Mahaguru Ching Hai
Majalah Berita No.
123

 

Jawaban atas segala pertanyaan didasarkan pada kebijakan, latihan rohani, dan mendapatkan pencerahan.

~Mahaguru Ching Hai ~



=======Daftar Isi=======

 

uAmanat Guru
Pentingnya Pola Makan Vegetarian

uPanorama Peristiwa
AS/Argentina/Perancis/Afrika Selatan/Malaysia/Formosa

uSelingan Rohani
"Krim Wajah" yang Ajaib/Angsa Yang Mengorbankan Diri Untuk Menyelamatkan Yang Lain/ Contoh Yang Baik

uMutiara Kebijaksanaan
Pandangan yang Agung/Murnikan Dirimu Sendiri, dan Bermanfaat bagi Dunia/Pola Hidup Vegetarian dan Perlindungan Lingkungan/Cara Untuk Awet Muda

uPujian Bagi May
Dipersembahkan bagi Bunda Jiwa Kita yang Terkasih/Laporan Gabungan

uSajak
Karena Kasih

uGuru Menceritakan Lelucon
Salah Paham/Cinta Tapi Lupa/Jadi Lebih Berat

uGuru Berucap
Menyelamatkan Bumi dengan Melindungi Lingkungan/Hal-hal Yang Berkaitan

uTanya & Jawab Pilihan
Jadilah Seorang Pemelihara Lingkungan Yang Moderat/Solusi Yang Radikal

uPengembangan Rohani dan Kehidupan Sehari-hari
Perlindungan Lingkungan dan Latihan Rohani

uLaporan Media
Perubahan Iklim Bisa Menyebabkan Malapetaka Global

uSeni dan Kerohanian
Rahasia "Penciptaan Adam"

uPeningkatan Jiwa
Kaset Video Terbaru Mahaguru Ching Hai/Kaset Audio/DVD/MP3

uAcara Bioskop
Pilihan Antara Ilusi dan Kebenaran-–Acara Truman

uPojok Film Guru

uKasih dalam Perbuatan
El Salvador/Philippines/India/Formosa/Korea

uTempat Vegetarian di Seluruh Dunia

uKesenian Surgawi
Dunia Yogi yang Bahagia--Matahari, Bulan, dan Bintang

uCara Menghubungi Kami

uSitus WWW Kuan Yin

Pesan Kecil:
Dalam membicarakan perihal Tuhan, ataupun Roh Kudus, kita akan menggunakan istilah-istilah asal non-jender untuk menghindari perdebatan mengenai apakah Tuhan pria atau wanita.
She + He = Hes (seperti pada kata Mess)
Her + Him = Hirm (seperti pada kata Firm)
Hers + His = Hiers (seperti pada kata Beers)
Contoh: When God wants, Hes makes things happen according to Hiers will to suit Hirmself.


Berita No. 123
Diterbitkan: 10 Juli 2001
Ditemukan: 1April 1990
Diterbitkan Oleh: The Supreme Master Ching Hai International Association
Penerbit: Lin Ping Xing
Majalah Berita Supreme Mahaguru Ching Hai diterbitkan di Internet dalam bahasa-bahasa berikut: Aulac, Cina (dalam versi tradisional dan disederhanakan), Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Korea, Spanyol, Portugis dan Thai. Harap mengacu pada "situs WWW Kuan Yin" pada majalah Berita untuk situs jaringan yang berkaitan.


Amanat Guru

Pentingnya Pola Makan Vegetarian

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai,
Los Angeles, CA, Amerika Serikat, 5 July 1997 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Berhati-hatilah dengan apa yang kalian makan supaya tidak mengkontaminasi diri kalian, dan membuat bingung sel-sel serta otak. Hal ini akibatnya akan menghalangi kemajuan rohani kalian. Bukannya Tuhan peduli dengan apa yang kita makan, tetapi bila kita meracuni sistem kita dengan hal-hal yang beracun dan makanan yang tidak murni seperti daging atau produk-produk hewani, maka sel-sel tubuh dan otak juga akan terkontaminasi dan menjadi bingung. Dan dengan demikian kita tidak akan mampu berpikir jernih atau duduk tenang untuk menemukan sumber kebahagiaan dan kebijaksanaan.

Kita harus duduk tenang. Baik dalam meditasi dan kegiatan harian, kita harus berlatih untuk menjadi lebih tenang dan lebih berfokus ke dalam batin, sehingga kita dapat menghubungi sumber sejati dari sifat Ketuhanan kita. Dari sana, kita dapat mengatasi semua masalah harian dan kesakitan, dan menjadikan hidup lebih berbahagia. Kalau kita membingungkan sel-sel, otak, darah, dan suasana hati kita, kita juga akan menjadi bingung. Kemudian kita tak akan mampu berpikir lurus lagi. Ketika kita duduk bermeditasi, kita menjadi sangat tidak tenang dan terganggu. Bahkan walau kita duduk dengan baik dalam bermeditasi, visi kita akan dihalangi oleh pengaruh-pengaruh negatif dari barang-barang beracun yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Jadi bukannya Tuhan peduli apa yang kita makan atau saya peduli apa yang kalian makan, atau bila kalian memakan sedikit daging kalian akan langsung ke neraka. Itu tidak benar. Hanya saja kalau kita ingin seperti Tuhan, kita harus menjaga agar segala yang kita lakukan dan segala yang kita makan adalah murni sehingga kita juga akan menjadi murni.

Semua yang kalian makan di sini adalah vegetarian murni dan sangat bersih, karena mereka menggunakan sarung tangan dan penutup mulut ketika memasak bagi kalian. Meskipun mereka membawa bakteri atau virus pilek, mereka tidak akan menularkannya kepada kalian. Tetapi ketika kalian makan di luar di restoran-restoran lain, tentulah, kita tidak dapat menjamin hal ini. Tetapi kalian bisa melafalkan Nama-nama Suci untuk memurnikan makanan itu dan mempersembahkannya kepada Tuhan sebelum kalian memakannya! Hal ini juga mengurangi banyak penularan terhadap kalian.

Saya juga tidak peduli akan apa yang kalian makan, tetapi apapun yang kalian makan akan mempengaruhi meditasi kalian, latihan rohani, suasana hati, temperamen, kepribadian dan pemikiran kalian mengenai nilai kehidupan. Segalanya bergantung pada hal itu juga. Selama kita berada di alam materi, setiap benda materi mempengaruhi kita; oleh sebab itu kita harus dengan hati-hati memakan makanan yang murni–makanan yang mengandung sedikit beban karma dan mengandung sedikit penderitaan-demi kita sendiri. Karena binatang takut mati dan melekat pada kehidupan, mereka sangat menderita. Kalau mereka dipaksa mati lebih awal bagi kita, tentu saja, ketakutan dan kebencian mereka tertinggal dalam daging yang kita makan. Itu sebabnya kita juga menjadi agresif, terganggu, tidak puas, dan kadang kala kejam, sama seperti yang hewan-hewan itu rasakan sebelum mereka mati.

Tanaman juga punya perasaan, memang bukan perasaan yang sebenarnya, melainkan reaksi refleks, dan juga tidak begitu banyak. Rentang kehidupan mereka juga tidak sepanjang hewan. Ketakutan mereka tidaklah begitu kuat. Di samping itu, mereka bisa tumbuh lagi. Kalian bisa memotong suatu cabang pohon dan ia akan menumbuhkan dua atau tiga cabang lainnya, kadang-kadang. Jadi jika kita memotong beberapa pohon, tidaklah mengapa, hanya saja tanamlah tiga lagi. Atau jika kita memotong sebuah cabang, biarkanlah ia menumbuhkan tiga lagi. Tidak mengapa. Kita tidak menyembah alam. Kita menggunakan alam, tetapi kita juga menjaganya demi kebaikan kita sendiri. Umat manusia harus selalu diutamakan. Beberapa orang fanatik berkata, “Oke, jadi kita tidak makan tanaman juga, karena mereka punya kehidupan.” Saya katakan, “Oke, lalu matilah saja.” Kita tidak menyembah kefanatikan; kita melakukan segala sesuatu di jalan tengah dan cara yang sangat lembut, sama seperti cara kita bertingkah-laku.

Kunjungi situs-situs berikut untuk menikmati versi video dari Amanat Guru:

http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/123/mt.htm  (AS) 
http://Spiritual-Discovery.org/eng/news/123/mt.htm  (AS)

Panorama Peristiwa

Laporan dari Amerika Serikat

Seminar Peningkatan Jiwa di Universitas Rutgers

[New Jersey] Dengan bantuan penuh dari rekan-rekan sepelatihan dari New York, para inisiasi dari New Jersey mengadakan suatu seminar video di Universitas Rutgers pada tanggal 7 April, untuk berbagi ajaran Guru dengan para mahasiswa dan cendekiawan universitas. Beberapa minggu sebelum acara seminar itu, rekan-rekan sepelatihan mulai mengadakan persiapan yang diperlukan, membagikan selebaran di dalam kampus dan memasang iklan di suratkabar-suratkabar utama dan media lain.

Pada hari berlangsungnya seminar, rekan-rekan sepelatihan mendekorasi ruangan dengan anggun, memberinya atmosfir ketenangan dan kehangatan. Suatu daerah pameran disiapkan untuk memajang buku-buku, kaset-kaset audio, kaset-kaset video, dan kreasi-kreasi artistik Guru. Kaset-kaset video yang kami saksikan bersama para hadirin di hari itu termasuk “Menjalani Jalan Kasih,” yang secara singkat memperkenalkan Guru, dan sebuah rekaman acara televisi berjudul “Perjalanan Melalui Alam-alam Estetis.” Acara-acara yang luar biasa menarik perhatian penuh dari para hadirin. Selama sesi tanya jawab berikutnya, banyak tamu mengajukan pertanyaan mengenai Guru dan Metode Kuan Yin, dan utusan Kuan Yin menjawab mereka dalam cara yang tepat dan humoris. Sampai di penghujung acara, para tamu yang berminat diundang untuk belajar Metode Kemudahan, dan banyak yang mengalami pengalaman-pengalaman yang sangat baik.

Gambar (sp1-1): Suatu seminar peningkatan jiwa diadakan di Universitas Rutgers untuk membagikan pesan spiritual Guru kepada fakultas dan para mahasiswa.
(sp1-2): Rekan-rekan sepelatihan mendekorasi ruangan seminar.

 

Laporan dari Amerika Serikat bagian Barat Tengah dan Timur

Berbagi Ajaran Guru dan Peningkatan Jiwa

Pada musim semi tahun 2001, para inisiasi dan calon inisiasi sangat gembira dengan adanya kabar tak terduga bahwa Guru akan mengirim seorang utusan Kuan Yin ke sanggar-sanggar di seluruh Amerika bagian Barat Tengah dan Timur. Berkah Guru sekali lagi mengalir dari satu negara bagian ke negara bagian lain–Virginia, Pennsylvania, Ohio, Indiana, Illinois, Missouri, Kentucky, North Carolina, Michigan, dan kembali ke Virginia lagi-dengan sejumlah lima sesi inisiasi dan delapan seminar video diadakan.

[Pennsylvania]Pada tanggal 17 Maret, Center Pennsylvania mengadakan suatu seminar video di Wisma Internasional Universitas Pennsylvania di Philadelphia. Banyak warga kota yang antusias melawan cuaca buruk untuk datang ke acara seminar. Setelah memberikan ceramah video Guru, kami memperkenalkan Metode Kuan Yin dan Metode Kemudahan kepada para hadirin. Banyak tamu menunjukkan minat yang besar terhadap ajaran-ajaran Guru dan menanyakan banyak pertanyaan yang berkaitan. Utusan Kuan Yin menjawab setiap pertanyaan, dan kemudian mengajarkan Metode Kemudahan. Terima kasih atas bantuan tulus dari rekan-rekan inisiasi, kegiatan pembabaran Kebenaran ini terlaksana dengan sukses.

Gambar (sp14-1): Seminar video di Pennsylvania

[Ohio] Di Ohio, beberapa pencari-Kebenaran sangat berharap untuk menerima inisiasi tetapi menghadapi situasi kehidupan yang menghalangi mereka bepergian. Kemudian, Guru dengan penuh kasih mengirimkan seorang utusan Kuan Yin ke pintu depan center mereka! Pada tanggal 4 Maret, di hari inisiasi, Center Ohio terisi penuh oleh orang-orang dan daya kuasa Tuhan, begitu para inisiasi dan calon inisiasi tiba dari banyak daerah di Ohio dan negara bagian-negara bagian yang bertetangga. Setelah inisiasi, para inisiasi baru mengalami perubahan dengan segera, menjadi lebih bahagia dan lebih santai. Sementara utusan Kuan Yin masih di Ohio, kami bisa mengadakan sesi meditasi kelompok dua kali sehari sepanjang minggu. Selama waktu ini, banyak inisiasi yang berkata mereka belajar untuk meninggalkan kewajiban duniawi mereka untuk menghadiri meditasi kelompok, karena melalui meditasi kelompok, kehidupan kita menjadi lebih mulus dan lebih bermakna.

[Indiana] Tiga seminar video dijadwalkan di Indiana. Pada malam seminar pertama, seorang wanita yang hadir memutuskan bahwa ia tidak berminat pada saat itu, sehingga ia mengucapkan terima kasih kepada kami dengan sopan dan pergi. Merupakan suatu kejutan untuk melihatnya kembali pada acara seminar berikutnya! Ia berkata bahwa badan jelmaan Guru muncul di rumahnya dan ia merasa bahwa ia harus datang kembali. Ibu ini bukan hanya hadir pada seminar video yang kedua, tetapi ia datang ke seminar yang ketiga juga, di mana ia mendaftar untuk belajar Metode Kemudahan. Sejak saat itu, ia telah menjadi pengunjung tetap Center Indiana, menghadiri hampir semua sesi meditasi kelompok Metode Kemudahan.

[Missouri] Pada minggu Paskah di bulan April 2001, Center Missouri dengan gembira menerima utusan Kuan Yin dan rekan-rekan sepelatihan dari seluruh daerah Barat Tengah untuk suatu acara inisiasi dan seminar video di Rolla. Bagi siswa-siswa setempat dan pengunjung dari negara bagian lain, kerja dan bermain bercampur baur sewaktu mereka dengan gembira mempersiapkan acara tersebut. Terima kasih atas kasih Guru dan berkah yang berlimpah, banyak anggota baru menjadi keluarga Quan Yin setelah seminar, dan lebih banyak lagi orang menghadiri meditasi kelompok.

[North Carolina] Setelah para inisiasi dari Pennsylvania, Maryland, dan Ohio membantu persiapannya, seminar video North Carolina berhasil diadakan di Chapel Hill. Kami terharu oleh ketulusan dan komitmen para hadirin, karena lebih dari 70% mendaftar untuk belajar Metode Kemudahan. Seorang ibu yang belajar Metode Kemudahan telah membawa tiga anaknya yang masih belia, kesemuanya diam dan menonton dengan penuh perhatian keseluruhan video. Seorang wanita lain memberitahu kami bahwa ia mengetahui acara seminar itu setelah dibimbing oleh Roh Kudus.

Gambar (sp14-2): Para inisiasi dari North Carolina dan negara bagian lain merayakan kesuksesan seminar video mereka.

[Michigan] Pada tanggal 28 April, Center Michigan Tenggara mengadakan suatu seminar video di perpustakaan utama di pusat kota Ann Arbor. Saudara dan saudari dari luar kota dan negara bagian lain datang membantu mempersiapkan acara seminar, yang sungguh mendorong semangat kami.

Beberapa tamu menunjukkan kegembiraan mereka bisa menghadiri seminar dan mereka berharap bahwa kegiatan-kegiatan serupa itu akan diadakan di kemudian hari. Sepasang suami-istri Rusia yang sudah belajar Metode Kemudahan datang ke seminar, dan keduanya selalu menghadiri sesi meditasi kelompok bagi Metode Kemudahan setiap hari Minggu. Sang istri dengan tulus sedang menunggu inisiasi, dan sang suami sudah menjadi seorang vegetarian penuh. Pada acara seminar, mereka membawa pulang banyak kaset video Guru, dan setelah itu menghabiskan berjam-jam bersama kami, sambil menikmati berkah dan kasih Guru. Kasih di dalam keluarga Kuan Yin kita sungguhlah melampaui semua ras dan bangsa!

Selama utusan Kuan Yin berada di Michigan, kami juga mengadakan suatu retret 2 hari, yang memberikan kepuasan dan kebahagiaan kepada semua orang. Di akhir retret, masing-masing dari kami dimurnikan dan dibersihkan dan hati kami terisi dengan Kasih Guru. Sekarang, center dibuka untuk empat sesi meditasi kelompok setiap minggu!

[Virginia] Pada hari Sabtu, tanggal 5 Mei, dan Minggu, tanggal 6 Mei, Center Virginia dan Maryland bergabung bersama menyelenggarakan inisiasi dan kemudian sebuah seminar video. Beberapa orang sangat ingin belajar lebih banyak mengenai ajaran-ajaran Guru, dan mendaftar untuk belajar Metode Kemudahan. Usaha bersama dari para inisiasi yang bekerja memungkinkan peristiwa yang besar dan meningkatkan jiwa ini terselenggara, yang dipenuhi oleh orang-orang yang tulus dalam suatu suasana kasih dan kebahagiaan, serta memberikan sebuah kesempatan berkumpul yang menyenangkan dan membahagiakan bagi rekan-rekan sepelatihan.

Gambar (sp14-3): Seminar video di Virginia, Amerika Serikat

 

Laporan dari Argentina

Ajaran Kebahagiaan

[Buenos Aires] Selama musim semi yang sejuk dan segar dibelahan bumi Selatan, para rekan sepelatihan di Buenos Aires menyelenggarkan seminar video lagi guna memuaskan kerinduan rohani para rekan pencari Kebenaran. Melalui usaha yang tekun dan secara bersama dari utusan Quan Yin dan para rekan praktisi dari berbagai negara Amerika Selatan, termasuk Brasil dan Chili maka persiapan kerja dapat diselesaikan dengan lancar.

Seminar tersebut diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Saint Martin yang terkenal, dan menarik lebih dari 250 orang. Aspirasi masyarakat setempat atas Kebenaran tercermin dalam fakta bahwa beberapa hadirin terpaksa duduk di lantai dan berdiri di belakang tempat acara selama acara berlangsung.

Setelah menyajikan salah satu rekaman video ceramah Guru yang penuh kebijaksanaan dan wahyu rohani, utusan Quan Yin mengajari para tamu Metode Kemudahan. Sesi meditasi tersebut kemudian diikuti dengan sesi tanya dan jawab. Karena setiap orang diliputi dengan kebahagiaan dan sangat ingin berbagi kegembiraan batin mereka, sesi tanya dan jawab berubah menjadi suatu perhelatan antar sahabat karib yang tak resmi dan santai. Banyak orang yang mengungkapkan bahwa mereka telah melihat Cahaya batin. Seorang wanita berkata bahwa malam sebelumnya dia bermimpi utusan Quan Yin mengundangnya ke seminar, sementara seorang pria memberikan kesaksian bahwa itu merupakan meditasi terbaik yang pernah dia alami dalam hidupnya! Seminar tersebut berakhir terlambat dari yang dijadwalkan, sedangkan setiap tamu pergi dengan sukacita dan harapan, dan terisi penuh dengan kasih Guru.

Gambar (sp3-1): Para rekan praktisi Argentina menyelenggarakan seminar video lagi untuk memenuhi permintaan tulus dari para rekan pencari Kebenaran.

 

Berbagi Kebenaran di Parana

[Parana] Seorang wanita praktisi suatu metode penyembuhan di kota Parana kebetulan menjelajahi halaman Jaringan Quan Yin di Internet dan dengan seketika terpikat oleh ajaran Guru. Berharap mengenal lebih lanjut tentang Metode Quan Yin, dia segera menghubungi Center Buenos Aires. Rekan praktisi setempat dan utusan Quan Yin kemudian mengambil kesempatan tersebut guna menyelenggarakan seminar peningkatan jiwa di Parana.

Wanita ini dengan ramahnya menawarkan kediamannya sebagai tempat acara untuk seminar tersebut, dan membantu para rekan praktisi menerbitkan berita tentang acara tersebut di koran-koran setempat. Di hari berlangsungnya seminar, rumahnya dipenuhi oleh sejumlah besar hadirin, yang banyak diantaranya mengangguk setuju dengan ajaran Guru selama ceramah video. Setelah itu banyak orang ingin belajar Metode Kemudahan. Salah satu wanita tidak mau menunggu dan meminta inisiasi ke dalam Metode Quan Yin.

Setelah seminar tersebut, sang nyonya rumah setuju untuk menyelenggarakan secara teratur acara meditasi kelompok bagi para praktisi Metode Kemudahan yang baru. Oleh karena itu, kami menyediakan banyak pita rekaman audio dan video Guru agar dapat berbagi ajaranNya dengan saudara-saudari di Parana.

 

Laporan dari Perancis

Retret Paskah nan Illahi

[Paris] Selama akhir pekan Paskah, para rekan inisiasi di Paris menyelenggarakan retret dua hari, yang juga dihadiri oleh para inisiasi dari kota lainnya di Perancis dan Belgia.

Ketika sampai di Center Paris, kami segera merasakan suasananya yang tenteram. Hari itu merupakan hari yang terik dan cerah, sementara sinar mentari menghangatkan setiap sudut Center. Beberapa gumpalan awan putih di atas langit biru menciptakan perasaan damai dan serasi. Meskipun retret diselenggarakan dalam skala kecil karena keterbatasan tempat, jadwalnya diatur selayak retret internasional. Kami bermeditasi dari pukul 4 pagi hingga pukul 9:30 malam, dengan diselingi sesi ceramah video dan istirahat makan.

Selama retret tersebut, kami merasakan berkah Guru, dan dengan menonton ceramah rekaman video Beliau yang begitu mencerahkan, memperkuat keyakinan akan jalur rohani serta belajar konsep-konsep latihan yang benar.

Setiap orang penuh keriangan dan kebahagiaan selama retret, dan diisi dengan cinta-kasih dari Guru, kami mengucapkan selamat berpisah kepada setiap orang pada akhir acara. Terima kasih, Guru, atas pengaturan Engkau yang sempurna sehingga retret di Center Paris berhasil dengan baik, yang memungkinkan kami untuk tumbuh lebih dekat bersama-sama karena kami mengalami dalamnya cinta-kasih serta perhatian Guru.

 

Laporan dari Afrika Selatan

Berbagi di Festival Seni Kehidupan

[Cape Town] Center Cape Town sekali lagi berbagi ajaran Guru dan mempromosikan vegetarian di "Festival Seni Kehidupan", yang merupakan suatu acara tahunan setempat guna mempromosikan gaya hidup alternatif.

Sebelumnya di acara ini, kami dapat menggunakan ruangan ceramah yang memungkinkan kami mempertunjukkan ceramah video Guru, membagikan majalah dan buku contoh, serta menyajikan kudapan vegetarian dalam suasana yang akrab dan tenteram. Tetapi, pada tahun ini, karena suatu perubahan tempat acara, seluruh gerai ditempatkan saling berjejeran di koridor, yang memberi kami kesempatan untuk berbagi ajaran dan karya Guru melalui hubungan secara perorangan. Sehingga makin banyak orang yang tahu akan Guru dibandingkan tahun sebelumnya, dan semuanya pergi dengan kesan yang mendalam.

Suatu minat yang mendalam terhadap vegetarianisme juga kelihatan yang mana semakin menambah semangat kami. Kami menawarkan kudapan manis dan lezat kepada pengunjung, dan banyak yang sungguh kagum setelah mengetahui bahwa kue tersebut dibuat tanpa telur, dan bahwa kudapan lezat tersebut dibuat dengan bahan dasar kacang kedelai dan bukannya “daging sungguhan”. Banyak bapak-bapak yang mencicipi kudapan kami kemudian kembali lagi bergandengan dengan isterinya, hanya untuk mempelajari bagaimana menyiapkan makanan vegetarian.

Dengan Panduan Kasih Guru kita, kami menikmati saat-saat yang penuh arti selama berlangsungnya Festival Seni Kehidupan tahun ini, dan melakukan yang terbaik untuk mengenalkan karya Guru.

 

Laporan dari Malaysia

Retret Air Terjun

[Kota Tinggi] Sudah cukup lama sejak retret internasional yang terakhir dan semua orang di sini begitu rindu untuk ikut retret lagi. Maka merupakan suatu kejutan yang menyenangkan ketika Guru memberi kami kesempatan untuk diisi lagi secara rohani dan menyetujui suatu retret tiga-hari, untuk diselenggarakan di Tempat Pesiar Air Terjun Kota Tinggi, Malaysia yang terletak dekat Singapura, sehingga dapat diikuti oleh para inisiasi dari Singapura dan Malaysia khususnya Penang, Ipoh, Kuala Lumpur dan Serawak.

Begitu tiba, para rekan inisiasi disambut oleh bunyi siraman air terjun yang menyejukkan, di bawahnya mereka berdoa bagi perdamaian dunia dan keserasian yang berlanjut antara kedua negara bertetangga.

Pada sesi meditasi subuh, para inisiasi remaja dibolehkan duduk bersama para inisiasi dewasa. Dan selama istirahat makan siang, banyak peserta berkerumun menghirup udara dan menikmati pemandangan air terjun sembari menyejukkan diri dari panasnya udara. Selama berlangsungnya sesi penayangan video di sore hari, mereka mempelajari banyak hal dari video Guru yang memberi saran cara bagaimana meningkatkan latihan meditasi. Mentari siang hari bersinar dengan segala keagungannya di luar aula meditasi, namun suara lembut Guru mengangkat semangat kami dan melindungi kami dari panas yang menyengat. Para awak dapur dengan penuh kasih mempersiapkan makanan yang berlimpah, termasuk sop tanaman obat untuk menolak panas matahari di musim panas ini. Lalu, Ibunda Alam memberikan jawabannya sendiri terhadap panas yang memancar dengan mengguyurkan air di sore hari!

Hal-hal yang baik rupanya selalu berakhir secara istimewa, dan hari terakhir retret pun sampailah. Rasa enggan berpisah nampak di wajah para peserta pada penutupan retret yang segera tiba, namun ada antisipasi kebahagian yang meluas muncul dari sesi meditasi akhir. Ketika retret secara resmi berakhir, semua orang memberikan tepuk tangan meriah yang spontan atas retret yang sungguh membahagiakan. Bahkan pelangi yang muncul tepat setelah retret berakhir sepertinya ingin mengatakan, “Terima kasih, Guru, atas segalanya!”

Gambar (sp6-1): Air terjun yang sangat memikat menyambut para rekan inisiasi begitu mereka tiba di retret Kota Tinggi.
Gambar (sp6-2): Waktunya pergi ke aula meditasi!
Gambar (sp6-3): Pelangi nan indah muncul tepat setelah retret berakhir.

 

Laporan dari Formosa

Program Pelatihan Bantuan Bencana dan Keadaan Darurat

[Taipei] Pada tanggal 19 dan 20 Mei 2001, sekitar 85 anggota inisiasi dari Formosa, termasuk para siswa penghubung dan tim kerja, turut serta dalam program tingkat dasar dan menengah Tim Bantuan Medis Bencana dan Pelatihan Sumber Daya Keadaan Darurat, di sekolah kedokteran Universitas Nasional Taiwan.

Dari para peserta program ini, banyak yang berprofesi dibidang pengobatan, sedangkan yang lainnya berasal dari berbagai bidang kehidupan, tapi lebih dari separuhnya adalah rekan inisiasi. Setiap orang turut serta dalam program ini dengan semangat kasih dan kerjasama, berharap bisa memberikan bantuan saat dibutuhkan. Kelompok instruktur yang sangat baik terdiri dari para dokter, perawat, dan siswa serta pakar dari berbagai bidang terkait, yang berspesialisasi dalam bidang keahlian tertentu, berpengalaman di lapangan, dan ingin menyumbangkan waktu serta kemampuannya untuk memberikan pelatihan kepada para peserta.

Program dasar selama dua hari beraneka ragam muatannya, dengan para instruktur yang membuat suasana penuh jenaka, dan latihan kelompok membuat para peserta tetap dalam semangat yang tinggi. Para inisiasi berinisiatif mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menguasai berbagai keahlian yang diajarkan. Dalam program tingkat menengah, ditampilkan sesi rekonstruksi psikologis bagi penderita sindrom stres dan simulasi bencana, dengan penekanan pada teknik latihan dalam situasi kehidupan nyata.

Kebetulan Sekali--SUMA!

Hari pertama program tingkat dasar meliputi latihan dalam Sistem Pengelolaan Perbekalan (Supply Management Systems, disingkat SUMA), yang menimbulkan tawa di antara para inisiasi. Instrukturnya tidak mengerti alasan mereka tertawa tetapi menduga bahwa ini adalah nama dari seorang yang terkenal! Pelajaran berlangsung lancar dengan kasih Guru yang mahaada memberkahi setiap anggota inisiasi.

Peresmian Center Changhua

[Changhua] Selama beberapa tahun terakhir, para rekan sepelatihan di Changhua, Formosa tengah, telah menyewa sebuah tempat untuk meditasi kelompok. Tetapi baru-baru ini, berkat berkah Guru, para rekan sepelatihan Changhua akhirnya mendapatkan sebuah "rumah" bagi mereka sendiri. Pada tanggal 29 April, sebuah perayaan besar diadakan untuk menandai pembukaan Center Changhua yang baru. Kira-kira tujuh ratus rekan sepelatihan dan tamu dari sekitar Formosa turut serta dalam acara perayaan ini.

Sanggar meditasi yang baru ini berada di daerah pedesaan Changhua yang tenang, berukuran kecil namun diimbangi dengan lokasinya yang bagus, dengan tanaman padi menghijau dimana-mana sejauh mata memandang. Seluruh konstruksi dan dekorasi bagian dalamnya dikerjakan oleh para rekan sepelatihan, dimana kerja keras penuh pengabdian mereka tercermin dalam fasilitas yang diselesaikan-sebuah aula meditasi, dapur, tempat bermain anak-anak, dan sebuah taman dengan lapangan rumput nan cantik. Ditambah dengan suasana sekitar daerah pedalaman yang sentosa dan tenang, Center ini sungguh merupakan surga bagi para praktisi rohani.

Perayaan dimulai dengan upacara peresmian yang khidmat, dilanjutkan dengan acara yang menggembirakan seperti menari, menyanyi, dan pagelaran busana, untuk mengungkapkan rasa syukur atas kemurahan Tuhan. Di atas panggung, lagu yang indah, tarian daerah yang eksotis, dan tarian modern yang bergelora yang disukai oleh muda-mudi menunjukkan kegembiraan dan semangat dari para pratisi rohani yang modern ini.

Pojok publikasi yang anggun, area pameran Busana dan Perhiasan Surgawi, serta tempat bermain anak-anak semua menggemakan tawa ceria selama berlangsungnya acara ini sewaktu kerumunan orang memenuhi Sanggar ini dengan suasana hangat dan gembira. Disebelah dapur terdapat kantin, dimana hidangan vegetarian yang lezat disajikan bagi para rekan sepelatihan dan tamu sepanjang hari itu.

Perayaan mencapai puncaknya dengan "Acara Pagelaran Koleksi Busana Musim Semi/Panas Yogi Bahagia 2001" segera setelah makan siang. Meskipun hanya berlangsung selama lima belas menit, pagelaran busana yang alami dan hidup ini yang dipersembahkan oleh para rekan sepelatihan mengangkat semua orang dengan kegembiraan dan roman dari busana Yogi Bahagia. Acara ini dilanjutkan dengan suatu seminar video yang dituntun oleh seorang utusan Quan Yin, yang berbagi ajaran-ajaran Guru dan mengajarkan Metode Kemudahan. Demikianlah, acara peresmian itu berakhir dengan sebuah catatan keberhasilan.

Ketika semua kegiatan hari itu berakhir; Sanggar tersebut kembali ke suasana semula yang tenang khidmat. Tetapi satu hal yang tak akan pernah berhenti adalah berkah Tuhan, yang tak putus-putusnya meresapi Center Changhua yang kecil namun indah itu.

Gambar (sp2-1):Center Changhua dikelilingi oleh tanaman padi menghijau di segala sisinya.
Gambar (sp2-2):Siswa penghubung dan para rekan sepelatihan dari seluruh Formosa bergabung dalam perayaan.
Gambar (sp2-3):Pagelaran busana koleksi Musim Semi/Panas Yogi Bahagia 2001.

Selingan Rohani

Contoh Yang Baik

Oleh rekan inisiasi dari Xinjiang, China Daratan

Suatu kali sekelompok rekan praktisi menyewa sebuah mobil untuk pergi piknik. Saat itu pagi-pagi sekali dan perlu kira-kira dua jam perjalanan di jalan pegunungan untuk mencapai tujuan. Ketika kelompok itu tiba di sana, saudari inisiasi yang lebih tua tanpa bersuara mengeluarkan sebagian makanan pagi yang telah ia siapkan untuk si pengemudi. Si pengemudi sangat terharu dan begitu pula saya. Perhatian dan pertimbangannya mengeksperesikan cinta kasih seorang praktisi spiritual dalam cara yang alami. Saya percaya Guru mengajarkan sebuah pelajaran akan perhatian dan cinta kasih melalui saudari ini. Ini mengingatkan kita semua untuk mengirimkan cinta kasih Tuhan untuk orang yang membutuhkan kapanpun dimungkinkan.

Angsa Yang Mengorbankan Diri Untuk Menyelamatkan Yang Lain

Secara tak sengaja saya temukan sebuah peraturan dilarang memakan daging angsa pada keluarga teman sekolah saya. Setelah pertanyaan yang penuh rasa ingin tahu, saya pelajari bahwa angsa putih besar yang dibesarkan oleh keluarga itu pernah menolong jiwa salah satu dari nenek moyangnya. Saat badai taufan es yang besar, si angsa menjatuhkan sang nenek moyang dengan sayapnya dan menutupinya dengan tubuhnya untuk melindunginya, hanya untuk terbunuh oleh batu-batu es itu sendiri. Sang nenek moyang membuat peraturan dilarang memakan daging angsa ini di keluarga itu untuk menunjukkan rasa terima kasihnya atas tindakan pengorbanan si angsa putih.

 

"Krim Wajah" yang Ajaib

Oleh saudari inisiasi Josiane, Mauritius (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Selama waktu kosong mereka, X dan Y, dua teman sekolah yang merupakan praktisi Metode Kemudahan serta Metode Quan Yin, sering berbagi pikiran mereka tentang kemuliaan dan kekuatan Guru yang luar biasa.

Suatu hari, terjadi percakapan berikut.

X: Hei, tahukah kau apa yang ditanyakan teman kita si-A padaku suatu hari? Ia bertanya apakah aku menggunakan krim wajah karena ia perhatikan bahwa wajahku telah berubah dan terlihat lebih terang.
Y: Lalu apa katamu?

X: Oh, kukatakan padanya bahwa aku tidak menggunakan apapun, tetapi ia tidak percaya.
Y: Tentu saja, ia tidak akan percaya! Harusnya kau katakan padanya bahwa kau menggunakan krim ringan bernama "CM". Dan jika kau cukup puas dengan krim itu, kau juga boleh menggunakan krim lainnya yang bernama "QM". Krim itu terkenal sangat, sangat efektif jika digunakan dengan rajin, dan diproduksi atas lisensi dari Mahaguru Ching Hai yang terkenal di dunia.

X: Wah, aku tidak pernah berpikir tentang hal itu!

Rekan inisiasi Y selalu mendorong X untuk berlatih Metode Kemudahan dengan rajin agar hidupnya lebih lancar. Oleh karena itu, X mengikuti saran tersebut dan berlatih tidak saja rajin tetapi dengan banyak sekali cinta kasih. Setelah beberapa waktu, ia telah menyadari betapa kuatnya Guru, dan tidak dapat mempercayainya sendiri! Ketika ia meminta pertolongan, Guru langsung menanggapi. Hidupnya menjadi lebih lancar dan tenang. Selain si-A, teman-teman lain juga telah memperhatikan banyak perubahan positif pada X. Ia lebih pengertian dan toleran, dan menghadapi masalah dengan lebih tenang. Di rumah, suaminya sangat tidak menyangka akan perubahan positifnya yang tiba-tiba dan bahkan mendorongnya untuk menjalani latihan rohani! Secara umum, ia menerima segalanya sebagai pengaturan Guru.

Guru benar. Beliau selalu mengingatkan kita bahwa bahkan dengan Metode Kemudahan, hidup kita akan lebih baik dan lebih baik jika kita berlatih dengan rajin dan mengikuti instruksiNya dengan ketat.

 


Mutiara Kebijaksanaan

Pandangan yang Agung

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 10 April 1992 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Semakin kita mengembangkan dunia ini, semakin banyak Surga yang akan terjadi. Kita akan menciptakan surga baru. Itu hanyalah seperti ketika kita pergi ke suatu daerah yang sangat gersang tanpa adanya air ataupun pepohonan, dan kita mulai menggali sumur, serta menanam pohon, sayuran dan sebagainya. Kita buat tanah yang sama sekali tak berguna menjadi subur, hijau, tempat yang indah. Kemudian kita ciptakan suatu taman yang baru, suatu kebun yang baru atau suatu tempat hunian yang sebelumnya tak pernah ada di sana. Ia tidak ada sebelum kita datang. Dan dari tempat yang sangat jelek, dengan segala semak belukar dan berduri yang tumbuh disegala tempat, kita buat tempat-tempat hunian, suatu surga kecil.

Itulah cara kita memajukan dunia. Sama halnya, kita akan melakukannya dalam ukuran yang lebih baik atau mulia. Begitu kita maju secara rohani, kita akan maju dalam menolong dunia, dalam memperindah lingkungan dan menolong kaum miskin serta yang membutuhkan. Kita haruslah menolong seluruh dunia, bukan hanya satu bangsa. Dan itu adalah pandangan masa depan kita.

 

Murnikan Dirimu Sendiri, dan Bermanfaat bagi Dunia

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Singapura, 26 September 1994 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Setiap sudut dari bumi mempengaruhi keseluruhan planet. Kalian tahu jelas sekali mengenai hal itu, karena kebakaran yang baru-baru ini terjadi di Indonesia mempengaruhi seluruh Singapura, Malaysia dan negara-negara tetangga. Jadi sebenarnyalah, dari pelajaran yang alami ini, kita bisa katakan bahwa satu orang atau satu tempat di planet ini mempengaruhi bagian lain dari planet kita ini.

Maka dari itu, jika kalian, kalian sendiri-hati kalian, pikiran kalian, perkataan dan perbuatan kalian-adalah murni, betapa bergunanya itu bagi planet ini? Hal ini sangatlah logis, tidak perlu diperdebatkan ataupun dipamerkan.

 

Pola Hidup Vegetarian dan Perlindungan Lingkungan

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Hawaii, Amerika Serikat, 3 September 1994 (Aslinya dalam bahasa Inggris)

Kita menghabiskan bumi ini karena kita memelihara ternak dan hewan. Sebenarnya, ada suatu cara lain yang bisa kita sumbangkan kepada planet kita. Kalian semua tahu akan hal ini; kalian membaca lebih banyak buku dari pada yang saya bisa bayangkan -mengenai pola hidup vegetarian, tentang bagaimana menyelamatkan dunia kita, tentang cinta kasih akan lingkungan dan segala hal apa saja. Dan diet-vegetarian adalah jawaban bagi segala pertanyaan ini. Bumi kita sedang mengalami kehancuran karena kita makan terlalu banyak daging. Sesungguhnyalah kita harus melakukan cara itu. Secara kasar, hampir seperti itu, kalian lebih banyak membaca surat kabar daripada saya; kalian lebih banyak menonton TV daripada yang pernah saya lakukan. Saya tidak nonton TV.

Tapi kalian tahu bahwa setiap menit, setiap tahun, kita menebangi hutan-hutan seluas Inggris hanya untuk beternak hewan. Jadi berapa banyak hutan hujan yang telah dihancurkan. Ini mengubah atmosfir dan hujan. Itu sebabnya planet ini jadi makin panas, dan banyak tempat mempunyai masalah dengan banjir dan kekeringan dalam kurun waktu yang lama, bahkan di Amerika.

Jadi kalau kita ingin menyelamatkan planet ini, jika kita ingin berkotbah tentang pelestarian lingkungan, kita haruslah menjadi vegetarian. Tiada lainnya lagi. Dan hal itu sangat kecil dibandingkan dengan segala vaksinasi serta segala air murni yang digunakan untuk daging dan semacamnya. Kalian tahu lebih baik daripada saya. Saya tidak ingin menceramahi kalian tentang hal yang telah kalian baca di surat kabar atau majalah dan lihat di TV setiap hari. Saya hanya mengingatkan kalian tentang suatu bagian yang kecil darinya. Tetapi dampak-dampak yang merugikan dari diet daging adalah lebih besar dari kehidupan, tidak itu saja-terhadap banyak hal, dan merugikan bag diri kita sendiri.


Cara Untuk Awet Muda

Diucapkan oleh Guru Ching Hai pada Retret 7- hari di Hsihu, Formosa, 5-12 Mei 1991 (Asalnya dalam bahasa Cina)


Dengan berlatih Metoda Kuan Yin, kita mengubah kondisi spiritual, konsep dan kebijaksanaan kita, dan juga organ serta sel tubuh kita, yang menjadi lebih segar dan bersih dari racun. Kalau kita tak punya waktu untuk bermeditasi, perubahan-perubahan ini tidak akan terjadi. Kalau kita sibuk bekerja keras bagi banyak orang, atau sewaktu kita terlalu lelah, perubahan-perubahan ini tidak akan terlihat. Dengan kata lain, setiap kali kita bermeditasi, semua sel kita diperbarui; oleh karenanya, kita katakan “kembali ke masa kanak-kanak”. Kita menjadi lebih muda bukan saja secara mental, tetapi juga secara fisik. Kita merasa lebih sehat, tubuh kita menjadi lebih ringan, dan kulit kita menjadi lebih lembut. Begitu semua bahan beracun dikeluarkan, kita tampak semakin baik setiap hari.
Selain dengan Metode Kuan Yin, saya tidak melihat adanya metode lain yang bisa membawa perubahan begitu cepat dan begitu besar. Seperti kalian ketahui, ada berbagai jenis latihan dan minuman berkhasiat di masyarakat yang dikatakan dapat membuat orang lebih muda. Akan tetapi, hasilnya tidaklah mengesankan; bahkan mereka yang menjual minuman berkhasiat itu sendiripun menjadi lebih tua. (Guru dan semuanya tertawa) Mereka juga tidak kelihatan lebih cantik. Betul? (Ya)



Pujian Bagi May

Dipersembahkan bagi Bunda Jiwa Kita yang Terkasih

Mengembara dalam perjalanan pulang ke Rumah,
Kita adalah sekelompok anak yang bahagia dan diberkati.
SuaraMu yang manis dan lembut
Menenangkan jiwa kami yang cemas dan tak berdaya.
Pancaran belaskasihMu yang hangat
Menerangi kegelapan dalam hidup kami.
Bagaikan air kristal, mataMu
Membersihkan kelelahan dan kesedihan kami.
Disegarkan KasihMu yang Ilahi,
Tirta surgawi selalu menyirami taman di hati kami.
Dengan irigasiMu yang penuh kasih,
Oase muncul di kegersangan kehidupan kami.
Perjalanan panjang kami segera akan berakhir,
Saat kami akan menjatuhkan diri kami ke dalam pelukan hangat Ibu yang abadi.

lampiran (fr2-1)
 

Laporan Gabungan

Pendahuluan:
Untuk merayakan hari pernyataan terima kasih di Hari Ibu, para rekan inisiasi dari seluruh dunia mengirimkan kartu ucapan dan surat kepada Guru kita terkasih. Guru menanggapi ketulusan dan kasih mereka dengan menulis kembali secara pribadi kepada masing-masing mereka. Center setempat juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan perayaan untuk mengungkapkan rasa syukur dan rindu mereka bagi Guru-Bunda kita yang welas-asih.

[Formosa] Retret dua-hari yang biasa diselenggarakan di Hsihu pada bulan Mei jatuh pada Hari Ibu, yang sekaligus merupakan hari lahir dari Guru kita terkasih. Para rekan praktisi dari seluruh Formosa berikut karib dan kerabat mereka berkumpul guna merayakan hari yang penuh arti ini dan mempersembahkan doa terbaik mereka pada Guru-Bunda. Center Hsihu menjadi sungguh indah setelah secara halus dihias oleh para rekan inisiasi. Rangkaian balon, pita, dan bola warna-warni di pohon berayun-ayun diterpa angin.

Acara hiburan retret dimulai pada sore harinya, menampilkan peragaan rancangan busana musim semi dan musim panas mutakhir dari koleksi Yogi Bahagia; pertunjukan piano tunggal, seruling dan kecapi China; tarian masa kini; tarian perbatasan; nyanyi bersama; dan tarian jalanan yang dipersembahkan oleh para inisiasi remaja. Nyanyian bersama dan tunggal dari berbagai lagu asli, ditampilkan oleh rekan inisiasi dari Taipei dan Kaoping, memuja keagungan dari Guru-Bunda yang welas-asih dan memancing cucuran airmata rindu dari banyak rekan inisiasi.

lampiran(fr2-2,3,4,5)

 

[Hong Kong] Di awal bulan Mei,para inisiasi di Hong Kong mulai mempersiapkan hari lahir Guru dan Hari Ibu dengan penuh ketulusan. Kami mengumpulkan tandatangan kelompok di kartu ucapan selamat supaya bisa sampai pada Guru pada waktunya. Pada Hari Ibu, perayaan diselenggarakan di Center Tian Shan, dimana kami telah merancang sejumlah acara lomba yang berkaitan dengan retret. Lomba-lomba tersebut lucu dan menyenangkan, sehingga membawa suasana suka-cita bagi para rekan inisiasi, dan juga mengingatkan kami saat-saat indah ketika kami mengadakan retret dan sesi kelompok meditasi. Suatu paduan suara kecil - Paduan Suara Malaikat Bahagia - yang baru dibentuk oleh rekan inisiasi di Hong Kong, menyajikan banyak lagu-lagu indah diiringi petikan gitar.

Kejutan terbesar adalah saat menerima balasan bertulisan tangan Guru atas kartu ucapan para inisiasi dari Hong Kong. Kata-kata berkahNya yang ramah dan manis membangkitkan kembali kenangan manis di hari-hari yang indah ketika kami bersama-sama dengan Guru di masa lalu.

lampiran(fr2-6-7)

 

[Jepang] Sewaktu bunga anyelir berkembang sepenuhnya untuk menambah keceriaan warna di Hari Ibu di seluruh dunia, para rekan praktisi di Center Tokyo menyelenggarakan perayaan hari jadi dengan judul “Ibunda Bumi Agung”, setelah sesi kelompok meditasi mereka. Mereka memuja kasih nan agung dari Guru dengan nyanyian mereka, yang juga mengungkapkan rasa syukur terdalam mereka pada Guru kita yang welas-asih yang telah secara jasmani memberkahi dunia yang sekuler ini, dalam usaha Beliau mengantarkan para makhluk hidup kembali ke pantai seberang. Para rekan praktisi membawa serta begitu banyak makanan siap-saji untuk berbagi dengan setiap orang, dan semuanya sungguh terpuaskan secara jasmani, pikiran, dan rohani.

 

[Korea] Para rekan inisiasi dari Seoul merayakan hari lahir Guru dengan suatu acara yang menyajikan pembacaan puisi, bernyanyi, seruling tunggal Korea, permainan teka-teki, bercerita dengan gerak irama yang mengundang tepuk tangan meriah. Setelah pertunjukan, setiap orang menyanyikan lagu “Berkah Guru” guna mengungkapkan rasa syukur mereka pada cinta kasih dan berkah Guru. Perayaan ini berakhir ketika seluruh inisiasi berdiri di hadapan foto besar Guru sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dan kemudian memotong kue ulang tahun.

lampiran(fr2-8)

 

[Malaysia and Singapura] Rekan sepelatihan dari Singapura dan kota-kota Malaysia seperti Penang, Ipoh, Kuala Lumpur, dan Serawak baru-baru ini mengadakan retret bersama di suatu tempat rekreasi air terjun di Malaysia untuk berdoa bagi perdamaian dunia dan keharmonisan yang berkesinambungan antara kedua negara bertetangga itu. Retret berakhir pada hari Ibu, yang juga merupakan hari jadi Guru. Wakil praktisi dari kedua negara memotong kue ulang tahun vegetarian untuk merayakan peristiwa itu, dan juga sebagai simbol dari keharmonisan dan semangat kerjasama antara umat manusia. Para rekan inisiasi juga sangat menikmati acara-acara yang menyusul kemudian.

lampiran(fr2-9)

 

[Indonesia] Selama 2 hari liburan hari ibu, Center Jakarta mengadakan serangkaian kegiatan. Hari Sabtu, kami melakukan kunjungan kepada keluarga-keluarga tak mampu, membawakan mereka beras dan makanan vegetarian. Kami juga melakukan kunjungan ke pemukiman kumuh, di mana kami rencanakan membangun toilet umum sederhana untuk meningkatkan kondisi kebersihan setempat.

Pada hari Minggu, perayaan di lakukan di Center. Acaranya meliputi kontes menggambar bagi para inisiasi anak-anak, peragaan tai chi chuan, paduan suara anak-anak, dan kuis interaktif. Acara berakhir dengan pembacaan puisi dan doa tulus hadirin bagi kesehatan dan kebahagian abadi Guru kita tercinta. Puncak acaranya adalah setelah makan siang, waktu sekelompok saudara inisiasi berpartisipasi dalam kontes memasak! Meskipun mereka terbiasa dengan pekerjaan di kantor, mereka juga bisa memasak hidangan khusus, walaupun mungkin rasanya agak kagok, waktu penonton menyoraki mereka. Rangkaian kegiatan berakhir sukses dengan gembira dan tawa ria.

lampiran(fr2-10,11,12)

 

[Florida, A.S.] Sebagai bagian dari acara khusus yang berlangsung di berbagai center di seluruh dunia, para inisiasi dari berbagai kota di Florida dan negara bagian tetangga Georgia dengan gembira berkumpul bersama di suatu tempat di pedesaan Florida tengah yang tenang untuk melakukan retret dua hari dalam rangka merayakan ulang tahun Guru kita terkasih.

Usai retreat, para inisiasi dengan senangnya ikut berpartisipasi dalam acara pertunjukan yang sudah di jadwalkan secara khusus. Kegembiraan berganti dengan momen yang sangat menyentuh hati ketika semua orang menyanyikan lagu Halleluya, sambil diam-diam mendoakan bagi perdamaian dunia dan kesehatan Guru kita. Acara berikutnya yaitu acara pemotongan kue yang sangat menyenangkan, turut mengisi retreat dengan semangat yang tinggi, yang akan senantiasa hidup dalam hati sanubari kami selamanya.

lampiran(fr2-13,14)

 

[[New Jersey, A.S.] Pada tanggal 12-13 Mei, lebih dari 250 rekan inisiasi dari 10 negara bagian bergabung dengan retreat Hari Ibu dua hari di Center New Jersey. Para inisiasi bermeditasi di Aula Meditasi yang baru di hutan untuk menikmati kasih surgawi Master dan penyatuan dengan alam. Pada siang hari pertama, turun hujan lebat yang mengakhiri masalah kekeringan yang melanda daerah New Jersey selama 3 minggu terakhir. Hujan juga memberi kita hawa segar di tengah cuaca panas.

Retreat berakhir pada keesokan sore harinya, dan lalu para rekan praktisi, bersama-sama dengan sanak famili dan teman-temannya, menyampaikan harapan terbaik mereka bagi guru melalui berbagai acara hiburan. Seusai pertunjukan, suatu pesta kebun yang dilengkapi dengan makanan vegetarian lezat, yang sudah ditunggu-tunggu, akhirnya di mulai. Segenap peserta inisiasi berterima kasih pada Guru karena mengingatkan kami akan kebijaksanaan batin melalui retreat, dan membuat kita turut berbagi kegembiraan atas perkembangan spiritual dengan antar sesama anggota keluarga Kuan Yin lainnya.

lampiran(fr2-15,16,17)

 

Surat dari Center Jenewa (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Guru tercinta,

Kami mengucapkan selamat ulang tahun dan Hari Ibu dan banyak lagi yang lainnya!

Agak ganjil rasanya tidak bersama dengan Guru di retret internasional untuk merayakan ulang tahunMu, sebagaimana dulu seringkali kita rayakan (dan sesungguhnyalah, kebanyakan dari kami berharap hingga saat terakhir bahwa akan ada suatu retret!)

Tapi kami juga mengerti bahwa setelah begitu banyak tur ceramah dan retret di tahun 1999 dan 2000 Guru merasa perlu beristirahat, dan juga bahwa Guru ingin kami menjadi lebih mandiri dan bukan hanya hidup dari satu retret ke retret berikutnya (meskipun itu benar-benar menyenangkan!)

Kami berusaha untuk tumbuh, supaya lebih berguna bagi Guru, tapi mohon bersabar dan terus membantu kami untuk maju.

Meski sudah lama sekali sejak terakhir kali kami bertemu Guru, Guru bersama kami sepanjang waktu, Guru berada di hati kami dan kami sering merasa Guru berada amat dekat. Itu adalah perasaan yang sangat indah.

Terima kasih atas pertolongan yang begitu banyak pada kami, karena telah menjaga kami semua, karena selalu ada sepanjang waktu bagi kami semua. Terima kasih atas kedatangan Guru ke planet ini untuk menunjukkan kami jalan pulang ke Rumah.

Terima kasih atas segala pengertianMu, atas belas-kasihMu dan atas seluruh cinta-kasihMu!

Selamat ulang tahun, Saudari tercinta!

 

Salam kasih dari kami semua,

Center Jenewa

Kembali ke Daftar Isi


Sajak

 

Karena Kasih ...

Oleh saudara inisiasi Low Chip Khoon, Singapura
(Aslinya dalam bahasa Inggris dan Cina)

Karena Kasih,
Orang yang mengasingkan diri
Muncul ke dunia ...

Karena Kasih,
Orang yang paling pemalu,
Tampil bicara di depan umum.

Karena Kasih,
Wanita yang baik-hati dan lembut
Berpura-pura gusar.

Karena Kasih,
Sang Bunda Rohani,
Menyibukkan diri dengan urusan duniawi.

Karena Kasih,
Sang Penenun Mimpi
Mencipta busana dan perhiasan surgawi.

Karena Kasih,
Sang Penggubah Lagu
Menyanyi dan menari bersama anak-anak.

Karena Kasih,
Sang Penyair Besar
Berbagi perasaan dan syair mulia.

Karena Kasih,
Yang Maha Agung
Membagi hadiah bagi para korban
dan yang sabar ...

Sang Guru dari Para Bijak
Melakonkan berbagai peran
Dalam alam Duniawi ....

Karena Tujuan yang Indah:
Untuk membawa anak-anakNya
Ke Kerajaan di dalam .....


 


Guru Menceritakan Lelucon

Salah Paham

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Kamboja, 19 Juli 1996 (Asalnya dalam bahasa China)

Seorang karyawan berkata pada majikannya: “Bos, aku jatuh cinta dengan anak gadis anda dan ingin menikahinya. Mohon perkenan anda?” Sang majikan menjawab, “Tapi sudahkah kau temui isteriku dan bicara dengannya?” Karyawan itu menjawab, “Ya, sudah! Tapi aku lebih suka kepada anak gadis anda.”

 

Cinta Tapi Lupa

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Florida, Amerika Serika, 4 Oktober 1999 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Bernard diundang ke rumah temannya Ruben untuk makan malam. Ruben, sang tuan rumah mengatur segala persiapan dan meminta isterinya menyiapkan makan malam dan membuat Bernard merasa seperti di rumah sendiri. Namun dia selalu menggunakan istilah yang manis seperti jantung hati, buah manis, kue madu, embun madu, mawar pagi, dan kue labu guna memanggil isterinya kapanpun dia meminta sesuatu atau berbicara dengannya.

Bernard sungguh merasa terkesan. Dia berkata: “Ya, Tuhan, kau sungguh sangat manis. Setelah sekian tahun menikah, kau masih memanggilnya dengan nama-nama yang manis ini. Perkawinan kalian pastilah sangat bahagia. Aku sungguh merasa gembira.” Ruben berkata, “Ssttt..., jangan bicara keras-keras. Aku mulai lupa namanya sejak tiga tahun yang lalu.”

 

Jadi Lebih Berat

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Florida, Amerika Serikat, 4 Oktober 1999 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Seorang pegawai baru dikirim ke kantor pos oleh majikannya untuk mengirimkan sebuah amplop besar. Ketika sampai di loket, wanita di balik loketnya meletakkan amplop di atas timbangan, menimbangnya dan berkata, “Ini terlalu berat. Perangko Anda kurang di amplop ini. Anda perlu perangko lebih banyak.

Pegawai itu marah dan memakinya: “Bodoh kau, bukankah itu akan membuatnya tambah berat?

 

Silakan mengunjungi situs jaringan berikut guna menikmati versi video asal lelucon tersebut dan anda bisa berbagi riangnya lelucon Guru dengan orang-orang di sekitar anda juga.

http://www.Godsdirectcontact.org/video/joke/123 
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/light_sound/jokes/123   

 


Guru Berucap

Perihal Perlindungan Lingkungan -- 

Menyelamatkan Bumi dengan Melindungi Lingkungan

Pada abad yang baru lalu, peradaban manusia mengalami kemajuan pesat teknologi dan industri. Walau kemajuan ini membawakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta kemudahan bagi kehidupan kita, biayanya atas Bumi ini cukup mahal. Lingkungan alam yang indah hancur oleh polusi, dan sumberdaya terbatas planet kita hampir habis oleh eksploitasi manusia yang tak terkendali. Guru pernah berkata kepada kita, "Bumi ini sungguh cantik! Saya tak mau ia binasa begitu cepat. Manusia di dunia ini mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke bulan, tetapi mereka mengeluarkan sedikit sekali bagi perawatan Bumi ini. Ini tidak betul!"

Meskipun kita hanyalah pengunjung di planet ini, kita harus memikirkan generasi-generasi mendatang dan semua makhluk lainnya yang hidup di sini. Setiap orang berkewajiban mencintai dan memelihara Bumi yang indah ini. Di samping mendorong kita untuk berlatih dengan tekun dan melindungi Bumi, sejak tahun-tahun awal khotbahNya, Guru secara konsisten mengajar rekan-rekan praktisi cara menghemat enerji dan melestarikan lingkungan alam dalam kehidupan sehari-hari. Atas terjadinya perubahan ekologi dan iklim yang drastis di masa sekarang, Guru juga telah memperingatkan umat manusia dan menawarkan solusi praktis bagi persoalan-persoalan serius ini, yaitu pola hidup vegetarian dan reforestasi. (Silakan simak kembali ceramah Guru tahun 1994 di Jepang: “Cara Menyelamatkan Dunia dari Hari Kiamat”, bisa dilihat pada Majalah Berita No.38.) Pengetahuan dan konsep umum demikian boleh jadi bukan teori yang muluk-muluk, tetapi pastilah tepat guna dan efektif. Melalui ucapan dan tindakan Guru, kita saksikan dan pelajari suatu naskah suci yang amat sangat hidup dengan kebijaksanaan seorang Guru Tercerahkan.

 

Menghargai Sumberdaya Bumi yang Bernilai

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai di Center Shatin, Hong Kong,
11 September 1993 (Asalnya dalam bahasa Cina)

Planet kita menderita karena penghancuran besar-besaran di zaman ini, ketika pepohonan ditebang dan hutan-hutan pegunungan dimusnahkan tanpa pandang bulu. Banyak tempat-tempat indah rusak dan merosot jadi padang pasir. Padang-padang pasir baru bermunculan setiap tahun. Lihatlah statistiknya dan anda akan tahu. Akibat selanjutnya, iklim Bumi berubah secara drastis. Iklim menjadi aneh oleh adanya banyak angin topan dan gempa, serta perubahan suhu yang tajam. Suhu termometer meninggi di lokasi-lokasi yang lazimnya beriklim dingin dan menurun dahsyat di tempat-tempat beriklim hangat. Tubuh kita hampir tak kuasa menyesuaikan diri terhadap perubahan ini. Contohnya, kita boleh jadi terbiasa hidup di Hong Kong, yang cuacanya berubah sejuk pada bulan September dan Oktober, dan menjadi sangat dingin pada bulan November dan Desember. Tubuh kita sudah terbiasa oleh variasi tahunan ini, dan suatu perubahan mendadak membawa ketidaknyamanan jasmani. Kita bisa jadi sakit dan mendapat banyak gangguan.

 

Merawat Alam

Manusia memiliki daya penghancur yang amat besar. Mereka kurang peduli terhadap masyarakat atau masa datang, dan hanya memperhatikan keuntungan segera bagi diri sendiri. Oleh karena itu, cukup banyak sumberdaya Bumi musnah, yang pada gilirannya mempengaruhi ekonomi dunia. Apabila hujan deras tumpah ruah di tempat yang tidak diupayakan perlindungan bagi tanah dan airnya, tak akan ada pepohonan yang bisa menyerap hujan agar merembes ke tanah, dan air hujan itu nantinya dilepas perlahan bagaikan sungai. Akibatnya adalah bahaya banjir. Kalau terjadi banjir, banyak rumah hancur, tanaman terendam air, dan ekonomi global menderita. Banjir-banjir yang belakangan ini di Amerika Serikat telah menimbulkan kerugian milyaran dolar, dan Amerika Serikat masih belum pulih sama sekali dari malapetaka ini. Semua ini disebabkan oleh penghancuran lingkungan oleh umat manusia.

Kalau saja setiap kelompok, unit, dan individu bisa bersikap sebagaimana kelompok kita dan dengan kasih sayang merawat Alam seperti yang saya ajarkan, maka dunia kita akan berbeda. Kita mungkin berpikir bahwa hanya negara-negara komunis atau ekstrimis saja yang melakukan perang yang menghancurkan planet kita dan membahayakan kehidupan manusia. Tetapi kenyataannya, mereka bukanlah satu-satunya; bahkan kelompok-kelompok kecil, unit-unit kecil, atau perorangan sekalipun bisa merusak Bumi ini. Mereka melakukannya sedikit demi sedikit setiap hari. Ini merupakan penghancuran kronis. Perang menyebabkan kerusakan satu kali, dan dampaknya lenyap dalam beberapa dekade. Manakala orang menyadari bahwa perang tidak membawa manfaat, mereka mengadakan genjatan senjata dan memulai upaya pembangunan serta pemugaran kembali. Namun, penghancuran kronis yang berlangsung setiap hari di seluruh dunia sulit dipugar. Ia menyebabkan kerusakan dan menciptakan risiko yang tidak kurang dari akibat perang.

Saya tidak mengajari anda hal-hal ini untuk mendapat uang. Sebagai contoh, kadang-kadang saya mengajar anda bagaimana memetik buah, memelihara pohon, dan menyemprot pohon yang tidak sehat. Pohon terkadang sakit. Ulat tumbuh di dalam dan menggerogotinya, membuat pohon tumbang. Oleh karenanya, anda harus merawat pohon-pohon itu ketika anda punya waktu. Mereka yang tahu caranya hendaklah mengajarkan kepada yang tidak tahu. Kerjalah bersama-sama. Setiap dari anda bisa memelihara beberapa pohon. Dan ketika berbuah, kita bisa memetiknya.

 

Implikasi Kegiatan Spiritual

Setiap tindakan seorang praktisi spiritual membawa makna simbolis. Ketika kita bertindak dengan niat melestarikan, kekuatan kasih sayang ini akan menyebar dari penjuru dunia kita ke seluruh planet. Bumi akan terlestarikan, tanaman akan terlindungi, ekonomi global akan berkelanjutan, dan setiap orang akan punya makanan untuk disantap. Dunia akan punya sumberdaya memadai dan cukup makanan bagi semua orang. Kita tidak melakukan ini untuk menghemat banyak uang; dalam kenyataannya hanya sedikit yang dapat dihemat dengan cara ini. Ini hanyalah tindakan simbolis. Memiliki semangat untuk melestarikan dan hati untuk menyumbang menunjukkan kekuatan perlindungan dan positif yang ingin kita bagi bersama dunia. Jika kekuatan perlindungan ini meliputi segenap penjuru bumi, dunia akan menjadi jauh lebih aman.

Bila setiap orang terlibat dalam perusakan dan tidak satu pun mengusahakan pelestarian, tentu saja kekuatan positif akan berkurang hingga tiada daya lindung tersisa dan hanya tenaga penghancur yang negatiflah yang berjaya. Oleh sebab itu, kita harus mencoba memelihara keseimbangan. Boleh jadi jumlah kita sedikit, tetapi kekuatan kita besar. Kita para praktisi spiritual bisa memusatkan perhatian sedemikian rupa hingga walaupun kita hanya bekerja sedikit saja, hasilnya relatif lebih bermakna dan dampaknya lebih besar daripada upaya kita. Itu sebabnya, jangan berkata, “Wah, hanya tanah seluas beberapa hektar. Berapa besar sih manfaat yang bisa kita berikan bagi dunia? Mengapa Guru harus repot begitu?” Bilamana setiap orang berbuat sedikit, upaya gabungannya menjadi luar biasa besar. Di dunia luar, setiap orang menyebabkan sedikit kerusakan. Semua tindakan harus dimulai dari orang perorang. Oleh karenanya, bila anda melakukan tindakan positif, camkanlah bahwa anda berbuat begitu untuk suatu tujuan simbolis.

Ketika kita melakukan hal itu, daya lindung kita mampu mengimbangi kekuatan penghancur yang ada di dunia. Meskipun kita tak bisa membayar perbuatan masa lalu seluruhnya, setidaknya kita bisa mencoba memelihara keseimbangan. Kalau tidak, jika setiap orang merusak dan tak seorang pun bertekad melindungi, dunia akan menjadi padang pasir cepat atau lambat. Sekarang semakin sedikit saja tanah berhutan; hal serupa terjadi di sekitar kita di sini. Pegunungan di sekeliling gundul seperti kepala biksu. Oleh sebab itu, kita sedikitnya harus mengimbangi secara simbolis. Jika kita tidak melestarikan hutan-hutan di sini, tempat ini akan menjadi gersang. Apakah itu akan kelihatan bagus? Untung kita masih punya daerah-daerah hutan yang hijau dan kaya di sini. Di musim panas, anda bisa duduk di bawah pohon untuk membaca, meditasi, menyejukkan diri, berbincang, beristirahat, atau berbaring di ayunan. Kalau kita tidak memelihara tempat ini, pepohonan akan sakit, layu, dan akhirnya mati. Seluruh tempat menjadi gundul seperti pegunungan disana. Bagaimana perasaan anda nantinya? Bukankah keadaan itu jauh lebih jelek daripada sekarang?

 

Membahayakan Bumi maupun Umat Manusia

Jika lingkungan alam rusak sedikit dan manusia menambahnya tanpa seorangpun mempedulikan Alam, planet Bumi kita pada suatu hari akan seperti Mars. Tahukah anda tentang Mars? Mengapa ia disebut Mars (sebutan bahasa Cina untuk Mars adalah “Planet Api”)? Itu karena di sana cuma ada api dan planetnya merah. Tiada kehidupan disana, setidaknya di permukaannya. Walaupun, saya “dengar” ada kehidupan di bawah tanah. Semua ini karena planet tersebut menderita perusakan besar-besaran di masa silam, dan ada peperangan dengan makhluk-makhluk lain. Meskipun mereka berperang hanya karena tak ada pilihan lain, karmanya tetap tinggal. Mereka saling bunuh dengan bom kimia, yang membuat planet itu gersang. Selain itu manusia tak bisa hidup di situ karena kadar racun di atmosfir sekeliling masih tinggi. Atmosfir tak-beracun dari planet Bumi kita mengandung oksigen; karenanya, kita bisa hidup. Tetapi oksigen kita mungkin tidak murni, sehingga kita tak bisa hidup lama dan daya hidup kita lemah; kita tak bisa menikmati kehidupan yang lama. Di Mars, atau planet lain yang lebih berbahaya atau sudah aus, kondisi atmosfirnya bahkan jauh lebih buruk. Diselimuti hanya oleh gas beracun dan tanpa oksigen, tidak memungkinkan adanya kehidupan yang bisa bertahan.

Kini, manusia di Bumi memiliki kekuatan penghancur yang amat besar dan telah menciptakan banyak sekali gas beracun. Hanya demi uang, orang tidak memikirkan masa depan, atau orang-orang di sekeliling mereka, bahkan tidak juga anak-anak mereka atau generasi mendatang. Itu sebabnya, udara di Bumi ini semakin beracun, dan orang menderita lebih banyak penyakit. Sangatlah sulit untuk menyembuhkan penyakit-penyakit mereka, sebab daya tahan mereka semakin lemah.

 

Memuliakan Karunia Tuhan

Pepohonan menghasilkan oksigen untuk memelihara keseimbangan dalam udara di lingkungan kita. Tanpa mereka, Bumi hanyalah punya banjir dan api; panas dan kering bagaikan padang pasir; atmosfir menjadi tidak seimbang. Keseimbangan terjadi karena pepohonan menyerap gas karbondioksida untuk peredaran dan transformasi, serta mengeluarkan oksigen yang bermanfaat bagi tubuh kita. Jika kita sering melihat tumbuhan hijau, mata kita terasa santai, kita merasa enak, dan tubuh kita merasa nyaman. Itu sebabnya, pepohonan penting artinya bagi umat manusia. Bilamana kita mempedulikan mereka, kita juga memelihara diri kita sendiri. Ini tak ada hubungannya dengan uang.

Ini adalah pelestarian Alam secara simbolis. Kita tidak memuja Alam; kita melestarikannya. Kadang-kadang, kita harus memotong pohon untuk tujuan yang lebih baik atau untuk kebutuhan dasar. Tetapi bila kita tidak punya alasan untuk melakukannya, kita haruslah melestarikan mereka semua. Ini adalah tindakan simbolis. Kita tidak melakukannya demi uang, juga bukan karena saya cerewet dan menyusahkan kalian. Mungkin kalian pikir hal itu tak berguna, karena kalian bisa membeli banyak dengan beberapa dolar, tetapi maknanya berbeda. Semua orang mau membeli, tapi tak seorangpun mau menanam. Karena Tuhan telah mengaruniai kita Alam yang agung, kita harus memeliharanya untuk memperlihatkan bahwa kita memuliakan pemberianNya. Dan Ia akan memberi kita lebih banyak. Sebagai contoh, orangtua memberi uang kepada anaknya, dan anaknya mengelola dan menjalankan suatu usaha dengan baik. Begitu bisnisnya maju dan berkembang, orangtuanya semakin percaya dan dengan senang hati memberinya lebih banyak kekayaan. Dengan begitu, ia akan lebih makmur lagi. Sebaliknya, jika si anak menyia-nyiakan, memboroskan, atau menghilangkan uang, akankah orangtuanya memberi lebih banyak? Tentu saja tidak! Ini sangat sederhana dan logis.

Oleh sebab itu, bilamana kita memiliki sesuatu yang kita anggap baik, kita harus menghargainya, merawatnya, dan membuatnya lebih baik. Karena kita para praktisi spiritual memiliki kekuatan besar, kita menciptakan suatu dampak luar biasa yang lebih besar daripada hal serupa yang dikerjakan oleh yang bukan praktisi. Sebabnya karena kita mengerjakan dengan kasih sayang dan perhatian terpusat, yang sangat berlainan dengan cara orang luar melakukannya – tanpa perhatian atau demi uang. Dengan demikian kita memiliki kekuatan mempengaruhi lebih besar, yang membawa manfaat lebih besar bagi dunia. Oleh karenanya, ingatlah kekuatan anda sendiri, ketika anda melakukan apapun. Kalau tidak, para praktisi spiritual tidak berbeda dengan para non-praktisi. Lalu, mengapa anda harus berlatih spiritual dan melakukan begitu banyak upaya? Apakah anda merasa menjadi lebih baik bilamana anda pergi ke meditasi kelompok? Jika anda betul-betul tulus, anda akan merasa bertambah baik, dan anda akan mendapat kemajuan.

 

Hal-hal yang Berkaitan:

Perihal Perlindungan Lingkungan -- 

Berhemat untuk Mencegah Kekurangan

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 
September 1991 (asalnya dalam bahasa Cina)

Saya selalu mempertimbangkan keadaan ekonomi dan lingkungan dari setiap negara yang saya kunjungi. Saya tidak mengabaikan hal-hal ini hanya karena saya kaya. Tentu saja, saya punya cukup uang untuk memasang ratusan pemanas ruangan dan AC (penyejuk udara), tetapi rumah saya tidak memiliki AC. Waktu kami membangun gubuk dari kayu tua di Hsihu, salah satu murid terus saja membujuk saya untuk memasang AC, tapi saya menolaknya. Saya tidak menginginkannya karena rumah lainnya juga tidak memiliki AC. Panas sedikit saja tidak akan membunuh kita; adalah hawa dingin yang mematikan. Kedinginan menghabiskan enerji kita dan membuat kita menggigil sepanjang waktu. Akibatnya kita tak bisa berkonsentrasi pada pekerjaan kita, dan itulah bedanya. Sesekali saya menyalakan pemanas ruangan sebentar ketika keadaan tubuh saya memerlukannya. Misalnya ketika udara dingin di malam hari, saya nyalakan sebentar, lalu saya matikan lagi; saya tidak menyalakannya sepanjang hari. Disamping itu, saya selalu memilih yang mengkonsumsi listrik paling sedikit. Mereka membelikan beberapa pemanas ruang berdaya 400 watt untuk saya, tapi saya tak berani menggunakannya karena saya kira itu tidaklah perlu. Bagi saya sendiri, 300 watt sudah lebih dari cukup, dan saya menggunakannya hanya karena tidak menemukan pemanas ruangan yang berdaya listrik lebih rendah. Setiap kali mereka membeli peralatan listrik, saya selalu memeriksa pemakaian dayanya terlebih dahulu. Saat itulah saya menjadi ahli listrik. Setiap kali kami membeli peralatan listrik, saya selalu memeriksa lebih dulu daya listrik yang dibutuhkannya.

Hari ini, mereka membawakan saya tiga buah pemanas ruangan dari luar-negeri, dan yang pertama sekali saya periksa adalah kebutuhan daya listriknya. Seorang murid setempat memastikan bahwa kebutuhan daya listriknya tidak terlalu tinggi, namun saya berkeras: “Pasti daya listrik yang dibutuhkan akan tinggi!. Saya tahu bahwa peralatan listrik yang dibuat di negara itu membutuhkan daya listrik besar.” Memang saya benar. Peralatan itu semuanya berdaya 1.500 dan 1.000 watt. Saya katakan, “Kembalikan semuanya; saya tidak akan menggunakannya.” Saya bahkan tidak berani menggunakan yang berdaya listrik 400 watt, jangan kata yang 1.000 watt atau lebih. Saya dapat membuat api dengan kayu. Pengecualiannya hanyalah bila hawa terlampau dingin di malam hari, atau bila saya jatuh sakit. Tubuh saya tidak sanggup menahan hawa dingin, dan guna menjaga tubuh ini agar dapat melayani semua orang, saya harus menggunakan pemanas ruangan sejenak. Diluar itu, saya jarang menggunakannya.

Apapun yang saya ajarkan kepada kalian, saya benar-benar mempraktekkannya sendiri. Kurangilah penggunaan tenaga listrik, jika tidak maka kondisi seperti sekarang ini tidak akan berlangsung lama. Yang pertama menderita adalah kita sendiri. Jangan gunakan itu secara berlebihan dan berpikir bahwa hal itu baik untuk kita; itu tidak boleh terjadi! Di Au Lac ada pepatah yang mengatakan, “Makanlah sedikit saja, dan kamu akan mempunyai cukup makanan untuk waktu yang lama.” Nenek saya mengajari saya hal ini, yang artinya bila kita memakan habis semua makanan hari ini, maka tidak akan ada makanan untuk hari esok. Alasan saya mengatakan hal ini bukanlah karena uang. Kita mampu membayar tagihan rekening listrik hari ini, namun begitu berlakulah secara wajar dalam pemakaian listrik.

 

Menempuh Hidup yang Hemat

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, Hsihu, Formosa,
24 Desember 1991 (Asalnya dalam bahasa Cina)

Waktu memasak, anda menggunakan terlampau banyak jahe. Ini bukan hanya pemborosan, juga menjadikan makanan kurang enak. Bukan hanya uang yang anda boroskan, melainkan juga banyak hal lainnya. Tanah dimana jahe ditanam, tidak dapat ditanami tanaman lain selama beberapa tahun. Saya dengar hal ini disebabkan karena tanah menjadi tidak subur (kurus). Jika menanam wortel disitu maka hasilnya adalah wortel yang kurus. (Guru dan lainnya tertawa) (Seorang teman sepelatihan berkata: Tak ada tanaman lain yang bisa tumbuh selama 6 tahun) Wah! Setelah menanam jahe, tanahnya tak bisa ditanami selama 6 tahun. Bisakah anda bayangkan? Karena itu, sangatlah boros; ini bukannya soal uang saja.

Jika setiap orang dari kita bisa melakukan sesuatu hal dengan pertimbangan dan hemat, maka bukan hanya kita saja yang diuntungkan. Seluruh negara dan bahkan alam semesta juga diuntungkan. Oleh sebab itu, kita seharusnya tidak berlaku boros hanya karena kita memiliki uang. Tidak! Segala benda di dunia ini untuk digunakan bersama oleh dunia. Karena orang tidak berpikir dengan pertimbangan, tapi sebaliknya berlaku boros, maka ada orang yang menderita kelaparan di dunia ini. Beberapa negara berkembang menjual bahan makanan mereka ke negara-negara maju dengan harga murah, dan kemudian kekurangan pangan di dalam negeri menyebabkan kelaparan di antara penduduknya. Oleh sebab itu, ketika sebagian orang berlaku boros, sebagian lainnya akan menderita kekurangan.

Jahe yang kita gunakan untuk memasak, di negara lainnya digunakan sebagai jamu. Meminumnya sedikit atau menggunakan sedikit untuk sop jahe akan menghangatkan tubuh kita sepanjang hari. Tetapi disini, kita memasak sewajan penuh jahe bagi beberapa ribu orang. Anda tahu seberapa besarnya wajan kita itu bukan? Tuhan tahu berapa banyak jahe yang anda masak! Butuh waktu lama untuk menumbuhkan jahe tersebut! Jahe kebanyakan ditanam di daerah pegunungan. Petani harus membawa pupuk ke bukit, dan menanam jahe berderet di lereng; merupakan tugas yang sangat berat dan sulit.

Semakin banyak kita memboroskan, semakin berat karma kita, karena orang harus bekerja sangat keras untuk menanamnya, dengan keringat dan air mata! Jika kita memboroskan terlalu banyak, yang melebihi pahala berkah kita, kita harus membayar sejumlah yang telah diboroskan itu, untuk karma orang lain, jerih payah dan rasa sakitnya. Ketika terkadang kalian menyantap makanan yang telah melewati proses pengolahan yang panjang, atau sangat rumit, kalian tidak akan merasa nyaman dalam bermeditasi pada hari itu. Tak perlu menunggu hingga kalian melanggar pantangan ataupun makan daging. Hanya dengan menyantap makanan yang diproses secara berlebihan, atau makanan yang memerlukan banyak kerja penyiapannya, kita juga akan terganggu. Sebab orang sangat lelah bekerja, hawa keengganan mereka akan masuk kedalam makanan.

Sejak jaman dulu, guru-guru spiritual telah menasehati kita untuk hidup sesederhana mungkin. Sudah barang tentu saya tidak akan menyuruh kalian hanya makan beras merah dengan garam setiap hari. (Guru dan semuanya ketawa). Apa yang saya maksudkan, dalam segala aspek, kita haruslah berlaku sehemat dan sesederhana mungkin. Ini baik bagi kita semua, bagi negara kita, dan bagi seluruh dunia.

 

Hargai dan Lindungi Bunda Alam

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai, NJ, AS,
24 Juni 1992 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Ketika anda memarkir kendaraan, usahakan tidak menabrak pohon! Dan jangan menebangnya hanya karena tidak memungkinkan kendaraan anda parkir disitu. Carilah tempat lainnya. Pepohonan ada disana untuk keindahan dan perlindungan. Mereka berguna untuk mobil anda. Ketika musim panas, pepohonan mengurangi teriknya matahari, ketika banyak salju turun, mereka menahan, menyebarkan dan mencegahnya turun menjatuhi mobil anda. Pepohonan itu sangatlah baik. Juga angin serta lainnya, baik untuk mobil anda dan bagi anda sendiri pula. Janganlah mencoba untuk memotong habis semuanya, atau engkau akan merusak hutan. Kita harus melestarikannya, dan sekaligus memanfaatkannya. Itulah sebabnya saya kira ini adalah tempat parkir yang terbaik. Kelak bila diperlukan, kita bisa menabur kerikil diatasnya. Tetapi bila tanahnya sudah cukup keras, dan tidak menimbulkan masalah, maka sebaiknyalah kita biarkan seperti apa adanya. Sebab jika tidak, akan terlihat sangat jelek, berselang-seling dan berbeda sekali.

Juga ketika kalian mendirikan tenda, jangan menyingkirkan dedaunan kering. Dedaunan kering itu akan melindungi tenda kalian dari kelembaban tanah, selain itu dedaunan kering membuat didalam tenda terasa empuk seperti karpet. Maka daun kering tersebut sangat baik untuk kalian. Ketika tenda kalian diangkat, tanah tidak dibiarkan telanjang sehingga membuat air hujan tidak dapat mengikisnya. Jika pengikisan tanah itu terjadi, kita tidak mempunyai pegunungan lagi.

Jadi biarkan dedaunan kering itu; mereka bersih. Daun-daun itu sangat bersih, lembut dan cantik. Untuk kaki anda, mereka sangat lunak, seperti karpet. Saya melihat di beberapa tempat dimana kalian berkemah ternyata tempat itu telah kalian bersihkan dari daun-daun kering. Ini adalah hal yang kurang cerdik! Kita harus berusaha menikmati alam dan melestarikannya. Mereka selalu baik untuk kita.

Itulah sebabnya saya tidak mengijinkan orang untuk menebangi pohon jika tidak diperlukan. Iklim di bumi telah berubah, dibeberapa tempat perubahannya sangatlah drastis, karena orang menebang pohon terlampau banyak, dan mereka tidak dapat menumbuhkannya secepat itu untuk menggantikan yang telah ditebang. Iklim serta cuaca telah berubah, air hujan tersapu keluar bukannya disimpan dalam tanah. Pepohonan akan mengundang hujan, juga menyimpannya; air hujan akan mengalir perlahan ke kaki gunung, melestarikan pegunungan. Aliran perlahan air hujan ini juga akan melestarikan sungai-sungai kecil, sungai besar dan semua didalamnya. Jika kita memotong habis pepohonan, kita segera akan kekurangan air. Iklim akan berubah secara drastis sehingga kita sendiripun tidak akan kuat bertahan.

Itulah sebabnya ada banyak tempat dan negara yang kekurangan air. Kadang-kadang hal ini disebabkan karena mereka memotong pepohonan secara acak, tidak memperhitungkan akan jadi seperti apa nantinya. Oleh karena anak-anak kita harus tetap hidup; mereka tetap akan tinggal disana setelah kita meninggal. Setelah saya meninggal, center ini akan tetap disini, dan anak-anak kalian akan datang. Jadi jelaslah bahwa kita menggunakan tempat-tempat ini bukan untuk sehari-dua saja; kalian harus merawatnya untuk masa depan. Janganlah menganggap saya terlalu keras atau melarang kalian melakukan itu, ini, ataupun hal lainnya. Itu semua untuk kebaikan kalian. Kita harus melestarikan segala sesuatu yang kita nikmati. Kita harus berpikir jauh kedepan bagi masa mendatang, tidak hanya berkata: ”Oh, saya dapat menggunakannya hari ini atau besok. Saya tidak perduli,” dan merusak segala sesuatunya. Begitulah orang merusakkan banyak tempat-tempat indah, menebang begitu banyak pohon dan membunuh banyak hewan.

Hewan-hewan ada disana untuk suatu alasan. Mereka juga penduduk bumi; kita tidak punya hak untuk membunuh mereka. Saya pernah mendengar beberapa orang mengatakan bahwa dalam penelitian mereka ternyata hewan kadang-kadang dapat menyembuhkan sakit seseorang, mungkin karena rasa kasih sayang hewan-hewan tersebut. Itulah sebabnya banyak orang suka memelihara anjing dan kucing, meskipun dibarengi ketidak-nyamanan dan kemelekatan yang ditimbulkan hewan peliharaan pada orang-orang tersebut. Tetapi karena mereka sangat sayang, dan bahkan mungkin sangat menenangkan, orang-orang merasa baik-baik saja, dan tetap memeliharanya.

Sama halnya dengan pohon, air, dan hutan-mereka juga menyembuhkan. Tidakkah kalian merasa lebih baik ketika berjalan-jalan sebentar dihutan? Mata kalian akan merasa lebih nyaman. Dan paru-paru kalian terasa enak, kulit kalian terasa lebih halus, dan perasaan kalian lebih tenang. Itu semua karena alam: Pepohonan dan udara yang mereka hirup memberi kita oksigen.

Karenanya, sangatlah perlu menjaga alam seutuhnya sebanyak yang bisa kita lakukan. Bila kita memanggil seorang ahli, misalnya untuk membuat lapangan parkir disini, saya kira semua pepohonan ini akan lenyap, yang tersisa hanya semen sesudahnya. Tetapi saya kira tidak perlu melakukan hal itu! Kita memiliki sebidang tanah yang luas, dan kita bisa mengusahakan untuk parkir diantara pepohonan. Sebab jika kalian parkir diantara pohon-pohon, maka kalian tidak begitu merasakan ingin segera berjalan pergi. Bila berjumpa seorang teman, engkau dapat berdiri dibawah teduhnya pohon disamping mobil dan berbincang dengannya. Ini akan lebih baik daripada berdiri diatas lantai beton yang sangat panas. Sehingga ketika berbincang-bincang, kalian berdua akan ‘berasap’ (Guru dan semua orang tertawa). Hal ini akan memberi perasaan yang kurang nyaman bagi semuanya, jika berdiri diatas lantai beton.

Jadi saya kira saya suka melestarikan pepohonan, bukannya bagi saya tetapi bagi semua orang, untuk Amerika, untuk dunia. Kemanapun kita pergi, kita harus berusaha melindungi alam. Terutama sekarang kita telah dikenal sebagai praktisi spiritual, kita harus membuktikan bahwa kita sangat peka akan masalah lingkungan dan kebutuhan orang-orang lain.

Saya tidak percaya ada orang yang memarkir mobilnya dan lalu harus menebang pohon hanya karena pohon tersebut berada dihadapan mobilnya! Dia harusnya parkir di tempat lain. Bagaimana bisa orang melakukan hal itu? Itu hanyalah membuang waktu, memboroskan tenaga kerja. Kita telah bekerja sepanjang hari menyediakan tempat parkir baginya, lalu dia datang, memarkir mobilnya dan menebang sebatang pohon besar, sebesar ini (Guru membuat lingkaran besar dengan kedua tanganNya). Perlu waktu kira-kira 20 tahun untuk menumbuhkan pohon hingga sebesar itu. Jarang sekali saya mengijinkan orang menebang pohon besar, kecuali jika hal itu mutlak perlu dilakukan. Saya hanya mengatakan untuk menebang pohon-pohon kecil saja. Karena mereka tumbuh mungkin dalam beberapa bulan saja. Beberapa bulan dari sekarang, sebatang pohon lainnya akan tumbuh sebesar itu juga, jadi tidak sangat kehilangan sekali. Hal ini belumlah seberapa penting. Tetapi inipun hanya jika diperlukan. Jika tidak benar-benar perlu, saya tidak mengijinkan mereka menebang pohon.

Sangatlah sulit menumbuhkan sebatang pohon, tetapi sangatlah mudah menebangnya. Jika tidak benar-benar diperlukan, mengapa melakukannya? Saya tidak bisa menerimanya! Ini sangatlah kejam, tanpa pertimbangan dan bodoh. Benar, anda tidak dapat berlaku seperti itu. Jika setiap orang datang memarkir kendaraan dan lalu menebang sebatang pohon, atau bahkan dua batang pohon, segera saja tidak ada lagi pepohonan. Hanya karena dia kurang suka ada sebatang pohon didepan mobilnya, dia tebang pohon itu agar bisa lewat. Dia tidak mau memundurkan mobilnya. Saya tidak percaya itu!

Jadi cobalah memahami hal ini, bukan hanya disini, tetapi kemanapun kalian pergi. Usahakan untuk melestarikan alam. Hanya merusaknya manakala hal itu benar-benar diperlukan sekali, atau anda hanya membuang waktu, merusak keindahan alam, dan memboroskan tenaga. Dan kadangkala memboroskan uang juga.

Saya sangat melindungi pohon-pohon, binatang-binatang, rumput-rumput, dan segalanya. Saya sangat melindungi karena saya merasa terluka jika mereka dirusak. Walaupun dengan alasan, hal ini sudah cukup jelek. Kita tidak bisa terlampau ketat yang tak masuk akal; lalu kitapun akan menjadi terlalu bodoh. Namun kita juga tidak bisa menebang segala sesuatunya secara acak. Itu menunjukkan sifat darah dingin (kejam) kita, dan itu tidaklah baik.

 


Tanya dan Jawab

Jadilah seorang Pemelihara Lingkungan yang Moderat

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai,
Sydney, Australia, 16 Maret 1993 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

T: Jika Allah, Buddha, atau Yesus hidup sekarang, apakah mereka akan menjadi Greenie? Seorang greenie adalah seorang yang sadar lingkungan.

G: Sebagian, mungkin, ya. Kita seharusnya melindungi tumbuh-tumbuhan hijau di Bumi sebanyak mungkin demi kita sendiri. Tetapi kita seharusnya tidak menjadi pemuja alam, di mana setiap pohon lebih berharga daripada seorang manusia. Pepohonan adalah untuk manusia. Jadi, jika membutuhkannya, kita mestilah memeliharanya sepanjang tempat, waktu, dan populasi penduduk memungkinkan. Dalam hal itu, kemungkinan Yesus, dan Allah, siapapun juga, akan melakukannya. Saya sendiri juga seorang pemelihara alam, dan semua rekan sepelatihan kami tidak diperbolehkan memotong pohon bilamana tidak perlu. Tetapi jika perlu, kita memotongnya untuk membangun institusi yang lebih baik di tempat itu bagi orang lain. Jadi, kita tidak selalu dapat melindungi alam tanpa memperhatikan kenyamanan manusia. Kita lebih baik melihat situasinya: dimana kita harus melindunginya dan kapan, serta berapa banyak.

 

Sebuah Solusi yang Radikal

Diucapkan oleh Mahaguru Ching Hai,
PBB, New York, AS, 26 Juni 1992
(Asalnya dalam bahasa Inggris)

T: Terima kasih, Guru Ching Hai, atas kebijaksanaan yang Anda bagi dengan kami. Saya punya suatu pertanyaan mengenai pesatnya peningkatan populasi dunia dan masalah yang menyertainya berupa kerusakan lingkungan yang semakin luas serta meningkatnya permintaan akan makanan. Apakah Anda bersedia memberikan komentar atas pesatnya peningkatan populasi dunia? Apakah itu merupakan karma dunia? Ataukah ini akan menciptakan suatu jenis karma tertentu di masa depan?

G: Kita bukannya kelebihan populasi, sungguh. Kita hanyalah tidak menyebar secara merata. Orang hanya memadati daerah tertentu dan tidak mau pindah ke daerah lain. Itu saja. Kita memiliki banyak daerah hutan belantara yang luas yang belum digunakan, banyak pulau yang belum dibuka, banyak dataran tinggi luas yang hanya hijau dengan hutan-hutan dan tidak ada yang di sana. Orang hanya senang berkonsentrasi di New York, misalnya, karena lebih banyak hal yang menyenangkan di sini. (Tertawa) Ya, karena jika suatu pemerintahan mampu menciptakan lapangan kerja dan industri serta berbagai jenis pekerjaan di tempat-tempat yang berlainan, orang akan pergi ke sana juga untuk bekerja. Mereka hanya memadati daerah-daerah tertentu karena lebih mudah mendapatkan pekerjaan di sana, atau untuk keselamatan. Jika keselamatan, keamanan, dan kesempatan kerja tersedia di tempat-tempat berlainan, orang akan pergi ke sana juga. Mereka akan pergi demi keamanan, untuk mendapatkan nafkah. Itu sangat alami.

Jadi, kita seharusnya tidak menguatirkan kelebihan populasi. Kita seharusnya lebih terorganisir untuk memberi kepada penduduk dunia lebih banyak manfaat akan kesempatan kerja, perumahan, dan keamanan. Lalu setiap tempat akan sama. Kita tidak akan pernah kelebihan populasi.

Dan mengenai pertanyaan anda tentang makanan, anda seharusnya lebih tahu. Karena di Amerika, kita memiliki banyak informasi mengenai bagaimana melindungi dunia. Diet vegetarian merupakan salah satu cara terbaik untuk memelihara sumber daya dunia, dan untuk memberi makan seluruh populasi bumi. Karena kita memboroskan banyak makanan vegetarian, energi, listrik, dan obat untuk berternak. Padahal itu dapat memberi makan penduduk lain secara langsung. Dan banyak negara dunia ketiga menjual makanan vegetarian mereka-yang kaya akan protein dengan harga yang lebih murah. Tetapi itu bukanlah semacam bantuan bagi populasi bangsa-bangsa lainnya di dunia. Jika kita menyebarkan seluruh makanan secara merata, diet vegetarian akan membantu hal ini, bukan saja bagi diri kita sendiri, bukan hanya untuk hewan, tetapi bagi seluruh dunia.

Salah satu majalah penelitian telah mengatakan bahwa jika kita makan vegetarian, dunia tidak akan kelaparan lagi. Dan juga kita harus mengaturnya. Saya tahu seorang yang bisa membuat kulit padi menjadi makanan yang bergizi dan bahkan susu. Dan di waktu lalu kami berbicara mengenai hal tersebut. Ia mengatakan bahwa ia menghabiskan sekitar tiga ratus ribu dollar dan ia bisa memberi makan enam ratus ribu orang di Sri Lanka-kaum miskin, kurang makan, para ibu, dan semuanya itu. Luar biasa sekali! Itu karena cara kita melakukannya di banyak bagian dunia; kita memboroskan sumber daya alam, dan bukannya kita tidak cukup memilikinya.

Tuhan tidak akan meletakkan kita di sini untuk menderita kelaparan. Sebenarnya, kita sendiri yang membuat diri kita kelaparan. Jadi, kita harus berpikir lagi, menata kembali, dan itu memerlukan restu dari banyak pemerintahan. Mereka harus merestui kita dengan kejujuran, kebersihan, dan martabat mereka yang sepenuhnya, dan kesediaan untuk melayani orang bukannya melayani diri mereka sendiri. Jika kita memiliki segala restu dari semua pemerintahan negara-negara, kita tidak akan mendapat masalah. Kita harus memiliki kepemimpinan yang baik, organisasi ekonomi dan bakat-bakat mengatur yang baik, serta pemerintahan yang jujur. Tetapi hal itu bisa datang lebih cepat saat kebanyakan atau semua orang-orang ini menjadi rohaniah. Kemudian mereka akan tahu disiplinnya, mereka akan tahu pantangan-pantangannya; mereka akan tahu bagaimana menjadi jujur dan bersih; mereka akan tahu bagaimana menggunakan kebijaksanaan mereka. Mereka sanggup memikirkan banyak hal dan menata kembali kehidupan kita.

T: Itu tampaknya sangat sulit karena seperti yang saya lihat, kebanyakan kerusakan lingkungan sekarang ini berkaitan dengan tuntutan pertumbuhan populasi untuk tempat tinggal yang lebih banyak, untuk perumahan, untuk hidup di abad ke 20-an sebagaimana yang kita ketahui dan ingin kita jalani. Lihatlah hutan-hutan di Brasil, perusakan lingkungan di sana, perusakan hutan di sana, hutan hujan. Tanahnya digundulkan dan itu mengakibatkan banjir. Dan ini bukannya tidak berhubungan dengan masalah kelebihan populasi.

G: Ya, segala sesuatu berkaitan satu sama lain, tentu saja, di dunia ini. Dan satu-satunya penyelesaian adalah memecahkan dari akarnya, bukan dari cabangnya. Dan akarnya adalah kestabilan rohani. Paham? (Tepuk tangan) Jadi semua yang harus kita lakukan adalah berusaha menyebarkan pesan rohani, apa yang kita ketahui, dan menjaga disiplin rohani. Itulah yang tidak dimiliki orang. Boleh saja menyambungkan diri Anda kepada suatu mesin listrik dan mendapatkan cahaya serta musik mendengung dan mencapai samadi. Tetapi kalau Anda tidak memiliki disiplin moral, maka Anda hanya menggunakan kekuatannya untuk hal-hal yang buruk kadang-kadang, dan Anda tidak bisa mengendalikannya. Itulah mengapa, di kelompok ini, kami mengajarkan pantangan-pantangannya dulu. Pantangan-pantangan itu penting. Kita harus tahu kemana kita pergi dan mengarahkan kekuatan kita. Bila kita memiliki kekuatan tanpa cinta, tanpa belas kasih, tanpa pemahaman yang memadai akan nilai moral, lalu tidaklah berguna. Ia menjadi ilmu hitam. Itulah dari mana ilmu hitam berasal. Jadi, adalah mudah untuk mendapatkan pencerahan, tetapi sulit untuk menjaganya. Di jalur kami, jika Anda tidak sungguh-sungguh disiplin dan cukup bermoral, Guru akan mengambil sebagian kekuatan Anda sehingga Anda tidak bisa menyalahgunakannya dan melakukan hal yang buruk kepada masyarakat. Itulah perbedaannya. Guru memiliki kendali atas kekuatan guru.

Saya sangat senang dengan segala pertanyaan Anda yang cerdas, sangat cerdas. Orang melakukan hal ini karena mereka tidak cukup bijaksana, seperti menyalahgunakan tanah yang tadi Anda sebutkan, atau berbuat sesuatu hanya karena kurangnya kebijaksanaan mereka. Jadi, akarnya adalah kebijaksanaan, latihan rohani, mendapatkan pencerahan.


Pengembangan Rohani dan Kehidupan Sehari-hari

Perlindungan Lingkungan dan Latihan Rohani

Oleh saudara inisiasi Li Te-wei, Taipei, Formosa

Pertumbuhan ekonomi dan industri telah disertai oleh memburuknya lingkungan ekologi atas planet kita. Sumber-sumber alam dieksplositasi tanpa ampun, menyebabkan banyak bencana alam hebat dan merubah ekologi dunia. Untunglah, banyak kawan di bumi yang peduli akan lingkungan dan masyarakat telah bekerja keras dengan rajin demi perlindungan alam selama bertahun-tahun. Mereka membentuk perserikatan-perserikatan untuk menangani berbagai hal termasuk polusi industri, perlindungan binatang, penggunaan bahan kimia secara berlebihan dalam pertanian, perusakan habitat alam, pembuangan sampah, keamanan nuklir, polusi air dan polusi udara.

Sebagai tambahan pada kampanye untuk menginformasikan masyarakat tentang pentingnya perlindungan lingkungan, kelompok-kelompok tersebut juga mengadakan proyek-proyek yang berkaitan. Walaupun konsepsi dan kegiatan mereka dibenarkan dan didukung oleh kebanyakan orang, masih ada jarak antara cita-cita dengan realitas kehidupan sehari-hari orang biasa. Karena itu, banyak orang tidak bersedia untuk bergabung dengan kampanye ini, dan malah berharap bahwa masalah lingkungan akan berkurang atau dipecahkan oleh para ilmuwan dan pihak akademis, atau melalui kebijakan dan perundang-undangan pemerintah. Sebagai hasilnya, di banyak tempat, pelestarian alam tetaplah berupa slogan dan formalitas; singkatnya ia tak dapat dipaksakan dalam kehidupan sehari-hari melalui perbuatan praktis.

Gagasan “Konsumen Hijau” bisa memainkan peran penting dalam memulai kepedulian yang sungguh-sungguh di antara masyarakat umum tentang alam dan lingkungan hidup. Langkah pertama yang diambil oleh "Konsumen Hijau" adalah memilih kebutuhan sehari-hari yang kurang berdampak buruk bagi lingkungan, kurang menghasilkan polusi, hemat energi, dan dikemas lebih sederhana. Misalnya, saklar dan penerangan listrik hemat energi, mainan anak bebas racun, popok daur-ulang hayati, perkakas elektronik rumah tangga yang rendah radiasi, perkakas yang dapat didaur-ulang, perlengkapan kamar mandi yang hemat air, lemari es dan AC yang tidak merusak ozon, kosmetik dari bahan alami, deterjen bebas minyak bumi, dan sayur serta buah-buahan organik bisa digunakan. Sebagai tambahan, memasang sistem pembuangan sampah dapur dan membuat lingkungan hidup sekitar hijau dan indah juga merupakan langkah penting.

Tindakan seperti itu tidak saja meminimalisir pengaruh negative polusi terhadap lingkungan dan kesehatan, tapi juga meningkatkan kualitas hidup. Dalam hubungan dengan pangan, sandang, rumah, transportasi, pendidikan dan rekreasi, kita selalu dapat menggantikan kebiasaan lama dengan yang baru supaya selaras dengan konsep perlindungan lingkungan. Marilah kita memilih perlengkapan hidup serta gaya hidup yang memberi kita kedamaian pikiran.

Diantara kelompok praktisi spiritual kita, tidaklah selalu perlu untuk menganjurkan tindakan seperti itu, karena kita secara alami berperilaku seperti "Konsumen Hijau". Berjalan-jalan di sekitar Center Hsihu, orang bisa melihat para praktisi memakai pakaian katun yang santai tapi nyaman, menikmati makanan enak, sayur-mayur tak beracun dan tumbuh alami, dan tanpa lelah mengumpulkan, mengelompokkan dan mendaur ulang sampah. Sungai Madu Surgawi, dengan air jernihnya yang murni, mengalir melewati ashram yang hijau menyenangkan. Disana tidak ada kuil atau aula yang mewah, dan tidak ada bentuk-bentuk konstruksi atau dekorasi berlebihan.

Sepanjang jalan di luar Center, petani setempat menjual sayuran dan buah-buahan yang tumbuh alami, dan juga makanan lezat, sabun alami, dan penangkis serangga tak beracun yang di pasok oleh para praktisi.Diliputi oleh suasana dari rasa hormat kami akan kehidupan dan keaslian alam bahkan tanaman dan pepohonan di sisi jalan nampaknya menjadi teman baik kami. Dari pemahaman gagasan untuk melaksanakan kata-kata kita menjadi tindakan, kita dengan mudah dan tanpa henti memadukan perlindungan lingkungan ke dalam kehidupan sehari-hari dan latihan spritual kita. (Penulis adalah Sekretaris Jendral dari Lembaga Perlindungan Hidup dan Lingkungan Republik Cina)


Laporan Media

Perihal Perlindungan Lingkungan

United Daily News, Formosa, 20 Februari 2001
Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Perubahan Iklim Bisa Menyebabkan Malapetaka Global

[Disunting oleh Li Ming-chu/dikompilasi dari laporan layanan telegram, 19 Februari] Panel Antarpemerintah mengenai Perubahan Iklim dari Perserikatan Bangsa-Bangsa menyajikan laporan akhirnya dalam konperensi Jenewa hari ini. Laporan ini menyatakan bahwa topi es di Kutub Utara dan Selatan akan terus meleleh dan perubahan iklim lainnya akan terjadi selama beberapa abad mendatang. Kepulauan tropis di Bumi dan tempat-tempat retret bermain ski di pegunungan Alpen yang berselimut-salju boleh jadi takkan bisa dinikmati lagi oleh generasi mendatang.

Menurut laporan ini, pemanasan global akan menuju ke peningkatan hasil pertanian di wilayah utara yang beriklim sedang, tetapi akan merusak lahan pertanian di kawasan beriklim tropis. Hal ini akan memperlebar jurang antara yang kaya di negara-negara industri yang makmur dan yang miskin di bangsa-bangsa sedang berkembang.

Laporan itu mengatakan bahwa negara-negara miskin di Afrika, Asia, dan Amerika Latin harus menanggung beban terberat dari akibat perusakan oleh pemanasan global, meskipun sebaliknya negara-negara yang lebih kaya takkan kebal juga terhadapnya. Di Amerika Serikat, Florida dan area lain sepanjang pantai Atlantik kemungkinan besar akan tertimpa hujan deras dan terendam oleh naiknya permukaan air laut. Di abad ke-21, perubahan iklim bisa mengarah ke perubahan berskala besar dan boleh jadi iriversibel bagi Bumi, yang pada gilirannya menyebabkan malapetaka di segenap dunia.

Laporan ini, sebuah tinjauan tajam terhadap perubahan iklim yang diterbitkan untuk pertama kalinya setelah lima tahun, adalah ringkasan sembilanbelas halaman dari laporan riset seribu halaman yang berjudul “Perubahan Iklim 2001: Dampak, Adaptasi dan Kerawanan”, yang dibuat oleh kira-kira tujuh ratus ilmuwan. Disebabkan oleh kepekaan politis dalam debat tentang iklim, ringkasan ini menjadi bahan diskusi selama seminggu di antara para pakar dan wakil-wakil pemerintah banyak negara sebelum diterbitkan, dan baru saja diselesaikan kemarin.

Para ahli dalam panel tersebut meraih kesimpulan yang mengerikan: Perubahan iklim akibat ulah manusia akan membawa ke kondisi cuaca yang lebih “menakutkan”, seperti siklon, bah, dan kekeringan; perpindahan masal penduduk dari area terserang paling parah; kemungkinan kehilangan jiwa dalam jumlah luar biasa besar; pembesaran risiko penyakit seperti malaria ketika habitat nyamuk meluas; dan punahnya beberapa spesies seperti macan Benggala ketika habitatnya hancur.

Laporan itu meramalkan hasil panen tanaman di Afrika akan merosot, sumber-sumber air berkurang, dan pemadangpasiran akan lebih hebat karena menurunnya curah hujan tahunan, khususnya di Afrika Selatan, Utara, dan Barat. Cuaca panas, banjir dan kekeringan di kawasan gersang dan tropis di Asia bisa mencelakakan produksi makanan. Di pantai berdataran rendah di daerah beriklim sedang dan tropis, perpindahan masal penduduk akan terjadi karena naiknya permukaan laut serta penciutan tanah.

Eropa Selatan mungkin bisa terlanda kekeringan, sedangkan wilayah lain di benua itu bisa lebih sering terlanda banjir. Diramalkan bahwa separuh dari lapisan es pegunungan Alpen bisa lenyap di akhir abad ini; kekeringan dan banjir akan terjadi lebih sering di Amerika Latin; hasil panen tanaman utama akan merosot di banyak tempat; malaria dan demam berdarah akan meluas di Amerika Utara; dan perubahan iklim di kawasan kutub adalah yang paling ekstrim dari seluruh planet.

 


Seni dan Kerohanian

Rahasia dari "Penciptaan Adam"

Oleh Xiang Zhi, Hsinchu, Formosa

Michelangelo adalah seorang pemahat, pelukis, arsitek dan pujangga dari Italia yang terkenal sebagai salah satu dari tiga seniman terbesar pada jaman Renaissance, bersama-sama dengan Leonardo da Vinci dan Sanzio Raphael. Di antara karya-karyanya, lukisan "Penciptaan Adam" dikenal luas dan sangat dihargai di seluruh dunia, dan merupakan bagian penting dari karya besarnya yang pertama-serangkaian lukisan dinding yang berdasarkan Kitab Kejadian. Lukisan tersebut, yang perlu waktu empat tahun untuk menyelesaikan, menggambarkan Tuhan sedang menciptakan Adam. Dia tampak dikelilingi oleh sejumlah malaikat selagi mengulurkan jariNya kepada Adam yang baru diciptakan, yang terbaring tanpa daya di tanah, menunggu untuk mendapatkan kehidupan dan kekuatan yang utuh dari Sang Pencipta.

Sejak dulu, orang telah mengenal kisah ini yang tertulis dalam Kitab Kejadian. Karena itu, ketika mengapresiasi lukisan Penciptaan Adam tersebut, mereka cenderung untuk memusatkan perhatian pada indahnya keremajaan dan kesehatan yang bersinar dari Adam yang baru lahir, juga pada kebijaksanaan dan belas kasih yang terpancar dari Tuhan, yang tampak jauh lebih tua.

Tetapi, jika kita pelajari lukisan ini dari pandangan latihan rohani, kita akan takjub menemukan makna tersembunyi yang jauh lebih dalam dibalik itu. Melalui Penciptaan Adam tersebut, Michelangelo berusaha untuk mengungkapkan misteri dari mata kebijaksanaan! Jika kita amati dengan teliti kumpulan malaikat di sekeliling Tuhan dalam lukisan itu, kita dapat melihat bahwa sketsa dari para malaikat itu adalah diagram yang saksama dari otak manusia. Tirai yang melingkungi para malaikat dengan jelas menggambarkan potongan melintang dari otak. Titik dimana tangan kanan Tuhan yang terjulur berpotongan dengan otak itu (tirai yang melingkungi para malaikat) menggambarkan tengah-tengah dahi-titik dimana Guru senantiasa mengingatkan kita untuk memusatkan perhatian kita disana. Lebih jauh kedalam dari titik ini ke tempat dimana pinggul kiri Tuhan berada dalam lukisan itu adalah kelenjar pineal dalam otak manusia-letak dari mata kebijasanaan. Begitulah Michelangelo membuat lukisan dinding ini sebagai alat untuk mengungkapkan kepada dunia, dengan cara kiasan dan sangat cerdik, bahwa sejak awal penciptaan manusia, Tuhan telah berkomunikasi dengan umat manusia melalui mata kebijaksanaan; kehidupan dan kuasa yang dianugerahkan oleh Tuhan juga ditransmisikan melalui jalan rahasia ini yang menghubungkan dunia yang sekuler ini dengan Kerajaan Surga.

Alkitab mengatakan bahwa (tubuh) kita merupakan rumah Tuhan. Michelangelo melangkah lebih jauh lagi untuk menunjukkan letak takhta Tuhan dalam lukisannya, dan untuk menyingkapkan misteri abadi dari alam semesta kepada dunia. Menilai dari bakatnya yang luar biasa dalam banyak bidang, dan karya-karya semasa hidupnya, kita dapat menduga bahwa, lima ratus tahun yang lalu, Michelangelo telah menjelajahi rumah Tuhan dan mendapatkan harta Kerajaan Surga yang tiada habis-habisnya.

Caption(as1-a): Karya besar Michaelangelo "Penciptaan Adam"
Caption(as1-b): Dengan menumpangtindihkan lukisan Penciptaan Adam dengan diagram otak manusia, orang dapat melihat bahwa tirai yang melingkungi para malaikat sesuai benar dengan sketsa otak, dan letak dari mata kebijaksanaan adalah tepat di titik dimana pinggul kiri Tuhan berada.
Caption(as1-c): Sebuah potongan melintang otak manusia: Lingkaran tersebut menunjukkan letak dari kelenjar pineal, atau mata kebijaksanaan.

 


Peningkatan Jiwa

Kaset Video Terbaru Mahaguru Ching Hai

<Dalam bahasa Inggris + Terjemahan langsung bahasa Zulu + teks bahasa Aulac>
668 Jalan Pintas Tak Kasat Mata
Ceramah di Durban, Afrika Selatan
26 Nopember 1999

<Dalam bahasa Inggris + Teks bahasa Jepang>
467 Penderitaan Dunia Ini Berasal dari Ketidaktahuan Kita
Ceramah di Singapura
10 Januari 1995

<Dalam bahasa Cina + Teks bahasa Jepang>
Mendengar Ke dalam Pada Jati Diri Kita
Ceramah di Taoyuan, Formosa
5 Mei 2000

<Dalam bahasa Cina + Terjemahan langsung bahasa Jepang>
706 Mengembangkan Sifat-sifat Positif
Meditasi kelompok di Jepang
10 Juli 2000

708 Kisah Tentang Cinta (1)(2)
Meditasi kelompok di Jepang
15 Juli 2000

<Dalam bahasa Inggris + Terjemahan langsung bahasa Korea>
705 Terjaga dari Mimpi
Meditasi kelompok di Seoul, Korea
17 Mei 2000

707 Ciri Lahiriah Seorang Guru (1)(2)
Neditasi kelompok di Seoul, Korea
20 Mei 2000

<Dalam bahasa Inggris + Terjemahan langsung bahasa Turki + Teks bahasa Perancis>
665A Mendamaikan Pikiran
Ceramah di Istambul, Turki
20 Nopember 1999

<Dalam bahasa Inggris + Terjemahan langsung bahasa Zulu + Teks bahasa Perancis>
668 Jalan Pintas Tak Kasat Mata
Ceramah di Durban, Afrika Selatan
26 Nopember 1999

<Dalam bahasa Inggris + Teks bahasa Cina>
639 Setiap Jiwa Menandai Perjalanannya Sendiri (1)(2)
Retret 3-hari di Los Angeles, Amerika Serikat
16-18 Desember 1998
Kaset Audio Terbaru Mahaguru Ching Hai

<Dalam bahasa Cina > (dengan terjemahan langsung bahasa Jepang)
CG71-1 Mengembangkan Sifat-sifat Positif
Meditasi kelompok di Jepang
10 Juli 2000


DVD Terbaru Mahaguru Ching Hai

<Dalam bahasa Cina>
Mendengar Ke dalam Pada Jati Diri Kita
Ceramah di Taoyuan, Formosa
5 Mei 2000

Suatu Pertukaran Kecerdasan dan Kerohanian
Seminar di Academia Sinica, Taipei, Formosa
6 Mei 2000

CD MP3--Gunung di Sebuah Pot Penyemaian

Syukur atas kemajuan teknologi baru-baru ini yang menyediakan perbaikan suara dan kompresi MP3, suara dari seorang Guru hidup sekarang bisa selama-lamanya bersama kita dengan kualitas suara lebih baik disimpan dalam kapasitas yang lebih besar.

CD Retret MP3:
Koleksi rekaman audio dan video ceramah Guru yang berharga dan lengkap dari berbagai retret sekarang sudah tersedia.
Perbaikan suara dan penghilangan gangguan suara latar belakang atas rekaman ceramah memastikan bahwa koleksi ajaran Guru dalam CD MP3 yang ideal ini adalah dengan kualitas suara terbaik.
Koleksi CD MP3 ini meliputi ceramah-ceramah Guru yang mencerahkan dari retret-retret yang lalu, santapan rohaniNya yang berharga, dan bagi-pengalaman oleh para rekan inisiasi, yang akan membantu menelaah ulang dan memperbaharui pengetahuan spiritual anda.

Apakah MP3 itu?
MP3 adalah suatu teknik kompresi suara anyar yang mampu memampatkan file suara secara efektif dengan perbandingan 10:1 atau bahkan 12:1, dengan tetap menjaga ketepatan tinggi serta kualitas suara yang luar biasa. CD MP3 kelihatan seperti CD biasa, tetapi mempunyai kapasitas simpan hingga delapan sampai sepuluh kali lebih besar daripada CD biasa. Ia memungkinkan delapan hingga sepuluh jam main secara terus menerus, setara dengan sepuluh kaset, dan berukuran kecil, mudah dibawa, serta mudah penyimpanannya.
Piranti keras yang diperlukan: CD MP3 didukung oleh program-program komputer MP3 dan Walkman, pemutar VCD dan DVD yang sesuai.

 

Ceramah-ceramah Retret Teranyar:

<MP3-1> Retret 7-hari, Ilan, Formosa, 12-18 Agustus 1988 <Dalam Bahasa Cina>

   1-2. Latihan Rohani Meminta Kita Menjadi Indepeden
      3. Suatu Diskusi tentang Retret 7-hari Guru Agung Hsu-yun
   4-5. Mengapa Takut Kepada Guru?
   6-7. Pembacaan Doa Agama Buddha dan Kunci-kunci Utama Latihan Rohani
   8-9. Apakah Arti Pembebasan dengan Karma?
10-11. Laporan Pengalaman Rekan Inisiasi
12-13. Hanya Guru Sejati yang Mahaada
14-15. Janganlah Terpasung oleh Kebiasaan

<MP3-2> Retret 7-hari, Ilan, Formosa, 12-18 Agustus 1988 <Dalam Bahasa Cina>

   1-2. Pengalaman Rekan Inisiasi dan Guru Mencucurkan Air Mata di Depan Umum
   3-4. Mengapa Guru-guru Ternama Mempunyai Cahaya yang Lebih Gelap
   5-6. Siapa yang Dengan Tulus Ingin Bertemu Sang Guru?
   7-8. Pembacaan Doa Agama Buddha oleh Guru
 9-10. Pembacaan Doa Agama Buddha dan Pengalaman Rekan Inisiasi
11-12. Laporan Pengalaman dalam Tiga Bahasa
13-14. Welas Asih dari Guru Agung

 

Untuk memesan publikasi Guru, silakan hubungi:


"The Supreme Master Ching Hai International Association
Publishing Co., Ltd.", Taipei, Formosa.
Tel: (886) 2-87873935
Fax: (886) 2-87870873
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org 
Nomor Rekening Pos ROC: 19259438
Rekening Pos: The Supreme Master Ching Hai Publishing Co., Ltd.
Untuk keterangan rinci mengenai publikasi Guru, silakan kunjungi:
http://smchbook.com/  (bahasa Cina)


Acara Bioskop

Pilihan Antara Ilusi dan Kebenaran-–Acara Truman

Oleh saudari inisiasi Joys, Kanada (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Pernahkah anda rasakan bahwa anda bukanlah milik dunia ini, bahwa segala sesuatu yang ada disekitar anda hanyalah pura-pura dan semua orang kelihatannya tidak nyata? Begitu pula yang dirasakan peran utama Truman didalam film Acara Truman di tahun 1998. Kehidupannya, berawal dari permulaan sekali ketika ia masih berada dalam kandungan ibunya, telah dibuat ke suatu acara TV dan disiarkan secara langsung 24 jam sehari kepada seluruh pemirsa diseluruh dunia. Orangtua Truman, isteri dan bahkan teman-teman baiknya adalah pemain dalam acara tersebut. Kota kelahirannya di Seahaven, suatu pulau yang terisolir, sebenarnya merupakan suatu panggung suara yang amat sangat besar, dengan lebih dari 5000 kamera yang tersembunyi. Walau tidak mengetahui kebenaran ini, Truman tak pernah menghentikan kerinduan dalam batinnya untuk menjelajahi dunia luar.

Untuk mencegahnya pergi dari laut, yang berhubungan dengan dunia nyata, direktur acara tersebut membangkitkan traumanya melalui berbagai peristiwa, salah satunya adalah menimpakan kesalahan atas kematian ayahnya dilaut kepadanya. Setelah itu, Truman tidak pernah bepergian diatas air.

Tetapi, kehidupannya bukanlah tanpa pengungkapan kebenaran dari orang-orang yang bersimpati padanya. Waktu di kampus, misalnya, seorang gadis (aktris) berusaha memberitahu tentang kebenaran kepadanya dan mengatakan, “Segala sesuatu disini adalah palsu, semuanya bagimu. Langit, laut, segala sesuatunya dipersiapkan untuk suatu acara TV. Mereka hanya berpura-pura.“ Dengan berbuat begitu, gadis itu dipaksa meninggalkan pulau itu. Tetapi ketika itu, Truman tidak mengerti apa yang gadis itu beritahukan padanya dan apa sesungguhnya yang terjadi. Dia terus mencoba mencarinya setelah lenyapnya yang begitu tiba-tiba dari Seahaven, tapi segala upayanya selalu berakhir tanpa harapan, hingga suatu hari, ketika dia dalam keadaan duka yang amat dalam, dia mulai memikirkan gadis yang dicintainya dan apa saja yang pernah diberitahukan padanya. Dia kemudian mulai sadar akan hal-hal tak masuk akal di sekelilingnya dan mencoba dengan segala kemampuannya untuk mengungkap kebenaran. Sedikit demi sedikit dia temukan bahwa semakin kuat kerinduannya untuk pergi keluar, semakin besar ikatan dan rintangannya.

Alur cerita ini sangatlah mirip dengan situasi kita disini, dimana kita terperangkap kehidupan demi kehidupan dalam dunia ilusi ini. Kita amat sangat terikat, dan terpisah dari Kebenaran. Sebagaimana dikatakan oleh direktur dari kisah kehidupan Truman, “Tak ada sesuatupun yang nyata. Anda adalah nyata, itulah yang menjadikan anda begitu baik untuk menontonnya.” Karena Truman benar-benar ada, dia punya hak untuk memilih secara bebas walaupun dia hidup dalam suatu dunia ilusi. Dia bisa memilih untuk mencari kebenaran dan membahayakan kehidupannya untuk lari dari dunia ilusi ini, atau untuk meneruskan kehidupannya yang palsu tapi aman ditengah sorakan meriah penonton, suatu kehidupan yang nampaknya kaya yang dimanipulasi orang lain.

Bagaimanapun, Truman memilih jalan Kebenaran. Walaupun kesulitan yang dialaminya tak terbilang sepanjang pencariannya akan kebenaran tersebut, perlawanan yang sangat hebat dari teman-teman dan relasinya, serta nyaris kehilangan hidupnya yang berharga, pencarian akan kebebasan Truman yang tak tergoyahkan akhirnya menyentuh hati para penonton. Si direktur menyadari bahwa ia tak dapat lagi memanipulasi atau mengontrol Truman, maka Truman-pun akhirnya menemukan dirinya bebas dan menyatukan dirinya kembali dengan gadis yang dicintainya.

Perjuangan Truman yang berani untuk terbebas dari dunia ilusinya merupakan suatu model contoh bagi siapapun dimana saja, khususnya bagi kita para praktisi Metode Kuan Yin. Bagi beberapa orang, jalan latihan rohani itu lancar, sedangkan bagi lainnya, diisi dengan kemunduran-kemunduran. Tapi bagaimanapun kehidupan itu memperlakukan kita, kita mengerti dengan jelas bahwa dunia ini bukanlah Rumah kita yang sebenarnya, hingga kita tak boleh menceburkan diri kita sendiri ke dalamnya. Kita akan mampu mengatasi segala rintangan dan menyadari Kebenaran di perjalanan kita kembali kepada Tuhan hanya jika kita memiliki kerinduan yang tulus dan cinta sejati bagi Yang Maha Tinggi.


Perjalanan Pulang

Oleh saudari inisiasi Joys, Kanada
(Asalnya dalam bahasa Inggris)

Aku dalam perjalanan pulang
tuk bertemu Kekasihku yang Abadi.
Kegembiraan memenuhi hatiku
di akhir perjalananku.

Jika angin berseru padaku,
aku berseru lebih keras darinya;
Jika bebatuan setinggi gunung menghalangiku,
ku daki dan aku lebih tinggi dari mereka.

Jika ombak ganas mencoba menggiringku,
aku berpegang lebih kuat pada kasihku bagiNya;
Jika gelombang menghempasku,
kuhempaskan seluruh dunia dengan kasihku padaNya.

Aku tak lagi takut,
karena aku jujur pada diriku;
Karena aku mengasihiNya,
dan Ia mengetahuinya;
Karena kita tahu;
Tak suatu apapun bisa menghalangi kita dan Kasih kita. 


Pojok Film Guru


Ini adalah daftar film terbaru untuk berbagai usia, anak-anak, remaja, dan dewasa seperti direkomendasikan oleh Guru, digolongkan menurut peringkat standar Amerika, seperti ditunjukkan di bawah ini:

(G)     General - Khayalak umum; semua umur diperbolehkan.
(PG)    Parental Guidance - Bimbingan orang tua disarankan; isinya mungkin tidak cocok bagi anak-anak.
(PG13) Parental Guidance 13 - Orang tua diingatkan dengan sangat; beberapa mungkin tidak pantas untuk anak-anak di bawah umur 13.
(R)     Restricted - Terbatas; di bawah umur 17 harus ditemani orang tua atau dijaga dewasa.
(TV)   TV-film TV biasanya tidak diberi peringkat.
(*)     Tidak berperingkat.

 

Film dengan Pemeran Manusia:

(PG) Annie (Disney, film musik)
(G) Annie: Royal Adventure
(G) A Knight in Camelot
(PG) Arthur
(PG) Baby Boom
(PG-13) Beverly Hills Ninja
(PG) Bushwhacked
(TV) Chronicles of Narnia: The Lion,
The Witch and The Wardrobe
(TV) Chronicles of Narnia: The Silver Chair
(PG-13) Down to Earth
(PG) George of the Jungle
(TV) Mermaid (2000)
(PG) See Spot Run
(PG) Spies Like Us
(G) The Fourth Wise Man
(R) The Mexican
(PG-13) The Wedding Planner

Film dengan Pemeran Hewan

(G) Air Bud: Golden Receiver
(G) Air Bud: World Pup
(PG) Bingo
(PG) Cry of the White Wolf
(*) Dr. Doolittle (Versi orisinil, 1967)
(*) Gentle Giant
(TV) In the Doghouse
(PG) Joey
(G) My Magic Dog
(*) The Pooch and the Pauper
(G) Wishbone: Dog Days of the West
(*) Wishbone: Hercules and the Golden Apples
(*) Wishbone: A Trail in Taiwan
(PG) Zeus and Roxanne

 

Kartun

(TV) Garfield Goes Hollywood
(*) Garfield on the Town
(G) The Emperor's New Groove
(*) The Incredible Adventures of Wallace and Gromit (Claymation)
(PG) The Road to El Dorado


Kembali ke Daftar Isi


Kasih dalam Perbuatan

Mengunjungi kembali Para Korban Gempa di El Salvador

Dilaporkan oleh Tim bantuan Costa Rica (Aslinya dalam bahasa Spanyol)

[Costa Rica] Di bulan Januari dan Februari tahun ini, El Salvador diguncang oleh dua kali gempa bumi dahsyat yang mengakibatkan banyak korban menderita. Pada waktu itu, rekan sepelatihan dari Costa Rica membentuk tim bantuan untuk menolong para korban di wilayah yang terkena gempa. Sebagai tindak lanjut untuk membagikan kasih ilahi Guru kepada penduduk, kami juga menyumbangkan makanan dan bahan bangunan, dengan harapan dapat menolong masyarakat setempat untuk membangun kembali rumah mereka dan mampu bertahan di masa-masa sulit. Di bulan Mei, Guru kembali menyumbangkan 10.000 dollar AS kepada para korban. Maka, para rekan sepelatihan dari Costa Rica kembali melakukan perjalanan ke El Salvador dan membentuk sebuah tim dengan rekan sepelatihan setempat untuk menyampaikan kasih dan perhatian Guru kepada korban gempa.

Ketika tim kami tiba di El Salvador, kami segera disambut oleh warga dan pemerintah Daerah Tamanique, yang berbaris menyambut dan mengundang kami ke jamuan makan malam vegetarian di hotel tempat kami menginap. Selagi makan malam, mereka menceritakan keadaan kehidupan yang menyedihkan dari masyarakat yang terkena dua kali gempa dan usaha dari tim bantuan pemerintah Tamanique untuk segera mengatasi masalah tempat penampungan bagi para korban. Pada kesempatan itu mereka juga menanyakan tentang tindakan belas-kasih dan ajaran Guru. Merupakan keinginan tulus mereka bahwa Guru bersedia menerima undangan mereka untuk mengunjungi El Salvador dalam waktu dekat ini. Sewaktu tinggal di Daerah Tamanique, banyak keluarga yang dengan tulus mengundang kami menginap di rumah mereka; penyambutan mereka yang ramah menghangatkan hati kami. Guru kita yang welas-asih selalu mengatur segalanya bagi kita satu demi satu dan dengan sempurna, maka kamipun bisa menyelesaikan tugas dengan lancar.

Misi utama kami di Tamanique adalah mengunjungi komunitas setempat untuk menentukan rumah mana yang keadaannya parah dan rawan apabila hujan deras, supaya kami bisa memastikan bahwa bahan bangunan akan benar-benar sampai pada mereka. Setelah menghadiri suatu pertemuan yang diadakan oleh komisi pengembangan dan rekonstruksi kota, kami ketahui bahwa kebutuhan paling mendesak adalah makanan dan lembaran seng untuk atap. Ibu Walikota Tamanique dengan murah hati menyediakan transportasi bagi kami, supaya kami dapat dengan mudah meneruskan perjalanan ke berbagai komunitas untuk membeli dan menyalurkan bantuan.

Ketika meninjau berkeliling di antara masyarakat, kami perhatikan bahwa banyak keluarga yang sangat membutuhkan makanan dan bahan bangunan. Bermukim di daerah terpencil yang sulit dicapai, mereka kekurangan bantuan dan perhatian dari dunia luar. Hal ini memperkuat tekad kami untuk pergi lebih jauh ke daerah pegunungan untuk menyampaikan kasih dan perhatian Guru kepada para korban yang terlupakan ini, banyak di antara mereka, begitu melihat foto Guru di buku contoh, segera lupa akan derita dan kebutuhan materi mereka, dan mulai merasakan kedamaian dan kebahagiaan. Ketika menyadari bahwa Guru yang menginstruksikan kami untuk menolong mereka dari situasi tanpa rumah dan kelaparan, mereka sangat tersentuh oleh kasih tanpa pamrih dan tak terbatas dari Guru. Selagi melakukan tugas pertolongan, kami mulai menyadari bahwa segalanya diatur oleh kuasa Tuhan, dan kami hanyalah alat Tuhan. Kami bukan saja membawakan bantuan bahan bangunan kepada para korban, tapi juga menyampaikan pesan kasih, yang merupakan hal terpenting.

Di hari terakhir, penyaluran lembaran seng pun selesai. Saat bermeditasi sore harinya, kami dengar gemercik suara hujan. Tuhan menurunkan hujan hanya setelah kami selesai menyalurkan seluruh bahan bangunan kepada para korban, yang tampaknya untuk menyampaikan pesan bahwa berkah Tuhan telah melimpahi wilayah yang terkena bencana amat parah ini!

This time, two hundred households received zinc roofing sheets and three hundred received food supplies. For both fellow practitioners and local government officials, the operation was an unforgettable experience. Two different political parties worked with us for the first time, and it was also the first occasion when they had worked together for the wellbeing of the people. Though there were some hindrances at the beginning of the project, everything later went smoothly. When the work was completed, the participants wholeheartedly said, "This miracle is all due to Master's grace, because She always shows us a good example through Her own deeds; regardless of our religion, political affiliation, or color, God loves us all without discrimination." Thus, we are forever thankful to God for letting us be Master's disciples. We are fully aware that "Love" is Master's only icon, and that She takes care of every fellow disciple and all the brothers and sisters around us without discrimination.

Kali ini, dua ratus keluarga menerima lembaran atap seng dan tiga ratus keluarga menerima bahan makanan. Bagi rekan sepelatihan dan pejabat pemerintah setempat, operasi bantuan ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dua partai politik yang berbeda bekerja bersama kami untuk yang pertama kalinya, dan itu juga merupakan peristiwa pertama saat mereka bekerja bahu membahu demi kesejahteraan masyarakat. Meskipun ada beberapa halangan pada permulaan proyek bantuan ini, belakangan segalanya berjalan lancar. Ketika tugas selesai, para peserta dengan sepenuh hati berkata, “Mujizat ini semua berkat karunia Guru, karena Ia selalu menunjukkan pada kami suatu contoh yang baik melalui perbuatanNya sendiri; tanpa menghiraukan agama kami, golongan politik, ataupun warna kulit, Tuhan mengasihi kita semua tanpa membedakan.” Jadi, kami selalu bersyukur pada Tuhan karena mengijinkan kami menjadi murid Guru. Kami sangat sadar bahwa “Kasih” adalah satu-satunya lambang Guru, dan bahwa Ia menjaga semua murid dan semua saudara-saudari di sekeliling kita tanpa membedakan.

Keterangan gambar (love1-1) : Rekan sepelatihan membeli bahan-bahan makanan, mengemasnya dalam kantung-kantung dan memberikan langsung kepada para korban gempa di area pegunungan terpencil.
Keterangan gambar (love1-4) : Warga masyarakat Daerah Tamanique menghadiahkan spanduk ini kepada Guru, berisi ucapan syukur sulaman tangan.
Keterangan gambar (love1-3) : Bantuan materi sangatlah berguna, tapi kebahagiaan rohani abadi selamanya-rekan sepelatihan mempertunjukkan video Guru pada suatu acara pertemuan warga setempat.
Keterangan gambar (love1-5) : Anak-anak sangat gembira dengan balon, kue dan permen yang disediakan khusus bagi mereka.,

 

Pengeluaran untuk Bantuan
Korban Gempa Bumi di El Salvador

(Satuan: Colones ¢ )

 

Descriptions

Income

Expenditure

Receipt No.

Sumbangan dari Mahaguru Ching Hai

87,546.18

 

 

Bahan bangunan: lembaran seng untuk atap, paku dan sarung tangan

 

73,046.57

A

Beras, kacang, gula, minyak, kopi, Maseca (produk dari jagung), susu dan bumbu, permen dan kue bagi anak-anak

 

14,004.63

B

Kantong plastik untuk mengirimkan makanan dan balon pesta bagi anak-anak

 

494.98

C

Total Semua

¢87,546.18

¢87,546.18=US$10,000

Surat Penghargaan

Surat 1 (Asalnya dalam bahasa Spanyol)

Dari: Koodinator Komisi Rekonstruksi dan Pengembangan Perkotaan
Daerah Tamanique, LA Libertad, El Savador
Kepada: Mahaguru Master Ching Hai
Asosiasi Internasional Mahaguru Ching Hai

14 May 2001

Atas nama Komisi Rekonstruksi dan para korban gempa bumi di daerah Tamanique, kami sampaikan salam hangat kepada asosiasi Anda yang mulia. Semoga misi Anda dalam membantu orang-orang di seluruh dunia dapat terlaksana dengan berhasil, khususnya perlakuan kasih sayang Anda terhadap para korban di Tamanique, El Salvador.

Komisi Rekonstruksi Tamanique dan para korban yang dibantu bukan saja sangat bersyukur kepada Anda, tetapi juga sangat yakin bahwa Anda dan Asosiasi Anda akan diberkahi oleh kasih Tuhan yang tak terhingga. Kepada para wakil yang Anda utus untuk melaksanakan tugas bantuan, kami ingin menyampaikan rasa kagum kami yang luar biasa dan perasaan mendalam: Mereka orang-orang yang giat dan bertanggung jawab, yang memiliki sifat murah hati serta semangat pelayanan. Atas nama seluruh warga, kami sampaikan penghargaaan setulusnya kepada Anda.

Hormat kami,

Koordinator Komisi Rekonstruksi dan Pengembangan
Mayrd del Pilar Romero
Bendahara Komisi Rekonstruksi dan Pengembangan
Maria Margoth Arias Cartagena

 

Surat 2 (Asalnya dalam bahasa Spanyol)

12 May 2001

Yang mulia Mahaguru Ching Hai,

Sebanyak 250 rumah tangga di daerah kami ingin menyampaikan rasa syukur yang paling dalam atas 122 lembar seng dan 15 pon paku yang Anda sumbangkan. Pemberian yang sangat berharga itu akan digunakan untuk meningkatkan kondisi kehidupan dari para korban bencana.

Terima kasih banyak atas bantuan Anda yang begitu bernilai!

Hormat kami,
Cuscatlan dari Daerah St. Benido

 

Mahaguru Ching Hai menyumbangkan AS$10.000 bagi korban gempa bumi di Gujarat, India.

[India]

Kepada: Dr.Vinod Prakash
Dana Bantuan & Pengembangan India
5821 Mosssrock Dr.
N. Bethesda, MD. 20852-3238
April 23, 2001

Yang terhormat Dr. Vinod Prakash:

Kami ingin memberitahukan bahwa Guru Ching Hai kami masih prihatin mengenai para korban gempa bumi di Gujarat. Berkenaan dengan keprihatinan beliau yang berlanjut akan kesejahteraan mereka, Beliau ingin menawarkan bantuan bagi mereka sebesar AS$10.000. Terlampir selembar cek dengan jumlah tersebut.

Kami sangat menghargai bilamana anda bisa membantu kami untuk mengirimkan tanda kasih Guru yang kecil ini kepada rakyat India. Semoga Tuhan memberkahi anda semua.

Hormat kami,

Asosiasi Internasional Mahaguru Ching Hai

 

Mahaguru Ching Hai menyumbangkan AS$50.000 bagi kaum miskin di Filipina

[Filipina]

MANUEL L. MORATO
DONA CONSUELO BUILDING
192-194 Tomas B. Moralo Avenue, Quezon City
Metro Manila, Filipina
(632) 923-0681. 926-1331 Fax: (632) 922-9672

16 April 2001

KWITANSI

Kepada yang berkepentingan:

Telah diterima selembar check nomor 092576103 sebesar 50.000 Dollar Amerika dari Mahaguru Ching Hai untuk PROGRAM BANTUAN MAHAGURU CHING HAI untuk diberikan kepada kaum miskin yang membutuhkan bantuan pengobatan, bantuan pendidikan, pemakaman gratis bagi orang yang meninggal dari keluarga berpenghasilan rendah yang tak mampu membayar biaya pemakaman, perawatan rumah sakit gratis, bantuan medis gratis dan sebagainya.

Program ini dilaksanakan untuk menolong orang yang menderita yang terlalu miskin untuk membayar biaya perawatan medis dan keperluan dasar lainnya. Semua sumbangan dan bantuan akan diterima dengan baik dan diteruskan ke kantor donor secara triwulan, atau sesuai keperluan.

Sebagai sahabat pribadi dari Maha Guru Ching Hai, saya telah menangani sumbangan beliau sebelumnya, yang saya sampaikan ke sebuah yayasan. Tapi kelihatannya sumbangan kepada yayasan tidak sampai langsung kepada orang yang membutuhkan. Oleh sebab itu, program ini dimulai untuk memastikan bahwa bantuan untuk orang miskin bermanfaat pada mereka secara langsung, dan untuk menyelamatkan mereka dari kesukaran hidup.

Hormat kami,

Manuel L, Morato,
Perwakilan dari Program Bantuan Maha Guru Ching Hai

Gambar: Bapak Manuel L. Morato mewakili Program Bantuan dalam menerima sumbangan Mahaguru Ching Hai bagi kaum miskin di Filipina.

 

Anak-anak dari Surga

[Seoul, Korea] Di Korea, Hari Anak-anak jatuh pada tanggal 5 Mei. Pada hari ini, impian anak-anak menjadi kenyataan, karena mereka menerima hadiah-hadiah pilihan khusus dari orang tua mereka, bergembira di taman hiburan dan menikmati kasih sayang orang tua mereka. Oleh karena itu, anak-anak Korea dengan tak sabar menanti hari ini setiap tahun. Itulah perayaan yang paling menyenangkan setiap tahun bagi anak-anak yang mempunyai orang tua. Tetapi bagi yatim-piatu, ini adalah hari yang paling sepi dan menyedihkan.

Karena itu, pada malam Hari Anak-anak tersebut, para inisiasi dari Center Seoul mengunjungi dua panti asuhan dan memberikan hadiah-hadiah dan barang kebutuhan kepada anak-anak yang kurang beruntung yang tinggal disana. Kami memberikan sabun dan pakaian kepada Panti Asuhan Song-Am di kota Shiheung, dan Panti Asuhan Gwang-Myung di Yangju-Gun. Anak-anak sangat menyukai hadiah-hadiah itu hingga mereka berlompatan kegirangan sewaktu memilih sendiri pakaian mereka. Anak-anak ini, yang sangat membutuhkan kasih sayang, menggenggam tangan kami kuat-kuat berharap menahan kami disana lebih lama, dan mengundang kami untuk bersantap malam.

Kami sangat terharu melihat betapa gembiranya mereka hanya dengan hadiah-hadiah kecil begitu. Mereka bagaikan anak-anak dari surga. Kami berharap menyediakan bantuan selanjutnya bagi mereka dan berdoa agar kasih Guru akan selalu menjaga mereka. Keterangan gambar (love3): Malaikat-malaikat panti asuhan bergembira menikmati Hari Anak-anak bersama para inisiasi dari Korea.

Kembali ke Daftar Isi



Tabel 1: Biaya Kegiatan
Sumbangan di Formosa untuk
bulan Maret dan April 2001
(Satuan: NT$)

Tempat

Tanggal

Keterangan

Jumlah

Tambahan

Tainan

2001.03.17

Membersihkan Pantai Mas Tainan bekerjasama dengan Biro Perlindungan Lingkungan Kota Tainan (kerja sukarela)

0

Taipei

2001.03.28

Fasilitas penerangan malam bagi SLTP Lungshan di Taipei (9 Maret - 8 Juni)

30,000

A

Surat penghargaan dari SLTP Lungshan

Hualien

2001.03.28

Seminar video kerohanian dan hadiah bagi penghuni wanita di Rutan Hualien

1,700

B

Tainan

2001.03.29

Seminar video kerohanian dan kegiatan rekreasi di Rutan Tainan

4,340

C

Yunlin

2001.04.08

Partisipasi dalam Pameran Keagamaan Nasional diselenggarakan oleh Pemda Yunlin

9,000

D

Chiayi

2001.04.08

Partisipasi dalam Bazaar Amal Tanah Suci di Bumi diselenggarakan oleh Asosiasi Kaum Buddhis Taiwan Fa-Shing-Pao-Lin

1,320

E

Surat penghargaan dari Asosiasi Kaum Buddhis Taiwan Fa-Shing-Pao-Lin

Pingtung

2001.04.09

Ceramah video kerohanian di kantor balaikota Liuchiu di Pingtung, dan konsultasi pengobatan gratis serta contoh makanan vegetarian

16,970

F

Tainan

2001.04.25

Ceramah kerohanian dan kebudayaan serta kegiatan rekreasi di Rutan Tainan and cultural and recreational activities at Tainan Prison

4,830

G

Kaohsiung

2001.04.25

Ceramah kerohanian dan kebudayaan serta kegiatan rekreasi di Pusat Rehabilitasi Pemuda Kaoshiung

2,580

H

Bendera kehormatan dari Pusat Pemuda Kaoshiung

Total NT$70,740



Tabel 2: Biaya-biaya bagi Rumahtangga Kurangmampu di Formosa pada bulan Maret dan April 2001 (Satuan: NT$)

Tempat

Maret 2001

April 2001

Jumlah Rumah-tangga

Jumlah

Jumlah Rumah-tangga

Jumlah

Tambahan

Keelung

1

2,000

1

2,000

1

Taipei

8

23,000

8

23,000

2

Taoyuan

1

2,000

1

2,000

3

Hsinchu

1

3,000

1

3,000

4

Miaoli

2

6,000

2

6,000

5

Taichung

7

23,000

7

23,000

6

Nantou

6

23,000

6

23,000

7

Chiayi

1

3,000

1

3,000

8

Tainan

2

8,000

3

11,000

9

Kaoping

4

14,000

5

18,000

10

Taitung

3

8,000

4

10,000

11

Penghu

2

4,000

2

4,000

12

Hualien

1

5,000

1

5,000

13

Subtotal Bulanan

39

NT$124,000

42

NT$133,000

Jumlah Total NT$257,000

 

Biaya-biaya atas kegiatan amal di Formosa bulan Maret dan April 2001 seperti ditunjukkan pada Tabel 1 dan Tabel 2,  sejumlah NT$327740 (Kira-kira US$9992,07)

 


Restoran Vegetarian di Seluruh Dunia

Thailand:

Restoran Vegetarian Chijuya
(menyediakan masakan Jepang)
Alamat: The Silom Gallery 4F, 919/1 Silom Road, Bangkok 10500, Thailand
Tel: 2664393-4

Indonesia

Restoran & Kafe Aromas
(menyediakan masakan vegetarian eksotis)
Alamat: Jalan Legian, Kuta, Bali, Indonesia
Tel: 62-361-751003, 62-361-761113

Restoran Taman Kukuruyuk
Alamat: PO Box 27111 Ubud 80571, Bali, Indonesia
Tel: 0812-3900-200

Untuk informasi lebih lengkap mengenai restoran vegetarian di seluruh dunia, kunjungilah:

http://www.godsdirectcontact.com/vegetarian/veg.html 


Kesenian Surgawi

Dunia Yogi yang Bahagia--Matahari, Bulan, dan Bintang

Mengejar Matahari, menggapai bintang, dan memeluk rembulan--
Impian masa kecil ini
Terus tumbuh di hatiku
Hingga, di bawah bimbinganMu
Kudapat keberuntungan mengarungi alam-alam bulan dan bintang
Dan mengunjungi tempat asal Matahari
Maka,
Kutemukan Asal dari Jiwa,
Dan hidupkupun terbuka ke dalam Tiada Batasan

Mei merupakan bulan kegembiraan dan kehangatan, karena hari yang dipersembahkan bagi semua Ibu jatuh dalam dalam bulan ini, dan begitu pula hari jadi yang suci dari Guru kita. Mei ini, Guru menganugerahkan suatu kejutan menyenangkan bagi kami dengan merancang bagi anak-anakNya terkasih serangkaian busana bagi pria dan wanita. Untuk berbagi kasih Guru yang tak terhingga dengan dunia, Kelompok Busana Surgawi SM menyelenggarakan suatu "Peragaan Koleksi Musim Semi/Panas Yogi Bahagia SM 2001" yang khusus di Center Hsihu.

Sewaktu inisiasi, Guru telah mengungkapkan misteri planet dan alam semesta kepada kita. Kini Guru mengirim kita memo lebih lanjut melalui simbol-simbol pencerahan ini--"Matahari", "bulan", dan "bintang"--dalam rupa busana santai Yogi Bahagia SM baru-baru ini, mengingatkan kita untuk berlatih dengan rajin dan menemukan Kerajaan Surgawi dalam batin kita segera.

Koleksi "Bintang": Blus tertutup dengan suatu padanan celana panjang yang serasi. Bahannya katun murni, diproses untuk menghasilkan permukaan yang licin di kedua sisinya; teksturnya amat halus, lembut disentuh, dan nyaman dipakai. Pola bintang berbinar-binar di bagian depan blus dalam bentuk warna-warni, disulam menggunakan kulit menjangan Jepang tiruan yang mahal. Koleksi tersebut tersedia dalam warna putih dan warna-warna pastel yang populer seperti kuning pupus, kuning muda, dadu muda, hijau pupus, memberikan suatu penampilan yang sangat halus dan menakjubkan.

Koleksi "Bulan": Blus katun murni dengan suatu pola bulan sabit tersulam di bagian dada dengan kulit menjangan Jepang tiruan dalam bentuk tiga dimensi yang hidup. Pola bunga-bunga pada celana panjang sangat orisinil dan serasi dengan baju atasan apa saja. Pilihan bahan yang tersedia termasuk suatu bahan khusus dari Jepang dengan bunga-bunga warna ungu; bahan rayon dengan dua jenis bunga warna biru dan jingga; serta sutra buatan Italia dalam warna kopi.

Koleksi "Matahari": Koleksi ini, tersedia dalam warna pastel, bahan katun murni, berdasarkan suatu rancangan seni yang diciptakan dan disketsa secara pribadi oleh Guru usai retret tahun 2000 di Korea. Kelompok Busana Surgawi SM secara khusus menyibukkan para inisiasi untuk memproduksi rancangan itu sesuai dengan gambaran aslinya.


Bagaimana Menghubungi Kami

"Perjalanan Memasuki Alam-alam Indah" Kaset video Acara TV
E-mail: art&spirituality@Godsdirectcontact.org
Fax : 1-413-751-0848 (USA)

Kelompok Berita:
E-mail: lovesrc@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-801-7409196 or 886-946-728475 

Bagian Buku S.M.:
E-mail: divine@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-240-352-5643 or 886-943-802829
(Menyambut anda dengan hangat untuk bersama-sama 
menterjemahkan buku-buku Guru ke dalam bahasa-bahasa lain.)

Meja Informasi Kerohanian: 
E-mail: lovewish@Godsdirectcontact.org
Fax: 886-946-730699

S.M. Celestial Co., Ltd.
E-mail: smcj@ms34.hinet.net
Tel: 886-2-87910860 \ Fax: 886-2-87911226

The Supreme Master Ching Hai International  Association Publishing Co., Ltd.
Taipei, Formosa.
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org
Tel: (886) 2-87873935 \ Fax: (886) 2-87870873

Toko Buku Center LA
E-mail: vole@earthlink.net
Fax: 1-909-738-9992

Praktisi Perwakilan di Seluruh Dunia:
http://godsdirectcontact.com/eNews/english/123  


Situs WWW Kuan Yin

http://www.Godsdirectcontact.org.tw (Formosa; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)
http://www.smchbooks.com/ (Formosa; dalam bahasa Cina, Toko Buku SMCH)
http://www.Godsimmediatecontact.com (Singapore; dalam bahasa Inggris)
http://www.GodsImmediateContact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)
http://www.Godsdirectcontact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)
http://www.GodsImmediateContact.org (Jepang; dalam bahasa Jepang)
http://www.Godsdirectkontak.org (Indonesia; dalam bahasa Indonesia)
http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/ (Thailand; dalam bahasa Thai)
http://www.Spiritual-Discovery.org (A.S.; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris, Korea, Aulac)
http://www.Godsdirectcontact.com (A.S.; dalam bahasa Spanyol, Perancis, Inggris, bahasa Cina tradisional & disederhanakan)
http://www.Godsdirectcontact.com/aulac/ (A.S.; dalam bahasa Aulac)
http://www.spiritweb.org/Spirit/media.html?who=Suma%20Ching%20Hai (A.S.; dalam bahasa Inggris)
http://www.Godsimmediatecontact.net/ (A.S.; dalam bahasa Inggris)
http://www.godsimmediatecontact.net/aulac (A.S.; daam bahasa Aulac)
http://www.Godsimmediatecontact.org/video/ (A.S. dengan Windows Media Video & Real Video; dalam berbagai bahasa)
http://www.GodsImmediateContact.tripod.com (A.S.; dalam bahasa Inggris)
http://www.contactDirectAvecDieu.org (Perancis; dalam bahasa Perancis)
http://godsdirectcontact.rma.cz (Rep. Czech; dalam bahasa Czech)
http://www.Godsdirectcontact.org (Kanada dengan layanan Real Audio; dalam bahasa Inmggris, Aulac)
http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman; dalam bahasa Jerman)
http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org (Austria; dalam bahasa Jerman)
http://freespace.virginnet.co.uk/smch.ma/Godsdirectcontact/Persian.htm (Inggris; dalam bahasa Persia)
http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel (Hongaria; dalam bahasa Hongaria)
http://Godsdirectcontact.bizland.com/ (Swedia, dalam bahasa Swedia)
http://www.geocities.com/godsdirectcontact_2000 (Polandia; dalam bahasa Polandia, Inggris, Aulac)
http://www.contactodiretocomdeus.com.br (Brasil, dalam bahasa Portugis)
http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome (dalam bahasa Inggris)
(Pesanan Buku--Aku Datang Untuk Membawamu Pulang)
Kelompok Berita: lovesrc@Godsdirectcontact.org 

 

Untuk berlangganan versi e-mail, supaya bisa dikirimkan ke rekening e-mail pribadi, kunjungi salalh satu situs berikut:


http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/service/service.htm (bahasa Cina)
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/service/service.htm (bahasa Inggris)
http://www.Godsdirectcontact.org/au/service/service.htm (bahasa Aulac)
http://www.Godsdirectcontact.com/english/service.htm (bahasa Inggris)
http://www.Godsdirectcontact.com/spanish/service.htm (bahasa Spanyol)
http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/fan/service.htm (bahasa Cina, traditional)
http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/jian/service.htm (bahasa Cina, sederhana)

 

URL bagi Majalah Berita Mahaguru Ching Hai:


Bahasa Cina Traditional:
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/news/123/index.htm (Formosa)
http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/123 (A.S.)
http://www.Spiritual-Discovery.org/ch/news/123/index.htm (A.S.)
Bahasa Cina disederhanakan:
http://www.Spiritual-Discovery.org/gb_chinese/news/123/index.htm (A.S.) http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/123/index_gb.htm (A.S.)
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gb/news/123/index.htm (Formosa)
Bahasa Inggris:
http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/english/123 (A.S.)
http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/123/ (A.S.)
http://godsimmedatecontact.net/news/news123/ (A.S.)
http://www.Spiritual-Discovery.org/eng/news/123/index.htm (A.S.)
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/index.htm (Formosa)
Bahasa Aulac:
http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/ (A.S.; pola huruf VNI,VPS,VISCII and VNU)
http://godsimmediatecontact.net/aulac/n123/ (A.S.; pola huruf VNI)
Spanish: http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/spanish/ (A.S.)
Korean: http://www.Godsimmediatecontact.or.kr/news/123/index.htm (Korea)
Japanese: http://www.Godsimmediatecontact.org/kannon/news/newsindex.htm (A.S.)
Indonesian: http://www.Godsdirectkontak.org/news/news123/i123.htm (Indonesia)
Thai: http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/ (Thailand)
French:
http://www.contactdirectavecdieu.org/News/index.html (Perancis)
German: http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman)
Portuguese: http://www.contactodiretocomdeus.com.br (Brasil)

Situs download bebas: Kunci Pencerahan Seketika
(Buku Contoh: dalam 50 bahasa)

http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/publication/sample/sample.htm
http://www.direkter-kontakt-mit-gott.org/download/index.htm
http://www.godsdirectcontact.org/sample/

 

 

 

-- TAMAT --