Maha Guru Ching Hai
 No. 134

 

Saat kita memilih pilihan kasih, itu adalah pilihan tertinggi, pilihan termulia, diri sejati kita.

~Maha Guru Ching Hai


======= Daftar Isi =======

uGuru Menceritakan Lelucon
Jenis Dokter yang salah/ Bahkan Seekor Anjing Pun Dapat Memahaminya/ Pemandu yang Salah Tempat


uKata-Kata Guru
Hati-Hatilah dengan Perangkap Maya

uSelingan Rohani
Pembawa Obor Tuhan/ Guru Memenuhi Harapan Saya

uMeditasi Kelompok
Bangsa Filipina

 

uAcara TV Maha Guru Ching Hai

uRagam Peristiwa
Mongolia/ Jepang/ Macau/ Chili/ A.S./ Formosa

uLaporan Khusus Hari Ibu
Kartu-Kartu Ucapan Selamat sebagai Penghormatan pada Bunda Suci Kita yang Terkasih/ Kasih Ilahi Bunda Suci Memenuhi Florida, A.S.

uRumah Masakan Vegetarian di Seluruh Dunia
Oregon, A.S.

uKasih dalam Tindakan
Berkah Guru Terus Mengalir ke Afrika Selatan

uBerada di Jalur Rohani
Sebuah Keajaiban di Retret Surrey

uDunia Cerita
Berkah Tak Terhingga dari Sekarung Beras

uKeajaiban Guru
Kasih Guru Melembutkan Hati yang Paling Keras

uPuisi
Merindukan Guru Terkasih di Hutan Bunga Putih

uPeristiwa Center
Korea/ Austin, A.S.

u
Guru Bercerita
Kijang Emas – Salah Satu Kehidupan Lampau Sang Buddha

u
Mutiara Kebijaksanaan
Hewan adalah Sahabat Kita/ Hidup Berbagi dengan Semua Makhluk/ Semua Makhluk Hidup Sederajat


u
Kata-Kata Mutiara

u
Guru Berkata
Kasihilah Hewan Kesayangan Anda seperti Diri Anda Sendiri

uTanya Jawab Pilihan
Ahimsa – Memperluas Kasih kepada Rekan Hewan Kita

uDunia Hewan
Memberikan Kasih yang Sama/ Regu Medis Anjing Terlantar/ Teman Hewan Saya yang Luar Biasa

uPeningkatan Rohani
Kaset Video Terbaru Maha Guru Ching Hai

uLaporan Media
Majalah Dunia Cahaya Lapis Lazuli / Liberty Times, Formosa dan Laporan-laporan yang Terkait

uTerbitan Baru
Buku-Buku Terbaru Maha Guru Ching Hai/ DVD

uBagaimana Menghubungi Kami

uSitus WWW Quan Yin

Pesan Kecil:
Dalam pembicaraan mengenai Tuhan, atau Adi-Insani, kita akan menggunakan istilah muasal nir kelamin untuk menghindarkan perdebatan tentang apakah Tuhan itu adalah Wanita atau Lelaki. (Istilah ini lebih tercermin dalam penggunaan kata pengganti bahasa Inggris)

 

She or a He.

She + He = Hes (as in Mess)

Her + Him = Hirm (as in Firm)

Hers + His = Hiers (as in Beers)

Contoh: When God wants, Hes makes things happen according to Hiers will to suit Hirm.

Berita No. 134
Diterbitkan: 10 Juni 2002
Berdiri Sejak: 1 April 1990
Diterbitkan Oleh: Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai
Penerbit: Hsieh, Hsin Lin


Majalah Berita Maha Guru Ching Hai dipublikasikan  di Internet dalam berbagai bahasa: Aulac, Cina (baik itu versi tradisional maupun yang disederhanakan), Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Korea, Spanyol, Portugis, dan Thailand. Silakan mengacu ke “Situs WWW Quan Yin” dari majalah berita untuk  situs web yang berkaitan.



 

Sampul Belakang

Melalui usaha Beliau, Guru secara pribadi membangun Center Austin menjadi sebuah surga untuk pengembangan rohani, memberikan teladan hidup untuk kita semua.

Lukisan rohani yang berinspirasi dibuat oleh rekan inisiasi membawa surga ke ruang makan dan dapur Center Austin.

Dalam Paviliun Bulan Sabit, tanda nasehat Guru yang penuh cinta kasih muncul, berikut dengan jejak-jejak menandakan terobosan individu dan pengalaman-pengalaman perkembangan dari rekan inisiasi.

Pelataran Teh – Sebuah tempat terpencil untuk menikmati teh dan keindahan alam.

Sebuah rumah gaya desa dirancang menghadap ayunan bambu yang lembut.

Bermekaran dalam Taman Kaktus bunga-bunga eksotis yang berharga untuk dinikmati semua orang.

Bungalow Impian Surgawi membawa banyak mimpi yang menyenangkan dan sesi meditasi yang nyaman bagi rekan inisiat yang mengunjungi Center Austin.

Keterangan Halaman Warna:

Warna Dalam 1:

Dari seluruh dunia, anggota Keluarga Quan Yin tiba di Florida untuk merayakan Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun Guru dengan Ibu Guru tersayang kami.

Warna Dalam 2 & 3:

Melodi yang manis, musik penuh melodi, dan tarian penuh warna dipersembahkan dengan raya syukur yang tulus kepada Ibu Kudus yang terbesar di alam semesta.

Warna Dalam 4:

Cinta kasih tanpa syarat Guru dan kemurahan tanpa ego menyentuh para murid sampai pada hati mereka yang paling dalam, ketika mereka menemukan diri mereka di Surga tiap saat mereka menghabiskan waktu bersama Ibu kita yang murah hati.

 

Guru Menceritakan Lelucon

Jenis Dokter Yang Salah

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, AS,
6 Oktober 1999 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Ada seorang wanita yang pergi menemui dokter, dan sang dokter berkata, “Duduklah, Bu.  Ada masalah apa dengan Anda ? Bisakah Anda mengatakan pada saya apa yang salah?”  Dan kemudian wanita itu membentak dan berkata, “Ini tugas Ada untuk mengetahuinya, tahukah Anda?”  Sang dokter berkata, “Baiklah, saya akan menghubungi teman saya yang merupakan seorang veteran, ia adalah dokter satu-satunya yang saya ketahui yang dapat membuat diagnosa tanpa harus bertanya”.

Bahkan Seekor Anjingpun Dapat Memahaminya

Diucapkan  oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, AS,
28 Desember 2001 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Ada seorang guru Rusia yang berjalan menuju kelas Bahasa Rusia untuk pertama kalinya untuk menjumpai murid-muridnya.  Ia membawa anjingnya, dan ia menyuruh anjing itu untuk duduk, diam, datang, pergi, berguling, tewas seketika, dan seterusnya.  Sang anjing melakukannya tepat seperti yang diperintahkan sang guru, sehingga kemudian sang guru berkata, “Lihatlah kelas, bahasa Rusia sangatlah mudah bahkan seekor anjingpun dapat memahaminya”.

Pemandu Yang Salah Tempat

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, AS,
4 Oktober 1999 (Asalnya dalam bahasa Inggris)

Suatu ketika sebuah pesta berburu selalu gagal tanpa harapan.  Sehingga pemimpin pesta berburu dan para pemburu menjadi sangat marah.  Dan salah seorang dari mereka berkata pada sang pemandu, dengan sangat marah, “Saya pikir Anda beriklan bahwa Anda adalah pemandu yang terbaik di negara bagian New York”.  Sang pemandu juga bingung dan menggaruk kepalanya dan berkata, “Ya, ya, saya tahu, saya memang yang terbaik, saya memang yang terbaik.  Tetapi kita berada di Kanada sekarang !”

Silahkan kunjungi situs web berikut untuk menikmati versi video asli dari lelucon ini, dan anda dapat berbagi kebahagiaan humor Guru dengan mereka yang ada disekitar anda juga :
<http://www.godsdirectcontact.org/eng/news/134/jk1.htm> (A.S.)
<http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/news/134/jk1.htm> (Taiwan)
<http://www.godsdirectcontact.net/eng/news/134/jk1.htm> (A.S.)

 

Kata-Kata Guru

Hati-Hatilah dengan Perangkap Maya

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Taipei, Formosa, 2 Mei 1989

(Asal dalam bahasa China) Kaset Video No. 76

Kita, pelatih rohani, harus jernih dalam pemahaman kita sehingga kita tidak tertipu oleh siapapun. Namun setiap kali Maya menguji Anda, beberapa dari Anda akan gagal. Jangan mendengarkan perkataan orang lain tetapi dengarkan Guru! Jika tidak Anda akan terperangkap oleh Maya. Jika Anda mendengarkan perkataan orang lain dengan gegabah tanpa diskriminasi, Anda menurunkan tingkat Anda sendiri. Anda mengakui keunggulan mereka atas Anda. Lalu Anda menjadi bawahan mereka.

Ada terlalu banyak Guru palsu di dunia. Menambah satu lagi bukan masalah besar. Namun, alangkah sayang jika Anda yang memiliki kebijaksanaan tertipu. Mengapa tidak menjadi guru atas diri Anda sendiri? Jika Anda percaya atas segala sesuatu yang dikatakan orang lain pada Anda, dan tidak menggunakan kebijaksanaan Anda sendiri untuk melihatnya, maka orang lain akan tertawa akan kurangnya kebijaksanaan dan latihan Anda yang buruk.

Jika Anda membantu pekerjaan Guru dengan cara apa saja, Anda bahkan harus lebih waspada agar Anda tidak menunjukkan kesombongan. Saat kita menolong orang lain, hal ini seperti kita bekerja bagi diri kita sendiri. Kita semestinya tidak merasa puas diri dengan pekerjaan kita.  Jika demikian, kita akan jatuh ke dalam perangkap Maya. Katakanlah Anda berangkat kerja setiap hari dan majikan membayar Anda sepuluh atau dua puluh ribu dollar sebulan. Akankah Anda berpikir bahwa hal ini adalah sesuatu yang berharga untuk puas dengan diri sendiri? Akankah Anda merasa diri Anda sendiri sangat kompeten hanya karena Anda membantu majikan dalam pekerjaannya? Tidak! Malahan Anda akan amat takut kalau Anda mungkin melakukan kesalahan atau kalau Anda tidak layak terhadap pekerjaan itu. Anda akan kuatir akan dipecat jika Anda tidak berkinerja baik. Bukankah ini benar? (Hadirin menjawab: “Ya.”)

Kita semestinya juga  bersikap sangat rendah hati, amat waspada, dan sangat berhati-hati saat kita membantu pekerjaan Tuhan. Bagaimanapun juga kita melakukan sangat sedikit pekerjaan, lalu apa hebatnya? Kita bekerja untuk mendapatkan pahala, untuk membersihkan hutang karma kita, dan untuk belajar menjadi seorang suci. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk belajar. Karena itu, kita mesti bersyukur atas kesempatan belajar ini. Tidak perlu berpuas diri! Kapanpun kita merasa puas diri dengan pekerjaan kita, kita harus tahu bahwa Maya datang menguji kita.

Atau jika kita tidak sabar untuk menjadi seorang Buddha, Maya pasti akan datang untuk menguji kita. Ia akan mengatakan pada kita bahwa kita telah menjadi seorang Buddha. Maya mungkin tidak selalu seperti gambar yang kabur ini yang muncul pada Anda dalam meditasi Anda. Ia mungkin menggunakan seseorang yang datang mengebel bel pintu Anda mengatakan pada Anda, “Kita teman baik. Aku tahu kamu telah menjadi seorang Buddha. Aku tahu kamu telah mencapai alam ke delapan.” Bagi saya ini adalah ‘Zhu Ba-jie’! (Hadirin tertawa. Catatan: Ini adalah nama sang Babi dalam Perjalanan ke Barat, suatu sastra klasik China, dan Zhu Ba-jie terdengar serupa dengan ‘alam babi ke delapan’ dalam bahasa China.)

Latihan kita tidaklah sesulit itu. Tidaklah sukar untuk menjadi orang suci atau untuk mengajar orang lain. Mendidik diri sendirilah yang sulit. Pertama-tama kita harus disiplin dengan diri kita sendiri. Kita harus menjauhkan hasrat kita akan ketenaran dan keberhasilan dan membersihkan semua pikiran kotor kita. Hanya saat itulah kita dapat membersihkan orang lain. Jika diri kita sendiri sangat kotor, dan kita terus membersihkan orang lain, maka  kita akan mengkontaminasi mereka. Lebih parah lagi, mungkin mereka pada mulanya tidak sekotor itu, tetapi karena seluruh tubuh kita kotor, saat kita mencoba untuk membersihkan mereka, kita mengotori mereka atau mengotori pakaian mereka, membuat mereka bahkan lebih kotor.

Sebab itu, menolong makhluk hidup tidaklah sulit, tetapi menolong diri sendirilah yang sulit. Ada pepatah China: “Menang dari diri sendiri adalah hal yang paling sulit.” Tidaklah sukar untuk mengalahkan jutaan atau miliaran orang. Seseorang dapat menggunakan kekerasan, kekuatan, uang, atau bahkan kepandaian berbicara. Tetapi sangat sulit untuk mengalahkan diri kita sendiri karena kita tidak dapat menipu diri kita sendiri. Kita tidak akan dapat tidur di malam hari. Malaikat penjaga Anda akan datang dan menanyakan diri Anda mengenai tingkatan Anda, berkata, “Betapa beraninya Anda mengklaim diri Anda sebagai seorang master atau guru untuk kedua makhluk manusia dan surgawi?”

Dan tidak lama kemudian, utusan hitam dan putih dari Raja Kematian juga akan datang untuk “menyambut Anda”. (Guru dan hadirin tertawa). Mereka akan memberitahu Anda, “Waktumu telah tiba”. Pada saat itu Guru tidak akan mempedulikan Anda karena waktu Anda telah tiba dan Anda harus pergi dengan utusan Kematian. Anda harus mengurus diri Anda sendiri karena Anda telah menolak untuk mengakui kekuatan perlindungan Guru. Guru tidak akan memaksa Anda  untuk menerima perlingungan-Nya. Jika Anda menginginkannya, Guru akan memberikannya kepada Anda. Tetapi jika Anda tidak menginginkannya, Guru akan mengambilnya kembali.

Terdapat lebih dari beberapa orang yang disebut praktisi rohani di dunia ini, dan beberapa dari mereka memiliki kekuatan gaib. Tetapi kita harus membedakan antara jenis kekuatan yang kasar dan kekuatan Tuhan. Tuhan tidak memaksa orang. Tuhan menggunakan logika dan kebijaksanaan yang tinggi untuk membantu membuka kebijaksanaan Anda, dan kemudian kita memahami dan menerima-Nya dengan kemauan kita sendiri. Tetapi Maya menggunakan muslihat, kekuatan gaib, penindasan, omongan manis, dan tipuan untuk memaksa kita untuk percaya kepadanya. Walaupun akhirnya kita akan sadar, tetapi alangkah sia-sianya jika kita jatuh ke dalam perangkapnya! Kita hanya akan membuang waktu kita dengan percuma dan hanya akan terjatuh ke tingkat yang lebih rendah. Selain itu, hati kita akan terluka dan akan sangat sulit untuk pulih kembali. Benar-benar tugas yang sulit untuk membersihkan kesangsian pikiran untuk memulai kembali. Sekarang kesangsian kita semakin mendalam. Sekali kita terjatuh ke tingkat yang lebih rendah, tidaklah mudah untuk memanjat naik kembali.

Kita para praktisi harus memiliki pikiran yang murni dan sederhana, tetapi keserderhanaan bukan berarti kebodohan. Pikiran yang murni dan sederhana berarti bahwa kita tidak berpikir yang jelek terhadap orang lain dan tidak juga mengutuk orang lain. Kita melakukan perbuatan baik dan kita membantu dan menghibur orang lain. Apapun yang bisa kita kerjakan, kita bekijangha sebaiknya untuk melakukannya. Kita tidak mencurigai orang lain dengan gegabah. Sebaliknya, pikiran yang bodoh mengikuti apapun yang dikatakan orang lain, dan kemudian pikiran menjadi tamak akan kekuatan gaib, kedudukan rohani, dan pujian. Sekali kita minum racun pujian maka kita akan teracuni dan kita akan kehilangan kekuatan untuk menilai. Kita tidak akan dapat menilai apakah kata-kata orang lain adalah logis atau masuk akal atau apakah tipe orang tersebut pantas disanjung atau apakah kita harus menatap mata orang-orang tersebut.

Mengapa Anda terburu-buru? Anda memerlukan beberapa waktu untuk membuat penilaian Anda. Jika Anda sendiri tidak bisa menilai, Anda mempunyai seorang Guru untuk bertanya karena Ia masih di sini. Masih ada banyak hal yang tidak Anda pahami, sehingga Anda perlu untuk menanyai-Nya. Tetapi Anda bahkan tidak bertanya pada Guru karena Anda tidak pernah memikirkan-Nya! Beberapa dari Anda sangat bingung. Secara diam-diam Anda membuat kelompok untuk mencoba memberontak melawan saya. Lucu sekali! Anda pikir Guru tidak tahu apa yang sedang Anda lakukan! Saya mengawasi Anda melalui “teropong” saya dan tertawa. Seperti halnya menyaksikan anak-anak sedang membuat kekacauan dan merasa senang dengan dirinya sendiri. Lalu Anda dikuasai oleh iblis dan Anda bahkan bahagia, berpikir bahwa orang tua Anda tidak menyadari apa yang sedang Anda lakukan.

Dalam rangka untuk memikul tanggung jawab sebagai seorang Guru, saya harus memberi Anda peringatan. Saya tidak ingin mencampuri permainan kekanak-kanakkan Anda. Tidak berarti apa-apa bagi saya jika saya kehilangan beberapa orang dari Anda. Tetapi bagaimanapun juga, Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati dan memahami dengan jelas apa yang sedang dilakukan oleh orang lain. Guru masih berada di dunia ini, sehingga Anda bisa selalu menanyai-Nya jika Anda mempunyai pertanyaan. Jika Ia tidak dapat menjernihkan masalah atau memberikan penjelasan, maka Anda boleh membuat keputusan Anda sendiri.

Anda telah diinisiasi oleh Guru, sehingga paling tidak Anda harus menghormati tanggung jawab Guru pada diri Anda. Saya tidak meminta Anda untuk menghormati Guru secara pribadi, tetapi saya harus mengingatkan Anda beberapa hal. Saya bertanggung jawab atas diri Anda; saya harus membawa Anda melampaui tiga dunia sebelum tugas saya selesai. Jika Anda meninggalkan saya di tengah jalan, saya akan merasa bahwa saya tidak melakukan tugas dengan baik, dan kemudian kita semua akan merasa sangat menderita.

Alam semesta mempunyai hukumnya sendiri. Kita tidak bisa melakukan segala hal dengan sesuka hati. Dunia latihan rohani penuh dengan bahaya. Kita tidak dapat bermain-main sesukanya; jika begitu, kita akan melukai diri sendiri dan juga orang lain. Dan kemudian neraka akan menanti kita. Begini contohnya: Devadatta adalah sepupunya Budha Sakyamuni, dan ketika Sakyamuni masih hidup, dia memberontak melawan Sang Budha dan membawa serta bersamanya beberapa murid untuk mendirikan sekte lain. Dia juga menjadi semacam Guru seperti halnya Sakyamuni. Tetapi, setelah Sakyamuni meninggal, Beliau memasuki Nirwana dan terangkat ke alam yang sangat tinggi dengan kemuliaan dan kehormatan yang luar biasa. Seluruh alam semesta mempercayai-Nya. Dan kemudian Beliau mencapai alam yang lebih tinggi dan semakin tinggi di atas sana. Tetapi tahukah Anda ke mana perginya Devadatta ketika dia meninggal? (Hadirin menjawab: ”Api neraka”) Ya!

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam perbuatan kita. Jangan sangat berharap untuk menjadi seorang Guru. Jabatan seorang Guru bukanlah suatu kedudukan atau gelar. Jabatan seorang Guru bukan hanya kata-kata yang diucapkan Guru. Jabatan seorang Guru adalah jenis kekuatan yang lain, yang diakui oleh seluruh alam semesta. Tidaklah sesederhana itu. Anda melihat seorang Guru berbicara dan Anda pikir bisa melakukan hal yang sama, dan bahwa Anda juga bisa menjadi seorang Guru. Tidak, tidak! Setiap orang bisa membuat iklan tentang biskuit tetapi apakah pembuat iklan tersebut mempunyai biskuit untuk diberikan kepada Anda merupakan suatu hal yang berbeda. Kita tidak bisa menipu orang lain dengan lumpur biskuit dan mengatakan kepada mereka,”Ini sama seperti yang sebenarnya”. Ketika orang makan biskuit palsu ini, mereka akan mengalami masalah dengan perutnya atau mereka akan mati.

 

Selingan Rohani

Pembawa Obor Tuhan

Oleh saudari inisiat Phenix, Austria

Mungkin karena beberapa hubungan karma yang tak diinginkan dari masa lalu, saya harus melalui sebuah masa yang sulit dimana seseorang secara terus menerus mempraktekkan ilmu hitam pada saya.  Pertahanan saya satu-satunya menghadapi pengaruh negatif ini adalah Kekuatan Guru – berdoa kepada Guru dan mengulang Nama Suci.  Saya sekarang baru sadar bahwa pengalaman ini adalah berkah tersamar.  Dengan dihadapkan dengan begitu banyak “kebalikan dari positif”, saya belajar melalui percobaan saya sendiri bagaimana kekuatan positif bekerja, dan bagaimana itu akan selalu mengatasi negatif, hanya jika kita memiliki iman.

Saya ingat suatu ketika saya sedang naik kereta, dan saya merasa kehadiran energi padat yang tidak menyenangkan mengelilingi saya seperti sebuah awan yang hitam.  Saya secara spontan mulai mengulang Nama Suci, tetapi setelah beberapa saat, beberapa bagian dari energi itu tetap berkeliling.  Saya akhirnya mulai mengulang nama Guru, dan dalam beberapa detik saya dapat melihat sorotan sinar yang berkilauan mengusir awan gelap itu, dan mengisi seluruh gerbong kereta dengan energi yang terang dan penuh cinta kasih

Hal ini membuat saya sadar bahwa bahkan jika kita tidak melakukan apapun kecuali mengulang Nama Suci dan memikirkan Guru sepanjang hari, kita sudah membawa banyak sinar kemanapun kita pergi, walaupun itu mungkin tidak terlihat oleh mata biasa.  Dengan secara tulus memusatkan pikiran kita pada Guru, kita adalah benar benar pembawa obor Tuhan!

 

Guru Memenuhi Harapan Saya

Oleh saudara inisiat Sunpea, Chatham, Ontario, Kanada

Berikut ini adalah sebuah pengalaman yang saya peroleh pada retret Natal empat-hari 2001 di Center Florida.  Suatu hari selama retret, saya merasa sedikit gelisah, dan saya berpikir pada diri sendiri, “Oh, saya akan senang untuk melayani Guru.  Saya akan senang untuk membantu-Nya membersihkan rumah-Nya, agar beliau tidak harus melakukannya”.  Saya juga merasa sedikit sendirian, dan saya berpikir, “Oh, akan menjadi bagus jika saya dapat bermain dengan Lucky (salah satu dari anjing kecil yang disukai Guru).  Itu akan membuat saya merasa lebih baik”.

Tentu saja, yang terbaik untuk mengatasi perasaan sementara seperti itu adalah bermeditasi dan mengulang Nama Suci, tetapi sebaliknya saya terus memikirkan harapan-harapan ini.  Malam itu secara tak terduga Guru mengundang beberapa murid ke rumah beliau.  Dan sudah pasti, hal pertama yang saya lakukan adalah bermain dengan Lucky!  Setelah beberapa saat; seorang murid merasa sedikit mual, jadi saya menemaninya ke kamar mandi.  Kami di situ meninggalkan sedikit kekotoran, jadi saya berpikir saya akan membersihkannya sedikit.  Saya kemudian sadar bahwa keinginan kedua saya sedang dipenuhi.

Sayang sekali saya tidak mengharapkan pencerahan hari itu!  Yah, jika saya memiliki “harapan” lain lagi di masa depan, sudah pasti saya akan memikirkan pikiran yang lebih mulia dan tidak egois sehingga tidak terjebak dalam pikiran dan emosi saya sendiri.  Terima Kasih, Guru, atas pengalaman menyenangkan ini.

 

Meditasi Kelompok

Laporan dari Filipina

Sebuah Mercusuar Rohani untuk Era Baru

Ditulis oleh utusan Quan Yin

Center Manila baru-baru ini mengadakan inisiasi di mana beberapa inisiat baru diberkati oleh pengalaman yang amat baik pada saat kelahiran kembali, dan semua rekan inisiat yang lebih lama yang hadir merasa bahagia atas mereka.  Rekan praktisi datang dari semua bagian negara untuk bergabung dalam peristiwa tersebut, beberapa harus bepergian dengan ferry selama dua puluh empat jam dari pulau terpencil. Setelah inisiasi, mereka memutuskan untuk menggunakan peristiwa langka ini untuk pergi ke Baguio, tempat peristirahatan musim panas di Filipina, di mana mereka mengadakan retret dua hari dan menikmati perayaan Hari Ibu dan Ulang Tahun Guru yang lebih awal di rumah seorang inisiat.

Beberapa tahun lalu pemerintah Filipina dengan baik hati mengizinkan manusia perahu Aulac, yang tinggal di Pulau Palawan, untuk bertempat tinggal secara terpencar pada beberapa Pulaunya, dan menawarkan mereka perlakuan yang baik (misal kesempatan bekerja dan kebebasan) sebagai perwujudan kebajikan orang Filipina yang sejati. Beberapa dari mereka adalah rekan inisiat yang mewujudkan harapan mereka dengan membangun sebuah kehidupan baru dari awal. Pengalaman ini menunjukkan karakteristik nasional yang sempurna dari masyarakat Aulac, yang mendapatkan dukungan dan stamina dari ketekunan dalam pengembangan rohani. Inisiat Aulac di Filipina hidup di sejumlah pulau, dan banyak yang telah mendirikan center vegetarian di lingkungan mereka. Mereka sering mengundang tetangga dan kawan untuk menonton video Guru, dan mendistribusikan majalah secara gratis. Beberapa tahun yang lalu Guru berkata pada kami, “Cepat atau lambat kita akan harus menjadi pembawa obor dalam hal rohani sebagaimana pula dalam hal pencapaian duniawi.” Setelah menemukan tempat kediaman yang permanen di Filipina, rekan inisiat Aulac dengan dalam menyadari ajaran Guru yang berharga dan mempraktekkannya. Diam-diam mereka memancarkan cahaya rohani di segala tempat di negara mereka.

Rumah saudari Xing di Teluk Subic, bekas pangkalan angkatan laut Amerika Serikat, memberikan suatu teladan yang khas. Ketika melangkah masuk ke dalam rumahnya, seseorang tampak sedang memasuki sebuah center meditasi. Foto Guru menutupi setiap dinding dan semua rak dipenuhi dengan buku Guru dan majalah Berita. Rasa syukur saudari Xing kepada Guru tampak jelas setelah bertemu dengannya. Setelah ia meninggalkan kemah pengungsi beberapa tahun yang lalu, ia memperoleh penghasilan dari menjual sepatu kasual. Dari pagi hingga malam ia bepergian jauh ke mana-mana, membawa sepatu dalam satu tas di punggungnya dan pergi dari satu rumah ke rumah. Ia banyak meditasi dan sangat energik meskipun makan sangat sedikit. Pipinya yang kemerahan membuatnya tampak sehat dan bahagia. Tidak ada seorang pun yang akan pernah tahu bahwa ia baru saja pulih dari kecelakaan lalu lintas. Meskipun kendaraan yang ia naiki pada saat kecelakaan sebenarnya menjadi rongsokan dalam tabrakan tersebut, saudari Xing merasa perlindungan kasih Guru dan tidak merasa takut. Operasi yang ia terima sesudahnya sangatlah berhasil, hampir tidak meninggalkan bekas luka yang terlihat.

Contoh lain dari pengaruh positif rekan inisiat pada Filipina adalah Rumah Makan Vegetarian di Palawan, suatu usaha yang sangat berhasil. Pengaturan Guru yang tak terasa telah membuatnya menjadi sebuah benteng rohani yang dapat berfungsi dalam berbagai jalan, karena ia dengan mudah membangun hubungan dengan para turis dari banyak negara. Pemandangan Palawan yang indah terkenal di seluruh dunia, dan sampai saat ini, Rumah Makan Vegetarian Palawan telah menjamu turis-turis dari Eropa Utara, Amerika Selatan, Timur Tengah, Thailand, dan daerah lain dengan hidangannya yang lezat dan sambutan yang ramah. Banyak dari pengunjung ini mungkin mendengar tentang Guru di tanah air mereka, tetapi tidak berpikir untuk memulai berlatih rohani sampai mereka datang ke restoran tersebut. Mungkin Tuhan mengatur bagi mereka untuk mengambil liburan di Palawan. Dengan benak yang rileks, mereka secara alami ingin mengetahui lebih banyak mengenai ajaran Guru, dan beberapa orang tidak perlu menunggu untuk belajar Metode Kemudahan!

Rekan inisiat yang bekerja di Rumah Makan Vegetarian bermeditasi bersama saat istirahat siang hari. Kemudian, dengan penuh terisi, mereka memulai pelayanan sore harinya. Mereka tahu dengan amat baik bahwa berkah Guru adalah bahan sesungguhnya yang membuat makanan restoran sangat lezat. Kapanpun mereka ada waktu, rekan inisiat bepergian ke segala tempat dengan alat transportasi negara yang populer, yaitu roda tiga,untuk menyebarkan ajaran Guru. Dengan sebuah televisi dan pemutar video, mereka pergi berkeliling sambil memutarkan video ceramah Guru pada warga negaranya. Hal ini sungguh-sungguh merupakan suatu cara yang eksotik dalam menyebarkan Kebenaran. Dikatakan bahwa bahkan Walikota Palawan telah menonton video konser “Satu Dunia…dalam damai melalui musik”, dan telah mengatakan pada rekan praktisi bahwa ia sangat menyukai acara musik ini.

Retret dua-hari Baguio usai dengan rekan inisiat terangkat setelah diberkati oleh kasih Guru yang melimpah. Kemudian, saat mereka bernegosiasi dengan televisi dan stasiun radio setempat mengenai penyiaran acara Guru, segala sesuatu berjalan lancar. Dengan demikian, mulai Mei tahun ini, orang di Filipina akan dapat mendengarkan program radio dan televisi, dan berarti terberkati oleh kebijaksanaan ilahi-Nya saat bersantai di rumah.

Gm1-1-134.jpg:

Foto Guru yang dihiasi simpul Cina adalah favorit rekan praktisi.

Gm1-2-134.jpg:

Rekan inisiat dari segala umur dipenuhi dengan kebahagiaan saat mereka dengan gembira merayakan ulang tahun Ibu Guru selama retret dua hari.

Gm1-3-134.jpg:

Para inisiat dengan hasrat yang besar menonton video Guru dan mengisi diri mereka secara rohani dengan ajaran-Nya.

 

Acara TV Maha Guru Ching Hai

Daerah: Pulau Palawan, Filipina

Stasiun: TV Channel 7 / ABS & CBN
Mata acara
: Video ceramah Maha Guru Ching Hai

Waktu: 09.00 – 10.00 AM setiap Sabtu

Daerah: Filipina

Stasiun: DYPR AM Stasiun Radio (765 kh)

Mata acara: kaset audio ceamah Maha Guru Ching Hai

Waktu: 07.15 – 07.30 PM hari Senin sampai Jumat

(DYPR adalah stasiun radio terbesar di Filipina. Pendengar di Indonesia dan Malaysia juga dapat mendengar siarannya.)

Untuk jadwal terbaru dari acara televisi dan radio lain dari Maha Guru Ching Hai, silakan kunjungi: <http://www.godsdirectcontact.net/events/tv.htm>

 

Ragam Peristiwa

Laporan dari Mongolia

Musim Semi Rohani Tiba di Mongolia

[Ulaanbaatar] Mongolia benar-benar mempesona di musim semi. Saat terbang melintasi negeri pada waktu tahun ini, semua yang dapat dilihat seseorang dari pesawatnya adalah bentangan luas bumi keperakan. Kepingan salju putih murni jatuh dari langit saat matahari terbit di timur. Dalam cahaya matahari, Mongolia tampak seakan-akan Surga menurunkan hujan perak. Pemandangan yang tidak biasa ini membawa benak pikiran pada alam surgawi!

Di Mongolia orang mulai menerima chih-kung (suatu jenis seni bela diri Cina), yoga dan bentuk lain dari latihan rohani. Metode Quan Yin secara perlahan-lahan juga telah mendapat popularitas di antara masyarakat, dan sekarang mereka lebih siap untuk menerima vegetarianisme daripada sebelumnya. Banyak orang Mongolia telah mulai menjalankan diet vegetarian dan berlatih meditasi Metode Kemudahan. Beberapa praktisi lokal telah merasakan wujud manifestasi Guru dengan cahaya yang amat kuat dan penglihatan aneka warna saat mereka meditasi. Dari ekspresi wajah mereka, jelas bahwa kasih Tuhan yang tak terhingga memberkati jiwa-jiwa yang rindu akan pembebasan ini.

Anggota media setempat sudah sering mengunjungi Center Ulaanbaatar. Dan setelah melakukan wawancara di Center, seorang reporter dari stasiun radio Ulaanbaatar FM 107, baru-baru ini memutuskan untuk belajar Metode Kemudahan pada kunjungan berikutnya. Kepala editor Koran Noble Living juga mengunjungi Center dan sangat tersentuh saat mempelajari lebih banyak mengenai kehidupan Guru. Seorang Kristen yang saleh sering berdoa kepada Tuhan untuk menganugerahkan lebih banyak kasih padanya. Namun ia masih merasa bahwa ia tidak memiliki cukup kasih untuk berbagi dengan orang lain. Karena kerinduannya yang kuat, ia memutuskan untuk mempelajari Metode Kemudahan dengan segera, dan merasa sangat penuh energi setelah sesi meditasi pertamanya. Ia menyebutkan bahwa selama meditasi Cahaya yang cemerlang menyinarinya, memberkatinya dengan kasih ilahi Tuhan dalam tubuh, pikiran, dan jiwa. Sebelum pergi, ia dengan sukarela membantu penerjemahan bahasa Mongolia dan mengoreksi terbitan Guru.

Dengan berlatih Metode Kemudahan, banyak penduduk setempat telah mengenali kualitas dalam dirinya yang bersinar dan keagungan jati diri mereka. Mereka sangat bersyukur pada Guru atas tuntunan dan berkat-Nya, yang memperbolehkan mereka bergembira seterusnya dalam kasih tak berhingga Tuhan.

Sp5-1-134.jpg

Seminar video penyebaran Kebenaran diselenggarakan di Ulaanbaatar.

 

Sukses Besar dalam Mempromosikan Vegetarianisme

[Baganuur] Center Baganuur baru-baru ini menyampaikan dua seminar untuk memperkenalkan Metode Quan Yin pada masyarakat setempat. Peserta menunjukkan minat yang besar dan sangat ingin tahu apakah kehidupan mereka akan berubah menjadi lebih baik setelah mengalami pencerahan. Setelah seminar, lebih dari separuh peserta tetap tinggal untuk mempelajari Metode Kemudahan. Rekan praktisi menyiapkan sejumlah besar hidangan vegetarian yang lezat untuk acara itu. Pada kenyataannya, saudari yang berusia tiga belas tahun yang hanya memiliki satu tangan memasak lima hidangan lezat. Setiap orang yang mencicipi makanan tersebut terkesan, dan menyadari bahwa masakan vegetarian tidak hanya lezat tetapi juga mudah disiapkan, begitu mudahnya sehingga seorang remaja seperti saudari ini dapat melakukannya dengan baik.

Dalam sebuah rumah sakit yang terdekat, direkturnya memutuskan untuk menyajikan hidangan vegetarian pada pasiennya, setelah mengamati bahwa sejak ia berlatih Metode Kemudahan, ia dapat lebih memahami kebutuhan mereka. Ia percaya bahwa diet vegetarian dapat menjaga tubuh kita tetap sehat dan berenergi dan pikiran kita tetap jernih. Praktisi lain Metode Kemudahan, seorang dokter, dengan gembira menyatakan bahwa sejak sekarang dan seterusnya, ia akan mendorong semua pasiennya untuk beralih ke diet vegetarian; karena itu adalah diet dari nenek moyang kita dan juga merupakan rahasia pada panjang umur.

Sp5-2-134.jpg

Menjalin persahabatan dengan menikmati makanan vegetarian di Baganuur.

 

Laporan dari Jepang

Pameran Buku Internasional Tokyo 2002

[Tokyo] Dalam rangka membagikan ajaran Guru kepada publik, inisiat dari Center Tokyo berpartisipasi dalam Pameran Buku Internasional Tokyo dari 18 hingga 21 April 2002. Sebelum acaranya, rekan praktisi telah mengerahkan usaha seoenuhnya untuk mendapatkan edisi buku Guru dalam bahasa Jepang tercetak pada waktunya. Dibandingkan dengan festival buku sebelumnya yang kami ikuti, publikasi Guru yang lebih kaya variasinya tersedia  untuk dipamerkan tahun ini, memberikan semangat dan kegembiraan yang besar pada rekan praktisi Jepang.

Untuk memberikan pada lebih banyak orang kesempatan untuk menghargai kreasi artistik Guru, kami juga memamerkan lukisan-Nya dan lampu Panjang umur di tempat tersebut. Karena gerai pameran kami dihiasi dengan indah oleh pancaran rohani karya seni Guru, lingkungan dipenuhi oleh atmosfer kehangatan dan kedamaian.

Banyak pengunjung bersungguh-sungguh mengunjungi gerai kami, termasuk seseorang yang mengatakan pada kami bahwa setelah mendengar tentang perbuatan welas kasih Guru pada saat ia berjalan-jalan di Mesir, ia mulai mencari kelompok kami. Ia sangat tersentuh oleh pertemuan dengan kami yang kebetulan ini hari itu dan dengan tulus bersyukur atas pemgaturan Guru yang luar biasa. Pengunjung lain skeptis setelah dengan segan menerima buku contoh. Setelah membacanya di rumah, bagaimanapun juga, ia mendapati dirinya sangat menyukai ajaran Guru, dan kembali bersama temannya pada hari berikutnya.

Kami berharap bahwa pameran buku ini akan menolong lebih banyak orang untuk menjalin ikatan jodoh dengan Guru, dan kemudian mulai berjalan pada Rumah sejati mereka dalam waktu dekat di masa depan.

Sp8-1-134.jpg

Sp8-2-134.jpg

 

Laporan dari Macau

Pameran Buku Antar-Selat 2002 di Macau

[Macau] Untuk mengenalkan ajaran Guru dan Metode Quan Yin pada sejumlah orang yang lebih besar di daerah kami, rekan praktisi Macau baru-baru ini ikut serta dalam Pameran Buku 2002 dari tanggal 28 Maret hingga 7 April.

Terima kasih atas dekorasi yang sangat indah yang dikerjakan oleh rekan praktisi, gerai pameran kami adalah yang paling menarik dan terindah di tempat tersebut. Sebagai tambahan memamerkan publikasi Guru, kami menayangkan DVD beberapa ceramah Guru. Sebuah komputer juga dipersiapkan sehingga para pengunjung dapat melihat situs Web Quan Yin di Internet.

Selama Pameran gerai Guru menarik begitu banyak pengunjung yang rindu akan perkembangan rohani. Peserta pameran dari gerai lain juga mendapatkan waktu untuk berhenti untuk menonton DVD ceramah Guru. Satu pengunjung khusus datangsetiap hari untuk mendengarkan ceramah Guru, dan juga membeli foto Guru, dan ketika acara akhirnya hampir berakhir, ia enggan melihat kami pergi.

Pengaturan Guru yang luar biasa membuat keikutsertaan kami di dalam Pameran Buku menjadi sebuah acara yang sukses. Rekan praktisi dari Formosa, Daratan Cina, dan Hong Kong menyumbangkan banyak bantuan. Acara tersebut tidak hanya merupakan sebuah kesempatan bagi penduduk Macau untuk mengangkat jiwa mereka, tetapi juga bagi rekan praktisi dari empat daerah di tiap sisi dari Selat Taiwan untuk belajar dan tumbuh bersama.

Sp4-1-134.jpg

Sp4-2-134.jpg

 

Laporan dari Chili

Kasih Guru Meliputi sebuah Desa Terpencil

[Serena] Desa Paihuano terbentang di kaki Pegunungan Andes di sebelah utara Chile. Penduduk desa di sana menjalani kehidupan sederhana yang khas dan mencari spiritualitas untuk mengikutinya. Tetapi, beberapa tahun yang lalu sejumlah kekeringan dan banjir secara beruntun menghancurkan desa yang indah ini. Kemudian sebuah angin topan mengoyak atap hampir semua rumah penduduk. Pepohonan tumbang dan aliran listrik terputus. Dan salju yang belum pernah terjadi sebelumnya turun, dan bahkan lebih sialnya, gempa yang kuat hampir meratakan seluruh desa.

Pada saat itu, utusan Quan Yin dan sekelompok rekan inisiat mulai melakukan usaha pertolongan dengan segera. Ketika Guru tercinta kita mempelajari situasi di Paihuano, Beliau dengan segera menginstruksikan inisiat untuk mengirimkan dana bantuan kepada area yang terkena bencana, di mana kepada desa menerima uang atas nama penduduk setempat. Melalui sumbangan kasih Guru, kehidupan normal perlahan-lahan pulih pada penduduk Paihuano. Area penggembalaan ini sekarang tampak lebih bersih dan rapi daripada sebelumnya, dan senyuman sekali lagi menerangi wajah desa.

Sebagai tambahan,penghubung Center Serena Chile, seorang dokter gigi, baru-baru ini dikirimkan ke Paihuano untuk memberikan pelayanan gigi secara temporer pada penduduk, karena ia sedang berlibur. Saat ia merasa tingkat rohani yang tinggi dari penduduk desa, dengan segera ia memutuskan untuk mengadakan ceramah rohani di sana. Ceramah tersebut terbukti sukses, karena para peserta menunjukkan minat sangat besar dalam ajaran Guru, dan Metode Kemudahan diberikan pada mereka yang ingin belajar.

Pada akhir ceramah, satu pengunjung, yaitu kepala desa, meminta untuk berbicara beberapa patah kata, mengekspresikan penghargaan yang sangat besar atas bantuan welas kasih Guru pada warganya. Ia mengatakan bahwa pada saat bencana alam, pemerintah setempat dan organisasi amal meletakkan prioritas yang lebih tinggi pada area yang berpenduduk padat dan cenderung untuk mengabaikan daerah terpencil seperti Paihuano. Tetapi Guru tidak melupakan mereka dan menawarkan mereka bantuan dengan segera.

Saudara yang bertanggung jawab atas ceramah dijadwalkan untuk kembali ke Serena sekali dokter gigi setempat kembali ke Paihuano, tetapi hal itu akan menyebabkan calon inisiat tidak terurus. Kebetulan dokter gigi yang sedang berlibur tidak kembali ke posnya seperti yang direncanakan. Karena itu saudara menempati daerahnya dengan gembira dan memutuskan untuk tinggal di desa bersama denga anggota keluarganya untuk mengurus center lokal yang baru. Terima kasih, Guru, atas kasih-Mu yang kekal dan pengaturan yang sempurna!

Laporan dari Amerika Serikat

Menyatukan Jasmani, Pikiran dan Rohani - - Expo Abad Baru San Francisco

[San Francisco] Dari tanggal 26 hingga 28 April 2002, para rekan sepelatihan setempat dan regu masak Rumah Makan Vegetarian San Jose mengambil kesempatan untuk mempromosikan gaya hidup vegetarian dan memberikan informasi rohani kepada penduduk Daerah Teluk San Francisco pada acara Expo Abad Baru San Francisco yang berlangsung selama tiga hari. Selama berlangsungnya acara, sejumlah orang terus antri di gerai kami yang tertarik akan video Guru. Sambil menikmati sajian makanan kami dengan penuh selera, para pengunjung dengan penuh minat menanyakan tentang Guru dan ajaran-Nya. Banyak yang telah mengetahui Guru melalui acara TV dan radio yang kami siarkan secara setempat.

 

Seorang lelaki yang berkunjung ke gerai kami tiga kali sehari untuk membeli makanan, mengatakan bahwa dia melihat lingkaran pelangi di sekitar siswa yang bekerja di gerai kami. Pengunjung lainnya mengatakan bahwa para siswa dipenuhi oleh cahaya dan kasih, dan kami semua tersenyum, mengetahui bahwa cahaya tersebut berasal dari foto Guru yang dipajangkan di gerai kami. Sungguh merupakan suatu kegembiraan tersendiri setelah beberapa hari  Expo tersebut berakhir sewaktu bertemu dengan salah satu penunjung yang dengan bahagia menyerahkan formulir inisiasi di Rumah Makan Vegetarian San Jose. Kami sungguh bersyukur kepada Guru yang telah memberikan kesempatan kepada kami sebagai alat dalam melayani Tuhan dan menolong anak-anaknya menemukan Rumah mereka kembali.

 

Sp9-1-134.jpg

Sp9-2-134.jpg

Laporan dari Formosa

Menguasai CPR untuk Menyelamatkan Kehidupan

[Hsinchu] Pada tanggal 30 hingga 31 Maret 2002, dengan mengikuti teladan Guru dalam mengungkapkan kasih-sayang dan cinta-kasih universal kepada seluruh makhluk hidup, Center Hsinchu di Formosa memberikan sponsor kegiatan "Marilah Kita Belajar CPR untuk Menyelamatkan Kehidupan" di auditorium dan ruangan kelas Sekolah Dasar Chuzern di Chupei. Kegiatan tersebut didukung oleh Palang Merah ROC cabang Hsinchu dan memperoleh sambutan yang hangat dari para pelajar serta penduduk setempat.

 

Dengan berkah Guru, para rekan inisiat berhasil menjalin hubungan dan mengatur kerja secara baik selama kegiatan berlangsung dan secar sukarela ikutserta dalam kegaitan tersebut dengan penuh semangat. Selama berlangsungnya acara dua hari tersebut, mereka belajar banyak keahlian mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan secara intensif dan menyeluruh, yang mana tentunya dapat mereka terapkan pada waktu yang akan datang demi kebaikan orang lain dan bagi diri mereka juga.

 

Sp3-1-134.jpg

Sp3-2-134.jpg

Tarian Menuju Anping - Menyucikan Tubuh dan Pikiran

[Tainan] Guna mengenalkan latihan rohani kepada penduduk setempat dan meningkatkan kualitas selama wisata yang ada, para rekan sepelatihan Formosa menyelenggarakan acara "Tarian Menuju Anping" di Benteng Tanah Zee, suatu bangunan bersejarah yang sangat terkenal di Kota Tainan. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 7 April 2002 bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Anping, yang mempromosikan perkembangan kebudayaan tradisi Tainan. Baik kelompok Buddhis maupun Katolik ikut serta dalam kegiatan akbar tersebut dan menanamkan daya cipta rohani serta ragam budaya.

 

Para rekan sepelatihan memadukan inti tarian modern dan tradisional pada pertunjungan mereka, yang membimbing para penonton melalui berbagai era sejarah China. Tarian tradisi rakyat mereka yang penuh gaya dan anggun dengan gerakan dinamis tarian modern yang berjiwa muda, memberikan suatu pertunjukan yang penuh kehidupan, hati yang lapang, dan daya cipta rohani dari para praktisi Quan Yin.

 

Wali Kota Tainan Hsu Tien-tsai juga hadir pada acara tersebut dan memuji sumbangan sosial yang positif dari para anggota Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai melalui partisipasi dan suaka lingkungan mereka serta kegiatan penyucian tubuh dan pikiran yang telah mereka lakukan sembari menjalani latihan rohani mereka. Para rekan inisiat dengan penuh semangat bernyanyi dan menari yang mencerminkan semangat vitalitas batin mereka. Para rekan sepelatihan menyerahkan buku Koleksi Ciptaan Seni Maha Guru Ching Hai kepada Wali Kota Hsu sebagai penghargaan atas komitmen beliau dalam mempromosikan kegiatan budaya, seni, dan rohani di daerah tersebut.

 

Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Anping, bapak He Shih-chung memberikan komentar atas berbagai metode yang digunakan oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai dalam membimbing para kawula muda, yang dengan demikian mampu menyusikan hati mereka sesuai dengan trend internasional saat ini.

 

Sp1-1-134.jpg

Sp1-2-134.jpg

Dokumenter kegiatan tersebut di atas disiarkan dalam Serial No. 51 pada acara televisi 'Perjalanan Menuju Alam Estetik" Untuk menyaksikan acara ini secara langsung, silahkan kunjungi: <http://137.hichannel.com.tw> (dalam bahasa China)

 

Perayaan Hari Bersyukur Bagi Bunda Welas Asih Kita

 

[Hsihu] Bulan Mei merupakan bulan berucap syukur dan berdendang ria, sehingga pada tanggal 12 Mei 2002 dalam acara merayakan Hari Bunda dan hari ulang tahun Guru, para rekan sepelatihan Formosa menyelenggarakan acara yang telah berlangsung setiap tahun ini di Center Hsihu. Para rekan inisiasi dari seluruh Formosa datang berkunjung dengan sanak keluarga dan sahabat mereka guna merayakan hari libur yang penuh makna ini.

 

Acara tersebut bersamaan dengan hari kedua retret dua-hari bulan Mei, dan dimulai setelah para rekan inisiat telah menyelesaikan sesi meditasi pagi mereka. Pertama-tama, pramuacara membacakan kartu ulang tahun kepada Guru dari rekan inisiat Formosa, yang dipenuhi dengan sorak sorai kegembiraan dan rasa syukur. Setelah itu diikuti dengan acara yang luar biasa termasuk nyanyian, tarian, dan lakon singkat. Nyanyian yang sarat kerohanian dengan nada-nada yang indah menimbulkan gaung di antara para penonton sebagai ungkapan emosi yang nyata yang terpancar secara alamiah dari raut muka para penyanyi. Sungguh suatu pemandangan yang amat menyentuh hati, ketika kerinduan akan Guru muncul dari atas panggung maupun di bawah panggung!

 

Secara sempurna tercapailah kegembiraan dan keriaan atas perayaan tersebut pada akhir acara sambil kami menikmati makanan berkah dan kue vegetarian.

 

Sp10-1-134.jpg

Sp10-2-134.jpg

 

Laporan Khusus Hari Ibu

Kartu Ucapan Selamat sebagai Penghormatan pada Bunda Suci Kita yang Terkasih


Inilah Mei!

Angin semilir musim semi berhembus, saat bunga bergoyang dan menari;

Cahaya mentari yang gemilang, Surga dan Bumi bersinar.

      Di hari kedua puluh bulan Mei,

      Bunda yang Suci turun ke dunia,

      Membawa harapan tak terhingga pada makhluk hidup,

      Membawa perhentian abadi kepada yang dungu batinnya.

                                                                                Dari Center Singapura

Dalam semua kegemilangan dan kebesaran, saat Mei menyemarakkan Bumi, rekan praktisi di seluruh dunia dengan gembira merayakan Hari Ibu dan Ulang Tahun Guru. Pada hari istimewa ini yang diperingati oleh seluruh dunia, kami sangat bersyukur pada ibu kami yang telah melahirkan kami. Pada waktu yang sama kami bersyukur sebesar-besarnya kepada Bunda Suci Tertinggi yang membimbing jiwa kami pada kebangkitan. Sebagai tambahan dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan perayaan, center kami di seluruh dunia, pada malam Hari Ibu, dengan sangat indah menciptakan kartu ucapan selamat elektronik yang inovatif untuk mengekspresikan rasa syukur yang sepenuhnya dan berharap yang terbaik pada Mama Guru. Pembaca disambut untuk mengunjungi Situs Web Quan Yin untuk menghargai kartu ucapan selamat yang didesain indah dan unik ini, dan bersama-sama mari kita menikmati semua pesan manis yang disampaikan kepada Guru mengenai ucapan syukur dan harapan terbaik kita.

 

 

Arizona, A.S.

Guru yang patut dimuliakan,

Tak ada kata-kata dalam bahasa manusia yang memadai untuk mengekspresikaan rasa syukur kami yang amat besar kepada-Mu, dan kami tidak pernah dapat cukup berterima kasih pada-Mu karena telah memperkaya kami dengan hadiah kesadaran diri. Hidup kami akan kering tanpa Kasih dan Cahaya!

Semoga Menikmati Hari Ibu yang Terbaik!

 

Virginia, A.S.

Guru Terkasih dan Tersayang,
Terima kasih telah menunjukkan pada kami makna sejati dari kasih tak bersyarat. Terima kasih telah memberikan makna sejati hidup kami. Terima kasih atas semua berkat yang telah Engkau limpahkan pada kami dan keluarga duniawi kami. Karena-Mu, kami sekarang tahu apa arti sesungguhnya dari welas asih.

 

San Jose, Kalifornia, A.S.

Guru Terkasih,

Selamat ulang tahun!

Engkau akan selalu menjadi malaikat di sisi kami,

Dalam setiap waktu yang membahagiakan atau menyedihkan,

Mencintai, menghibur, dan menyemangati kami sepanjang waktu,

Memberikan kebaikan tanpa kunjung padam pada kami dan semua umat manusia.

Mata yang pengertian dan senyuman kasih-Mu mengangkat kami,

Mengingatkan kami untuk tetap percaya pada hari yang lebih cerah.

Harapan dan mimpi-Mu, laksana ibu pada anaknya,

‘Tuk membawa kami bersama-Mu suatu hari ke tempat terindah dari semuanya,

Memberikan kami harapan sepasti dan setetap Matahari,

Mengisi kami dengan kekuatan dan ketenteraman serta kasih abadi bagi-Mu,

Malaikat Pembimbing kami.

 

Hawaii, A.S.

Guru Ching Hai yang Terkasih,

12 Mei adalah hari istimewa, hari ilahi ketika kita diberkati dengan kelahiran dan kemunculan pertama dari Maha Guru Ching Hai di atas bumi. Terberkatilah kita memiliki Maha Guru yang mengungkapkan Kebenaran yang penuh kuasa dan sederhana yang tidak pernah kita cukup mendengarkannya. Terberkatilah kita memiliki seorang Guru  Hidup. Terberkatilah kita atas pengorbanan yang tiada henti dan kasih-Mu pada kami. Hati kami melembut karena kasih-Mu. Mata kami menangis bahagia karena kami merasakan Kesatuan. Kata-kata kami tidak pernah sepenuhnya dapat mengekspresikan syukur dan kasih kami untuk-Mu. Di hari istimewa ini kami dengan gembira merayakan Ulang Tahun-Mu bersama-Mu, dari hati ke hati.

Selamat, Selamat Ulang Tahun Guru Ching Hai,

Kami mencintai, mengasihi, dan menyayangi-Mu…

 

Fresno, Kalifornia, A.S.

Guru yang kami muliakan,

Kasih-Mu telah menyentuh roh dan jiwa kami, kekal abadi memberkati kami.
Kata-kata tidak dapat mengekspresikan betapa bersyukurnya kami atas semua yang telah Engkau lakukan. Bunda kasih tak terbatas, Engkau telah memberikan kami Surga beserta kegemilangannya. Dan untuk selamanya kami mengucap syukur.

Selamat Ulang Tahun dan Selamat Hari Ibu!

 

Montreal, Kanada

Selamat Ulang Tahun untuk Guru kami yang terkasih!


Sejak kedatangan-Mu di dunia, Engkau telah menyinarkan Cahaya dan kasih tak terbatas di hati manusia, mengangkat kesadaran dunia kepada alam rohani yang lebih tinggi. Setiap tahun kami dengan gembira merayakan 12 Mei, yang datang pada saat yang sama dengan perayaan Hari Ibu dan Ulang Tahun Sang Buddha. Dan hal ini pasti bukanlah kebetulan! Engkau adalah Bunda sejati bagi kami, membawa jiwa kami kembali pada Cahaya. Engkau adalah Penuntun dunia yang hidup, membimbing umat manusia keluar dari lingkungan kebodohan batin.

Guru terkasih, tersayang, dan unik, semoga peristiwa yang membahagiakan ini membawa kebahagiaan, kedamaian batin, kegembiraan dalam hidup, dan kondisi fisik yang sempurna. Dengan segenap hati kami, Tuhan memberkati-Mu.


London, Kanada

Teruntuk Guru Kami yang Terkasih,

Semoga hari ini dan selamanya dipenuhi dengan kegembiraan dan kebahagiaan,

Di saat  terindah yang semua kami rasakan bersama.
Ingin kami selalu berada bersama-Mu setiap hari,

Semoga Engkau selalu tinggal untuk selamanya di Bumi.

Kasih tak terbatas menerangi Tanah gemilang ini,

Rahmat Tuhan melimpah pada semua.

Selamat Ulang Tahun dan Selamat Hari Ibu!

Semua anak-Mu yang berbahagia di London mengharapkan-Mu

Tetap sehat, cantik, dan muda selamanya!

 

Meksiko

Guru Terkasih,
Pada hari ini yang merupakan milik-Mu, kami mengirimkan rasa syukur kami yang terdalam pada Tuhan, karena Ia telah mengarunia kami seorang Guru yang Hidup. Sekarang saat kami merayakan ulang tahun-Mu, kami dapat merasakan kasih-Mu yang tak terbatas, karena Engkau selalu bersama kami! Terima kasih banyak telah menganugerahkan pada kami Metode Quan Yin, dan mengisi hidup kami dengan kasih dan kebahagiaan ilahi.

 

Kekal abadi kasih kami untuk-Mu.



Brazil

 

Guru Terkasih,

Engkau adalah Bunda Alam Semesta…

Terima kasih telah memelihara kami. Kami sangat mencintai-Mu!

Anak-Mu dari Brazil mengucapkan selamat ulang tahun dan selamat Hari Ibu!


Panama

Maha Guru yang Terkasih,

Kami mengucapkan pada-Mu selamat ulang tahun dan selamat Hari Ibu. Karena Engkau adalah harta Alam Semesta dan karena Engkau telah memberikan pada kami hadiah yang tak terhingga dan menakjubkan – Cahaya dan Suara batin.

Kami ingin mengirimkan pada-Mu di hari istimewa ini Kasih kami yang mendalam, paling tulus, dan semoga selalu sehat, penuh kasih, dan sejahtera!

 

Swedia

Guru terkasih,

Engkau telah datang pada hidup kami serupa Cahaya Utara

Setelah periode panjang kegelapan jiwa.

Pagi muncul terus-menerus tanpa malam,

Memancarkan sinar keilahian-Mu, meringankan kemuraman kami.

Inilah waktu ketika Tuhan memberkati Bumi

Dengan halo yang bersinar terang,

Dan mengaruniai Puteri-Nya yang cantik

‘Tuk kembali bersama kami lewat sebuah pelangi.

Dengan segenap hati kami mencintai-Mu!

Selamat ulang tahun Guru terkasih!

 

Bulgaria

Selamat Ulang Tahun, Guru Terkasih!

Terima kasih atas seluruh diri-Mu dan atas semua yang Engkau lakukan.

Terimalah kasih kami yang tulus dan semoga bahagia di hari ulang tahun-Mu.

Semoga Tuhan memberkati dan melindungi-Mu untuk bertahun-tahun seterusnya, sehingga kami masih dapat mengagumi dan mengikuti teladan-Mu yang cemerlang.


Korea

Guru terkasih,

Selamat ulang tahun untuk-Mu!

Kami selalu merindukan-Mu dan mengingat ajaran-Mu di benak kami, sebagaimana halnya diri kami menambah Kebenaran, Kebaikan, dan Keindahan pada dunia.

Semua center dan inisiat di Korea amat menghargai perhatian dan berkah yang Engkau anugerahkan pada kami dan mengharapkan kebahagiaan dan kedamaian dalam diri-Mu.

Terima kasih pada-Mu atas kasih-Mu yang tak bersyarat.

Semua center di Korea.

 

Formosa

Mama Guru yang terkasih!

Selamat ulang tahun!

Kami mengasihi-Mu dan amat merindukan-Mu!

Kami akan selalu menjadi anak-Mu yang  baik;

Kami akan berlatih dengan serius,

Dan bertingkah laku serupa makhluk tertinggi di alam semesta

‘Tuk membalas kasih ilahi-Mu!

Kami dengan tulus beharap

Semoga selalu muda dan cantik selamanya,

Dan selamanya Guru yang paling mempesona di alam semesta!

Anak-Mu yang mengasihi-Mu dengan sebaik-baiknya,

 

Semua rekan praktisi di Formosa

 

URL Kartu Ucapan Selamat Hari Ibu:

http://www.godsdirectcontact.com/motherday/ [A.S.]
http://www.godsdirectcontact.net/eng/special_report/MotherDay/photos.htm¡([A.S.]
http://www.godsdirectcontact.org.tw/ch/special_report/MotherDay/index.htm [FORMOSA]

 

Kasih Ilahi Bunda Suci Memenuhi Florida, Amerika Serikat

Oleh Kelompok Berita Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

Hari ibu mempunyai arti yang sangat penting bagi rekan-rekan sepelatihan di seluruh dunia, dan mereka merasa sangat merindukan Guru sewaktu hari ini dekat. Baru saja kerinduan mereka diperbesar oleh bau harum bunga anyelir di musim semi, sebuah berita gembira yang tidak diperkirakan memberitahu mereka bahwa mereka dapat pergi ke Florida di Amerika Serikat untuk merayakan festival Hari Ibu bersama Guru.

Rekan-rekan sepelatihan dan tamu-tamu dari center-center di Amerika, Kanada, Inggris, Perancis, Hongaria, Irlandia, Brazil, Australia, Jepang, Korea, Formosa dan Hong Kong bergembira tinggal di Center Florida dari tanggal 10 hingga 12 Mei untuk merayakan Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun Guru.

Pada hari Jumat, 10 Mei, saudari dan saudara di tim kerja menggabungkan usaha mereka, dan semua persiapan berjalan dengan lancar, didukung oleh Kasih dan Karunia Guru dalam atmosfir yang khusus di Center Florida. Karena itu, para murid menyelesaikan dalam beberapa jam apa yang biasanya memakan waktu beberapa hari. Menjelang Jumat sore, Center telah siap dihiasi dengan banyak dekorasi indah, termasuk ratusan balon berisi helium yang mengapung seperti malaikat-malaikat kecil penjaga di atas tiang-tiang yang mengisi pemandangan center. Balon-balon perayaan juga membentuk sebuah lengkungan di atas gerbang Center dan memanjang sepanjang jalan ke aula meditasi seperti sebuah pelangi yang penuh warna. Bersama dengan balon-balon itu juga terdapat ratusan tanaman dan bunga, dan juga roda angin yang berputar diterpa angin dan bersinar saat memantulkan cahaya mentari.

Pertemuan yang Menyenangkan antara Guru dan Murid

Pada pagi hari tanggal 11 Mei, pada saat sesi meditasi pertama, Guru memasuki Aula Meditasi, seperti malaikat dari awan. Beliau mulai berbicara lembut, bertanya kepada kami dengan bercanda, “Bagaimana tidur kalian?” dan kemudian berbagi beberapa cerita yang menyentuh hati mengenai pertemuan-Nya dengan seorang dokter hewan yang harus menjaga anjing-anjing dan burung-burung Guru. 

Selama sesi kedua, Guru membahas cara-cara menghadapi tetangga, dan berkata bahwa Beliau menerapkan pepatah “Kasihilah Tetanggamu” beberapa kali ketika tinggal di kediaman duniawi-Nya. Karena Beliau sering pindah, Beliau bertemu banyak dan beragam tetangga. Bagaimanapun, manusia sering tidak mengerti hati kasih-Nya dan kehendak baiknya ketika Beliau menawarkan bantuan atau hadiah. Sebaliknya, mereka kerap curiga bahwa Beliau ada maksud, dan tidak dapat mempercayai ada orang yang bisa sebaik itu.

Guru berkata kepada kami bahwa kami akan mendapat retret “mudah” kali ini, karena waktu kami bersama singkat, dan meyakinkan kami bahwa kami akan sering melihat-Nya, mendapat banyak makanan dan “tidak harus” bermeditasi banyak! Karena ini adalah perayaan Hari Ibu, Guru menciptakan suasana yang ringan dan penuh kasih yang dirasakan oleh semua orang sangat nyaman dan gembira. Ini sungguh seperti kami sedang berjalan di surga yang diciptakan-Nya!

Pada hari yang sama, Guru melakukan kunjungan yang tidak direncanakan pada sekitar jam makan siang, dan berbicara dengan para murid dalam sikap yang hangat dan bersahabat, tetapi dengan keahliannya yang biasa untuk mengungkapkan pandangannya yang mendalam. Guru pertama mengamati cuaca yang indah, yang dikatakan berarti kami menerima banyak berkah. Beliau kemudian meneruskan berkata bahwa kami memerlukan lebih banyak berkah di dunia ini, dan Amerika barusan terpukul keras, dan Tao mengharuskan bahwa kadang-kadang sesuatu harus bertambah buruk sebelum menjadi lebih baik.

Kemudian Guru mulai berbicara mengenai undangan bagi sekelompok murid ke rumahnya untuk makan siang. Tentu saja, pada saat itu semua orang menjadi sangat senang dan gembira! Ia meyakinkan kami bahwa semua peserta retret akan mendapat kesempatan untuk melihat-Nya. Ia pertama-tama mengundang “bunga salju” (Orang Kaukasia) dan “Batang Coklat” (Saudara inisiat kulit hitam) untuk makan siang, dan kemudian “keripik jagung” (orang Asia) dari beragam negara, dalam kelompok-kelompok yang terpisah, untuk makan malam dan minum teh di sore dan malam hari.

Selama makan siang dengan Guru di rumah-Nya, air mata memenuhi mata banyak orang yang merasakan kasih yang mendalam dan rasa terima kasih atas kemurahan hati tak terhingga dari Guru dan Sahabat kami tercinta. Pembicaraan di antara Guru dan murid tidak resmi dan sangat spontan. Seorang murid yang sudah bersama Guru untuk beberapa waktu berkata bahwa ia masih takut tergelincir dari jalur. Guru meyakinkannya bahwa dengan mengutarakan ketakutan ini adalah baik; itu hanya meningkatkan tekad kita untuk mencari Kebenaran. Hal itu juga memberikan kami keprihatinan kami yang sehat mengenai Maya, karena seseorang tidak pernah bisa yakin bentuk apa yang sedang dipakai Maya.

Selama saling membagi antara Guru dan murid ini, apa yang paling menakjubkan adalah transformasi menyeluruh dari ekspresi salah seorang murid selama pembicaraan itu. Pada mulanya, ia sangat tertekan. Matanya sayu dan mukanya kelihatan berwarna gelap. Tetapi pada akhir pembicaraan dengan Guru, mukanya dipenuhi rasa gembira. Ia tersenyum dan tertawa saat ia melihat langsung ke Ibunda tercinta. Bukan hanya saudari ini sendiri terberkahi, tetapi juga semua orang yang menyaksikan keajaiban penyembuhan dari seorang Buddha hidup!

Perayaan Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun Guru

Pada hari Minggu, 12 Mei, Hari Ibu terbit terang dan dingin. Para inisiat bermeditasi dengan baik dan setelah itu menikmati sarapan yang nyaman di antara kedinginan lembut Florida. Kemudian, pada sore harinya, semua orang berpakaian macam-macam atau kostum tradisional untuk pertunjukan hari itu, dan menunggu kedatangan Guru dengan antusias. Setelah beberapa saat, Beliau memasuki Aula Meditasi dari pintu belakang, didahului oleh empat saudari muda yang cantik yang bertindak sebagai pembawa bunga. Ketika hadirin menatap Guru, mereka segera memperhatikan bahwa gaun sutera-Nya yang indah dengan lipatan berwarna buah persik cocok sekali dengan pakaian yang dikenakan oleh anak-anak perempuan pembawa bunga! Efek dari prosesi koordinasi warna ini sangat membuat kami menahan nafas, dan hadirin pecah dalam tepuk tangan meriah.

Pembawa acara kemudian memberikan sebuah dedikasi kepada Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun Guru, dan pertunjukan pun dimulai. Guru memberikan senyum dukungan kepada banyak pelakon yang baru pertama kali naik panggung. Setelah tarian seorang saudari, Guru tidak hanya memberinya permen berkah tetapi juga memetik sekuntum bunga mawar segar dari buket di dekat-Nya dan menaruhnya di rambut sang murid. Guru juga menikmati pertunjukkan tarian bersemangat “Anak Manusia” oleh sekelompok anak-anak muda yang berjanji kepada Guru dalam lagu mereka bahwa mereka akan kuat dan menggunakan pengetahuan mereka untuk menjadi bijaksana.

Pertunjukkan itu ditutup oleh Guru dengan ramah setuju untuk naik ke panggung dan memotong kue ulang tahun-banyak-tingkat yang indah yang telah disiapkan oleh staf dapur. Sebagai penutup, Guru berdiri dan memberikan ceramah puisi yang menggema begitu kuat di banyak hati orang-orang sampai Beliau tidak mampu meneruskan di tengah-tengah tepuk tangan. Ini adalah sebagian dari apa yang Beliau katakan:

Bila saya bijaksana,

Itu karena pertanyaan-pertanyaan Anda yang pintar.

Bila saya percaya diri

Itu karena Anda  memberikan saya begitu banyak dukungan.

Yang terpenting dari semua

Bila saya menjadi lebih muda setiap tahunnya

Itu karena Anda  menginginkan saya hidup selamanya!

Kata-kata yang indah ini membawa air mata ke mata kami dan melembutkan jiwa kami, dan banyak di antara kami bertekad bahwa kami akan mencoba untuk menjadi lebih berharga untuk kasih-Nya.

Setelah Guru meninggalkan Aula Meditasi, semua orang pergi ke area makanan untuk menikmati kue yang banyak dan makanan lain yang disediakan oleh tim masak. Guru datang melihat kami lagi pada sore itu, dan mengundang orang-orang yang baru saja diinisiasi ke depan dan duduk di samping-Nya. Ia juga melihat murid-murid Cina. Walaupun banyak orang berangkat malam itu, beberapa tinggal untuk beristirahat dan menikmati kehadiran Guru untuk beberapa hari selanjutnya.

Karena cinta dan kemurahan Guru yang mutlak dan tak kunjung padam, waktu kami bersama Guru kelihatan jauh lebih panjang dari hanya beberapa hari. Selama retret itu, Guru datang melihat kami banyak kali setiap hari, dari pagi hingga malam. Kami mengalami begitu banyak cinta dan perhatian dari-Nya  sepanjang waktu sampai kami mampu melupakan dunia ini. Dan, walaupun banyak di antara kami telah kembali ke permasalahan kehidupan harian kami, waktu yang dilewatkan bersama Guru akan tetap tinggal seabadi dan seberharga seperti Surga di dalam hati kami.

Sr2-3-134.jpg

 

Rumah Masakan Vegetarian di Seluruh Dunia

Oregon, A.S.

Restoran Vegetarian Korea Sarang (menyediakan jenis makanan Barat dan Korea)

Alamat: 706 SW Hurbert St., Newport, OR 97365, A.S.

Tel: 1-541-265-5803

Untuk informasi lebih rinci mengenai rumah makan vegetarian di seluruh dunia, silakan kunjungi: <http://www.godsdirectcontact.com/vegetarian/veg.html>

 

Kasih dalam Tindakan

Laporan dari Afrika Selatan

Berkah Guru Terus Mengalir ke Afrika Selatan

Di tahun 1999 Maha Guru Ching Hai diundang untuk menghadiri Parlemen Agama-Agama Sedunia yang diselenggarakan di Cape Town, Afrika Selatan. Ketika Guru tiba di aula konferensi, sekelompok suku Xhosa asli dengan hangat bersorak-sorai dan menyambut-Nya dengan lagu dan tarian tradisional. Selanjutnya Guru berbicara dengan kelompok tersebut dan dengan baik hati menanyakan kebutuhan mereka. Mereka menjawab bahwa fasilitas tempat tinggal mereka benar-benar membutuhkan perbaikan, dan bahwa mereka mengalami kekurangan yang parah akan fasilitas untuk mandi. Guru dengan segera menginstruksikan bahwa sejumlah US$ 52000 diberikan pada kelompok tersebut untuk membantu desa mereka membuat perbaikan yang dibutuhkan. Guru kemudian menganugerahkan $ 52000 pada Institut Icamagu, salah satu panitia Parlemen, untuk digunakan dalam berbagai proyek konstruksi pada masyarakat asli. Sumbangan ini diterima oleh Nona Nokuzola Mndende atas nama Institut.

Love1-4-134.jpg

Maha Guru Ching Hai diundang untuk ceramah di Afrika Selatan dan disambut hangat oleh suku Xhosa dengan lagu-lagu dan tarian.

Love1-6-134.jpg
Surat ucapan terima kasih dari Nona Nokuzola Mndende kepada Maha Guru Ching Hai.

Perayaan pembukaan Institut Icamagu di Transkei, Afrika Selatan diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2002. Informasi ini dan pusat sumber daya dihasilkan dari visi Nona Nokuzola Mndende. Tujuannya adalah unuk menyatukan dan mengintegrasikan kembali dalam kehidupan masyarakat agama dan budaya tradisional Afrika, yang tumbang selama penjajahan di Afrika. Tradisi ini membawa wajah dan identitas asli Afrika di segala tempat.

Orang-orang yang berkedudukan tinggi termasuk seorang raja, yang juga adalah seorang menteri dalam pemerintahan, beberapa kepala desa setempat, seorang wakil Maha Guru Ching Hai dari Center Cape Town, dan mengundang pembicara. Semua pembicara dalam perayaan tersebut menekankan pentingnya Omanyano (kesatuan), Ubuntu (hubungan antar manusia yang harmonis), dan Camagu (penghargaan dan penghormatan pada Tuhan). Semua peserta amat bersyukur pada Maha Guru Ching Hai atas kebaikan donasinya. Mereka juga memuji pendirian Institut Icamagu. Seorang pembicara di usianya yang ke-60 tahun berbicara mengenai pemberdayaan dan pembebasan agama Afrika, mengatakan bahwa ia sangat terkejut menyaksikan realisasi visi ini sekarang.

Di tengah-tengah tarian yang bersemangat, nyanyian, dan iring-iringan instrumental, banyak remaja menuju ke mikrofon dan menantang perkumpulan dengan kata-kata kebenaran, kasih, dan keutamaan. Setelah perayaan dan penghiburan, setiap orang menikmati makan malam dan berpesta sambil larut malam.

Love1-3-134.jpg

Guru Ching Hai bersama Nona Nokuzola Mndende, pendiri Institut Icamagu.

Love1-5-134.jpg

Perayaan pembukaan Institut Icamagu yang didirikan oleh Nona Nokuzola Mndende.

 

Berada di Jalur Rohani

Sebuah Keajaiban di Retret Surrey

Oleh saudara inisiat Shahid Mahmood, Ipswich, Inggris (Asal dalam bahasa Inggris)

Setelah kembali dari perayaan Hari Natal bersama Guru tahun lalu, saya bersumpah untuk berusaha lebih keras dalam berlatih tahun ini. Pertama-tama saya bersumpah untuk menghadiri semua retret dua-hari di Center Surrey pada tiap minggu ketiga setiap bulannya, dan juga membawa serta istri dan anak saya ke retret satu-hari pada hari Minggu pertama tiap bulannya.

Tahun lalu sulit buat saya karena saya beberapa kali malas dengan meditasi saya, dan terus memangkasnya menjadi dua jam karena saya bangun terlambat. Saya juga akan ketinggalan retret dua-hari, karena mendahulukan hal yang kurang penting.

Pada salah satu retret dua-hari seorang saudara berkata pada saya bahwa akan ada retret tiga-hari selama Paskah. Segera setelah saya mendengar hal ini, sebuah pikiran melintas dalam benak saya bahwa hal itu terlalu cepat dan saya tidak akan pernah dapat pergi. Segera setelah saya berpikir negatif ini, saya berkata pada saudara tersebut dan bersumpah pasti akan menghadiri retret. Jadi hal itu sudah ditetapkan dalam pikiran saya.

Selanjutnya saya memegang sumpah saya dan sungguh datang ke retret. Segera setelah saya menginjakkan kaki ke dalam mobil di pagi harinya, saya tahu bahwa saya berhasil melakukannya! Saya menikmati seluruh tiga hari meditasi, membaca, belajar, dan menonton video Guru dalam rangkulan kebijaksanaan dan kasih-Nya, bersama dengan sejumlah besar makanan dan kue yang lezat, latihan tai chi yang maju, dan banyak tertawa ria. Center Surrey, dengan atmosfernya yang damai dan harmonis, benar-benar merupakan sebuah tempat surgawi untuk relaksasi dan latihan rohani.

Empat sesi pertama dari retret adalah sebuah perjuangan karena saya terus jatuh tertidur selama meditasi suara, tubuh saya sakit dan saya terus berganti posisi. Meskipun pikiran saya sepenuhnya menyebar ke sepuluh penjuru dan mengobrol tak terkontrol, dengan sabar saya melanjutkannya.

Sesudahnya, saya akhirnya mengecap nektar manis samadi yang membahagiakan. Saya duduk di kursi di mana normalnya saya akan jatuh tertidur karena terlalu nyaman, tetapi seluruh tubuh saya penuh energi. Saya bermeditasi dan pikiran saya terpusat dan terkonsentrasi. Segala tempat yang saya lihat ada Cahaya. Selama meditasi Suara, tubuh saya santai dan bahagia dan saya menikmati duduk dalam Suara dengan damai dan penuh kasih, dan mengalami infusi yang lembut. Setelah sesi tersebut, semua perjuangan batin dan luar saya menghilang dan saya menjadi gembira dan percaya diri saat menunggu sesi selanjutnya.

Salah satu saudara di retret mempunyai alergi gandum dan karena itu saudara dan saudari tim masak dengan hati-hati menyiapkan makanan bebas-gandum pada tiap hidangan untuknya. Pada hari terakhir retret, salah satu saudari menyiapkan sebuah kue manis, hidangan pencuci mulut yang terdiri dari kue berlapis puding dengan puncak krim dan strawberi segar! Ia membuat dua mangkuk besar, cukup untuk sekitar lima puluh orang. Kami semua membuat bunyi menyeruput yang ribut dan menggosok perut kami ketika kami antri bagian hidangan pencuci mulut kami. Kemudian saudara yang alergi gandum datang dengan antusias ke dalam dapur, tetapi tampak agak kecewa ketika ia melihat kue manis tersebut. Kami menyarankan bahwa meditasi mungkin telah menyembuhkan alergi gandumnya. Karena itu ia mengambil seporsi besar kue manisnya dan mulai makan, dan cukup mengejutkan, tetap baik-baik saja! Masing-masing orang berbicara dengan terengah-engah, “Ini ajaib. Ia sembuh!” sembari kita berputar-putar mengelilinginya, sambil tertawa dengan keras!

Retret Paskah 2002 di Surrey adalah waktu yang menyenangkan dan membahagiakan bersama keluarga rohani saya yang sejati. Saya mengalami amat banyak kegembiraan dan berkat melalui retret sehingga saya tidak dapat menunggu retret berikutnya! Ketika saya sampai di rumah, saya merasa saya benar-benar penuh dengan kasih dan pengertian, dan latihan saya berada dalam tingkat pucak selama banyak hari sesudahnya.

Op2-1-134.jpg

Pembaptisan Suara dan Cahaya memenuhi wajah inisiat dengan cahaya rohani selama retret tiga hari di Surrey.

 

Dunia Cerita

Berkah Tak Terhingga dari Sekarung Beras

Oleh saudari inisiat Xiaochau, Taipei, Formosa

 

Sekarung beras yang tampaknya hanya berarti kecil telah membawa berkah Guru yang tak terhingga kepada seluruh keluarga saya. Seseorang di dalam keluarga saya suatu kali melakukan persembahan sekarung beras yang sangat kecil itu kepada Guru, dan Beliau telah membalas berpuluh-puluh ribu kali lebih bayak! Setiap kali saya berpikir mengenai pengalaman ini, berulang kali saya merasa sangat tersentuh.

 

Ceritanya dimulai dari kakek saya, yang bekerja sebagai petani penyewa. Belakangan ia diberikan sepetak tanah kecil dari miliknya, tetapi tanah tersebut jarang menghasilkan makanan yang cukup untuk memberi makan keluarganya. Karena itu ayah saya meninggalkan desanya untuk mencari nafkah di Taipei. Setiap kali sesudah panen di ladang, ayah akan membawa beberapa karung beras dari rumah sendiri tersebut ke Taipei bersamanya.

 

Di tahun-tahun awal tersebut, Guru tinggal di Shin-Dian, kabupaten Taipei. Selama suatu retret, kepala biarawan yang menetap melaporkan pada Guru bahwa mereka kekurangan beras. Guru menenteramkan hatinya, “Jangan kuatir. Seseorang akan membawa beberapa beras pada kita!” Benar-benar, tepat pada waktu itu, saudara saya sedang berjalan di dekat jalan pegunungan dengan sekarung beras dari rumah sendiri tadi, berteriak sekuat-kuatnya, “Guru! Guru! Beras Anda ada di sini!”

Sejak saat itu dan seterusnya, perubahan-perubahan yang ajaib mulai terjadi dalam keluarga saya yang miskin, baik secara material dan spiritual. Orang tua, saudara, dan saudari saya, dan bahkan generasi berikutnya semua telah menjadi murid-murid Guru, satu demi satu. Kehidupan kami juga telah meningkat sepanjang waktu karena kami telah melunasi hutang-hutang kami dan perlahan-lahan menjadi mampu mencukupi diri sendiri. Ipar laki-laki saya sekarang memiliki perusahaan elektronik yang terdaftar di bursa saham. Siapa yang menyangka sekarung beras yang sepele dapat menghidupi keluarga besar seperti ini!

Meskipun demikian, kebanyakan anggota keluarga kami tidak tahu tentang cerita beras tersebut sampai sepuluh tahun yang lalu. Saudari saya sedang pergi ke Center Hsihu untuk meditasi kelompok ketika ia bercerita pada kami anekdot tersebut. Ia dipenuhi dengan rasa syukur yang besar pada Guru. Tetapi kemudian, yang mengagetkan kami, di tengah-tengah ceramah-Nya siang itu, Guru tiba-tiba berkata, “Itu hanyalah sekarung beras belaka! Tidak perlu diingat-ingat!”  Setelah ceramah, saudari saya berkata dengan kekaguman, “Guru tahu segalanya! Kita seharusnya tidak membicarakan hal ini lagi.” Karena itu, cerita ini hanya diketahui beberapa orang saja di antara keluarga kami.

Saudari saya hanya ingin berbagi rasa syukurnya pada Guru dengan kita atas semua peningkatan di dalam keluarga kami. Bahkan sampai hari ini, kapanpun saya berpikir mengenai keajaiban yang telah terjadi tak terkira banyaknya di antara anggota keluarga saya, hati saya dipenuhi dengan rasa syukur. Saya belm pernah membayangkan bahwa sekarung beras kecil akan tumbuh menjadi sebuah hutan yang menghasilkan begitu banyak buah! Tak ada cara duniawi untuk mengukur kasih Guru!

Tujuan saya mengungkapkan cerita ini hanyalah untuk membagikan pemahaman saya bahwa Guru benar-benar tidak memerlukan kita untuk melakukan hal apa saja untuk Beliau. Dan tidak ada satupun yang kita lakukan layak untuk disombongkan. Semua ekspresi spontan dari kasih untuk Guru hanyalah alasan bagi Beliau untuk memberkati kita dengan kasih yang tak terhingga. Pada saat ini, kita belajar bahwa kita sungguh-sungguh menyatu dengan-Nya!

 

 

Keajaiban Guru

Kasih Guru Melembutkan Hati yang Paling Keras

Diceritakan oleh Saudari Hsu, Taichung, Formosa

Direkam oleh Kelompok Berita Taichung

Normalnya orang menganggap sebuah mobil mewah sebagai simbol pretis dan status sosial yang tinggi. Namun, bagi saudari Hsu, pemilik sebuah mobil seperti ini, kekaguman pejalan kaki tidaklah berarti tetapi sebagai bentuk tekanan psikologis. Menurut pendapatnya, betapa pun mewahnya sebuah mobil, itu hanyalah alat transportasi. Hal ini ditunjukka oleh sebuah peristiwa baru-baru ini dalam kehidupan saudari Hsu.

Suatu malam beberapa bulan yang lalu, saudari Hsu mengantarkan beberapa anggota keluarganya ke sebuah taman untuk berolahraga. Setelah mereka sampai, anggota keluarga turun, meninggalkan saudari Hsu yang paling akhir meninggalkan kendaraannya. Tepat ketika ia hendak keluar dari mobil, dua pria memaksanya masuk kembali dengan todongan pistol dan menyuruhnya untuk berjalan pergi. Saat ia menyetir, ia bertanya, “Ke mana kalian ingin pergi? Apa rute yang ingin kalian lalui?” Tetapi para pria tersebut hanya duduk di dalam mobil terlihat tegang dan gugup.

Dalam situasi darurat ini, yang tampak seperti pemandangan dalam film, saudari Hsu mulai berdoa untuk meminta pertolongan Guru, dan sambil membesarkan volume kaset Guru yang diputar di radio mobil. Mobil tersebut tak lama kemudian dipenuhi dengan suara lembut Guru dan gelombang kasih. Saudari Hsu kemudian berbicara kepada para pria tersebut, mengatakan bahwa benda material tidaklah penting. Pria-pria tersebut heran bagaimana ia tetap sangat tenang, dan heran apakah ia pemimpin geng. Kemudian ia memperkenalkan dirinya sebagai murid Maha Guru Ching Hai dan mengatakan bahwa ia adalah vegetaris yang mematuhi Lima Pantangan. Ia mengatakan bahwa jika mereka membutuhkan uang, ia akan memberikan mobil tersebut dan tidak melapor ke polisi. Kemudian, di sebuah persimpangan jalan, ia mengingatkan mereka untuk mengencangkan tali pengamannya, atau mobil tersebut akan dihentikkan oleh polisi dan mereka mungkin tidak dapat melakukan apa yang telah mereka rencanakan. Ia juga menyarankan mereka untuk tidak lagi melakukan kejahatan. “Apakah menurut Anda uang adalah segala yang kita perlukan?” mereka bertanya dengan gelisah. Dan saudari Hsu menjawab, “Guru saya hebat, dan ajaran-Nya menakjubkan. Jika kalian ingin menjadi vegetarian dan berlatih rohani, kalian akan menjadi lebih puas dan bahagia di dalam batin, dan tidak akan terlalu banyak memerlukan uang.”

Kedua pria tersebut mendengarkan ajaran Guru dan berbincang-bincang sebentar dengan saudari Hsu. Mulanya mereka berencana untuk membawanya ke Taipei di sebelah utara Formosa, tetapi malahan saudari Hsu menyetir mobil tanpa tujuan melewati pusat kota Taichung selama 45 menit dan kembali ke taman. Saat pria-pria tersebut pergi, salah sseorang dari mereka berkata, “Mungkin karena Guru Anda ingin menyelamatkan kami sehingga kami bertemu Anda hari ini. Anda harus lebih banyak melakukan nyanyian Buddha di masa depan.” Ia berkata, “Ya, saya akan, dan saya akan meminta Guru untuk memberkati kalian dan menjaga kerohanian Anda.” Kemudian kedua pria tersebut pergi, hanya mengambil sebuah telepon genggam dari saudari Hsu.

Setelah peristiwa tersebut, anggota keluarga saudari kuatir, dan teman-temannya menelpon untuk menenangkannya. Tetapi ia merasa tenang, secara mental dan fisik, dan hatinya dipenuhi dengan kasih. Ia tahu bahwa ini adalah berkah Guru yang telah menolongnya untuk tetap tenang selama kegentingan itu. Jikaulau bukan Guru, yang menghilangkan karma, ia bisa jadi tidak punya kesempatan untuk lolos! Guru mampu membuat situasi untuk mencerahkan perampok tersebut dengan kebijaksanaan-Nya yang luar biasa, menanamkan benih rohani di dalam hati mereka, dan di waktu yang sama memberi kesempatan pada anggota keluarga saudari Hsu sangat beruntung untuk menerima pelindungan mahaada dan mengembangkan keberanian tak terbatas dari berlatih Metode Quan Yin.

 

Puisi

Merindukan Guru Terkasih di Hutan Bunga Putih

Oleh rekan inisiat Chaolu, Taipei, Formosa
(Asal dalam bahasa Cina)

Berkeliling di jalan yang bertaburkan bunga,
Halus, bersih dan lembutnya
daun-daun bunga yang menari,
Seperti langkah-langkahMu, satu per satu,
Bergerak lembut di depanku.

Perasaan manis yang tenang melayang
Jatuh di jalan yang berliku.
Dengan mata yang tertutup,
Aku tenggelam dalam suasana riangMu.
Bunga-bunga yang menari beterbangan dengan lembut di sekelilingMu.
SenyumMu yang manis memancarkan aroma menyegarkan.

Dalam perjalananku ke balik bukit,
SosokMu yang anggun menemaniku.
Hatiku seketika terangkat ke kehampaan yang jernih,
Menjangkau menuju alam semesta yang tak terbatas...

Melangkah maju,
Aku bebas dari kecemasan dan emosi.
Tidak ada apa pun selain Engkau....
Cahaya abadi menembusi hatiku!

 

Peristiwa Center

Mengalami Rahkmat Tuhan dalam Membangun Center Austin

Oleh saudara inisiat Robert Yuan, Teksas, A.S. (Asal dalam bahasa Inggris)

Hari ini, tujuh tahun setelah Guru memodifikasi aula meditasi ini, tempat ini masih menjadi tempat terbaik untuk meditasi di Center Austin.

Di bulan Juli 1995, Guru dan enam siswa-menetap membuat kejutan dengan mengunjungi Austin dan mengatur jalan pengembangan Center Austin. Tujuh tahun kemudian, rekan inisiat kita melanjutkan pengembangan rohani mereka sambil melakukan berbagai proyek di Center.

Langkah pertama pekerjaan Guru terdiri dari pembersihan dan pembuangan sampah dan barang-barang yang tidak terpakai lagi, termasuk alasan-alasan, dedikasi yang kurang, dan kemalasan inisiat. Melalui proyek konstruksi, Guru menunjukkan kelemahan dan alasan-alasan kami sehingga kami dapat membersihkan latihan rohani kami.

Guru mamangkas kandang sapi tua dan tunggul pohon di lapangan Center untuk memberikan penglihatan yang jelas akan pemandangan sekeliling. Sesudahnya saya menyadari bahwa seperti lingkungan fisik, kita hidup dengan banyak rintangan di dalam hidup kita dan tidak mengambil waktu untuk membersihkannya. Sebentar kemudian, mereka menjadi bagian hidup kami dan menghalangi persepsi dan penilaian kita. Sebagaimana halnya di Center Austin, masing-masing pertama kali harus membersihkan sampah batin kita dan menyingkirkan halangan batin kita sehingga kita dapat memiliki jalan yang bersih untuk mencapai tujuan akhir kita.

Selama lima minggu berikutnya, Guru menggunakan daya kreatif-Nya untuk mengubah obyek dan struktur yang rusak menjadi karya besaar yang berguna. Gudang penyimpanan yang ambruk diubah menjadi gazebo yang indah yang dinikmati para murid bertahun-tahun lamanya. Bahkan hari ini, rekan inisiat dapat ditemukan di sana, bermeditasi semalaman atau menikmati pemandangan indah dan ketenteraman sore hari. Duduk di dalam gazebo yang sudah berubah, kami menyadari bahwa Guru mengajarkan kami bahwa setiap benda dan makhluk memiliki karakteristik pembawaan sang pencipta, dan hal ini terserah pada kami untuk mencari keindahan dan manfaat sejatinya.

Suatu kali saat percakapan sambil lalu, Guru menginstruksikan kami untuk menanam bambu di area terpilih, dan tiga atau empat tahun kemudian kami menemukan kegunaanya yang sejati. Bambu adalah satu-satunya yang tidak asli di Center Austin yang terus bertumbuh dengan kekuatan dan daya kehidupan. Kami telah mencoba tanaman lain untuk membuat variasi di area tersebut tetapi tidak ada satu pun yang tumbuh dengan subur sebagaimana halnya bambu yang telah diatur Guru. Bambu ini tidak hanya membawa ketetraman pada Center Austin, tetapi juga memberikan privasi dengan menutup pandangan tetangga kami. Sebagai tambahan, kami mengamati bahwa tanaman-tanaman ini secara efektif mendinginkan area sekitar, memberikan keteduhan dan kelembaban pada bentangan padang pasir lainnya. Kami tidak dapat membantu tetapi terkagum-kagum akan kemampuan Guru untuk mengenali karakteristik yang berguna di dalam semua makhluk dan benda-benda, dan kemampaun-Nya dalam menggunakan kualitas ini sampai pada potensi sepenuhnya.

Guru kemudian mengubah kandang sapi tua menjadi aula meditasi yang dapat menampung sampai tiga ratus rekan praktisi untuk meditasi. Kami telah menambahka lebih  banyak pondasi kerikil semenjak itu, dan selama inisiasi kami menggulung keluar karpet luar untuk menambah kenyamanan rekan praktisi. Meskipun kami sekarang memiliki aula meditasi di dalam, beberapa praktisi yang rajin masih dapat ditemukan berada dalam kandang sapi yang telah diubah itu di akhir pekan, bermeditasi dan menikmati pengalaman batin mereka. Pembangunan ini juga mencakup tempat utama untuk sesi inisiasi kami.

Sebelum Guru pergi, Beliau menginstruksikan kami untuk menyelesaikan Paviliun Bulan Sabit yang telah Ia rancang. Bangunan ini pada mulanya adalah tangki air untuk sapi sampai Beliau menggergaji sebagian dinding. Perlu beberapa tahun dan banyak pengingatan dari Guru sebelum kami memiliki cukup keberanian untuk menyelesaikan proyek ini, yang memakan waktu lebih dari enam bulan untuk menyelesaikannya. Hal ini ternyata hal paling sulit yang kami lakukan sampai saat itu. Kami akan sering bekerja dari malam sampai pagi berikutnya untuk menghindari pengerahan tenaga diri kami pada terik matahari musim panas. Paviliun menghadapi mesin pemotong rumput baru yang dapat menampung tiga ribu rekan praktisi, dan akan menjadi tempat utama untuk kegiatan hiburan di masa depan jika Guru kembali. Tiga bulan sabit ditambahkan dalam bangunannya, dan yang keempat dapat dilihat saat matahari meninggalkan bayangan di lantai interior.

Guru meninggalkan Austin di bulan Agustus 1995, memberikan teladan pada kita bahwa kita masih dapat belajar dari-Nya sambil meneruskan pengembangan rohani kita. Bertahun-tahun telah berlalu sejak Guru datang ke tempat kami, dan selama itu praktisi rohani juga telah datang dan meninggalkan kreasi mereka untuk dinikmati orang lain. Area makan adalah sebuah contoh sangat baik dari usaha kreatif banyak murid dalam fase proyek renovasi Center yang berbeda. Sekelompok kecil murid suatu hari memutuskan bahwa kami harus mendekorasi ruangan ini dengan aneka warna sehingga mereka menciptakan sebuah lukisan rohani yang besar untuk dinikmati semua. Kami telah memasang ubin lantai dan mendekorasi meja piknik dan bangku taman untuk mengubah ruang makan menjadi sebuah area resepsionis bagi tamu-tamu kami. Sebagai tambahan, baru-baru ini kami merenovasi dapur dan melengkapinya dengan peralatan restoran profesional.

Proyek kami yang terbaru adalah pembangunan “Bungalow Mimpi Surgawi” bagi murid-murid yang lebih tua. Bangunan kecil ini menahan serangga dari luar sambil memperkenankan laju arus air yang terus-menerus yang masuk ke dalam tempat tinggal. Banyak rekan praktisi bermeditasi di bungalow ini dan dapat merasakan kasih dan dedikasi yang ditunjukkan para murid saat berkonsentrasi pada pekerjaan mereka.

Semakin banyak proyek yang kita kerjakan di Center Austin, semakin dekat perasaan kami pada Guru dan semakin kami memahami Guru dan ajaran-Nya. Semakin banyak kami melihat pada pekerjaan Guru yang ditinggalkan pada kami sebagai teladan, semakin kami memahami daya kreativitas dan harmoni. Dan semakin banyak kami bekerja pada proyek seperti ini, semakin kami menyadari kekuatan batin, kreativitas, dan kebijaksanaan kami, memberikan kami rasa percaya diri yang lebih besar dan karakter yang lebih rendah hati.

Setiap hari Minggu, murid-murid dengan tenang berkumpul untuk meditasi kelompok, setelah itu mereka tinggal di area dapur untuk makan siang, berbincang dengan pengunjung atau hanya menikmati atmosfer istimewa dari Center, sebelum kembali pada dunia dan tuntutannya yang berat. Ada rasa memiliki pada Center Austin, tetapi juga suatu rasa kebebasan untuk menjadi dirimu sendiri. Kami hanya dapat sangat bersyukur memiliki sebuah tempat suci seperti ini, diliputi oleh rakhmat dan berkah Guru, di mana kami dapat retret dari dunia ke dalam privasi dari sekitar kami, dan mandi dalam cahaya dan kasih Tuhan yang tak terbatas.

Ce3-134.jpg

Banyak tempat kemah terpencil menyediakan cukup ruang bagi  ribuan rekan inisiat untuk memancangkan tenda mereka.

 

Peringatan Sepuluh Tahun Metode Quan Yin di Korea Oleh Kelompok Berita Korea

(Asal dalam bahasa Korea)

Tanggal 17 Maret 2002 banyak inisiat Korea berkumpul di Center Young Dong di Sanju untuk merayakan peringatan tahun ke-10 datangnya Metode Quan Yin ke Korea.

Rekan praktisi dari semua center Korea biasanya berkumpul di Young Dong untuk meditasi kelompok pada tiap hari Senin pertama dan ketiga tiap bulannya. Tetapi kali ini ada alasan yang lebih istimewa untuk mereka bersama-sama datang. Maret 2002 menandai peringatan sepuluh tahunnya Guru pertama kali berceramah di Korea, dan dengan demikian, pengenalan pada publik mengenai Metode Quan Yin ke dalam negeri. Kebetulan Utusan Quan Yin yang menolong untuk mengatur ceramah pertama ada Korea kembali dan dapat bergabung dalam perayaan yang bermakna ini.

Untuk peristiwa akbar ini banyak inisiat dari seluruh Korea menunjukkan lagu-lagu, puisi, dan tarian, mengisi kami dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Kami juga mengadakan sebuah perayaan istimewa bagi mereka yang telah menerima inisiasi setelah ceramah pertama guru di Korea sepuluh tahun yang lalu. Mereka mengekspresikan perasaan mereka yang bahagia dan mengucapkan rasa syukur yang tak berhingga pada Guru telah memberikan mereka kesempatan tidak hanya untuk bertemu dengan-Nya, tetapi juga berlatih dengan-Nya.

Seorang rekan inisiat menyajikan sebuah puisi, melukiskan pada pendengar betapa ia amat menghargai pengaturan Guru. Ia berkata bahwa kadang-kadang meskipun stuasinya tampak sangat buruk, Guru selalu mengatur segala sesuatu untuk kita dengan sempurna dengan cara yang terbaik, paling bijak, dan penuh belas kasih. Hal ini seharusnya mengingatkan kita akan buah rohani dan pertumbuhan yang kita capai melalui kasih dan berkah Guru. Terima kasih Guru atas perhatian-Mu!

Saat pertunjukan hampir berakhir, seorang saudari yang lebih tua menceritakan sebuah peristiwa nyata yang terjadi sepuluh tahun yang lalu saat ia diinisiasi. Tiga tahun sebelum inisiasinya, ia sedang berdoa di kuil dan melihat seorang makhluk yang terang mengenakan pakaian berwarna kuning turun dari langit. Pada waktu itu, ia tidak tahu siapa makhluk itu. Tetapi tiga tahun setelah inisiasinya, ia memiliki kesempatan untuk bergabung dengan sesi meditasi kelompok di Taiwan. Pada waktu itu, Guru muncul dalam pakaian kuning yang sama, dan saudari tersebut menyadari siapa yang telah ia lihat dalam penglihatannya!

Ceritanya bukanlah hal yang baru untuk kebanyakan dari kita, karena inisiat yang tak terhitung jumlahnya dari seluruh dunia telah memiliki pengalaman serupa. Namun cerita ini sekali lagi mengingatkan setiap orang bahwa ada sesuatu yang bermakna dari semua perbuatan Guru. Apa saja yang telah Beliau lakukan bagi kita begitu banyaknya dan tak berhingga sehingga tidak ada cara bagi kita untuk dapat mengukurnya! Kami dengan tulus berterima kasih kembali pada-Mu, Guru.

Ce2-2-134.jpg

Inisiat setempat berkumpul di Center Young Dong untuk merayakan peringatan sepuluh tahun pengenalan Metode Quan Yin ke Korea.

Ce2-1-134.jpg

Seorang utusan Quan Yin dan rekan-rekan praktisi yang diinisiasi sepuluh tahun yang lalu memotong sebuah kue peringatan dalam perayaan.

 

Guru Bercerita

Kijang Emas – Salah Satu Kehidupan Lampau Sang Buddha

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional Tujuh-Hari, Phnom Penh, Kamboja, 14 Mei 1996

(Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video No. 548

Ini adalah sebuah cerita yang berjudul “Kijang Emas”. Ada banyak cerita mengenai “emas” di dalam sini (Guru menunjuk pada buku yang Ia baca), tetapi saya hanya mengambil yang satu ini. Saya tidak tahu mengapa; mungkin saya suka kijang. Ini adalah cerita dari salah satu kehidupan lampau Sang Buddha. Saat Anda mendengar apa saja mengenai “emas”, itu menunjuk pada Sang Buddha. Jadi saya tidak perlu untuk mencoba dan memperkenalkannya.

Dahulu kala ada seorang pedagang yang sangat kaya raya yang tinggal di Benares. Ia hanya memiliki satu putera yang bernama Mahadanaka Ananda. Ini berarti seseorang yang tahu uang saja. Ini adalah nama yang jelek. Karena “Ananda” berarti kebahagiaan. Jadi mungkin ia memperoleh kebahagiaan hanya dari uang, atau mungkin itu hanyalah julukannya.

Sejak ia muda, orang tuanya sangat memanjakannya karena ia adalah anak laki-laki satu-satunya. Maka ia besar tanpa pengetahuan kecuali hal bernyanyi, menari, berpesta, dan bersukaria dengan teman-temannya dengan uang dari orang tuanya. Dan ketika ia telah cukup umur, orang tuanya mendapatkan seorang istri untuknya. Tak lama kemudian, mereka mati. Dan setelah kematiannya, anak muda tersebut menghabiskan semua waktunya dengan teman-teman bermalas-malasnya yang kebaikannya sia-sia saja, melewati seluruh hari dengan minum-minum dan berjudi.

Sebagai akibatnya, uang ayahnya dengan cepat habis, dan si orang muda terpaksa meminjam uang dari orang lain, tetapi ia tidak bermaksud untuk membayar kembali hutangnya. Ia tidak pernah tahu bagaimana bekerja untuk menghasilkan uang, dan ia tidak pernah tahu bagaimana menyimpannya. Mungkin ia tidak diajarkan bagaimana cara berhemat. Mungkin orang tuanya juga bersalah karena mereka seharusnya telah mengajarkan padanya bagaimana menjadi seorang manusia, dan tidak hanya bagaimana menjadi seorang anak dari orang kaya.

Karena ia meminjam banyak uang pada orang yang berbeda-beda, mereka terus-menerus datang ke rumahnya dan menekannya. Ia menjadi sangat putus asa karena takut dan kuatir dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Akhirnya, ia memutuskan sebuah rencana tindakan. Ia amat, sangat tertekan dan putus asa, sehingga ia memanggil semua kreditornya dan mengatakan pada mereka bahwa ia memiliki sebuah harta karun yang terpendam dekat tepi sungai Gangga. Dan jika esok hari mereka pergi bersamanya, mereka semua dapat pergi dan melihat bersama harta karun tersebut. Dan kemudian ia akan membayar kembali semua hutangnya pada mereka.

Karena itu, semua kreditor sangat gembira dan mengikutinya ke tepi sungai. Ia mencoba mencari ke sana ke mari, dan setiap orang mengikutinya, meskipun ia tampak kebingungan atas apa yang ia lakukan. Tetapi pria ini bermaksud untuk bunuh diri; semua ini hanya untuk aksi saja. Jadi saat ia tiba pada sebuah tempat di dalam sungai yang sangat deras arusnya, ia menerjunkan diri. Semua kreditor sangat terkejut dan terpaku tak berdaya. Tidak seorang pun yang berani menyelematkannya karena airnya sangat deras.

Saat mereka melihat bahwa ia telah lenyap, semua kreditor dengan sedih kembali ke rumah. Mereka berpikir bahwa ia mati dan tenggelam. Karena ia telah tersapu pergi sangat jauh dalam arus yang sangat deras. Dan mereka tidak melihatnya lagi di hilir sungai; karena itu, mereka pergi. Tetapi saat tubuhnya yang tidak sadar mengalir di bawah sungai, ia melewati rumpun bunga dan hutan pohon mangga. Dan seekor kijang yang sangat indah dan gesit kakinya tinggal di sana, jauh dari kawanan kijang lainnya. Kulitnya berkilau laksana sepuhan emas, dan kakinya terlihat seakan-akan dipoles dengan pernis. Tanduknya bagaikan untaian perak, dan matanya berkerlip laksana permata mulia.

Sang kijang sedang menggigit beberapa rumput lunak saat ia mendengar tangisan ribut bergema dari hutan. Dengan berlari turun ke tepian sungai, ia melihat anak pedagang yang malang berjuang di dalam air. Seketika itu juga ia berteriak, “Tunggu! Jangan takut! Aku akan datang untuk menyelamatkanmu.” Jadi ia meloncat ke dalam sungai, dan berenang dengan keras melawan arus, untuk mencapai pria itu. Kemudian kijang meletakkan pria tersebut di atas punggungnya dan membawanya dengan selamat kembali ke darat.

Namun putera pedagang tersebut amat letih kemudian pingsan. Selama tiga hari tiga malam, ia tak sadarkan diri, dan sang kijang merawat dan memberinya makan dengan buah-buahan liar. Ketika pria tersebut pulih, sang kijang berkata padanya, “Sekarang saya akan membimbingmu keluar dari hutan dan menunjukkanmu jalan ke Benares. Tetapi saya punya satu permintaan. Tolong jangan ceritakan pada raja atau para bangsawan bahwa seekor kijang emas hidup di dalam hutan. Karena mereka akan datang kemari dan mencoba untuk menangkap saya jika mereka mengetahuinya.”  Karena putera pedagang itu sudah berjanji, lalu sang kijang membawanya ke jalan menuju ke Benares.

Pagi itu, Ratu Kama, permaisuri Raja benares pada waktu itu, bermimpi. Di dalam mimpi ia melihat seekor kijang emas berbicara dalam bahasa manusia. Ia berpikir pada dirinya sendiri, “Pasti ada hewan seperti ini. Jika tidak, aku tidak akan bermimpi mengenainya.” Karena itu, ia pergi pada Raja, Brahmadatta. Ia bercerita padanya mengenai mimpinya dan bahwa ia menginginkan untuk memiliki hewan semacam itu. Jika tidak, ia akan mati.

Ini adalah muslihat dari wanita tersebut. Bagaimanapun juga cepat atau lambat ia akan mati, jadi apa masalahnya? Namun sang raja, seperti kebanyakan pria di planet ini juga sangatlah bodoh. (Tertawa) Ia sangat takut terhadap istrinya, bahwa ia mungkin akan benar-benar mati. Jika ia mati demi sang raja, hal itu dapat dimaklumi. Tetapi jika ia mati karena seekor kijang, betapapun keemasannya itu, hal itu akan tampak lucu. (Tertawa). Tetapi sang raja membelikannya. Bagaimanapun, hal itu hanya untuk membuat Anda tahu bahwa Anda bukanlah satu-satunya orang yang bodoh, dan siapa bos sesungguhnya di rumah itu. Bahkan pada masa sang Buddha itu sama. Karena itu, saya tidak mengerti mengapa para wanita sekarang ini memboroskan waktu mereka, berdemonstrasi dan memberi ceramah bagi semua jenis hak-hak perempuan dan persamaan hak perempuan. Perempuan tidak akan pernah sama dengan laki-laki. Mereka superior dibanding laki-laki! Saya tidak tahu siapa yang seharusnya berjuang demi persamaan hak. Perempuan tidak pernah sejajar dengan laki-laki. Karena itu, beritahukan pada semua perempuan bodoh ini untuk menghentikannya. Jangan merendahkan martabat kita. Kita superior; persamaan hak apa yang mereka perjuangkan? (Tertawa)

Karena itu, sang raja dengan segera menyuruh memanggil para orang bijak dan menanyakan tentang kijang emas ini, yang berharga dan amat jarang. Dan para orang bijak mengiyakan: “Ya, ada hewan semacam ini.” Tetapi mereka tidak tahu di mana sang kijang tinggal. Karena itu, sang raja memesan seekor gajah dengan hiasan yang kaya dan berkata pada bentara, “Bawalah gajah tersebut dan seribu helai uang dan pergilah ke seluruh penjuru kota. Nyatakan bahwa barangsiapa dapat memberitahukan tentang seekor kijang emas, ia akan mendapatkan sang gajah dan uang sebagai imbalannya.” Sekarang Anda tahu siapa bossnya, bukan? Dengan segera ia menghabiskan seluruh uangnya untuk istrinya. Pada waktu itu, mungkin ia sudah tua. Tetapi mungkin semakin ia tua, kekuasaannya semakin kuat.

Karena itu, sang bentara menaiki seekor kuda putih dan berkendara ke seluruh kota memberitakan dengan keras mengenai perintah raja. Anak pedagang, yang baru saja memasuki Benares, mendengar kabar tersebut dan pergi kepada bentara, berkata,”Saya dapat memberi informasi mengenai kijang emas yang beliau cari. Bawalah saya padanya.” Dan bentara tersebut membawa anak pedagang ke istana dan memohon untuk bertemu, dengan berkata, “Yang mulia, pria ini berkata ia mengetahui di mana kijang emas dapat ditemukan.” Karena itu, sang raja sangat senang dan meminta putera pedagang untuk membawanya ke sana.

Kemudian raja membawa pasukan besar tentara dan informan, dan berangkat ke hutan di mana kijang emas tinggal. Saat mereka tiba, putera pedagang berkata, “Yang mulia, dalam rumpun bunga pohon mangga tinggallah kijang emas yang Anda cari.” Lalu raja berkata pada bawahannya, “Kepung hutan kecilnya dan siapkan busur dan panahmu. Kalian sama sekali tidak boleh membiarkan kijang tersebut lepas.” Dan raja mengendarai kudanya sendiri masuk dan menangkap kijang hanya untuk istri yang dicintainya. Sekarang Anda dapat melihat seperti apa seorang raja itu, dan untuk apa? (Guru dan semua orang tertawa).

Sang kijang, yang sedang beristirahat di bawah naungan pohon, mendengar suara dan dengan seketika waspada. Ia bangkit dan melihat raja berdiri pada kejauhan dengan putera pedagang dan sekelompok anggota istana. Ia berpikir pada dirinya sendiri, “Aku akan selamat di tempat sang raja berada sehingga aku harus pergi kepadanya.” Itulah apa yang dipikirkan kijang sehingga ia berlari ke tempat sang raja. Secepat angin, ia berlari menuju ke arah raja. Tetapi sang raja dengan segera mengangkat panahnya dan bersiap untuk melepaskan busur. Karena ia berpikir bahwa jika kijang dilukai kakinya atau di tempat lainnya, akan mudah untuk menangkapnya. Tetapi sang kijang berteriak dengan sangat keras, berkata, “Yang Mulia Raja, berhentilah. Tolong jangan lepaskan panah Anda.”

Sang raja sangat terkejut oleh suara lantang  sang kijang, dan ia menjatuhkan panah dan busurnya. Para tentara dan orang lain juga berkerumun dalam keheranan, karena tidak seorang pun sebelumnya pernah mendengar seekor kijang berbicara dalam bahasa manusia. Karena itu, sang kijang pergi ke arah raja dan bertanya padanya dalam suara semanis madu: “Siapa yang membawa kabar pada Anda, oh Raja, bahwa saya dapat ditemui di sini?”

Karena itu sang raja menunjuk pada putera pedagang dan berkata, “Dia.” Sang kijang kemudian menolehkan kepalanya pada si pengkhianat dan berkata dengan sangat sedih, “Akan lebih baik mendorong keluar sebatang kayu dari sungai daripada menyelamatkan orang seperti Anda.” Jadi, ia memaki pengkhianat tersebut. Sang raja sangat terkejut dan bertanya pada kijang, “Perbuatan salah apa yang telah ia lakukan terhadapmu?” Dan sang kijang menjawab, “Yang Mulia, saya menyelamatkan nyawa orang ini pada saat ia tenggelam dan membawanya ke tempat aman dan merawatnya selama tiga hari dan dalam tiga hari ia sembuh. Dan saya berkata padanya untuk tidak menceritakan pada siapapun di mana saya ditemukan, dan ia berjanji demikian. Sekarang, karena perbuatannya yang tidak tahu berterima kasih, saya berada dalam bahaya.” Hal itu karena ia mencintai emas dan uang sehingga putera pedagang menjual penyelamatnya.

Mendengar ini, sang saja sangat marah. Ia berbalik ke putera pedagang dan berkata, “Kamu telah membayar kemurahan hati dengan pengkhianatan yang hina. Untuk ini, kamu harus mati.” Karena itu, ia mengangkat busur dan panahnya dan bersiap untuk menghujam sang pengkhianat. Tetapi putera pedagang sangatlah ketakutan dan gemetar. Ia bertekuk lutut dan memohon kemurahan hatinya.

Melihat keadaan yang menyedihkannya, sang kijang tergerak oleh belas kasihan dan berkata pada raja, “Mohon lepaskanlah ia. Jangan ada darah orang malang ini dalam hati nurani Anda. Berikan ia uang yang Anda janjikan padanya, dan suruh ia pergi.” Sang raja tertegun sementara tetapi akhirnya mendengarkan permohonan kemurahan hati dari sang kijang. Dan ia berkata pada putera pedagang, “Kamu berhutang nyawa dua kali pada kijang yang mulia ini.” Kemudian ia berkata padanya, “Pergilah dari sini segera, dan jangan pernah kembali pada kerajaanku lagi atau kamu akan dihukum mati.” Putera pedagang langsung mengambil langkah seribu dan menghilang ke tengah hutan, tidak pernah terlihat lagi.

Kijang yang mulia dan bijaksana, menoleh ke raja, berkata, “Yang Mulia Raja, lolongan serigala dan burung bercicit mudah dimengerti. Tetapi kata-kata dari manusia sering penuh dengan akal bulus. Anda mungkin berpikir bahwa seorang manusia adalah teman Anda tetapi Anda akan mendapati bahwa ia telah mengkhianati Anda.” Sang raja kagum atas kebijaksanaan dan kecerdasan kijang dan memutuskan untuk mengaruniainya sebuah anugerah. “Katakan padaku apa yang kau inginkan, Kijang Emas. Dan itu akan menjadi milikmu. Apapun yang kau inginkan, meskipun aku kehilangan kerajaanku, aku akan menganugerahkannya padamu.”

Kijang berpikir dengan seksama dan berkata, “Anugerah yang saya mintaYang Mulia Raja, adalah agar seluruh hewan dalam kerajaanmu selamanya akan bebas dari bahaya.” Sang raja tersentuh oleh belas kasih dari kijang emas ini dan menyetujuinya. Kemudian beliau membuat sebuah pernyataan bahwa siapapun yang mencelakau segala hewan di dalam kerajaannya akan dihukum berat, dan Ratu Kama sangat bahagia memandang kijang yang rupawan yang berlapiskan emas seperti yang ia lihat di dalam mimpinya. Ia mendengarkan dengan rasa senang pada saat kijang berbicara padanya dalam suara manusia yang berbunyi seperti gemerincing bel perak.

Untuk waktu yang lama, kijang emas tinggal di Benares bersama sang raja dan ratu. Kota dihiasi, dan pesta diselenggarakan sebagai penghormatan pada hewan. Kemudian ia kembali ke hutan di mana telah ia tinggali untuk waktu yang lama. Di sana ia menghabiskan sisa hari-harinya dalam kedamaian.(Tepuk tangan)

Ini adalah cerita yang baik. Jika kita umat manusia dapat meniru bahkan satu bagian kecil dari kualitas mulia dari sang kijang emas ini, maka dunia kita akan menjadi surga. Tetapi sayangnya, kebanyakan dari kita selalu mencoba untuk merebut segala sesuatu untuk diri kita sendiri, dalam setiap keadaan. Bahkan dalam latihan rohani, kita masih tidak dapat menghentikan ketamakan dan egoisme, mencoba untuk merampas berkat spiritual dengan mengorbankan orang lain. Hal ini bahkan lebih gawat daripada mencoba untuk merampas harta benda atau harta milik orang lain dalam dunia fana, karena kita sudah berada dalam jalan rohani. Karena itu, apapun yang kita ambil, kita harus mengusahakannya sendiri. Kita dapat meminta berkah, bimbingan, dan pertolongan kapanpun kita membutuhkannya. Hal ini tidaklah mengapa pada saat kebutuhan muncul atau saat diperlukan, tetapi tidak saat mengorbankan kebahagiaan dan menyebabkan kesusahan orang lain. Coba ingatlah ini.

Di dalam setiap situasi kehidupan, kita harus selalu baik budi dan tak berprasangka. Ini bukan berarti saya meminta Anda untuk selalu mengorbankan diri Anda, bahkan jika hal ini untuk kebahagiaan atau keberhasilan orang lain. Tetapi paling tidak berlakulah dengan wajar. Karena jika kita sebagai praktisi tidak dapat berlaku dengan adil, bagaimana kita dapat mengharapkan dunia luar bertindak adil terhadap kita atau menjadi sebuah tempat yang lebih adil bagi setiap orang untuk hidup di dalamnya. Jadi jika tidak adil di sini, saya tidak dapat percaya bahwa Anda akan adil di luar terhadap orang lain. Dan saya tidak dapat menerima siswa seperti ini, khususnya setelah Anda sudah belajar lama dengan saya. Bahkan jika Anda pendatang baru, saya tetap tidak punya maaf untuk Anda. Karena telah tersedia bagi Anda kaset video, kaset audio, buku, dan segalanya. Anda tidak dapat berkata pada saya bahwa Anda baru sehingga Anda tidak tahu apapun. Jiwa Anda tahu mana yang benar dan mana yang salah. Itulah sebabnya Anda datang kemari.

Jika Anda ingin mengubah diri Anda menjadi seekor rubah, itu masalah Anda, tetapi jangan mengorbankan perkumpulan. Anda datang ke sini tidak untuk mencuri berkah dari seluruh kelompok. Anda tidak datang ke sini untuk bersaing satu sama lain untuk tempat duduk terbaik dalam teater, seperti orang luar. Bahkan orang luar, jika mereka menginginkan tempat duduk terbaik dalam teater, mereka membayarnya! Mereka lebih adil di luar sana. Jadi Anda membayar untuk tempat duduk terbaik dengan latihan rohani dan dengan usaha Anda. Jangan mencoba untuk mencari apapun di sini, karena saya tahu. Saya tahu apa yang menjadi milik siapa. Jika Anda mencoba untuk mencuri di sini, Anda dipersilahkan membuang Lima Pantangan dan tidak repot-repot datang kemari lagi. Karena ini adalah tempat di mana Anda harus menjadi teladan dari status rohani Anda. Jika Anda tidak dapat menunjukkan pada saya di sini, di mana lagikah Anda akan menunjukkannya?

Kita seharusnya tidak pernah melupakan martabat dan tujuan mulia kita di setiap tempat, apapun harganya. Jika kita berlatih degan baik, jika kita mencintai Guru dan mencintai Tuhan, Tuhan mengetahuinya. Guru tahu, pasti. Anda dapat melihat dari kisah sang kijang bahwa kijang bahkan lebih baik daripada kebanyakan umat manusia. Karena itu, kita harus belajar dari semua hewan emas ini. Kita tidak peduli apakah mereka reinkarasi masa lalu Buddha atau tidak; perbuatan mereka memperlihatkan pencapaian rohani mereka. Karena itu jangan terlalu bangga bahwa kita adalah manusia, jika kita tidak dapat melakukannya.

Sebenarnya saya tidak tahu mengapa kita harus bangga bahwa kita adalah manusia. Contohnya, saya baca di koran, saya dengar di radio, dan saya lihat di TV tentang begitu banyak hewan mulia yang menyelamatkan orang. Mereka menyelamatkan anak mereka sendiri, bahkan dengan mengorbankan hidup mereka sendiri. Ada sebuah gambar mengenai seekor kucing. Ia sepenuhnya terbakar, buta, dan ketakutan karena ia kembali sebanyak empat kali ke dalam api dari rumah yang terbakar untuk menyelamatkan keempat anaknya. Ia terbakar dan buta dan tidak dapat dikenali lagi. Tetapi ia membawa mereka semua keluar dan selamat, kucing ini.

Seekor kucing sangatlah mandiri. Setelah ia megandung, saya pikir ia tidak lagi mendapatkan bantuan dari kucing laki-laki atau ayah kucing. Ia membesarkan anaknya sendiri. Dan saya telah melihat banyak kucing di sekitar kita yang kadang-kadang melakukan semua hal yang indah untuk anak mereka. Saya melihat satu kucing membawa makanan yang indah – maafkan saya, bukan hal yang sangat indah untuk diceritakan – tetapi saya melihatnya membawa makanan yang terbaik, seperti seekor tikus atau beberapa makanan besar lain untuk anaknya. Dan ia menangkap lalat, serangga, atau hewan kecil lainnya untuk dimakan dirinya sendiri. Saya tidak menyetujui diet non-vegetarian, tetapi saya tidak dapat berunding dengan seekor kucing. Dan saya tersentuh oleh devosinya. Karena seekor kucing hanya dapat memakan ini, dan ia melakukan yang terbaik untuk memberikan nutrisi bagi anaknya sementara ia makan sampah untuk dirinya sendiri. Saya melihatnya dengan mata saya sendiri. Saya tidak akan memarahinya karena memakan makanan non-vegetarian atau membunuh tikus. Saya hanya tersentuh oleh kasihnya.

Gambar ini masih tergambar jelas dalam pikiran saya setiap saya berpikir mengenai kucing. Karena itu saya tidak tahu mengapa kita manusia memperlakukan hewan dengan amat kejam, kebanyakan dari kita, dan berpikir mereka sebagai makhluk dengan tingkatan yang rendah. Menurut saya banyak hewan sangatlah mulia. Mereka sangat mulia dan penuh kasih terhadap sesamanya, sebagaimana halnya terhadap yang lain. Dan kadang-kadang Anda melihat seekor kucing atau anjing berenang di dalam sungai yang sangat berbahaya untuk menyelatmatkan kawannya. Baik itu teman manusia atau teman anjing atau teman kucing, mereka melakukannya – dengan risiko hidup mereka sendiri. Tetapi tidak banyak dari kita manusia berani melakukan ini. Pada saat kita melihat sebuah situasi yang berbahaya, kita tidak menyabung nyawa kita. Tetapi saat hewan melihat bahaya, mereka masih mengorbankan hidup mereka, atas dasar kasih.

Jadi jika kita manusia tidak dapat kembali pada instink alami akan belas kasih dan rasa sayang, yang masih dimiliki hewan, maka kita seharusnya meyesal terhadap diri sendiri daripada berbangga diri. Dan itulah alasan megapa kita harus vegetarian karena hewan sungguh-sungguh mulia. Mereka benar-benar memiliki kualitas manusia dan jiwa di dalam diri mereka, seperti halnya kita. Karena itu saya berpikir baik juga ketika kita belajar dari hewan. Bukan berarti kita belajar untuk menjadi seekor hewan, tetapi kualitas mereka yang baik harus kita ingat sehingga kita tidak merasa malu berada lebih rendah daripada standar hewan.

Kita harus naik ke posisi mulia orang suci. Untuk melakukannya, kita harus memiliki belas kasih dan rasa sayang dan pengertian serta pengorbanan untuk tidak mementingkan diri sendiri sepanjang waktu, baik itu saat retret, di rumah, di supermarket, atau di manapun juga, bahkan di dalam hutan di mana tidak ada seorang pun dapat melihat kita dan tidak seorang pun ada untuk mencatat perbuatan baik kita atau memuji usaha kita yang mulia. Kita harus selalu mulia dengan sendirian karena kita sendiri tahu siapa kita. Dan Tuhan tahu.

 

Mutiara Kebijaksanaan

Hewan adalah Sahabat Kita

Diucapakan oleh Maha Guru Ching Hai, Universitas Harvard, Amerika Serikat, 24 Februari 1991 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset video No.155

Bila kita benar-benar ingin menjalani hidup yang sesuai dengan “Kasihilah tetanggamu”, maka tetangga kita haruslah meliputi binatang sahabat kita, khususnya karena mereka tidak meyakiti kita. Mereka hanya memperindah kehidupan kita; mereka penuh kasih dan mereka membuat hidup kita lebih hidup, lebih berwarna dan menarik. Kita seharusnya melindungi mereka, menjaga mereka, mencintai mereka, dan menikmati kehadiran mereka. Tuhan telah membuat hal ini jelas, Ia berkata “Aku menciptakan binatang untuk menemani dan menolongmu ”.

 

 

 

Hidup Berbagi dengan Semua Makhluk

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Rumah Vegetarian San Jose, Kalifornia, Amerika Serikat, 30 Juni 1994 (asal dalam bahasa Inggris) Kaset video 437

Sebenarnya, dunia ini merupakan milik siapa saja, termasuk binatang. Itulah mengapa kita mengikuti kebijaksanaan vegetarian. Karena dunia ini tercipta disebabkan oleh daya dari kekuatan pikiran semua makhluk hidup yang ada di planet ini. Kita menginginkan tempat ini, maka tempat ini ada, termasuk para binatang. Namun ketika kita datang ke dunia ini, kita pikir dunia ini merupakan milik kita. Setiap orang berpikir dunia ini miliknya, sehingga kita mulai menyingkirkan “orang yang kita anggap asing” – yang berwarna merah, hitam, kuning dan sebagainya.

Yang berwarna merah ingin menyingkirkan warna putih. Dan yang berwarna putih menyingkirkan warna hitam. Dan kemudian yang berwarna hitam, putih dan kuning menyingkirkan binatang, dan seterusnya. Dan lalu kita lupa bahwa kita bersama-sama memilikinya, bukan satu-satunya pemilik tunggal dunia ini. Itulah mengapa kita tidak boleh membunuh binatang, tidak boleh memakan mereka dan tentu saja terutama tidak boleh membunuh makhluk lain. Namun dalam nama politik, kecintaan kepada negara atau agama, terkadang kita membunuh, dan kita  membenarkan pembunuhan yang kita lakukan dengan berbagai alasan yang tampak mulia.

Sebenarnya, ini bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Karena bila hari ini kita membunuh maka di kehidupan berikutnya kita yang dibunuh. Karena itu, perang selalu berlanjut di dunia kita, dan kita selalu heran mengapa hal itu terjadi. Namun tidak ada yang perlu diherankan. Ketika kita menanam sesuatu, maka kita akan menuai buahnya. Bahkan Alkitab berkata demikian “Apa yang kau tabur, itulah yang kau tuai”. Dan bagi kita yang tidak menderita akibat dari perang atau konflik lainnya, itu berarti kita sebelumnya tidak menabur benih kekerasan. Bila kita terus menjaga hal ini, walaupun bila kita tidak bermeditasi, walaupun kita tidak berdoa kepada Tuhan secara resmi atau tercatat sebagai orang bijak, maka kita akan dilahirkan kembali sebagai manusia yang aman, terjamin dan sehat. Karena kita sebelumnya tidak menabur benih kerusakan, perang dan kekerasan.

 

Semua Makhluk Hidup Sederajat

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 27 Desember 1995 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset video No.519

Sejak zaman dulu hingga sekarang, orang Asia, khususnya orang Cina dan Aulac, berpikir bahwa kura-kura  adalah hewan yang sangat suci karena mereka hidup sangat lama. Dan kadang-kadang mereka memahami sesuatu, sehingga masyarakat tidak berani untuk membunuh binatang ini.

Tentu saja hal ini ada benarnya. Sama seperti hal sebelumnya, para nelayan Aulac memuja ikan lumba-lumba dan ikan paus yang bersahabat. Karena kadang-kadang pada saat badai dan situasi yang berbahaya seperti angin topan, seekor ikan paus atau ikan lumba-lumba akan menolong mereka memandu kapal mereka dan bahkan mendorong kapal mereka menuju tempat yang aman. Terkadang mereka mendorong manusia yang tenggelam keluar dari air. Karenanya, binatang seperti ini tidak pernah dibunuh. Dan bila salah satu dari binatang itu mati secara wajar atau kematiannya diketahui, para nelayan atau masyarakat awam akan berenang ke laut dengan tujuan membuatkan makam bagi binatang tersebut dan mendoakannya siang dan malam.

Ada beberapa binatang yang memang sangat cerdas. Tidak ada keraguan tentang hal ini, dan kita mengetahui hal ini juga. Bahkan babi atau hewan piaraan diakui kualitas kesetiaannya, loyalitas, sifat bersahabat mereka dan sikap mereka yang suka menolong dalam situasi-situasi yang sulit. Banyak koran-koran Anda mencetak artikel-artikel tentang keajaiban-keajaiban yang dilakukan oleh binatang. Sebagai contoh, seekor anjing menolong seorang anak kecil dari kebakaran rumah atau seekor babi berlari bermil-mil untuk mencari pertolongan bagi pemiliknya, walaupun beberapa saat setelah itu pemiliknya akan memotong leher mereka. Atau seekor kuda tinggal di makam pemiliknya sampai ia sendiri mati, dan tak pernah makan apapun. Atau seekor anjing yang tidak pernah meninggalkan makam pemiliknya, dan seterusnya. Ada banyak sekali hal-hal yang menakjubkan seperti ini.

Oleh karenanya tidak aneh bila manusia terkadang menganggap bahwa binatang-binatang itu lebih baik dari pada diri mereka sendiri. Hal itu mungkin benar, dalam beberapa aspek. Bagaimanapun juga semua makhluk diciptakan oleh Tuhan, karena itu mengapa mereka tidak boleh memiliki percikan Tuhan di dalam diri mereka seperti diri kita? Hanya karena mereka ada dalam bentuk yang berbeda dan menggunakan bahasa yang lain tidak berarti mereka dalam hal apapaun kurang berharga dibanding diri kita. Orang Afrika mungkin hitam dan berbicara bahasa Afrika, tetapi mereka sama sekali tidak kurang berharga daripada orang Amerika yang putih atau orang Asia yang kuning.

 

Kata-Kata Mutiara

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, N.J., A.S., 24 Juni 1992 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset video No. 259

Hewan tercipta karena suatu alasan. Mereka juga penduduk bumi; kita tidak punya hak untuk membunuhnya. Saya telah mendengar beberapa orang mengatakan bahwa penelitian mereka telah menemukan bahwa hewan kadang-kadang menyembuhkan penyakit manusia, mungkin karena kasih mereka. Itulah sebabnya mengapa banyak orang senang memiliki anjing dan kucing, walaupun kerepotan dan kelekatan mengikat orang bersamanya. Tetapi karena mereka amat menyenangkan dan mungkin entah bagaimana menyejukkan, orang merasa nyaman dan memelihara mereka.

 
Guru Berkata

Kasihilah Hewan Kesayangan Anda seperti Diri Anda Sendiri

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, A.S., 6 Juni 2001 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset video No.714

Bila Anda memiliki seekor anjing, Anda harus memperlakukannya sedikitnya seperti diri Anda sendiri – dengan kesehatan dan makanan yang baik, serta kasih. Dia seperti anggota keluarga, hanya berbeda penampilan. Setiap kali kita membawa anjing keluar untuk buang air besar di atas rumput, kita harus memungut kotorannya. Atau kita sebaiknya memiliki plastik yang siap menampungnya, sehingga kotorannya tidak menyebarkan debu, penyakit atau kotoran kepada orang-orang atau anjing-anjing yang lain. Bila anjing Anda sakit dan buang air besar dimana-mana dan anjing-anjing yang lain menginjaknya, anjing-anjing yang lain akan menjadi sakit juga. Maka setiap kali kita membawanya keluar untuk buang air besar, saat kita membawanya masuk kembali, kita harus membersihkan seluruh tubuhnya. Saya akan menunjukkan caranya.

Sebagai contoh, Anda dapat mengambil handuk dapur atau handuk yang lain. Yang ini (Guru menunjukkan handuk yang dipegang-Nya) terlalu kecil, hanya untuk peragaan. Handuk dapur lebih ulet. Tidak mudah sobek. Maka kepada anjing tersebut, Anda harus membersihkan segala sesuatunya, karena dapat berbau atau berbau busuk. Bersihkan seluruh tubuhnya, ke atas ke bawah, dan seterusnya. Pertama-tama, bersihkan kakinya. (Guru membersihkan anjing pudelnya). Dan kemudian bersihkan cakarnya dan keempat cakarnya, serta alat buang air kecil dan besarnya. Dan kemudian dia dapat masuk ke dalam rumah. Karena dengan demikian, penyakit atau bakteri apapun yang dia kumpulkan telah dibersihkan. Saya menggunakan air jeruk sitrun, tetapi Anda dapat menggunakan yang lainnya.

Gunakan air jeruk sitrun atau air cuka untuk membersihkan rumah, sehingga rumahnya tidak mengandung bahan-bahan kimia. Karena anjing tidur di lantai, dan mereka menjilat lantai saat dia makan dan menjatuhkan makanannya. Bila dia memakan dari sesuatu yang Anda bersihkan dengan bahan kimia, dia menjadi sakit atau meninggal. Dan kemudian Anda membuang uang atau waktu untuk pergi ke dokter, atau Anda membuang anjingnya.

Ini adalah masalah dari banyak orang. Mereka menghukum anjingnya atas kebodohan, kecerobohan dan kekurangan kasih sayang mereka sendiri. Sehingga banyak anjing yang berakhir dalam penampungan hewan bukan karena kesalahannya sama sekali. Tetapi  karena kesalahan dan kebodohan manusia. Banyak manusia yang tidak layak memelihara anjing. Kadang-kadang saya pergi keluar dengan mobil dan melihat truk-truk bak terbuka di panasnya musim panas Florida; orang-orang meletakkan sejumlah anjing pada bak tanpa atap di belakang truk. Tanpa alas; hanya logam. Sehingga mereka kepanasan. Mereka berlari kian kemari dan kadang-kadang jatuh di belakang truk.

Mungkin mereka terbiasa demikian. Saya tidak mengetahui berapa lama mereka harus terbiasa demikian. Tetapi mungkin mereka sakit kepala saat mereka tiba di rumah. Dan mereka tidak dapat menyampaikan kepada Anda bila mereka sakit kepala. Bila Anda duduk pada bak truk yang terbuka sepanjang perjalanan yang panjang, Anda juga akan sakit kepala. Bahkan Anda memiliki rambut yang panjang dan tebal yang menutupi kepala Anda. Anjing-anjing ini merupakan anjing-anjing yang malang. Beberapa anjing memiliki rambut yang pendek; beberapa bahkan tanpa rambut. Saat saya melihat ini, saya kira manusia tidak layak memelihara anjing. Anjing demikian menyenangkan, demikian manis dan demikian setia. Mereka bersedia mati demi Anda. Mereka mengorbankan hidupnya demi Anda kapanpun bahaya muncul. Naluri kewaspadaannya muncul dan mereka bersedia mati demi Anda, kapanpun, pantang menolak!

Tetapi sebagian manusia tidak layak memelihara anjing, sungguh. Sehingga menghancurkan hati saya setiap kali saya melihat orang-orang memperlakukan hewan secara demikian. Pada saat yang sama, bila seseorang mengatakan bahwa Anda adalah seekor hewan, hal itu adalah sumpah serapah. Artinya Anda sangat rendah, buruk dan bodoh. Tetapi kadang-kadang, dapatkah Anda membayangkan seseorang yang lebih bodoh daripada kita?  

Sebagian dari kita bodoh. Tentu saja, sebagian anjing dipelihara untuk tinggal di luar. Tetapi Anda masih harus memeliharanya agar mereka tidak berkutu. Ada obat pencegahnya; bahkan harganya tidak mahal. Sekali sebulan, Anda dapat mempergunakan obat cacing dan obat kutu sehingga dia akan bebas dari penderitaan. Sekali sebulan, itu saja. Atau ada shampoo anjing yang mencegah kutu dan hal-hal semacam itu. Tetapi lebih baik mencegah daripada membunuh. Kita tidak ingin membunuh. Bahkan cacing dan kutu kita tidak ingin membunuhnya.

Maka cegahlah dengan menjaga anjingnya tetap sehat dan bersih. Karena walaupun rumput di luar tampak baik, kadang-kadang mengandung bakteri atau cacing atau telur-telur yang tertinggal di atasnya. Maka dari itu, bila kita membawa hewan ke dalam rumah, rumah kita sebenarnya sekotor seperti di luar. Banyak di antara kalian juga berjalan di dalam rumah dengan sepatu, dan itu juga menyebabkan anjingnya menjadi sakit. Bukan sepatunya yang kotor tetapi yang terbawa pada sepatu Anda yang menyebabkan sepatu Anda kotor. Dan kemudian Anda membawanya masuk ke dalam rumah. Kadang-kadang roda kendaraan Anda membawa feses atau urin dari anjing yang sakit di luar. Dan kemudian saat Anda membawanya masuk ke dalam rumah, anjing Anda menjilati lantai atau sepatu Anda dan menjadi sakit.

Maka bila Anda ingin memiliki hewan, pastikan bahwa rumah Anda demikian bersih sehingga Anda dapat tidur di atas lantai, demikian bersih sehingga Anda dapat menjilat lantainya dan merasa nyaman. Anda dapat membersihkan rumah Anda dengan setengah air cuka dan setengah air. Lima puluh-lima puluh. Bersihkan seluruhnya dengan ini, untuk menghilangkan kuman dan bau. Maka bila anjingnya membuang air kecil di situ, dia tidak akan menciumnya lagi. Karena lain kali bila dia mencium bekasnya, dia akan membuang air kecil pada tempat itu lagi.

Ini hanya beberapa contoh. Tetapi bila Anda menginginkan hewan, Anda sebaiknya pertama-tama mempelajari cara memeliharanya. Anda harus mempelajari apakah hewan tersebut cocok dengan kepribadian dan gaya hidup Anda juga. Itu salah satu alasan orang-orang membuang anjing atau kucing, karena mereka tidak cocok. Mereka memiliki seekor anjing yang terlalu aktif, saat mereka lemah dan tidak kuat, seperti seorang perempuan tua yang tidak dapat menanganinya. Atau seekor anjing yang sangat kotor yang tidak mereka latih dan tidak mengetahui cara menanganinya. Atau seekor anjing yang sangat suka bermain bersama orang yang tidak suka bermain atau tidak memiliki waktu untuk bermain. Dan kemudian mereka membuang anjingnya, karena mereka mengira anjingnya buruk, buruk, buruk.

Jadi ada banyak macam anjing atau hewan yang dapat sesuai bagi Anda. Tetapi sebelumnya Anda harus mempelajari, juga mengetahui apakah memelihara anjing atau kucing itu terlalu berat bagi Anda atau tidak. Maka, bila terlalu berat, Anda sebaiknya tidak mengambilnya. Anda harus jujur, itu saja. Bukannya Anda tidak mengasihi seluruh hewan dengan sama. Anda hanya harus mengetahui cara mengasihi dan yang mana yang dikasihi, sehingga kasihnya tidak berubah menjadi masalah dan kemudian menyakitkan bagi kedua pihak. Karena pada waktu yang lalu, salah seorang dari kalian membiarkan anjing saya pergi, dan kemudian membiarkan anjing saya lari dan hilang. Dan ini menghancurkan hati saya lama sekali.

Maka bila Anda mendapatkan seekor hewan, Anda harus memeliharanya, tidak peduli apapun. Dan bila Anda tidak dapat, Anda harus mencarikan penampungan yang baik baginya. Tunggulah agar menemukan rumah pribadi yang baik. Iklankan pada toko perlengkapan hewan peliharaan. Mereka akan menemukan rumah yang baik bagi anjing Anda. Dan berikan dia; jangan menjualnya. Berikan dia sebagai teman, sebagai hadiah. Seseorang akan menyukai anjing Anda. Anda dapat menjelaskan kepribadiannya, apa yang dia sukai dan apa yang tidak dia sukai. Dan akan ada seseorang yang cocok bagi anjing semacam itu. Mereka akan mengambilnya tepat pada waktunya.

Jangan berikan anjing Anda pada tempat pengurungan hewan, karena mereka akan membunuhnya dalam satu hari. Kadang-kadang mereka berbuat demikian! Tidak selalu satu hari, tetapi dari satu hari sampai satu minggu. Paling lama dua minggu. Maka dia tidak akan berusia panjang di sana. Bila itu yang Anda inginkan, baiklah. Tetapi pastikan Anda mengetahui. Saya ingin memastikan Anda mengetahui bahwa hewan Anda dapat dibunuh dalam waktu yang cepat, satu hari, dalam tempat pengurungan hewan. Tetapi beberapa penampungan “tidak membunuh”. Anda dapat memberikan anjing Anda pada penampungan semacam itu. Jelaskan seluruh kepribadian hewannya sehingga nanti tempat penampungan dapat mencocokkannya dengan orang-orang yang akan senang memiliki kepribadian yang demikian.

Selalu ada jalan keluar. Jangan membuang hewan Anda, karena mereka mahluk hidup, seperti kita. Saat Anda melihat ke dalam mata hewan, kadang-kadang Anda akan menyadari, “Kita setara. Kita sama.” Dan perasaan itu akan mengirim getaran ke seluruh tubuh Anda, dan akan memberi Anda suatu pencerahan bahwa Anda tidak pernah akan memimpikan memilikinya. Saya menyampaikan kepada Anda, bahwa hewan dapat mengajari Anda – juga bunga-bunga, pepohonan dan segala hal. Lihatlah begitu baik tingkah lakunya. (Guru menunjuk ke arah pudel yang sedang tidur pada pangkuannya) Bagaimana seseorang dapat membuang anjing semacam ini? Dia demikian menyenangkan.

 

Tanya Jawab Pilihan

Ahimsa – Memperluas Kasih kepada Rekan Hewan Kita

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Helsinki, Finlandia, 30 Mei 1995 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset video No.663

T: Banyak orang memandang rendah hewan dan memperlakukan mereka dengan kejam atau memanfaatkan mereka, mengeksploitasi mereka, menganggap mereka kurang berharga dan menyiksa mereka. Saya mencintai hewan dan saya harap Anda akan menunjukkannya dalam pembicaraan Anda, jika mungkin, nilai hewan.

G: Ya, itulah sebabnya saya menganjurkan orang untuk menjadi vegetarian. Kita melakukan ini untuk memperluas kasih kita kepada saudara dan saudari yang kurang dapat mempertahankan diri dan lebih lemah daripada diri kita. Di dalam Alkitab, Tuhan berkata, Aku menciptakan semua hewan untuk menjadi temanmu dan penolongmu. Ia tidak mengatakan pada kita untuk memakannya.

T: Dapatkah saya bahagia bersama Tuhan, bahkan bila saya tidak vegetarian?

G: Anda tahu sendiri jawabannya. Apa yang Anda tabur, itulah yang Anda tuai. Bila kita menyebabkan penderitaan pada makhluk apapun dalam segala bentuk, secara langsung maupun tidak langsung, kita tidak pernah dapat merasa sungguh-sungguh tidak bersalah, dan oleh karena itu kita tidak dapat sungguh-sungguh bahagia. Kita hanya dapat bahagia sampai taraf tertentu saja.

 

Dunia Hewan

Memberikan  Kasih  yang Sama

Oleh calon inisiat Herman Ong, Penang, Malaysia ( Asal dalam bahasa Inggris)

Pengalaman saya dengan anjing saya, bersamanya saya menjalani kehidupan, telah mengajarkan saya pelajaran berharga tentang hakekat emosi hewan.  Sekitar tiga tahun lalu, saya mengadopsi seekor anjing dari Lembaga Pencegah Kekejaman terhadap Hewan (SPCA)  dan menamakannya Morgan. Saya mencurahkan dia dengan banyak perhatian dan kasih sayang, dan dia sangat bahagia dan patuh. Namun, satu tahun kemudian selama liburan tahun baru lunar, karena suara berisik yang dibuat oleh petasan tetangga kami, Morgan menjadi terganggu dan melarikan diri. Karena saya sangat sedih, saya mencari di sekitar dan mendapatkan  seekor anjing baru, dan memanggilnya Beige, walaupun kemudian saya menemukan Morgan dan membawanya pulang ke rumah juga.

Beige sangat jelek, sementara Morgan  adalah seekor anjing gagah campuran Alsatian hitam coklat. Namun Beige  ternyata sangat patuh dan setia dan efektif memenuhi kebutuhanku, setuju makan makanan anjing kering dan menjaga rumahku sangat baik, sementara Morgan menginginkan hanya makanan enak dan sangat senang bermain. Jadi secara alami, saya mulai menunjukkan kurang dan kurang perhatian kepada Morgan dan  lebih perhatian kepada Beige. Hal ini terjadi  sesaat sampai Morgan mulai duduk dengan belakangnya menghadapku  (menunjukkan rasa tidak sukanya), dan juga menjadi sangat gelisah dan tidak percaya diri.

Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa anjing mempunyai emosi alami seperti manusia, dan  memelihara anjing sama dengan memelihara anak. Selama dua tahun ketika saya menunjukkan kurang perhatian kepada Morgan (karena  fakta bahwa saya berpikir anjing tidak banyak membutuhkan perhatian), saya gagal menyadari bahwa  dia mengamati berapa banyak kasih sayang dan perhatian yang saya curahkan kepada Beige. Karena itu lambat laun,  dalam tahun perkembangannya menuju dewasa, Morgan menjadi gelisah dan bingung dan tidak dapat mengerti mengapa saya menunjukkan  kepadanya kurang dan kurang perhatian. Seperti anak yang ditinggalkan, Morgan merasa diabaikan dan walaupun seekor anjing,  dia selamanya memandangku  seperti ayahnya (dia seekor anak anjing sewaktu saya mendapatkannya). Bagaimanapun, karena keadaan saya menunjukkan jumlah perhatian yang tidak seimbang kepada Beige, hal ini menyebabkan efek merugikan bagi perkembangan Morgan, membentuk kepribadiannya sekarang.  Hari ini, Morgan sangat gelisah dan tidak pernah mengerti mengapa dia yang kurang disayangi.

Pelajaran yang saya peroleh dari pengalaman ini adalah,  sampai tahap tertentu, anjing dapat merasakan dan bereaksi terhadap emosi dan makhluk yang sangat peka. Sungguh sangat baik jika semua pemilik anjing dapat merawat anjing mereka sama derajat dan memperlakukan mereka dengan penghargaan, baik itu secara emosi dan fisik  kedua –duanya.  Anjing-anjing menunjukkan banyak emosi, sama seperti kita manusia,  misalnya, iri hati, amarah dan bingung. Mungkin bila kita mengingat kembali bahwa anjing adalah juga dalam lingkaran reinkarnasi sama seperti manusia, hal ini tidak mengejutkan sama sekali.

 

Regu Medis Anjing Terlantar

Oleh saudari inisiat Hsu Chi-wen, Kelompok Majalah Taipei, Formosa

Pada hari Sabtu tertentu, saya mengunjungi Pusat Perawatan Kota Taipei Heng-An dan mengamati enam “anjing dokter” yang sedang bertugas. Hewan-hewan ini adalah yang pertama yang akan dilatih oleh Asosiasi Kegiatan Bantuan-Hewan dan Terapi Formosa. Pada hari itu, Nona Yeh Ming-li, kolega professor dari  Perguruan Tinggi Perawatan Nasional Taipei dan  anggota perawat lainnya dari Perguruan Tinggi ada di sana siap untuk menyambut  anjing dokter dan pemiliknya.

Program terapi bantuan hewan untuk anjing ini adalah proyek selama dua tahun yang dilaksanakan oleh Professor Yeh Ming-li  bekerja sama dengan Kedutaan Nasional Ilmu Pengetahuan Formosa. Tergantung pada kondisi para pasien,  Nona Yeh mengatur anjing khusus untuk pasien orang tua, dan  dua pasangan akan bertemu setiap Sabtu untuk periode 16 minggu terapi bantuan hewan (AAT).

“AAT  adalah sebuah metode berorientasi sasaran yang menggunakan hewan khusus dan sesuai dalam perawatan medis.  Para ahli medis dan perawat mendiagnosa penyakit pasien, menentukan AAT yang dibutuhkan, dan penyuluhan pasien atas hal proses penyembuhan dengan bantuan seekor hewan. Program ini tidak menganjurkan para pasien untuk memelihara hewan atau untuk melatih hewan pelayan seperti anjing penunjuk bagi orang buta. Seluruh ide dari AAT adalah untuk memperkuat interaksi antara manusia dan hewan sehingga para pasien dapat meningkatkan keadaan fisik dan mental mereka, hubungan sosial , dan perkembangan rohani, “ kata Profesor Yeh.

Pusat Perkembangan Pertama Anak Kota Taipei, bekerja sama dengan  Asosiasi Kegiatan  Bantuan-Hewan dan Terapi Formosa, menemukan bahwa sekitar 20 sampai 30  penderita polio muda  ternyata bertambah baik dalam hal  mekanisme tubuh, rehabilitasi dan kemampuan berkomunikasi melalui sentuhan dan bermain dengan anjing dokter. Seekor  anjing dokter bahkan berhasil membuat seorang anak penderita autis tersenyum dan  menjadi lebih terbuka kepada orang.

Chen Hsiu-yi, direktur Asosiasi, mengharapkan lebih banyak pemilik anjing mendaftarkan hewan peliharaannya untuk mengikuti program pelatihan anjing dokter, di mana ditawarkan bebas biaya.  Pelayanan umum ini membutuhkan kerjasama dan pengabdian berkelanjutan dari pemilik anjing, yang harus menemani anjing mereka untuk kursus mingguan mereka  dengan para pasien supaya terapi dapat berjalan. Setelah tiga tahun berusaha,  Direktu Chen sekarang mempunyai 28 anjing dokter pada tempat pelayanannya.  Namun  ada lebih banyak lagi institusi medis yang siap untuk menerima pelayanan AAT dan lebih banyak lagi anjing dokter dibutuhkan.

Ketika kami mengamati kegiatan satu-satu antara pasien tua dan anjing dokter yang ditemani dengan pemiliknya,  saya merasakan  kasih tulus dari pemilik dan merasakan kesetiaan yang mengikat anjing kepada mereka.  Terlebih lagi, saya menemukan bahwa pasien orang tua  seluruhnya terbenam dalam kasih dan hubungan penuh kepercayaan  antara manusia dan anjing dan memberikan eskpresi alami kepada emosi mereka. Misalnya, seorang nenek antusias mengayunkan tubuhnya yang cacat dan  hampir saja bangkit dari kursi rodanya  seketika melihat anjing dokternya muncul.  Namanya “Yo-Yo” tetapi nenek benar-benar lupa, memanggilnya “Dou-dou” yang menggelikan hati orang.  Tampaknya wanita tua ini telah berpakaian , khusus untuk pertemuan ini karena dia telah menunggu sesi mingguannya dengan anjing dokternya!

Karena ingin tahu, saya bertanya pada Chen Hsiu-yi tentang kemungkinan anjing yang terlantar bergabung dalam kelompok pelayanan, dimana hal itu akan memberikan mereka  hak untuk meminta  keadaan yang bermartabat jika mereka dapat melayani masyarakat. Dan Chen menyambut anjing terlantar untuk bergabung dalam program bebas biaya. Seperti yang dia ketahui,  anjing dokter  yang telah menerima pelatihan professional dapat menilai apakah pemiliknya   adalah tepat bagi mereka dan dapat memenangkan kepercayaan mereka sepenuhnya! Pemilik anjing harus berjanji, sabar, dan dapat dengan tepat memperbaiki  tingkah laku anjing mereka yang tidak benar. Anjing terlantar yang terlatih akan membuktikan  kemampuan yang sama dalam bertugas, kata Chen.

Institut Kesehatan Hewan Kota melaksanakan tiga tahun proyek bekerjasama dengan  Asosiasi  Kegiatan Bantuan-Hewan dan Terapi Formosa.  Untuk setiap program enam bulanan dalam proyek, 20 anjing terlantar akan dipilih dari  penampungan hewan, dan  sukarelawan akan secara terbuka dikumpulkan untuk menemani anjing dalam pelatihan.  Anjing terlantar pertama akan diadopsi oleh para sukarelawan, dan pelatihan gratis akan disediakan untuk anjing dokter dan pemiliknya.  “Tim medis oleh Anjing Terlantar ” pertama  diharapkan akan secara resmi didirikan di Formosa dalam waktu tiga tahun.  Chen juga mengatakan bahwa jika anjing-anjing dari penampungan hewan dapat dilatih menjadi anjing dokter, hal ini akan sangat membantu orang mengenal nilai kehidupan dari anjing terlantar, meningkatkan hubungan antara anjing dan manusia, dan melindungi hak anjing  untuk hidup.

Catatan :  Bagi yang berminat dalam AAT pelayanan sosial dan menjadi anggota dari tim medis anjing terlantar mohon hubungi Asosiasi Kegiatan Bantian-Hewan dan Terapi Formosa  untuk informasi lebih terperinci  mengenai adopsi anjing dan pelatihan.

Tel.: 886-2-2392-4860, penghubung: Nona Tsai Pei-yun

An2-3-134.jpg

Kakek Chuang menyikat rambut Bear dengan jari-jarinya yang kaku dengan bantuan dari pemilik anjing.

An2-1-134.jpg

Seorang wanita tua dengan kesukaran bicara mencoba untuk berbicara dengan anjing dokternya Win-win.

An2-2-134.jpg

Seorang pemilik anjing meminta anjing dokter Bear untuk berjabat tangan dengan Kakek Chu.

An2-4-134.jpg

Seorang pemilik anjing mendorong Kakek Chang untuk menepuk anjing dokter Yo-Yo dengan tangan atrophianya.

 

Teman-Teman Hewan Saya yang Luar Biasa

Oleh Saudari Inisiat Aler, Miaoli, Formosa

Ada banyak tupai di pegunungan dekat rumah saya, dan saya selalu ingin berteman dengan mereka. Suatu hari seekor tupai sedang melompat pada pepohonan di luar rumah saya, maka saya mengambil sebuah apel dan melambaikan tangan padanya, mengisyaratkan, “Datang dan ambillah.” Tetapi dia hanya memandang pada saya. Saya kemudian meletakkan apelnya pada suatu batang bambu. Pada malam hari, saat saya kembali, saya mendapatkan tupainya telah memakan separuh apel dan hari berikutnya habis semua.

Pada kesempat lain, saudari saya bersama saya menemukan seekor bayi tupai terendam dalam parit. Kami membawanya pulang, mengeringkannya dengan pengering rambut dan memberinya susu setiap hari. Dengan cepat ia dapat memegang jambu kelutuk sendiri dan mengunyahnya dengan penuh semangat. Kami menamainya ‘Chi-chi’ (dua suku kata tanpa arti khusus dalam bahasa Mandarin) dan ternyata dia tidak takut pada orang dan senang memanjat naik dan turun tubuh kami. Kami sangat senang memilikinya. Saat Chi-chi sedikit besar, dia senang menjelajah ke luar pada siang hari, tetapi akan selalu kembali pada malam hari. Saat pertama dia kembali, kami sedang menonton kaset video dan saat kami melihatnya, kami semua berteriak gembira, “Chi-chi kembali!” dan cepat-cepat memberinya beberapa makanan. Saat Chi-chi semakin dewasa, dia pergi untuk tinggal bersama-sama tupai yang lain. Mungkin karena teman-teman tupainya mengajarnya berhati-hati terhadap manusia. Setelah itu dia menolak untuk bermain-main bersama kami seperti sebelumnya. Tetapi setiap hari dia masih kembali untuk mengambil apel, jambu kelutuk atau buah yang lain yang kami sediakan di luar baginya. Kadang-kadang dia juga membawa serta teman-temannya.

Setiap hari burung-burung kecil juga mendatangi buah yang kami persiapkan bagi Chi-chi. Pada hari tahun baru Imlek ini, saya makan pagi di bawah sebuah pohon saat sekelompok burung terbang mendekat. Bahkan sebelum kami menempatkan  buahnya di atas pohon, burung-burung mulai keras berkicau, meminta perhatian atas kehadiran mereka. Saya cepat-cepat  memberikan mereka beberapa apel dan berkata kepada yang lain yang ada di dapur, “Burung-burung sedang berteriak “Saya lapar! Saya lapar!’” Mereka mengira saya mengerti bahasa burung, tetapi saya mengatakan kepada mereka, itu hanya perkiraan saya saja. Maka seseorang bergurau, “Mungkin hari ini mereka menyampaikan, ‘Selamat Tahun Baru!”

Pada kesempatan yang lain, seorang tetangga mengatakan kepada saya bahwa tupai-tupai masuk ke dalam rumahnya dan mencuri buahnya saat dia tidak ada. Saya mengatakan bahwa selama beberapa bulan saya telah meletakkan potongan-potongan buah pada baki di luar pintu saya sebagai hiasan dan tupai-tupai tidak pernah menyentuhnya. Sebenarnya, saya merasa sedikit puas. Saya merasa saya istimewa karena saya memiliki perlindungi. Tetapi saat saya kembali ke rumah hari itu, saya mendapatkan seluruh buah dalam baki saya jungkir balik dan beberapa buah ada bekas gigitan tupai.

Kejadian dengan tupai ini mengingatkan saya akan kekuatan pikiran. Apakah positif atau negatif, sekali pikiran  muncul dalam benak kita, itu akan terwujud. Sebagai contoh, saat saya sedang membicarakan tentang tupai-tupai yang mencuri buah, mereka sungguh-sungguh datang, terutama saat saya juga berpikiran untuk pamer. Ini seperti halnya telah menusuk lapisan pelindungnya, memungkinkan kekuatan negatif untuk menerobos. Dalam hal ini saya memperoleh pelajaran agar selalu waspada.

 

Peningkatan Rohani

Kaset Video Terbaru Maha Guru Ching Hai

<dalam bahasa Inggris>
729 Greatness Is Following Your Ideals
Master Talks to Resident disciples at the Florida Center, USA,
April 18/21/25, 2001

730 Communicating through Love
International Christmas Celebration at the Florida Center, USA,
December 25, 2001


<dalam bahasa Aulac>
731 The Strength of Many Hearts
International Christmas Celebration at the Florida Center, USA,
December 25, 2001



< dalam bahasa Inggris+Terjemahan Oral bahasa Belanda+Teks bahasa Korea>
647 Experience Heaven on Earth
Lecture in Amsterdam, the Netherlands, May 9, 1999


< dalam bahasa Inggris + Terjemahan Oral bahasa Bulgaria + Teks bahasa Korea>
651 Fill Life with Love and Wonder
Lecture in Sofia, Bulgaria, May 18, 1999


< dalam bahasa Inggris + Teks Korea>
656 Spirituality Shines in Adversity
Lecture in Dublin, Ireland, June 7, 1999

 

Laporan Media

Liberty Times, Formosa, Minggu, 28 April 2002

Pelantikan Komunitas Amfibi Penyelamat yang Spektakuler -–Latihan Penyelamatan dan Evakuasi Helikopter

 [Reporter Hsieh Wu-hsiung, Fuhsing] Asosiasi Penyelamat Amfibi Cina yang dibentuk oleh kelompok penduduk sipil setempat mengadakan perayaan pelantikan resmi di bawah Jembatan Lofu di kotapraja pedesaan Fuhsing kemarin. Untuk peristiwa ini, anggota Asosiasi menunjukkan sebuah rangkaian latihan penyelamatan dengan kapal, yang mana banyak membutuhkan penggunaan teknik-teknik yang sukar seperti pendaratan helikopter secara vertikal dan manuver sampan karet melalui perairan yang deras untuk menyelamatkan orang. Pertunjukan mereka yang cemerlang sangat mengesankan banyak orang yang bermain-main di perairan terdekat.

Asosiasi Penyelamat Amfibi Cina didirikan secara mandiri oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, dan ini adalah tim penyelamat pertama yang diakui oleh Administrasi Kebakaran Nasional sejak Pencegahan Bencana Formosa dan Undang-Undang Pengontrolan diberlakukan. Latihan penyelamat amfibi pra-banjir kemarin diinspeksi oleh Direktur Hsieh Lu-chuan dari Departemen Kebakaran Daerah Taoyuan.

Latihannya mencakup perahu karet penyelamat yang bergerak dalam formasi, pendaratan vertikal oleh helikopter penyelamat, evakuasi korban oleh kendaraan amfibi, penyelamatan orang dalam perairan yang deras dengan menggunakan perahu karet, evakuasi vertikal korban, penggunaan jerat tali, mendirikan jembatan tali sepanjang bukit atau arus, turun secara vertikal dari ketinggiian, dan penampilan perlengkapan penyelamatan gempa bumi yang canggih.

Dari antara semua perlengkapan yang dipamerkan, yang paling menarik mata adalah “Maha Guru Ching Hai – Lautan Kasih I”, kendaraan penyelamat amfibi yang dirancang dan dikembangkan oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, berdasar atas pengalaman bertahun-tahun dalam usaha penyelamatan. Kendaraan penyelamatan tersebut dirancang untuk mengevakuasi korban dari area yang terkena banjir dan membawa mereka ke tempat aman tanpa tertunda.

Catatan: Perayaan pelantikan Asosiasi Penyelamat Amfibi Cina dan latihan penyelamat amfibinya menerima pemberitaan luas di tiga koran utama Formosa. Sebagai tambahan, empat jaringan televisi Formosa Taiwan Television, China Television, Chinese Television, dan Formosa Television, dan sebagaimana juga jaringan TV kabel seperti TVBS-N, Sanlih Television, dan Great Love Television, melaporkan peristiwa tersebut dalam siaran berita malam hari mereka.

Liputan video berita yang menarik dari peristiwa ini tersedia untuk disaksikan dalam seri No.53 dari program televisi Perjalanan Melalui Alam Estetik di:<http://137.hichannel.com.tw> (in Chinese).

Mr1

Anggota yang terlatih dari Asosiasi Penyelamat Amfibi Cina menyeberangi sebuah sungai dengan untaian tali. (Foto dilakukan oleh reporter Hsieh Wu-hsiung)

Mr1-2-134.jpg

United Daily News: Semua anggota tim penyelamat amfibi ini vegetarian murni.

Mr1-3-134.jpg

China Times: Perayaan pelantikan Asosiasi Penyelamat Amfibi Cina.

 


Mr1-4-134.jpg

Mr1-5-134.jpg

Laporan Media: Reporter Lazuli yang Revolusioner –Majalah Dunia Cahaya Terbitan Lapis Lazuli Agustus 1998

 

Diet Vegetarian yang Tepat Waktunya Menyelamatkan Anjing-Anjing

Ditulis oleh Chiang Chun (Asal dalam bahasa Cina)

Pertama-tama, saya akan menjelaskan mengapa judul ini revolusioner. Dari sudut pandang ilmiah, pengetahuan umum atau bahkan dari definisi kamusnya, seekor anjing merupakan suatu hewan menyusui pemakan daging, seekor anjing yang jinak yang dipelihara untuk menjaga rumah. Gigi-gigi dan asam lambungnya (sekitar delapan sampai dua belas kali asam lambung manusia) dirancang untuk memcerna daging dengan cepat untuk menghindari pembusukan dalam saluran pencernaan. Kenyataan ini tampaknya bertentangan dengan konsep bahwa seekor anjing dapat makin baik kesehatannya melalui diet vegetarian murni. Bila saja saya tidak melakukan percobaan dan penelitian yang panjang pada masalah ini, akan sulit bagi saya menghapus keragu-raguan yang besar dalam benak saya tentang diet vegetarian murni bagi anjing-anjing. Saya berharap para pembaca akan dapat menyingkirkan praduga yang telah lama berlangsung juga.

Saya menyukai anjing, sehingga saya melakukan penelitian dengan sungguh-sungguh dan percobaan saya berhasil. Anjing-anjing saya dapat membuktikan nilai pola makan nabati bagi anjing-anjing; mereka merupakan bukti saya, bahkan saya telah menyelamatkan hidup anjing seseorang – anjing yang besar yang terkena penyakit kulit selama lebih dari empat tahun – dengan mengubahnya menjadi berpola makan nabati. Keadaannya sepuluh kali lebih buruk daripada anjing-anjing saya dan tiada dokter hewan atau obat yang dapat membantunya. Pada awalnya pemilik anjing mencemooh saran saya agar memberi anjingnya makanan nabati dan menolak memberinya sedikitpun. Saya telah memperkirakan  halangan ini, sehingga saya mengabdikan lebih banyak kasih, kesabaran dan kegigihan berusaha untuk meyakinkannya. Akhirnya dia menyetujui anjingnya mencoba mengikuti diet vegetarian, dan setelah lebih daripada satu bulan, anjingnya sungguh-sungguh sembuh! Saya sangat gembira melihatnya terbebaskan dari penderitaannya yang berkepanjangan. Ini alasan saya menulis judul ini, karena saya menginginkan seluruh anjing di dunia menjadi kuat dan sehat, tanpa menderita dari penyakit yang telah lama berlangsung.

Saya menghimbau seluruh pecinta anjing meninggalkan dugaan mereka sebelumnya dan mencoba penyembuhan yang efektif yang telah saya lakukan melalui percobaan yang sangat teliti, sehingga mereka dapat menghemat banyak biaya pengobatan dan waktu. Tetapi yang terpenting, mereka tidak akan harus melihat dengan tidak berdaya saat anjing kesayangan mereka menderita penyakit. Pada saat-saat demikian  para pemilik hewan kesayangan sering dirugikan dan diperas oleh para dokter hewan. Sebagai contoh, saya memiliki seorang teman yang memiliki seekor anjing tua yang menderita penyakit kulit yang parah. Walaupun dia telah membayar dua ribu enam ratus dolar Amerika bagi penyembuhannya, dia gagal menyelamatkan hidupnya. Dokternya mengatakan penyakit hewannya tidak dapat disembuhkan.

Pada saat itu tiga dari anjing-anjing saya yang lebih tua memiliki penyakit yang sama. Dan yang tertua bahkan memiliki banyak tumor pada kulitnya. Untungnya dokter hewan kami lebih berhati-hati dan berakhlak, menyampaikan bahwa akan sia-sia dan terlalu berbahaya melakukan operasi pada anjing yang demikian tua. Sedang pada kedua anjing saya yang lain, bintik-bintik kecil pada tubuhnya tumbuh makin besar. Ini berlangsung selama dua tahun, dan dari pengalaman teman saya, saya mengetahui bahwa hewannya tidak dapat banyak tertolong dan anjing-anjing akan sangat menderita. Saya memeras otak berusaha menemukan suatu cara yang baik untuk menyelamatkan anjing-anjing tersebut. Akhirnya terbersit dalam benak saya, baik hewan ataupun manusia yang sakit, pengobatan yang terbaik adalah mengikuti pola makan nabati.

Pada mulanya saya memberi anjing-anjing saya apa yang saya makan. Setiap hari saya akan memasak sepanci besar makanan untuk dibagikan bersama cucu-cucu saya. (Begitulah saya menyebut mereka) Dua minggu kemudian, bagian-bagian tubuh anjing yang terkena penyakit menjadi kering dan mereka berhenti menjilatinya. Dua minggu yang berikutnya berlalu, bulu baru mulai tumbuh pada tubuh mereka. Pada anjing yang tertua yang dokter telah menolak mengoperasinya, tumor-tumornya makin mengecil dan tidak muncul yang baru. Saat ini seluruh anjing saya sehat dan lincah.

Selanjutnya perkenankan saya membicarakan makanan vegetarian yang sederhana dan bergizi yang saya persiapkan bagi tujuh anjing saya. Selama tiga bulan pertama, mereka makan seperti apamyang saya makan. Tetapi satu hal yang merepotkan adalah saat saya pergi dan saya mempercayakan mereka kepada tetangga saya, mereka diberi makanan anjing kalengan (yang mungkin bukan vegetarian). Maka setiap kali saya kembali dari mengunjungi sanak saudara saya di Formosa (yang tidak pernah melampaui dua minggu), cucu-cucu anjing saya selalu menunjukkan kambuhnya penyakit kulit mereka, dan akan memerlukan waktu sekitar sebulan untuk sembuh. Untuk memecahkan masalah ini, saya melakukan penelitian yang hati-hati untuk menemukan makanan yang tepat bagi mereka yang tidak perlu dimasak, dan setelah suatu selang percobaan dan penelitian, saya mendapatkan hasil yang memuaskan. Sekarang anjing-anjing makin sehat; eksperimen saya menghindarkan saya dari banyak masalah dan telah membebaskan saya dari kekuatiran saat saya melakukan perjalanan.

Bahan-bahan yang disarankan  untuk makanan seekor anjing per hari:

1 gelas gandum masak cepat

¼ gelas tepung kedelai murni

1 sendok makan lesitin kedelai

1 sendok makan basil gandum

¼  -1/2 gelas sayuran hijau, wortel, rumput laut  (Anjing lebih menyukai sayuran dan rumput laut yang dimatangkan, tetapi sisihkan sedikit dan parutlah untuk dimakan mentah)

Campurkan bahan-bahan di atas dan di masak dalam air secukupnya selama kurang-lebih 30 menit. Maka makanan siap disajikan.

 

Catatan: 

1. Saat tepung kedelai dimasak dalam air, ia menjadi susu kedelai. Susu kedelai ini sangat harum dan disukai oleh anjing. Maka saya hanya memberi mereka makan tepung kedelai mentah saat saya pergi.

2. Bila mungkin, sangat bergizi memberi makan anjing berbagai macam kacang-kacangan. Saya sering memberi mereka kacang pinto, miju-miju, kacang hitam dan kacang tanah matang. Bila kacang-kacangan dimasak hingga lunak, mudah dicerna dan diserap oleh anjing.

3. Pada prinsipnya, Anda harus memberi anjing Anda diet vegetarian murni, tetapi dietnya harus terdiri dari tepung, protein, minyak dan vitamin. Kebutuhan gizi anjing serupa dengan manusia. Tetapi jangan memberi mereka susu, keju, telur, ikan, daging atau minyak hangat.

 

Tambahan:

Beberapa waktu setelah saya menyerahkan tulisan ini, saya memiliki dua pengalaman yang sangat menggetarkan saya. Seekor anjing yang menderita penyakit kulit, telah menderita penyakit telinga sejak kecil. Telinganya berbau busuk dan anjingnya menjadi sangat galak karena sakitnya. Dokter hewanpun tidak dapat menanganinya, walaupun dia telah menderita penyakit ini bertahun-tahun. Kami berusaha segala hal agar kami dapat menolongnya. Tetapi sia-sia. Akhirnya, kami takjub, setelah menjalani diet vegetarian selama enam bulan, penyakit telinganya sembuh. Tetapi sekali, saat anjingnya sembunyi-sembunyi memakan daging. penyakit telingannya kambuh dan memerlukan beberapa saat untuk sembuh kembali.

             Mengamati anjing saya yang tua yang memiliki banyak tumor pada kulitnya. Setelah berpola makan nabati selama delapan bulan, tumor yang besar menjadi kecil dan tumor yang kecil dan sedang pecah. Sekali darah dan nanahnya keluar, tumornya lenyap.

            Di atas adalah beberapa fakta tambahan untuk acuan Anda.

 

Terbitan Baru

Jejak-Jejak Kehidupan Lampau (Edisi bahasa Inggris)

Dengan rasa senang yang besar, kami mendapat kehormatan untuk mengumumkan datangnya buku terbitan baru dari syair – Jejak-Jejak Kehidupan Lampau.

Aslinya ditulis dalam bahasa Aulac oleh Maha Guru Ching Hai, koleksi yang berharga ini sekarang tersedia bagi pecinta puisi untuk pertama kalinya dalam bahasa Inggris.

Digubah sebelum awal pencarian formal Maha Guru Ching Hai akan Pencerahan di Himalaya, Jejak-Jejak Kehidupan Lampau memuat refleksi jiwa yang bermurah hati dan mulia yang hidup di dalam dunia pergolakan dan kesementaraan, cinta, dan peperangan. Syair-syair-Nya dengan gaya yang luar biasa melukiskan masa-masa biasa akan perjuangan, harapan, penderitaan, dan keindahan yang muncul dari dalam hati jiwa pengarang, seperti dalam baris berikut ini.

‘Ku ingin jadi cahaya bulan emas keperakan,

‘Tuk ikuti kekasihku dalam semua jalan kehidupan.

- Lagu Cinta II

Bacalah Jejak-Jejak Kehidupan Lampau untuk mengalami kecermelangan syair Maha Guru Ching Hai, dan terhubungkan kembali dengan kemegahan seorang jiwa dalam jalannya menuju pada kegembiraan dan pembebasan abadi.

 

Buku Terbaru Maha Guru Ching Hai

<dalam bahasa Perancis>
I Have Come to Take You Home

DVD Terbaru Maha Guru Ching Hai

<dalam bahasa Inggris + Teks terjemahan dalam 22 bahasa>
582 Be Determined on the Spiritual Path
International Four-day Retreat (2),
Sydney, Australia, May 9-12, 1997

< dalam bahasa Inggris + Teks terjemahan dalam 21 bahasa >
711 The Hotel Called Life
Lecture in Fresno, California, USA, June 23, 2001

 

Bagaimana Menghubungi Kami

Perjalanan Memasuki Alam-Alam Indah Kaset Video Acara TV
E-mail: art&spirituality@Godsdirectcontact.org <mailto:art&spirituality@Godsdirectcontact.org>
Fax : 1-413-751-0848 (A.S.)

Kelompok Berita:
E-mail: lovesrc@Godsdirectcontact.org <mailto:lovesrc@Godsdirectcontact.org>
Fax: 1-801-7409196 or 886-946-728475

Bagian Buku S.M.:
E-mail: divine@Godsdirectcontact.org <mailto:divine@Godsdirectcontact.org>
Fax: 1-240-352-5613 or 886-943-802829
(You are welcome to join us in translating
Master's books into others languages.)

Meja Informasi Kerohanian:
E-mail: lovewish@Godsdirectcontact.org <mailto:lovewish@Godsdirectcontact.org>
Fax: 886-946-730699

S.M. Celestial Co., Ltd.
E-mail: smcj@ms34.hinet.net <mailto:smcj@ms34.hinet.net>
Tel: 886-2-87910860 \ Fax: 886-2-87911226

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd. Taipei, Formosa.
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org <mailto:smchbooks@Godsdirectcontact.org>
Tel: (886) 2-87873935 \ Fax: (886) 2-87870873

Toko Buku Center LA
E-mail: la_bookstore@yahoo.com  <mailto:vole@earthlink.net%20>
Fax: 1-909-738-9992

Untuk informasi terbaru mengenai rekan praktisi perwakilan di seluruh dunia, silakan kunjungi URL berikut:
<http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/cp/index.htm>

 

Situs WWW Quan Yin:

WWW:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw <http://www.godsdirectcontact.org.tw/> (Formosa; dalam bahasa Cina tradisional dan disederhanakan, Inggris)

<http://www.smchbooks.com/> (Formosa; dalam bahasa Cina dan Inggris, Toko Buku SMCH)

http://www.Godsimmediatecontact.com <http://www.godsimmediatecontact.com/> (Singapura; dalam bahasa Inggris)

http://www.GodsImmediateContact.or.kr <http://www.godsimmediatecontact.or.kr/> (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.Godsdirectcontact.or.kr <http://www.godsdirectcontact.or.kr/> (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.GodsImmediateContact.org <http://www.godsimmediatecontact.org/> (Jepang; dalam bahasa Jepang)

<http://www.godsdirectcontact.or.id/> (Indonesia; dalam bahasa Indonesia)

<http://www.godsdirectcontact-thai.com/> (Thailand; dalam bahasa Thailand)

http://www.godsdirectcontact.net <http://www.spiritual-discovery.org/> (A.S.; dalam bahasa Cina tradisional dan disederhanakan, Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com <http://www.godsdirectcontact.com/> (A.S.; dalam bahasa Spanyol, Perancis, Inggris, bahasa Cina tradisional dan disederhanakan)

http://www.Godsdirectcontact.com/aulac/ <http://www.godsdirectcontact.com/aulac/> (A.S., dalam bahasa Aulac)

<http://www.spiritweb.org/Spirit/media.html?who=Suma%20Ching%20Hai> (A.S.; dalam bahasa Inggris)

http://www.Godsimmediatecontact.net/ <http://www.godsimmediatecontact.net/> (A.S.; dalam bahasa Inggris)

<http://www.godsimmediatecontact.net/aulac> (A.S.; dalam bahasa Aulac)

http://www.Godsimmediatecontact.org/video/ <http://www.godsimmediatecontact.org/video/> (A.S. dengan Windows Media Video & Real Video; dalam berbagai bahasa)

http://www.GodsImmediateContact.tripod.com <http://www.godsimmediatecontact.tripod.com/> (A.S.; dalam bahasa Inggris)

http://www.contactDirectAvecDieu.org <http://www.contactdirectavecdieu.org/> (Perancis; dalam bahasa Perancis)

<http://godsdirectcontact.rma.cz/> (Republik Ceko; dalam bahasa Ceko)

http://www.Godsdirectcontact.org <http://www.godsdirectcontact.org/> (Kanada dengan layanan Real Audio; dalam bahasa Inggris, Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.de <http://www.godsdirectcontact.de/> (Jerman; dalam bahasa Jerman)

http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org <http://www.direkter-kontakt-mit-gott.org/> (Austria; dalam bahasa Jerman)

<http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel> (Hongaria; dalam bahasa Hongaria)

http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome <http://www.godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome> (dalam bahasa Inggris) (Pemesanan Buku – Aku Datang untuk Membawamu Pulang)

Untuk berlangganan versi e-mail, supaya bisa dikirimkan ke alamat e-mail pribadi, kunjungi salah satu situs berikut:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/service/service.htm <http://www.godsdirectcontact.org.tw/ch/service/service.htm> (bahasa Cina)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/service/service.htm <http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/service/service.htm> (bahasa Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.org/au/service/service.htm <http://www.godsdirectcontact.org/au/service/service.htm> (bahasa Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.com/english/service.htm <http://www.godsdirectcontact.com/english/service.htm> (bahasa Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com/spanish/service.htm <http://www.godsdirectcontact.com/spanish/service.htm> (bahasa Spanyol)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/fan/service.htm <http://www.godsdirectcontact.com/chinese/fan/service.htm> (bahasa Cina, tradisional)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/jian/service.htm <http://www.godsdirectcontact.com/chinese/jian/service.htm> (bahasa Cina, disederhanakan)

URL bagi Majalah Berita Maha Guru Ching Hai:

Bahasa Cina Tradisional:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/news/134/index.htm <http://www.godsdirectcontact.org.tw/ch/news/134/index.htm> (Formosa)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/134 <http://www.godsdirectcontact.com/eNews/chinese/134> (A.S.)

<http://www.Godsdirectcontact.net/ch/news/134/index.htm> (A.S.)

Bahasa Cina disederhanakan:

<http://www.Godsdirectcontact.net/gb/news/134/index.htm> (A.S.)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/gb134/ <http://www.godsdirectcontact.com/eNews/chinese/gb134/> (A.S.)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gb/news/134/index.htm <http://www.godsdirectcontact.org.tw/gb/news/134/index.htm> (Formosa)

Bahasa Inggris:

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/english/134 <http://www.godsdirectcontact.com/eNews/english/134> (A.S.)

http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/134/ <http://www.godsdirectcontact.org/eng/news/134/> (A.S.)

<http://godsimmedatecontact.net/news/news134/> (A.S.)

<http://www.Godsdirectcontact.net/eng/news/134/index.htm> (A.S.)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/134/index.htm <http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/news/134/index.htm> (Formosa)

Bahasa Aulac:

<http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/> (A.S.; jenis huruf VNI,VPS,VISCII DAN VNU)

<http://godsimmediatecontact.net/aulac/n134/> (U.S.A; jenis huruf VNI)

Spanyol: http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/spanish/ <http://www.godsdirectcontact.com/eNews/spanish/> (A.S.)

Bahasa Korea: http://www.Godsimmediatecontact.or.kr <http://www.godsimmediatecontact.or.kr> (Korea)

Bahasa Jepang: http://www.Godsimmediatecontact.org/kannon/news/newsindex.htm <http://www.godsimmediatecontact.org/kannon/news/newsindex.htm> (A.S.)

Bahasa Indonesia: <http://www.godsdirectcontact.or.id/news/news134/i134.htm> (Indonesia)

Bahasa Perancis: <http://www.contactdirectavecdieu.org/News/index.html> (Perancis)

Bahasa Jerman: http://www.Godsdirectcontact.de <http://www.godsdirectcontact.de/> (Jerman)

Bahasa Thailand: <http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/> (Thailand)

Situs download gratis buku contoh Kunci Pencerahan Seketika dalam 50 bahasa : <http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/publication/sample/sample.htm>

<http://www.direkter-kontakt-mit-gott.org/download/index.htm>

<http://www.godsdirectcontact.org/sample/>

 

-- END --