Majalah iNews 
Maha Guru Ching Hai No. 135

Karena begitu berharganya mereka, janganlah kita menukar kekayaan dan pahala latihan rohani kita dengan kenikmatan duniawi dalam hidup ini! 

~Maha Guru  Ching Hai 

=======Daftar Isi=======



uGuru Menceritakan Lelucon
Kita Tidak Bertanggung Jawab!/ Buat Apa Berteriak Sih?/ Alibi yang Bagus

uWejangan Guru
Sikap yang Benar dalam Bekerja bagi Guru/ Kerinduan Hati Merupakan Kunci Menuju Kerajaan Allah

uKeajaiban Guru
Selamat dari Kematian setelah Bertemu Guru!/ Bencana adalah Kejam, tetapi Guru adalah Maha Pemurah!/ Daya Kuasa Cinta Kasih

uLintasan Peristiwa
Swedia/ Australia/ Brazil/ Kanada/ AS/ Jepang/ Formosa 

uPeningkatan Rohani
Kaset Rekaman Video Terakhir Maha Guru Ching Hai/ DVD

uMutiara Kebijaksanaan
Peningkatan Bentuk tubuh

uBerada di Jalur Rohani
Seperti Yang Engkau Inginkan/ Api Mengeraskan Emas 

uGuru Berkata
Tao Lebih Dahulu dan Kemudian Urusan Duniawi / Hargailah Nilai Inisiasi

uTanya Jawab Pilihan
Inisiasi Merupakan Harta Karun Paling Berharga di Alam Semesta / Inisiasi Sejati

uAcara TV Maha Guru Ching Hai
Vancouver, Kanada

uSelingan Rohani
Makna Positif dari Situasi Negatif/ Mengubah Rintangan menjadi Kebaikan/ Orang Saleh Tidak Membuat Permusuhan

uGuru Bercerita
Jadilah Seorang Teladan dalam Keberanian dan Kejujuran 

uDunia Satwa
Pelajaran Cinta Kasih/ Inspirasi dari Memelihara Ikan/ Hadiah Kasih – Sebuah Cerita tentang Tokek Kecil / Seekor Anjing yang Tidak Dapat Kulupakan

uKasih dalam Tindakan
Jakarta, Indonesia/ Formosa/ Pengeluaran untuk Kegiatan Amal di Formosa selama bulan Maret dan April 2002 

uSurat Penghargaan
Dari Keluarga salah satu anggota Pemadam Kebakaran (FDNY) korban Peristiwa New York 911/ Dari Perpustakaan di Seluruh Amerika Serikat

uAntara Guru dan Murid-Murid
Di atas Es Tipis/ Kemampuan Guru yang Tak Terukur/ Pelajaran dari Ginseng

uPuisi Abadi
Kenangan yang Hilang – sebuah Koleksi Syair Abadi! 

uSajak
Angin Semilir di Bulan Juni

uSeni Adikarya
Busana Surgawi Seri Musim Panas - Rancangan Baru Linen yang Romantis

uBagaimana Menghubungi Kami

uSitus WWW Quan Yin
 

Pesan Kecil:
Dalam pembicaraan mengenai Tuhan, atau Adi-Insani, kita akan menggunakan istilah muasal nir-kelamin untuk 
 menghindari perdebatan tentang apakah Tuhan itu adalah Wanita atau Lelaki.
(Istilah ini lebih tercermin dalam penggunaan kata pengganti bahasa Inggris yang terdapat dalam iNews versi bahasa Inggris).
She + He = Hes (seperti dalam Mess)
Her + Him = Hirm (seperti dalam Firm)
Hers + His = Hiers (seperti dalam Dear)
Contoh: When God wants, Hes makes things happen according to Hiers will to suit Hirmself.
 

Majalah Berita (News) No. 135
Diterbitkan: 10 Juli 2002
Didirikan: 1 April 1990
Diterbitkan Oleh: Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai 
Penerbit: Hsieh, Hsin Lin
 

Majalah Berita Maha Guru Ching Hai dipublikasikan dalam berbagai bahasa: Aulac, Cina (dalam versi tradisional dan versi yang disederhanakan),Inggris, Perancis, Jerman, 
Indonesia, Jepang, Korea, Portugis, Spanyol, Portugis dan Thailand. Silahkan mengacu ke "Situs WWW Quan Yin" untuk majalah Berita (News) yang berkaitan dengan situs web. 
 
 


Guru Menceritakan Lelucon

Kita Tidak Bertanggung Jawab!

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, AS, 

1 Oktober 1999 (Asal dalam Bahasa Inggris)

Ada seorang guru sekolah dasar yang membawa murid-muridnya melihat peragaan seni. Di sana setiap orang memandang, memandang dan memandang, dan salah satu murid terus-menerus menarik baju gurunya, sambil berkata, “Guru, Guru, aku rasa  lebih baik kita segera keluar dari sini.” Dan gurunya bertanya, “Ada apa?” Lalu muridnya menjawab, “Kalau kita lama-lama di sini, semua orang akan berpikir bahwa kitalah yang melukis semua ini." 
 
 

Buat Apa Berteriak Sih?

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, AS, 

4 Oktober 1999 (Asal dalam Bahasa Inggris)

Pernah suatu kali seorang guru musik membawa muridnya ke pertunjukan opera mereka yang perdana. Lampu mulai meredup, konduktor mulai melambaikan tongkatnya, dan penyanyi soprano mulai bernyanyi. Setelah sejenak, salah satu murid bertanya pada gurunya, “Kenapakah konduktor itu terus-menerus melambaikan tongkatnya ke wanita itu? Apa yang telah dilakukannya?” Lalu sang guru menjawab, “Oh, jangan khawatir. Memang demikian caranya. Dia tidak akan memukulnya! Jangan khawatir.” Terus sang murid itu bertanya, “Kalau begitu kenapa dia berteriak seperti itu sih?"
 
 

Alibi yang Bagus

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, AS, 

4 Oktober 1999 (Asal dalam Bahasa Inggris)

Seorang penyanyi opera yang telah menikah bertanya pada suaminya, “Kenapakah kamu selalu keluar ke balkon setiap kali aku bernyanyi? Tidakkah kamu menyukai nyanyianku?" 

Lalu suaminya berkata, “Bukan, bukan. Aku hanya keluar supaya semua tetangga dapat melihat bahwa bukan aku yang memukul kamu."

Silah kunjungi situs jaringan berikut untuk menikmati versi video asli dari lelucon ini, dan Anda dapat berbagi keriaan humor Guru dengan orang-orang yang berada di sekitar Anda juga:

http://www.godsdirectcontact.org/eng/news/135/jk1.htm (AS)
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/news/135/jk1.htm (Formosa)
http://www.godsdirectcontact.net/eng/news/135/jk1.htm (AS)


Wejangan Guru 

Sikap yang Benar dalam Bekerja bagi Guru

Oleh Maha Guru Ching Hai, 

Retret tujuh-hari di Hsihu, Formosa

13-18 Februari 1989 (Asal dalam Bahasa Cina) MP3-4

Bilamana kalian datang ke sini untuk berlatih, janganlah bergantung kepada pencapaian kalian. Karena kita semua saling menolong dalam latihan rohani, setiap orang memberikan kontribusinya. Bahkan para praktisi yang tidak pernah memasang poster ceramah, tidak pernah membantu saya mengerjakan apa saja, atau tidak pernah menyumbangkan uang, juga sangat membantu saya. Kedatangan mereka ke sini telah banyak membantu dengan upaya mereka yang sebaik-baiknya untuk menjadi baik, dengan menaati sila-sila dan berdiet vegetarian, dan menjaga kemurnian pikiran, perkataan dan perbuatan mereka.

Jika kalian dapat membantu dalam hal lainnya selain daripada itu, maka itu untuk kebaikan kalian. Itu adalah pahala kalian sendiri. Untuk apa dibicarakan? Misalnya, kalian membantu memasang beberapa poster. Kita tidak bisa tahu apakah ada orang yang akan melihatnya. Namun, kalian sudah mendapat pahala. Jika kalian membantu dalam pekerjaan saya, kalian akan mendapat pahala, tidak peduli apakah sukses atau gagal, jadi tidak ada perlunya membicarakan hal itu.

Semakin banyak kalian membantu pekerjaan saya, semakin banyak pahala yang kalian peroleh. Tetapi janganlah kalian bergantung kepada pencapaian ini, atau akan menggelikan jadinya! Dan selain itu, beberapa orang dihukum oleh Raja Surga untuk turun ke sini. Jika mereka tidak berbuat baik dan mendapatkan pahala di sini, maka selanjutnya mereka tidak akan dapat kembali ke atas sana. Misalnya, si Raja Monyet, si Siluman Babi, si Siluman Air dan si Kuda Putih (karakter dalam kesusastraan Cina Melawat ke Barat) harus membantu Guru mereka membawa pulang kitab suci agama Budha dan hanya akan mencapai pembebasan jika tugas mereka telah selesai. 

Karena itu, dalam membantu pekerjaan saya, kalian tidak tahu apakah itu pahala atau utang karma. Tetapi apapun itu, lakukan saja sebaik-baiknya, dan jangan bicarakan hal itu. Mungkin beberapa orang akan berpikir bahwa itu karena karma kalian bahwa kalian harus membantu saya, serupa dengan si Hantu Air dan Siluman Babi. Itu hanya membuat semakin buruk! Mereka tidak mengakui kontribusi kalian, alih-alih, mereka berkata bahwa kalian mempunyai utang karma dan membuat kalian semakin buruk! Jadi bilamana kalian melakukan sesuatu bagi saya, lakukanlah dengan diam-diam. Jika kalian berbicara tentang hal itu, tak lama kemudian, akan muncul gangguan dari Maya. Beberapa dari kalian telah mengalami hal ini.

Adakalanya selama retret atau meditasi kelompok, kalian diperkenankan untuk menceritakan pengalaman batin kalian. Itu baik-baik saja jika saya memperkenankan kalian untuk menceritakannya dalam kehadiaran saya. Namun, jika kalian dengan senang hati bercerita setelah itu tanpa ijin saya, mengatakan, "Pada hari itu Guru berkata bahwa saya telah mencapai tingkatan..." Jika kalian terus berbicara seenaknya dan kemudian merasa bangga akan diri sendiri, sesudahnya kalian akan menemui halangan Maya. 

Bukan kehendak saya untuk memarahi kalian, saya hanya ingin mengingatkan semua bahwa "kesombongan-diri" akan menimbulkan kesulitan bagi kita. Jika Maya/ilusi dari kesombongan ini timbul, itu adalah berita buruk. Beberapa orang dapat menurun tingkatannya atau ditendang keluar tanpa menyadarinya. Hanya kemudian mereka akan merasakan penderitaan ini, tetapi mereka tidak tahu bagaimana caranya untuk kembali. Mungkin setelah karma mereka habis dapatlah mereka mulai lagi dari awal, itu sangat tidak baik!

Itulah sebabnya saya seringkali berkata bahwa kalian hanya boleh menceritakan pengalaman kalian dengan seijin saya. Tanpa ijin saya, jangan menceritakannya. Sekalipun kita menceritakannya tanpa rasa sombong tetapi dengan sangat rendah hati, kita akan tetap menemui halangan-halangan karena orang lain dapat datang mengganggu kita. Mendengar pengalaman-pengalaman kita yang sangat baik, adakalanya mereka datang dan berkata,"Hei, Anda sudah mencapai tingkatan apa dalam latihan rohani kalian akhir-akhir ini? Sungguh hebat jika Anda dapat menceritakannya! Saya sangat mengagumi Anda!" Kemudian mereka membuka mata mereka lebar-lebar. (Hadirin tertawa.) Ah! Pada saat itu kita tidak dapat menahan diri untuk bercerita, dan semakin kita bercerita, akan timbul semakin banyak kesulitan!

Dan kemudian mereka akan setuju dengan kita, membuat kita merasa agung akan diri kita, seakan-akan kita dapat mengalahkan iblis dan membunuh monster. Dan sesudah itu, kita akan kehilangan daya kuasa ini. Dan ketika orang-orang terus memuji-muji kita, kita harus terus menyesuaikan dengan imajinasi mereka. Seandainya pada mulanya kita tidak memiliki daya kuasa ini, atau belum mencapai tingkatan ini, tetapi orang-orang terus memuji-muji kita, dan kita merasa malu mengakuinya. Sebagai akibatnya, tingkatan kita akan melayang-layang di udara, tanpa tempat kedudukan. Maka kita tidak dapat turun ataupun naik. Oleh karena itu, akan ada halangan-halangan!

Sama seperti pahala kita. Yang terbaik adalah jangan biarkan orang lain mengetahuinya. Tidak mengapa jika orang lain mengetahuinya secara alami. Kita tidak perlu berinisiatif untuk membicarakan hal itu. Jika tidak, kita pasti mendapat kesulitan! Saya mengetahui banyak contoh seperti ini, tetapi saya tidak ingin menyebutkan nama-namanya. Biarlah orang-orang itu mengetahuinya sendiri. Mulai saat ini, mereka harus bertobat dan memperbaiki cara mereka. 
 
 

Kerinduan Hati Merupakan Kunci Menuju Kerajaan Allah

Oleh Maha Guru Ching Hai, Meditasi Kelompok di London, Inggris, 

10 Maret 1998 (Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 631

Bagi para inisiat, saya tekankan kepada Anda, jiwanya, bukan tubuhnya, bukan yang jasmaninya. Seseorang mungkin selalu mengucapkan Nama-nama Suci tetapi tidak melakukan hal-hal yang baik yang Guru ajarkan. Mereka tidak sungguh-sungguh menghormati dan menginginkan Tuhan. Tetapi orang yang sangat murni dan lugu, seperti seorang petani dan tidak sengaja melupakan Tuhan dan Nama-nama Suci, selalu merindukan Gurunya dalam hati. Walaupun dia mungkin melupakan, dia masih mengingat dan menginginkan Gurunya.

Jadi bukan hanya Nama-nama Sucinya yang membawa Anda ke Kerajaan Allah. Jiwanya. Bila orangnya sungguh-sungguh menginginkannya, maka Guru dapat melakukan apapun. Bahkan tanpa inisiasi, Guru dapat membawanya. Mereka tidak membutuhkan inisiasi. Orang-orang dengan Metode Kemudahan dapat naik ke Surga. Bagi orang-orang yang hanya melihat Gurunya satu kali dan berdoa dalam hati mereka pada saat kematian, Guru akan datang. 

Tetapi beberapa inisiat keras kepala. Mereka mengira bahwa setelah diinisiasi mereka dapat melakukan apa yang mereka kehendaki. Mereka harus belajar. Bila mereka ingin kembali bertransmigrasi, itu pilihan mereka sendiri. Guru tidak mencampuri; Guru hanya membantu. Ini masalah dengan banyak rekan inisiat dari berbagai latar belakang, mungkin termasuk diri kita. Mereka bergantung pada kekuatan Guru. Mereka mengira inisiasi memberi mereka segalanya. Maka mereka keluar dan melakukan hal-hal yang salah. Banyak yang disebut aliran di India dan dimana saja melakukan banyak hal-hal yang salah terhadap orang-orang; orang-orang takut kepada mereka. Karena mereka mengira bahwa bila Guru menginisiasi mereka, mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan dan mereka tidak akan pernah bertransmigrasi. Itu salah!

Tetapi mereka yang sedikitnya berusaha dalam hati mereka. Mereka berusaha yang terbaik dalam keadaan ini, dalam kekuatan mereka. Bukannya mereka harus berusaha yang terbaik sesuai dengan Tuhan atau Guru, tetapi mengusahakan yang terbaik sesuai dengan kemampuan dan kekuatan mereka. Bagi orang-orang yang tidak ingin berusaha bahkan saat diberi kesempatan, artinya mereka menginginkan dunia, bukan Tuhan. Dan mereka harus kembali ke tempat yang mereka inginkan.

Sangat sulit bila sendirian. Itu alasan kita memerlukan meditasi kelompok. Bila seseorang tidak bermeditasi, tidak mengucapkan Nama-nama Suci dan tidak berpola makan nabati, maka dia berjalan sendiri. Kapanpun dia siap, Guru akan kembali lagi. Tetapi pada saat kematian, bila dia masih tidak siap, tidak memohon kepada Guru, serta masih tidak peduli dan ingin kembali ke dunia, maka dia dapat melakukan itu. Tergantung. 

Kadang-kadang orang-orang kelihatannya tidak bermeditasi dengan amat baik, tetapi mereka melakukannya dalam hati mereka. Maka apakah seseorang menginginkannya dalam hatinya juga penting. Tetapi ini suatu hal yang tidak nampak yang Anda tidak selalu dapat jelaskan dalam kata-kata. Anda harus mengetahuinya dari hati Anda. Sebagai contoh, bila Anda mengasihi seorang perempuan, Anda hanya mengasihinya – Anda mengetahuinya dalam hati Anda. Dan dia adalah satu-satunya perempuan yang Anda kasihi. Anda tidak dapat mengutarakan itu, dan Anda tidak dapat membuktikannya kepada siapapun. Tetapi Anda mengetahui dalam hati Anda bahwa dia merupakan satu-satunya perempuan yang Anda kasihi. Tidak masalah berapa banyak perempuan cantik di dekat Anda, Anda hanya mengasihi yang satu itu.

Itu sama halnya dengan janji rohani. Tidak masalah yang saya sampaikan dan tidak masalah yang Anda sampaikan – Anda mengetahui dalam hati Anda bahwa Anda menginginkan Allah atau tidak menginginkan Allah. Dan itu hal yang penting. Bukan berapa lamanya Anda duduk, atau berapa banyaknya meditasi kelompok yang Anda hadiri. Meditasi kelompok hanya membantu Anda. Seandainya Anda sungguh-sungguh menginginkan Allah, maka meditasi kelompok makin membantu Anda. Memperkuat iman Anda dan membuat Anda duduk makin baik. 

Tetapi hanya karena Anda menghadiri banyak meditasi kelompok tidak berarti Anda menginginkan Allah. Tidak selalu! Anda mungkin ingin melihat perempuan di tetangga sebelah, sebagai ganti melihat batin. Seperti kasih. Anda memilikinya atau tidak. Tiada seorangpun dapat memaksa Anda mengasihi perempuan yang lain, tidak masalah seberapa banyak lebih cantik, cerdas atau kayanya dia. Anda mengasihi yang itu. Itu saja. Anda mengetahuinya. Tidak bisa diubah. (Tepuk tangan)

Sangat sederhana. Saya tidak ingin memberi Anda pengertian yang salah bahwa inisiasi secara jasmani saja akan membawa Anda kepada Allah, karena itu akan merupakan penghujatan. Itu akan memaksa Anda melakukannya. Andaikata Anda ingin mengubah pikiran Anda setelahnya. Saya tidak dapat memaksa Anda pergi ke Kerajaan Allah. Semuanya atas kehendak bebas Anda sehingga Anda datang, dan semuanya atas kehendak bebas Anda sehingga Anda bertahan. Dan atas kehendak bebas Anda pada saat terakhir hidup Anda untuk kembali ke asal Anda. Dalam saat terakhir, bila Anda mengubah pikiran Anda dan berkata, “Tidak, Guru, lupakan saja! Selamat berpisah! Saya ingin kembali menemui perempuan yang berada di tetangga sebelah itu.” Maka Anda akan pergi. Kita semua adalah Allah, ingat!

Tiada seorang pun dapat memberi Anda apapun yang belum Anda miliki atau Anda inginkan. Inisiasi hanya membangunkan kekuatan Allah dalam diri Anda sendiri, bila Anda menginginkannya. Bila Anda tidak menginginkannya, Anda dapat mengesampingkannya, seperti sebelumnya, dan kemudian berlanjut dengan kehidupan Anda yang bodoh, tidak masalah. Inisiasi merupakan suatu bantuan, meditasi kelompok merupakan suatu bantuan, pola makan nabati merupakan suatu bantuan dan disiplin merupakan suatu bantuan. Itu semua bukan yang tujuan akhir. Bukan tujuannya. Itu semua suatu sarana menuju suatu tujuan saja. Hati Anda harus menginginkannya di atas segala-galanya. Maka semua hal ini akan membantu Anda. 

Bila Anda tidak menginginkan Allah, Anda dapat berpola makan nabati selama seribu tahun, duduk selama dua ribu tahun dan memperoleh inisiasi tiga ribu kali, tetapi Anda masih tidak di manapun. Ini hanya upacara luar, seperti orang-orang yang pergi dan memberi hormat sesuatu. Mereka tidak mengerti; mereka tidak melibatkan diri. Tetapi ada orang-orang lain yang sepertinya tidak bermeditasi dengan baik dan bahkan tidak dapat mengucapkan Nama-nama Suci dengan tepat. Tetapi Allah mengetahui. Dan mereka mengetahui bahwa mereka menginginkan Allah. Sederhana! (Tepuk tangan) 


Keajaiban Guru

Selamat dari Kematian setelah Bertemu Guru

Oleh seorang rekan inisiat, Provinsi Hubei, Cina Daratan

Berikut ini adalah cerita nyata dari kehidupan saudara inisiat Chen. Beberapa tahun yang lalu, saudara Chen pergi keluar untuk membeli makanan. Di jalan, dia bertemu dengan seorang tukang ramal yang memandang sekilas padanya dan berkata, "Berapa umurmu?" Chen menjawab, "Lima puluh sembilan." Tukang ramal itu berkata kepadanya, "Maka kamu tidak dapat hidup lebih dari enam puluh!" Chen menjawab, "Bagaimana jika saya tidak meninggal dalam tahun itu?" Tukang ramal itu melihat kepadanya sekali lagi, dan berkata, "Kecuali kamu diselamatkan oleh seorang Kudus yang masih hidup, maka kamu tidak dapat selamat dari takdir ini." Tukang ramal itu terkenal di daerah itu. Tetapi saudara Chen adalah seorang yang jujur dan tulus, maka dia bersikap pasrah saja!

Benarlah, pada awal Juni 1998, saudara Chen jatuh sakit. Mulanya, dia merasakan sakit pada kaki kanannya, yang kemudian meluas ke daerah tulang belakang. Ketika kondisinya semakin buruk, dia pergi ke dokter. Pemeriksaan medis menyatakan bahwa dia terkena tuberkulosis tulang. Saudara Chen menyampaikan kabar buruk ini kepada isterinya, yang juga merupakan seorang inisiat. Nyonya Chen adalah seorang praktisi Quan Yin yang giat, dan dia mulai berdoa kepada Guru untuk menolong saudara Chen agar selamat dari bencana ini.

Malam itu, Guru kita yang maha pemurah mempertunjukkan penglihatan yang aneh kepada Nyonya Chen dalam mimpinya. Mula-mula, ada tanaman loofah yang layu, yang melambangkan akhir dari kehidupan. Kemudian, muncul Guru dalam bentuk Cahaya batin yang sedang memegang ranting pohon willow, dan memercikkan tirta surgawi pada pohon loofah itu. Keajaiban terjadi, pohon yang layu itu seketika berubah hijau, keluarlah daun-dauh hijau dan kuncup-kuncup keemasan. Melalui penglihatan ini, Nyonya Chen memahami bahwa Guru telah memperpanjang usia saudara Chen.

Karena tidak menyadari kejadian ini, saudara Chen bersikeras untuk dirawat di rumah sakit. Karena itu, dia masuk rumah sakit pada pertengahan Juni. Setiap kali Nyonya Chen membesuknya, dia selalu membawakan sebotol tirta surgawi, yang telah dia doakan kepada Guru agar diberikan berkat spesial. Pasien-pasien lainnya di bangsal yang sama membuat lelucon tentang hal ini, mereka berkata, "Isterimu membawakanmu sebotol air setiap hari. Apakah itu akan menyembuhkanmu? Katakan padanya untuk membawakanmu segala macam makanan berdaging, supaya kamu cepat sembuh!" Apa yang mereka tidak ketahui adalah bahwa air ini bukanlah air biasa, dan lebih efektif daripada makanan atau obat apapun.

Setelah beberapa waktu, saudara Chen merasa jauh lebih baik, dan tekanan mental dalam pikirannya juga telah banyak berkurang. Karena itu, dia keluar dari rumah sakit pada bulan November. Sesudah itu, dia seringkali mencium bau obat selagi dia bermeditasi. Dalam hatinya, dia memahami bahwa Guru yang terkasih dan termulia sedang mengobati dia. Dia sungguh berterima kasih kepada Guru atas pemeliharaanNya yang begitu cermat kepada setiap anak-anakNya!

Kemalangan Saudara Chen berubah menjadi sebuah berkah. Tidak saja fisiknya disembuhkan, tetapi seluruh dirinya juga berubah sepenuhnya. Sebelum inisiasi, semua jari kakinya berbentuk cacat melengkung, dan karena itu selalu membuat sepatu barunya berlubang. Selain itu, punggungnya juga bungkuk, membuatnya tampak lebih tua daripada usianya. Setelah berlatih Metode Quan Yin, bagaimanapun juga, dia terlahir baru. Kali ini. Guru tidak hanya menyelamatkan dia dari takdir, tetapi juga membuat jari-jari kakinya normal kembali. Wajahnya menjadi kemerahan seperti bayi yang baru lahir dan dia juga menjadi semakin gemuk. Sungguh ajaib! Tidak seorang pun percaya jika tidak melihatnya dengan mata kepala sendiri! Setahun sesudahnya, saudara Chen bertemu kembali dengan tukang ramal yang sama, yang mengomentari, "Kamu pasti telah bertemu seorang Kudus yang hidup. Jika tidak, kamu sudah meninggal."

Tidak terbayangkan kiranya Metode Cahaya dan Suara,
Mencakup semua kemungkinan dan perubahan.
Tubuh dan pikiran dua-duanya tampil baru,
Kekotoran dari banyak kehidupan dibersihkan oleh tirta surgawi.
Tiap orang yang berlatih Metode Agung ini
Tidak akan menemukan masalah dalam menemukan jalan pulang ke "Rumah." 
 
 

Bencana adalah Kejam, tetapi Guru adalah Maha Pemurah!

Oleh seorang rekan inisiat, provinsi Hubei, Cina Daratan

Pertama kali saya berhubungan dengan ajaran Guru pada bulan Oktober 1995, dan saya diinisiasi pada bulan Januari 1997. Sejak saya membaca buku-bukuNya, semua kebiasaan saya yang tidak diinginkan, mengalami perubahan dramatis. Pada saat inisiasi, saya bahkan merasa bahwa saya telah berubah menjadi orang yang benar-benar baru dalam dunia yang baru. Sejak itu, walaupun keluarga saya dan saya menemukan banyak situasi bahaya, Guru selalu menolong kami untuk melewatinya.

Pada tanggal 5 April tahun ini, misalnya, puteri kedua saya melakukan perjalanan bisnis. Dia naik bis untuk mengirimkan barang-barang, dan selain dia masih ada enam penumpang lainnya dalam bis itu. Dia merasa gelisah selama perjalanan dan tujuh kali menukar kursi. Kemudian, bis itu terbalik, mengakibatkan satu orang meninggal dan empat lainnya luka parah. Hanya puteri saya dan penumpang yang duduk di sebelahnya selamat tanpa terluka! Ada banyak orang yang menyaksikan kejadian itu, mereka merasa heran dan berkata,"Seseorang dalam keluargamu pasti bervegetarian dan berlatih rohani sehingga kamu dapat selamat."

Peristiwa ini menolong saya menyadari sungguh-sungguh bahwa bencana adalah kejam, tetapi Guru adalah maha pemurah. Terima kasih banyak, Guru!
 
 

Daya Kuasa Cinta Kasih

Oleh saudari inisiat Luckie, Minnesota, AS (Asal dalam Bahasa Inggris)

Saya ingin membagikan pengalaman saya pada Hari Ibu 2002 kepada semua saudara dan saudari saya di seluruh dunia. Meskipun saya tidak dapat berpartisipasi dalam perayaan Hari Ibu di Florida pada tahun ini, saya mengikuti sesi meditasi kelompok di Center Minnesota pada hari itu. Kami menonton rekaman video ceramah Guru dan saya bertugas untuk memutarkan videonya. Dari ratusan kaset video yang ada di lemari, saya menarik keluar satu kaset tanpa memperhatikan judulnya. Secara kebetulan, kaset itu berisi ceramah Guru di Belanda pada Hari Ibu. Saya merasa heran dan terangkat saat video menampilkan Guru yang sedang berjalan menuju aula ceramah dan berkata, :"Selamat Hari Ibu!" Pada saat itu, saya merasakan kehadiran Guru di Center itu. Terima kasih banyak, Guru. Anda adalah lautan cinta kasih!

Pada pengalaman lainnya yang terjadi beberapa bulan setelah saya menerima inisiasi dari Guru pada tahun 1990, saya sedang tidur siang dengan kedua bayi saya. Ketika setengah tertidur, saya merasakan gelombang energi kuat yang meringankan, melewati puncak kepala saya seperti angin taufan dan Jati Diri saya, elok dan mungil, mulai kesana-kemari di luar sana. Dari pengalaman-pengalaman ini, saya mengetahui bahwa Guru adalah Guru yang sejati. Terima kasih, Guru, atas semua berkahMu! 
 
 


Lintasan Peristiwa

Laporan dari Swedia 

Menghadiri Pesta Ulang Tahun Stockholm

[Stockholm] Ibu kota Swedia, Stockholm didirikan 750 tahun yang lalu, dan untuk merayakan peristiwa bersejarah ini, dari 1 Juni sampai 8 Juni 2002, kota ini dipenuhi dengan kegiatan terbuka yang menggembirakan. Perayaaan ini tersebar di seluruh kota, dimana keluarga-keluarga yang bahagia bersukacita dalam udara cerah dan hangat yang tidak biasa selama periode itu. 

Gerai Quan Yin dibangun di sebuah daerah yang disebut Rinkeby – juga disebut sebagai “Kampung Dunia”, dimana kami dengan semangat mengantisipasi orang-orang dari seluruh penjuru dunia yang berlalu lalang dengan riang. Buku-buku  contoh dalam 25 bahasa (dari Arab sampai Ukraina) dipersiapkan untuk para pencari sejati, dan sekelompok besar tamu dengan berbagai latar belakang dengan antusias mengunjungi gerai kami, dimana DVD ceramah Guru dipertunjukkan melalui komputer laptop yang diprogram untuk mengubah terjemahan sesuai dengan bahasa-ibu si penonton. Dan salah satu saudara inisiat kita, seorang musisi, diundang untuk menampilkan keahliannya bermain gitar di panggung sebagai bagian dari pertunjukan dua-hari.

Banyak yang mengungkapkan keinginan yang mendalam terhadap metoda Quan Yin dan menanyakan alamat dari center setempat. Mereka juga sangat menghormati Guru karena pekerjaan kemanusiaan Beliau yang tak henti-hentinya di seluruh dunia dalam membantu meringankan penderitaan fisik dan emosional manusia. Dengan berkah dari Guru, pesta persahabatan dan harmoni Stockholm perlahan-lahan berakhir, dan banyak jiwa yang rindu, meninggalkan kami dengan pesan kasih Beliau bergema di hati mereka. Dan seorang lelaki tua Kurdi menyimpulkan dari kearifan yang didapatnya dari gerai  Guru, “Sungguh, meditasi adalah satu-satunya jalan untuk membawa damai di dunia!" 
 
 

Laporan dari Australia

Festival Tubuh, Pikiran dan Jiwa

[Brisbane] Pada tanggal 4-6 Mei 2002, center Brisbane sekali lagi berpartisipasi di Festival tahunan 3-hari Tubuh, Pikiran dan Jiwa yang diselenggarakan di Balai Sidang Brisbane. Tahun ini, lebih dari seratus peserta pameran di festival menawarkan sangat banyak informasi menarik mengenai teknik meditasi dan relaksasi, terapi suara, yoga, feng shui (geomansi) dan demo masak vegetarian.

Panitia memperkirakan lebih dari sepuluh ribu pengunjung menghadiri acara 3-hari ini, termasuk banyak yang datang dari tempat jauh. Inisiat Brisbane bergantian menjaga gerai, menjawab pertanyaan dan membagikan buku contoh dan selebaran. Banyak pengunjung yang tertarik dengan metode Quan Yin dan mengungkapkan maksud mereka untuk mengunjungi Center Brisbane untuk mempelajari labih banyak tentang Metode ini. Beberapa pengunjung heran bercampur gembira mengetahui bahwa para inisiat yang berpartisipasi dalam festival mempunyai satu tujuan yaitu membagi kebahagiaan dan manfaat dari berlatih Metode Quan Yin, yang ditawarkan tanpa bayaran sama sekali. 

Banyak pengunjung mengungkapkan rasa hormat dan kekaguman mereka kepada Guru dan Metode Quan Yin, dan beberapa dengan antusias memberikan semangat kepada teman-teman mereka untuk datang dan meminta buku contoh. Para inisiat setempat merasa tersentuh dan terinspirasi oleh ketulusan dari para tamu dan menyadari bahwa menyebarkan amanat Metode Quan Yin itu sendiri adalah hadiah yang membantu kita untuk bertumbuh dalam perkembangan rohani kita. 


foto--sp1-1,2-135
 

Laporan dari Brazil

Membagi Kebenaran pada Hari Ulang Tahun Budha

[Sao Paulo] Pada tanggal 26 Mei 2002, lebih dari 6.000 orang pergi ke Gimnasium Ibirapuera untuk merayakan peringatan Ulang Tahun Budha ke 2.546.

Bagi praktisi Budhis di Sao Paulo, itu adalah Hari Damai, yang mana banyak orang dari berbagai tempat di seluruh Brazil berkumpul untuk merayakannya. Para praktisi dari center Sao Paulo segera membentuk satu tim kerja, dan menyebarkan lebih dari 3.000 selebaran kepada peserta yang dekat dengan mobil penyebar-kebenaran Quan Yin, yang membawa poster-Guru yang berukuran raksasa dan secara terus menerus memainkan laguNya “I Will Forever Love You (Saya Akan Selalu Mencintai Kamu)." 


Foto:sp8-1-135
 

Laporan dari Kanada

Menyebarkan Kebenaran di Montreal

[Montreal] Pada tanggal 19 Mei 2002, para praktisi dari Montreal mengadakan seminar video umum di center Montreal. Setelah pengenalan singkat dan penayangan ceramah video, pengunjung diundang untuk menikmati makanan ringan vegetarian yang lezat, dan ditawarkan buku contoh gratis. Hasilnya sangat positif, dan tamu-tamu yang merasakan pertalian yang kuat dengan ajaran dan filosofi Guru, kembali lagi beberapa hari kemudian untuk mempelajari Metode Kemudahan. Beberapa peserta merasa enggan untuk meninggalkan seminar, dan mendiskusikan masalah-masalah spiritual dengan para murid sampai sore hari. 

foto: Sp11-1-135
 

Laporan dari California, AS

Menampilkan Kebenaran, Kebajikan dan Keindahan di Festival Buku Los Angeles Time

[Los Angeles] Pada hari Sabtu dan Minggu, 27 dan 28 April 2002, Festival Buku Tahunan Los Angeles Time yang ketujuh diselenggarakan di Universitas California, Los Angeles yang bergengsi. Festival ini adalah acara sastra terbesar di Amerika, dan tahun ini, lebih dari 150.000 orang hadir.

Sekali lagi, anggota Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai dari center Los Angeles berpartisipasi di festival dengan mensponsori satu gerai pameran untuk membagi ajaran, pekerjaan kemanusiaan dan bakat artistik dari Guru kepada yang hadir. Banyak orang yang tertarik kepada peragaan yang elegan yang dipersiapkan oleh inisiat. Di depan gerai, publikasi Maha Guru Ching Hai ditampilkan dengan penuh kreatif. Di sisi kiri gerai berdiri tiga panel besar menampilkan foto-yang-diperbesar dari kegiatan amal Maha Guru Ching Hai di dunia. Setelah melihat panel, banyak tamu yang mengungkapkan kekaguman mereka atas kasih Guru dan cintanya kepada semua orang. Di tengah-tengah gerai terdapat podium yang memajang buku-buku berisi lukisan dan desain pakaian Guru. Banyak orang yang memeriksa buku itu terkagum-kagum oleh kepandaian dan kreativitas Maha Guru Ching Hai sebagai seorang seniman. Di sisi kanan gerai, dipajang Lukisan dan Lampu Panjang Umur kreasi Guru, dan banyak yang melihat desain lampu itu berseru, “Itu adalah lampu terindah yang pernah saya lihat!"
 

Banyak pengunjung yang berminat di jalan spiritual dengan gembira mengambil buku contoh dan majalah di tempat pajangan. Dan pencari kebenaran yang tulus sangat gembira mendapat video “Berjalan dalam Jalan Kasih: Pengenalan kepada Maha Guru Ching Hai” dan rekaman video acara TV "Sebuah Perjalanan Menuju Alam Estetis".

Selagi peserta festival berlalu lalang, mereka tertarik kepada televisi di dalam gerai yang memainkan video konser Satu Dunia… damai lewat musik dan acara Sebuah Perjalanan Menuju Alam Estetis. Beberapa orang muda berkata bahwa mereka mengenal figur Maha Guru Ching Hai karena orang tua mereka menonton acara di televisi lokal, stasiun KSCI 18. Kaset video baru tentang memasak vegetarian, “Seni Memasak Vegetarian: Masakan Penuh Rasa dan Bergizi,” diminta oleh banyak orang yang berharap mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dan lebih penuh kasih.

Melalui partisipasi  center L.A pada Festival Buku Los Angeles Time, banyak pencari spiritual mempunyai kesempatan untuk mempelajari ajaran Maha Guru Ching Hai dan Metoda Quan Yin, dan lewat berkah Guru, banyak cahaya dan kasih akan terus menerus tercurah dunia ini. 


foto: sp5-1,2-135
 

Hari Bumi Multibudaya 

[San Jose] Pada bulan April 2002, Rumah Makan Vegetarian Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai diundang untuk menghadiri peresmian Hari Bumi Multibudaya di area Hispanik di San Jose, untuk mempromosikan peranan yang lebih besar dalam masalah lingkungan dan kesadaran perlindungan lingkungan di masyarakat. 

Restoran meresponnya dengan membuat dua gerai, satu untuk menyajikan makanan dan satu lagi untuk memajangkan video, buku dan majalah Guru. Rumah makan vegetarian adalah satu-satunya gerai makanan vegetarian di seluruh tempat acara itu, tetapi ia menarik lebih banyak orang daripada penjual makanan lainnya. Kita juga mencatat sejumlah pelanggan yang datang berulang kali!

Penyiar keliling dari stasiun televisi San Fransisco melihat gerai kami, cukup berminat dengan kegiatan kami dan segera merekam majalah Guru, buku contoh dan foto besar di tempat pajangan. Kemudian, dia  menikmati jamuan yang lezat di gerai kami dan pergi dengan hati puas. Tetangga kami yang berbahasa Spanyol sangat gembira menemukan majalah Guru dan buku contoh tersedia dalam bahasa mereka, dan juga mengambil buku contoh dengan edisi bahasa Inggris untuk teman mereka. Kami melakukan beberapa wawancara video dengan mereka yang makan di gerai vegetarian, dan walaupun mayoritas adalah non-vegetarian, mereka semuanya mempunyai kepercayaan yang sama bahwa makanan vegetarian adalah sehat, dan beberapa cukup terkejut bahwa rasanya begitu enak! 


foto:sp3-1,2-135
 

Laporan dari Illinois, AS.

Mimpi Yang Menjadi Kenyataan - Sukses Mempromosikan Vegetarianisme

[Chicago] Atas upaya para inisiat setempat, banyak mahasiswa/i di universitas Chicago, Illinois, sekarang ini makan makanan yang lebih sehat dan menyadari bahwa hewan-hewan memiliki hak untuk hidup di Bumi ini. Tahun lalu, sekelompok kecil praktisi yang merupakan mahasiswa/i berbangsa Korea memutuskan untuk membuat "kotak makan siang vegetarian" dan meminta kepada kantin-kantin di area universitas Chicago untuk menjualkannya kepada para mahasiswa/i dengan harga yang murah. Pihak universitas menyetujuinya, dan kotak makan siang vegetarian yang pertama diperkenalkan, sushi gulung Korea yang berisi ketimun, buah adpokat, dan wortel.

Musim panas kali ini, dengan liburnya sekolah, para praktisi muda ini memutuskan untuk membuka kafe kecil, untuk memperkenalkan makanan vegetarian kepada lebih banyak lagi orang-orang dalam masyarakat setempat, dan untuk mempertunjukkan buku-buku dan Kata-Kata Mutiara dari Guru. 

Setelah diperoleh tempat yang cocok, atas berkah dan pengaturan Guru, Alice and Friends' Vegetarian Caf (Kafe Vegetarian Alice dan Para Sahabat) dibuka pada bulan Mei 2002. Karena para inisiat memiliki modal yang terbatas untuk membeli perlengkapan-perlengkapan, kafe itu dibuat sangat sederhana, dengan hanya beberapa meja dan kursi untuk para pelanggan. Para praktisi ini juga mendekorasi kafenya, dengan menggantung pigura berisikan Kata-Kata Mutiara Guru di dinding, agar sementara memesan makanan, para pelanggan bisa membacanya dan mendatangkan kebaikan bagi mereka. 

Tanpa adanya uang untuk promosi, para inisiat itu hanya mengandalkan para pelanggannya untuk menyebarkan dari mulut ke mulut bahwa kafe mereka telah dibuka. Pada hari pertama, hanya ada satu orang yang datang untuk makan. Pada hari kedua, dua orang datang, dan pada hari ketiga, tiga orang datang. Setelah hari ketiga, hampir 20 orang datang. Sekarang semakin banyak dan semakin banyak pelanggan, dan kafe itu, hampir selalu penuh setiap harinya. 

Para praktisi itu sangat gembira karena Tuhan menjawab doa mereka yang tulus. Mereka juga mengadakan meditasi kelompok di kafe itu, setiap hari setelah kerja. Dan sekalipun hari Minggu merupakan hari dimana mereka bisa memperoleh lebih banyak pelanggan, mereka menutup kafe itu, untuk mengikuti meditasi kelompok pada center setempat atau bepergian ke negara bagian lainnya untuk mengikuti retret dua-hari setiap bulannya.

Banyak pelanggan yang datang ke Alice and Friends' Vegetarian Caf‚ mengambil buku-buku contoh dan membacanya sementara memesan makanan, dan seluruh perkotaan Chicago telah diberkahi oleh Guru melalui "mimpi yang menjadi kenyataan" ini. 

foto: sp10-1-135:Alice and Friends' Vegetarian Caf‚ di Chicago, dikelola oleh para praktisi yang merupakan mahasiswa/i Korea.


Sp10-2-135: Kafe itu didekorasi dengan pigura berisikan Kata-kata Mutiara Guru, untuk menyampaikan ajaran-ajaran Guru.
 

Laporan dari Jepang

Berkah Guru yang Penuh Kasih Meliputi Retret Qunma

[Qunma] Setelah Retret Natal empat-hari di Florida bulan Desember 2001, Guru menemui para inisiat Jepang di Center Florida dan berjanji untuk mengijinkan para inisiat Jepang untuk menggunakan pondok kayu milikNya di Kabupaten Qunma, Jepang. Hadiah istimewa ini merupakan kejutan bagi para inisiat, yang segera menginformasikan kepada para saudara dan saudari Jepang tentang berita yang menggembirakan ini, setelah mereka pulang.

Namun demikian, musim dingin di daerah ini, di lokasi pondok berada, membuat suhu menjadi sangat rendah, dan kadang-kadang turun salju, sehingga tidak memungkinkan untuk berkemah dan retret. Maka semua orang menunggu sampai musim semi tiba.

Ketika bulan Mei tiba, para inisiat di dekat sana melaporkan bahwa bunga-bunga dan pohon-pohon di daerah itu tumbuh subur di bawah kehangatan sinar matahari; meskipun cuaca masih cukup dingin pada saat subuh dan larut malam. Para inisiat Jepang memutuskan untuk mengadakan retret satu-hari di pondok Guru sementara mereka di sana dan menyiapkannya untuk sesi meditasi kelompok di kemudian hari.
 

Wawasan Retret

Oleh saudara inisiat Totani Shinya, Yamanashi, Jepang

Selama akhir minggu terakhir bulan Mei, para rekan praktisi Jepang mengadakan retret satu-hari di pondok Guru di Kabupaten Qunma. Tetapi saya sedang sibuk dengan pekerjaan saya, menyiapkan proyek renovasi toko roti. Di samping itu, sebuah stasiun TV akan datang minggu itu untuk mewawancarai saya untuk salah satu acara mereka. Baru saja saya mempertimbangkan apakah saya akan melepaskan kesempatan untuk mengikuti retret satu-hari ini, stasiun itu menelepon untuk menjadwal ulang wawancara saya. Saya merasa pasti bahwa pengaturan Guru yang penuh kasih membuat saya dapat mengikuti retret ini.

Atas berkah Guru, kami mengalami akhir minggu yang cerah selama retret. Angin kencang bertiup ketika kami tiba, tetapi angin kencang ini reda sewaktu kami memasang tenda-tenda kami. Akhir Mei sampai pertengahan Juni adalah saat yang paling nyaman dan indah di Qunma, dan pondok itu berlokasi di area villa yang berpemandangan indah,  sehingga para inisiat secara psikologi bersiap untuk menghadapi akhir minggu yang ramai pengunjung. Namun demikian, berlawanan dengan harapan kami, hanya ada sedikit orang di sekitar sana selama retret, dan suasananya sangat tenang sehingga kami hanya mendengar suara tenang aliran arus di dekat daerah itu.

Para inisiat dari Tokyo harus berganti bus dalam perjalanan enam jam ke tempat retret. Bahkan beberapa inisiat harus berangkat pada hari Jumat. Meskipun perjalanannya panjang, tidak seorang pun dari kami terlihat lelah ketika kami tiba, dan setiap orang menikmati suasana berkumpul yang gembira.

Meskipun tidak banyak orang yang ikut serta, retret satu-hari ini sebanding dengan retret internasional dalam hal makanan yang lezat, suasana yang rapi dan tenang. Semua aspek positif dari retret adalah hasil dari perencanaan dan pengaturan yang matang dari para inisiat, dan dari cinta dan belas kasih Guru, sehingga kami dapat menikmati retret di tempat yang indah ini. Setelah retret, semua wajah para inisiat bercahaya dipenuhi rasa puas dan bahagia.
 
 

Laporan dari Formosa

Membersihkan Pantai di Keelung

[Keelung] Pada tanggal 18 Mei, Biro Perlindungan Lingkungan Keelung mengadakan kegiatan sukarela musim semi 2002 untuk membersihkan pantai di tempat pemancingan Auti di Distrik Waimushan.  Beberapa ratus sukarelawan dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai Center Keelung, bersama dengan anggota kelompok lain, dengan tulus berpartisipasi dalam acara ini.

Hari itu adalah hari yang cerah, ketika kegiatan dibuka dengan sebuah perkenalan akan kebijakan pemerintah mengenai lingkungan, oleh seorang ahli dari Biro Perlindungan Lingkungan Taiwan, yang menyarankan untuk mengganti peralatan makanan sekali pakai yang biasa digunakan dengan yang ramah lingkungan.  Sebagai jawaban atas ajakan Institut Biologi Konservasi Kelautan kepada masyarakat umum untuk memikul tanggung jawab membersihkan pantai, Center Keelung berjanji untuk membersikan pantai Auti, dimana kegiatan hari itu dilaksanakan.  Pantai itu adalah tempat yang populer untuk berenang dan olahraga air, bahkan pada hari biasa, khususnya selama musim panas.  Oleh karena itu, kebersihan dan perawatannya sangat penting. 

Walikota Keelung berterimakasih sebelumnya pada pekerja sukarela atas partisipasi mereka yang antusias, dan pekerjaanpun dimulai.  Seorang saudari inisiat berkata bahwa ia menghindari datang ke pantai ini untuk rekreasi karena tempatnya kotor dan menjijikkan.  Jadi sungguh luar biasa bahwa ia dapat memperoleh kesempatan untuk membantu membersihkannya pada hari itu!  Berharap untuk dapat menyumbangkan usaha yang lebih besar bagi perlindungan lingkungan, para inisiat tidak hanya datang sebelum kegiatan dimulai, tetapi juga tetap tinggal sampai saat terakhir.  Suhu udara saat itu panas dan para inisiat penuh dengan keringat, tetapi ketika mereka melihat pantai kembali ke penampakan indah aslinya, mereka tidak dapat menahan senyum kebahagiaan mereka. 


sp4-1,2-135
 

Bekerja pada “Jalan Menuju Surga”

[Hsihu] Pada tanggal 19 Mei 2002, retret 2-hari diadakan di Center Hsihu, Taiwan.  Setelah sesi meditasi pagi dan makan siang, sekitar 300 rekan praktisi dari seluruh Taiwan berkumpul di gerbang utama Center di bawah terik matahari, siap dan berkeinginan untuk ambil bagian dalam kegiatan kebersihan di Jalan Miao 28 yang berdekatan.

Para inisiat menyiapkan sapu, pengki, arit, palu dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk membersihkan lingkungan dan berganti dengan baju kerja mereka sebelum berangkat menuju tujuan mereka.  Kami membersihkan Jalan, mengangkat rumput liar, menyekop tanah, menyedot sumbatan pada saluran keluar air di pinggir jalan, menutup lubang-lubang dan mengangkat sampah-sampah.  Semua inisiat yang berpartisipasi berusaha sebaik-baiknya untuk membantu usaha kebersihan ini, dan setelah bekerja tiga jam, Jalan sepanjang delapan-mil menampilkan wajah baru. 

Seorang inisiat berkata bahwa sebelum diinisiasi ia memiliki perasaan tenang yang spesial saat pertama kali ia berjalan di Jalan Miao 28, yang mana terlihat olehnya begitu rapi dan bersih, sebuah penglihatan yang membawa kebahagiaan dan kenyamanan pada penduduk setempat.  Tetapi ia tidak mengerti mengapa ia merasa begitu, sampai setelah diinisiasi. 

Kegiatan membersihkan Miao 28 secara rutin dilakukan oleh para inisiat, dan Jalan itu telah berada dibawah perhatian Guru selama bertahun-tahun.  Banyak rekan inisiat lebih suka untuk mengambil rute ini ketika mereka mengikuti meditasi kelompok atau retret dua hari di Center Hsihu.  Rekan inisiat yang lain berkata bahwa kekhawatiran duniawi seseorang menghilang begitu berjalan di jalan tersebut, digantikan dengan banyak pemandangan indah sepanjang jalan.  Apakah di pagi hari atau setelah dibasahi, Jalan itu memancarkan kecantikan rohani yang spesial, menyentuh orang-orang dengan berkahnya dan membuat mereka lupa kekhawatiran mereka.  Oleh karena itu, rekan inisiasi telah menjuluki Miao 28 “Jalan Menuju Surga." 


foto:6-1-135:Perawatan rutin membuat Jalan Miao 28 tampak indah, hasil dari tindakan rekan inisiasi yang penuh cinta kasih akan perlindungan lingkungan. 
6-2-135:Rekan inisiat cilik tidak ketinggalan, tetapi bekerja dengan rajin bersama dengan rekan dewasa selama proyek kebersihan Miao 28.
 

Sebuah Pameran Obat Cina

[Nantou] Pada tanggal 10 Mei 2002, Rumah Sakit Provinsi Nantou Chunghsin Taiwan mengadakan sebuah pameran untuk merayakan ulang tahun pertama pendirian departemen obat Cina mereka.  Peserta Pameran Kesehatan Obat Cina diantaranya produsen peralatan pembentuk tubuh (binaraga) dan makanan kesehatan yang mempromosikan kesehatan warga, dan juga Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, yang memperlihatkan buku terbitan tentang kesehatan fisik, mental dan rohani dan menawarkan contoh makanan vegetarian secara gratis. 

Direktur Rumah Sakit Tsai Yueh-fu menjelaskan bahwa tujuan utama Pameran adalah mempromosikan diet seimbang dan konsep kesehatan “tiga rendah dan dua tinggi” (rendah garam, rendah minyak, rendah gula, tinggi serat, dan tinggi kalsium).  Diet vegetarian modern, yang meliputi minyak dan protein bersumber dari tumbuhan daripada hewan, sesuai dengan konsep ini dan memberikan pilihan yang baik untuk mereka yang mengikuti budaya diet yang tidak sehat secara berlebihan.  Dr. Chu Po-chin, kepala departemen gigi Rumah Sakit, memperhatikan bahwa, dengan struktur gigi dan usus kecil yang ada pada manusia, vegetarian lebih cocok daripada diet berdasarkan daging untuk memelihara kesehatan gigi dan kebersihan mulut.

Segera setelah dihidangkan, makanan vegetarian kami menarik rombongan pengunjung.  Banyak tamu terkejut bahwa makanan vegetarian juga dapat begitu lezat dan bervariasi.  Setelah mencoba makanan kami yang lezat, beberapa berkata bahwa mereka berkeinginan untuk merubah kebiasaan diet mereka dan menjadi vegetarian.. 

Beberapa seminar kesehatan diadakan saat Pameran, dan saudara Lin Ming-chao, seorang anggota departemen obat Cina di Rumah Sakit itu, adalah pembicara utama pada salah satu diantaranya.  Berbicara untuk tema “Kesehatan Tubuh, Pikiran dan Jiwa”, Dr. Lin menunjukkan bahwa ada dua penyebab utama penyakit manusia – dari luar dan dari dalam.  Penyebab “dari dalam” termasuk diantaranya komponen rohani.  Semua bentuk kehidupan memiliki sebuah kekuatan mendasar penyembuhan-diri, dimana penggunaannya merupakan satu-satunya cara untuk memastikan bahwa sebuah organisma berfungsi pada tingkat terbaiknya.  Sekali kekuatan penyembuhan-diri ini lemah, mekanisme fisik organisma secara bertahap kehilangan keseimbangan dan harmoni, menyebabkan sakit dan kekurangan energi penting.  Bagaimanapun, melalui curahan perhatian yang penuh kasih dan tanpa syarat, “energi semesta” tubuh dapat ditingkatkan dan kekuatan penyembuhan-diri secara tak terlihat juga ditingkatkan.  Dr. Lin menutup diskusinya dengan harapan bahwa kesadaran manusia dapat ditingkatkan sehingga semua akan mengalami kesehatan yang baik dan mencegah datangnya penyakit. 


foto:sp2-1,2-135
 

Lokakarya Jurnalisme di Center Hsinhua

[Tainan] Pada tanggal 25 dan 26 Mei 2002, rekan inisiat dari kelompok berita berbagai center di Taiwan berkumpul di Center Hsinhua Tainan untuk sebuah lokakarya reportase berita.  Pemandangan alam yang mempesona dan penerimaan yang tulus dan hangat yang mereka terima dari rekan praktisi Tainan membuat saudara dan saudari yang berpartisipasi merasa mereka seperti tinggal di hotel bintang-lima!

Lokakarya dua-hari diadakan dengan atmosfir yang menyenangkan dan santai.  Topik utama yang dihantarkan termasuk komposisi dalam memfilmkan video (gambar), pengumpulan berita, fotografi dan pengeditan video, berikut dengan sesi praktek dalam fotografi dan pengeditan berita.  Pengajar utama, saudara Chen, dengan antusias berbagi dengan peserta pengalaman profesionalnya dalam fotografi selama bertahun-tahun.  Selain menggunakan teks dan ilustrasi, ia juga menggunakan film yang sudah diedit sebagai bahan pengajaran untuk membantu peserta membangun pengertian yang lebih baik akan jurnalisme foto.

Setelah pembicaraan saudara Chen yang informatif, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pembuatan film di lokasi untuk topik yang ditugaskan, memanfaatkan suasana sekitar Center Hsinhua.  Setelah pembuatan film selesai, mereka bekerja dengan komputer untuk mengedit cuplikan video mereka menjadi dokumentasi yang indah.  Konsentrasi dan kejelian akan detail merupakan keharusan dalam proses editing, sementara penggunaan teknik yang efektif dan presentasi yang bercitarasa merupakan elemen penting dalam sebuah film yang bagus.  Selama sesi akhir lokakarya, cuplikan yang sudah selesai, yang diproduksi secara luar biasa indahnya oleh masing-masing kelompok, dipertunjukkan.  Ini merupakan saat mereka yang paling menyenangkan dan menggembirakan, ketika saudara Chen mengomentari dan memuji film dari setiap kelompok.

Walaupun lokakarya sudah selesai, perasaan bahagia dan penuh inspirasi yang dihasilkan tetap bertahan.  Pengalaman itu mungkin hanya berlangsung selama dua hari yang singkat, tetapi buat setiap orang, itu memberikan kemajuan yang banyak dalam ketrampilan reportase berita mereka!  Kami semua sangat bersyukur atas pengaturan Guru dalam memberikan kami kesempatan untuk belajar dan tumbuh bersama. 


foto:sp7-1-135: Rekan inisiat dengan gembira menghargai film setiap kelompok yang luar biasa indah.
sp7-2-135: Daerah Sirkulasi Buku yang indah merupakan tempat terbaik untuk fotografi.
 
 

Wawasan Kegiatan – Menuju Tingkat Yang Lebih Tinggi

Oleh saudari inisiat Huang

Saya sangat merasa terhormat untuk dapat berpartisipasi dalam lokakarya fotografi berita yang baru-baru ini diadakan di Center Hsinhua di Tainan.  Setelah mendaftar untuk lokakarya ini, saya bermimpi dimana saya melihat diri saya bersama dengan saudari inisiat yang lain, yang mengajarkan saya bagaimana caranya menggunakan komputer.  Juga, saya mengoperasikan sebuah kamera sendiri.  Mimpi ini kemudian menjadi kenyataan dan itu benar-benar luar biasa!

Saya percaya bahwa pengalaman ini telah diatur dengan penuh cinta kasih oleh Guru, yang mengetahui bahwa saya belum pernah menggunakan sebuah komputer atau mengoperasikan kamera sebelumnya, dan saya kekurangan rasa percaya diri. Jadi, Beliau menunjukkan pada saya sebelumnya dalam mimpi.  Dalam lokakarya ini, saya mencapai apa yang sebelumnya saya pikir tidak mungkin.  Tidaklah heran Guru berkata bahwa setiap hari penuh dengan keajaiban setelah kita menjalani latihan rohani.  Pengalaman ini telah menunjukkan saya bahwa tidak ada yang tidak mungkin melalui kekuatan maha besar Tuhan.

Saya berterima kasih pada Guru yang secara terus menerus menjaga saya dan memberikan saya kesempatan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi melalui serangkaian cobaan. 
 
 


Peningkatan Rohani 

Kaset Rekaman Video Terakhir Maha Guru Ching Hai

<Dalam Bahasa Inggris + terjemahan Bahasa Perancis>

671 To Be Enlightened
Lecture in Tel Aviv, Israel, November 21, 1999

648 The Way to End the War
Lecture in Edinburgh, Scotland, June 5, 1999

656 Spirituality Shines in Adversity 
Lecture in Dublin, Ireland, June 7, 1999
 

Rekaman DVD Terakhir Maha Guru Ching Hai

<Dalam Bahasa Inggris + Terjemahan dalam 20 bahasa>

608 The Methods of Spiritual Improvement
International Four-day Retreat
in Washington D.C., U.S.A.,
December 24-27, 1997 
 
 

Untuk memesan publikasi Guru, silahkan hubungi:

The Supreme Master Ching Hai International 
Association Publishing Co., Ltd., Taipei, Formosa.
Tel: (886) 2-87873935 / Fax: (886) 2-87870873
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org
ROC Postal Remittance Account No.: 19259438 
(hanya untuk pesanan dari Formosa))
Postal Account: The Supreme Master Ching Hai Publishing Co., Ltd.
Silahkan kunjungi situs web toko buku kami untuk mendapatkan katalog dan ringkasan isi dari publikasi Guru yang terakhir: http://www.smchbooks.com/ (dalam Bahasa Inggris dan Cina)



Mutiara Kebijaksanaan

Peningkatan Bentuk Tubuh

Oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 11 Juli 1995
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 448

Lucu. Bila kita berlatih Metode Quan Yin, adakalanya bentuk tubuh kita berubah. Beberapa orang gemuk menjadi lebih langsing; beberapa orang kurus menjadi lebih gempal-tidak gemuk, tetapi berisi, lebih berisi. 

Banyak hal seperti ini terjadi. Dan adakalanya terjadi langsung setelah inisiasi. Jadi seseorang yang masuk dan kemudian keluar, sulit kalian kenali. Saya sendiri, saya tidak mengenalinya! Setelah inisiasi, rupanya sungguh-sungguh beda, seperti seorang lain: lebih mengasihi dan lebih akrab, seperti teman karib. Sungguh lucu; saya sering memperhatikannya.

Jadi adakalanya orang-orang berpikir, "Bagaimana mungkin Guru tidak mengenali saya? Saya baru saja mengunjungi Beliau beberapa hari yang lalu, dan sekarang Guru sepertinya tidak mengingatnya." Saya mengingatnya, hanya saja orangnya yang berubah! Kalian berubah! Unsur kimiawi dalam tubuhnya juga berubah. Kita memperbaharui urat dan sel-sel kita. Dan struktur pemikiran kita berubah, meskipun kalian tidak memperhatikannya karena di sini kalian tidak memiliki kesempatan untuk menggunakannya. Tetapi jika kalian pulang ke rumah, atau jika kesempatan itu muncul bagi kalian untuk memecahkan masalah yang sama, kalian lihat betapa banyaknya ide-ide segar yang muncul dalam waktu singkat. Dan kemudian kalian akan tahu apa yang telah terjadi dengan diri kalian.
 
 
 


Berada di Jalur Rohani

Seperti Yang Engkau Inginkan

Oleh saudari inisiat Xiao Yu, Jerman

“Semoga semua akhirnya menjadi seperti yang engkau inginkan”  adalah ungkapan salam yang umum bagi orang Cina.  Namun demikian, sementara saya tumbuh dewasa dan mengalami percobaan dan penderitaan dalam hidup, saya mulai merasa bahwa tidaklah mungkin semuanya menjadi seperti yang kita inginkan di dunia ini.  Sebaliknya, 80 – 90 % berlawanan dengan keinginan kita.  Sehingga dalam satu periode waktu, saya tidak lagi menggunakan ungkapan “semoga semua akhirnya menjadi seperti yang engkau inginkan”  atau  “ semoga semuanya berjalan lancar”  sebab saya pikir akanlah seperti berpura-pura saja membuat harapan ini bagi orang-orang jika harapan itu tidak dapat direalisasikan.

Tetapi sejak mengikuti Guru dalam latihan rohani, cara berpikir saya dalam hal ini mulai berubah, karena saya telah benar-benar mengalami bahwa semua menjadi seperti yang saya inginkan, dan saya dengan mudah merasa puas.  Jika dihadapkan dengan situasi yang sebelumnya akan menyebabkan saya frustasi,  sekarang saya mendapatkan bahwa ketabahan saya telah meningkat dan saya tidak merasakan kepedihan seperti yang biasanya saya rasakan.  Seperti yang pernah Guru katakan, “Metode Quan Yin” adalah “Metode Sepatu bot besar”.  Setelah inisiasi, meskipun kesengsaraan tetap datang dalam hidup, kekuatan perlindungan dari metode Quan Yin melindungi kita seperti sepasang sepatu bot yang kuat, sehingga kita tidak lagi merasakan kepedihan atau kesakitan.  Kebijakan kita yang tanpa batas dibuka melalui meditasi dan meskipun kita menghadapi situasi yang kelihatannya tidak menyenangkan, kita dapat menembus permukaan luar untuk benar-benar mengerti permasalahan itu luar dalam dan akhirnya mengubahnya dari "tidak menyenangkan" menjadi sesuatu yang "menyenangkan."

Contohnya, saya pernah mempunyai beberapa rekan kerja yang sering mencari-cari kesalahan saya dan menghina saya di depan orang banyak.  Kadang mereka bahkan melaporkan kesalahan-kesalahan saya ke atasan.  Mula-mula saya merasa terganggu dan ingin berdebat dengan mereka.  Tetapi kemudian saya pikir bahwa itu merupakan bagian yang terpenting dari latihan rohani saya untuk terus-menerus berintrospeksi dan memperbaiki  kekurangan-kekurangan saya.  Meskipun rekan-rekan kerja saya mungkin tidaklah adil atau obyektif dalam kritikan mereka dan tidak sopan dalam tingkah laku mereka, itu tetap memberikan kesempatan yang baik bagi saya untuk refleksi diri.  Dari situ saya selalu mengingat kritikan-kritikan itu dan bersikap keras dengan diri sendiri.  Banyak inisiat yang menginginkan agar mereka diperbaiki oleh Guru,  berharap untuk dirapikan dan dipoles.  Sebenarnya, siapapun yang mengkritik kita, membantu kita untuk menjadi sempurna.  Maka dari itu, kita harus melihatnya sebagai peringatan dari Guru  melalui orang lain.

Sebaliknya, sejak inisiasi, hidup saya telah berubah seperti yang saya inginkan.  Sementara ketabahan dan kepandaian saya dalam mengatasi keadaan darurat telah bertambah baik, lingkungan luar juga telah menjadi seperti yang saya inginkan.  Misalnya, ketika saya di daratan Cina, saya  telah berusaha keras untuk belajar atau bekerja di luar negeri.  Setelah diinisiasi, saya berhenti berusaha sebab saya tidak lagi merasa kalau situasi di luar itu sangat penting.  Sehingga saya merasa puas dengan kehidupan saya di Cina dan terus berlatih spiritual.  Lalu, tidak lama kemudian kesempatan untuk ke luar negeri datang secara menakjubkan dan saya ke Jerman tanpa mengalami halangan.  Sejak saya berada di sini, Tuhan telah menjaga hidup saya sampai ke bagian-bagian kecil pun, termasuk pekerjaan dan pendidikan saya.  Kadang-kadang, saya hampir tidak percaya kalau ini adalah benar, sebab kelihatannya seperti mimpi yang indah.

Melihat kembali pada latihan rohani saya sejak inisiasi, saya dapat melihat begitu banyak pengalaman yang menakjubkan yang sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.  Banyak kali, saat saya membaca tentang pengalaman-pengalaman para inisiat yang lain, saya merasa kalau  pengalaman mereka itu seperti pengalaman saya.  Saat kita berkomunikasi dengan kekuatan besar dalam diri kita dengan berlatih Metode Quan Yin, semua keinginan kita menjadi nyata.  Seperti yang dikatakan Guru, “lepaskan segalanya dan kalian akan mendapatkan semuanya!”  (Kata-kata Mutiara,  majalah Berita No.57)

Kehormatan Tertinggi

Sebelumnya, aku bagaikan seekor ikan kecil, haus di tepi pantai
Terberkahi aku hari ini
Untuk berenang bebas di dalam lautan cintaMu.
Sebelumnya, aku bagaikan bulu yang melayang di udara
Terberkahi  aku hari ini
Untuk menjadi satu dengan sayapMu yang sempurna..

Bagaikan jade yang belum dipoles tersembunyi dibukit yang gersang
Terima kasih atas ketrampilanMu
Untuk memancarkan kecantikan daya tarik permata
Bagaikan gerimis yang menetes ke Lumpur
Dengan pancaran kasih Mu
Melayang nai k ke alam semesta! 
 
 
 

Api Mengeraskan Emas - Perjalanan Rohani Seorang Saudari Kecil

Diceritakan oleh saudari Songsong, Tago, Afrika Barat 

Dicatat oleh Utusan Quan Yin

Ketika saya masih kecil, orang tua saya mengirim saya untuk tinggal bersama sanak keluarga dan kakek nenek karena alasan pekerjaan, sehingga di masa kecil saya, saya merasa kesepian dan tidak stabil.  Pada saat orang tua saya meminta saya untuk tinggal bersama mereka di luar negeri, saya telah mempunyai tabiat yang tidak stabil.  Saya egois dan jarang memikirkan perasaan-perasaan orang lain.  Saya tidak tahu bagaimana memberikan perhatian kepada orang lain dan sering mengurung diri di kamar.  Sangat sulit bagi saya untuk bergaul dengan orang lain, untuk menghargai ataupun untuk mengerti lingkungan di sekitar saya. 

Tetapi, setelah ibu saya diinisiasi, saya merasa diri saya berubah melalui kekuatan berkah yang besar dari Guru dan perhatian penuh kasih dari para inisiat.  Saya membuka hati terhadap dunia luar dan menemukan harapan dalam hidup saya dan dengan menggebu-gebu bertanya kepada para inisiat banyak hal tentang Guru dan latihan rohani.  Konsep pengembangan spiritual mulai tumbuh dalam diri saya.  Tetapi ayah saya tidak memahami dan keberatan akan hubungan saya dengan para inisiat.  Suatu ketika, dalam kemarahannya, dia menghancurkan sebuah foto Guru. Saya merasa tindakan ayah saya sangat buruk sehingga saya berlutut sendirian dalam kamar memohon ampun kepada Guru atas kebodohannya.  Air mata saya jatuh tanpa saya sadari, tetapi saya merasakan ketenangan dan kedamaian yang tidak pernah saya alami sebelumnya.  Saya tidak pernah meditasi sebelumnya, ataupun menginginkannya.  Tetapi saat itu secara alami saya duduk menyilangkan kaki untuk meditasi.  Tampaknya Guru sepertinya mengingatkan saya untuk berlatih spiritual, dan saya merasa heran dan terangkat! 

Sejak hari  itu, saya mengalami diare atau kehilangan kesabaran jika memakan makanan non-vegetarian.  Di bulan Mei 2000, ketika ibu kembali dari retret di Korea, seluruh keluarga dipenuhi dengan berkah yang tidak terlihat dan saya memutuskan untuk bervegetarian penuh.  Tetapi sebelum ayah menyetujui penginisiasian saya, saya berlatih Metode Kemudahan terlebih dahulu.  Mungkin ini merupakan ujian Tuhan bagi saya!  Kesulitan-kesulitan yang ditimbulkan oleh ayah saya merupakan pemicu pertumbuhan saya.

Pekerjaan ayah sering membuatnya jauh dari rumah.  Tetapi secara berkala dia pulang untuk melihat kami, yang mana menciptakan ketegangan dan bahkan perdebatan, khususnya berkisar mengenai pola makan vegetarian dan latihan spiritual saya. 

Dengan berlalunya waktu, kerinduan akan latihan rohani tumbuh semakin kuat.  Saya tahu bahwa saya tidak dapat menerima inisiasi jika tidak dapat bervegetarian penuh dan menolak daging yang dipaksakan oleh ayah untuk saya makan.  Seketika, perdebatan keluarga timbul.  Saya takut pergi ke meja makan tetapi saya bersikeras dengan pola makan vegetarian, tidak perduli betapapun ayah mencoba menjauhkan saya dari itu.  Saya menerangkan kepada ayah bahwa kita harus menempatkan diri kita, merasakan seperti hewan-hewan yang akan dijagal.  Bagaimana kita dapat melakukan hal kejam seperti itu kepada mereka ?  Meskipun ayah ingin mengubah pikiran saya dikarenakan cintanya kepada saya, saya bertekad dan berdoa kepada Guru  kapanpun saya sempat, agar dapat diinisiasi dengan lancar.  Dengan demikian, saya berhasil untuk menghindari kesulitan yang berdatangan silih berganti. 

Akhirnya ayah kehilangan kesabaran dan menampar saya dua kali.  Tetapi saya tidak merasa benci ataupun takut.  Sebaliknya, saya menjadi lebih bertekad untuk berjuang demi tujuan mulia.  Saya memahami bahwa kekerasan dan tekanan dari luar mungkin menyebabkan sakit secara fisik, tetapi tidak dapat mengguncang ketenangan saya.  Tamparan ayah sangat menyakitkan, tetapi tidak dapat dibandingkan dengan penderitaan hewan-hewan sebelum mereka dijagal.  Ayah tidak mengerti saya, demikian juga saya tidak mengerti dirinya.  Saya setulusnya mengharapkan situasi ini segera bertambah baik melalui latihan spiritual saya yang rajin.  Setelah semua perjuangan ini, saya akhirnya dapat mengatasi kepengecutan dan kesendirian saya serta menjadi cukup berani mengekspresikan dan merealisasikan kerinduan hati saya.  Pengalaman penuh kebahagiaan tidak dapat saya ungkapkan dengan kata-kata. Setiap kali saya lulus ujian semacam ini, saya memandang foto Guru dalam kamar saya dan merasa bahwa Guru tersenyum dengan lebih bahagia dan cantik.  Guru, saya akan terus berkembang! 

Akhirnya saya menerima inisasi yang saya rindukan.  Karena cinta Guru yang tidak terukur, saya menjadi sangat gembira dan merasa sebagai orang yang paling bahagia di dunia.  Sebelum inisiasi, saya telah mempersiapkan foto untuk kartu identitas, tetapi saya tidak puas dengan itu.  Setelah inisiasi, saya meminta Utusan Quan Yin untuk menunggu sebentar sehingga saya dapat menyiapkan foto yang lain.  Tetapi hasilnya tetap tidak memenuhi standar.  Akan tetapi, para inisiat yang hadir berkata bahwa foto itu cantik.  Mereka membandingkannya dengan foto yang diambil sebelum inisiasi dan saya menemukan bawha saya sungguh terlihat berbeda.  Kemudian mereka tertawa dan berkata, “ Guru telah mengoperasimu, di dalam dan di luar, dan membuatmu menjadi orang yang berbeda total!" 


Guru Berkata

Tao Lebih Dahulu dan Kemudian Urusan Duniawi

Oleh Maha Guru Ching Hai, 

Retret Tujuh-Hari, Hsihu, Formosa , 24-27 September 1988 

(Asal dalam Bahasa Cina) MP3-3

Tidak mudah bagi kita meninggalkan dunia ini karena ada demikian banyak hal yang indah di dalamnya. Banyak orang sangat ingin meninggalkan dunia ini, tetapi tidak mampu karena banyak hal yang indah yang mereka sayangi pada pandangan pertama. Bila kita tidak pernah melihat alam-alam yang lebih indah, tentu saja, kita akan mengira bahwa dunia ini merupakan yang terindah; maka tidak mudah bagi kita untuk meninggalkannya.

Tetapi tidak apa-apa, kita telah berlatih Metode Quan Yin, suatu hari kita akan mengetahui alam mana yang sungguh-sungguh indah. Mungkin kita masih tidak mengetahuinya, tetapi ada rekan-rekan inisiat yang mengetahuinya. Setelah mendengarkan penjelasan mereka, kita telah dapat merasakan kekuatan yang mendatangkan ilham yang mendorong kita berlatih rohani dan kita ingin menjadi seperti mereka.

Seseorang menulis kepada saya, menyampaikan, “Guru, dapatkah Anda menarik balik kekuatan berkat ini? Setelah retret tujuh hari, saya merasa demikian terberkati sehingga saya nampaknya tidak dapat menghadapi dunia ini.” [Gelak tawa] Tidakkah itu bodoh sangat luar biasa? (Hadirin: Ya) Beberapa orang berdoa kepada Guru, berharap menerima berkat lebih banyak lagi; tetapi kemudian, seseorang merasa bahwa berkatnya terlalu kuat dan menginginkan saya menarik balik. Mengapa saya harus menarik balik berkatnya? 

Kekuatan berkat ini tidak dapat dikendalikan. Bukannya saya menekan tombol di sini dan Anda menerima berkat. Bukan seperti itu. Anda menginginkan saya menariknya balik, tetapi saya tidak akan melakukannya! (Guru dan hadirin tertawa.) Bila diberikan, maka diberikan. Mengapa ditarik balik? Bukan seperti sapi yang memuntahkan rumput yang mereka telah telan untuk dikunyah lagi!

Kekuatan berkat sangat berharga. Sangat sedikit orang dapat menyalurkannya. Anda tidak dapat memilikinya bahkan bila Anda menukarnya dengan seluruh dunia; dan di sini Anda memohon saya menariknya balik! Bila saya sungguh-sungguh melakukannya, Anda akan bermeditasi dengan sia-sia dan bahkan lebih menderita daripada sekarang. Karena sebelumnya Anda tidak memiliki pengalaman yang meringankan dalam hal tidak melekat dan tidak mengikat pada dunia ini. Sekarang Anda telah mengalaminya dan menyadari yang baik. Bila saya sungguh-sungguh mengambilnya, Anda akan merasa lebih menderita daripada sebelum Anda mulai berlatih rohani. Sebelumnya Anda tidak mengetahui apa itu kebahagiaan dan Anda mampu hidup. Sekarang Anda telah mengetahui kebahagiaan, sekali diambil, Anda tidak akan mampu hidup.

Saya pernah menceritakan suatu kisah tentang seorang perempuan India yang menerima berkat sangat banyak. Mungkin dia baru kembali dari retret tujuh-hari. Dia tetap merasa bahagia setiap hari. Kapanpun dia sedang membuat chapati (roti tawar India yang bulat), dia jatuh tidak sadar; jiwanya akan terbang keluar dan meninggalkan tubuhnya di belakang. Tepungnya akan jatuh ke segala tempat dan seluruh tubuhnya akan tertaburi tepung dan menjadi putih. Barang-barang berserakan kemana-mana, wajan di depan dan sumpit di belakang. Anda mengetahui keadaan semacam itu. Atau mungkin tiada seorang pun yang mengetahuinya.

Kemudian suami yang lapar pulang ke rumah dan melihat isterinya tergeletak di sana. Tiada chapati. Mentega tertinggal di sini dan susu tumpah di sana. Terjadi seperti itu setiap hari. Dia mengira isterinya malas dan terlalu banyak tidur. Sehingga dia memukulinya, dan isterinya pergi kepada gurunya dan menangis, “Guru, mohon tariklah balik berkat Anda.” Seperti rekan inisiat kita yang bodoh! Dia memohon beberapa kali kepada gurunya, “ Suami saya memukul saya setiap hari. Saya tidak dapat menanggungnya lagi. Lihatlah memar-memar pada sekujur tubuh saya."

Kemudian Sang Guru berkata, “Anda harus menanggungnya. Berkatnya sangat berharga. Anda dapat pergi samadi setiap saat. Tidak banyak orang dapat memiliki ini.” Karena Suara batinnya sangat kuat, jiwanya tertarik keluar kapanpun Suara itu muncul, meninggalkan  tubuhnya di belakang. Tubuh kita seperti pakaian kita saja. Saat jiwa keluar, seperti seseorang melepaskan pakaiannya dan meninggalkannya. Namun demikian, dia berkata, “Tetapi saya tidak dapat menanggungnya. Tiada kedamaian dalam keluarga saya. Setiap hari suami saya memukul saya saat dia pulang. Tolonglah! Anda harus menarik balik berkatnya.” Sang Guru berkata, “Baiklah, saya akan melakukannya."

Setelah gurunya menarik balik kekuatan berkatnya, bahkan menjadi makin tidak tertanggungkan. Perempuan itu datang dan menangis lagi, “Guru, sekarang makin buruk! Lebih baik sebelumnya. Bahkan saat suami saya memukul saya, saya kadang kala dapat menikmati pengalaman samadi. Sekarang, walaupun dia tidak memukul saya , saya tidak dapat lagi mendengar Suara batin. Tiada apapun! Tidak pernah lagi!” Anda mengetahui bahwa para murid seluruhnya seperti itu, senang menciptakan masalah bagi gurunya. Maka gurunya berkata, “Pergilah, dan jangan membawa masalah bagi saya. Anda menginginkannya hari ini dan tidak menginginkannya besok  Tidak bisa seperti itu. Ini bukan sesuatu yang dapat diremehkan.” Perempuan itu pergi dan terus banyak menderita. Tentunya, gurunya masih menjaganya saat dia meninggal. Tetapi setelah hari itu seluruh hidupnya menjadi tanpa arti dan tiada lagi pengalamam, tiada! Itu karena dia mengira alam duniawi lebih penting daripada latihan rohaninya!

Oleh karena itu, kita tidak dapat memotong dan menukar berulang kali dalam latihan rohani kita. Kita harus menyadari bahwa dunia ini hanya sesaat; demikian juga segala kesenangan, kemarahan, kesedihan, kebahagiaan dan penderitaan. Kita tidak boleh kehilangan harta karun kita yang abadi demi hal-hal sesaat ini. Kita menerima berkat, memasuki samadi dalam meditasi dan memiliki kebijaksanaan. Hal-hal ini yang paling berharga. Kita tidak dapat memperdagangkannya demi apapun di dunia.

Banyak praktisi rohani terancam pada jaman dahulu; sejarah mengungkapkan bahwa para praktisi rohani kadang kala sangat tidak aman. Saat Yesus Kristus hidup, para muridnya ditakut-takuti dan dihukum. Misalnya, orang-orang melemparkan batu kepada mereka, memukul dan membunuh mereka, menggunakan cara-cara biadab untuk menghukum mereka yang mengikuti Kristus dan berlatih metode rahasia. Tetapi dengan tabah mereka pantang mundur dalam latihan mereka. Mereka bersedia mati demi kebenaran. Sama seperti di India saat ini. Banyak praktisi rohani yang disalahpahami oleh yang lain dan menjadi sasaran penindasan, ancaman, serangan dan hukuman, tetapi mereka tetap melanjutkan latihan rohani mereka.

Tidak terlalu lama berlalu, orang-orang Sikh juga ditindas oleh beberapa pemerintah atau raja, dan banyak orang dibunuh. Tetapi mereka tidak goyah dan tetap berlatih rohani. Seorang guru aliran Teratai di Jepang juga diancam, ditindas dan diusir saat dia berkotbah di tempat umum. Beberapa muridnya juga dibunuh oleh orang-orang yang berkuasa, tetapi sisanya tetap teguh.

Pemerintah Formosa di sini sangat baik, memungkinkan orang-orangnya memiliki kebebasan beragama, dan bahkan lebih baik, mereka dilindungi oleh hukum. Tetapi Anda tahu bahwa saya kadang kala juga menghadapi malapetaka. Apa yang Anda ketahui hanya merupakan bagian yang sangat kecil yang disingkapkan. Ada banyak hal yang Anda tidak ketahui dan saya tidak menceritakannya. Yang saya maksudkan adalah walaupun kita memiliki masalah dan beban duniawi, namun demikian kita tidak boleh memperdagangkan keberuntungan dan pahala dalam latihan rohani kita demi kenyamanan hidup duniawi karena ini terlalu berharga!

Kita harus menanggung kesulitan atau beban apapun yang kita miliki dalam latihan rohani. Kita harus memandang kemalangan apapun sebagai suatu ujian untuk mengukur kepercayaan diri dan keberanian kita. Kita tidak boleh mundur dengan kepercayaan diri yang goyah, menangis dan mengeluh bila suatu keadaan muncul. Praktisi rohani macam apa itu, tanpa keberanian dan bertingkah seperti anak kecil?

Bila kita berlatih rohani, kita harus meneliti diri kita sendiri, alih-alih memperhatikan orang lain. Kita harus memperhatikan berapa besar keberanian yang kita miliki, dan apakah iman kita kuat. Kita tidak perlu memperhatikan berapa baik atau buruk yang lain berlatih. Cukup memperhatikan diri kita. Tiap hari kita memelihara keberanian kita, tingkah laku kita sebagai seorang manusia yang agung dan iman kita dalam jalur rohani (Tao), tidak menjadikannya berkurang, goyah atau hancur. Ini merupakan tanggung jawab kita.

IBila ada rekan praktisi yang menempatkan Kebenaran lebih dahulu dan kemudian urusan duniawi ini, dia pasti akan dibebaskan, tidak masalah berapa cepat atau lambat dia maju dalam latihan rohaninya, atau berapa banyak atau sedikit pengalamannya. Ini cara yang terbaik untuk mengukurnya. Dunia ada hanya agar mengikat kita ke bawah. Adanya segala kesenangan, kemarahan, kesedihan dan kebahagiaan di dunia ini untuk menguji kepercayaan diri dan keberanian kita, sikap kita sebagai manusia agung dan iman kita dalam Tao.

Akan terlalu murah bila setiap orang yang berlatih sambil lalu juga dapat menjadi Orang Suci! Kemudian akan menjadi apa orang suci bila dia sama saja seperti orang biasa? Bila seseorang dapat menjadi Orang Suci walaupun dia tidak dapat bertenggang rasa apapun, melakukan apapun, atau lulus ujian apapun, maka apa baiknya Orang Suci? Bagaimana dia dapat pantas menerima pujian dari  para manusia dan mahluk surgawi? Bagaimana dia dapat pantas menjadi seorang “Guru para mahluk surgawi” atau seorang “Bapak Belas Kasih dari Empat Bentuk Kelahiran"?

Maka bila Anda ingin menjadi Orang Suci, Anda harus mengerti dengan jelas bahwa adanya keadaan yang tidak mengenakkan adalah untuk menguji kita. Kita harus hidup dengan berani. Bahkan bila sangat menyakitkan, segala hal akan menjadi lebih baik dalam beberapa hari. Malam yang paling gelap dan paling panjang hanya akan bertahan sampai esok pagi. Malam tidak dapat bertahan selamanya; demikian juga penderitaan kita. Kita harus mempelajari pelajaran ini seperti seorang anak, bahwa tiada keadaan yang menyakitkan yang akan bertahan selamanya. Bahkan keadaan yang paling menyakitkan tidak akan bertahan terlalu lama. Keadaan bahagia bahkan akan bertahan lebih sebentar. Maka dunia ini tidak menawarkan apapun agar kita bertahan, tiada apapun agar kita menjadi terikat!

Hanya satu hal yang abadi, dan itu adalah Suara batin kita. Selalu hadir dan menjaga kita setiap hari. Setelah beberapa waktu kita dapat naik dan tinggal di tempat abadi itu, dimana tiada malam atau siang, tiada musim semi, panas, gugur atau dingin, serta tiada kepedihan hati seperti yang kita miliki di sini. Tetapi saat saya menyampaikan ini, mungkin seseorang akan mengira, “Setiap hari akan sama dan demikian membosankan!” Tidak akan membosankan! Karena benak kita masih berada pada tingkat alam duniawi dan kita tidak dapat membayangkan alam yang demikian itu. Itu sebabnya mengapa setelah membaca Sutra Amitabha, beberapa orang bertanya kepada saya, “Siapa yang ingin hidup di alam demikian itu?” Dan saya menjawab, “Alam itu tidak membosankan seperti yang Anda bayangkan."

Hanya setelah kita mengalaminya secara pribadi, kita akan mengetahui Tanah Suci dan ingin hidup di sana. Selain itu kita tidak dapat mengerti hanya dengan mendengarkan orang-orang lain memperbincangkannya. Saat Budha Shakyamuni ada di dunia, Dia memiliki seorang murid yang merupakan seorang ratu. Sebagai seorang ratu, dia telah menikmati hal-hal yang paling indah dan keadaan-keadaan yang paling membahagiakan di dunia ini. Tetapi saat dia mengunjungi Tanah Suci, dia berhasrat tinggal di sana. Dia bertanya kepada Budha Shakyamuni, “Dapatkah saya hidup di sana setelah saya meninggal?” Tempat yang dilihatnya begitu indah! 
 
 

Hargailah Nilai Inisiasi

Oleh Maha Guru Ching Hai, 

Retret Internasional Tiga-hari, Hamburg, Jerman, 

25-27 Agustus 1995 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video No. 493

Saya akan menyampaikan sesuatu kepada para inisiat yang baru. Saya tidak mengetahui apakah inisiasi sungguh berarti bagi Anda, tetapi sangat berarti bagi saya. Bukannya Anda duduk di situ, mendengarkan penjelasan-penjelasan, dan masih dengan pergulatan batin apakah saya pantas bagi Anda diterima sebagai guru Anda. Bukan seperti itu. Suatu kesempatan sekali dalam sejuta tahun. Saya tidak mengetahui berapa besar artinya bagi Anda. Tetapi Anda harus mengetahui betapa banyak yang saya harus lakukan, sebelum dan setelah inisiasi Anda. 

Bukannya Anda duduk di situ pada pantat Anda dan masih meragukan apakah Anda harus tetap bersama saya atau Anda harus pergi. Apakah Anda tinggal atau pergi, itu masalah Anda. Itu adalah hak Anda dan pilihan Anda. Saya tidak bermaksud mengikat Anda, mempertahankan Anda atau melakukan apapun secara jasmani, pikiran atau kejiwaan kepada Anda sama sekali. Saya hanya mendukung sebagai seorang teman yang tanpa pamrih. Kapanpun Anda membutuhkan saya, Anda dapat datang. Bila Anda memutuskan harus pergi, Anda dapat pergi. Bila itu saja arti inisiasi bagi Anda, Anda seperti pergi berbelanja. Hanya benak Anda demikian tidak sempurna sehingga Anda tidak dapat mengenali perbedaan antara sebuah berlian murni dan kaca; sehingga Anda mengalami pergulatan. Tetapi Anda tidak mengetahui apa maksudnya; Anda sungguh-sungguh tidak mengetahui.

Setidak-tidaknya pada saat Anda meninggal, Anda akan mengetahui. Anda akan mengetahui apa arti inisiasi bagi Anda. Pada saat itu, tiada seorangpun di sekitar Anda dan tiada seorangpun dapat menemani Anda. Uang tidak dapat membeli kekuatan Anda. Kedudukan tidak dapat melindungi Anda dari api neraka. Pada saat itu Guru merupakan satu-satunya yang datang kepada Anda. Maka Anda akan mengetahui. 

Apapun yang Anda lakukan, Anda harus melakukannya dengan sepenuh hati. Maka Anda akan memperoleh seluruh hasilnya. Selain itu, Anda tidak mendapatkan apapun. Bahkan selama inisiasi, bila Anda hanya duduk di situ dan mengingat guru Anda yang lalu, Budha Anda yang lalu atau apapun Anda yang lalu, Anda tidak akan memperoleh apapun. Dan kemudian Anda menanyakan kepada saya alasan Anda tidak memperolehnya. Anda bertanya-tanya mengapa Anda datang kemari, apakah ini benar atau salah bagi Anda.

Anda akan terus bertanya-tanya sepanjang hidup Anda, bila Anda tetap melakukan berbagai hal seperti cara Anda. Dan seorangpun tidak pernah dapat memberi Anda jawaban yang cukup. Waktu Anda sangat berharga, seperti juga waktu saya. Jika waktu Anda tidak berharga, waktu saya berharga. Saya tidak memiliki waktu untuk berkeliling dengan bis atau pesawat udara untuk iseng, hanya datang sehingga Anda dapat melihat saya kapanpun Anda inginkan. Dan kemudian Anda berkeluyuran, pergi berjalan-jalan dan melakukan apapun yang Anda inginkan. Tetapi kemudian Anda mengeluh bahwa Anda tidak memperoleh apapun, bahwa Anda tidak mengetahui alasan Anda duduk di sini atau alasan Anda melakukan ini dan itu dan yang lain. Anda mengharapkan saya melakukan segalanya bagi Anda, tetapi Anda tidak melakukan apapun, bahkan tidak datang di sini dan duduk. 

Kami menyiapkan segalanya bagi Anda, jadi bahkan bukan Anda yang harus menyiapkan! Anda tidak melakukan apapun; tiada apapun yang harus dilakukan. Orang-orang juga memasakkan bagi Anda. Dan bahkan Anda tidak mengambil sedikit tanggung-jawab itu. Maka bagaimana menurut Anda? Anda mengira itu akan baik-baik sajakah? Anda mengira Anda akan memperoleh berkat Allah secara demikian? Dan kemudian Anda mengira Anda memiliki segalanya, tetapi saya harus melakukan segalanya. Dan beberapa dari Anda masih mengecam!

Pada jaman dahulu, bila Anda ingin menemukan seorang guru atau bahkan guru apapun, tahukah Anda apa yang Anda harus lakukan? Bahkan sekarang bila Anda sekolah di perguruan tinggi, Anda masih harus membayar. Bila Anda tidak membayar, maka orangtua Anda yang membayar. Bila mereka tidak langsung membayar, mereka membayar pajak pada pemerintah dan pemerintah yang menggaji gurunya. Dan Anda harus ke sana dan mendaftarkan diri Anda dan melewati ujian penyaringan dan semua itu. Membutuhkan banyak waktu dan tenaga. 

Anda terus-menerus bertanya kepada saya alasan saya tidak keluar dan memberi ceramah serta menyelamatkan orang-orang di dunia. Apakah mudah menyelamatkan orang-orang? Hari ini, saat inisiasi kekuatan Allah yang Maha Tinggi telah ada, hadir di sini dan masih tidak dapat menyentuh beberapa dari mereka. Hanya api neraka yang dapat membakar. Demikian sulit; demikian keras hati orang-orang ini bahkan saat mereka duduk dalam hadirat Allah, dalam kekuatan Allah, mereka tidak merasa tergerak.

Saya ketakutan mengingatnya. Saya demikian ketakutan mengingat betapa orang-orang dapat demikian keras, bahkan kekuatan Maha Tinggi tidak dapat menyentuh mereka. Itulah mengapa dunia seperti adanya sekarang. Maka tidak perlu bertanya kepada saya alasan adanya perang, bencana atau pembunuhan. Apa yang dapat dilakukan oleh Allah yang malang itu ? Kekuatan ini dapat menghancurkan gunung; yang dapat mengeringkan samudera atau menyebabkan seluruh semesta hancur menjadi debu. Tetapi tidak menyentuh hati beberapa orang. Sangat menakutkan, kita telah menjadi demikian. 

Kemudian Anda selalu meminta saya pergi ke sini, ke sana, berbicara kepada Anda, tinggal bersama Anda, menyelamatkan teman Anda, menyelamatkan anggota keluarga Anda, serta melakukan ini dan itu dan yang lain. Dan bila saya menolak Anda, Anda merasa seperti, “Mengapa Guru tidak melaksanakan tugasNya? Mengapa Dia tidak memiliki belas kasih dan kasih sayang bagi umat manusia? Mereka cukup menderita,” dan hal semacam itu. Bila saya dapat melakukannya, saya akan melakukannya. Bila Yesus telah dapat melakukannya, Dia akan telah menyelesaikannya. Kita tidak akan harus menunggu sampai saat kita. Bila Yesus telah dapat menyelamatkan seluruh dunia, Dia telah akan melakukan demikian. Bila Sang Budha telah dapat menyelamatkan seluruh dunia, tidak akan pernah muncul giliran saya dan giliran Anda. 

Anda mengerti betapa sulitnya? Karena kita terlalu bangga dan terlalu sombong. Kita mengira kita mengetahui terlalu banyak hal. Kita mengetahui Sutra ini, kita mengetahui Alkitab itu, kita mengetahui seluruh ini dan itu. Kita menghafal segalanya, maka kita demikian bangga akan pengetahuan kita yang tidak masuk akal sehingga kita mengira kita telah mengetahui segalanya. Maka kapanpun seseorang ingin mengajar kita sesuatu yang baru, kita menolaknya. Atau kita berusaha menemukan kesalahan, berusaha mengecam atau menunjukkan kepada orang lain bahwa kita luar biasa, bahwa kita mengetahui segalanya atau kita mengetahui lebih baik daripada orang itu. Tetapi kita hanya mencelakakan diri kita dan menghalangi jalan kita menuju kebebasan, menghalangi jalan pengetahuan yang sejati. Kita menerima seluruh iklan sebagai hal yang nyata dan membanggakannya. 


Tanya Jawab Pilihan

Inisiasi Merupakan Harta Karun Paling Berharga di Alam Semesta

Oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, Amerika Serikat, 11 Juni 2001 

(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 717

T: Baru-baru ini saya membaca buku Lautan Kasih karangan Kabir; dia merupakan titisan Allah yang Sejati. (G: Ya, ya) Dia membicarakan tentang mulut Kal. Setelah jiwa-jiwa yang tidak diinisiasi meninggal, utusan kematian datang dan memperdaya mereka. Jiwa-jiwa pergi menuju kepada Kal dan kemudian Kal mengunyah mereka. Saya tidak mengerti apa maksudnya. 
G: Bila Anda tidak diinisiasi, Kal yang artinya kekuatan negatif, akan mendatangi Anda. Kal artinya kekuatan negatif dalam bahasa Sansekerta. Bila Anda diinisiasi, Guru akan datang dan Kal tidak dapat memperdaya Anda. Setelah inisiasi, Kal menjauh karena jiwa itu bukan miliknya lagi; dia tidak dapat mengendalikan Anda. Tetapi dia masih berusaha memperdaya Anda, tentu saja. Dia berusaha membuat masalah, tetapi itulah tugasnya. Dan tugas Anda berjalan pada jalur Anda, tidak masalah apa yang dia sampaikan. 

T: Kedengarannya seperti menakutkan. 
G:Ah, tidak, hidup menakutkan; akhirnya selalu mematikan! (Guru dan hadirin tertawa.) 

T: Menakutkan bagi orang-orang yang tidak diinisiasi. 
G: Tetapi Anda diinisiasi, sehingga Anda selalu dilindungi oleh Guru. Bila Anda benar-benar, sungguh-sungguh ingin pulang, bahkan 10000 Kal tidak dapat melakukan apapun sama sekali kepada Andal. 

T: Apakah sama bagi orang-orang yang kita kasihi dan teman-teman dekat kita? 
G: Ya! Pasti, ya. Guru akan menjaga mereka semua. Itulah pahala agung dari diinisiasi. Bila Anda mengetahuinya, Anda akan meninggal karena penuh syukur dan kejutan saat mengetahui betapa agungnya inisiasi ini. Sungguh, agung adanya. 

Saya tidak dapat menjelaskan betapa agungnya. Saya hanya dapat merasa bahagia bagi Anda. Anda sungguh beruntung – ya, sangat beruntung. Sama sekali, Anda tidak menduga. Tiada apapun yang dapat membelikan ini bagi Anda, tiada apapun yang dapat Anda tukarkan dengannya dan tiada apapun yang dapat menghasilkan ini bagi Anda, kecuali karunia Allah. Tentunya, saat Anda juga sudah tiba. Tetapi selain itu, bahkan bila Anda berdoa selama seribu tahun, Anda tidak akan memperoleh karunia ini. 

Hal teragung yang Anda pernah dapat miliki dimanapun di seluruh semesta. Seseorang yang tidak memilikinya, bahkan sejumlah mahluk rohani yang lebih tinggi, akan iri kepada Anda. Mereka akan sangat iri kepada Anda karena Anda berada pada jalur menuju keguruan dan mereka masih mahluk rohani saja, atau malaikat atau dewa (yang hidup dalam berbagai alam surga). Mereka akan meninggal suatu saat, tetapi Anda tidak akan meninggal. Mereka akan makin menurun, tetapi Anda tidak akan demikian. Anda akan terus menanjak, melewati mereka, lebih tinggi daripada mereka, menjadi makin mulia dan makin indah. Anda akan memiliki apapun, segalanya. Anda akan berada bersebelahan dengan Allah sedang mereka masih berenang di suatu tempat di tiga dunia, mencari bimbingan. 

Sangat sulit mendapatkan inisiasi ini. Oh! Astaga, saat saya mengingatnya, oh, wah! Tahukah Anda cara memenangkan undian enam juta dolar? Ini dapat dibandingkan dengan itu dalam alam rohani. Bila Anda mengetahui terlalu banyak, Anda mungkin mendapat serangan jantung. Tetapi seberapa beruntungnya Anda ?  Di seluruh alam semesta, Anda merupakan yang terbaik, yang terpilih, pilihan, yang sangat, sangat beruntung. 

Sungguh, Anda tidak mengetahui sampai saatnya tiba. Kadang kala Anda harus bekerja di dunia ini, sehingga Allah memberitahu Anda sangat sedikit. Juga, kita masih berada dalam penjara, tidak peduli betapa banyak hal yang orang tua Anda berikan kepada Anda untuk menghibur Anda. Anda mungkin memiliki televisi atau radio di sana. Tetapi Anda tidak dapat memiliki banyak hal, seperti mobil balap, helikopter, istana, ruang tamu berpendingin, kolam renang dan seterusnya. Anda hanya terhibur dalam penjara; Anda hanya memiliki kondisi yang cocok untuk hidup. 

Tetapi sekali Anda berada di sana, bahkan saat waktu Anda berakhir dan Anda telah bebas dari hukuman, Anda masih harus menunggu birokrasi. Juga, mungkin saja masih ada beberapa hal yang Anda harus kerjakan. Atau mungkin saat Anda belum berakhir, walaupun Anda ingin segera bebas; pengacara membantu Anda memperoleh kebebasan lebih cepat, dan pasti Anda akan bebas karena Anda tidak dihukum mati. Tetapi Anda harus menunggu. Saat dalam penjara, Anda dapat senyaman seperti seorang narapidana adanya; Anda memiliki yang terbaik dalam penjara. Tetapi Anda masih seorang narapidana. Anda dapat menggunakan seluruh sarana, tetapi Anda masih dalam penjara. Maka, saat Anda sungguh-sungguh mengetahui yang orangtua Anda miliki bagi Anda untuk menyambut Anda pulang…astaga, Anda tidak dapat membayangkannya! 
 
 

Inisiasi Sejati 

Oleh Maha Guru Ching Hai, Meditasi Kelompok di London, Inggris, 

10 Maret 1998 (Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 631

T: Guru, bila seseorang telah diinisiasi pada waktu yang lalu oleh Guru, tetapi tidak mengucapkan Nama-nama Suci dan tidak melakukan meditasi – pada saat kematiannya, apakah Anda menjenguknya?
G: Tidak. 

T: Mengapa tidak? Karena dia telah diinisiasi sebelumnya...
G: Tetapi dia tidak ingin pulang!

T: Karena pada waktu inisiasi, yang diinisiasi kan sang jiwa, bukan sang jasmani.
G: Saya tahu itu. Tapi jika jiwa itu tidak mengkehendakinya... 

T: Karena putera saya telah diinisiasi, tapi dia tidak melakukan meditasi. 
G: Saya tahu. Itulah apa yang ingin saya beritahukan kepada Anda sekarang ini. Jiwa itu telah diinisiasi, jika dia datang untuk inisiasi. Mungkin saja dia datang, tapi jiwanya tidak mengkehendakinya; bisa saja hanya jasmaninya yang datang. Sehingga itulah sebabnya setelah inisiasi dia melepaskan segalanya. Dia hanya ingin tahu saja. Dia datang ke sana, namun dia tidak sepersetujuan dengan jiwanya. 

Sehingga jiwa itu penting adanya. Jika dia datang, dan jiwanya masih belum siap maka dia masih belum ingin pulang ke rumah. Demikianlah dia tidak melakukan meditasi; dia tidak melafal Nama-Nama Suci; dia tidak menjalankan sila-sila. Sehingga terserah dia saja. Itu merupakan kebebasannya. Saya tidak dapat memaksanya untuk pulang ke Rumah. 

T: Tapi dia diinisiasi oleh Guru ...
G: Saya tahu itu, tapi dia sendiri harus mengkehendakinya.

T: Dia ingin Guru menjaganya, jadi saya memintanya diinisiasi sehingga dia dapat menjalani hidupnya kali ini, pulang ke Tuhan. 
G: Jika dia yang mengkehendakinya.

T: Akankah dia pulang ke Tuhan dalam kondisi demikian?
G: Bila dia menginginkannya. Tetapi saya juga mengatakan bahwa bila Anda menginginkan, Anda dapat kembali. Bila jiwa Anda menginginkannya, Anda dapat kembali. Saya juga mengatakan itu. Jiwanya harus menginginkannya, bukan tubuhnya.

T: Bukan tubuhnya.
G: Ya. Jadi, pada saat inisiasi, bila jiwanya belum sungguh-sungguh menginginkannya, dia mungkin datang bersama Anda, karena Anda ayahnya, karena di sini Gurunya, tetapi dia tidak sungguh-sungguh berjanji. Bila jiwanya masih ingin mengarungi kehidupan ini atau kehidupan mendatang, maka dia bebas mengalami lagi. Maka dia akan menemukan Guru lain, lain kali. Karena saya memperbincangkan tentang inisiasi yang sejati.

T: Guru harus menjumpainya, karena dia milik Tuhan; Dia menghargai Tuhan. 
G: Maka dia harus melakukan tugasnya sendiri. Saya tidak menginisiasi orang-orang malas! Saya tidak mengatakan bahwa inisiasi membawa Anda ke Kerajaan Allah. Saya mengatakan inisiasi memberi Anda pencerahan. Dan meditasi, disiplin, pola makan nabati dan kerinduan jiwa akan membawa Anda ke Kerajaan Allah. Anda harus berusaha. Jika tidak, saya akan mengatakan, “Baik, datang, datang, datanglah, setiap orang diinisiasi; Anda bahkan tidak perlu berpola makan nabati, kemudian pulang.” Tidak adil! Saudara, Anda menginginkan makanan murah. (Hadirin tertawa) 


Acara TV Maha Guru Ching Hai 

Area: Vancouver, Kanada 
Stasiun: Stasiun Radio AM 1470 
Topik: Ceramah-ceramah Maha Guru Ching Hai
Waktu: 9:00 - 9:30 malam, setiap hari Sabtu (dalam Bahasa Inggris)
9: 30 - 10:00 malam, setiap hari Sabtu (dalam Bahasa Aulac) 
Untuk jadwal terkini acara televisi dan radio dari Maha Guru Ching Hai, silahkan kunjungi: http://www.godsdirectcontact.net/events/tv.htm


Selingan Rohani

Makna Positif dari Situasi Negatif

Oleh saudara inisiat Ming-bai, San Francisco, AS

Saya telah mendapatkan pedoman dari ajaran-ajaran Guru yang dapat menolong saya untuk memeriksa tindakan, ucapan, dan pikiran saya!

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak peduli apa pun yang terjadi atau apa pun yang kita putuskan, jika kita sungguh percaya dan ingat bahwa "Tuhan adalah maha kuasa dan maha rahim; semua yang direncanakanNya adalah untuk yang terbaik," maka kita tidak akan mempunyai perasaan iri hati, benci, amarah atau dendam. Ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, solusi yang terbaik adalah secepatnya menemukan penyebab yang sebenarnya  dibalik hal itu, alih-alih memperturutkan pikiran bahwa hal-hal baik berarti nasib baik dan hal-hal buruk berarti nasib buruk! Kita harus sepenuhnya memeriksa tindakan, ucapan dan pikiran kita dan melakukan introspeksi apakah baru-baru ini kita berpikir, mengucap atau melakukan sesuatu yang menentang kehendak Tuhan. Berdasarkan pengalaman saya bahwa ketika saya menemukan penyebab yang sebenarnya, situasi yang tampak negatif itu akan lenyap dengan sendirinya!

Saya sungguh menyadari bahwa setiap situasi "negatif" membawa amanat "positif". Itulah sebabnya, apapun yang terjadi, saya selalu melakukan introspeksi untuk menemukan penyebab yang sebenarnya. Semua peristiwa yang membawa penderitaan dan kesedihan adalah proses sementara, yang dipergunakan Tuhan untuk membimbing kita menuju kebaikan sesuai dengan hukum sebab dan akibat. Tuhan tidak pernah menghendaki kita menderita! Dengan menyadari hal ini, kita akan secara alami bersyukur kepada Tuhan, apapun yang terjadi. 
 
 

Mengubah Rintangan menjadi Kebaikan

Oleh saudara inisiasi Richard Stewart,

Los Angeles, AS. (Asal dalam Bahasa Inggris)

Kisah dongeng ini, yang diadaptasikan dari Internet (http://www.cactusumpires.com/pages/sub/parables.html), mengungkapkan pemikiran yang sering kali disampaikan oleh Guru dalam ceramah-ceramahNya: "Segalanya diciptakan oleh pikiran."

Sekumpulan katak sedang melewati hutan dan dua di antara mereka jatuh ke lubang yang dalam. Seketika itu pula, semua katak lainnya mengelilingi lubang itu dan memandang kepada katak-katak yang terperangkap itu yang mencoba melompat keluar. Katak-katak di atas lubang itu dapat melihat bahwa lubang itu sangat dalam dan tampaknya tidak ada jalan keluar, maka mereka mulai berteriak kepada kedua katak yang di dalam lubang itu untuk menyerah saja. "Lubang ini terlalu dalam. Kalian sudah pasti mati," demikianlah teriakan katak-katak itu. Ketika katak-katak yang terperangkap itu terus mencoba, kumpulan katak di atas berteriak lebih keras, "Menyerah saja. Kalian sudah pasti mati." Setelah beberapa saat, satu dari katak yang kelelahan itu mengacuhkan teriakan mereka, dan terjatuh dan mati.

Tetapi sungguh menakjubkan, katak yang kedua terus melompat sekuat-kuatnya meskipun teriakan-teriakan negatif terus menerpanya untuk menerima hal yang tidak terelakkan ini dan menyerah mati. Akhirnya, dengan satu lompatan hebat, dia berhasil keluar dari lubang itu! 

Hasil yang menakjubkan ini terjadi karena katak kedua ini tuli dan tidak dapat mendengar apa yang dikatakan oleh katak-katak lainnya. Dia berpikir bahwa mereka memberikan semangat kepadanya dengan teriakan-teriakan mereka! Apa yang dikiranya sebagai dorongan itu membuat dia berusaha lebih keras dan berhasil mengatasi semua rintangan. Dan itulah perbedaannya! 

Pengalaman katak pertama dalam kisah ini berkaitan dengan perkataan Guru mengenai ketidak-terikatan kepada dunia ini, termasuk tidak terikat oleh komentar dan pendapat orang lain: "Kita hidup di dunia ini, tetapi hendaknya kita tidak terikat kepadanya. Kita harus menyadari bahwa segala sesuatu di dunia ini menimbulkan kesulitan dan kita harus menjaga pikiran kita kepada ajaran agung, seperti bunga teratai di danau lumpur tanpa menjadikan ia kotor." (Kata-kata Mutiara, majalah Berita No. 17) 

Dengan pola berpikir positif, dan tidak mendengarkan pendapat orang-orang lain, katak kedua menggunakan hal negatif untuk mengatasi rintangan dan mencapai keberhasilan dengan menggunakannya sebagai dorongan, alih-alih dipengaruhi oleh yang lainnya seperti yang terjadi pada katak pertama, yang gagal untuk mengembangkan potensinya untuk berjuang demi kehidupan. Karena itu, dengan mengatasi kritik, cemooh atau komentar sinis dari orang lain, kita dapat melakukan apapun yang ada dalam pikiran kita, seperti yang dilakukan oleh katak kedua itu. Tetapi, jika kita tidak tuli seperti katak ini, yang tidak dapat dipengaruhi oleh yang lainnya oleh karena kondisi fisiknya, kita membutuhkan Kebijaksanaan Agung untuk membimbing kita kepada jalan yang benar, sehingga tidak mengikuti pendapat duniawi secara membuta. 
 
 

Orang Saleh Tidak Membuat Permusuhan 

Oleh saudara inisiat Li Wen-feng, Tainan, Formosa

Suatu ketika saya melakukan suatu pekerjaan di Center Hsihu, dan mendapatkan sejumlah upah, yang dengan enggan saya terima atas desakan dari staf yang bertugas. Maka saya gunakan uang itu untuk membeli Lentera Panjang Umur. Setibanya di rumah, tiba-tiba saya diliputi perasaan kasih kepada tetangga saya yang tinggal di seberang kami. Saya merasa bahwa saya sangat mengasihi mereka sehingga saya ingin mencium dan memeluk seluruh keluarga itu. Sebelum ini, kami tidak mempunyai hubungan yang baik dengan mereka, tetapi Lentera Panjang Umur Guru telah mengubahnya, dan saya sungguh ingin berlaku baik terhadap mereka. 

Pengalaman ini mengingatkan saya akan kutipan dari Kitab Injil: "Kasihilah musuh-musuhmu." Kita hendaknya tidak hanya mengutip Kitab Injil, tetapi harus membiarkan cinta kasih kita bertumbuh dan mewujudkan kasih dalam tindakan. Selama kita memiliki cinta kasih sejati dalam diri kita, semua musuh kita akan menjadi sahabat-sahabat baik kita. Saya berharap semakin banyak orang mengikuti jalan-yang-menumbuhkan-kasih ini - Metode Quan Yin, karena hal itu akan mengubah musuh menjadi sahabat dan membawa perdamaian bagi dunia. 


Guru Bercerita

Jadilah Seorang Teladan dalam Keberanian dan Kejujuran 

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 

3 November 1995 (Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 511

Ada sebuah kisah tentang seorang laki-laki di negara Chi. Tien namanya. Suatu hari dia mengadakan festival yang sangat besar untuk memberikan persembahan kepada dewa jalan dan tanah. Ribuan orang turut serta dalam festival ini, dan mereka juga menyediakan banyak hidangan, makan, bersuka ria dan semua hal seperti itu. 

Kemudian seorang tamu datang dan mempersembahkan kepada Tuan Tien, seekor ikan dan burung yang sangat langka, dan sarang burung walet yang langka. Sarang burung itu sangat mahal di Cina dan seharusnya sangat bergizi. Untuk membuat sarang itu, burung walet harus meludahkan air liurnya. Namun kemudian orang-orang datang dan merampok sarang itu, selanjutnya burung itu harus membuat sebuah sarang lagi. Tetapi pada saat itu, burung itu sudah tidak memiliki air liur lagi dan tidak ada nutrisi lagi dalam tubuhnya yang dapat diludahkan. Maka ia akan meludah sampai mengeluarkan darah. Dan air liur dalam sarang itu menjadi merah darah. Tetapi sarang berwarna merah ini bahkan lebih mahal daripada yang berwarna putih. Dan begitulah orang-orang memakan mereka. 

Jadi berhati-hatilah: Tidak semua yang merupakan vegetarian adalah sayur-sayuran. Sekalipun kalian tidak membunuh burung-burung itu, mereka mati karena penderitaan, kelaparan dan kekurangan gizi. Karena akan tiba musimnya dimana mereka harus menyelesaikan sarang bagi keturunan mereka. Itu adalah reaksi spontan, alami dari burung-burung itu. Jika kita mengambil sarang mereka, mereka akan membuat lagi sarang yang baru. Dan begitulah mereka meludah dan meludah sampai sarang mereka selesai. Mungkin tidak selesai, dan mungkin juga selesai, tetapi dengan mengorbankan nyawa mereka atau kesehatan mereka yang berharga. Mereka mungkin menjadi lelah, dan pada saat anak-anak mereka lahir, tidak ada yang memelihara mereka. Tentu saja, ada manusia; mereka "memelihara" anak-anak itu dengan menaruh mereka dalam perut mereka yang hangat dan meyimpannya selamanya. Jadi hal-hal seperti itu selalu terjadi. 

Sekarang, pada festival yang diadakan oleh Tuan Tien, ketika seseorang mempersembahkan kepadanya sarang burung walet berwarna merah darah yang sangat langka itu, atau seekor ikan yang sangat langka, Tuan Tien merasa tersentuh dan terangkat. Mungkin dia seorang yang sangat penting dalam masyarakat; jika tidak; dia tidak akan dapat mengadakan festival seperti itu dan tidak akan banyak orang yang akan datang seperti itu. Maka dia merasa sangat tersentuh dan terangkat, dan kemudian dia menghela napas, bekata,"Oh! Tuhan sangat mengasihi kita. Lihatlah apa yang dia berikan kepada kita untuk dimakan setiap harinya. Dia menciptakan semua jenis binatang untuk memuaskan lapar dan selera kita."

Setiap orang mendengar perkataannya, memuji Tuhan seperti itu, dan mereka semua bertepuk tangan sebagai pujian dan tanda setuju. Tetapi di antara para tamu adalah seorang anak laki-laki, baru berusia dua belas tahun. Mungkin dia seorang vegetarian; mungkin dia baru diinisiasi penuh di usianya yang ke-12 oleh Maha Guru Ching Hai. (Tertawa) Dia berdiri dan berkata, "Tuan, tidak begitu, cara Anda berkata." Dan "Tuan"  itu merasa sangat terkejut dan tercengang. Dia bertanya kepada anak itu, "Apa maksudmu, apakah perkataan saya salah? Apakah kamu mempunyai pendapat lain, kamu yang masih sangat muda? Apakah kamu mengetahui apa-apa?" 

Anak laki-laki itu berkata, "Guru saya mengajarkan saya secara berbeda." Guru saya berkata,"Semua makhluk di dunia ini adalah sama. Tuhan menciptakan semua makhluk dengan cinta yang sama, artistik yang sama, bakat yang sama dan maksud yang kreatif." Jadi tidak ada orang di dunia ini yang lebih baik dari makhluk lainnya di dunia ini. Tuhan menciptakan makhluk-makhluk berbeda dengan tujuan dan motif yang berbeda. Jika kalian berkata bahwa semua makhluk seperti ikan, burung, banteng dan lain-lain, diciptakan oelh Tuhan untuk menjadi makanan kita, maka saya pikir bahwa Anda salah. Karena lihatlah nyamuk-nyamuk itu: Mereka menyengat kulit kita dan menyedot darah kita. Dan lihatlah singa-singa dan harimau-harimau: Mereka memakan manusia. Apakah Anda berpikir bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk nyamuk-nyamuk, dan untuk harimau-harimau dan singa-singa juga? Maka tuan itu, VIP, tidak tahu bagaimana menanggapinya. 

Anak laki-laki itu meneruskan, berkata "Guru saya berkata, 'Di dunia ini, semuanya adalah sama. Tetapi sering kali, manusia menggunakan inteligensi, kekuatan dan keahlian mereka untuk melukai dan mengambil keuntungan dari makhluk lainnya yang lebih lemah, lebih lembut, lebih manis dan lebih tidak berbahaya. Itu saja.' Kita tidak dapat berkata bahwa Tuhan menciptakan makhluk-makhluk untuk menjadi santapan kita atau untuk kita gunakan." Maka tentu saja VIP itu dan semua lainnya, VIP yang lebih kecil di pesta itu tutup mulut. 

Saya kira beberapa anak-anak laki kita pada suatu hari nanti akan membuat pernyataan yang sama seperti ini, mungkin di Gedung Putih (White House). (Guru dan hadirin tertawa.) Saya hanya bercanda. Mungkin memang bukan di Gedung Putih. Itu dapat saja terjadi di "Gedung Biru," "Gedung Merah Muda" atau "Gedung Kuning." Dan saat ini kebanyakan anak-anak kita sangat pandai juga. Kadang-kadang mereka langsung menyatakan apa yang mereka  pikirkan atau apa yang telah mereka pelajari di sini tanpa perlu takut menyakiti orang lain.

Sebaliknya, kita orang dewasa, yang lebih cerdas, lebih kuat, seorang bijaksana yang sudah dewasa, adakalanya takut untuk berbicara. Bahkan di dalam keluarga, kita takut mengatakan kepada orang-orang bahwa kita mengikuti Guru Ching Hai, menuruti lima sila etika dan berdiet vegetarian. Karena kita takut bahwa orang-orang akan mengolok-olok kita. Kita takut bahwa orang-orang akan menjauhi kita dan tidak ingin berteman dengan kita lagi. Kita takut bahwa posisi kita akan goyah. Kita takut bahwa bos kita akan tidak menyukai kita lagi. Kita takut bahwa isteri kita tidak mencintai kita lagi. Kita takut bahwa anak-anak kita akan berpikir bahwa kita telah sinting. Dan kita takut bahwa teman-teman kita akan meninggalkan kita. Kita takut bahwa semua orang akan memandang rendah kepada kita seolah-olah kita adalah orang gila atau berasal dari planet lain.

Kita takut segalanya. Kita bahkan takut bahwa tukang daging akan melihat kita dengan pandangan berbeda setiap kali kita melewati tokonya. Kita takut terhadap apapun, karena kita telah belajar secara negatif bahwa semua yang berbeda membuat kita ditinggalkan. Tetapi tidak selalu begitu. Jika kita membuat perbedaan yang bersifat baik dan cemerlang, maka orang-orang mungkin akan mengikuti kita. Jika tidak, mengapa kita menjalani hidup kita secara berlainan jika kita begitu takut? Kita bisa saja menundukkan kepala kita, bersujud kepada setiap orang dan hidup seperti mereka. Dengan cara ini kita akan memperoleh kedamaian, selamanya, mungkin. Karena kita akan berada di sini selamanya. Dan kemudian kita akan selalu berdamai dengan semua orang, tetapi tidak dengan binatang-binatang, mungkin. Dan seterusnya kemanapun kita pergi, anjing akan menyalak kepada kita dan banteng bahkan akan menerjang kita. 

Saya telah melihat banyak foto banteng di arena banteng. Kadang-kadang jika dia dapat menyerang sang matador, dia akan menerjangnya - hingga ke Surga.Yah, itu mungkin adalah karma. Jadi sekarang jika setiap dari kita dapat menjadi seberani seperti anak kecil ini yang berusia dua belas tahun ini (ini adalah kisah nyata), maka saya kira dunia ini akan menjadi tempat yang lebih baik. Dan kita akan mempunyai lebih banyak saudara dan saudari, berkurangnya pertumpahan darah, berkurangnya kekerasan, berkurangnya peperangan dan berkurangnya pembicaraan tentang perdamaian. Karena perdamaian akan terjadi dengan sendirinya. 

Dan kita tidak perlu memboroskan banyak uang untuk hotel bintang lima di Jenewa, dan semua pesawat terbang pribadi dan penjaga keamanan dan sampanye kelas satu dan kaviar. Kita tidak perlu berbusa-busa membicarakan tentang perdamaian, ketika perdamaian benar-benar mengunjungi planet kita. Jika setiap orang mengikuti jalan orang Kudus, benar-benar mengikuti jalan tanpa-kekerasan sejak masa kecil, maka semua anak kita akan menjadi seperti anak dalam kisah ini. Karena akan ada suatu hari ketika orang-orang di dunia ini menjadi muak dengan peperangan dan kekerasan. Akan ada suatu hari ketika mereka duduk bersama dan menghentikan semua omong kosong ini. 

Bahwa kita manusia bahkan tidak dapat berbicara satu dengan lainnya dengan bahasa kita sendiri adalah suatu hal yang memalukan. Kita telah merendahkan diri kita menjadi tingkatan binatang. Dan kita selalu menggunakannya untuk mengutuk orang lain, misalnya, "Kamu anjing, kamu binatang," dan hal-hal seperti itu. Tetapi binatang tidak seburuk itu, mereka bahkan tidak seburuk seperti beberapa orang. Binatang kadang-kadang berkelahi karena mereka lapar. Mereka makan dan membunuh karena mereka lapar. Tetapi setelah kenyang, mereka menjadi jinak, mereka tidak pergi dan melukai yang lain. 

Adakalanya binatang-binatang saling berkelahi, tetapi mereka melindungi kelompok mereka sendiri. Tetapi adakalanya kita manusia, kita bertengkar dengan siapa saja: tetangga kita, anak-anak kita, siapa saja, karena kita tidak dapat membereskan perbedaan-perbedaan kita dengan kata-kata atau pengaturan dan cara-cara damai dengan saling pengertian. Itu sangat sulit bagi kita. Jadi jika kita benar-benar memikirkannya, beberapa binatang memiliki banyak, banyak kualitas baik, adakalanya bahkan lebih baik daripada kita. Anjing sangat setia, kuda sangat penurut, dan sapi sangat tenang. Sapi memberi dan tidak meminta apapun sebagai balasannya kecuali rumput kering. Dan saya tidak tahu apakah kita mempunyai hak, atau martabat mulia untuk memandang rendah mereka, yang senantiasa kita anggap lebih rendah daripada kita manusia. 

Jadi jika kita terus berkelakuan seperti kelakuan orang-orang dunia ini pada saat ini, mengobarkan peperangan dan segalanya diselesaikan dengan senjata, darah, nyawa dan semua hal seperti itu, saya rasa kita tidak akan mempunyai cukup martabat atau hak untuk melihat kepada mata binatang-binatang, terlebih lagi memandang rendah mereka. Maka marilah kita berharap dan marilah kita mengajarkan anak-anak kita teladan yang baik. Biarlah mereka menjadi berani dan terbuka dan jujur, seperti anak laki-laki dalam kisah ini. Itu adalah tugas kalian, kalian harus menjadi teladan yang baik bagi mereka. 


Dunia Satwa

Pelajaran Cinta Kasih

Oleh saudari inisiat Hannah Vu, Indiana, AS. (Asal dalam Bahasa Inggris)

Hari menjelang malam, dan saya baru saja tiba di Center Florida untuk mengikuti perayaan istimewa Hari Ibu dan perayaan ulang tahun Guru tanggal 12 Mei. Matahari terbenam, dan langit jernih dan indah. Sambil menghela sebuah kopor kecil, saya memasuki area kemah bagi inisiat wanita untuk memasang tenda saya. 

Kemudian, dari sebuah bangsal, seekor anjing berbulu putih datang menghampiri untuk menyambut saya dan seorang saudari lainnya. Anjing ini membawa sesuatu yang istimewa yang tiba-tiba menyentuh hati saya. Mungkin karena sikapnya yang anggun dan tatapan matanya yang penuh kasih. Kami semua adalah asing baginya, tetapi dia begitu lembut dan ramah, mengikuti kami dan menjulurkan hidungnya seakan-akan memberikan ciuman kepada kami untuk mengucapkan "selamat datang." Tali kekang yang cukup panjang di sekeliling lehernya memungkinkan dia untuk berjalan mendampingi kami. Saya dapat merasakan kedamaian dalam hatinya yang mengangkat saya secara rohani saat saya memandang kepadanya.

Setelah selesai memasang tenda, saya kembali mendatangi kandang anjing itu untuk membalas keramahannya, bertanya-tanya apakah dia merasa kesepian dan memerlukan teman. Tetapi dia tampak sangat tenang dan bahagia. Saya menyapanya dengan manis dan mengelus kepada dan dagunya dengan sayang. Saya perhatikan bahwa kandang anjing ini sama ukurannya dengan sebuah kamar berukuran kecil (8 x 10 kaki) untuk satu orang . Kandangnya bersih dan mempunyai ventilasi yang baik dan mempunyai pintu depan berukuran penuh dan dua jendela persegi pada masing-masing sisi. Saya melihat ke dalamnya, dan di lantai sebelah kiri terdapat sebuah kasur tidur, ditutupi dengan seperai yang sesuai. Di atasnya terdapat bantal yang lembut, beberapa mainan yang berwarna-warni, sebuah tulang berukuran besar dari plastik. Sebuah lampu redup dipasang di salah satu pojok yang dibiarkan menyala untuk malam hari. 

Saya merasa sangat kagum, gembira dan tersentuh mendapati perlakuan yang begitu penuh kasih kepada anjing itu. Di lantai, pada sisi lain ruangan itu, terdapat sebuah mangkuk besar air dan satu mangkuk lagi berisi makanan vegetarian. Sewaktu saya lihat sekelilingnya, saya juga memperhatikan sebuah foto kecil Guru dalam bingkai sederhana di atas meja kecil di dinding sebelah belakang, pada ketinggian mata anjing itu! Hati saya dipenuhi suka cita ketika melihatnya dan saya kemudian memahami mengapa anjing itu tampak senantiasa dalam kedamaian. Terlebih lagi, dia memancarkan aura cinta kasih yang jarang sekali saya saksikan sebelumnya. Mungkin dia adalah seekor anjing spiritual yang tingkatannya sangat tinggi!

Pagi-pagi sekali keesokan harinya, di Aula Meditasi, Guru bercerita tentang eks tetanggaNya dan seorang dokter hewan, yang semuanya diperlakukan oleh Guru dengan cinta kasih. Beliau selalu "pergi jauh" untuk memberikan perhatian kepada para tetangga dan kadang-kadang kepada binatang peliharaan mereka bilamana mereka butuhkan atau mereka meminta bantuannya. Beliau membawakan mereka hadiah-hadiah dan pakaian, mengurus anjing-anjing mereka dan bahkan membayarkan biaya perawatan darurat anjing-anjing itu. Selain itu, Beliau meminta pembantu-pembantuNya untuk merawat si dokter hewan di rumah sakit ketika dia menderita sakit. Tetapi mereka semua salah sangka dengan tindakan-tindakan Beliau dan menjadi tidak suka dengan perhatian Beliau yang 'tidak pada umumnya" lembut, penuh kasih. Mereka menyangsikan, menanyakan maksud-maksud Beliau. Alih-alih menaruh hormat kepada Beliau atas kebaikanNya yang tanpa syarat kepada mereka, banyak yang menarik keuntungan dari kebaikan dan kemurahan hati Beliau. Lebih buruk lagi, beberapa menjadi cemburu dan merasa terganggu akan perhatian Beliau kepada anggota-anggota keluarga mereka. Mulai saat itu, Guru hanya menyalami mereka, tidak lebih, tidak kurang. 

Pada suatu malam Beliau membawa seekor opossum (sejenis tupai) yang tertabrak mobil di jalanan. Guru ingin agar dia mendapat perawatan, tetapi mendapat kesulitan untuk menemukan dokter hewan yang mau merawat hewan-hewan liar. Beliau juga kesulitan untuk mendapatkan rumah sakit hewan yang masih buka pada jam itu di malam hari itu. Setelah berupaya keras, seorang dokter hewan dengan enggan menjawab permohonanNya. Namun demikian, tidak lama sesudahnya, hewan yang malang itu mendatangi Guru dalam meditasiNya untuk mengatakan,"Selamat tinggal, mama." Guru kemudian memeriksanya dengan dokter itu dan menemukan bahwa hewan itu baru saja meninggal. 

Dari kisah-kisah ini, kita dapat melihat bahwa hewan-hewan adakalanya lebih tinggi tingkat rohaninya daripada kita. Mereka belajar memberikan dan menerima cinta kasih jauh lebih cepat daripada banyak orang, seperti anjing yang menyambut kami di Center Florida. Setiap mereka adalah bagian dari kita, hanya dalam rupa yang berbeda, dan dapat mengajarkan kita tentang cinta kasih dalam berbagai cara yang agung.

Catatan: Pada suatu malam, para murid yang menetap di Center Florida menemukan seekor anjing yang tersesat di Center itu. Karena dia terlihat kurus-kering, dan penuh kutu dan sakit parah, mereka mengatur agar dia dapat tinggal sementara di pondok yang ada di pekarangan Center dan membawanya ke dokter hewan pada keesokan harinya. Sejak saat itu, melalui perawatan yang penuh perhatian dari para murid di sana, anjing itu telah menjadi sehat kembali dan diberi nama "Smiley."

Sesungguhnya, anjing-anjing dan kucing-kucing datang dan pergi sepanjang waktu di Center itu. Ada sesuatu dari tempat itu yang menarik mereka. Kebanyakan, mereka datang bilamana mereka terluka atau kekurangan gizi. Para murid di sana pertama-tama akan merawat mereka sehingga sehat kembali, kemudian berusaha sebaik-baiknya untuk menemukan pemilik asli dari hewan-hewan itu dengan memasang selebaran, menanyakan kepada dokter-dokter hewan setempat, para tetangga, dll. Jika pemiliknya tidak ditemukan, maka para murid di sana akan mencarikan rumah yang baik bagi mereka, lagi-lagi, dengan memasang selebaran di area itu, memasang iklan di koran-koran, dll. 
 
 
 
 

Inspirasi dari Memelihara Ikan 

Oleh saudari inisiat Elsie Chung, Kuala Lumpur, Malaysia (Asal dalam Bahasa Inggris)

Dari semua hobi, memelihara ikan adalah hal yang rasanya paling tidak mungkin terjadi pada diri saya, jadi saya tidak tahu bagaimana gagasan ini muncul di kepala saya. Tetapi ketika hal itu terjadi, saya berpikir bahwa itu sesuatu yang baik, dan saya membeli beberapa ikan tropis untuk pengisi waktu saya. Saya tidak menyadarinya pada saat itu, bahwa hal itu dapat memunculkan sebuah pengalaman yang mencerahkan.

Saya beritahukan bahwa memulai sebagai pemelihara ikan amatir adalah tantangan, tetapi melalui banyak ujicoba, akhirnya saya berhasil. Sekarang, bilamana saya melihat ikan-ikan saya dalam akuarium, mereka seringkali berenang berkelompok dengan spesies mereka, tampak senang mengejar satu dengan lainnya dan bermain-main dalam air, dan bayangkan, mereka bahkan menyambut tangan yang memberikan makanan kepada mereka! Bila malam tiba, mereka beristirahat pada batu-batu koral di dasar akuarium, sungguh-sungguh melupakan sekitarnya. Teringat oleh saya bahwa ikan juga hidup dalam kelompok-kelompok meskipun mereka termasuk ke dalam spesies yang lebih kecil dalam kerajaan hewan. Mereka berkembang biak, mereka bergaul, mereka menyatakan kasih sayang yang khusus, mereka bergerak dalam iring-iringan, mereka mempunyai perasaan, dan mereka bahkan tidur. 

Saya tidak pernah membaca buku tentang ikan dan mempunyai sedikit pengetahuan saja tentang kehidupan mereka. Bagi saya, dulunya ikan hanyalah sebuah item di meja makan. Bagaimanapun juga, kita telah diajarkan dari generasi ke generasi bahwa ikan hanyalah sesuatu untuk dimakan. Meskipun saya tidak lagi memakan ikan demi pengembangan spiritual setelah diinisiasi oleh Guru tujuh tahun yang lalu, konsep ini tetap tertanam di benak saya. Namun demikian, setelah beberapa lama memelihara ikan, saya sekarang memahami bagaimana gagasan mengenai hobi ini dapat muncul. Dengan berkah Guru, hal ini menjadi suatu cara untuk membersihkan akar kesalahpahaman dan kedunguan saya.

Kini, setiap hari, bilamana saya melihat ikan-ikan peliharaan saya berenang dalam akuarium mereka, saya menyadari bahwa hanya ada sedikit perbedaan antara manusia dan ikan. Kita mengikuti pola kehidupan yang sama dengan ikan, hanya dalam bentuk yang berbeda. Kita "berenang" dalam ruang yang lebih besar, dimana rutinitas kehidupan adalah normanya, batasannya adalah batas-batas batas fisik rumah, dan keberadaan fisik adalah sementara.

Memelihara ikan sebagai hewan peliharaan juga menolong saya menyadari bahwa, seperti manusia, hewan-hewan juga memiliki hak untuk hidup. Keberadaan mereka tidak seharusnya diabaikan. Sebagai yang tertinggi di antara semua ciptaan, manusia harus memperlakukan hewan-hewan dengan kebaikan. Hanya dengan melindungi semua kehidupan di planet ini barulah kita dapat sungguh-sungguh memberikan kontribusi kepada perdamaian dunia. 
 
 

Hadiah Kasih – Sebuah Cerita tentang Tokek Kecil 

Oleh saudari inisiat Chi-ai, Taipei, Formosa

Pada suatu hari, sepasang tokek  datang ke rumahku . Mereka tidak hanya membuatku  kaget dengan berlari-lari disekitar rumah , tapi juga menggangguku dengan kotoran mereka dimana-mana. Tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan, aku harus membersihkan kotoran mereka setiap hari. Pada awalnya aku agak marah dan tidak sabar, tapi tidak dapat mengeluarkan mereka seperti nyamuk yang kutangkap dalam cangkir dan melepaskan mereka di luar.  Karena itu aku membiarkan mereka tinggal.

Tokek bergerak sangat cepat , dan mereka memutuskan menjadi tamuku tanpa perduli apakah mereka diterima dengan senang hati atau tidak.  Tentu saja, aku tidak hanya menerima mereka secara gratis, tapi juga memperlakukan mereka sebagai tamu terhormat.  Hal ini mengingatkanku akan latihan Quan Yin,  yang juga bebas biaya. Karena itu aku tersenyum dengan pengertian.  Pada saat yang sama, aku menyadari bahwa aku harus memperlakukan mereka seperti anakku sendiri dengan menunjukkan kasih dan kesabaran, seperti  ketika Guru memperlakukan kita, anak-anakNya.  Berangsur-angsur, aku menemukan bahwa tokek sangat menyenangkan, cantik dan ramah! Ketika aku memutar kaset Guru, mereka selalu seksama mendengarkan dan sangat menikmatinya sehingga mereka tetap diam tak bergerak sepanjang waktu.

Ketika aku mencoba untuk berkomunikasi dengan mereka dengan kasih dan kesabaran, mereka mengerti. Misalnya , aku meminta mereka untuk meninggalkan sisa kotoran mereka di atas selembar kertas yang kupersiapkan alih-alih di mana-mana di dalam rumah.  Sungguh heran, mereka memenuhi permintaanku! Mulai dari itu, aku tambah menyukai mereka.  Mereka tidak hanya dapat merasakan kasihku, tapi juga mengenali suaraku, menyambut aku dengan suara “dada”. Mereka sangat manis! Dengan cara ini kami berkomunikasi dengan sangat baik, tanpa saling menakuti satu dengan lainnya. 

Kemudian pada suatu hari, salah satu tokek kecil menderita sakit, dan aku sangat khawatir ketika kulihat dia bernafas terengah-engah.  Satu hal yang terpikir olehku adalah meletakkannya di atas meja di depan foto Guru sambil memutar kaset Guru (Nyanyian Budha)  Tokek kecil itu dengan asyik melihat foto Guru seakan-akan dia mengenalNya.  Setelah beberapa waktu, dia benar-benar sembuh! Berlari dan melompat lagi, dia menghilang dalam sekejap.

Guru sungguh berada dimana-mana dan mahakuasa,  menjaga semua makhluk hidup dan menyatu dengan mereka. Beberapa waktu kemudian, ibu tokek meninggal. Dia sangat pandai dalam memilih tempat terbaik untuk pergi, dia  meninggal diam-diam di atas lantai di depan sebuah foto besar Guru . Dia pasti mengetahui bahwa Guru akan menjaganya. Biasanya, tokek suka beristirahat di belakang  foto Guru atau bingkai kayu lukisan Guru. Mereka pasti dapat merasakan kasih dan getaran  dari seorang Guru yang hidup. Mereka  adalah teman hewan yang pandai dan menyenangkan!

Sejak tokek generasi pertama tinggal di rumahku, sudah lahir lagi dua generasi.  Hal yang sangat mengagumkan adalah mereka mengajarkan  bayi tokek yang baru lahir , dimana “toilet” berada, dan hal ini membuatku benar-benar tertawa! Dari dasar hatiku, aku berterima kasih pada tokek-tokek yang menyenangkan ini yang telah mendatangkan banyak kebahagiaan dan mengajarkanku kasih dan kesabaran.  Sekarang aku memiliki pengertian yang lebih mendalam bahwa “kasih” tidak hanya berarti menyelesaikan rintangan di antara manusia, tapi juga menunjukkan keharmonisan dalam hidup berdampingan di antara manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan semua makhluk di alam semesta.  Terima kasih, Guru, untuk mengajari kami pelajaran berharga melalui semua yang ada di sekitar kami. Bagiku, ini adalah pelajaran terbaik dan hadiah kasih. 
 
 

Seekor Anjing yang Tidak Dapat Kulupakan

Oleh saudara inisiat dari Cina Daratan

Dari Pebruari 1953 sampai musim gugur  1959, keluargaku memiliki seekor anjing bernama Blackie. Dia besar dan kekar, mempunyai bulu hitam yang panjang, dan seperti singa galak, maka orang tidak berani mendekat ketika dia duduk di depan rumah kami. Anjing-anjing lain juga takut padanya. Walaupun dia terlihat galak, dia ramah kepada semua tamu kami, dan selalu mengibaskan ekornya pada mereka. Anda tidak dapat menilai Blackie dari penampilannya.

Sebenarnya, Blackie seekor anjing yang baik. Dia tidak pernah berkelahi dengan anjing lainnya, dan tidak pernah menggigit orang atau mengganggu hewan–hewan kecil. Semua keluarga kami sangat mencintainya, dan memperlakukannya sebagai salah satu anggota keluarga kami. Setelah dia meninggal, Ayahku sangat sedih dan berkata, “ Blackie sangat pintar dan menyenangkan, dan juga dapat berjalan beberapa langkah sambil berdiri diatas kaki belakangnya."

Selama Blackie tinggal bersama kami,  Aku pernah sekali menghukumnya ketika dia masih anak anjing karena merangkak ke dalam kompor. Tetapi dia tidak pernah mengulangi kesalahannya lagi, dan menjadi salah satu teman baikku.  Dia mengenal baik jalan yang kulewati untuk menuju rumah, dan kadang-kadang ketika Aku kembali setelah jam sembilan malam, dia akan berlari sejauh empat atau lima kilometer untuk menemuiku.  Suatu kali dia datang dan tiba-tiba melompat ke arahku, dan mengejutkan karena aku tidak  memperhatikan dia mendekat.  Kemudian dia berdiri tegak, memegangku dengan tangannya dan menciumku berkali-kali. Aku memberikan dia sejumlah makanan enak dan memberitahunya bahwa dia tidak boleh menemuiku dengan cara seperti ini, dan dia tidak pernah melakukannya setelah itu.  Alih-alih, dia akan memberitahukanku  kehadirannya kepadaku dengan berlari melingkar. Setiap kali aku pergi ke luar,  dia berjalan bersamaku sekitar limabelas kilometer, dan menolak kembali ketika aku memerintahkannya. Kemudian aku memberinya makanan dan dengan antusias mencoba membujuknya untuk pergi, setelah itu dia akan kembali dengan segan, melihat ke belakang kepadaku lagi dan lagi. Aku khawatir akan keselamatannya karena di sana banyak lalu lintas di jalan.

Sungguh kasihan, Blackie hidup di waktu sulit dan mengalami banyak  kejadian yang menyedihkan. Pada musim semi tahun 1959, Cina Daratan menderita kelaparan hebat, yang menyebabkan kekurangan makanan yang gawat. Banyak keluarga kelaparan, dan hanya makan satu kali dan selanjutnya tidak ada makanan lagi untuk mereka.  Blackie, yang telah tinggal beberapa tahun di rumah kami, menunjukkan karakter baik selama periode ini dan mengetahui bahwa pada saat itu bukan waktu yang tepat untuk minta dimanja.  Tidak seperti  sikap sebelumnya, dia tidak akan menyentuh sisa makanan yang diletakkan didekatnya kecuali dia diberitahu untuk memakannya.  Ketika keluarga duduk di sekeliling meja makan kecil yang rendah, dia akan berdiri tenang, melihat kami makan.  Walaupun mulutnya berliur, dia tetap tidak menyerbu meja untuk mendapatkan makanan. Anjing lain  mungkin akan melahap dengan cepat makanan apapun yang jatuh ke lantai, tapi tidak dengan Blackie.  Dia begitu pengertian, sehingga menyentuh perasaan orang tuaku.  Tidak perduli betapa laparnya dia, dia tidak pernah makan sesuatu yang tidak boleh dimakannya. Dia sangat jujur dan setia kepada  tuannya yang ditimpa kemiskinan.

Melihat Blackie menjadi kurus dan kekuatannya melemah setiap hari, orangtuaku dapat merasakan penderitaannya. Mereka mengirim dia ke keluarga lain yang lebih baik daripada kami, maka dia tidak perlu menderita bersama kami. Tapi Blackie yang tersayang merindukan kami dan menolak untuk makan atau minum apapun di sana.  Tak lama kemudian dia datang kembali sendiri. Blackie adalah contoh hidup dari pribahasa Cina yang mengatakan “ Seekor anjing tidak meninggalkan tuannya yang miskin” dan dia hidup bersama kami melewati masa-masa yang sukar.

Untuk membebaskan keluarga dari kemiskinan dan ancaman kematian, ayahku meninggalkan kota kami Jiaodong untuk mencoba mencari nafkah jauh ke arah Barat Laut. Ketika dia meninggalkan rumah dengan sebuah tas besar di bahunya, Blackie tahu bahwa itu akan merupakan perjalanan jauh untuk ayah. Dengan sedih, dia mengikuti dari belakang ketika ayah meninggalkan rumah kami, dan ayah mencoba untuk menyuruhnya kembali, tapi dia memaksa untuk terus. Hanya kali ini dia tidak mematuhi kami.

Ayah kemudian meninggalkan kota bersama Blackie, yang mengikutinya sepanjang jalan ke stasiun bis dimana  terdapat banyak bis yang menuju ke kota lain.  Ayah tidak mau melihat Blackie tak berdaya karena bersedih dan memintanya untuk kembali, dia bahkan berteriak padanya, tapi Blackie tidak mau pergi. Ketika ayah masuk ke dalam bis, dia pikir Blacke tidak akan dapat mengikutinya,  karena dia sudah sangat lemah. Jaraknya lebih dari tiga puluh kilometer dari kota kami dan jalannya diratakan dengan batupasir. Namun, benar-benar diluar dugaan ayah, ketika dia turun dari bis bersama dengan kopernya, di sana ada Blackie! Ayah tidak dapat menahan air matanya. Blackie sangat setia! Ketika ayah mengulurkan tangannya dan Blackie meletakkan kakinya ke dalam tangannya, dia menemukan bahwa kaki Blackie berdarah karena mengejar bis begitu jauh!

Ketika sedang menunggu kereta api yang akan dinaikinya, ayah memberitahu Blackie untuk menjaga kopernya ketika dia pergi ke sebuah toko dekat situ untuk membeli dua buah kue kismis panggang. Ketika ayah menyuapi kue itu pada Blackie, dia memperhatikan bahwa Blackie telah menjadi tua dan tinggal  mempunyai beberapa gigi.  Ayah kemudian memotong kue dan dengan sedih menyuapi Blackie, yang juga sangat sedih dan dia menangis juga. Setelah kereta api ayah tiba, Blackie tidak dapat mengikuti ayah lagi, dan dengan sedih kembali ke rumah.

Bencana  kelaparan menjadi semakin buruk, dan sementara ayah mengalami masa sulit untuk mengurus keluarga kami. Biar bagaimanapun, Blackie tetap bersama kami.  Kemudian, suatu hari di musim gugur tahun 1959, Blackie mati kelaparan dekat sebuah lubang di depan pintu kami. Ketika mendengar berita kematian Blackie, ayah segera pulang ke rumah dan menguburkan Blackie di bawah sebuah pohon ailanthus altissima (biasanya disebut sebagai “Pohon Surga”) , dan kami berharap bahwa Blackie akan selamanya naik ke Surga bersama dengan pohon itu! Pada saat itu, kemiskinan dan kelaparan telah mengambil banyak nyawa, dan kematian Blackie hanya merupakan urusan kecil dalam pikiran orang banyak. Tapi Blackie adalah anggota keluarga terbaik dalam keluarga kami yang miskin. Dia dengan setia menjaga kami dan meninggalkan ingatan yang tak terlupakan bagi setiap orang. Kami menghargai sifatnya yang mulia, terutama pada masa kelaparan yang terburuk, karena dia tidak pernah meminta makanan!

Semua ini terjadi ketika aku masih muda dan telah memberikanku pandangan mendalam tentang sifat kehidupan. Sebagai manusia, yang seharusnya menjadi anggota makhluk termulia, kita tidak lebih baik dari anjing jika kita gagal untuk mengerti perlunya untuk berbuat dengan kesetiaan dan kasih sayang. Sebagaimana Guru berkata, setiap ciptaan Tuhan memiliki nilainya sendiri, dan nilai Blackie di luar kata-kata.  Ketika aku mengingat cerita ini, aku dapat melihat kembali bagaimana sedihnya orangtuaku pada saat kematian Blackie.  Mereka masih merindukan Blackie, mengetahui betapa banyak mereka berhutang padanya. Orangtuaku sering mengingatkan kami melalui cerita tentang Blackie: Tidak perduli bagaimana susahnya kehidupan, kami harus berdiri tegak dan hidup dengan jujur. Itulah pelajaran yang kami pelajari dari Blackie.
 
 


Kasih dalam Tindakan

Laporan dari Jakarta, Indonesia

Mengunjungi Panti Jompo 

(Asal dalam Bahasa Inggris)

Pada hari Sabtu, 11 Mei 2002, para inisiat dari Center Jakarta mengunjungi panti jompo di pinggiran kota Jakarta, dimana kami mendapat sambutan yang antusias dan hangat dari para penghuni panti tersebut. Kami menghibur mereka dengan bernyanyi dan menari bersama, dan membagikan hadiah-hadiah dan buku-buku contoh. Mereka senang menerima buku-buku contoh tersebut, dan beberapa meminta tambahan beberapa buku lagi untuk teman-teman dan sanak keluarga mereka. Seseorang menanyakan siapakah wanita cantik dalam buku contoh itu!

Kami pulang dengan perasaan gembira dan bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan untuk berbagi kegembiraan dengan mereka yang berusia lanjut. 
 
 

Laporan dari Hsinchu, Formosa 

Perhatian kepada Para Cacat Mental 

Pada malam menjelang Hari Ibu, 2002, Center Hsinchu dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengadakan kegiatan bagi anak-anak cacat mental di Pusat Pendidikan Khusus St. Joseph di kota Hsinchu. Maksud dari kegiatan ini, yang dinamakan "Berbagi Kasih Ibunda--Perhatian bagi Para Cacat Mental," adalah untuk menyampaikan cinta dan perhatian dari Guru kepada saudara dan saudari kita yang cacat.

Pusat Pendidikan Khusus St. Joseph adalah organisasi kesejahteraan sosial pertama yang didirikan di Hsinchu, khusus bagi orang-orang yang menderita cacat mental tingkat menengah sampai tingkat serius. Karena kapasitas Pusat Pendidikan yang hampir penuh dan meningkatnya fokus dari pihak yang berwenang terhadap pendidikan khusus bagi individu yang berusia enam sampai lima belas tahun, maka Pusat Pendidikan St. Joseph merencanakan untuk membangun kampus lain di Lungshan yang dinamakan "Taman Harapan." Pusat pendidikan ini akan memberikan kesempatan yang lebih besar  kepada anak-anak berusia sekolah untuk mendapatkan pendidikan khusus.

Pada pagi hari, tanggal 9 Mei 2002, rekan-rekan praktisi datang ke Pusat Pendidikan St. Joseph dengan sejumlah besar makanan, mainan dan pakaian, dan sumbangan yang telah diatur sebelumnya. Setelah diterima dengan hangat oleh para staf, pertama-tama kami menonton film singkat yang memperkenalkan fungsi dari Pusat Pendidikan ini dan metode pengajaran yang digunakannya. Kemudian kami diajak mengelilingi berbagai fasilitas dan ruang kelas, dan mengamati murid-murid dan guru-guru yang sedang menjalankan kegiatannya. Akhirnya, saat kami membagikan hadiah kasih kami kepada murid-murid berusia muda ini, Pusat Pendidikan ini diresapi oleh suasana hangat dan penuh syukur. Kami berharap bahwa tindakan kasih kami akan menjadi contoh dan mengobarkan belas kasih dalam hati penduduk setempat, supaya saudara-saudari kita yang malang ini mendapatkan perhatian dan perlakuan yang lebih baik di masa mendatang.


foto:"love2-135Laporan dari Tainan, Formosa



 

Seminar tentang Spiritualitas dan Kesehatan

Pada tanggal 25 April 2002, para anggota dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai sekali lagi berkunjung ke Penjara Tainan untuk menyampaikan ceramah tentang spiritualitas dan kesehatan. Temanya adalah "Energi Gelombang dan Revolusi Kesehatan" yang dibawakan oleh inisiat Dokter Mei.

Selain memberikan informasi terkini tentang nutrisi, Saudara Mei membagikan pengalamannya kepada para penghuni penjara. Saudara Mei pernah mengidap kanker, tetapi menjadi sembuh dengan mengikuti diet vegetarian yang tepat. Dia memberikan penjelasan yang tajam dan ilmiah tentang hubungan antara diet, kesehatan dan spiritualitas. Perkataannya yang menarik dan penuh humor sangat menarik perhatian para penjarawan, yang mulai menyadari bahwa kita dapat mengubah hidup kita jika kita mengubah diet dan cara berpikir kita. 


foto - love4-1-135: Kepala Seksi Pendidikan Huang dari Penjara Tainan menyambut para anggota Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai dan memuji mereka atas perhatian mereka terhadap rekan-rekan penjarawan. 
love4-2-135:Saudara Mei mendemonstrasikan bagaimana cara mengukur energi gelombang dengan menggunakan tangan untuk menentukan kondisi kesehatan seseorang. Para penjarawan menanggapinya dengan konsentrasi aktif.



Tabel 1: Pengeluaran untuk Kegiatan Amal di Formosa selama bulan Maret dan April 2002


Tempat
Tanggal
Keterangan
Jumlah
(NT$)
Tambahan
Taoyuan
14.03.2002
Seminar peningkatan-rohani, acara budaya dan rekreasi dan petunjuk meditasi untuk penjarawan di Rutan Taoyuan (didukung oleh rekan-rekan praktisi)
0
Taipei
21.03.2002
Fasilitas penerangan-malam di Sekolah Menengah Pertama Municipal Lungshan  (9 Maret s/d 8 Juni)
30.000
A
Kaosiong
27.03.2002
Seminar peningkatan-rohani dan petunjuk instruksi untuk penjarawan di Rutan Anak-Anak Kaohsiung (didukung oleh rekan-rekan praktisi)
0
Tainan
27.03.2002
Seminar peningkatan-rohani dan petunjuk instruksi untuk penjarawan di Rutan Mingte Outdoor Tainan (didukung oleh rekan-rekan praktisi)
0
Tainan
28.03.2002
Seminar peningkatan-rohani dan petunjuk instruksi untuk penjarawan di Rutan Tainan (didukung oleh rekan-rekan praktisi)
0
Hsinchu
31.03.2002
Sumbangan untuk dana pengembangan Palang Merah Taiwan, Cabang Hsinchu, untuk program pelatihan dasar pada pertolongan pertama untuk rekan-rekan praktisi dari Hsinchu
10.000
B
Tainan
25.04.2002
Seminar peningkatan-rohani dan kesehatan untuk penjarawan di Rutan Tainan (didukung oleh rekan-rekan praktisi)
0
Total:
NT$40.000

Table 2: Pengeluaran untuk Bantuan bagi Keluarga Miskin di Formosa, selama Maret dan April 2002
Maret 2002
April 2002
Tempat t
Jumlah Keluarga
Jumlah
(NT$)
Jumlah Keluarga
Jumlah
(NT$)

Tambahan 

Keelung
1
2.000
1
2.000
1
Taipei
8
21.000
8
18.000
2
Taoyuan
1
2.000
1
2.000
3
Hsinchu
2
6.000
2
6.000
4
Taichung
8
26.000
8
26.000
5
Nantou
6
23.000
6
23.000
6
Chiayi
3
8.000
3
8.000
7
Tainan
1
4.000
1
4.000
8
Kaoping
4
12.000
4
12.000
9
Taitung
2
6.000
3
8.000
10
Subtotal
36
NT$110.000
37
NT$109.000
Total: NT219.000

Pengeluaran untuk kegiatan amal dan dana bantuan di Formosa untuk bulan Maret dan April 2002, seperti terlihat pada Tabel 1 dan 2, total  NT$259.000 (kira-kira US$7.400).

 

Surat Penghargaan

Dari Keluarga salah satu anggota Pemadam Kebakaran (FDNY) korban Peristiwa New York 911 

(Asal dalam Bahasa Inggris)

 


Maha Guru Ching Hai terkasih,

Si-kecil Patrick dan saya sangat menghargai hadiah untuk bayi yang bermakna dari Anda. Kupon hadiah dari Toys R Us sungguh istimewa. Kami berterima kasih.

Begitu si-kecil Patrick tumbuh besar, saya akan ceritakan kisah-kisah yang menyentuh dan mendalam mengenai betapa besarnya dukungan dari banyak orang yang luar biasa, selama masa yang paling sulit ini.

Saya bersyukur dari dasar kalbu dan saya tahu bahwa ayah si-kecil Patrick bersyukur pula pada Anda.

Hormat saya,
Irene Lyons


Catatan: Letnan Patrick Lyons, FDNY, Skuadron 252, Brooklyn, NY, dinyatakan tewas pada tanggal 11 September 2001. Anaknya lahir tanggal 7 Oktober 2001 dan dinamai Patrick untuk mengenang ayahnya. Lihat majalah News No. 127 dan 129 untuk laporan dan tanda terima yang berkaitan.

foto:tk1-135
 
 
 
 

Surat Penghargaan

Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai telah menerima banyak surat penghargaan dari perpustakaan di seluruh Amerika Serikat atas hadiah berupa buku musik Satu Dunia… yang damai melalui musik

Buku setebal 216 halaman itu menawarkan para pembacanya untuk menghidupkan kembali keajaiban yang memikat hati dari konser tahun 1998 berjudul sama, melalui lirik-lirik indah Maha Guru Ching Hai, grafik warna-warni, not piano dan komentar serta biografi para artis yang ikut berpartisipasi. Sungguh suatu buku yang tak ternilai untuk dinikmati bersama seluruh pecinta musik dan puisi. Beberapa bulan lalu, ratusan perpustakaan umum, pribadi dan universitas seluruh Amerika Serikat telah menyertakan buku tersebut dalam koleksi berharga mereka. Puisi Maha Guru Ching Hai yang artistik akan menyentuh jutaan pembaca melalui teks ini, yang kini tersedia di hampir seluruh sistem perpustakaan di negara itu.

Berikut adalah beberapa universitas yang perpustakaannya sudah menghubungi kami: Universitas California di Santa Barbara, Universitas Wyoming, Universitas Colorado di Boulder, Universitas Illinois bagian Timur, Universitas Indiana, Universitas Negeri Kent, Universitas Negeri Missouri Tengah dan Universitas Tengah Utara; Perpustakaan Umum Kecamatan Orange di California juga mengirim surat. Di bawah ini adalah surat dari Perpustakaan Universitas Stanford (Asal dalam Bahasa Inggris).


foto tk2-e-135, tk2-e2-135





Antara Guru dan Murid-Murid 

Di atas Es Tipis

Oleh seorang murid biara dari Hsihu, Formosa

Sewaktu bekerja di sisi Guru pada masa-masa awal, kami seringkali mengamati Beliau melakukan beban kerja berat dan bekerja dalam tekanan besar. Untuk senantiasa mengikuti Beliau, kami para murid harus selalu terfokus pada pekerjaan kami setiap waktu. Walaupun begitu, kami hanya sanggup bekerja bergantian untuk mengatasi beban kerja Guru yang amat besar. 

Ketika berada di sisi Guru, saya fokus dan tenang karena beginilah cara Beliau sendiri bekerja. Getaran Beliau menciptakan suatu suasana yang santai, tenang dan damai, dan secara alami membantu orang untuk berkonsentrasi pada mata kebijaksanaan. Kami jadinya mampu berpikir secara tajam dan bertindak cepat sewaktu bekerja bersama Beliau. Tapi waktu kami jauh dari Guru, kemampuan ini perlahan-lahan sirna, dan kami kembali pada diri kami dulu yang malas, tidak fokus. Dari pengalaman-pengalaman ini, saya kini mengerti tujuan yang harus selalu saya perjuangkan.

Di jalan rohani, kita menuai apa yang kita tanam. Kata “beruntung” tak ada pada kamus kita. Suatu hari, Guru mengajari saya betapa pentingnya untuk giat dan serius pada latihan rohani kita dan tidak bergantung pada keberuntungan. Pada hari itu, Beliau mengundang saya ke kabin-Nya. Guru sedang makan, dan mengajak saya makan bersama-Nya. Sewaktu kami makan dan berbincang, percakapan kami sampai pada seorang saudara inisiat yang pernah bercerita pada kami bahwa ia telah benar-benar melenyapkan rasa iri hati, bersamaan dengan kepahitan, kemarahan dan segala emosi negatif lain yang menyertainya. Saya berpikir betapa mengagumkannya hal itu, dan sangat mengaguminya! Saya sendiri selalu merupakan orang yang cemburuan semenjak kecil, dan ingin bebas dari sifat ini, tapi selalu saja gagal dalam upaya saya. Sembari mengagumi saudara ini akan kesanggupannya memecahkan ikatan ini, saya juga merasa sedih bagi diri sendiri..

Tapi Guru tidak setuju dengan saya. Saya terkejut dan bingung. Lalu Guru berkata, “Hanya berhasil mengalahkan satu musuh saja, dia  berdiri dan kesenangan, dan di menit berikutnya, dia tertembak oleh peluru lain”. Apa yang Guru maksudkan adalah bahwa saudara itu terlalu puas diri dan karenanya akan kehilangan kewaspadaannya. Sebagai hasilnya, tanpa disadari ia akan segera mengembangkan sifat lain yang tak diharapkan. Saya terhenyak sesaat, tapi lalu menyadari bahwa walaupun jika saya berjuang keras untuk mengatasi diri saya sendiri, saya perlu berlatih untuk senantiasa waspada, bagaikan melangkah di atas es tipis. Saya tidak bisa berpuas diri atau mengendorkan kesiagaan. 

Analogi yang dikemukakan Guru ini menyadarkan saya bahwa melakukan latihan rohani di dunia ini sama dengan bertempur di garis depan suatu peperangan. Bisa tidaknya kita melindungi semangat batin kita dan dengan giat memperbaiki sifat kita tergantung pada kesungguhan kita, menuntut diri kita sendiri. Di kala itu, kesalahan konsepsi saya yang paling besar adalah menganggap bahwa berjaga artinya selalu tegang secara fisik dan mental. Tentu saja saya amat lelah akibat tegang begitu, maka saya heran kapankah saya bisa bersantai barang sejenak. Saya tanyakan Guru, “Lalu kapankah peperangan itu berakhir?” Guru mengangguk dan menjawab, “Akan! Akan! Ia akan berakhir saat kita mati."

Jawaban Guru mengingatkan saya betapa menuntut-Nya Beliau pada diri-Nya sendiri. Suatu hari Guru menjumpai sekelompok murid dan kemudian Beliau menanyai saya, “Saya menjawab si-anu begini hari ini. Apakah saya terlalu keras padanya?” Saya bingung, berpikir, “Segala yang dilakukan Guru selalu sempurna. Mengapa Beliau menanyakan pendapat saya?” Salah satu alasan Guru begitu sempurna adalah bahwa Beliau keras pada diri-Nya sendiri dan selalu melakukan introspeksi. Beliau seringkali mengingatkan kita untuk berpikir tiga kali sebelum bertindak, dan menahan lidah kita tujuh kali sebelum berbicara. Bukan saja kita harus berpikir dan merencanakan dengan baik sebelum mengambil tindakan, tapi juga memeriksa diri kita sendiri setelahnya. Guru sungguh melakukan apa yang Beliau katakan. Hanya sedikit kata-kata Guru ini punya pengaruh besar pada saya, dan bahkan sekarang ini, saya masih merasakan manfaatnya.
 
 
 
 

Kemampuan Guru yang Tak Terukur 

Oleh seorang murid biara dari Hsihu, Formosa

Saya pernah mendengar dari pembantu-pembantu Guru bahwa Beliau membaca dokumen dengan sangat cepat, dan berpikir bahwa ini amat luar biasa! Belakangan saya dapat kesempatan menyaksikan sendiri. Suatu hari saya menyerahkan sebuah laporan yang agak panjang kepada Guru dan kemudian kembali ke kantor saya yang berdekatan. Begitu saya melangkah masuk kantor, saya diberitahu bahwa Guru telah membacanya dan memberikan perintah-Nya, jadi saya harus mengambilnya. Guru bukan saja membaca dengan cepat dan menyeluruh, tapi juga ingat akan setiap kata yang dibaca-Nya. Lama setelah itu, waktu Guru bicara mengenai rincian pada laporan itu, Beliau masih mengingatnya dengan tepat, seakan Beliau membaca dihadapan-Nya!

Pada kesempatan-kesempatan lain, waktu saya bicara dengan Guru melalui telepon, Beliau sudah tahu apa yang ada di pikiran saya sebelum saya sempat menceritakan Beliau pikiran saya. Suatu kali, sebagai contoh, Beliau meminta saya mencatat sesuatu dan saya menuliskan kata yang salah. Saya heran bahwa Guru tahu kesalahan saya di ujung lain dari telpon, dan segera memberitahu saya kata yang benar, seakan Beliau berdiri di sebelah saya mengawasi saya menulis! 
 
 
 
 

Pelajaran dari Ginseng

Oleh seorang murid biara dari Hsihu, Formosa

Di tahun 1992, Guru mengunjungi Filipina untuk berjumpa dengan yang-kemudian-menjadi-Presiden Corazon Aquino mengenai masa depan pengungsi Aulac di negara itu. Kebetulan sekali, Ibu Negara sebelumnya Imelda Marcos memberikan pidato di hotel dimana Guru menginap. Guru mengundangnya ke kamar-Nya, secara pribadi menaruh sebuah penutup yang bersih di sofa untuk Ibu Marcos duduk, dan berterima kasih atas perlakuan baiknya kepada para pengungsi. 

Pada waktu itu, karena beban kerja Guru yang berlebih dalam membantu para pengungsi, Beliau kelelahan secara fisik. Sebagai pembantu Beliau, saya membawa hanya sepotong ginseng putih yang bagus, dan berpikir bahwa minuman panas dengan beberapa potong ginseng akan bisa menyegarkan Guru kembali. Tapi ketika saya lihat bahwa Ibu Marcos hampir kehilangan suaranya dan tampak lelah setelah pidato, saya kira ia juga perlu teh ginseng. Pada pemikiran kedua, saya buang gagasan itu, berpikir, “Tidak! Guru harus mengurus banyak sekali makhluk hidup, dan bekerja keras tiap hari hampir-hampir tanpa istirahat. Beliau lebih memerlukan ginseng itu."

Baru saya berpikir begini, Guru mendadak memberitahu saya untuk mengambil ginseng itu, tepatnya, ginseng putih kami yang paling berharga. Saya terkejut dan segera mengambil ginseng itu. Ketika Guru memberikan ginseng itu pada Ibu Marcos, Beliau menjelaskan dengan rinci tentang betapa bagusnya ginseng tersebut dan bagaimana menyeduhnya. Ibu Marcos tersenyum dengan tulus dan polos, dan segala keletihannya tampak lenyap. Insiden ini menunjukkan bahwa kekuatan kasih Guru sungguh luar biasa, dan bisa memulihkan orang kembali dengan segera. 

Setelah Ibu Marcos pergi, Guru memberitahu saya dengan tersenyum bahwa Beliau mengambil gagasan itu dari saya dan berpikir bahwa hal itu baik. Itu membuktikan bahwa Guru bisa secara alami menerima gagasan apapun yang muncul di benak kita. Kekuatan dan tingkat rohani Guru yang tak terbayangkan berada diluar jangkauan imajinasi manusia!

Peristiwa ini memberikan suatu pelajaran yang sangat efektif bagi saya dalam berlatih rohani. Setiap kali saya berpikir bahwa Guru dapat mengetahui pikiran saya yang tidak murni, saya rasakan keringat dingin keluar. Bertahun-tahun sesudahnya, untuk meningkatkan latihan rohani dan memurnikan diri saya, saya telah berusaha menjaga pikiran saya selalu murni dan terjaga.


Puisi Abadi 

Kenangan yang Hilang – sebuah Koleksi Syair Abadi!

Oleh saudari inisiat Kellina Hsiung, Tainan, Formosa

Bagi banyak orang, pengalaman cinta atau mesra sering menimbulkan penyesalan, perasaan dan kenangan yang menyentuh bagi para kekasih, atau bahkan trauma batin yang menyakitkan, yang sulit untuk diungkapkan keluar. Saat berhadapan dengan ujian dalam percintaan, hati sering dipenuhi dengan kebahagiaan tak terlukiskan, perjuangan emosional, debat rasional, harapan romantis, dan harapan sepenuhnya untuk dimengerti oleh sang kekasih. Intrik-intrik paradoksal dalam kedewasaan hati dilukiskan secara lugas dan indah dalam koleksi syair Kenangan yang Hilang Maha Guru Ching Hai. Bunga rampai yang indah dan menyentuh ini merupakan catatan yang jujur dari pencarian Guru akan kasih sejati.

Seperti setiap orang, Guru harus menjalani banyak rangkaian pelajaran dalam masa muda-Nya, dan dalam koleksi ini, Beliau menggunakan syair yang sederhana namun sungguh menyentuh untuk melukiskan setiap langkah perjalanan-Nya. Dalam syair seperti “Sejak Aku Mencintaimu” Beliau menggambarkan kecemasan dan ketakutan-Nya; dalam “Jikalau” dan “Sebelum dan Setelah Aku Berjumpa Dirimu” harapan-Nya mengenai cinta; dalam “Ketika Engkau Menciumku Pagi Ini”, “Bintang HatiKu” dan “Sebelum dan Setelah Aku Berjumpa Dirimu” perasaan yang manis, dan luar biasa yang mengiringi cinta; dan dalam “Andaikan Tidak Ada” dan “Melodi Biru” kerinduan dan kecemasan dari pasangan yang jatuh cinta.

Beberapa syair dalam buku, seperti “Tidaklah Mudah untuk Pergi”, “Daripada Mengatakan Selamat Tinggal!”, “Aku Tidak Tahu”, dan  “Aku Tidak Percaya!”, menanamkan kita dengan penderitaan yang hebat akan perpisahan. Disamping ketidakberdayaan dan pergulatan emosional yang dialami sebelum dan setelah perpisahan, syair ini mencerminkan suatu bentuk romantika luhur yang melampaui nafsu duniawi, dan mengilustrasikan makna yang lebih mendalam akan kasih. Perasaan sejati Guru mengalir dengan alami dari kata-kata dan syair, memungkinkan kita menatap sekilas akan kualitas batin-Nya yang tak terungkapkan dan tak terkira.

Kehidupan duniawi dan perjuangan antara hasrat keinginan juga tergambarkan dalam syair Guru, sebagai contoh, dalam “Apa yang Harus Aku Lakukan?” dan “Andaikan Tidak Ada Dirimu dalam Hidup”. Syair romantis dan indah yang melukiskan kerinduan tanpa akhir akan seorang kekasih dapat dijumpai dalam “Malam Musim Dingin di Iserlohn”, “Gagasan Akhir Pekan” dan “PuloverMu”. Saat Guru kembali ke kampung halamannya dan menemukan bahwa segala sesuatu telah berubah, Beliau mengekspresikan ketenangan dan kelegaan dalam “Kota Lampau, Kasih yang Lalu!”, “Mungkin Sudah Terlambat”, dan “Akhir”. Dalam semua syair-Nya, Guru tampak menuntun pembaca melalui sebuah tur yang bermula dari batin dan berjalan ke pengalaman kasih duniawi luar, menolong kita menyatu dengan-Nya, dan memungkinkan kita mengamati semua perubahan dunia sekuler, di mana jiwa makhluk hidup mencari keluhuran. 

Siapakah yang mengatakan bahwa praktisi rohani tidak memiliki emosi dan tidak dapat memahami perubahan hidup? Betapa beruntungnya kita karena seorang Guru Tercerahkan yang agung bersedia membagikan kita kenangan emosi duniawi dariNya dahulu! Atas berkat-Nya, kelompok inisiat kita yang berjalan di jalur rohani telah memahami kualitas sejati hakekat manusia, dan belajar bahwa praktisi rohani semestinya tidak berpaling menjadi batu apatis. Sebaliknya, kita harus selalu membawa kekuatan kasih pada setiap orang yang mengasihi kita dan yang kita kasihi.

foto:ip-all-1-135, ip-all-135







Sajak

Angin Semilir di Bulan Juni

Oleh saudara inisiat Cahaya Malam,
Formosa (Asal dalam bahasa Cina)

Angin semilir di bulan Juni,
Menatap Tuhan, tinggi di angkasa,
Menyiramkan cat air dari awan,
Melukiskan naga putih,
Mengendarai ombak bermahkota-busa di langit biru.
Samar-samar matahari bersinar ke segala arah,
Dengan sinar merah jingga - betapa ceria dandanannya!

Merenungkan-Nya,
Melukis dengan coretan yang memberi inspirasi,
Menulis syair romantik,
Mewarnai batu dan kipas,
Menyiapkan hidangan lezat,
Merancang pakaian dalam warna-warni pelangi,
Menggunakan emas dan permata,
Simbol dari kebijaksanaan yang dikenakan di tubuh.
Membawa turun dari Surga
Talenta dan kejeniusan yang hebat!

Menulis lirik dan komposisi musik dengan amat indah,
Suara Tuhan, melodi Kasih Tuhan,.
Bertiup dan bergema…
Dalam semilirnya bulan Juni.
 


Seni Adikarya

Busana Surgawi Seri Musim Panas - Rancangan Baru Linan yang Romantis

Tekstur yang khusus, kemampuan menyerap kelembaban, sejuk dan antikorosif, antiseptik membuatnya disebut sebagai “Ratu dari kain”.  Dan menjelang musim panas, jajaran Busana Surgawi menghadirkan koleksi baru musim panas.  Berventilasi dan tipis, ringan dan halus menyebabkan kain ini laksana “AC alamiah.”   Bahkan di lingkungan yang panas dan lembab, keharuman, kualitas serap dari kain akan tetap membebaskan kalian dari gangguan bau keringat. 

Linen seri pertama dari Busana Surgawi adalah koleksi untuk wanita, menekankan pada kenyamanan dan kesejukan untuk musim panas, serta gaya yang sederhana dan luwes, cocok untuk kerja dan bepergian. 

  1. Blus linen dengan lengan ¾: Lengan ¾ dan desain lingkaran pinggang menghasilkan kesan yang menarik dan meyenangkan. Lipatan di bagian bawah mempunyai latar belakang putih yang didekorasi dengan corak kembang yang elegan berwarna aqua dan ungu pastel. 
  2. Kaos oblong berleher-pendek tanpa lengan: Kaos oblong ini dapat dikombinasikan dengan blus berwarna  aqua yang sama di bagian dada untuk mendapatkan  tampilan keseluruhan yang sempurna.. 
  3. Linen berleher pendek, kaos oblong pendek dangan lengan pendek: Belahan pada lipatan bawah dapat dibuat dengan menggunakan garis lipatan depan.  Potongan yang ketat memberikan kesan langsing.  Tersedia dalam 7 warna. 
  4. Kaos oblong pendek tanpa lengan: modelnya sama seperti yang sebelumnya, tapi dengan desain tanpa lengan yang lebih menarik.  Tersedia dalam 5 warna..
  5. Rompi linen lengan panjang dengan selubung leher pendek: (v)Panjang, setelan leher pendek tanpa lengan; Gaya potongan rompi dengan garis pinggang;  belahan pada kedua sisi;  Leher berbentuk V  di bagian belakang.  Desain ini dapat dipasangkan dengan jaket lengan panjang yang berwarna sama.  Tersedia dalam warna biru dan jingga.  Jaket berleher pendek, dengan lengan panjang yang lurus serta kantong di kedua sisi pada lipatan di bagian bawah; tanpa kancing; sederhana dan elegan.
  6. Rok linen panjang, langsing: ban pinggang elastis yang dapat disesuaikan sendiri.  Desain dengan pemikiran matang membuatnya nyaman dipakai.  Belahan pada kedua sisi, dibordir dengan corak bunga daisy pada lipatan bawah menambah sentuhan cemerlang yang elegan.
  7. Celana linen berkaki sempit: Desain dengan kaki sempit ini tampak rapi.  Gaya lipatan mengubah lingkaran perut.  Bagian dari ban pinggangnya elastis dan membuatnya lebih nyaman dipakai.
  8. Celana linen lurus: model kaki-lurus ini tampak rapi dan romantis.  Belahan pada bagian bawah kaki celana menambah efek anggun.  Bagian ban pinggang elastis agar terasa lebih bebas dan nyaman dipakai. 

Bagaimana Menghubungi Kami 

A Journey through Aesthetic Realms TV Program Videotapes
("Perjalanan melalui Alam Estetis" Pemutaran Video untuk Acara TV)
E-mail: art&spirituality@Godsdirectcontact.org
Fax : 1-413-751-0848 (AS)

News Group (Kelompok Berita):
E-mail: lovesrc@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-801-7409196 atau 886-946-728475 

Book Department (Departemen Buku):
E-mail: divine@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-240-352-5613 atau 886-943-802829
(Anda dapat bergabung dengan kami dalam menerjemahkan 
buku-buku Guru ke bahasa lain.) 

Spiritual Information Desk (Pojok Informasi Rohani):
E-mail: lovewish@Godsdirectcontact.org
Fax: 886-946-730699 

S.M. Celestial Co., Ltd.
E-mail: smcj@ms34.hinet.net
Tel: 886-2-87910860 \ Fax: 886-2-87911226

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd. Taipei, Formosa. 
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org
Tel: (886) 2-87873935 \ Fax: (886) 2-87870873 

LA Center Bookstore (Toko Buku Center LA) 
E-mail: la_bookstore@yahoo.com 
Fax: 1-909-738-9992 

Untuk mendapatkan informasi terakhir dari praktisi penghubung di seluruh dunia, silahkan kunjungi URL: 
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/cp/index.htm
 


Situs WWW Quan Yin 

 

WWW:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw (Formosa; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)
http://www.smchbooks.com/ (Formosa; dalam bahasa Cina dan Inggris, Toko Buku SMCH) 
http://www.Godsimmediatecontact.com (Singapura; dalam bahasa Inggris) 
http://www.GodsImmediateContact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea) 
http://www.Godsdirectcontact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea) 
http://www.GodsImmediateContact.org (Jepang; dalam bahasa Jepang) 
http://www.godsdirectcontact.or.id(Indonesia; dalam bahasa Indonesia) 
http://www.godsdirectcontact-thai.com/ (Thailand; dalam bahasa Thailand) 
http://www.godsdirectcontact.net (AS; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris) 
http://www.Godsdirectcontact.com (AS; dalam bahasa Spanyol, Perancis, Inggris, Cina tradisional & disederhanakan) 
http://www.Godsdirectcontact.com/aulac/ (AS; dalam bahasa Aulac) 
http://www.Godsimmediatecontact.net/ (AS; dalam bahasa Inggris) 
http://www.Godsimmediatecontact.org/video/ (di AS dengan Windows Media Video & Real Video; dalam berbagai bahasa) 
http://www.GodsImmediateContact.tripod.com (AS; dalam bahasa Inggris) 
http://www.contactDirectAvecDieu.org (Perancis; dalam bahasa Perancis) 
http://godsdirectcontact.rma.cz (Republik Ceko; dalam bahasa Czech / Ceko) 
http://www.Godsdirectcontact.org (Kanada dengan layanan Real Audio; dalam bahasa Inggris, Aulac) 
http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman; dalam bahasa Jerman) 
http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org (Austria; dalam bahasa Jerman) 
http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel (Hungaria; dalam bahasa Hungaria) 
http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome (dalam bahasa Inggris) (Pesanan Buku - Aku Datang Untuk Membawamu Pulang) 


Untuk berlangganan versi E-mail, sehingga terbitan majalah ini dapat dikirimkan ke email pribadi Anda, silahkan isi data Anda di salah satu situs berikut:


Alamat WWW Untuk Berita Maha Guru Ching Hai Secara Online Adalah:

Bahasa Cina Tradisional: 
Bahasa Cina yang Disederhanakan: 
Bahasa Inggris: 
Bahasa Aulac: 
http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/ (AS; huruf VNI,VPS,VISCII dan VNU)
http://godsimmediatecontact.net/aulac/n135/ (AS; huruf VNI) 
Bahasa Indonesia: http://www.godsdirectcontact.or.id (Indonesia) 
Bahasa Jerman: http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman)
Bahasa Thailand: http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/ (Thailand) 


Situs web untuk men-download gratis buku contoh: Kunci Mencapai Pencerahan Seketika (dalam 50 Bahasa)

 

--SEKIAN--
 
 

 

Ke ATAS