamu tak memahamiNya.

Dan tiada yang betul sebagaimana penampakannya.

Guru mengerti maya, tetapi ia tetap bisa terluka.

 

Kamu perlu terus memastikan tidak jadi kejam,

Sebab Guru bahkan jauh lebih peka daripadamu.

Namun ia harus menanggungnya demi kebaikanmu.

Jika kamu tak tahu terima kasih, paling tidak jangan mencela,

Karena sesungguhnya Guru adalah satu-satunya temanmu  yang terbaik.

 

Bila bab kehidupan kita  berakhir,

Gurulah yang menyambut kita,

Dan menolong dalam peralihan dari kehidupan kini ke selanjutnya,

Mengantar ke Rumah sejati kita sendiri.

 

Kini berhentilah menghujatnya, karena kamu’kan segera menghadapinya,

Ketika segala hal terungkap tuntas.

Kalau kamu kira Jesus mati di salib,

Kamu keliru.

Ia senantiasa hidup.

 

Putra Allah cuma menderita sebagaimana halnya semua jasmani,

Tapi kerajaannya adalah seluruh alam semesta.

Guru adalah Maharaja.

 

Jika kamu mencintainya,

Itu baik untukmu.

Jika kamu membencinya,

Kamulah yang akan merasakannya.

 

Masuklah ke dalam dirimu untuk memahami pengetahuan sejati.

Masuklah ke dalam dirimu untuk menemukan kebebasan sejati.

Janganlah mengamati penampilan

Dan mencela punya Guru atau yang lainnya.

 

Mengapa membuang waktu meleceh kecacatan

Pondok-pondok orang lain?

Lebih baik membenahi punyamu sekarang

Sebelum terlambat!

 

Kamu tak tahu barang sesuatu pun tentang dirimu

Apalagi tentang Guru,

Yang bahkan bukan dari dunia ini,

Yang hanya sekadar penginapan buat mimpi malam.

 

 

Jangan Lupakan Daku

Digubah oleh Maha Guru Ching Hai

(Aslinya dalam bahasa Inggris)

 

Tahukah kamu, sayang

Bunga impian bernama Jangan Lupakan Daku

Yang warnanya biru penuh rahasia?

 

Warna Surga

Kepunyaan cakrawala Angkasa,

Rona tata surya nun jauh,

Warna cinta

 

Tahu atau tidak tahu,

Jangan Lupakan Daku

 

 

Memo

Digubah oleh Maha Guru Ching Hai

(Aslinya dalam bahasa Inggris)

 

Tuhan tersayang,

 

Jika memungkinkan kirimkanlah:

 

*Pundak buat menangis

Ketika sangat dibutuhkan.

 

*Pijatan kaki

Kini dan kemudian

(sebaiknya tiap malam)

Buat tidur lebih nyenyak.

 

*Teman yang mengasihi

Yang benar-benar mencintaiku

Dan memahami, dan sebagainya …

 

*Dan siapa pun yang datang kepadaku,

Buatlah agar mereka

Percaya dan manis;

Sebaliknya,

Abaikanlah.

Tak perlu pemberian lagi dariMu

(jika warnanya biru).

 

*Dan jangan memaksaku bekerja untukMu

Dan anak-anakMu,

Dengan membuat kehidupanku menyedihkan dan malang,

Dan hubungan pribadi jadi masam

Oleh ketakserasian dan debat kusir!

 

Aku telah melayani sebaik-baiknya

Sepanjang dasawarsa terakhir.

Berilah aku kesempatan;

Berhentilah mengganggu;

Maukah Kamu?

 

Aku tak suka tipu muslihat.

Aku tak suka dipaksa melakukan sesuatu.

Aku tahu Kamu bilang kepalaku keras,

Mungkin begitu.

Tetapi aku yang terbaik yang bisa Kamu peroleh sejauh ini.

Ambil atau tinggalkan.

 

 

Tahukah Engkau?

Digubah oleh Maha Guru Ching Hai

(Aslinya dalam bahasa Aulac)

 

Tahukah engkau bahwa aku mencintaimu.

Sewaktu musim semi tiba dan bunga-bunga bermekaran,

Ketika siliran harum semerbak menepis rambutmu,

Manakala sayap-sayap merah burung kardinal menyeruak udara jernih langit biru.

 

Tahukah engkau bahwa aku mencintaimu,

Sewaktu musim panas kencana bersenandung mega suci,

Ketika seroja merekah penuh di kolam kerajaan,

Manakala daun-daun bunga merah flamboyan berserakan dari dinding timur.

 

Tahukah engkau bahwa aku mencintaimu,

Sewaktu musim gugur tiba dan dedaunan menggeletar di sisi jendela,

Ketika irama seruling melantun lembut di tepian sungai terkucil,

Dan di luar di kebun dingin, derai air mengambang melayang-layang.

 

Tahukah engkau bahwa aku mencintaimu,

Bahkan jika musim dingin membeku melingkupi,

Bahkan bila kabut tebal mengaburkan saat tersebut,

Kita’kan mengarung masa depan – girang, gemilang!

 

Ingatlah selalu bahwa kita sedang bercinta,

Lepas dari awal bergelora,

Sari cinta selalu semerbak,

Bunga cinta tak pernah layu!

 

Karena … kita senantiasa dalam cinta.

 

 

Kembali ke daftar isi



Guru Bercerita

Kekuatan Pelindung Yang Tak Terbayangkan

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai 
Hsihu, Formosa, 24 September  1988.
(Aslinya dalam bahasa China)

Seorang petani India membeli seekor sapi dan melakukan perjalanan melewati pegunungan yang tinggi karena ia akan pergi menjual sapi tersebut. Mereka harus melewati hutan yang besar di mana terdapat banyak singa dan harimau lapar yang mengganyang manusia dan hewan ternak. Petani lain yang tinggal di sekitar daerah tersebut menasehatinya agar tidak melakukan perjalanan tersebut. "Sudah larut malam. Apakah Anda tidak takut ditelan oleh singa?" Lelaki tersebut berkata, "Saya tidak takut! Saya mempunyai Guru yang akan melindungi saya. Saya mesti pergi hari ini; Saya tidak dapat menunggu sampai besok pagi. Saya mesti melakukan perjalanan   sekarang karena saya telah menjanjikan langganan saya yang memerlukan sapi ini. Saya tidak dapat menunggu sampai besok." Para petani lainnya itu tidak dapat menghentikannya, namun mereka sangat kuatir tentang diri lelaki tersebut. 

Namun demikian, lelaki itu sendiri sama sekali tidak merasa takut. Sambil menarik sapinya, ia melafal dalam hati Nama-Nama Suci sepanjang jalan. Setelah beberapa waktu, ia sungguh-sungguh mendengar auman yang mengerikan, persis seperti suara yang kalian keluarkan ketika sedang marah atau mengaum pada suami kalian. [Tertawa]   Seekor singa kemudian muncul, dan berjalan dengan mereka secara berdampingan. Singa tersebut sangat ingin sekali mengganyang sapi itu, tetapi sesuatu telah menghentikannya, sehingga singa hanya dapat mengaum terus dan mengikuti calon korbannya tersebut.   Lelaki tersebut tetap terus berjalan dan melafal Nama-Nama Suci, dengan sapinya di salah satu sisi dan singa di sisi lainnya. Mereka bertiga membentuk satu persahabatan yang baik, [Tertawa] tetapi mereka masing-masing mempunyai masalah yang berbeda di benak mereka. Si petani berpikir, "Lebih baik sesegera mungkin  tiba di sana dan menjual sapi ini." Sang sapi berpikir, "Petani telah melakukan penawaran yang baik lagi!" Sang  singa berpikir, "Sungguh mengecilkan-hati! Terdapat dua potong daging di depan mata saya, tapi tetap saja saya tidak dapat menikmati mereka."   Mereka bertiga memikirkan masalah yang berbeda, walaupun mereka berjalan bersama. Hal yang aneh adalah bahwa singa tidak dapat memakan lelaki ataupun sapi tersebut!

Ketika mereka telah mencapai desa berikutnya, si petani merasa sungguh gembira melihat rumah-rumah para penduduk desa. Ia bersorak dalam hati, "Sekarang saya dapat melihat orang, mereka pasti akan menolong saya." Ia pikir bahwa ia telah aman dan ia dapat menghandalkan penduduk desa untuk menghalau jauh sang singa. Oleh karena itu hatinya tidak bersama dengan Gurunya lagi. Padahal sebelumnya, ia telah melafal Nama-Nama Suci dan berdoa pada Gurunya untuk menolongnya. Tetapi sekarang ia telah melupakan Gurunya, sehingga sang singa segera melompat di depannya; ia sekarang hanya menghandalkan penduduk desa dan bukan kepada Gurunya. Gagasan ini telah membuatnya lupa terhadap Gurunya dan ia merasa gembira melihat penduduk desa. Ini terjadi hampir pada kita semua; apabila kita melihat orang-orang di luar, kita merasa aman dengan berpikir bahwa kita dapat menghandalkan mereka. Akibat yang segera timbul  adalah bahwa sang singa menyerangnya dan hampir saja melahapnya. Ia segera melafal kembali Nama-Nama Suci dan singa itu segera berhenti; ia tidak dapat menyerangnya lagi. Sehingga mereka bertiga meneruskan perjalanan lagi seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Akhirnya, setelah beberapa waktu, mereka benar-benar mencapai batas hutan. Sang singa paham bahwa sisi lainnya merupakan kepunyaan manusia. Tidak berani mengambil resiko, ia meminta permisi dari dua yang lainnya dan berjalan balik ke hutan dengan putus asa. "Lupakan itu! Bisnis tidak baik hari ini, saya akan pulang ke rumah." [Tertawa]

Nama-Nama Suci sungguh dasyat! Apabila kita memiliki kepercayaan pada Guru kita, banyak hal luar biasa yang akan terjadi. Kisah lainnya berkaitan dengan seorang Guru, yang sudah meninggal. Ia mempunyai seorang murid; kemungkinan juga puteraNya, menurut apa yang saya dengar, yang berternak hewan. Suatu hari, ia menderita sakit dan tidak dapat pergi menjaga ternak, dan tiga pencuri datang coba mencuri ternaknya. Sebelum mereka mendekati ternak tersebut, mereka melihat lima lelaki kekar, yang sedikit lebih tinggi dari lelaki biasa, dan mereka menyerangnya dengan tongkat di tangan mereka. Pencuri tersebut terlalu lambat untuk meloloskan diri dan mereka hampir mati dipukul. Mereka pulang ke ruman dan mengobati luka mereka. Setelah lebih baik, mereka saling berkata, "Baiklah, kita kurang beruntung hari in. Marilah coba lagi besok." Pada usaha mereka yang kedua di hari berikutnya, mereka bertemu lagi dengan lima lelaki yang sama, dan lagi-lagi mereka hampir terbunuh. Mereka ketakutan setengah mati dan melarikan diri secepatnya. Pada usaha mereka yang ketiga kalinya, mereka masih juga diserang oleh lima lelaki tersebut, dan sungguh beruntung bahwa mereka masih dapat meloloskan diri.

Sungguh mengerikan, mereka secara diam-diam pergi rumah pemilik ternak dan mengintip ke dalam. Apa yang mereka lihat adalah seorang lelaki biasa yang terbaring sakit, dan lima lelaki kekar tersebut tidak berada di sana. Mereka mengendap masuk ke dalam rumah, dan menuju ke dekat tempat tidur lelaki tersebut dan melihat foto Gurunya, yang juga adalah ayahnya. Mereka sungguh kaget ketika mereka melihat foto tersebut. "Tuhan! Ia adalah lima lelaki tersebut yang memukul kita setiap hari! [Tertawa] Kelima lelaki tersebut kelihatan persis seperti dia! Selain terdiri dari lima orang yang berbeda, tetapi kelima lelaki tersebut terlihat persis sama. Sungguh menakutkan, mereka melangkah masuk dan bertanya pada lelaki yang sakit tersebut: "Berapa lamakah Anda telah sakit?" Ia menjawab, "Sudah tiga atau empat hari. Saya harus beristirahat di tempat tidur dan tidak dapat pergi menjaga ternak."  

Ketiga pencuri tersebut kemudian bertanya, "Lalu siapakah orang ini?" Ia menjawab, "Ia adalah Guruku." Mereka bertanya lagi, "Orang seperti apakah dia?" "Ia seorang yang maha-kuasa (omnipotent), di luar kehidupan dan kematian, maha-berada (omnipresent), dan memiliki milliaran tubuh manifestasi." [Tertawa] Lalu mereka sungguh-sungguh merasa ngeri, dan mengerti kenapa terdapat lima lelaki dengan penampilan yang sama. mereka berlutut dan mengakui dosa mereka. "Kami benar-benar tolol! Selama beberapa hari yang lalu, kami coba mencuri ternak Anda, tetapi selalu dipukul sampai hampir mati oleh lima lelaki yang merupakan manifestasi dari Guru Anda. Kami tidak tahu harus berbuat apa sekarang. Kelihatannya ada yang tidak benar dengan tubuh kami; kami merasa sepertinya kami memiliki penyakit yang sulit disembuhkan." Si peternak memberitahukan mereka, "Tidak apa-apa! Anda tidak akan pernah dapat mencuri dari saya! Lakukan pertobatan secara tulus kpeada Guru saya dan pulanglah ke rumah." Tiga lelaki tersebut akhirnya sembuh dan kemudian menerima inisiasi! Ini adalah kisah nyata dan hanya terjadi sekali lebih dari satu dasawarsa yang lalu!

 

Kembali ke daftar isi


Rumah Makan Vegetarian Di seluruh Dunia
New York, Amerika Serikat
Viga Vegetarian Food 
(a Vegetarian Deli grocery store run by a fellow initiate)
57-05 136 Street Flushing, New York 11355, U.S.A. 
Tel / Fax: (718) 886-3707

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rumah makan vegetarian di seluruh dunia, silahkan kunjungi
http://www.godsdirectcontact.com/vegetarian/veg.html

Kembali ke daftar isi


Informasi Kesehatan

Ilmu Parasit dan Vegetarianisme

Oleh saudari inisiasi Hsu Weilin, Taipei, Formosa.

Kata pengantar: Pada suatu jamuan makan malam, seorang wanita hanya memesan sayur-sayuran karena ia seorang vegetarian. Seorang lelaki yang tidak dikenalinya dan sedang duduk di meja sebelahnya juga hanya memakan  sayur-sayuran yang terdapat di depan mejanya. Lelaki tersebut bertanya padanya, "Nyonya, apakah Anda seorang vegetarian?" Ia menjawab, "Ya, bagaimana dengan Anda?" Lelaki tersebut menjawab, "Bukan, saya bukan seorang vegetarian, saya seorang pemeriksa daging."

Sebagai seorang vegetarian dan mahasiswa kedokteran, selama bertahun-tahun saya telah menerima pemahaman yang lebih mendalam dan penegasan yang lebih besar akan manfaat dan perlunya diet vegetarian bagi umat manusia.  Melalui hasil pengkajian ilmiah, saya berharap bahwa semakin banyak orang akan menyadari pentingnya suatu diet vegetarian, hubungan antara sebab dan akibat, dan keburukan dari suatu died daging terhadap tubuh dan pikiran. Sejah dahulu kala, pengobatan tradisional China telah menekankan, "Dengan energi positif di sekeliling kita, kekuatan negatif tidak akan mengganggu kita." Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit. Jika manusia memilih konsumsi makanan yang bermanfaat untuk tubuh, pikiran dan kerohanian, terapkan suatu konsep nutrisi vegetarian yang benar dan sehat, dan pastikan adanya kebersihan dari sudut kesehatan dalam diet mereka, mereka mesti tidak memliki kekuatiran atas akibat buruk yang ditimbulkan dari racun, dan oleh karenanya hidup secara lebih bebas, sehat, bahagia dan santai.

Beberapa orang mempertahankan sebagai pemakan daging dengan alasan bahwa tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang cukup dan kesehatan yang baik, tetapi rumah sakit masih dipenuhi oleh pasien yang kebanyakan merupakan pemakan daging. Dalam kasus demikian, jelas sekali bahwa para pemakan daging gagal mengatasi situasi kesakitan dan gejala penyakit mereka. Sebaliknya, para pemakan vegetarian mempunyai banyak penyakit yang tidak kunjung tiba yang tentunya karena adanya contoh kasus penyakit dari para pemakan daging yang sakit tersebut. Ini mengingatkan saya akan suatu pernyataan yang diucapkan oleh dokter vegetarian terkenal, Dr. J.H. Kellogg pada suatu pesta makan malam vegetarian: "Sungguh menyenangkan buat kita memakan makanan vegetarian, dengan demikian kita tidak perlu kuatir tentang apa penyebab kematian dari makanan yang kita santap!" Setelah memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kebenaran, bukankah kita mesti menjadi lebih perhatian sebelum memegang sendok dan garpu untuk makan?

Hubungan antara parasit, empunya tubuh dan berbagai bentuk infeksi.

Tergantung dari hubungan antara empunya tubuh, parasit dapat dikategorikan menjadi enam kategori, yang pertama sebagai ektoparasit, seperti kuman, yang tinggal di permukaan tubuh. Kelompok lainnya, endoparasit, termasuk cacing pita, cacing benang protozoa, dan organisme lainnya, yang tinggal di dalam rongga, usus, organ dan sel tubuh.

Karena parasit terakhir tersebut kebanyakan tinggal di dalam rongga tubuh  dan usus, kita dapat dengan mudah membayangkan bahwa asal-usul mereka berkaitan langsung dengan kebiasaan hidup dan diet yang dijalankan oleh si empunya tubuh. Memakan daging karnivora dan herbivora, termasuk bagian luar dan dalam sapi, babi, ikan, dan udang, adalah merupakan penyebab infeksi parasit di dalam tubuh manusia. Jalur masuk yang paling umum bagi infeksi manusia adalah melalui mulut. Sebagai contoh, telur cacing bulat dan cacing pecut dan cacing cambuk dan kista dewasa atau larva dari parasit lainnya yang masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi. Infeksi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan terutama disebabkan cara makan yang mentah, yang mana dapat dengan mudah dihindari. Namun demikian, untuk kategori parasit lainnya, kecuali Anda adalah vegetarian, mohon berhati-hati apabila Anda memilikinya. Selain dari sumber ini, kotoran hewan peliharan juga merupakan sumber dari banyak jenis parasit. Manusia dapat terinfeksi melalui kulit, melalui makanan atau air bekas nyamuk dan lalat, melalui manusia dan sisa pembuangan binatang, melalui air yang terkontaminasi, dan cara-cara lainnya.

Contoh lain parasit yang membayakan tubuh manusia adalah helminthes, yang diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Nematodes (cacing): Ascaris lumbricoides (cacing gelang); Enterobius vermicularis (cacing jarum); Ancylostoma duodenale (Cacing kait Eropa);
2. Trematodes (cacing pipih): Clonorchis sinensis (cacing pipih hati China); Fasciolopsis buski (cacing pipih usus);
3. Cestodes (cacing pita): Taenia solium (cacing pita babi); Taeia saginata (cacing pita sapi).
Protozoa (amuba satu sel) yang masuk ke dalam rongga tubuh manusia:  Entamoeba histolytica; Entamoeba coli.

Parasite penyebab penyakit ke pada empunya tubuh melalui tiga aksi:

1) Mengisap nutrisi: Parasit mengisap nutrisi dari empunya tubuh sebagai makanan, untuk pertumbuhan mereka, untuk reproduksi dan kelangsungan hidup. Ini merupakan salah satu efek buruk yang paling umum dari parasit yang berdiam di empunya tubuh. Sebagai contoh, cacing gelang dan cacing pita babi yang tinggal di usus dan merampas nutrisi penting tubuh dari usus, sehingga menyebabkan kekurangan nutrisi.

2) Aksi mekanik: Parasit dapat membahayakan si empunya tubuh melalui penghacuran, kompresi dan perusakan langsung. Sebagai contoh, suatu jumlah besar cacing pita yang terdapat di perut dapat menyebabkan penghancuran usus; cacing cysticercus cellulosa dapat mengakibatkan tekanan pada lapiran tipis otak, yang menyebabkan penyakit ayan; cacing pipih tongkat menyebabkan usus lambung tersedot, yang mana dapat menyebabkan bengkak, sembelit atau bahkan penghancuran lapisan usus. 

3) Aksi Kimia: Aksi stimulasi dari metabolitas (hasil metabolisme), kotoran dan pembuangan dari parasit, dan zat kimia yang berasal dari parasit yang telah mati dapat menyebabkan berbagai jenis kerusakan pada tubuh manusia. Sebagai contoh protozoon Entamoeba histolitika mengeluarkan ensim histolitik yang melarutkan mukosa usus dan mukosa pendukung (lapisan mukosa yang terdapat di dalam usus dan jaringan di bawah perut), menyebabkan bisul. Jika terdapat sejumlah besar kotoran larval di sekitar jaringan, akan timbul reaksi alergi yang berat, yang menyebabkan peredam anaphylactic (alergi). Apabila terdapat parasit yang mengisap darah dari tubuh manusia, mereka menyuntikkan kotoran, yang berfungsi untuk penjarangan darah dan yang menyebabkan iritasi setempat sehingga mengakibatkan pembengkakan jaringan.

Jika daya tahan si empunya tubuh lebih besar dari daya serang parasit, maka parasit yang memasuki organisme tubuh akan dihancurkan dan untuk selanjutnya dikeluarkan seluruhnya dari tubuh. Namun apabila daya tahan tubuh sementara seimbang dengan daya serang parasit, maka sejumlah kecil parasit dapat hidup dan berkembang-biak di darah. Walaupun parasit tersebut tidak menyebabkan sakit atau gejala klinis yang terkait dengan organisme, si empunya tubuh akan menjadi pembawa pathogens (agen penyebab penyakit). Apabila daya tahan tubuh lebih lemah dari parasit penyerang, maka perubahan pathologikal dan gejala klinis akan muncul di empunya tubuh, merubah si empunya menjadi pasien yang terjangkit parasit.

Cacing pita yang kebanyakan ditemui dalam saluran pencernaan manusia adalah Taenia solium (juga dipanggil sebagai cacing pita babi atau cacing pita bersenjata), TAenia saginata (cacing pita sapi atau cacing pita tanpa senjat), dan Hymenolepis nana (cacing pita katai). Sekarang kita akan menggunakan cacing pita babi (Taenia solium) sebagai suatu contoh. Cacing-cacing dewasa tinggal di usus kecil manusia yang menyebabkan penyakit cacing pita. Telur mereka, yang disebut cysticerci, tinggal di daging babi atau manusia, menyebabkan cysticercosis. Apabila orang memakan daging babi yang mengandung cysticerci secara mentah-mentah atau yang belum dimasak secara matang seluruhnya maka cysticerci terangsang di empedu saluruan pencernaan dan menarik masuk kepala mereka sehingga tersangkut di usus mukosa. Proglottids (segmentasi) terus berkembang dari leher mereka dan kemudian berwujud cacing dewasa dalam jangka waktu dau sampai tiga bulan. Biasanya terdapat satu cacing dewasa dalam tubuh manusia, tetapi kemungkinannya juga bisa terdapat banyak cacing dewasa lainnya.  Jangka waktu hidup cacing dewasa dapat melebihi dua-puluh-lima tahun. Larva mereka yang hidup di tubuh manusia dapat menyebabkan cysticercosis (infeksi larva cacing pita) dan melakukan lebih banyak pengrusakan terhadap tubuh manusia daripada cacing dewasa, tergantung bagian mana dari tubuh tersebut mereka tinggal, dan jumlah mereka.       

Jumlah cysticerci (telur cacing pita) yang hidup di tubuh manusia bervariasi dari hanya satu sampai puluhan ribu. Bagian tubuh tempat  larva tinggal, secara berurutan, dari tempat yang  merupakan jaringan kulit dalam (jaringan di bawah kulit luar), otot, otak, hati, empedu, paru-paru, dan dinding perut. Apabila mereka hidup di  jaringan kulit dalam dan otot, bentuk nodula kulit dalam, sering dalam kelompok, kebanyakan di kepala dan batang tubuh, dan jarang-jarang di tungkai lengan.  Biasanya, tidak terdapat gejala penyakit yang terlalu kentara, hanya beberapa ngilu otot saja.  Jika larva cacing pita tinggal di otak, akan menyebabkan tekanan di kepala, sakit kepala, mual, muntah, kehilangan kesadaran, pandangan kabur, dan ayan. Lebih parah lagi, mreka dapat menyebabkan hemiplegia (paralisasi sebagian), paraplegia (paralisasi bagian bawah tubuh), aphasia (kesulitan berkomunikasi) dan masalah kejiwaan. Jika mereka tinggal di mata, pandangan akan terinfeksi, dan sering sekali gerakan cacing tersebut dapat dilihat, dan pada kasus yang parah, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Entamoeba histolytica juga dipanggil Amuba disentri, dan tinggal di usus manusia. Dalam kondisi tertentu, mereka dapat menembus dinding usus dan memasuki arus darah, menyebabkan disentri amebic dan berbagai jenis amebiasis (infeksi amebae).

Beberapa tahun yang lalu, kita pernah dikejutkan dengan apa yang dinamakan "Penyakit Sapi Gila", flu burung (wabah ayam) di Hong Kong, dan kasus lain kontaminasi daging dan hewan peliharaan, sehingga orang menjadi lebih waspada dan sadar akan akibat parah dari infeksi parasit, bakteri, dan viral. Sehingga, demi kesehatan dan keselamatan, semakin banyak orang yang memilih untuk mengganti diet daging mereka dengan diet vegetarian yang bernutrisi tinggi. Oleh karena itu, vegetarianisme bukan hanya merupakan suatu yang trendi di jaman kita, tetapi juga semacam suatu kesadaran rohani.    

Kembali ke daftar isi


Seberkas Sinar

Rekayasa Genetik - Kiriman Tuhan atau Apa?
Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai
Hsihu, Formosa 10 Juni  1995 
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

Belakangan ini banyak terjadi horor ilmiah, seperti percobaan ilmiah dalam pencampuran spesies manusia dengan binatang. Dan hasilnya adalah paruh-binatang, paruh-manusia, atau adakalanya paruh-ikan, paruh-manusia. Kemungkinannya bisa. Sekarang, orang begitu maju dalam ilmu pengetahuan sehingga mereka adakalanya dapat menggunakannya untuk tujuan yang menyimpang, atau sebagai suatu   gagasan yang menyimpang yang mereka kira benar adanya. Dengan nama ilmu pengetahuan dan penelitian, adakalanya orang melakukan banyak hal yang tidak masuk di akal.

Sebagai contoh, dengan DNA dan segala sesuatu yang terkait, mereka dapat menciptakan manusia dari tubuh yang telah mati, atau mencadangkan DNA Anda untuk menggandakan diri Anda, apabila Anda meninggal dan tidak ada yang mewarisi harta warisan Anda, atau membuat duplikat dari diri Anda tanpa Anda mengetahuinya. Sungguh saya tidak mengetahui lebih banyak lagi apa yang sedang mereka lakukan sekarang. Sehingga saya pikir pendekatan yang terbaik adalah kita melindungi diri kita sendiri dengan kekuatan batin. Itulah cara yang terbaik. Kalau tidak, apa lagi yang dapat saya beritahukan kepada Anda. Banyak hal di dunia ini yang sangat tidak masuk di akal, seperti kontaminasi, polusi dan banyak hal-hal lainnya.

 

Siapakah yang  Menempati Tubuh ?
Cermah oleh Maha Guru Ching Hai
26 April, 1997
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

T: Guru, baru-baru ini kita telah diramaikan dengan permasalahan kloning, dan putera saya menanyakan: Apa yang terjadi dengan jiwa jika seorang manusia itu merupakan hasil kloning?

M: Masalah itu, Anda mestinya  bertanya pada ilmuwan. Saya tidak melakukan kloning pada manusia, jadi saya tidak tahu. [Tertawa] Saya tidak mengacaukan bisnis Tuhan. Mereka hanya coba memperoleh DNA lagi, tetapi mereka masih belum berhasil. Kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi. Kemudian, setelah proses kloning terhadap manusia berhasil, barulah Anda bertanya pada si kloning tersebut. [Guru dan hadirin tertawa]  Mungkin seperti memiliki kembaran, atau ganda, atau seorang anak tambahan dengan pembuahan buatan. Dan jiwa siapapun yang ingin menempati pakaian daging yang baru tersebut dapat melakukannya. Terdapat banyak jiwa yang berkeliaran di luar sana, dan hantu juga. Tergantung siapakah yang mau menempati tubuh itu. Dan itu akan menimbulkan sedikit  perbedaan dari kepribadian asal. Adakalanya, satu tubuh ditempati oleh dua atau tiga jiwa yang berbeda, atau karakter yang berbeda. Jiwa-jiwa tersebut dapat berupa hantu atau roh sesat, atau mereka yang masuk secara bersamaan pada waktu yang sama.   Dan lalu mereka coba saling bertengkar untuk satu tubuh atau mereka coba tinggal bersama. Jadi itulah kenapa adakalanya seseorang itu kelihatannya lucu. Adakalanya ia itu baik sifatnya, tetapi di lain hari ia kelihatan buruk sifatnya , atau ia memiliki dua kekasih pada waktu yang bersamaan. Jika Anda memiliki dua kekasih, berhati-hatilah! [Guru dan hadirin tertawa] Kemungkinannya Anda sedang mendengarkan bisikan dari dua hantu, bukan dari Anda sendiri.
 

Kita Bukanlah Sang Tubuh
Ceramah oleh Maha Guru  Ching Hai
Austin, Texas, Amerika Serikat, 20 Agustus 1994 
(Aslinya dalam bahasa Inggris)

Sekarang Anda telah memperlajari begitu banyak hal tentang ilmu pengetahuan; Anda telah mempelajari tentang orang yang dapat mengumpulkan DNA manusia dan membuat manusia lainnya. Terlepas dari usaha penghentian dan halangan dari pemerintahan, mereka telah hampir membuat satu. Sebagai contoh, katakanlah Anda telah mempunyai seorang bayi dan Anda ingin memiliki satu bayi lagi persis seperti bayi tersebut apabila ia meninggal atau terjadi sesuatu. Dan Anda dapat memberikan beberapa DNA dari dirinya dan menyimpannya si suatu tempat.

Kemudian mereka dapat membuat kembaran dari DNA itu secara sama persis. Pernahkah Anda dengar mengenai ini? [Hadirin: Ya!] Mereka melakukan hal yang sama yang secara alami terjadi dalam kasus kembar dua atau kembar empat. Hanya terdapat satu indung telur dan satu embrio, dan lalu terpecah sendiri menjadi dua atau tiga atau empat atau lima atau enam.

Jadi, bertanyalah pada diri Anda: Berapa banyak jiwa yang terdapat di sana? Seharusnya hanya ada satu jiwa, satu orang; lalu karena adanya kesalahan, sehingga menjadi terpecah sendiri menjadi enam. Dan bukankah terdapat enam jiwa yang masuk ke dalam, iya kan? Benarkah itu? Sebenarnya, bukan! Sang Maha kuasa, jiwa alam semesta, mengambil peralatan apapun yang tersedia dan lalu mempergunakannya. Dan itulah apa yang kita namakan individu.  

Hal yang sama kemungkinannya juga benar sekarang. Katakanlah Anda telah memiliki satu bayi dan Anda ingin seseorang lainnya yang cerdas seperti dia, apabila anak satu-satunya Anda itu meninggal. Dan Anda menyimpan DNA tersebut di suatu tempat, di suatu mesin di mana berbagai reaksi kimia berlangsung. Lalu Anda memiliki bayi lainnya, persis sama seperti yang telah meninggal. Jadi, secara normal hanya ada satu orang, sekrang ada satu lagi, persis sama dengan yang telah meninggal. Tetapi sebenarnya, hanya ada satu orang saja. 

Jiwa terpisah dari tubuh, terpisah dari benak, dan terpisah dari apapun yang kita kumpulkan sehari-hari. Kita hanya sebagai saksi akan apa yang terjadi dengan peralatan ini. Jadi, janganlah bersifat bodoh, memikirkan bahwa Anda terikat, bahwa Anda adalah ini dan itu dan orang lain. Anda senantiasa bebas. Anda tidak pernah ada. Maksud saya Anda tidak pernah muncul ke dalam suatu keberadaan di dalam tubuh manapun juga, atau di dalam peralatan apapun juga. Kita hanya sebagai saksi. Kita hanya tinggal dan memperhatikan orang yang dinamakan Pamela atau Ching Hai melakukan sesuatu. Dan lalu kita mencirikan diri kita dengan orang itu, kita pikir bahwa kita adalah orang itu. 

Saya memahami dengan jelas bahwa Anda dan saya adalah satu. Tida terdapat "Engkau" dan tiada "Aku", hanya perbedaan peralatan yang kita saksikan. Namun saya sulit untuk dapat menjelaskannya kepada Anda, jadi  saya baru mencobanya sekarang. Apakah Anda memahaminya? [Hadirin: Ya!] Baiklah. Sama halnya, dalam kasus kembar, seharusnya hanya ada satu orang. Dan lalu kita katakan sebagai satu jiwa.  Kalau demikian di manakah jiwa yang satunya lagi, atau darimanakah asalnya orang yang satu itu? Hanya karena terdapat satu peralatan lainnya, kita katakan orang satunya lagi telah dilahirkan; jiwa satunya lagi telah dilahirkan. Sebenarnya tidak ada hal-hal seperti itu!

Kita, Anda dan saya, terhubungkan dengan keseluruhan. Dan keseluruhan saling melihat tiap peralatan tersebut bekerja. Kemungkinan keseluruhan bekerja sedikit banyak melalui peralatan masing-masing, kemungkinan juga tidak. Hanya otak yang berfungsi. Jiwa tidak perlu melakukan apapun.

Listirk merupakan satu arus yang sama. Tetapi listrik memiliki berbagai bentuk dan berbagai tingkat cahaya. Ini karena peralatan yang ada. Kalau tidak, arus hanya satu saja. Tidak perlu cemburu satu sama lainnya, dengan berkata, "Listrik Anda dan listrik saya adalah berbeda." Meskipun seandainya listrik itu remang-remang ataupun terang benderang, tetap saja cahaya itu berasal dari arus yang sama. Mesti ada satu jiwa karena perlu untuk menghasilkan bebagai fungsi yang berbeda, sehingga lebih banyak variasi.

Listrik tidak perlu kuatir sama sekali jika bola lampu telah putus, atau bola lampunya telah tidak berfungsi sama sekali. Itu bukanlah berarti bahwa listrik itu mati. Melainkan yang mati hanya bola lampu saja; bola lampunya yang rusak, bola lampunya yang 'kaput'. Listrik tidak perlu kuatir. Listrik itu kemungkinan akan mencari lagi bola lampu lainnya dan kemudian bercahaya kembali. Tetapi itulah kendalanya dengan kita. Kita selalu kuatir bahwa kita akan mati, bahwa kita akan gagal, bahwa kita akan kelaparan atau bahwa kita akan seperti ini, itu dan lainnya. Dan lalu kita saling menyeret satu sama lainnya ke dalam permainan tersebut, ke dalam ketidakpedulian dan penderitaan yang sama secara bersama-sama.  
   

Kembali ke daftar isi


Seni Agung

Menguak Rahasia Busana dan Perhiasan Surgawi

Oleh saudari inisiasi Lee,  Fukuei, Taipei, Formosa

Pada waktu saya sedang bertugas di Center Pameran Busana dan Perhiasan Surgawi S.M. di Taiperi, saya dikelilingi oleh Busana dan Perhiasan Surgawi yang sangat mempesona. Namun demikian, kebanyakan pengunjung Center diliputi dengan gambaran tradisi dari praktisi rohani, dan mereka ragu akan tujuan Guru merancang busana dan perhiasan dan tentang cara berpakaian Beliau yang begitu indah dan mengikuti model, yang mana mereka pikir tidak cocok dengan tingkah-laku seorang praktisi rohani. Tentu saja kita mengetahui secara jelas bahwa Guru menggunakan Busana dan Perhiasan Surgawi sebagai alat untuk menyampaikan Kebenaran, kebajikan dan keindahan ke dalam dunia ini, dan untuk membimbing kita agar senantiasa berpikir tentang Tuhan. Juga, Guru menunjukkan satu teladan yang baik bagi kita yang mana Beliau hanya berpenghasilan untuk mengorbabkan Dirinya melalui pekerjaan kreasiNya, tetapi juga membiayai perjalanan ceramah dan pekerjaan kemanusiaan Beliau bagi kepentingan seluruh makhluk hidup. Dengan demikian, Beliau membantu orang-orang yang kekurangan di dunia baik secara aspek rohani maupun materi.

Suatu hari dalam suatu mimpi, saya menemukan diri saya memakai pakaian yang compang-camping dan tinggal di lingkungan yang sangat miskin dan buruk. Tiba-tiba, saya teringat, "Bukankah seharusnya saya memakai Busana dan Perhiasan Surgawi yang mewah?"  Begitu pemikiran tersebut muncul, saya segera memakai Busana dan Perhiasan Surgawi yang indah sekali. Bahkan lebih mengejutkan lagi adalah suatu kenyataan bahwa lingkungannya juga berubah menjadi suatu biara ilahi yang bercahaya dan gemerlapan. Begitu terbangun, saya menyadari apa makna dari perkataan "Satu pikiran segera merubah segala sesuatu" dan "Semuanya tercipta oleh pikiran."  

Guru telah memberitahukan kita bahwa setiap orang ditutupi oleh tujuh lapis tubuh. Melalui latihan rohani, kita menanggalkannya satu lapis demi satu lapis, sampai terakhir kita menemukan hakekat-Diri kita yang paling hakiki. Guru menggunakan Busana dan Perhiasan Surgawi untuk membangunkan jiwa kita, yang mana telah terlelap selama ribuan tahun. Dengan menjelajah di dalam batin, tidaklah sulit bagi kita untuk menemukan bahwa ukuran dan bentuk dari Perhiasan Surgawi adalah persis sama dengan simbol yang terdapat di alam batin surgawi. Beberapa rancangan Perhiasan Surgawi sebenarnya menggambarkan bentuk tubuh astral yang berada di tingkat tertentu. Apabila rekan praktisi melihat atau memakai Perhiasan Surgawi, mereka akan bercucuran airmata karena diingatkan aka kemuliaan Tuhan  di dalam diri mereka. Sehingga, sungguh benar adanya apabila Guru menyatakan bahwa segala sesuatu yang Ia lakukan, termasuk menciptakan Busana dan Perhiasan Surgawi adalah berkaitan dengan pengolahan rohani.  

Pakaian Guru yang senantiasa berubah mengingatkan kita tentang warna-warni dan keindahan alam-alam surgawi di dalam diri kita. Apabila tubuh astral Anda pada suatu hari melakukan perjalanan ke planet tertentu di alam semesta, Anda mungkin menemukan seorang ratu surgawi yang memakai Busana Surgawi yang telah Anda kenali sebelumnya!

Kita adalah sang Pencipta, sehingga,  jika kita gagal mengamati keindahan dan tidak menjaga pikiran kita secara murni dan positif, kemungkinan besar kita akan menciptakan gambaran yang buruk dan menjebak diri kita di dalamnya. Karena suka menarik suka, kita mungkin lalu menjadi teracuni dan terperangkap dalam planet yang belum maju atau alam yang terbelakang.

Guru menggambarkan Kebenaran melalui cara Beliau berbusana, berbicara, dan bertindak. Segala sesuatu yang berasal dari Kebenaran akan bermanfaat bagi makhluk hidup. Oleh karena itu, Guru tidak memberikan perhatian akan resiko dari penerimaan honor dan reputasiNya yang berkilauan, ataupun tidak peduli juga akan kesalahpahaman orang yang mempunyai berbagai cara pikir. Beliau  melakukan segala sesuatu  hanya untuk menunjukkan aspirasi pembebasan abadi yang terdapat dalam semua jiwa.  

Syair dari hatiku:

Indah mataMu menembus kalbuku,

Membangunkan jiwa suaraku yang tertidur.

Ciptaan seniMu melampaui dunia,

Mengingatkanku tentang Rumahku yang mulia nun jauh.

BentukMu yang senantiasa berubah,

Memperbaiki hati manusia yang senantiasa berubah,

Melintasi dunia hanya untuk memulihkan jiwa yang tersesat.

Menari dalam kebahagiaan, jiwaku membumbung menembus awan khayalan,

Kembali ke Rumah Ibuku.

 


Menghargai Perhiasan Surgawi dengan Mata Kebijaksanaan

Rumah Guru

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai
Hsihu, Formosa, 24 September 1988
(Aslinya dalam bahasa China)

Agar dapat terbebaskan secara penuh kita harus pergi melampaui alam ketiga. Kita masih belum terbebaskan jika kita belum pergi melampaui alam itu. Beberapa segera bersama saya setelah meninggal karena mereka telah menembus alam ketiga. Beberapa orang harus menunggu agak lama untuk bersama Guru, yang juga akan datang menjemput mereka atau mengirimkan para suci untuk menjemput mereka. Oleh karena itu, orang-orang ini tidak dapat tinggal bersama Guru. Mereka mesti menunggu untuk suatu jangka waktu yang lama, setelah mereka telah melengkapi latihan rohani mereka, sebelum mereka dapat pergi ke atas. Tidak setiap orang dapat pergi ke atas ke dimensi di mana Guru tinggal. Mereka mesti sangat bersih, sangat mruni, seperti anak yang baru lahir, kosong dari sifat bajik atau sifat buruk, agar dapat tinggal di dalam dimensi itu.   

Kalau tidak, akan menjadi sangat rumit! Lihatlah dunia kita dan Anda akan tahu. Kita mengharapkan terlalu banyak, dan menanam kebencian yang terlalu dalam; sehingga kita tidak dapat berangkat dengan mudah! Adakalanya ketika orang menghardik kita, kita menjadi marah. Pada waktu itu kita tahu bahwa kita masih belum bersih.  Ini merupakan pengujian dan percobaan yang mana bertujuan untuk mengukur langkah kita, untuk melihat sampai sejauh mana kita telah pergi. 

Sungguh sulit sekali membersihkan sifat kebencian di dalam diri kita, yang mana memisahkan kita dari sisa Penciptaan. Kekurangan sifat welas-asih, kita masih terpisah dari segala Penciptaan. Tuhan merupakan daya kasih yang terbesar, dan tiada apapun yang gaib tentang itu. Semakin kita berwelas-asih, daya kasih dan keluhuran budi yang kita miliki, maka akan semakin dekat kita pada Tuhan. Oleh karena itu, sifat kebencian mesti dibersihkan. Segera melafal Nama-Nama Suci setiap kali Anda membenci seseorang. Sungguh penting sekali untuk melafal Nama-Nama Suci, tetapi kebanyakan dari kalian tidak berpikir demikian, dan tidak begitu terbiasa dengan tindakan demikian bahkan sampai saat ini.

Namun demikian, tidak apa-apa, jangan merasa kecewa. Setiap orang mesti memiliki aspirasi. Kita hanyalah manusia biasa saja, jadi jalanilah secara perlahan-lahan jangan terburu-buru. Jika kita dapat menyelesaikan masalah dengan cepat, maka tidak akan tertinggal lagi makhluk hidup! Alam ini akan kosong ketika Buddha Sakyamuni datang, dan ketika Yesus Kristus datang; maka tidak akan terdapat satu orangpun dalam pandangan! Namun demikian, karena kita tidak suka tinggal di sini maka kita harus pergi.

 

Kembali ke daftar isi  



Situs WWW Quan Yin


http://www.Godsdirectcontact.org.tw
(Formosa; bahasa China, bahasa Inggris)

http://www.smchbooks.com/
(Formosa; bahasa China, Toko Buku SMCH )

http://www.Godsimmediatecontact.com
(Singapura;  bahasa Inggris)

http://www.GodsImmediateContact.co.kr
(Korea; bahasa Korea)

http://www.Godsdirectcontact.co.kr
(Korea;  bahasa Korea)

http://www.GodsImmediateContact.org
(Jepang;  bahasa Jepang)

http://www.Godsdirectkontak.org
(Indonesia;  bahasa Indonesia)

http://www.Spiritual-Discovery.org
(Amerika Serikat.; bahasa China tradisional dan yang disederhanakan, bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa Aulac)

http://mason.gmu.edu/~lduan/Godsdirectcontact
(Amerika Serikat; bahasa Inggris)

http://members.tripod.com/~Godsdirectcontact/
(Amerika Serikat.; bahasa Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com
(Amerika Serikat.; dalam bahasa Spanyol, bahasa Perancis, bahasa Inggris, bahasa China tradisional dan yang disederhanakan)

http://www.spiritweb.org/Spirit/media.html?who=Suma%20Ching%20Hai
(Amerika Serikat;  bahasa Inggris)

http://www.Godsimmediatecontact.net/

(Amerika Serikat; bahasa Inggris)

http://www.godsimmediatecontact.net/aulac
(Amerika Serikat; bahasa Aulac)

http://www.Godsimmediatecontact.org/video/
(di Amerika Serikat dengan  Windows Media Video & Real Video; dalam   Multi-Bahasa)

http://www.members.xoom.com/meditations/GodsDirectContact.html
(Amerika Serikat.; bahasa Inggris)

http://www.GodsImmediateContact.tripod.com
(Amerika Serikat; bahasa Inggris)

http://www.contactDirectAvecDieu.org
(Perancis; bahasa Perancis)

http://godsdirectcontact.rma.cz
(Republik Czech; bahasa Czech)

http://www.Godsdirectcontact.org
(Kanada dengan pelayanan  Real Audio; dalam bahasa Inggris dan bahasa Aulac)

http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org
(Austria; bahasa Jerman)

http://www.Godsdirectcontact.de
(Jerman; bahasa Jerman)

http://freespace.virginnet.co.uk/smch.ma/Godsdirectcontact/Persian.htm
(UK; dalam bahasa Persia)

http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel
(Hungaria; bahasa Hungaria)

http://Godsdirectcontact.bizland.com/
(Swedia, bahasa Swedia)

http://www.geocities.com/godsdirectcontact_2000
(Polandia; bahasa Polandia, bahasa Inggris, bahasa Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome
(bahasa Inggris) (Pemesanan buku - I Have Come To Take You Home)

News Group: lovesrc@Godsdirectcontact.org


Alamat situs WWW untuk News Online Maha Guru  Ching Hai :

Bahasa China Tradisional :

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/news/116/index.htm (Formosa)
http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/116/ (Amerika Serikat)
http://Spiritual-Discovery.org/ch/news/116/index.htm (Amerika Serikat)

Bahasa China Yang Disederhanakan:

http://Spiritual-Discovery.org/gb_chinese/news/116/index.htm (Amerika Serikat)
http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/116/
index_gb.html (Amerika Serikat.)

Bahasa Inggris :

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/english/116/ (Amerika Serikat)
http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/116/ (Amerika Serikat.)
http://godsimmedatecontact.net/news/news116/ (Amerika Serikat)
http://Spiritual-Discovery.org/eng/news/116/index.htm (Amerika Serikat)
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/116/index.htm (Formosa)


Bahasa Aulac :

http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/
(VNI,VPS,VISCII and VNU fonts)
http://godsimmediatecontact.net/aulac/n116/ (VNI font)

Bahasa Spanyol:

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/spanish/(Amerika Serikat.) 

Bahasa Korea: 

http://www.Godsimmediatecontact.co.kr/116/index.htm (Korea)

Bahasa Jepang: 

http://www.Godsimmediatecontact.org/kannon/
news/newsindex.htm (Amerika Serikat) 

Bahasa Indonesia: 

http://www.godsdirectkontak.org/enews.htm (Indonesia)

Bahasa Perancis: 

http://www.contactdirectavecdieu.org/News/index.html (Perancis) 

Bahasa Jerman: 

http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman ) 

 


Kembali ke daftar isi