Majalah iNews Maha Guru Ching Hai
No. 139

Kita harus memperluas pemikiran kita hingga mencakup seluruh alam semesta alih-alih hanya memikirkan keluarga dan negara kita.

~Maha Guru Ching Hai


======= Daftar Isi =======

 

uGuru Menceritakan Lelucon
Kisah Suara Nenek Gadungan/ Jam Yang Bisa Bicara/ Ambisi Yang Paling Menyenangkan

uLintasan Peristiwa 
Jerman/ Swedia/ Ghana/ AS/ Kanada/ Australia/ Indonesia/ Filipina/ Formosa

uWejangan Guru
Tujuan Meditasi - Menyadari Diri Kalian dan Mencapai Kedamaian Batin

uTanya Jawab Pilihan
Kedamaian di Bumi Berawal dari Diri Kita/ Cara Membentuk Kebiasaan Bangun Pagi untuk Bermeditasi/ Pagi Hari Merupakan Waktu yang Terbaik untuk Meditasi/ Perbedaan antara Doa dan Meditasi/ Latihan Rohani Memajukan Planet Kita/ Hidup Sesuai dengan Sila adalah Hidup Sesuai dengan Diri Kita Sendiri/ Bagaimana Mengatasi Rasa Takut/ Kekayaan Batin adalah Harta yang Sejati/ Kasihilah Musuhmu

uBerada di Jalur Rohani
Perjalanan ke Surga - Membantu dalam Pembangunan Center Budapest/ Terima Kasih Tuhan dan Terima Kasih kepada-Mu, Guruku!

uKeajaiban Guru
Jamu Obat Yang Disiapkan Dengan Sempurna/ Berkah Guru - Sebuah Kesempatan Untuk Hidup Lebih Lama/ Seorang Anggota Keluarga Inisiat Mendapatkan Bantuan Guru/ Retret Eropa Memunculkan Ingatan Masa Kecil Akan Perlindungan Guru

uGuru Berkata
Mencapai Jaman Baru Dari Kesadaran Alam Semesta

uAcara TV Maha Guru Ching Hai
Formosa

uCatatan Perjalanan Utusan Quan Yin
Laporan Tentang Berbagi-Kebenaran di Argentina

uKorespondensi antara Guru dan Murid-Murid
Manfaat Tak Terhingga dari Konferensi-video/ Engkau adalah Ibunda dan Kekasih Kami

uDunia Cerita
Cerita tentang Guru di Masa-Masa Awal

uPeningkatan Rohani
CD Terbaru Maha Guru Ching Hai/ Kaset VideoTerbaru Maha Guru Ching Hai

uGuru Bercerita
Kisah Dua Helai Kain Seorang Bhiksu

uJendela Kehidupan Guru
Tip Menjaga Kesimbangan Dalam Kehidupan Sehari-hari

uDunia Satwa
Kasih dari Induk Sapi

uKata-Kata Kebijaksanaan
Pandangan-Pandangan Hidup Orang yang Tercerahkan

u
Layar Sinema
Bahagia karena Impian Menjadi Kenyataan

u
Mungkin Anda Tidak Mengetahui
Terapi Alam Gaib

uLaporan Media
Manfaat Fisik Dan Psikologis dari Meditasi

u
Kasih dalam Tindakan
Pengeluaran untuk Kegiatan Amal di Formosa selama Juni dan Agustus 2002

uSurat Penghargaan
Filipina

uSeni Adikarya
Kuasa Ilahi dalam Karya Artistik Guru/ Dunia Yogi yang Berbahagia

uBagaimana Menghubungi Kami

u
Situs WWW Quan Yin

Pesan Kecil:
Dalam pembicaraan mengenai Tuhan, atau Adi-Insani, kita akan menggunakan istilah muasal nir-kelamin untuk menghindari perdebatan tentang apakah Tuhan itu adalah Wanita atau Lelaki. (Istilah ini lebih tercermin dalam penggunaan kata pengganti bahasa Inggris yang terdapat dalam iNews versi bahasa Inggris).
She + He = Hes (seperti dalam Bless)
Her + Him = Hirm (seperti dalam Firm)
Hers + His = Hiers (seperti dalam Dear)
Contoh: When God wants, Hes makes things happen according to Hiers will to suit Hirmself.


Majalah Berita (News) No. 139
Diterbitkan: 20 November 2002
Didirikan: 1 April 1990
Diterbitkan Oleh: Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai 
Penerbit: Hsieh, Hsin Lin


Majalah Berita Maha Guru Ching Hai dipublikasikan di Internet dalam berbagai bahasa: 
Aulac, Cina (dalam versi tradisional dan versi yang disederhanakan),Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Korea, Spanyol, Portugis dan Thailand. Silahkan mengacu ke "Situs WWW Quan Yin" untuk majalah Berita (News) yang berkaitan dengan situs web.

 

Guru Menceritakan Lelucon

Kisah Suara Nenek Gadungan

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, Amerika Serikat, 28 Desember 2001
(Asal dalam Bahasa Inggris)

Ada seorang nenek yang amat dikasihi oleh keluarganya, telah meninggal dunia. Dan cucunya sungguh kehilangan dirinya sehingga dia ingin menghubungi rohnya. Lalu dia pergi menemui seorang dukun, seseorang yang memiliki kemampuan melihat dalam ruangan gelap, dan berkata bahwa dia ingin menghubungi roh neneknya. Tentu saja, setelah sekian banyak kibasan, kedipan, goncangan dan celotehan dari sang dukun tersebut, lalu muncul suara yang parau, "Halo. Halo, Jenny."

"Siapakah itu?" tanya sang cucu, dan suara itu menyahut, "Aku Nenekmu." Lalu Jenny bertanya, "Apakah benar itu Nenek?" dan suara itu menjawab, "Ya, inilah aku, Jenny. Aku adalah Nenekmu." Tapi, Jenny masih kurang yakin sehingga dia bertanya lagi, "Benarkah itu kamu, benar-benar kamu, Nenek?" Dan suara itu masih menyahut, "Ya inilah aku, Nenekmu. Ya, inilah aku." Kemudian Jenny berkata, "Baiklah, hanya ada satu pertanyaan yang ingin aku tanyakan pada Nenek." Dan sang nenek menjawab, "Ya, silahkan." Sang cucu berkata, "Nenek, sejak kapankah Nenek belajar bicara bahasa Inggris?"

Jam Yang Bisa Bicara

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, Amerika Serikat, 13 Juni 2001 
(Asal dalam Bahasa Inggris)

Ada seorang lelaki yang mengundang beberapa temannya datang ke apartemennya dan membawa mereka keliling melihat ruangan, dan salah satu temannya bertanya, "Buat apa baskom baja besar ini? Lalu lelaki itu menjawab, "Oh, ini adalah jam yang bisa bicara." Dan teman satunya lagi berkata, "Hah? Bagaimana bisa? Tidak ada jam disitu! Itu hanya sebuah baskom. Apa maksud kamu dengan menyebutnya sebagai 'jam yang bisa bicara'?" Lalu lelaki itu berkata, "Perhatikanlah" Dan dia mengambil palu besar, dan dipukulkan ke baskom itu: "BANG!" Sungguh suara yang nyaring sekali. Dan tiba-tiba terdengar suara dari dinding sebelah apartemen, yang menyahut, "Hentikan! Sekarang baru pukul 2:00 pagi hari!"


Ambisi Yang Paling Menyenangkan

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, Amerika Serikat, 28 Desember 2001
(Asal dalam Bahasa Inggris)

Ada seseorang yang sedang berkunjung ke rumah sahabatnya dan sahabat yang dikunjunginya itu punya seorang putra berumur sekitar lima tahun. Orang itu bertanya pada anak kecil itu, "Apa yang akan kamu lakukan bila sudah besar?" Dan anak kecil itu menjawab bahwa dia ingin menjadi pengumpul sampah. Lalu orang itu berkata pada ayah anak kecil tersebut, "Itu sungguh ambisi yang agak aneh. Kenapa dia ingin menjadi pengumpul sampah?" Dan ayahnya menjawab, "Oh itu karena dia pikir tukang sampah hanya bekerja pada hari Selasa. Dia pikir mereka hanya datang seminggu sekali untuk mengumpulkan sampah!

Silah kunjungi situs jaringan berikut guna menikmati versi rekaman suara asli dari lelucon ini, dan Anda dapat berbagi keriaan humor Guru dengan orang-orang di sekitar Anda juga:

http://www.godsdirectcontact.org/eng/news/139/jk1.htm  (Amerika Serikat)
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/news/139/jk1.htm  (Formosa)
http://www.godsdirectcontact.net/eng/news/139/jk1.htm  (Amerika Serikat)


Lintasan Peristiwa

Laporan dari Jerman

Konferensi antara

Murid-Murid yang Tulus dan Guru yang Penuh Kasih

[Hamburg] Pada tengah malam tanggal 2 Oktober 2002, Center Hamburg menerima sebuah pesan bahwa Guru akan mengadakan konferensi-video Internet dengan mereka pada tanggal 6 Oktober! Para inisiat setempat tergetar hatinya mendengar berita itu, tetapi karena tanggal 3 Oktober merupakan perayaan Hari Kemerdekaan Jerman, mereka hanya mempunyai waktu dua hari untuk mempersiapkan kegiatan ini.

Namun, berkat pengaturan Guru, segala sesuatunya berjalan lancar. Sekelompok inisiat muda yang datang dari Hamburg, Berlin dan Dusseldorf membantu dengan sukarela bekerja sama sepanjang malam untuk persiapan-persiapannya. Walaupun mereka bukan ahli-ahli teknik, mereka mengandalkan pengetahuan dan ketulusan mereka, dan hubungan yang terjalin baik ini kemudian mendapat pujian dari Guru.

Saat yang mendebarkan untuk konferensi itu akhirnya tiba, dan Guru dengan ramah mengawalinya dengan sapaan," Apa khabar?" dalam bahasa Jerman, sementara para inisiat merespon dengan tepuk tangan yang meriah. Atas kesempatan yang berharga untuk berbicara dengan Guru, pemimpin acara ini langsung memulai sesi tanya-jawab. Hampir semua inisiat yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan, baru pertama kalinya mereka bercakap-cakap dengan Guru, tetapi kata-kata Guru yang penuh humor dapat menghapus ketegangan mereka. Dalam waktu yang singkat, mereka melupakan bahwa Guru sedang bercakap dengan mereka melalui Internet, dan kelihatannya seolah-olah Dia hadir secara fisik di hadapan mereka. Bagaimanapun umum dan sederhananya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan inisiat, Guru dengan lemah lembut dan dengan sabar menjawab pertanyaan mereka, seperti seorang ibu yang penuh kasih sedang bercakap-cakap dengan anak-anakNya.

Agar para inisiat dari belahan bumi lainnya memiliki kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan mereka, Guru juga menerima pertanyaan-pertanyaan yang dikirimkan melalui e-mail dari center lainnya. Guru dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah para inisiat dari center Hamburg selesai dengan pertanyaannya, jadi lebih banyak orang mendapat manfaat dari kebijaksanaan Guru.

 


 

Laporan dari Swedia

Rakyat Skandinavia Berkumpul Penuh Kebahagiaan

[Stockholm] Pada tanggal 28-29 September 2002, rekan-rekan inisiat dari Center Stockholm menyelenggarakan retret dua-hari yang juga terbuka bagi para inisiat dari empat center lainnya di Swedia dan negara-negara tetangganya. Reuni spiritual ini menarik banyak jiwa-jiwa yang rindu dari daerah-daerah yang jauh di sekitar Swedia dan bahkan Oslo, Norwegia. Walaupun jarak antara center-center setempat di Swedia berjauhan, murid-murid tidak berkecil hati dengan perjalanan tujuh atau delapan jam, mereka harus turut serta dalam retret dua-hari di Skandinavia yang direncanakan dengan matang dan baru pertama kalinya diadakan di sana.

Di antara sesi-sesi meditasi selama retret, ada banyak waktu untuk mempelajari ajaran-ajaran Guru melalui video dan buku-buku Guru. Rekan-rekan sepelatihan juga menikmati makanan internasional yang tersedia, dengan hidangan-hidangan lezat dari Au Lac, Cina, Sri Lanka, Iran, Malaysia dan Swedia, juga biskuit tradisional Swedia yang pedas. Center Stockholm berlokasi di lingkungan yang tenteram dan sentosa, dekat dengan hutan perawan yang indah. Di tempat itu rekan-rekan inisiat dapat berjalan-jalan dengan leluasa.

Dengan adanya atmosfer yang positip dan hidup, retret itu sangat sukses, menjadikan para inisiat lebih akrab dan benar-benar mengangkat mereka secara spiritual. Berkat pengalaman baru dalam keberhasilan menyelengarakan retret di lokasi yang sesuai di sebelah utara Eropa, Center Stockholm memutuskan untuk tetap mengadakan retret berkala selama 2 hari pada akhir pekan setiap bulannya, dan mempersilahkan semua inisiat untuk dapat menghadirinya.

 


 

Laporan dari Ghana

Menciptakan Surga Spriritual di Bumi

[Accra] Atas berkah Guru dan pengabdian murid-murid setempat, Center Ghana telah berdiri setelah dibangun selama setahun lebih. Center itu memiliki pusat informasi yang menyimpan kumpulan publikasi Guru yang berharga, dan memberikan kesempatan kepada rekan-rekan sepelatihan serta tamu-tamu untuk mempelajari ajaran-ajaran Guru. Pusat meditasi itu mempunyai aula utama yang dapat menampung lebih dari seratus orang, dan juga terdapat dua rumah penginapan bagi pelancong jarak-jauh untuk bermalam sehingga mereka dapat tepat waktu untuk mengikuti meditasi kelompok setiap hari Minggu.

Hampir semua murid-murid Ghana diinisiasi selama dua tahun belakangan ini, tetapi mereka telah mencari seorang Guru hidup selama lebih dari dua dekade. Setelah diinisiasi kedalam metode Quan Yin, mereka mengetahui bahwa Maha Guru Ching Hai adalah "Dia" yang mereka rindukan selama hidup mereka, dan sekarang mereka telah diberkati dengan sebuah center yang indah dimana mereka dapat menerapkan ajaran-ajaran Guru.

Pada tanggal 28 September 2002, para inisiat setempat mengadakan seminar di pusat informasi yang baru. Para saudara dan saudari dari Ghana secara spontan mempersiapkan seminar ini. Selama seminar, para peserta mengajukan banyak pertanyaan-pertanyaan menarik dan sangat puas dengan Metode Tertinggi ini.

Center Ghana berlokasi jauh jaraknya dari kota Accra; ibukota Ghana, sehingga tidak mudah didatangi orang-orang. Karena itu, agar dapat menyebarkan ajaran-jaran Guru di kawasan itu, rekan-rekan sepelatihan telah mensponsori program radio untuk memperkenalkan metode Quan Yin dan menyewa kantor perwakilan di lokasi yang lebih mudah dijangkau oleh para pencari Kebenaran dan para praktisi Metode Kemudahan yang ingin menghadiri sesi meditasi kelompok. Walaupun saat ini hanya sebagian kecil para inisiat yang berkumpul di Center Ghana, mereka yakin bahwa ruangan meditasi akan segera terisi dengan banyak jiwa-jiwa yang rindu.

 


 

Laporan dari Massachusetts, AS

Konferensi-Video Mendukung Pertukaran Cinta Kasih Antara Guru dan Murid-Murid

[Boston] Bagi kurang lebih seratus murid di Massachusetts, Connecticut dan Rhode Island, tanggal 28 September 2002, bukan hanya merupakan akhir pekan yang indah di musim gugur, tetapi juga suatu hari yang istimewa untuk dapat berkumpul dengan Guru kita yang terkasih melalui konferensi-video yang menggembirakan dan informatif.

Selama konferensi, Guru kita yang maha pengasih tidak hanya menjawab banyak pertanyaan spiritual, tetapi mempersatukan rekan-rekan inisiat di seluruh dunia, karena mereka semua memperoleh manfaat dari kejenakaan dan kata-kata bijaksanaNya. Melalui konferensi-video, kami berkumpul bersama rekan-rekan sepelatihan, dan kami merasa seakan-akan sedang melihat rumah kami sendiri yang indah di tempat-tempat berbeda di dunia ini. Dalam dunia yang bergolak dan sukar ini, kami dengan tulus berterima kasih kepada Guru atas pemberian kepada kami berupa tempat perlindungan yang paling aman, paling mantap, dan paling hangat. Orang-orang dari center kami yang jarang menghadiri meditasi kelompok, juga datang berpartisipasi dalam peristiwa yang berharga ini, dan sekali lagi merasakan cinta kasih Guru yang besar sekali dan sambutan yang paling hangat dari keluarga Quan Yin, sehingga mempertebal keyakinan mereka dalam berlatih rohani.

Pada akhir konferensi itu, saudara dan saudari remaja dari Boston menyanyikan paduan suara untuk mengungkapkan kasih dan kerinduan mereka kepada Guru. Ketika melodi indah mulai mengalun, semua murid dewasa turut serta bernyanyi, naif dan gembira seperti anak-anak. Guru kita yang terkasih juga bernyanyi bersama kami dan memberikan berkah yang kekal kepada kami. Konferensi itu kemudian berakhir dengan sorak kegembiraan dari semua inisiat.

 


 

Laporan dari Ontario, Kanada

Pekan Raya Makanan Vegetarian yang Terberkahi

[Toronto] Dari tanggal 13 -15 September 2002, Pekan Raya Tahunan Makanan Vegetarian Toronto diselenggarakan di Harbor Front Center, berlokasi di Pantai Danau Ontario.

Selama berlangsungnya kegiatan ini, banyak orang bertanya tentang Metode Quan Yin, dan yang lainnya mengungkapkan minat dan ketulusan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Seseorang yang tulus datang ke Pekan Raya secara khusus mengunjungi gerai kami. Wanita ini mengenal Guru melalui salah seorang teman baiknya yang menghadiri seminar video di Center Toronto sebulan yang lalu. Temannya telah menerima Metode Kemudahan di seminar itu dan merasa senang sehingga dia membagikan buku-buku contoh kepada teman-temannya. Setelah wanita ini membaca buku contoh Guru, dia datang ke gerai menanyakan sejumlah pertanyaan khusus.

Demikian pula, seorang wanita yang tinggal di Amerika Serikat, yang sedang mengunjungi temannya di Buffalo, ketika dia diberitahu bahwa ada pekan raya makanan vegetarian di Toronto, dia pergi untuk berpartisipasi dalam pekan raya ini. Dia telah mengenal akan Guru di Amerika Serikat., tapi belum menerima Metode Kemudahan karena untuk ke Center setempat di negara bagian tempat dia tinggal, harus menempuh perjalanan 2 jam dari rumahnya dan dia tidak bisa menghadiri sesi meditasi Metode Kemudahan mingguan. Seorang saudari kemudian menjelaskan kepadanya bahwa walaupun dia tidak bisa menghadiri sesi mingguan, dia tetap bisa berlatih di rumah, dan bahwa sesi-sesi ini diadakan sebagai dukungan baginya saat dia memerlukannya. Setelah mendengarkan berita ini, wanita ini menjadi sangat gembira dan mengatakan bahwa dia akan menghadiri seminar video berikutnya di Center setempat dan mendaftar Metode Kemudahan.

Dengan membantu pekerjaan di pekan raya makanan dan berbagi ajaran Guru, rekan-rekan sepelatihan menyadari bahwa kapan saja seseorang membantu pekerjaan Guru, seseorang tidak hanya harus berkonsentrasi secara penuh, tapi juga harus menerapkan ajaran-ajaran Guru dalam kehidupan sehari-hari, agar informasi atau pesan dari Guru dapat disampaikan secara benar, menyeluruh dan jelas kepada mereka yang merindukan Kebenaran.

Pekan Raya Makanan Vegetarian 2002 memberikan berkah tak terhingga kepada rekan-rekan inisiat melalui pengalaman berharga berbagi ajaran Guru dengan jiwa-jiwa yang rindu di daerah Toronto.

 


 

Laporan dari Australia

Mengalami Pengaturan Guru yang Sempurna

[Bryon Bay] Para inisiat dari Brisbane, Sydney dan center Bryon Bay baru-baru ini menyelenggarakan seminar memperkenalkan ajaran Guru kepada penduduk Coffs Harbor, kota dekat pantai antara Sydney dan Bryon Bay.

Ketika memasang poster di sekeliling area, para inisiat merasakan respon yang sangat hangat. Banyak pemilik toko yang memajang poster-poster itu menunjukkan antusiasme dan kegembiraan terhadap ajaran Guru dan bahkan menghadiri seminar, dengan beberapa meminta diinisiasi ke dalam Metode Quan Yin dan yang lainnya belajar Metode Kemudahan.

Dua saudari inisiat yang bertanggung jawab atas pemasangan poster untuk seminar, mempunyai gagasan menggunakan mobil gerbong sebagai tempat memajang posternya. Ini merupakan sesuatu yang baru di kota tertutup seperti di Coffs Harbor! Sementara para inisiat mengemudikan mobil gerbongnya di sekeliling kota, poster-poster itu menarik perhatian banyak orang dan mendapatkan banyak permintaan. Sebagai contohnya, suatu hari, seorang saudari inisiat pergi ke restoran vegetarian setempat untuk makan. Selagi dia di sana, seorang laki-laki masuk menanyakan mobil gerbong siapa yang diparkir di luar dengan poster-poster Guru tertempel di badannya. Pada akhirnya laki-laki yang menanyakan tentang mobil gerbong itu menghadiri seminar dan kemudian belajar Metode Kemudahan dan secara rutin menghadiri meditasi kelompok.

Ketika pulang ke rumah malam itu, kedua saudari inisiat itu perlu membeli barang-barang yang masih terlupa. Secara mengejutkan, sebuah toko kecil masih buka, dan memperhatikan gambar Guru di mobil barangnya, asisten toko itu bergegas menghampiri seorang saudari, menanyakan tentang Guru dan dengan penuh terima kasih menerima buku contoh. Asisten toko itu kemudian mengatakan dengan manis kepada para inisiat, "Tidak ada yang terjadi secara kebetulan; kalian ditakdirkan untuk datang ke sini hari ini."Setelah peristiwa ini, asisten toko itu akhirnya belajar Metode Kemudahan, dan selagi berlatih, menyampaikan cerita berikut ini.

Praktisi Metode Kemudahan ini terlibat dalam kelompok spritual lainnya sebelum mengetahui Guru. Seorang wanita dalam kelompok itu dengan kemampuan batinnya pernah berkata kepada praktisi Metode Kemudahan ini bahwa wanita itu bisa merasakan Boddhisattva Quan Yin ada di sekitar dia dan bahwa sebuah teratai telah ditanam di dalam insaninya. Praktisi Metode Kemudahan ini menjelaskan bahwa inilah sebabnya dia mengetahui "Apa yang seharusnya terjadi" ketika dua saudari inisiat datang ke tokonya hari itu dan memberinya sebuah buku contoh. Dia merasa bahwa Boddhisattva Quan Yin membimbingnya kepada Guru Ching Hai dan melalui wanita cenayang itu memberinya konfirmasi bahwa dia menuju ke arah yang benar secara spritual.

Beberapa hari sebelum seminar video di Coffs Harbor, seorang pria menelepon nomor penghubung yang tercantum di poster untuk mengetahui lebih banyak mengenai Metode Quan Yin. Dia menjelaskan bahwa malam sebelumnya dia bermimpi bahwa Guru datang kepadanya mengajarinya meditasi pada Suara batin. Hari berikutnya, ketika dia sedang berjalan di luar, dia melihat poster Guru, segera menyadari bahwa Guru-lah yang ada dalam mimpinya, dan menyadari bahwa dia ingin belajar teknik meditasi dari Guru.

Serangkaian peristiwa ini membuat kami menyadari bahwa tidak ada yang terjadi secara kebetulan dan meskipun pikiran kita sering kali gagal menyadari apa yang kita lakukan, namun kita dibimbing oleh jiwa kita, dan selalu berakhir di tempat dan waktu yang tepat, untuk menyampaikan pesan Guru kepada anak-anaknya.

Banyak orang yang kami temui selama dan setelah seminar video mengungkapkan kegembiraan dalam mempelajari ajaran-ajaran Guru, dan menyayangkan karena mereka tidak dapat lebih cepat mengenal Guru. Ini membuat kami menyadari pentingnya menyebarkan ajaran Guru ke segala penjuru dunia, termasuk kota-kota kecil, dimana banyak jiwa sedang menanti kabar pembebasan. Pengaturan secara ajaib oleh Guru di Coffs Harbor telah memberikan dorongan kepada kami untuk terus menyebarkan ajaran Guru di masa yang akan datang.

 


 

Laporan dari Indonesia

Pagi yang Menyenangkan di Jakarta

[Jakarta] Rekan-rekan praktisi Indonesia mendapat kejutan ketika mengetahui bahwa konferensi-video internet dengan Maha Guru Ching Hai direncanakan untuk dilaksanakan pada pagi hari tanggal 6 Oktober 2002. Semua inisiat berdandan dengan cantik dan datang lebih awal ke Center Jakarta untuk berpartisipasi dalam peristiwa khusus ini. Semua orang terlihat gembira karena Guru terasa berada dekat dengan mereka, dan mereka diselimuti oleh atmosfer kebahagiaan. Center Jakarta mengungkapkan terima kasihnya kepada Guru dengan mempersembahkan salah satu makanan tradisionalnya - nasi tumpeng, yang biasanya dipersembahkan pada peristiwa khusus atau acara pengucapan selamat untuk menunjukkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bentuk nasi tumpeng yang dipersembahkan kepada Guru berbentuk monumen Borobudur, candi agama Budha di Indonesia yang terkenal, salah satu bangunan yang termasuk dalam keajaiban dunia, sementara bagian atas dari nasi melambangkan rasa terima kasih yang besar dari para inisiat kepada Guru dalam memelihara semua makluk hidup. Selama peristiwa ini, Guru dengan sabar menanggapi banyak pertanyaan, dan para inisiat merasakan dipenuhi dengan berkah tak terhingga.

Di akhir acara konferensi, semua praktisi menyanyikan sebuah lagu anak-anak Indonesia tentang kebahagiaan di sekeliling mereka dimanapun mereka berada, dan sangat berterima kasih dan gembira dapat berkomunikasi dengan Ibu semesta.

 


 

Laporan dari Filipina

Menyampaikan Ajaran Guru di Pesta Perayaan Filipina

[Manila] Pada tanggal 5 Mei 2002, Kota Zambales merayakan Fiesta Day (Hari Pesta), hari libur utama Filipina, dengan pesta meriah. Para inisiat dari Filipina menggunakan kesempatan ini untuk menyebarkan buku contoh Guru dan majalah berita kepada penduduk setempat. Dengan penuh suka cita, para peserta menerima kopi dari buku-buku contoh Guru, banyak yang menatap terpesona pada gambar Guru di bagian sampul. Banyak pengunjung langsung mendaftar untuk belajar Metode Kemudahan, setelah memahami ajaran Guru di tempat itu juga.

Di Filipina, sangat sulit melakukan diet vegetarian, tapi dengan hati yang tulus, para peserta siap melakukannya untuk mencapai tujuan spritual mereka. Dalam dua minggu sejak pesta, banyak yang beralih dari pemakan daging menjadi vegetarian, dan beberapa orang juga belajar Metode Kemudahan.

Saat hari pertama meditasi, salah satu praktisi Metode Kemudahan mendapatkan pengalaman batin yang belum pernah dialami dalam hidupnya. Dia sangat tersentuh dan menangis sepanjang meditasi setengah jam. Dia melihat Guru datang menyelamatkannya, dan merasa sangat gembira sehingga meneteskan air mata. Setiap usai sesi meditasi kelompok, para praktisi Metode Kemudahan mengungkapkan kebahagiaan mereka dan rasa terima kasih mereka kepada Guru.

Rekan praktisi di Manila berterima kasih kepada Guru karena kembali telah memberi kesempatan kepada mereka untuk membantu diri mereka dan orang-orang Filipina berkembang secara spritual melalui perayaan Fiesta Day.

Ket.gambar: Selama Fiesta Day di Kota Zambales, buku contoh Guru, sebuah hadiah yang sangat berharga untuk penduduk setempat, melimpahkan berkah tidak terbatas kepada orang-orang.

 


 

Laporan dari Formosa

Pembersihan-Pantai di Patoutsu

[Keelung] Center Keelung dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai menerima penghargaan khusus dari Biro Perlindungan Lingkungan setempat atas respon mereka terhadap kampanye pembersihan-pantai setempat, dan untuk upaya bulanan pembersihan pantai di Changtanli, Patoutsu, tanggal 12 Oktober 2002.

Rekan-rekan inisiat, dari upaya-upaya yang telah mereka lakukan, telah menjadi ahli pembersih pantai. Mereka menikmati aktifitas perlindungan lingkungan dan ekologi dan mengembalikan Pantai Changtanli kepada keindahan aslinya dalam waktu beberapa jam.


Wejangan Guru

Tujuan Meditasi

- Menyadari Diri Kalian dan Mencapai Kedamaian Batin

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 19 Juni 1995
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 481

Sebetulnya, ketika kita sangat gembira, sangatlah sulit untuk bermeditasi. Dan ketika kita sangat sedih juga sangat sulit untuk bermeditasi! Oleh karena itu, kita selalu mencoba untuk mencapai keseimbangan di antara keduanya, sehingga kita tidak merasakan sesuatu yang ekstrim (berlebihan) sehingga kita lupa bahwa kebahagiaan sejati adalah didalam. Demikianlah sebenarnya!

Tidak peduli seberapa banyak kita mencintai seseorang, atau seberapa banyak seseorang mencintai kita. Pada suatu hari dia akan mengecewakan kita. Dan itu menyakitkan. Mungkin kita salah paham atau mungkin betul demikian. Tetapi itu menyakitkan. Bahkan dengan anak-anak atau suami kita, jika kita sungguh-sungguh menginginkan mereka mencintai kita, maka kita harus seperti seorang budak selama 24 jam sehari untuk memenuhi setiap keinginan mereka. Maka mereka akan gembira dan kemudian mereka mungkin dekat dengan kita. Tetapi bahkan itupun tidak pasti demikian.

Kadang kala anak-anak juga membuat kesulitan bagi orangtua mereka karena mereka salah memahami orangtuanya, atau mereka ingin orangtuanya mendampingi mereka setiap saat dan memberikan mereka seluruh waktunya. Tetapi kadang-kadang jika orangtuanya tidak bisa memuaskan mereka, mereka tidak peduli. Jadi bahkan anak-anak pun kadang-kadang menyebabkan banyak penderitaan bagi orangtuanya. Dan kadang-kadang suami istri juga saling menimbulkan penderitaan dikarenakan terlalu banyaknya pengharapan atau bahkan hanyalah pengharapan biasa.

Namun demikian, tidaklah selalu mudah untuk memenuhinya. Misalnya, hari ini seseorang mencintai kalian dan kemudian kalian berharap besok dia akan tetap sama atau bahkan lebih baik. Tetapi kemudian, esoknya terjadi sesuatu. Dan dia menjadi jengkel dan murung dan dia tidak ingin berbicara dengan kalian. Mungkin saja itu bukan salah kalian. Tetapi kemudian kalian berkata, " Jika kamu tidak peduli padaku, kenapa saya harus mempedulikanmu?" Dan kemudian kalian berdua mengatakannya dan kalian berpisah atau paling tidak kalian saling merasa tidak senang satu sama lainnya. Dan ini memakan waktu beberapa hari sebelum kalian saling berbaikan kembali atau mungkin tidak pernah berbaikan lagi. Kadang-kadang bahkan hanya dikarenakan hal yang sepele saja membuat orang berpisah, dan ini sangatlah menyakitkan. Bukannya tidak menyakitkan. Jika tidak menyakitkan maka tidaklah apa-apa. Tetapi ini betul-betul menyakitkan.

Sebetulnya, jika kita sungguh-sungguh mengandalkan pada kebahagiaan batin maka segala sesuatunya akan datang. Maka kita tidak akan pernah dikecewakan atau harus bergantung pada seseorang. Jika seseorang datang, oke-oke saja atau jika mereka tidak datang juga tidak apa-apa. Kita tidak merasa begitu terluka atau sakit didalam.

Jadi semua luka, kesedihan dan kesengsaraan bukan berasal dari luar, bukan dari orang lain. Mereka berasal dari kegelapan batin kita. Kita berharap terlalu banyak dari setiap orang dan segala sesuatu, dan kemudian kita dikecewakan. Jadi satu-satunya sumber kebahagiaan berasal dari dalam diri kita. Kapan saja kalian bermeditasi, cobalah untuk berhubungan dengan sumber tersebut. Untuk kalian sendiri, untuk kebahagiaan, kesenangan dan kepuasan kalian sendiri, maka kalian harus selalu mencoba untuk berhubungan dengan pusat bahagia yang terletak di dalam diri kalian semua. Disitulah letak kekuatan Guru. Disitulah letak dimana semua mukjizat atau keajaiban dalam alam semesta dapat terwujud. Disitulah letak semua kasih sayang, dimana semua perbuatan kasih sayang terlahir. Disitulah letak semua kebajikan, keindahan, dan kebenaran yang menanti kalian untuk menemukannya.

Jika tidak, maka cepat atau lambat kita semua mati dan pergi ke mana, siapa peduli? Paling tidak, pada saat kita hidup, kita harus menjalani kehidupan manusia yang penuh manfaat. Kita harus berbahagia dan bisa menjalani hidup kita dalam cara yang bahagia. Karena itu sesuai dengan kemuliaan kita sebagai manusia, sebagai yang "Tertinggi" dari semua binatang dalam dunia ini. Kita adalah yang tertinggi dari penciptaan alam. Kita belum tahu apakah kita merupakan yang tertinggi di alam semesta. Mungkin bukan, tetapi paling tidak di sini kita adalah yang tertinggi dari penciptaan. Maka kita harus menjalani hidup kita semulia layaknya sebagai seorang manusia dan tidak takut terhadap segala sesuatu dan tidak bodoh serta tidak berada dalam kesengsaraan khususnya ketika kita mempunyai harta karun didalam, yang selalu bisa kita pakai.

Hanya itulah tujuan meditasi: yaitu kalian mengenal diri kalian sendiri dan mengetahui apa artinya kebahagiaan sejati, bukan dikarenakan Guru mengatakan demikian dan kalian harus mematuhiNya. Kalian mematuhi Guru adalah dikarenakan memang hal tersebut adalah baik untuk kalian, tetapi kalian harus tahu mengapa demikian. Kalian harus tahu bahwa itu adalah baik untuk kalian bukan untuk Guru. Guru tidak peduli. Saya tidak peduli. Jika kalian tidak bermeditasi, itu urusan kalian. Itu adalah jalan hidup kalian. Saya tidak bisa mengontrol kalian, dan saya memang juga tidak ingin mengontrol kalian. Jika kalian mengontrol seseorang maka kalian terikat padanya. Seperti halnya polisi dan penjahat, mereka keduanya terborgol tangannya. Polisi harus mengurus para terpidana.

Saya tidak ingin berada dalam posisi tersebut. Jadi apapun yang saya katakan adalah baik untuk kalian, dan jika apapun yang kalian dengar adalah masuk akal dan kalian tahu maka lanjutkanlah. Bukan karena saya memaksa kalian atau semacamnya. Ini adalah suatu kehormatan, keistimewaan dan merupakan suatu keberuntungan terbesar dari hidup kita, dapat mengetahui rahasia yang sedemikian. Bukan karena dipaksa, juga bukan suatu persyaratan dan juga bukan suatu kewajiban. Ini adalah yang terbaik dari semua keistimewaan, yang terbaik dari semua keberuntungan, dalam ribuan atau jutaan kali masa kehidupan, kita dengan demikian mudahnya ditunjukkan suatu pintu untuk membebaskan diri kita dari semua kesengsaraan. Jadi teruslah mengerjakannya atau melakukannya. Demikianlah adanya. (Tepuk tangan)

Kadang-kadang jika saya bekerja hingga larut malam, kadang-kadang hingga jam 12 malam, jam satu atau jam dua, saya tetap bermeditasi sebelum tidur. Saya selalu rindu untuk bermeditasi selain dari semua kewajiban dan tugas-tugas saya. Saya tidak pernah merasa bahwa saya tidak harus bermeditasi atau bahwa meditasi adalah suatu hal yang mengerikan. Tidak pernah! Meditasi adalah suatu kegembiraan, membuat rileks, suatu cara untuk mengisi kembali bahkan secara fisik.

Tidak perlu bicara tentang menjadi seorang Budha atau hal lainnya. Jika kalian tidak bermeditasi selama sehari, kalian tidak pernah bisa pulih dari kelelahan sepanjang hari dan segala jenis serangan mental dari sifat-sifat negatif masyarakat. Jadi jangan mengeluh pada saya jika kalian kecapean atau kelelahan, jika kalian menjadi begini atau begitu. Jika kalian tidak cukup bermeditasi, itulah permasalahannya. Itulah harga yang kalian bayar. Pada tahap permulaan, mungkin kalian merasa belum mantap. Tetapi semakin bermeditasi semakin kalian merasakan bahwa itu merupakan satu-satunya metode. Bahkan kemudian jika seseorang memberimu uang satu juta dollar untuk ganti Guru atau ganti metodenya, kalian tidak akan melakukannya. Kalian tidak akan pernah melakukannya. Karena kalian mengetahuinya dengan pasti; kalian tidak bisa berbohong. Kalian tidak bisa berbohong dan mengatakan bahwa ini bukanlah metode untuk kalian. Sekalipun kualitas meditasi kalian bermutu rendah, kalian tahu bahwa itu hanyalah kesalahan kalian. (Guru dan semuanya tertawa.) Kalian mengetahuinya secara jujur .

Dan kemudian ketika secara mendalam kalian mengintropeksi: Metode Quan-Yin adalah satu-satunya jalan, benar? Demikianlah, titik, selesai, tidak ada perdebatan, tidak ada "tetapi", "bagaimanapun", atau "walaupun demikian". Demikian. Itulah perasaan yang kita miliki di dalam hati, dan itulah yang kita ketahui. Dan itu adalah satu-satunya hal yang pasti. Jadi jika kalian mengetahuinya maka kalian memahaminya. Saya tidak perlu memberitahu kalian.

 


Tanya-Jawab Pilihan

Kedamaian di Bumi Berawal dari Diri Kita

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Menurut pemahaman saya, cara berlatih Metode Quan Yin adalah dengan bermeditasi. Saya ingin mengetahui bagaimana meditasi dapat membantu mengubah dunia menjadi penuh damai dan harmoni - dunia yang diidam-idamkan.
G
: Itu pertanyaan yang benar. Meditasi tidak mengubah dunia; meditasi mengubah diri Anda. Bila setiap orang mengubah dirinya sendiri, dunia menjadi penuh damai.

Kita berperang karena tidak ada kedamaian dalam diri kita, karena kita tidak mengetahui bahwa orang di samping kita adalah Tuhan. Kita tidak menyadari bahwa kita adalah Tuhan, dan kita tidak menyadari bahwa mereka yang kita bunuh, kita tembak, kita siksa adalah Tuhan juga. Dan itulah sebabnya dunia tidak dipenuhi kedamaian.

Meditasi tidak berarti Anda hanya duduk di situ seperti patung. Anda pertama-tama harus sungguh-sungguh berhubungan lagi dengan Tuhan; itulah meditasi sejati. Sekali itu terjadi, keberadaan Anda diubah selamanya. Anda menjadi suatu contoh seorang Tuhan yang hidup penuh damai di planit ini.

Dan walaupun Anda tidak melakukan apapun, orang-orang yang melihat Anda, akan merasa damai. Mereka ingin berada di sekitar Anda. Mereka ingin mengikuti nasihat dari Anda. Mereka ingin mempelajari keteladanan Anda. Dengan demikian dunia akan menjadi penuh damai. Sangat masuk akal, tidak ada rahasia.

 


 

Cara Membentuk Kebiasaan Bangun Pagi untuk Bermeditasi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Apa yang dapat saya lakukan untuk mempertahankan jadwal meditasi harian, bilamana waktu terjaga dalam sehari tidak cukup?
G
: Anda tidak dapat bangun? Saya juga. Tidak seorangpun suka bangun saat kita sedang nyaman di tempat tidur, tetapi kita harus mencoba. Andaikan Anda memiliki suatu pekerjaan dan Anda harus bangun untuk pergi bekerja, maka Anda harus. Bagi sesuatu seperti dua ribu dolar per bulan, Anda bangun pukul lima setiap pagi. Tetapi bagi Tuhan, Anda tidak bangun! Maka apa yang akan saya lakukan? Anda buat prioritas Anda sendiri. Kita dapat bangun sedikit lebih awal dari biasa dan kemudian akan menjadi terbiasa.

Sebagai contoh, katakanlah terlalu pagi untuk bangun pukul tiga; maka tidak perlu bangun pukul tiga. Bila biasanya Anda bangun untuk bekerja pada pukul lima, maka bangunlah pada hari pertama pukul lima kurang dua puluh, atau pukul lima kurang sepuluh, atau bahkan pukul lima kurang lima, dan hari berikutnya atau minggu depan pada pukul lima kurang sepuluh. Biasakan diri Anda demikian dan hadiahilah diri Anda sendiri dengan berlimpah. Katakan pada diri Anda sendiri, "Bila kamu bangun pagi hari ini, saya akan memberi kamu dua donat atau secangkir kopi lagi." Apapun yang pikiran Anda sukai, hadiahilah diri Anda sendiri dengannya.

Anda juga harus mengasihi diri Anda sendiri karena, akuilah, kita hanya memiliki satu tubuh jasmani ini, dan kita kadang-kadang sangat lelah. Kita bekerja keras selama delapan atau sepuluh jam sehari, agar menjaga mesin ini tetap bekerja. Kemudian kita kadang-kadang harus melakukan pekerjaan lain seperti untuk keluarga: isteri, anak-anak, orang tua, teman-teman, tetangga, sanak saudara dan seterusnya. Kita terlalu banyak menuntut pada tubuh jasmani ini.

Maka tentunya, bila Anda tidak dapat bangun pagi hari untuk bermeditasi, maafkanlah diri Anda sendiri. Tidak perlu terlalu keras pada diri Anda sendiri, tetapi latihlah diri Anda perlahan-lahan. Kurangi menonton TV, pergi tidur sedikit awal sehingga Anda dapat bangun lebih baik. Apapun kegiatan yang biasa Anda lakukan terlalu banyak sebelumnya untuk melewatkan waktu saat Anda jenuh, gunakan waktu itu untuk mengenal Tuhan. Ini hanya masalah mengatur waktu. Saya juga sangat sibuk. Anda tidak mempercayainya; saya duduk di sini dan nampak tenang-tenang saja, tetapi saya sangat sibuk juga. Dan sulit juga bagi saya untuk bangun pagi kadang-kadang. Tetapi Anda harus menyalakan jam weker. Kadang-kadang seperti itu.

Dalam tradisi orang India kuno, ada seorang suci yang dapat terjaga sepanjang malam, tetapi dia tidur duduk sebagai ganti berbaring, maka sama saja. (Gelak tawa) Orang-orang kami sama saja. Saat mereka pergi retret, mereka duduk di sana dan nampak baik-baik saja, tetapi mereka duduk dalam berbagai gaya. (Guru secara jenaka menjatuhkan kepalaNya ke satu sisi untuk menunjukkan seseorang yang sedang "mengantuk".) Tidak apa-apa. Usahakan yang terbaik; itu yang diperhitungkan. Orang suci di India memiliki rambut panjang seperti saya, dan dia mengikat rambutnya ke langit-langit. Saya tidak bergurau! Dan kemudian dia menjadi seorang Guru, karena dia berusaha demikian keras. Dia mengikat rambutnya ke langit-langit, maka kapanpun dia mengantuk: "Oh! Oke! Ow!" (Gelak tawa)

Saya tidak mengatakan agar Anda memanjangkan rambut Anda atau melakukan itu. Tetapi temukan cara Anda sendiri. Asalkan Anda dapat bangun pagi; sebagai contoh, pada mulanya saya harus meletakkan sebotol air es di sisi saya. Lalu saat wekernya berdering, saya akan mengambil esnya dan menyiramkannya pada wajah saya: Oh! Esnya memercik ke pakaian Anda dan semuanya, dan Anda harus melompat dari ranjang.

Anda tidak harus melakukan itu; Anda akan memiliki cara Anda sendiri. Tetapi saat Anda ingin melakukan sesuatu, Anda dapat. Percayalah bahwa Anda dapat karena Anda adalah Tuhan.Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Hanya ingatlah Anda memiliki Tuhan dalam batin Anda dan tiada yang lain di sana. Tidak perlu menghiraukan sang pikiran dan otak; itu hanyalah sebuah komputer. Sang pikiran menyuruh kita, "Oh, tidur. Tidur baik bagi Anda." Tetapi itu bukan suara Tuhan. Suara Tuhan adalah sebaliknya.

 


 

Pagi Hari Merupakan Waktu yang Terbaik untuk Meditasi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Guru, mengapa perlu bermeditasi di pagi hari?
G
: Anda dapat bermeditasi kapanpun. Hanya saja di pagi hari, kebanyakan orang telah beristirahat pada malam hari. Dan di pagi hari, suasana masih tenang. Misalnya dari pukul tiga hingga pukul enam, kebanyakan orang masih tidur: tiada lalu lintas, tiada suara berisik, tiada suara anak-anak dan tiada dering telepon. Dan pikiran Anda, setelah istirahat malam, menjadi tenang. Dan tubuh Anda juga masih belum aktif sekali. Sehingga Anda dapat duduk lebih baik dan Anda dapat mencapai samadi, Surga, semakin cepat. Bila Anda melakukannya di rumah, bahkan lebih baik. Karena Anda lebih tenang di sana; Anda merasa lebih aman dan tenang.

Dan pagi hari memiliki jam-jam yang terbaik. Tetapi itu tidak berarti Anda harus melakukannya pada pagi hari. Saya melakukannya kapanpun; di atas bus, di dalam mobil. Orang-orang kami melakukannya di manapun kecuali saat mengemudi. (Gelak tawa)

 


 

Perbedaan antara Doa dan Meditasi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Apakah berdoa merupakan mediatasi?
G
: Ya, sejenis meditasi. Tetapi berdoa hanya meditasi satu arah. Kita berbicara kepada Tuhan: "Oh Tuhan, tolong lakukan ini!" Tetapi kita tidak mendengarkan apa yang Dia katakan. Sehingga dikatakan satu arah. Meditasi merupakan komunikasi dua arah. Kita mempersembahkan sakit, penderitaan, kebahagiaan dan syukur kita kepada Tuhan. Dan Dia sebaliknya akan memberitahukan apa yang harus kita lakukan selanjutnya. Kita memiliki komunikasi dan kita memiliki suatu hubungan dengan Tuhan. Berdoa hanya pembicaraan satu orang; kita tidak mendengar yang Tuhan katakan sama sekali. Tetapi dalam meditasi, kita mendengarkan; kita mengetahui. Dia membimbing kita. Dia menerangi hidup kita dengan ribuan cahaya matahari dalam batin kita. Dia membuat kita gemilang, penuh kasih, bijaksana, jenaka dan cantik, lahir batin. Itu perbedaannya.

 


 

Latihan Rohani Memajukan Planet Kita

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Saya kadang-kadang merasakan bimbingan dan kehadiran para Guru yang telah naik ke atas. Dapatkah mereka sungguh-sungguh membantu umat manusia dari jauh?
G
: Pasti! Kita semua adalah satu. Maka bila Anda tercerahkan, mereka terpengaruh. Dapatkah Anda bayangkan bila setelah Jaman Emas planet kita semua hancur dan tidak banyak orang yang bertahan hidup. Dapatkah Anda membayangkan keadaan umat manusia saat itu? Semua orang seperti menyembah-nyembah dalam kegelapan, dan mereka semua saling mempengaruhi. Kita semua sungguh saling mempengaruhi. Dan itu alasan kita menjadi seperti kita adanya, dan sekarang kita telah berlatih dan berlatih, tahun demi tahun, planet kita menjadi lebih baik. Tidakkah Anda merasakannya? Tidakkah Anda merasakan kita telah maju? (Ya.) Ya.

Saya tidak mengatakan Anda harus datang dan berlatih Metode Quan Yin atau memilki pengalaman akan Surga. Bahkan bila Anda tidak mengalaminya, Anda dapat merasakan bahwa planet kita sekarang memiliki energi yang berbeda. Berbeda; lebih bahagia, lebih terbuka, dan sangat santai. Dan umat manusia sungguh-sungguh berbeda dari sebelumnya, bahkan beberapa dekade yang lalu. Teknologi kita seperti ilmu pengetahuan dan segalanya berkembang demikian cepat. Sangat menakjubkan yang kita temukan akhir-akhir ini. Dapatkah Anda bayangkan? E-mail dan internet: Wow, ini luar biasa! Ada demikian banyak hal-hal lain yang Anda tidak ketahui yang mereka telah kembangkan juga.

 


 

Hidup Sesuai dengan Sila adalah Hidup Sesuai dengan Diri Kita Sendiri

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Apa yang akan terjadi bila saya melanggar Sila-Sila setelah saya diinisiasi?
G
: Itu sama seperti pertanyaan jika saya mempunyai hubungan asmara "lain" setelah saya menikah dengan isteri saya. Bagaimana saya akan menjawab Anda? Ambillah keputusan. Tidak ada orang yang akan memaksa Anda. Hanya diri Anda sendiri, dan Tuhan; Anda membuat perjanjian dengan Tuhan. Anda berkata, "Saya menjadikan Engkau yang terutama. Saya akan melakukan apapun untuk mengenal Engkau. Saya tidak membutuhkan semua hal bodoh ini untuk dapat bertahan hidup; saya dapat hidup tanpa mereka. Saya dapat hidup tanpa membunuh sesama saya. Saya dapat hidup tanpa berbohong. Saya dapat hidup tanpa narkoba dan alkohol. Saya kuat; saya tidak butuh semua yang memabukkan ini. Saya dapat memiliki mabuk Ilahi. Saya dapat hidup tanpa harus berhubungan seks dengan setiap laki-laki atau wanita manapun."

Ambillah keputusan. Nyatakan diri Anda sebagai makhluk yang ingin Anda nyatakan. Jika Anda ingin menyatakan diri Anda sebagai "Saya seorang pembohong; seorang pemabuk, pencandu narkoba dan semacam itu; saya yang mengingini isteri orang lain; saya yang suka membunuh orang," jika itu yang ingin Anda nyatakan, maka lakukanlah. Itu pilihan Anda. Tetapi jika Anda ingin menyatakan diri Anda sebagai makhluk tercerahkan, seorang bijaksana, makhluk yang bahagia, penolong, berbelas kasih, penuh cinta kasih, jujur, maka itu juga merupakan pilihan. Anda lihat, ada dua pilihan, tetapi Anda yang menentukannya. Itu bukanlah Sila-Sila saya; tetapi itu adalah cara hidup. Itu adalah pilihan yang Anda buat, untuk menyatakan diri Anda kepada dunia ini, kepada Tuhan dan kepada diri Anda sendiri sewaktu Anda melihat di cermin orang semacam apa yang ingin Anda lihat. Tidak ada Sila-Sila; kita tidak memerlukan Sila-Sila. Anda tahu ingin menjadi apakah Anda.

 


 

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Jika kita merasa begitu takut, apakah sebabnya? Adakah sesuatu yang ingin disampaikan kepada kita?
G
: Tergantung. Jika Anda merasa takut, tidaklah mengapa untuk merasa takut. Tetapi kita jangan membiarkan rasa takut menguasai kita sehingga kita menjadi lumpuh dan tidak tahu bagaimana untuk bereaksi dengan cara yang lebih baik. Rasa takut adalah perasaan yang wajar. Rasa takut dan cinta adalah perasaan yang wajar. Anda tidak perlu menekannya; Anda hanya perlu memahaminya dan menanganinya.

Misalnya, apakah Anda pikir saya tidak mempunyai rasa takut? Saya punya. Saya takut untuk datang ke sini dan takut tidak tahu apa yang harus saya katakan kepada Anda. Saya takut bahwa saya tidak dapat membuat Anda memahami apa yang saya pahami. Saya sungguh takut. Hari ini, saya tiba lebih cepat dan pergi untuk menikmati teh di sebuah toko karena saya tidak punya apapun untuk dimakan sejak kemarin. Saya tidak dapat makan di pesawat; saya sangat letih karena saya harus bergegas-gegas melakukan berbagai hal agar dapat berkemas dan kemudian pergi. Saya belum tidur sejak beberapa lama, maka saat naik pesawat, saya tidak makan apapun. Saya hanya mencoba untuk tidur atau menenangkan diri. Kemudian pagi ini, saya khawatir bahwa saya akan tertidur di aula ceramah! Maka saya pergi dan menikmati teh. Kemudian saya melihat banyak orang duduk di sana; mereka sedang menikmati teh dan bercakap-cakap tentang berbagai hal. Dan saya bertanya-tanya: Bagaimana saya akan berbicara kepada orang-orang ini tentang Tuhan! Apakah mereka peduli tentang Tuhan? Mereka begitu senang dengan kehidupan fisik mereka: Kepada siapa saya akan bicara dan tentang apa?

Jadi saya juga merasa takut. Tidak begitu takut tetapi sungguh berkecil hati atau tidak begitu antusias dan tidak begitu yakin. Tetapi kemudian saya tetap melakukannya. Anda paham? Saya memiliki rasa takut, tetapi saya melampauinya. Bukannya saya tidak memilikinya. Kita memiliki rasa takut, tetapi kita harus melampauinya. Jika situasinya menakutkan, kita harus berpikir tentang apa yang dapat kita lakukan untuk membuatnya lebih baik. Jika hal itu mengenai orang yang menakutkan, maka kita harus berupaya untuk menggunakan cinta kasih untuk mengatasi rasa takut kita. Orang yang adakalanya berlaku buruk kepada kita untuk membuat kita merasa takut, karena diri orang itu merasa tidak aman. Jadi tergantung pada situasinya.

Bagaimanapun juga, sekalipun kita memiliki rasa takut, kita harus tenang dan berpikir, "OK, saya memiliki rasa takut, tetapi sekarang apa yang harus saya lakukan dalam situasi seperti ini agar saya dapat keluar dari rasa takut ini? Anda harus mengendalikan diri Anda sendiri agar terbebas dari rasa takut itu. Mengendalikan diri Anda maksudnya adalah menanganai situasi yang terjadi agar kita menjadi lebih aman, dan kemudian rasa takut akan lenyap. Kita tidak dapat menekan rasa takut itu. Kita harus menghadapinya dan membuatnya lebih baik.

 


 

Kekayaan Batin adalah Harta yang Sejati

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Jika kita sederajat sebagai ciptaan Tuhan, mengapa beberapa orang begitu menderita sementara yang lainnya, meskipun hidup dalam kejahatan, mereka memiliki banyak kekayaan materi?
G
: Itu karena jalan yang dipilih oleh mereka berbeda. Jika kita memperoleh kekayaan atau kenikmatan materi, bukan berarti kita diberkati atau kita ini baik karena segera setelah kita meninggal, kita meninggalkan semuanya. Jika kita memperoleh kekayaan dan pengetahuan spiritual, itu bersifat kekal.

Kita tidak perlu iri terhadap mereka yang hanya memiliki kekayaan materi, tetapi tidak memiliki apa-apa dalam jiwa mereka; karena itu semua akan segera menjadi hampa. Tetapi Anda, meskipun Anda tidak memiliki banyak materi, namun memiliki kekayaan batin. Anda memiliki cinta yang agung, kasih yang agung, pengetahuan dan kebijaksanaan yang agung. Seperti Budha atau Yesus, mereka bertelanjang kaki. Mereka tidak memiliki uang; mereka tidak memiliki mobil. Mereka tidak punya apa-apa, tetapi orang-orang menyembah mereka. Orang-orang masih mendengarkan apa yang telah mereka katakan dan menyembah mereka, dua atau tiga ribu tahun kemudian. Jadi siapakah yang lebih kaya, jutawan di luar sana ataukah Yesus dan Budha? Anda sudah tahu jawabannya. Tidak perlu untuk membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita harus tahu bahwa betapa berharganya kekayaan batin kita. Itulah yang penting.

 


 

Kasihilah Musuhmu

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Aukland, Selandia Baru, 27 April 2000
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 686

T: Haruskah kita mengasihi musuh-musuh kita?
G
: Ya, apa lagi yang dapat Anda lakukan terhadap mereka? (Gelak tawa) Itu adalah pertanyaan praktis. Jika Anda membunuh dia, isterinya mungkin akan membunuh Anda, atau puterinya atau puteranya. Akan begitu selamanya. Jadi kita sebaiknya mengasihi musuh kita. Itu adalah cara terbaik untuk membunuhnya! (Gelak tawa) Jika Anda mengasihi musuh Anda, dia akan menjadi teman Anda. Maka permusuhan akan lenyap selamanya. Dan Anda memiliki banyak teman: dari keluarganya: isterinya, anak-anaknya, sanak keluarganya dan teman-temannya juga. Berteman dengan satu orang dan Anda mendapatkan banyak teman. Bermusuhan dengan satu orang dan Anda akan mendapat banyak musuh. Jadi kita 'rugi' jika kita membenci musuh kita.


Berada di Jalur Rohani

Perjalanan ke Surga

- Membantu dalam Pembangunan Center Budapest

Oleh Saudara Ricky Dearman, London, Inggris (Asal dalam Bahasa Inggris)

Pada tanggal 11 Agustus 2002, tiga rekan sepelatihan dan saya berkunjung ke Budapest, Hungaria untuk membantu dalam pembangunan center baru dimana Retret Empat-hari Eropa yang direncanakan akan dimulai pada tanggal 15 akan diadakan di center ini. Ketika pesawat kami mendarat, kami disambut dengan senyum oleh dua orang siswa penghubung dari Budapest.

Pada perjalanan dari bandara lokal ke Center Budapest, kami mengalami hujan besar, angin kencang dan cuaca yang sangat dingin. Saya perhatikan bahwa saudara dari Hungaria yang mengemudi, dipenuhi lumpur pada kakinya, tapi ia tidak terlalu mempedulikannya. Ia mengatakan bahwa di area ini telah turun hujan semenjak dua minggu yang lalu, dan beberapa jalan sekitar center ditutup karena mungkin terjadi banjir. Cuaca bahkan menjadi lebih buruk ketika kami mendekati tujuan kami. Lalu, saudara sepelatihan mengatakan bahwa kita harus keluar dan jalan kaki sedikit ke mobil lainnya, sepertinya area ini terkena banjir yang parah.

Saat saya keluar dari mobil, kaki saya tiba-tiba terendam oleh lumpur sampai pergelangan kaki, hujan juga mengenai wajah saya seperti butiran dan membutakan saya. Menerobos lumpur, kami bersusah payah ke kendaraan lainnya. Saya lalu memberikan bawaan yang sudah basah ke saudara sepelatihan dan naik ke dalam mobil. Lalu kami menemukan kalau mobilnya tidak ada kaca depan, jadi hujan semakin membasahi kami. Sekarang saya basah dan kedinginan, dan berpikir untuk pulang pada penerbangan selanjutnya, jika mungkin!

Akhirnya kami sampai di Center Budapest dan melihat 15 rekan sepelatihan lainnya basah kuyup, dengan lumpur sampai di atas mata. Mereka sedang sibuk menggali parit untuk mencegah banjir lebih besar, membuat pagar, memperbaiki atap dan semuanya, sambil tersenyum! Mereka menyambut kami dengan antusias seperti menyambut tentara yang menang dari perang. Sebelum mendirikan tenda, saya berdiri gemetar melihat "manusia mesin" sedang bekerja. Semangat mereka begitu kuat dan menyatu yang dapat membuat orang kagum. Saya sangat tersentuh dan terkesan akan kekuatan dan keinginan besar mereka, dan tidak dapat membantu tapi menghormati pengabdian mereka yang murni.

Pagi berikutnya saya bangun dalam keadaan basah kuyup, kemudian saya mengganti baju lainnya yang juga basah, lalu bermeditasi. Saya menemukan bahwa dengan mengenakan baju yang basah dapat mencegah saya jatuh tidur. Setelah sarapan pagi, pekerjaan dimulai. Kami menggali, mencat, memasang jendela, memasang pintu, dsb. Pada saat pemikiran negatip muncul dalam benak saya, saya lalu melihat ke sekeliling rekan sepelatihan lainnya, lalu pemikiran itu hilang secepat mereka timbul.

Dengan cepat sore pun tiba, dan saya mengharapkan ada pancuran yang hangat - sampai saya diberitahu bahwa hanya ada air dingin pada saat itu. Jadi saya masuk ke pancuran itu sekitar 30 detik!

Selama beberapa hari, hujan terus turun dengan lebatnya, dan angin semakin kuat, akan tetapi kami telah menyelesaikan proyek kami. Kami menyelesaikannya sesuai dengan jadwal, hanya ada pekerjaan kecil saja yang tersisa. Pada saat itu, jalan masuk ke Center sangat sulit dan mobil tidak dapat menjangkaunya. Jadi kami harus menyewa mobil jelajah untuk mengangkut rekan sepelatihan dan peralatan dari jalan utama ke center, jaraknya sekitar setengah mil. Salah satu rekan dan saya ditugaskan pada pekerjaan ini.

Sepanjang perjalanan, saat kami membawa rekan sepelatihan ke center, saya memperhatikan perubahan di daerah itu: seluruh Center telah dipenuhi oleh energi berkah dari Guru. Lalu kami dapat bekerja sampai malam dengan pertolongan dari kekuatan berkah Guru.

Pagi tanggal 14 Agustus matahari terbit untuk pertama kalinya setelah beberapa hari belakangan ini. Sepanjang hari, bus kecil, mobil, dan kereta tiba dengan dipenuhi oleh rekan-rekan sepelatihan dari negara-negara Eropa termasuk Jerman, Prancis, Swedia, Spanyol, Inggris, Republik Chechnya dan masih banyak lagi. Para rekan sepelatihan telah mendengar kabar tentang banjir tapi mereka sebaliknya disambut oleh cahaya matahari. Saat memasuki center, kegembiraan dari wajah para rekan sepelatihan berseri bagai cahaya matahari.

Daerah sekeliling Center Budapest sangat cocok untuk pembuatan film, dengan ladang bunga matahari di ketiga sisinya. Bunga yang cemerlang itu bergerak dengan harmonis ditiup oleh angin, juga sinar matahari menembus awan setelah hujan sebentar, menciptakan pelangi di atas langit. Saya melihat rekan-rekan sepelatihan dari segala gaya hidup, kepercayaan dan warna berbincang-bincang, makan, duduk-duduk, jalan-jalan, atau memetik tanaman liar dan jamur. Sementara saya menikmati saat-saat seperti ini, saya berpikir "Surga di atas Bumi" ada di sini, sekarang ini.

Lalu, pada saat malam hari, rembulan separuh memproyeksikan sinarnya di atas embun, saya melihat ke atas dan melihat banyak bintang berkerlap-kerlip, dan saya merasa saya sedang melihat ke dalam diri saya sendiri. Kemudian sesuatu menarik perhatian saya - meteor yang anggun melewati angkasa. Saya dengan tulus berterima kasih kepada Guru atas pengalaman ini. Saya lalu menutup tenda dan tertidur di tengah suara jangkrik yang menenangkan.

Pada pagi harinya tanggal 17 Agustus, kami mendengar bahwa Guru akan berkomunikasi dengan kami melalui konferensi-video di sore harinya yang akan diadakan di universitas terdekat. Selama konferensi, kami melihat Guru di layer video, terlihat berseri-seri, hangat dan jenaka seperti biasanya. Beliau menjawab semua pertanyaan dengan cinta tak bersyarat dan bijaksana, sampai semua rekan sepelatihan merasa puas dan terpenuhi. Lalu kami kembali ke Center Budapest dengan kereta, akan tetapi kami merasa diri kami terbang karena dipenuhi oleh cinta dan berkah dari Guru. Ini adalah akhir yang sempurna dari Retret Eropa Empat-hari!

Saya teringat saat saya belum diinisiasi - saya biasanya seperti berada dalam kabut, sering kali merasa tertekan dalam penderitaan yang sulit dimengerti. Akan tetapi sekarang pikiran saya penuh dengan kebijaksanaan dan pengetahuan lebih dari impian saya. Perubahan ini dimulai sejak empat tahun lalu saat orang yang paling berpengaruh datang ke dalam kehidupan saya - Maha Guru Ching Hai, yang telah memberikan orang-orang keberanian, integritas, kejujuran, dan cita-cita luhur. Terima kasih, Guru, atas bimbingannya. Terima kasih untuk menunjukkan arti sebenarnya dari mementingkan orang lain.

Ket.gambar:
Selama Retret Eropa Empat-hari, sinar matahari menembus awan dan memancarkan sinar berlimpah ke atas bumi dan area perkemahan.
Yogi yang berbahagia dari keluarga Quan Yin tumbuh dan berkembang berkat Kasih Guru.
Tanah yang berlumpur di sekitar Center Budapest setelah hujan

 


 

Terima Kasih Tuhan dan Terima Kasih kepada-Mu, Guruku!

Oleh Saudari Inisiat Mary Agi, Costa Rica (Asal dalam Bahasa Spanyol)

Sebelum inisiasi, hidup saya selalu dipenuhi oleh berkah Tuhan: keluarga yang penuh cinta, teman yang baik, tempat tinggal, pekerjaan, uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan di atas segalanya adalah iman akan Tuhan. Bagaimanapun juga, selama bertahun-tahun saya mempunyai perasaan bahwa suatu hal vital dan penting telah hilang - perasaan yang memenuhi hati saya pada saat saya membuka mata sebelum memulai hari, pada saat saya melakukan berbagai aktifitas keseharian, dan pada saat menutup mata di malam hari.

Saya sepertinya telah kehilangan sesuatu yang sangat berharga atau ada suatu hal yang harus saya ingat kembali, tapi saya tidak mengetahui apa dan bagaimana menemukannya. Saya sering kali berdoa sampai saya merasa jemu, untuk melihat apakah Tuhan akan menanggapi hasrat saya. Di lain waktu, saya tidur sambil menangis, mencoba untuk memahami mengapa saya merasa terasing di dunia ini.

Saya berpikir mungkin ada yang salah pada diri saya. Bagaimana mungkin saya meminta sesuatu yang telah Tuhan berikan pada saya? Saya memiliki dan menikmati lebih dari orang lain yang bahkan tidak dapat memimpikannya, terutama suami yang sangat mencintai saya. Walaupun begitu, di dalam hati kecil yang terdalam, saya tetap merasakan ada sesuatu yang hilang. Di dalam semua pustaka yang saya baca, semua organisasi keagamaan yang telah saya kunjungi, dan semua pembicaraan yang saya hadiri tidak dapat menjawab pencarian saya. Jadi dengan ketulusan hati saya mulai memohon kepada Tuhan untuk mengirimkan seseorang yang dapat membimbing saya dan menghilangkan kedahagaan saya sejak masih kecil.

Pada suatu hari, saya melihat video ceramah Guru di televisi, dan hidup saya berubah dengan drastis. Tanpa dapat dipahami mengapa, sejak hari itu, saya telah menjadi seorang vegetarian, walaupun Guru tidak menyebutkan masalah vegetarian dalam ceramah itu. Hari selanjutnya, tanpa diketahui mengapa, saya mempunyai dorongan kuat untuk mempelajari lebih dalam tentang "Maha Guru Ching Hai," dan menelpon nomor yang muncul di akhir ceramah. Semua yang saya ketahui adalah bahwa mataNya menembus sangat dalam ke hati saya, dan suaraNya seperti musik dalam telinga saya. Ada sesuatu dalam diri Beliau yang sangat akrab. Sepertinya saya sudah mengenal Beliau. Tapi bagaimana mungkin? Ini pertama kalinya saya melihat Beliau dan mendengar nama Beliau. Bagaimanapun, setelah membaca majalah Guru, buku, dan menonton kaset ceramah di center setempat, saya mulai merasa mabuk akan tatapan dan suara Beliau. Ceramah yang mengagumkan, lebih dari harapan saya. Guru menjawab semua pertanyaan saya dan membuat saya merasa dekat dengan Tuhan. Saya merasa bahwa Guru telah memberikan kedamaian yang saya cari sepanjang hidup saya.

Saat saya diinisiasi tiga bulan kemudian, Guru tidak hanya mengajarkan saya tentang komunikasi yang benar dengan Tuhan, tapi juga membimbing saya langkah demi langkah dalam perjalanan kembali ke rumah. Dengan adanya Beliau di sisi saya, saya tidak takut akan rintangan. Cinta Beliau melingkupi saya tiap detiknya dan sangat kuat sehingga saya dapat merasakannya sekalipun saya sedang tidur. Beliau telah menghubungkan saya dengan Guru batin saya dan mengajarkan saya bahwa kekuatan Guru senantiasa menyertai saya selama 24 jam sehari. Sekarang saya mengetahui bahwa Tuhan telah mengirimkan Beliau untuk menunjukkan jalan pulang, tempat asal saya, tempat yang telah saya impikan sejak masih kecil.

Terima kasih Guru untuk menerima tantangan dalam membawakan pesan Tuhan untuk kami dan mengingatkan bahwa kita adalah anak-anak Tuhan. Saya tahu bahwa pekerjaanmu yang terberat. Engkau harus berurusan dengan kebodohan batin kami, Engkau juga menahan kesepian, kesedihan dan kesengsaraan berulang kali atas kehendak Tuhan. Engkau mengetuk pada pintu kami, dan kami tidak menganggapinya. Berulang kali Engkau memanggil nama kami, tapi kami tidak mendengar. Saat kami jatuh, Engkau adalah orang pertama yang ada di samping untuk menghibur, memotivasi dan memberi kekuatan untuk terus bertahan. Engkau membesarkan hati kami untuk terus melanjutkannya sampai kami mencapai akhir, dimana Tuhan akan menunggu kami dengan tangan terbuka. Terima kasih padaMu, Tuhan dan Terima kasih padaMu, Guruku. Kata-kata ini tidak dapat mengungkapkan betapa saya cinta padaMu dan betapa Engkau sangat berarti bagi saya.


Keajaiban Guru

Jamu Obat Yang Disiapkan Dengan Sempurna

Diceritakan oleh saudari Wang dari Cina Daratan dan
direkam oleh seorang utusan Quan Yin

Suatu pagi pada pertengahan Maret 2001, setelah saudari Wang membuat sarapan untuk keluarganya, ia mulai menyiapkan jamu obat dari tumbuh-tumbuhan yang telah diresepkan oleh seorang dokter untuk seorang rekan inisiat yang dirawat di rumah sakit. Ketika sudah waktunya baginya untuk pergi bekerja, ia meninggalkan rumah dengan tergesa-gesa, lupa untuk mematikan kompor gasnya, dimana jamu itu sedang dimasak dalam sebuah panci. Ia tidak sadar bahwa ia belum mematikan kompor gas sampai ia kembali ke rumah dari kerja, dan berpikir sendiri, "Ini mengerikan ! Jamunya pasti hangus!" Saudari Wang kemudian mematikan gas, membuka tutup panci, dan menemukan bahwa sebuah keajaiban telah terjadi: Jamunya tidak hangus sama sekali; malahan, ramuan obatnya terasa pas walaupun nyata-nyata telah dimasak di atas kompor dari jam 7:30 pagi sampai 16:30 sore. Sungguh ajaib! Kecerobohan saudari Wang dapat menyebabkan sebuah bencana yang mengerikan tanpa campur tangan Guru yang penuh perhatian! Kekuatan Guru benar-benar maha berada (omnipresent)!

 


 

Berkah Guru - Sebuah Kesempatan Untuk Hidup Lebih Lama

Diceritakan oleh saudara Wang dari Cina Daratan dan Direkam oleh seorang utusan Quan Yin

Beberapa tahun yang lalu, ketika saudara Wang baru mengenal ajaran Guru selama kurang dari 40 hari, ia secara tidak sengaja jatuh dari ketinggian lima meter di atas tanah dalam perjalanannya untuk mengantar beberapa peralatan. Seorang dokter mendiagnosa adanya patah tulang pada tulang kedua bagian bawah tulang belakang dan terlepasnya pergelangan kaki kiri. Kemudian sang dokter segera memasang gips pada pergelangan kaki tersebut dan memberi resep obat penyembuh tulang, tetapi saudara Wang khawatir untuk memakan pilnya karena mengandung bahan dari binatang. Ia berpikir lama sekali dan akhirnya memutuskan tidak akan memakan pilnya karena jika melakukannya akan menghambat inisiasinya. Sebagai gantinya, ia berketetapan untuk membiarkan Guru mengatur segalanya.

Pada saat itu, banyak rekan inisiat dan calon inisiat merasa tersentuh dan gembira akan keputusan saudara Wang dan mendukungnya dengan kuat karena mereka semua percaya bahwa kekuatan Guru jauh lebih efektif dari pada pil. Para inisiat memberikan perhatian dan dorongan semangat melalui tindakan mereka. Beberapa membawakannya kaset Guru; beberapa menemaninya dan mengurusnya di rumah sakit, yang lain memasak makanan vegetarian untuknya. Saudara Wang hanya bisa berbaring di tempat tidurnya, menderita kaku di bagian bawah tulang belakangnya dan kram yang hebat di sendi-sendinya. Walaupun begitu, ia diam-diam memasukkan obat yang diberikan oleh perawatnya ke dalam sebuah kantong plastik. Kaset Guru selalu diputar di sebelah tempat tidurnya, dan ia mengulang nama Guru terus-menerus, berdoa agar Beliau memberikannya kekuatan untuk mengatasi rasa sakitnya.

Di bawah perhatian begitu banyak orang, dan khususnya melalui berkat Guru, saudara Wang dapat merasakan kembali bagian bawah tulang belakangnya dalam seminggu dan bahkan dapat bangun untuk duduk. Setengah bulan kemudian, ia dapat pergi ke kamar mandi dengan bantuan sebuah tongkat! Hanya dalam waktu sebulan lebih, ia meninggalkan rumah sakit dan kembali ke rumah. Saudara Wang sangat paham bahwa Guru telah memberikan kesempatan hidup lebih lama padanya dan ia sangat bersyukur akan hal itu.

 


 

Seorang Anggota Keluarga Inisiat Mendapatkan Bantuan Guru

Oleh saudari inisiat Aimee Blossom Fanton, Byron Bay/Northern Rivers, Australia (Asal dalam Bahasa Inggris)

Beberapa minggu sebelum adik saya tiba waktunya untuk melahirkan anaknya yang ketiga, dokternya menemukan bahwa ia mengalami komplikasi kelahiran dan segera dibawa ke rumah sakit, namun syukurnya, bayinya lahir bahagia dan sehat tetapi dalam kondisi yang tidak biasanya. Pada saat kelahiran terdapat banyak sekali cairan. Hal ini biasanya terjadi pada seorang bayi yang memiliki kelainan bentuk (cacat) yang parah atau mengalami eclampsia - sebuah kondisi dimana tekanan darah sang ibu menjadi sangat tinggi sehingga menyebabkan darah yang beracun mengalir ke tubuh sang bayi. Akan tetapi, tak satupun dari komplikasi ini terjadi, dan para dokter kebingungan.

Sang bayi lahir sehat dengan hanya satu jari kelingking yang cacat. Jadi para doktor menduga bahwa mungkin ada perubahan kromosom dan kerusakan otak. Akan tetapi, hasil tes tidak menunjukkan tanda-tanda kelainan. Saudari saya kemudian mengatakan pada saya bahwa selama kehamilannya ia mengalami ketakutan yang tak masuk akal bahwa bayinya akan lahir cacat. Saat itu kami baru mengetahui bahwa rumah saudari saya terletak dalam sebuah daerah beresiko tinggi akan tegangan listrik yang berbahaya, yang dapat menyebabkan, diantaranya, cacat lahir. Tiga dari tujuh anak yang lahir baru-baru ini dalam keluarga di sekitarnya mengalami kelainan bentuk (kecacatan).

Seminggu sebelum bayi itu lahir, saya mendapat mimpi dimana anak yang belum lahir itu terendam dalam air dan menderita karena tubuhnya yang tidak sempurna. Setelah bangun, saya merasakan patah hati dan sedih yang jarang saya rasakan sebelumnya, dan mimpi yang jelas itu sangat membebani saya pada hari itu. Malam berikutnya saya mendapat mimpi yang lain, tetapi kali ini bayi itu tampak sempurna dan mimpi buruk telah hilang, dan terlihat dalam sekejap dan saya merasakan kasih Guru.

Saya merasa bahwa berkah dan kasih Guru menolong bayi saudari saya dari kehidupan dengan cacat tubuh. Melalui mimpi saya, Beliau membiarkan saya mengalami hanya sedikit patah hati yang mungkin terjadi, dan saya berterimakasih padaNya telah meringankan karma orang yang saya cintai. Sebenarnya, jika kita membiarkan Beliau, Guru selalu menjaga kita dan mengambil karma kita, melebarkan cinta dan kasih sayangNya bahkan kepada orang yang kita kasihi. CintaNya menciptakan sebuah dinding berkat dan pengaman. Beliau benar-benar mengangkat saya ke atas dan saya dipenuhi dengan rasa syukur akan perhatian dan perlindunganNya senantiasa!

 


 

Retret Eropa Memunculkan Ingatan Masa Kecil Akan Perlindungan Guru

Oleh rekan inisiat Wonwilai Rakkandee, Munich, Jerman (Asal dalam Bahasa Jerman)

Karena konferensi-video dengan Guru sewaktu Retret Eropa di Hungaria, Agustus 2002 menjadi saat yang tak terlupakan dalam hidup saya. Setelah konferensi, semua ingatan masa kecil saya akan pengalaman dengan Guru muncul.

Atmosfer ruang konferensi dipenuhi dengan kasih dan berkah Guru segera setelah Beliau muncul di layar, dan saya diliputi kasih selama keseluruhan acara. Saya sangat beruntung dapat berbicara secara pribadi dengan Guru untuk pertama kali di konferensi ini. Hati saya berdebar dengan cepat dan kebahagiaan saya melebihi apapun yang pernah saya rasakan dalam kehidupan saya. Dua hari setelah konferensi, hati saya masih bernyanyi dan penuh kebahagiaan.

Selama meditasi pada hari setelah konferensi, banyak ingatan dan petualangan masa kecil saya muncul dalam pikiran saya. Masa kecil saya sulit dan saya dapat mengingat bahwa pada umur tujuh tahun saya berlari tanpa alas kaki sepanjang jalan di bawah panas matahari Thailand untuk mengumpulkan plastik, botol, logam, dan papan kayu yang kemudian saya jual. Beginilah cara saya membantu pendapatan keluarga saya. Tidaklah banyak, tetapi hal itu memberikan saya rasa damai karena mereka bukanlah keluarga saya yang sebenarnya.

Seringkali saya bersembunyi di sebuah sudut, menangis dan bertanya pada diri sendiri, "Mengapa saya tidak memiliki orang tua? Mengapa tak seorangpun mencintai saya? Mengapa tak seorangpun menginginkan saya? Mengapa saya ditinggalkan sendiri? Di mana keluarga saya? Apa itu cinta? Apa itu Tuhan? Mengapa saya di sini?" Saya memiliki ribuan pertanyaan seperti itu.

Tetapi di malam hari, ketika saya pergi tidur, Budha Sakyamuni, para Bodhisattva atau Budha Maitreya selalu membawa saya dengan mereka ke sebuah dunia yang berbeda, dunia yang indah, dimana saya merasa sangat senang dan gembira. Di sana saya senantiasa merasa sangat dicintai dan kadang-kadang ketika tidak ada Budha atau Bodhisattva datang membawa saya, naga-naga akan datang, meletakkan saya di punggungnya dan terbang kemanapun dengan saya. Pengalaman ini selalu membuat saya merasa sangat bahagia sehingga tidur menjadi tempat berteduh saya dari kehidupan, dari penderitaan duniawi.

Ketika saya melakukan sesuatu yang buruk, sebuah matahari yang aneh bersinar di malam hari dalam mimpi saya. Matahari itu sangat terang sampai saya tidak dapat melihat langsung padanya. Ketika saya tidak bahagia dan menjerit putus asa, matahari ini juga datang pada saya. Sejak masa kecil saya, selama saya ingat, matahari itu menemani saya, dan para Budha, Bodhisattva, dan naga cilik yang manis selalu disampingnya. Ketika saya tidak bahagia, butuh pertolongan atau dalam bahaya (saya hampir meninggal lima kali) mereka selalu di sana.

Ketika saya berumur 24 tahun, tiga malaikat kematian datang mengunjungi saya setiap malam selama hampir sebulan. Selama waktu itu, saya sulit tidur karena setiap kali saya mencoba tidur, mereka datang dan menarik jiwa saya keluar dari tubuh saya. Saya kemudian selalu melafalkan nama Budha, setelah itu mereka segera melepas saya. Tetapi segera setelah saya tertidur, mereka datang kembali.

Setelah sekitar sebulan saya ingin menyerah melawan mereka tetapi kemudian seorang guru Hindu datang kepada saya dalam mimpi. Ia membawa saya ke sebuah rumah yang dipenuhi potret malaikat pelindung Cina. Mereka sangat besar dan kelihatan sangat hidup. Sang guru Hindu meletakkan sebuah kain putih di lantai dan menyuruh saya untuk berbaring di atasnya. Ketika saya sedang berbaring di atasnya, ia berubah menjadi seorang wanita dengan sinar putih tetapi saya tidak tahu siapa ia. Ia berbaring di atas saya dan menutupi kami berdua dengan sebuah kain putih. Setelah itu, semua malaikat kematian dan setan hilang. Di Thailand, ini melambangkan bahwa hidup seseorang telah diperpanjang.

Beberapa bulan kemudian, saya menerima sebuah buku contoh Guru yang sangat usang dan berpikir, "Ya Tuhan, Guru yang begitu tercerahkan! Apakah Beliau masih hidup?" Saya kemudian menulis ke Formosa dan mendapat nomor telepon siswa penghubung di daerah saya. Saya menelepon siswa penghubung itu dan segera setelah kunjungan pertama saya ke Center Dusseldorf, saya meminta untuk belajar Metode Kemudahan.

Ketika berlatih Metode Kemudahan, saya menerima berkah dan pengalaman yang tanpa batas dan saya sudah dapat mendengar Suara. Saya juga dapat merasakan kehadiran Guru Ching Hai setiap detik. Enam bulan kemudian, saya menerima inisiasi. Masa sebelum inisiasi merupakan masa yang penuh kerinduan yang menyakitkan. Ketika akhirnya menerima inisiasi, saya menyadari untuk pertama kalinya siapa atau apakah matahari aneh dan pengikutnya itu. Itu adalah Guru saya yang terkasih.

Saya selalu merasa ingin menangis ketika saya berpikir bahwa Guru telah menjaga saya sejak lahir dan bahkan sebelumnya, karena ibu saya mencoba menggugurkan saya dengan berbagai cara. Guru menjaga saya dari semua pengaruh negatif yang ingin menghancurkan saya dan kemudian ingin mencegah saya menerima inisiasi. Saya tahu apa yang Guru telah lalui sehingga saya dapat menerima inisiasi, dan dengan itu, pembebasan akhir. Untuk pertama kali saya menyadari apa artinya kebahagiaan, kegembiraan, kasih sayang dan cinta. Saya tidak tahu bagaimana harus berterima kasih padaMu; tidak ada kata-kata yang dapat mengungkapkan rasa syukur saya; saya hanya dapat memberikanMu sebuah puisi yang tersusun dari kata-kata yang kering. Saya berharap sekalipun demikian Engkau dapat merasakan dalam hati saya apa yang saya rasakan padaMu, karena Engkau dan saya adalah "kembar" seperti yang Engkau tulis dalam salah satu puisiMu.

 


 

Karena Engkau


Cinta dalam diriku dapat menjadi kuat...karena Engkau mempercayaiku,
Sisi romantisku dapat lahir...karena Engkau mencintaiku,
Aku memiliki sebuah hari yang indah dan di malam hari bermimpi seperti seorang bayi...cukup jika Engkau menatapku.
Aku memiliki keabadian Surga disini dan sekarang...karena Engkau bersamaku.


Seluruh keinginanku terpenuhi karena Engkau dalam kehadiranku
Tetapi jika Engkau tidak berada disisiku, Ibu,
Saya akan segera kelelahan, seperti seekor ikan di tanah yang kering
Saya akan menderita dan mati...tanpa cinta, tetapi penuh ketakutan,


Lenyap..tanpa cahaya; kegelapan dimana-mana,
Sendiri...tanpaMu, saya tersesat di angkasa ketidakpastian.
Kemanakah jiwaku akan pergi, tanpa petunjukMu?
Kemanakah jiwaku dapat berlindung, tanpa kasihMu?
Kemanakah jiwaku dapat beristirahat, tanpa cintaMu?


Hanya dalam diriMu aku dapat menemukan diriku, Guru.
Hanya dalam diriMu aku dapat memiliki keselamatan, Ibu.
Hanya dalam diriMu aku dapat melihat keagungan, Cahaya suciku.
Hanya dalam diriMu saya merasakan cinta dan penerimaan


Karena Engkau selalu membawaku dalam hatiMu;
Karena Engkau adalah sang Cahaya;
Karena Engkau adalah sang Jalan;
Karena Engkau adalah sang Tanda;
Karena Engkau adalah sang Keindahan;
Karena Engkau adalah sang Maha;


Yang paling agung dari semua,
Raja dari para Raja,
Keagungan Semesta.


Karena Engkau, semuanya mulai terbangunkan.
Dalam Teratai Surgawi.


Guru Berkata

Mencapai Jaman Baru Dari Kesadaran Alam Semesta

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Malaysia, 25 Februari 1992
(Asal dalam Bahasa Cina) Kaset Video No. 218

Seperti peribahasa Cina yang berbunyi," Kita perlu mengolah diri sendiri, membuat suasana harmonis dalam keluarga kita, sebelum kita dapat memimpin suatu negara dan membawa perdamaian ke dunia." Ketika Guru yang tercerahkan ini berkata "membawa perdamaian ke dunia," besar kemungkinannya ia hanya menunjuk kepada negara Cina, dan bukannya dunia secara keseluruhan dalam arti yang lebih luas. Meskipun demikian, sekarang kita dapat memperluas definisinya lebih lanjut, karena pada saat ini semua negara-negara di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dan saling mengadakan pertukaran. Saya yakin bahwa suatu hari nanti komunikasi dan saling pertukaran ini tidak lagi terbatas pada negara, tetapi akan meluas ke planet lain juga. Kita seharusnya mulai memperluas pemikiran kita dan mempersiapkannya dari sekarang. Jika tidak, pada saat waktunya tiba, kita, atau anak kita, menjadi tidak siap.

Ketika saya masih kecil, saya mempunyai mimpi besar, cita-cita yang tinggi. Saya menginginkan jika saya nanti dewasa, beberapa makhluk abadi dan makhluk Surgawi datang mengajari dan membukakan kebijaksanaan saya, serta mereka akan mengajari saya bagaimana caranya terbang ke Surga dan terbang kembali ke bumi. Saya tidak tahu kenapa saya mempunyai cita-cita yang demikian ketika saya masih kecil, tetapi impian saya akhirnya menjadi kenyataan! Oleh karena itu, kadang-kadang ada baiknya juga kita mempunyai mimpi-mimpi dan cita-cita. Jika kita benar-benar tulus dan pikiran kita terpusat pada keinginan itu, pada suatu hari akan menjadi kenyataan. Orang Amerika juga mempunyai peribahasa yang berbunyi: "Jika Anda tidak mempunyai impian, bagaimana mungkin impian Anda akan menjadi kenyataan?"

Persiapan Menjadi Anggota dari Federasi Galaksi

Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus mempersiapkan mental. Barangkali pada suatu hari nanti kita akan memiliki sejenis hirarki antar planet. Ini tidak hanya sekedar mimpi; saya mempunyai keyakinan bahwa pada suatu hari nanti ini akan benar-benar terjadi. Mengenai kapan terjadinya, itu tergantung pada kita sebagai manusia bumi sejauh mana kita telah mempersiapkan diri, dan kapan planet lain mau berkomunikasi dengan kita. Sesungguhnya, mereka telah berkomunikasi dengan kita sejak dahulu. Sebagai contoh, UFO dan makhluk-makhluk dari beberapa sistim tata surya telah menampakkan diri sejak lama, tetapi mereka masih sangat berhati-hati. Jika kita mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan mereka, mereka akan mengajari kita ilmu pengetahuan yang tinggi.

Ada sebagian orang yang punya kemampuan berkomunikasi dengan planet-planet lainnya. Kadang-kadang mereka menulis buku atau membuat film tentang hal itu. Extra-Terretrials (Mahkluk luar angkasa) dari planet lain kadang-kadang ingin datang dan berkomunikasi dengan kita, tetapi mereka takut dengan kita, karena kita manusia bumi agak kurang ramah dan kejam. Bila sebelumnya kita memberikan sedikit perhatian pada apa yang terjadi dengan Yesus, kita akan mengakui kebenaran dari ulasan ini. Akan tetapi, daripada menyalahkan diri sendiri, sebaiknya kita mencoba mencari apa yang perlu kita perbaiki.

Pertama-tama, kita perlu memperluas pemikiran kita sehingga dapat mencakup seluruh alam semesta, daripada sekedar pemikiran mengenai keluarga dan negara kita saja. Kita adalah manusia, "Guru dari semua makhluk dalam Karya Penciptaan." Karena itu, kita harus memperluas cara berpikir kita, sehingga kita berhak mendapatkan status sebagai guru dari semua makhluk Ciptaan. Mungkin kita masih belum mengerti kenapa kita begitu agung, dan kenapa kita adalah guru dari semua makhluk Ciptaan. Oleh karena itu, kita perlu mulai mengubah dan memperluas pola pemikiran kita. Tidak ada bahayanya jika seseorang memiliki mimpi-mimpi yang sensasional atau tak masuk akal; barangkali pada suatu hari nanti mimpi-mimpi itu akan menjadi kenyataan .

Bagaimana cara mengubah pemikiran kita? Kita bisa melakukannya dengan membaca kitab suci, dan darinya belajar cara-cara memperluas pemikiran dan semangat dalam menekuni latihan rohani. Disamping itu, kita bisa mendengarkan ceramah-ceramah. Sebagian orang adalah praktisi rohani yang punya kemampuan; mereka mampu berkomunikasi dengan makhluk hidup dari berbagai alam lainnya. Misalnya, ketika Budha Shakyamuni masih hidup, Ia banyak mengetahui berbagai alam rohani, berbagai planet. Itulah sebabnya sekarang ini kita memiliki kitab suci yang relevan dengan kita. Misalnya, Sutra Amitabha menceritakan Alam Budha Amitaba. Yang lainnya seperti Bab Pintu Universal pada Sutra Teratai juga menggambarkan berbagai alam lainnya. Pada jaman sekarang ini, juga terdapat banyak orang yang mampu mengerjakan hal yang sama dengan yang dikerjakan oleh Budha Shakyamuni; mereka dapat mengadakan perjalanan ke alam semesta dan tidak hanya di dunia ini saja.

Dapatkah Anda bayangkan bahwa dua atau tiga ratus tahun yang lalu, orang-orang bahkan tidak menyadari bahwa benua Amerika itu ada? Sekarang Amerika menjadi salah satu negara adikuasa di dunia, memiliki pengaruh besar di seluruh dunia. Tetapi, beberapa ratus tahun yang lalu negaranya belum ada! Tidak seperti orang-orang modern, orang-orang pada saat itu belum mempunyai mesin-mesin canggih seperti pesawat terbang, mesin fax, telpon, perekam video, kamera, dan sebagainya. Akan tetapi, dalam jangka waktu yang singkat, bangsa Amerika telah mendirikan negaranya sendiri, membangun dan mengembangkannya, serta mendidik penduduknya. Dalam waktu yang singkat, mereka telah berubah menjadi negara adikuasa nomor satu atau nomor dua di dunia. Hanya dalam beberapa ratus tahun saja, bangsa Amerika telah mencapai banyak hal. Dapatkah anda bayangkan hal-hal yang menarik apalagi, yang akan terjadi di bumi kita dalam beberapa dekade atau abad mendatang? Oleh karena itu, Hirarki Antar Planet yang baru saja saya ucapkan bukanlah hanya sekedar mimpi.

Colombus adalah pahlawan yang menemukan benua Amerika. Beberapa waktu sebelumnya, ia melihat benua Amerika dalam penglihatan batinnya; ia sudah tahu lebih dahulu. Akan tetapi ia tidak bisa mengungkapkan kepada orang lain yang dipimpinnya bahwa ia telah melihat sebuah daratan; oleh karenanya, pada waktu itu sebagian orang berpikiran bahwa ia adalah orang gila. Di dalam kapalnya yang kecil, dan tanpa persediaan makanan yang cukup, mereka berlayar begitu saja mengarungi lautan yang nampak seakan-akan tanpa tujuan yang jelas. Sebenarnya, Columbus sudah melihat segalanya di dalam mimpinya. Akan tetapi, jika pada saat itu ia mengatakan kepada orang-orangnya bahwa ia telah melihatnya dalam mimpi, dan bahwa mereka pasti akan menemukannya, tentu saja kebanyakan dari mereka tidak akan percaya.

Sebenarnya, banyak yang menjadi ragu. Ketika mereka hampir mendekati benua Amerika, tidak ada lagi makanan yang tersedia di kapal. Mereka harus makan kulit sepatunya sendiri. Para awak kapal yang berlayar bersama Columbus sangat marah, dan menyalahkan Columbus yang memimpin mereka menuju kematian. Mereka tidak percaya atas keberadaan benua baru Amerika, dan hampir saja menewaskan Columbus. Menghadapi keadaan yang demikian sulit itu, Columbus tetap tenang dan percaya diri. Justru disebabkan karena ketenangan dan kepercayaan dirinya yang tinggi maka negara Amerika yang kuat saat ini, dapat terwujud.

Hal yang sama terjadi pada seorang Guru Tercerahkan yang mulai menyebarkan ajaran Kebenaran. Banyak halangan, kesulitan, penghinaan yang dihadapinya. Semuanya itu dipikulnya sendiri. Orang-orang di sekitarnya, termasuk murid-muridnya, mungkin tidak bisa mengerti semangat tenggang rasa dan maksud yang sesungguhnya. "Segala sesuatu memang sangat sulit pada permulaannya." Akan tetapi, Kebenaran akhirnya akan bersinar terus. Itulah sebabnya, meskipun Yesus Kristus disalib, ajaran dan namaNya tetap terus diceritakan dari generasi ke generasi. Kini, setelah dua ribu tahun, kita masih mengenal sejarahNya .

Pada suatu hari di masa mendatang, extra-terrestrials (makhluk luar angkasa) dari planet lain akan muncul di depan kita dan berkomunikasi dengan kita secara terbuka. Kemudian kita dapat belajar dari mereka dan saling bertukar pengalaman satu sama lain. Oleh karenanya, kita sekarang harus siap secara fisik dan mental. Bagaimana cara kita mempersiapkan diri? Kita harus membetulkan gaya hidup kita yang tidak sesuai. Andaikan kita belum mempunyai pengertian yang cukup tentang dunia dan alam semesta, kita seharusnya mulai mengadakan penelitian sedikit demi sedikit. Apabila kita memperhatikan banyak kejadian-kejadian yang tidak adil di dunia, seharusnya kita ikut membantu dan mengubahnya.

Akan tetapi, perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri, dan cara terbaik untuk mengubahnya adalah berhubungan dengan daya kuasa Tuhan, dan membiarkan daya kuasa Tuhan mengubah diri kita. Dengan cara ini, kita tidak perlu merasa takut kalau mengerjakan sesuatu dengan cara yang salah, atau diperdaya oleh ego kita. Jika tidak, kita mungkin berpikir bahwa kita telah berubah, padahal sebenarnya belum. Kita harus berlatih mawas diri. Apabila kita menemukan bahwa diri kita masih memiliki keinginan yang tinggi untuk memperoleh ketenaran dan keuntungan, dan sikap rakus/tamak, marah dan tergila-gila akan sesuatu, maka kita harus memperbaikinya. Akan tetapi, ini tidaklah mudah. Tanpa kekuatan dari seorang Suci yang tercerahkan, dari Tuhan, tidaklah mudah mengubah diri kita.

Tuhan Adalah Kekuatan Cinta-Kasih Yang Tertinggi

Tuhan betul-betul maha pengasih dan penyayang; Ia akan memberikan kita segalanya. Akan tetapi kita harus tahu bagaimana cara menerimanya, dan kita harus sabar menunggu dan percaya pada Tuhan dengan tulus. Dan percaya saja belumlah cukup; kita juga perlu berkomunikasi dengan Tuhan. Hanya pada saat kita dalam perasaan yang dekat dengan Tuhan, kita akan mengerti situasi baik macam apa yang telah diatur olehNya untuk kita, dalam aspek apa Tuhan menjaga kita, dan hal bermanfaat apa yang telah dilimpahkan kepada kita. Jika tidak, meskipun kita berdoa dengan tulus dan Tuhan sudah memberikan tanggapan kepada kita, kita tidak akan sadar. Kadang-kadang, barangkali Tuhan telah memberikan kita beberapa hal yang baik, tetapi kita tidak tahu dan berpikir bahwa itu tidak bagus karena bukan yang kita harapkan. Dan kita menyalahkan Tuhan karena tidak mengabulkan doa kita, yang pada kenyataannya akan berakibat buruk terhadap diri kita. Akan tetapi kita tidak tahu dan tidak mengerti, sehingga kita berpikir bahwa Tuhan tidak pengasih dan tidak menolong kita. Saya mengatakan ini dari pengalaman pribadi.

Dengan berlatih Metode Quan Yin, segala sesuatu yang kita doakan, sepanjang hal itu baik untuk kita, cepat atau lambat akan kita dapatkan. Hanya masalah waktu saja. Kenapa dibutuhkan waktu? Karena Tuhan perlu mengatur. Jika seseorang berdoa untuk sesuatu hal, kadang-kadang tidaklah semata-mata hal itu saja, dan juga tidak menyangkut dirinya saja, tetapi bisa melibatkan banyak orang. Karena itu, apabila Tuhan ingin mengatur sesuatu bagi seseorang, kadang-kadang Ia mesti mengatur banyak orang yang mempunyai jalinan hubungan dengannya. Atau waktunya belum tepat. Andaikan Tuhan memberikannya terlalu cepat, maka dapat berakibat buruk pada dirinya. Jadi, Tuhan harus terlebih dahulu memberikannya kepada orang lain, dan baru kemudian memberikan pada dirinya jika waktunya sudah tepat dan situasinya baik. Dengan begitu akan menjadi baik bagi dirinya.

Tuhan melambangkan cinta-kasih. Kalau kita mengatakan bahwa Tuhan tidak baik, atau menganggap Tuhan menciptakan banyak kesulitan, dan membiarkan Dunia ini menderita, maka kita berlaku sangat tidak adil terhadapNya, dan betul-betul salah paham terhadapNya. Semenjak saya mengenal Tuhan, Ia selalu sangat baik dengan saya, Ia adalah teman baik saya , Kekasih yang paling baik, Suami yang paling baik, Ayah yang paling baik, Ibu yang paling baik , dan Ia adalah segalanya. Sayangnya, saya tidak dapat menunjukkan kepada Anda, kesadaran dan perasaan saya terhadapNya, juga yang disebut dengan kekeluargaan dan cinta-kasih diantara Kami. Akan tetapi saya mengetahui dengan sejelas-jelasnya, Ia adalah kekuatan cinta-kasih yang tertinggi dan yang terkaya. Tidak ada sesuatu yang bermanfaat untuk saya dan para makhluk hidup lainnya yang tidak Ia kerjakan .

Barangkali ada yang bertanya, jika Tuhan adalah kekuatan cinta-kasih yang tertinggi, kenapa masih saja terjadi penderitaan, kesulitan dan bencana alam di dunia? Hal itu disebabkan karena kita tidak tahu bagaimana caranya menerima rahmat atau berkomunikasi denganNya. Kita berjalan pada arah yang salah dan memohon hal yang salah. Saya dapat menjamin bahwa jika setiap orang berlatih Metode Quan Yin, dunia sudah damai sejak dahulu . Akan seperti kelompok kita, sangat damai. Meskipun ada seribu atau puluhan ribu orang berkumpul bersama, kita masih tetap tenang. Setiap orang mengerjakan bagiannya masing-masing. Dan setiap orang sangat bahagia dan puas; setiap orang wajahnya bersinar-sinar. Kita semua memenuhi kawajiban masing-masing di masyarakat. Pada saat bermain, kita bermain dengan sepenuh hati dan riang gembira. Pada saat bekerja, kita juga bekerja dengan sepenuh hati dan bahagia.

Kebanyakan dari rekan-rekan sepelatihan kita bekerja sangat cepat. Apapun yang mereka doakan pasti terkabul. Sepanjang mereka berdoa untuk hal-hal yang baik, Tuhan pasti akan mengabulkan keinginan mereka. Hal yang sama berlaku untuk saya. Tetapi karena saya jarang berdoa untuk meminta sesuatu, sedikit saja yang bisa saya bagikan kepada anda. Akan tetapi, murid-murid saya, hampir semua dapat menulis sebuah buku tebal tentang pengalamannya setelah mereka berlatih Metode Quan Yin dan menyucikan dirinya melalui perbuatan, ucapan dan pikirannya. Termasuk pengalaman bagaimana Tuhan merawat dan memanjakan mereka, bagaimana Tuhan melimpahkan rahmatNya yang begitu besar kepada mereka, dan sebagainya. Di pihak saya, saya hanya bisa berbicara tentang bagaimana Tuhan membantu tugas saya dalam memberikan ceramah, menjaga murid-murid saya, dan membantu saya membawa kegembiraan dan kebahagiaan kepada orang banyak. Selain itu , Ia juga banyak membantu saya berkenaan dengan keuangan , kebijaksanaan dan organisasi. Jika tidak ada Tuhan, saya akan menjadi orang yang tak berguna, dan prestasi saya "nol. "

Cara Menerima Rahmat Tuhan

Oleh karena itu, Saya ingin memperkenalkan kepada Anda seorang yang disebut sebagai "Tuhan." Atau anda boleh menyebutNya "Hakekat Tuhan" atau " Ketuhanan." Ia adalah seorang yang sangat baik, seorang yang amat kaya. Jika kita betul-betul mengetahui bagaimana cara mencapaiNya di dalam dan meminta pertolonganNya, Ia akan menolong kita dalam berbagai hal. Ia akan mencoba dengan berbagai jenis metode untuk menolong kita, melalui banyak orang dan dalam situasi yang berbeda-beda. Kebanyakan orang mencari Tuhan dari luar, jadi mereka tidak menemukan Tuhan yang sebenarnya. Oleh karena itu, doa mereka tidak terjawab. Semua ajaran dan cerita yang saya sampaikan kepada Anda adalah pengalaman pribadi saya dan murid-murid saya. Saya tidak mendapatkannya dengan membaca buku atau kitab suci. Saya telah mengalami keagungan Tuhan; saya telah menemukan dimana Dia berada; saya dapat melihatnya setiap hari. Oleh karena itu, saya dapat menjamin semuanya ini adalah yang sebenar-benarnya.

Saya dahulu seorang Katolik, dan telah mendengar tentang keberadaan Tuhan. Akan tetapi, pada saat itu saya tidak memujiNya karena saya sebenarnya tidak tahu dimana Ia menjaga saya. Dunia yang saya lihat saat itu penuh dengan kesedihan dan ketidakadilan, yang membuat diri saya merasa sangat benci. Saya ragu kenapa Tuhan tidak menjaga anak-anakNya, tetapi sebaliknya membiarkan mereka sangat menderita. Sekarang saya mengerti, tetapi saya tidak bisa menyampaikan semua apa yang telah saya pahami, karena bahasa tidak mungkin mampu mengungkapkan cinta kasih Tuhan. Saya dapat menyampaikan dengan jujur, dengan jelas dan pasti bahwa Tuhan maha pengasih dan maha pemurah! Hanya jika kita tahu bagaimana cara menemukan dan berkomunikasi denganNya, kita akan memiliki segalanya. Ia akan membantu kita dalam segala hal. Ini sungguh benar!

Andaikan, dengan cara berdiri dengan satu kaki atau berlutut di sini sepanjang malam menyembah Tuhan, dapat membuat Anda menyadari bagaimana saya menyembah Tuhan, maka akan saya lakukan itu. Kadang-kadang saya tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan rasa terimakasih dan kegembiraan saya; saya tidak tahu dengan siapa saya harus berbicara. Rekan-rekan sepelatihan kami dapat mengerti, tetapi juga tergantung pada tingkatan mereka. Semakin maju mereka semakin mudah menyadari cinta kasih Tuhan, karena mereka telah menerima berkah Tuhan yang tak terbatas. Semakin banyak mereka bermeditasi dan memurnikan perbuatan, ucapan, dan pikiran mereka dan menjalankan pola makan vegetarian, serta semakin ketat mereka mematuhi pantangan, maka mereka akan semakin mampu merasakan cinta-kasih Tuhan.

Bukannya karena kita bervegetarian, atau karena kita bermeditasi atau berpikir tentang Tuhan maka Ia menjaga kita. Ini kelihatan seperti kita menyogok Tuhan atau berbisnis dengan Tuhan. Bukan begitu. Sebabnya hanya setelah kita menjadi seorang vegetarian, mematuhi pantangan dan memurnikan perbuatan, ucapan dan pikiran kita, kita akan dapat menyadari bagaimana Tuhan telah menjaga kita. Sebelumnya, kita tertipu oleh segala macam pikiran-pikiran yang membingungkan. Tuhan menjaga kita dan memberitahu kita apa yang harus dikerjakan, tetapi kita tidak mendengarnya. Kita mengarah pada arah yang berlawanan, menuju pada kesulitan dan keruwetan. Tuhan telah memberikan kita banyak hal, tetapi kita membuangnya dan membiarkannya habis. Kalau sebuah cangkir diletakkan menengadah, maka akan dapat menampung air. Tetapi jika diletakkan terbalik, maka semua air yang ada didalamnya tertumpah habis. Atau misalkan kita memakai jas hujan, kalaupun kita berjalan keluar pada saat hujan turun sepanjang hari, kita tidak akan basah.

Cinta-kasih Tuhan ada selamanya. Selalu di dekat kita, di dalam maupun di luar kita; di mana-mana. Akan tetapi, kita menutup diri kita sendiri dengan ide praduga dan kebiasaan yang diperoleh dari berbagai masa kehidupan, dan kemudian mengatakan Tuhan tidak adil dan tidak pernah memberkati kita. Yang benar adalah bahwa kita gagal meletakkan cangkir menengadah. Berlatih Metode Quan Yin, adalah semudah memutar kembali cangkir yang letaknya terbalik ke posisinya yang benar! Oleh karena itu, mulai hari itu dan seterusnya, kita selalu diisi oleh air suci, dipenuhi oleh rahmat Tuhan. Metode ini benar-benar sangat sederhana, kalau kita tahu bagaimana cara melakukannya.

Mereka yang berlatih Metode Quan Yin tidak pernah mengenal apa artinya "lelah", kecuali bilamana mereka dibebani oleh karma para makhluk hidup. Kita bekerja banyak tetapi membelanjakannya sedikit, karena kita tidak terlalu banyak makan dan tidur. Sehari-hari kita hanya makan makanan vegetarian, mematuhi lima pantangan dan mengikuti pola hidup sederhana. Siang ini, seorang murid berkata kepada saya, "Guru, jika semua orang di dunia ini berlatih metode Quan Yin, pasti tidak akan ada perang dan kelaparan. Kita akan bekerja dengan cepat; kita akan saling membantu dan percaya satu sama lain. Dunia akan menjadi Surga!" Saya setuju dengannya.

Meskipun praktisi Metode Quan Yin akan mendapatkan apa yang diminta dalam doanya, tetapi kita sangat jarang sekali berdoa meminta sesuatu kecuali dalam keadaan darurat. Keinginan kita semakin berkurang. Kita bekerja mencari uang seperlunya, dan makanan vegetarian cukup murah. Lagi pula, didalam mematuhi lima pantangan, kita tidak mencuri atau meminum minuman beralkohol, kita tidak mengambil suami atau istri orang lain, dan tidak menyalah gunakan obat-obat terlarang. Kebutuhan makanan kita berkurang dari sebelumnya, kehidupan kita sederhana, dan pengeluaran kita menurun dengan sendirinya. Oleh karena itu, kita tidak mempunyai masalah keuangan . Setelah selesai bekerja , kita bermeditasi bilamana ada cukup waktu, jadi kita tidak bermain-main menuruti kesenangan atau berbuat yang tidak benar. Pulang ke rumah setelah bekerja, kita bermeditasi atau mengikuti meditasi kelompok. Setiap hari kita mendengarkan ajaran Guru. Kita sebenarnya sama sekali tidak punya waktu maupun keinginan melakukan perbuatan-perbuatan jahat.

Akan tetapi, ini hanyalah mimpi saya. Apakah akan menjadi kenyataan atau tidak masih tergantung dengan Kehendak Tuhan. Jika seluruhnya atau setidaknya separuh dari penduduk dunia berlatih Metode Quan Yin, maka dunia ini betul-betul akan sangat tertolong. Selanjutnya kita akan dapat menawarkan bantuan kepada para ilmuwan dan dokter yang menonjol. Sebagian dari mereka telah menciptakan peralatan canggih yang dapat membantu menyembuhkan penyakit; sebagian dari peralatannya bahkan mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Akan tetapi, karena kekurangan dana, peralatan ini tidak dapat dikembangkan . Sebagian dari para ilmuwan telah berhasil menciptakan mesin canggih yang dapat memenuhi kepentingan banyak orang dalam waktu yang singkat, tetapi mereka kekurangan bantuan. Sebaliknya, ada sebagian orang yang iri hati dan merusak proyek mereka, sehingga menghalangi perkembangannya.

Apabila semua orang berlatih Metode Quan Yin dan saling mendukung satu sama lain, memberikan sumbangan kepada masyarakat tanpa pamrih, memberikan pelayanan kepada Tuhan dan umat manusia dengan sepenuh hati, maka setiap orang akan dapat mengembangkan bakatnya masing-masing. Para ilmuwan akan menciptakan berbagai jenis peralatan mesin yang berguna bagi kita semua. Para dokter juga akan dapat membuat berbagai resep dan peralatan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dengan cara ini, dunia kita tidak saja terangkat secara rohani, tetapi juga mempunyai alat-alat canggih untuk menyembuhkan penyakit dan membuat hidup kita menjadi lebih nyaman. Pada saat itu, kita sama sekali tidak akan berkeinginan untuk pergi ke nirwana. Barangkali ini hanyalah mimpi saya saja, tetapi akan bisa menjadi kenyataan. Jika saya memperoleh berkah dari Anda, berkah dari Anda semua, mimpi itu pasti akan tercapai!

 


Acara TV Maha Guru Ching Hai

Sejak bulan Mei 2001, saat acara TV Maha Guru Ching Hai "A Journey Through Aesthetic Realms (Perjalanan Melalui Alam Estetis)" mulai diudarakan di Formosa, acara itu telah menjadi acara kesayangan baik dari para saudara sepelatihan maupun orang kebanyakan. Mulai tanggal 2 November 2002 stasiun TV penyiar akan berganti ke Sun TV, dan acara tersebut akan disiarkan 2 kali seminggu. Jadwal baru acara tersebut adalah sebagai berikut:

Sabtu dan Minggu: 10:00 s/d 10:30 pagi

Penonton di Asia Tenggara yang menerima siaran TV Satelit lewat Sun TV, silahkan mencatat perubahan waktu siaran, perhatikan perbedaan waktu. Untuk mengetahui jadwal terbaru dari acara TV Maha Guru Ching Hai lainnya, silahkan kunjungi URL ini: http://www.godsdirectcontact.net/events/tv.htm 

Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai telah menyiapkan kaset video serial dari Acara TV Maha Guru Ching Hai: A Journey Through Aesthetic Realms, yang dapat disediakan untuk stasiun TV di berbagai negara untuk keperluan penyiaran. Silahkan menghubungi kami lewat email:

Email:art&spirituality@Godsdirectcontact.org 
Fax: 1-413-751-0848 (AS)


Catatan Perjalanan Utusan Quan Yin

Laporan Tentang Berbagi-Kebenaran di Argentina

Oleh Utusan Quan Yin

Kasih dari Bunda Kudus

Di Santo Tome, Propinsi Santa Fe, Argentina, sekelompok praktisi Metode Kemudahan telah lama menunggu inisiasi. Ketika seorang utusan Quan Yin akhirnya tiba di sana pada bulan Juli 2002, seorang saudari sepelatihan di antara mereka mengetahui bahwa dia tidak dapat diinisiasi pada saat itu karena dia tanpa sepengetahuannya telah makan beberapa makanan non-vegetarian. Dia sangat kecewa, tetapi utusan Quan Yin menghiburnya, memberitahu dia untuk terus berlatih Metode Kemudahan dengan tulus sambil menunggu inisiasi berikutnya. Utusan Quan Yin juga memberitahu saudari sepelatihan itu bahwa Guru akan menjaganya dan memberikan bimbingan yang sama. Tetapi saudari itu tetap sangat sedih, dan terus-menerus menangis setelah kembali ke rumah. Lalu tiba-tiba, bentuk transformasi cahaya Guru batin muncul di hadapan saudari tersebut. Karena Guru memakai selendang kepala berwarna putih, saudari itu pertama-tama berpikir bahwa Beliau adalah Bunda Maria, tetapi lalu ketika dia lihat lebih dekat, barulah menyadari bahwa beliau adalah Guru Ching Hai, yang menghibur dia dan tinggal bersama dia sampai dia menjadi lebih rileks, dan lalu cahaya transformasi Guru mulai hilang secara perlahan-lahan.

Ketika saudari itu kembali ikut kelompok meditasi Metode Kemudahan yang diadakan siang itu, dia memberitahu utusan Quan Yin tentang pengalamannya. Dia berpikir bahwa utusan Quan Yin telah melaporkan kepada Guru tentang kegagalan dia untuk diinisiasi karena dia secara salah telah makan daging, dan lalu Guru datang ke rumahnya dalam bentuk manifestasi cahaya batin. Utusan Quan Yin memberitahunya, bahwa Guru selalu bersama dengan kita setiap saat dan tahu segala sesuatunya termasuk apa yang kita ucapkan atau lakukan.

Keesokan harinya, bentuk manifestasi cahaya Guru sekali lagi muncul di hadapan saudari ini di rumahnya dan menunjuk ke saudari yang lain, mengatakan bahwa kedua-duanya penuh dengan cahaya dan saudari itu akan menemani dia sehingga dia tidak akan sendirian. Saudari itu kemudian mengerti bahwa itu adalah pelajaran yang harus dia pelajari. Sekarang dia dalam keadaan baik, mematuhi diet vegetarian dengan ketat dan berlatih dengan rajin.

Ketika sesi kelompok meditasi Metode Kemudahan berlangsung siang itu, beberapa pengunjung ingin tahu lebih banyak tentang ajaran Guru. dan setelah menonton kaset video ceramah Guru, mereka semuanya tinggal untuk belajar Metode Kemudahan, termasuk seorang perempuan yang telah berlatih penyembuhan spiritual dan ingin diinisiasi, tetapi tidak ingin melepaskan metode penyembuhannya. Setelah menanyakan banyak pertanyaan, perempuan itu menyadari bahwa penyembuhan spiritual hanyalah menjaga tubuh fisik yang tidak kekal ini, dan bahwasanya apa yang perlu benar-benar kita jaga adalah Jati Diri kita yang kekal, dan hanya lewat inisiasi jati diri kita dapat dibangunkan. Perempuan ini lalu pulang ke rumah untuk memikirkan wawasan ini dengan sungguh-sungguh. Satu bulan kemudian, perempuan itu melakukan perjalanan khusus ke ibu kota Argentina, Buenos Aires, untuk menerima inisiasi. Dia sangat gembira dengan pengalamannya dan menunggu untuk mempelajari lebih banyak lagi ajaran Guru.

Tuhan Tidak Akan Mengabaikan Satu Jiwa pun yang Rindu

Argentina adalah negara kedua terbesar di Amerika Selatan, dan ibu kotanya, Buenos Aires adalah kota yang besar dan indah. Diantara saudara sepelatihan di Buenos Aires ada banyak seniman, termasuk pelukis, musisi dan penyanyi. Pada satu pesta ulang tahun di bulan Agustus 2002, beberapa saudara sepelatihan yang musisi membawa gitar dan biola mereka dan tampil secara spontan membawakan karya musik yang mereka tulis, dan menyanyikan lagu kesayangan mereka. Semua orang yang ada di pesta juga menikmati kue dan pizza vegetarian yang lezat yang disiapkan oleh saudara sepelatihan, dan menyanyikan lagu ulang tahun dalam bahasa Spanyol, Inggris, Cina, Portugis, Italia, Ibrani dan Arab, dan memberikan ucapan selamat mereka kepada mereka yang berulang tahun di bulan itu.

Tuhan tidak pernah mengabaikan satu jiwa pun yang telah siap untuk kembali ke Rumah Surgawi kita! Seperti yang telah disebutkan di depan, dari bulan Juli sampai Agustus 2002, utusan Quan Yin mengunjungi Argentina dan dua sesi inisiasi dilangsungkan di Buenos Aires. Sepasang kekasih muda yang telah bervegetarian selama beberapa tahun melihat buku contoh Guru di Spanyol. Setelah kembali ke Argentina, pada kunjungan pertama mereka ke center kita, mereka bertemu dengan utusan Quan Yin, yang baru saja tiba di Buenos Aires. Jadi mereka segera mendapat kesempatan untuk berbicara dengan utusan Quan Yin, meminta inisiasi dan segera sesudah itu diinisiasi.

Kekuatan Satu Orang Dapat Mempengaruhi Banyak Orang

Tafi Viejo, sebuah kota kecil di Tucuman, propinsi di Argentina sebelah utara, mempunyai suasana yang damai dan tenang. Seorang saudara sepelatihan di sana dengan tulus berharap agar dapat mengenalkan ajaran Guru kepada orang-orang di daerah itu, karena saudara sepelatihan di Argentina tidak pernah mengadakan seminar video di sana. Tetapi ketika utusan Quan Yin berada di Argentina, saudara itu tidak dapat menemukan tempat seminar yang cocok di Tucuman karena keterbatasan waktu. Akan tetapi, dia menolak untuk menyerah. Kemudian dia menemukan sebuah aula ceramah di tengah kota Tafi Viejo, dimana dia tinggal. Lalu pada tanggal 11 Agustus 2002, saudara itu mengundang famili dan teman-teman nya untuk menghadiri acara itu, sambil berkata, "Saya dengan sepenuh hati berharap bahwa teman-teman saya akan datang untuk mengenal Guru. Beberapa teman saya telah mendengar tentang Guru, dan sudah lama ingin mempelajari metode meditasi Beliau."

Lewat seminar ini, banyak teman-teman saudara sepelatihan ini mengenal Guru dan mulai berlatih Metode Kemudahan, dan yang lainnya menerima inisiasi. Sekarang orang tuanya juga berlatih Metode Kemudahan. Mereka dengan sepenuh hati percaya kepada kekuatan Guru, dan senang mengenalkan ajaran Guru kepada yang lain. Seperti yang telah dikatakan Guru, kita tidak boleh meremehkan kekuatan kita, satu orang dapat mengubah banyak orang.

Ket.gambar:
Saudara sepelatihan dari Santo Tome, Propinsi Santa Fe, Argentina.
Banyak di antara saudara sepelatihan di Buenos Aires merupakan seniman berbakat.

Korespondensi antara Guru dan Murid-Murid

Manfaat Tak Terhingga dari Konferensi-video

Oleh rekan-rekan inisiat di Cina Daratan

Guru terkasih dan termulia,

Kami murid-muridMu di Cina Daratan, sangat berterima kasih karena Engkau telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berpartisipasi dalam konferensi-video global. Karena berbagai sebab, sebagian besar dari kami tidak dapat bertemu dengan Engaku secara pribadi, namun kami semua dapat merasakan kasih dan kuasa berkah-Mu melalui konferensi ini. Semua inisiat di Cina merasa sangat bahagia, dan setiap kali konferensi berakhir, kami berharap dapat segera mengikuti konferensi selanjutnya.

Kami khususnya berterima kasih kepada-Mu atas dorongan dan nasehat-Mu dalam konferensi: "Sungguh sulit untuk bertahan, namun kalian harus bertahan; sungguh sulit untuk bermeditasi, namun kalian harus bermeditasi; sungguh sulit untuk dapat memasuki samadhi, tetapi kalian harus memasuki samadhi. Lambat laun, segalanya akan berubah menjadi lebih baik, dan secara alami kalian akan mendapatkan segalanya. Setiap hari, perhatikan saja dimana kemajuan kalian dan apa yang menarik perhatian kalian. Dunia ini penuh kekotoran dan sedikit sekali intan permata, dan itulah sebabnya kita sangat menderita. Jika kita tertimpa penderitaan, kita harus mengingatkan diri kita sendiri bahwa Sang Budha dan Yesus Kristus juga mengalami banyak penderitaan, demikian pula banyak Guru Tercerahkan lainnya di masa lalu dan sekarang. Semakin kita berlatih rohani, semakin kuat ketahanan kita. Dan kemudian kita akan dapat mengatasi semua penderitaan, dan tetap teguh dalam segala situasi."

Konferensi-video ini memberikan manfaat yang tak terhingga bagi kami. Sebagian besar dari kami merasakan bahwa kami mendapat kemajuan besar, dan dapat mengatasi rintangan-rintangan yang menghalangi jalan kami selama bertahun-tahun. Sungguh tak terukur berkah yang Engkau limpahkan ke seluruh wilayah ini! Kami tentu sangat mensyukuri berkah Guru, dan tekun berlatih.

Kami sungguh-sungguh berharap agar Guru tetap muda dan cantik selamanya, dan pertemuan berikutnya dengan Anda dapat diadakan lagi dalam waktu dekat!

Kami mengasihi Engkau selama-lamanya!
Dengan hormat,
Murid-MuridMu di Cina Daratan

 


 

Engkau adalah Ibunda dan Kekasih Kami

Oleh saudara inisiat Sanadogo Madi Samson, Burkina-Faso, Afrika (Asal dalam Bahasa Perancis)

Maha Guru Ching Hai terkasih,

Perkenankan saya menyampaikan salam hangat kepada-Mu dan Murid-MuridMu. Saya sangat bahagia mendapat kesempatan untuk menulis surat kepada-Mu Anda karena upaya-Mu yang bertujuan mulia demi menyelamatkan jiwa-jiwa kami dan membawa kami kembali ke asal kami. Pengorbanan-Mu yang banyak sungguh sangat kami hormati.

Engkau bukan saja Guru kami tetapi juga ibunda dan kekasih kami. Sebelum mendengar tentang-Mu dan ajaran-ajaranMu , saya telah melihat Engkau dalam sebuah mimpi. Pada tahun 1998, saya bermimpi sedang mengembara di suatu tempat yang benar-benar gelap di satu sisi dan sangat benderang di sisi lainnya. Makhluk-makhluk di kedua sisi itu berlainan. Mereka yang di sisi gelap tampak serupa dengan manusia, tetapi memiliki kepada dan ekor seperti anjing. Makhluk-makhluk di sisi gelap menangkap tangan kiri saya sementara makhluk-makhluk di sisi terang menangkap tangan kanan saya, dan saya berjuang di antara keduanya.

Akhirnya, makhluk-makhluk di sisi terang menang dan membawa saya ke angkasa. Mereka membentuk lingkaran di sekeliling saya selama beberapa saat, dan ketika kami turun, saya melihat beberapa makhluk lainnya berbaris untuk menyambut kami. Di depan mereka berdiri seorang wanita berpakaian putih dengan sebuah kerudung di wajahnya. Mereka memberitahukan saya bahwa wanita inilah orang yang harus saya nikahi. Kemudian, saya bertanya-tanya apakah makna dari pernikahan dalam mimpi ini. Saya berpikir bahwa ini merupakan pertanda tentang pernikahan yang sebenarnya, sampai saya melihat foto-Mu di balik kerudung pada center Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai di kota tempat saya tinggal.

Saya segera menyadari bahwa Engkau adalah wanita yang diperkenalkan kepada saya oleh para suci dalam mimpi saya. Tampaknya saya mempunyai pertalian yang mendalam dengan-Mu! Kemudian saya mulai mempelajari ajaran-ajaranMu dan mematuhi sila-sila. Tak lama kemudian, saya dipenuhi dengan pengalaman-pengalaman batin.

Suatu kali, dalam suatu penglihatan batin saya melihat rumah kristal berwarna biru dan berhenti untuk melihatnya. Di rumah itu tertuliskan "Tempat Kediaman Orang Kudus" dan pohon-pohon, daun-daun, bunga-bunga, dan buah-buahnya memancarkan cahaya keemasan. Kemudian saya melihat sebuah pohon yang sangat tinggi, menembusi awan. Ketika itu, sebuah berkah Cahaya yang kuat menyinari saya, dan saya pingsan, jatuh ke tanah. Sebelum Cahaya itu memudar, saya melihat banyak hal terwujud dari Cahaya itu .

Di lain waktu, saya bermimpi tentang Surga dan seorang wanita berenang menuju saya. Saya berseru "Yesus Kristus" dengan sangat keras, dan wanita itu melewati tubuh saya dan pergi. Saya merasa sangat terguncang dan terbangun. Selain itu, saya juga sering kali melihat berbagai Cahaya dalam mimpi-mimpi saya.

Guru terkasih, saya mengharapkan berkah-Mu, dan berharap agar Engkau akan membebaskan saya karena saya hidup dalam lingkungan yang penuh siksaan ini. Kebijaksanaan batin dan kasih saya hanya dapat bertumbuh melaluli berkah-Mu. Saya merasa muak dengan dunia yang penuh ketidakadilan ini, dan sangat ingin untuk pulang kembali ke Rumah kita di Kerajaan Tuhan. Guru, Ibunda terkasih, saya ingin dapat bersatu dengan Yesus Kristus, bekerja bagi Tuhan dan terbebas dari tekanan dunia yang penuh kebohongan ini. Guru, saya berharap agar Engkau akan menjaga saya sehingga segalanya dapat berjalan lancar.

Guru, Ibunda terkasih, kiranya Kasih-Mu menyatukan kami.

 


Dunia Cerita

Cerita tentang Guru di Masa-Masa Awal

Oleh saudari inisiat Juan Li-yu, Taipei, Formosa

Hati dan Perbuatan Orang Suci

Pada masa-masa awal sebelum Guru mulai memberikan ceramah untuk umum, Beliau dan beberapa murid tinggal di sebuah vila yg terpencil di Hsintien, daerah pinggiran Taipei selama beberapa waktu. Vila tersebut disewa dengan harga yang sangat murah dan, setelah dibersihkan dengan seksama, menjadi sebuah center meditasi kelompok.

Suatu hari, saya bercakap-cakap dengan Guru di lantai atas sedangkan beberapa orang berada di lantai bawah bersiap untuk diinisiasi ke dalam Metode Quan Yin. Saat segala sesuatunya telah siap, pembantu Guru mengundang Beliau turun ke bawah untuk melakukan inisiasi. Guru lalu berkata kepada saya, "Apa yang paling saya tidak sukai adalah memberi inisiasi kepada orang lain. Namun, bila kita hanya mengerjakan apa yang kita sukai, kita tidak ada bedanya dengan orang biasa." Kata-kata abadi ini telah terukir dalam-dalam di hati saya sejak saat itu. Untuk lebih dari satu dasawarsa, saya telah mengajari diri saya terus menerus: "Kita seharusnya tidak hanya mengerjakan hal-hal yang kita sukai saja. Apapun yang bermanfaat bagi orang lain, dan apapun yang kita anggap patut dikerjakan setelah menilai keadaannya, kita harus kerjakan dengan tepat."

Karena jumlah murid Guru bertambah banyak dengan lewatnya waktu, vila itu lambat laun menjadi terlalu kecil untuk kami. Jadi untuk menampung rekan-rekan inisiat selama retret, Guru memperbaharui sebuah bengkel yang sudah tidak terpakai, yang berada dilereng vila, walaupun masa sewa vila dan bengkel yang berdampingan itu sudah hampir habis. Sementara membantu pekerjaan pembaharuan itu, saya bertanya-tanya, "Kita akan segera pindah. Mengapa kita masih membuang waktu, tenaga dan uang pada proyek ini?" Guru segera merasakan keragu-raguan dalam hati saya, dan berbisik pada Diri-Nya sendiri, "Setiap orang bertanya kepada saya mengapa saya masih memperbaharui bengkel ini menjelang akhir masa sewa. Karena tidak cukup tempat untuk retret, kita harus menciptakan tempat yang lebih luas! Apa masalahnya jika di kemudian hari orang lain dapat menikmati apa yang kita bangun?"

Perkataan Guru memberi pukulan mengejutkan yang benar-benar membangunkan saya. Demikianlah bedanya antara hati Orang Suci dengan hati seorang manusia biasa! Orang Suci memang murni hatinya, hidup hanya untuk saat sekarang, dan Mereka mengerjakan apapun yang tepat untuk keadaan itu. Mereka tidak punya pikiran yang ruwet dan suka membeda-bedakan yang dimiliki oleh manusia biasa. Sebagaimana Sutra Intan mengatakan, "Janganlah punya keterikatan dan bebaskanlah hati kalian!" Kehidupan sehari-hari, ucapan dan perbuatan Guru adalah kitab suci hidup yang paling berharga yang memberi manfaat yang tidak terbatas kepada kita, para murid!

Irosnisnya, setelah bengkel itu diperbaharui, tidak ada murid yang mau tinggal disana karena tempatnya terlalu sederhana dan bersahaja untuk ditinggali. Namun, akhirnya Guru pindah ke bangunan itu, memberikan kamar-Nya di vila kepada para murid.

Karena kendala keuangan pada saat itu, Guru tidak sanggup membeli mobil. Jadi setiap hari Senin dan Rabu, Beliau harus berjalan kaki menuruni bukit dan naik bus umum ke rumah seorang saudara inisiat di Daerah Wanhua di Taipei, dimana Beliau memberi ceramah informal. Tetapi pembantu Beliau-lah yang tidak tahan dengan kerja keras itu dan selalu mengeluh. Guru lalu menghiburnya, "Orang awam sibuk dengan pekerjaan sehari-harinya. Tidak apa-apa bagi kita untuk bekerja sedikit lebih keras."

Sekali waktu, dalam perjalanan pulang dari ceramah, Guru melihat sebuah papan kayu yang dibuang di pinggir jalan. Beliau lalu memungutnya, membawa pulang ke tempat tinggal Beliau dan membersihkannya dengan seksama. Lalu, Beliau menaruh dua bangku dibawahnya, dengan demikian menciptakan sebuah meja makan!

Ketika Guru punya waktu luang, Beliau akan menjahit dan membuat bantal untuk kami. Sekali-sekali, Beliau juga masak untuk para murid, dan tidak pernah menempatkan diri sebagai orang penting hanya karena Beliau adalah Guru kita. Bila masih ada orang yang berpikir bahwa Guru menerima murid-murid demi kepentingan dan kemasyhurannya, mereka benar-benar keliru!

 

Seekor Serangga Penyengat mengelilingi Guru Tiga Kali

Pada suatu sore ketika sedang beristirahat kerja, sekelompok murid mengobrol di halaman tempat tinggal Guru Tiba-tiba kami melihat seekor serangga penyengat dengan seekor laba-laba dalam cengkeramannya. Kami berusaha dengan segala untuk mengejarnya tetapi tidak berhasil. Melihat keadaan kacau ini, Guru datang dan melihat apa yang terjadi. Setelah menyadari apa yang terjadi, Beliau berkata pada serangga penyengat itu, katanya, "Sekalipun laba-laba itu ada ikatan karma denganmu, kamu harus mengampuni dia!" ajaib sekali, serangga penyengat itu kelihatannya mengerti perkataan Guru dan segera melepaskan laba-laba itu. Serangga itu lalu mengelilingi Guru tiga kali sebelum terbang pergi. Menurut kitab suci agama Budha, di zaman dahulu, mengelilingi seorang Guru Tercerahkan tiga kali adalah suatu penghormatan yang sangat takzim. Sungguh menakjubkan bahwa bahkan seekor serangga penyengat dapat mengenali seorang Guru Tercerahkan yang masih hidup!

 


Peningkatan Rohani

CD Terbaru Maha Guru Ching Hai

<dalam Bahasa Cina dan Inggris, dengan terjemahan langsung dalam Bahasa Cina>

CD-CE02 Pembebasan dalam Satu Masa Kehidupan
Ceramah yang diberikan oleh Guru pada tanggal 8 Agustus 1985 selama Tahun-tahun AwalNya di Formosa

Menyusul keluarnya CD-CE01, Terapi Dunia Supra, CD baru lainnya telah diproduksi yang meliputi kumpulan ceramah-ceramah Maha Guru Ching Hai pada tahun-tahun awal-Nya ketika Beliau belum lagi berkhotbah di depan umum. Rekaman-remakan ini dikeluarkan untuk pertama kalinya untuk memuaskan kerinduan para pencari Kebenaran.

Ada tercatat dalam Sutra Surangama bahwa Budha Shakyamuni, Bodhisattva Manjusri and Bodhisattva Quan Yin sepakat menyatakan Metode Quan Yin sebagai metode utama untuk memperoleh kebebasan, dan juga metode paling cepat dan paling aman bagi makhluk hidup untuk mencapai Kebudhaan pada periode akhir Dharma. Pada CD ini, Anda dapat mendengar penjelasan Guru yang mendalam atas topik ini. Beliau juga memberikan ulasan tajam atas pentingnya para pelatih rohani menjaga ketulusan dan kemurnian pikiran, melewati siklus transmigrasi karma, resiko belajar kekuatan gaib dan mengapa perlu bagi pelatih meditasi yang sedang samadhi untuk dilindungi oleh kekuatan pelindung.

 

Kaset Video Terbaru Maha Guru Ching Hai

<Dalam Bahasa Cina>

739 Tubuh Transformasi Guru
Perayaan Ulang Tahun Guru di Center Florida, AS, 12 Mei 2002

 

Untuk memesan publikasi Guru, silah menghubungi:

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd., 
Taipei, Formosa.
Tel: (886) 2-87873935 / Fax: (886) 2-87870873 
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org 
ROC Postal Remittance Account No.: 19259438 ((hanya bagi pesanan di Formosa)
Postal Account: The Supreme Master Ching Hai Publishing Co., Ltd.

Silahkan mengunjungi situs toko buku kami untuk men-download katalog dan ringkasan daftar isi publikasi Guru yang terbaru: http://www.smchbooks.com/  (dalam Bahasa Inggris and Cina)

 


Guru Bercerita

Kisah Dua Helai Kain Seorang Bhiksu

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, New Jersey, Amerika Serikat, 20 Juni 1992
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 257

Pernah ada seorang bhiksu di India yang berbakti pada Tuhan, sebagaimana bhiksu yang lainnya juga. Dan dia hanya punya satu helai baju yang melindungi tubuhnya. Dan dia hanya memiliki satu mangkok, yang dia pergunakan untuk menampung air serta memasak dan menampung susu dan sebagainya.

Lalu ada kejadian yang mana tutup mangkok tersebut pecah. Tapi bhiksu itu tidak membeli mangkok yang baru; dia cukup menggunakan ujung bajunya untuk menutupi mangkok tersebut. Kapan saja dia sedang duduk, dia akan duduk di dekat mangkok itu. Pernah seorang lelaki yang menghampirinya dan bertanya, "Kenapa Anda tidak membeli tutupan yang baru untuk mangkok itu?" Dan dia menjawab, "Saya telah bersumpah bahwa apapun yang saya miliki di sini, saya tidak akan mau lebih banyak, dan hanya akan menggunakan apa yang saya miliki."

Dan kemudian lelaki itu berkata, "Tapi kenapa Anda begitu keras kepala? Satu tutupan tidak akan jadi masalah; bagaimana dengan membeli mangkok yang baru?" Bhiksu itu berkata, "Tidak, tidak. Jika Anda menambahkan ini, dan besoknya akan nambah yang lain lagi dan lainnya lagi. Sama seperti seorang bhiksu..." Dia kemudian menceritakan kisah seorang bhiksu yang lain. Dan ini merupakan kisah nyata, dan ceritanya adalah demikian:

Dahulu ada seorang bhiksu di India yang sering keluar berpindapata (meminda sedekah). Dia memiliki sehelai kain yang menutupi bagian yang dia pikir seharusnya ditutupi. (Tertawa) Tapi tidak menjadi masalah; dia merasa puas. Setiap hari dia keluar dan meminta dana dari orang; dia akan berpindapata dan mendapatkan secukupnya untuk makan, setelah itu dia akan pergi dan bermeditasi. Sungguh amat menyenangkan. Dan dia memiliki pondok kecil.

Masalahnya adalah bahwa dia hanya memiliki dua helai kain: satunya sedang dicuci dan satunya lagi yang sedang dipakai. Jadi, adakalanya apabila dia sedang keluar, dia menjemur kainnya di atap. Dan selalu saja datang seekor tikus yang menggeroti kainnya. Dan kemudian dia harus meminta sedekah sehelai kain lagi. Kejadian ini berulang terus menerus.

Lalu bhiksu tersebut merasa bingung hendak melakukan tindakan apa. Kemudian ada tetangga yang menasehatinya, sambil berkata, "Anda tidak dapat terus menerus meminta kain. Kenapa tidak pelihara saja seekor kucing, dan kucing itu akan mengurus tikus tersebut. Sehingga Anda tidak mempunyai masalah lagi. Kalau tidak, siapakah yang akan terus menerus memberikan kain kepada Anda?"

Lalu bhiksu itu setelah sekian banyak kali berpindapata, mulai berkata, "OK, itu bukan suatu ide yang buruk." Sehingga dia pun mulai memelihara kucing. Ada seseorang yang lewat dan memberikannya seekor kucing. Dan sekarang sudah ada kucing di sana. Namun dia mempunyai lebih banyak masalah lagi. Dia harus keluar untuk meminta susu buat kucingnya. Setelah itu, ada seorang yang baik hati datang dan memberitahukannya, "Anda tidak dapat terus menerus begitu, meminta susu dan makanan untuk kucing. Pelihara saja seekor sapi. (Guru dan semuanya tertawa.) Karena sebenarnya sih kita tidak keberatan memberikan Anda susu, tapi jika kita harus memberikan susu pada kucing juga, agak sedikit keterlaluan jadinya. Tidak apa-apa sih kami memberikan dana, tapi tidak semua orang itu sama. Mereka tidak akan memberikannya setiap hari. Sehingga Anda harus mengorbankan jatah susu Anda sendiri kepada kucing itu. Jadi, peliharalah seekor sapi. Kami memiliki sapi, dan kami dapat memberikannya kepada Anda. Akan menjadi amat memudahkan buat Anda untuk memperoleh susu secara sendiri. Dan sapi itu juga akan memberikan Anda air dadih yang dapat Anda gunakan untuk memasak; semuanya akan menjadi mudah."

Jadi mereka juga memberikan seekor sapi buatnya. Tapi di India, Anda dapat memperoleh sapi dengan gratis. Sapi-sapi itu berkeliaran di mana-mana, dan mungkin saja Anda dapat mengambil salah satunya; beberapa diantaranya tanpa pemilik, sapi tuna wisma.

Bagaimanapun juga, setelah melalui berbagai pertimbangan, bhiksu itu akhirnya menerima sapi tersebut. Dan sekarang dia harus memeras susu dan pekerjaan lainnya. Dan sekarang dia harus keluar dan meminta jerami untuk sapinya. Karena dia seorang bhiksu, dia tidak tahu harus melakukan apa. Dan dia tinggal di pegunungan Himalaya yang tidak ada rumputnya. Dia harus meminta jerami dan membangun kandang untuk sapi itu.

Beberapa waktu berjalan cukup baik juga. Hingga kemudian seseorang datang lagi dan menasehatinya sambil berkata, "Anda tidak dapat terus menerus meminta jerami. Siapakah yang akan terus menerus memberikan Anda jerami untuk sapi itu? Kita akan memberikan makan kepada Anda, tapi kita tidak mempunyai kewajiban untuk memberikan makan kepada sapi dan kucing Anda dan segalanya itu. Jadi, carilah satu pembantu rumah tangga. Atau carilah seorang isteri; menikahlah."

Nah, sekarang bhiksu ini memiliki masalah yang amat serius. Karena dia tidak tahu caranya bercocok tanam. Sehingga, seorang penasehat yang baik berkata padanya, "Anda dapat mencari seorang pembantu rumah tangga, seperti petani. Atau, menikah dengan seorang petani sehingga dapat bercocok tanam. Ada banyak tanah di sekitar sini, Anda dapat bercocok tanam, dan memiliki cukup banyak jerami untuk sapi Anda. Dan Anda juga akan memiliki cukup banyak jagung, gandum dan sebagainya untuk Anda makan."

Sekarang, bhiksu ini menjadi lebih serius lagi. Sehingga dia pun memutuskan untuk menikah. Dan setelah itu, dia dan isterinya mulai bercocok tanam. Lalu mereka memiliki anak dan mereka harus merawat anak-anaknya, dan mereka harus mendapatkan seorang pengajar untuk anak-anaknya dan segalanya. Dan tentu saja ini menjadi suatu urusan yang semakin membesar.

Hingga suatu hari, Gurunya kembali. Dan sang Guru terus bertanya akan seorang bhiksu yang begini-begitu, yang tiga tahun yang lalu tinggal di pondok kecil di seberang sungai. Tapi tidak ada satu pun yang tahu bahwa ada bhiksu demikian yang tinggal di sana. Sehingga dia terus bertanya hingga berjalan menuju ladang tempat tinggal bhiksu tersebut.

Dan dia akhirnya menyadari apa yang terjadi sebab semuanya hanya karena sehelai kain, kelebihan sehelai kain saja. Jika dia hanya memiliki sehelai kain saja, dan memakainya, tidak akan ada masalah. Tapi karena dia memiliki dua helai kain, satu yang dipakai dan satunya yang lagi dicuci, sehingga timbullah masalah itu. Dan itulah kejadiannya, dan memang ini merupakan kisah nyata.

Bhiksu itu merasa amat menyesal setelah Gurunya kembali. Tapi Gurunya tidak berniat untuk menginap. Dia berkata, "Saya meminta Anda untuk berlatih rohani. Saya tidak meminta Anda untuk memelihara sapi, anjing, kucing, isteri dan anak-anak." Dan kemudian dia memiliki seluruh ladang. Dia harus menggaji begitu banyak petani, karena banyak yang ditanam, dan tanaman itu terus tumbuh meluas. Akhirnya menjadi suatu ladang. Dia meninggalkan segalanya di dunia ini untuk menjadi seorang bhiksu, agar tidak terikat pada dunia dan memiliki kebutuhan minimal untuk hidupnya. Dan dia berakhir dengan menjadi kaya raya, petani yang besar, dengan banyak ternak dan isteri serta anak-anak dan juga banyak pekerja. Ladangnya menjadi semakin luas dan luas. Dan dia menjadi begitu sibuk menghitung uang dan memeriksa panen sehingga dia tidak memiliki waktu untuk bermeditasi lagi. Segalanya telah berakhir. Tugas bhiksu itu telah selesai; dia telah mempunyai pekerjaan yang lain.

 


Jendela Kehidupan Guru

 

Bagi orang suci yang telah mencapai pencerahan tingkat tinggi, yang mengerti sepenuhnya tentang permainan dari penciptaan, hidup terisolasi di gunung yang terpencil, jauh dari kehidupan duniawi, merupakan suatu kebahagiaan dan bebas dari kesusahan dan kecemasan. Tetapi orang-orang suci terkadang memilih untuk tetap berada di dunia yang suram ini untuk menolong dan menjadi contoh nyata bagi mahluk hidup. Oleh karena itu , terkadang kita terberkahi karena dapat melihat sekilas kehidupan Mereka, atau kata-kata dan perbuatan agung Mereka. Dengan mengamati tingkah laku Mereka, kita dapat belajar bagaimana praktisi spiritual tingkat tinggi mengaplikasikan kebijaksanaan agung alam semesta dalam kehidupan duniawi.

 

Tip Menjaga Kesimbangan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, retret 3-hari di Hongkong, 
1-4 April 1994
(Asal dalam Bahasa Cina) Kaset Video No. 413

Sebenarnya, kita seharusnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk latihan spiritual di dunia ini, tetapi kita juga harus berusaha membuat hidup kita lebih nyaman dan menyenangkan. Baru-baru ini, saya mengubah sebuah gua yang biasanya menjadi tempat ternak, menjadi ruang keluarga yang nyaman. Saya bersihkan, dan menutupi tanahnya dengan beberapa tikar dan karpet - semua bukan barang-barang mahal. Karpet biasa yang murah, membuat kalian merasa nyaman dan hangat. Lalu, beberapa bantal, kalian bisa meditasi di situ. Ini bukan kemewahan. Kita dapat membuat tempat apa saja menjadi indah, asal kita tahu bagaimana mendekorasinya. Gua itu gelap, kering dan kotor, dan tadinya digunakan untuk memelihara ternak. Tapi berubah menjadi tempat yang indah, itulah cara menyeimbangkan hidup kalian.

Jika kita bertindak sebagai guru, mengajarkan orang tentang Kebenaran dari pagi sampai malam, dan tidak menemukan keseimbangan dalam hidup, otak kita akan mengeluh. Bagi saya, pekerjaan seperti ini adalah hobi yang sangat mengasyikkan (Guru dan hadirin tertawa). Seorang pengawal suatu hari pernah berkata, "Guru, Anda kerja terlampau keras dan bepergian tanpa tidur dalam beberapa hari terakhir. Anda pasti lelah. Mengapa Anda sepanjang malam membuat perapian?" Lalu saya jawab, "Kamu tidak mengerti. Jika saya tidak melakukan ini, saya mungkin menjadi gila !" (Guru dan hadirin tertawa). Ini merupakan cara untuk mendapatkan titik keseimbangan dalam hidup.

Sang pengawal berpikir Guru pasti merasa sangat lelah setelah setelah bekerja siang malam, dan seharusnya menghabiskan tujuh puluh dua jam di tempat tidur untuk menutupi tidur yang kurang. Tetapi saya katakan, "Melakukan hal-hal ini memulihkan saya. Saya tidak bisa berdiam di tempat tidur sepanjang hari. Ini merupakan istirahat bagi saya karena membawa perubahan dalam hidup saya." Ketika saya melakukan pekerjaan yang saya suka, itu berarti saya sedang beristirahat. Kalau tidak, saya akan membaktikan seluruh waktu saya untuk membuat orang lain bahagia, dan tidak meninggalkan apa-apa untuk mengejar kesenangan saya sendiri. Keduanya berbeda.

Walaupun saya bekerja untuk membuat kalian, orang lain, pengungsi dan fakir miskin berbahagia, saya juga sangat bahagia. Hal ini untuk menjawab permintaan dan karena keadaan. Saya tidak memiliki kendali atas pekerjaan ini, atau masalahnya. Misalnya, jika seseorang meminta dua kilo beras, saya harus memberikannya. Dalam situasi ini, saya tidak dapat bertindak seperti harapan saya karena hal ini untuk memenuhi permintaan makhluk hidup. Hal ini berbeda dengan menjadi Guru dari diri sendiri dan membuat rencana sendiri dan rancangan yang cocok untuk diri sendiri.

Jadi saya masih harus menemukan keseimbangan dalam hidup saya. Kalau tidak, pikiran saya menjadi tidak bahagia. Bukan saya atau jiwa saya yang tidak bahagia, tetapi pikiran saya. Pikiran saya tidak terbiasa. Karena itu saya berkata kepada pengawal saya, "Ini cara saya beristirahat. Kamu tidak perlu khawatir." Menurut dia saya telah bekerja beberapa hari ini terus-menerus. Selain bepergian ke luar negeri untuk berceramah, saya juga bergegas menolong pengungsi di Filipina. Jadi mengapa saya tidak tidur semalaman membuat perapian di dalam gua ketika saya sangat lelah? Dia merasa kasihan terhadap saya. (Guru dan hadirin tertawa) Saya berkata, "Tidak, inilah cara saya beristirahat. Kalau tidak, saya tidak dapat bertahan." Lalu saya bertanya, "Jika kamu harus duduk sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa, bahkan tidak usah mencuci pakaian, dan makanan dibawakan di hadapan-mu, Dapatkah kamu bertahan ?" Dia berkata, "Tidak, Saya tidak akan tahan." Tentu saja tidak akan tahan, dia masih mau mencuci pakaiannya sendiri dan mengurus beberapa urusan pribadi.

Saya tidak berbeda. Saya tidak bisa menghabiskan seluruh waktu saya untuk orang lain, tanpa melakukan hal yang saya senangi. Ketika saya senang dengan sesuatu, saya bisa melakukannya tanpa tidur dan menghabiskan waktu sesuka saya. Dengan cara ini, kalian tidak akan terpengaruh karena saya menyisihkan waktu untuk kalian. Saya ada disini kapanpun kalian membutuhkan saya. Jika ada keadaan yang gawat, atau ada surat penting, saya dapat segera menanganinya. Saya hanya menggunakan waktu-waktu kosong, atau melakukan perkerjaan saya sendiri saat menunggu atau dengan mengobankan tidur saya. Ketika saya tidak mempunyai pekerjaan spesifik untuk kepentingan umum atau tidak ada dokumen yang perlu dibaca, saya melakukan pekerjaan pribadi saya untuk menjaga keseimbangan mental.

Jangan bertanya mengapa saya terikat dengan hal-hal materi seperti ini. Bukan, ini bukan keterikatan! Saya telah membangun banyak hal di center-center di sejumlah negara. Tetapi saya tidak tinggal pada satupun dari tempat-tempat itu. Desain dan karya kreatif ditinggalkan dan tidak dikhususkan untuk saya. Tentu saja, lukisan yang saya buat dapat saya bawa. Tetapi saya tidak membawanya, lebih baik saya mengirimnya ke Center Miaoli untuk disimpan di kamar khusus oleh para biarawan sehingga tidak rusak, duplikatnya dapat dibuat agar semua orang dapat menghargainya. Jika saya membawa lukisan-lukisan itu, saya tidak dapat merawatnya dengan baik karena saya selalu sibuk dengan hal-hal lain. Saya hanya melukis saja. Setelah dilihat sebentar, Saya memberikannya untuk dirawat oleh para biarawan. Saya tidak dapat melihat lukisan saya untuk waktu yang lama jadi terkadang saya merindukannya. Ketika saya di luar negeri baru-baru ini, kadang-kadang saya terpikir untuk kembali pulang ke Taiwan untuk melihat lukisan-lukisan itu. (Guru tertawa).Tapi pikiran itu hanya terlintas, bisa melihat atau tidak, itu tidaklah terlalu penting. Jadi meskipun melukis merupakan hobi saya, kalianlah yang mendapat keuntungannya. Kalian dapat mengoleksi lukisan saya, sementara saya sendiri tidak dapat mengoleksi apa-apa.

Tetapi tidak seperti lukisan, karya seni di gua tidak dapat dipindahkan ke Taiwan untuk dismpan biarawan (Guru dan hadirin tertawa.) Ada barang yang bisa dipindahkan ada yang tidak. Yang tidak bisa dipindahkan, akan ditinggalkan di tempat semula agar semua orang dapat menghargainya. Saya menciptakan barang-barang ini bukan demi harta atau agar disimpan, tetapi untuk memenuhi keinginan saya untuk mencipta. Terkadang ini suatu bentuk relaksasi. Sama dengan semua hobi saya, hanya untuk menjaga keseimbangan hidup saya sehingga saya mampu terus melayani semua orang. Oleh karena itu saya mengubah gua itu bukan karena saya menyukai gua itu, dan saya juga tidak dapat tinggal lama di sini. Lagi pula, saya tidak bisa membawanya kemana saya pergi.

Jika selagi kita berlatih dengan rajin di dunia ini, kalian tidak juga mencoba menemukan kesimbangan dalam hidup atau menikmati sedikit dunia yang penuh warna ini, maka saat kalian naik ke surga, kalian akan berpikir, "Mengapa setelah mengikuti Guru dalam berlatih rohani, saya tidak tahu dunia fana itu seperti apa?" Lalu, kalian menyalahkan saya, dan diam-diam, secara rahasia lari turun kembali ke bawah. Kalau begitu kalian tidak bisa meminta pertanggungjawaban saya. (Guru dan hadirin tertawa.)

Ket.gambar:
Dengan tanganNya sendiri, Guru membangun sebuah perapian dengan semen dan beberapa batang besi tua yang dikumpulkan dari sungai di dekat sana, membuat gua tampil baru dalam semalam.
Guru mengubah gua yang tidak terurus menjadi seperti ruang keluarga dalam dongeng dengan tanganNya yang terampil dan artistik.

Dunia Satwa

Kasih dari Induk Sapi

Oleh Saudara Sepelatihan dari Daratan Cina

Ini adalah kisah nyata yang terjadi di Cina Bagian Barat di daerah gurun pasir yang gersang di Propinsi Ching Hai. Petugas di daerah ini memberlakukan peraturan yang ketat atas jatah 3 kilo air untuk setiap orang setiap harinya, dan penduduk daerah tersebut bergantung pada pengangkutan air jarak jauh yang ditugaskan pada para tentara lokal. Pada situasi semacam ini, dapat kita bayangkan betapa tragisnya keadaan demikian menimpa binatang-binatang di daerah tersebut.

Suatu hari, seekor sapi tua melepaskan diri dari ikatan tali di lehernya dan berhenti di tengah jalan di gurun pasir, di jalur truk air akan lewat. Setelah beberapa saat, dimana orang-orang mulai berpikir mengapa sapi itu berhenti di tengah jalan, truk berisikan air tiba. Sapi itu tiba-tiba mengarah ke depan truk tersebut, memaksa truk tersebut untuk berhenti. Kemudian sapi itu memandang ke arah truk, sementara supir truk tersebut berusaha untuk mengusir sapi tersebut dengan sia-sia. Situasi ini berlangsung untuk beberapa saat.

Tentara yang bertugas mengangkut air tersebut mengalami hal sama sebelumnya, tapi belum pernah sampai mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Kali ini berbeda. Para pengendara motor dan mobil tidak sabar dan menggerutu dan beberapa orang yang tidak sabar berusaha untuk mengusir sapi tersebut dengan api tetapi sapi tersebut tetap bertahan. Kemudian pemilik sapi tiba di tempat kejadian dan mencambuk sapi tersebut sehingga kulitnya sobek, tapi sapi itu tetap bertahan dan tidak beranjak sedikitpun.

Rintihan memilukan dari sapi tua dan kurus itu sangatlah tragis sampai-sampai tentara petugas dan beberapa dari pengendara meneteskan air mata. Akhirnya, seorang tentara berkata, "Biarlah sekali ini saya melanggar peraturan! Saya siap untuk mendapat hukuman". Dia mengambil wadah air dengan separuh isi (satu setengah kilo air) dan menempatkannya di depan sapi tersebut, tapi sangat menakjubkan sebab sapi tersebut tidak menyentuh air itu.

Kemudian sapi itu memandang ke arah matahari terbenam dan melenguh. Beberapa saat kemudian seekor sapi kecil muncul dari belakang tumpukan pasir. Sapi tua yang terluka itu memandang dengan penuh kasih sayang pada sapi kecil itu sampai dia selesai minum air. Dengan air mata berlinangan, ibu sapi dan sapi kecil itu saling menjilat mata masing-masing. Tanpa suara, mereka mengekspresikan kasih mereka satu sama lain. Kemudian, sebelum seorangpun mengusir mereka, mereka meninggalkan tempat kejadian itu dengan sendirinya.


Kata-Kata Mutiara

Pandangan-Pandangan Hidup Orang yang Tercerahkan

Bilamana kita tercerahkan, kita akan melihat segala hal dari titik pandang yang lebih tinggi, dari akal budi yang lebih tinggi, dan kita melihat bahwa tak ada apapun yang terjadi secara kebetulan, atau tak ada apapun yang terjadi karena perbuatan kita.

~Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Universitas Columbia, AS, 
3 November 1989
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 102A

 


 

Kita berlatih rohani untuk diterapkan agar membuat hidup kita lebih nyaman. Kita berlatih didalam, tapi harus menerapkannya keluar. Kemudian, dengan melihat hasil-hasil latihan kita, kita akan merasa sangat nyaman, tahu bahwa latihan rohani sangat bermanfaat dan kita membuat kemajuan dengan baik.

~Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Center Laiyi, Formosa, 
31 Januari 1993
(Asal dalam Bahasa Cina) Kaset Video No. 317

 


 

Kita meninggalkan keinginan duniawi, tapi bukannya dunia itu sendiri.

~Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa  
3 Juni 1995
(Asal dalam Bahasa Inggris) 

 

 

Apapun yang kita lakukan dengan ego akan melemahkan kekuatan batin kita karena kita melakukannya dengan sumber daya yang terbatas. Dan waktu kita belajar Metode Quan Yin, kita harus mulai belajar untuk bersandar pada kekuatan terbesar.

~Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Singapura 
8 Maret 1993
(Asal dalam Bahasa Inggris) Kaset Video No. 327

 


 

Yang disebut "kesakitan" datang dari ketakutan kita. Pikiran kita ini takut akan derita dan suka kesenangan semata. Itu sebabnya kita merasa sakit. Jika pada saat kesakitan kita berkata, "Ah! Kesakitan datang!" dan pada saat bahagia kita berkata, "Ah! Bahagia datang! Aku kenali kalian berdua. Sahabat baik! Sahabat baik! Sudah lama tak jumpa!" maka kita tidak akan merasa begitu sengsara. Meskipun kalian tahu sesuatu itu menyakitkan, janganlah bereaksi begitu kuatnya. Jangan selalu mendengarkan gagasan-gagasan pikiran. Maka semuanya akan baik-baik saja.

~Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Gunung Yang Ming, Formosa,
31 Oktober 1992
(Asal dalam Bahasa Cina ) Kaset Video No. 286

 


 

Rasa jengkel diciptakan hanya oleh kita, tidak lain! Tak ada apapun yang terjadi di dunia ini. Inilah bagaimana kebanyakan dari kalian menciptakan kesulitan bagi diri kalian sendiri, dengan menghalangi perkembangan diri kalian sendiri, dan merampas kesantaian diri kalian sendiri. Sewaktu kalian tidak santai, pikiran kalian buntu, dan kalian tidak bisa berbuat dengan benar. Adalah takdir kita untuk berbuat begini-begitu, tapi kebahagiaan ataupun kesusahan yang kita alami dalam melakukan hal itu dihasilkan oleh diri kita sendiri. Kalau kita terlalu tegang, pikiran kita buntu dan kita merasa tidak bahagia dalam bertindak. Harusnya hanya sedikit kesulitan, tapi kita menggandakannya beberapa ratus kali, hanya karena kita terlalu tegang.

~Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional Tujuh-hari di Santimen, Pingtung, Formosa, 
23 Desember 1992  
(Asal dalam Bahasa Cina) Kaset Video No. 293

 


Layar Sinema

Bahagia karena Impian Menjadi Kenyataan

Oleh saudari inisiat Jennifer Wu, Austin, Texas, AS

Film Like Mike (Bagaikan Mike) adalah sebuah komedi tentang mimpi indah dan pengalaman-pengalaman luar biasa dari seorang anak kulit hitam bernama Calvin Cambridge, yang tumbuh dalam sebuah panti asuhan. Calvin suka main basket dan, sebagaimana para yatim lainnya, merindukan kehangatan keluarga dan cinta kasih orang tua. Selain itu ia ingin diadopsi oleh sebuah keluarga pemain basket supaya ia bisa mewujudkan impiannya bermain basket. Tapi kebanyakan orang yang datang ke panti tersebut lebih menyukai anak-anak yang lebih muda daripada Calvin. Jadi rupanya tipis harapan bagi Calvin untuk mewujudkan impiannya.

Kemudian, Calvin menerima sepasang sepatu basket yang katanya mungkin bekas milik bintang basket terkenal Michael Jordan sewaktu masih kanak-kanak, dan didalam sepatu tertera singkatan nama "M.J." ditandatangani pemilik asalnya. Secara kebetulan, sepatu itu persis dengan ukuran Calvin seakan khusus dibuat baginya. Setelah memakai sepatu itu, Calvin kecil yang kurus jadi sanggup melompat serta menangkap bola dengan mudah dan keterampilannya meningkat begitu pesat hingga menyamai Michael Jordan. Hasilnya, Calvin dengan segera menjadi pemain NBA termuda di AS dan pembawa semangat yang membawa kemenangan bagi regu basketnya.

Selama suatu pertandingan di tempat jauh, regunya mengatur agar bintang basket fiksi Tracey Reynolds menjadi pendidik Calvin dan mereka tinggal sekamar di hotel. Ini yang pertama kalinya Calvin menginap di hotel mahal, dan ia menjadi heboh karena sangat gembira. Ia memesan banyak makanan kesukaannya dan makan sekehendak hatinya. Pada mulanya, tak ada tanda-tanda pada Tracey bahwa ia akan mengadopsi Calvin. Tapi melalui kehidupan sehari-hari mereka; latihan dan permainan bersama, mereka berangsur-angsur saling mengerti dan terikat satu sama lain. Hubungan ini lebih lanjut berkembang menjadi cinta antara ayah dan anak. Akhirnya, Tracey mengadopsi Calvin, dan impian masa kecil Calvin pun menjadi kenyataan, ia mendapatkan cinta kasih seorang ayah yang telah lama didambakannya.

Pengalaman ajaib Calvin membangkitkan perasaan kuat di antara banyak rekan inisiat yang bertemu dengan Guru setelah mengalami cobaan dan kemalangan yang tak terhitung. Kegembiraan dalam hati mereka tak terungkapkan dengan kata-kata, sebagaimana Calvin si anak yatim yang tak berdaya akhirnya menemukan seorang ayah yang penuh kasih. Yang lebih berharga adalah kasih tanpa pamrih dan abadi yang kita terima dari Guru. Selama kita, para yatim yang tersesat dalam dunia yang fana ini, mau menerima kasih Guru, Ia akan berada di sisi kita selamanya untuk membimbing kita kembali ke Rumah Sejati kita di Surga.

 


Mungkin Anda Tidak Tahu

Terapi Alam Gaib

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai, Taipei, Formosa, 3 Agustus 1985
(Asal dalam Bahasa Inggris dan Cina) CD No. CE01

Saya ingin menceritakan kepada Anda sesuatu tentang alam lain. Kita memiliki banyak tubuh; terdapat berbagai nama untuk tubuh-tubuh tersebut; kita sebut saja sebagai tubuh jasmani dan tubuh lainnya, tubuh rohani. Orang yang minum arak, yang suka merokok dan konsumsi obat terlarang, atau sesuatu seperti itu, akan merusak tubuh rohani mereka, tubuh materi dan juga tubuh rohani. Dan setelah mereka meninggal, para makhluk yang berada di Surga harus menyembuhkan mereka, mengobati dan membantu mereka seperti seorang dokter di sini. Setelah menjalani pengobatan yang cukup lama, orang-orang ini menjadi sembuh dan kemudian lahir kembali sebagai manusia. Mereka menjalani banyak pengalaman seperti itu hingga mereka belajar dari pengalaman mereka, kemudian mereka ingin belajar secara rohani, sehingga mereka akan menjadi lebih tinggi tingkatannya.

Di planet lain yang kita namakan "Venus", terdapat banyak "rumah sakit" kecil yang seperti itu untuk orang-orang yang berbeda. Dan mereka yang tinggal di Tanah Suci adalah orang yang berinteligensia tinggi, memiliki sifat kerohanian yang tinggi, tingkatan yang sangat tinggi. Mereka kebanyakan telah hampir menjadi Guru, kebanyakan dari mereka dapat menjadi Guru. Dan mereka tidak menggunakan obat-obatan atau peralatan untuk menyembuhkan orang-orang ini. Mereka menggunakan energi lain, sinar atau cahaya untuk menyembuhkan pasien yang demikian.

Seperti di dunia ini, adakalanya kita menggunakan berbagai sinar laser untuk menyembuhkan orang, untuk mengobati kanker. Mereka adalah ilmuwan kelas tinggi, ilmuwan yang lebih tinggi tingkatnya. Para Guru adalah ilmuwan yang telah amat maju. Mereka tahu bagaimana caranya mengubah energi di atmosfir, dan menjadikan Anda seseorang yang berbeda. Seperti halnya jika Anda seorang ilmuwan yang pandai di dunia ini, Anda dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi, menjadi listrik.

"Venus" hanyalah salah satu Surga ini. Jangan melekat pada nama. Karena bukan hanya ada satu Surga saja; ada banyak Surga yang menyembuhkan orang-orang seperti itu. Banyak makhluk hidup dari tanah suci lain yang juga membantu kita sepanjang waktu. Mereka menggunakan energi cahaya untuk membantu pasien-pasien yang ada di sana, mereka yang ada di Bumi, dan makhluk yang ada di neraka. Mereka banyak membantu mereka yang miskin dan mereka yang putus asa, mereka yang berdoa dan mereka yang menderita.

Anda sering mendengar adanya orang yang bunuh diri dengan alasan tertentu. Tapi itu bukan satu-satunya cara untuk mengakhiri hidup. Ada dua cara membunuh diri. Membunuh tubuh materi ini sangatlah buruk namun bukan yang terburuk. Bila Anda membunuh tubuh rohani Anda itulah yang teramat buruk. Anda dapat membunuhnya dengan meminum minuman keras, dengan meminum obat-obatan terlarang, dengan hanya terlarut pada kehidupan materi, tanpa pernah pergi ke gereja, tidak pernah pergi ke kuil, tanpa pernah pergi ke pengajian rohani apapun juga, tanpa pernah bermeditasi, tanpa pernah belajar rohani, tanpa pernah melafal nama-nama suci apapun juga, tanpa pernah terlibat dalam pengajaran luhur dari agama apapun juga, dan setiap hari Anda hanya berpesta ria, minum minuman keras dan makan daging, pergi menari dan mendengarkan musik, menonton TV, membaca koran, dan melakukan segala sesuatu selain dari merawat jiwa Anda. Ini akan merusak tubuh rohani Anda. Sungguh mengerikan.

Jika Anda mempunyai sanak yang berlatih rohani, yang memiliki keyakinan akan Kebenaran, paling tidak Anda dapat naik ke Surga setelah meninggal. Bukanlah berarti bahwa Anda akan pergi dengan mereka, tapi Anda dapat naik ke Surga karena pahala mereka. Tapi setelah naik ke Surga, Anda berbaring di sana seperti jasad.

Umumnya setelah Anda meninggal, Anda memiliki tubuh cahaya, tapi orang-orang ini tidak memiliki cahaya. Wujud mereka seperti tubuh ini, tapi tidak memiliki perasaan. Karena benak Anda begitu terikat pada hal-hal materi, dalam benak Anda, Anda membawa serta tubuh ini ke Surga.

Ini bukan tubuh yang sama, tapi mereka menciptakan tubuh lainnya yang kelihatan seperti tubuh ini dalam benak mereka. Tubuh itu seperti batu, atau seperti kayu, tanpa perasaan, tanpa pikiran, tanpa inteligensia. Karena sanak mereka berlatih atau memiliki keyakinan akan Kebenaran, mereka memiliki sedikit pahala sehingga mereka dapat naik ke Surga bersama sanaknya hanya karena hubungan darah. Namun mereka tidak memiliki kesadaran yang jernih di sana, mereka tidak dapat mengenali sanak mereka. Para malaikat menjemput mereka, dan menaruhnya di dalam rumah sakit. Dan mereka terbaring lama di sana, lama sekali seperti sebuah batu.

Dan lalu semua orang yang baik, orang-orang yang ada di sana harus menyembuhkannya dengan cahaya mereka, daya-kuasa mereka, dan menggunakan daya-kuasa mereka serta cinta-kasih mereka yang dicurahkannya ke dalam tubuh itu, mereka mencurahkan cinta-kasih dan energi cahaya ke dalam tubuh itu. Seperti itu untuk waktu yang lama, hingga mereka dapat mulai hidup kembali. Barulah mereka dapat mengenali keluarga mereka, orang-orang yang mereka kasihi dan yang tinggal di sana. Barulah mereka dapat sama-sama bahagia.

Namun demikian ini hanya berlaku untuk mereka yang tidak terlalu berat karmanya, bagi mereka yang berkarma berat meskipun banyak orang yang membantu mereka, mereka tidak dapat menerima bantuan tersebut. Ada beberapa orang yang begitu terikat dengan pikiran jahat mereka, terikat akan kehidupan jahat mereka sendiri, sehingga mereka tidak dapat menerima bantuan cinta-kasih ini. Sehingga mereka selamanya tersesat di dalam kegelapan. Kasus seperti ini sangatlah menyedihkan, tapi hanya ada beberapa kasus saja yang seperti ini.

Oleh karena itu mereka yang bermeditasi, atau paling tidak yang pergi dan mendengarkan sabda-sabda di Alkitab, atau kitab suci Buddha, paling tidak mereka berhubungan dengan daya kuasa yang lebih tinggi tingkatannya dan mereka akan terlindungi. Daya kuasa yang lebih tinggi sedikit melindungi mereka. Semakin banyak Anda berlatih, akan semakin baik jadinya.

Tentu saja, Anda sekalian berhubungan langsung dengan Cahaya Tuhan, Anda sudah dapat melihat Cahaya tersebut dalam kehidupan ini. Dan Anda pasti naik ke tempat yang lebih tinggi. Seperti Metode kita, Anda melihat Cahaya pada hari pertama Anda memperoleh inisiasi. Kalau tidak, mereka yang berlatih agak lamban melihat Cahaya tersebut setelah mereka mati, atau secara perlahan melihat Cahaya tersebut setelah berlatih sekian tahun. Karena dalam alam yang lebih tinggi mereka hanya menggunakan Cahaya untuk segala sesuatu, untuk membuat bayi, untuk membuat pakaian, untuk membuat rumah, untuk membuat pohon, untuk membuat segala sesuatu yang menyenangkan buat diri mereka; segalanya terbuat dari Cahaya. Dan bahkan di Surga, juga terdapat berbagai tingkatan, seperti yang ada di negara kita ini ada yang kelas kaya, miskin dan sedang. Namun di ketinggian Surgawi sana, mereka tidak saling beradu.

 


Laporan Media

Manfaat Fisik Dan Psikologis dari Meditasi

Dikutip oleh inisiat Patty McMahon dan Denny Flanigan, Ohio, AS (Asal dalam Bahasa Inggris)

Artikel di majalah Reader's Digest edisi Oktober 2002 "Berikan Damai sebuah Kesempatan - Meditasi untuk Orang Sibuk dan Normal" oleh Carol Krucoff merinci beberapa manfaat praktis dari meditasi. Penulis menggunakan Leonard Billing sebagai contoh, seorang tukang ledeng untuk Mount Lebanon, sebuah sekolah di Pennsylvania, yang bermeditasi tiap hari, dan menggambarkan pekerjaannya sebegai berikut: "Saya adalah satu-satunya tukang ledeng di satu wilayah dengan sepuluh bangunan dan saya bekerja keras, sepuluh sampai enam belas jam sehari." Pekerjaan tukang ledeng sangat meletihkan dan permintaannya tak berhenti, tetapi Leonard menjalani hari-harinya dengan tenang, menyelesaikan masalah-masalah dengan senyuman.

Akan tetapi Leonard Billing tidaklah selalu tenang. Virginia, isteri Billing, berkata, "Pada umur 40, Leonard kemungkinan akan terkena serangan jantung." Dia mempunyai sejarah keluarga yang berpenyakit jantung (termasuk seorang sepupu yang meninggal karena serangan jantung pada umur 40), tekanan darah tinggi, dan tingkat kolesterol yang sangat tinggi. Billing sakit dan menderita, dan harus melakukan sesuatu. Kemudian dia mengetahui bahwa perusahaan asuransinya akan membiayainya untuk ikut serta dalam sebuah program pengobatan jantung yang tidak biasa - yang di dalamnya termasuk meditasi.

Sebagai bagian dari program terapi jantung, dia juga berolahraga, latihan yoga, dan banyak melakukan diet vegetarian. "Dari semua perubahan yang telah saya lakukan," kata Billing, sekarang berusia 52 tahun, "meditasi adalah yang membuat saya terus bertahan. Ia membantu saya menjadi seorang yang lebih tenang, dan lebih percaya diri."

Orang-orang Amerika juga melakukan meditasi untuk alasan yang jauh melampaui kemampuannya untuk melepaskan stress. Seperti Leonard Billing, mereka menemukannya ketika berusaha untuk mengatasi penyakit jantung, mengontrol migrain, merendahkan tekanan darah mereka, mengobati sakit kronis atau menghadapi pengobatan kanker. Dan seperti Leonard, lama setelah mereka memecahkan masalah-masalah itu, yang membuat mereka mulai melakukan meditasi, mereka terus melakukannya, karena latihan itu juga membantu kehidupan mereka dalam hal-hal lainnya.

Bagaimana mungkin "duduk diam, tidak melakukan apa-apa" mempunyai kekuatan demikian? Meditasi mempengaruhi aktivitas otak, terutama di sistem syaraf anggota badan, yang mengendalikan metabolisme, tekanan darah, pernafasan dan detak jantung. Ahli jiwa Sekolah Kedokteran Harvard, Alice Domar telah menyaksikan perubahan seperti ini dari dekat. Sebagai bagian dari penelitian disertasi doktoralnya, Domar menghabiskan satu tahun di dalam kamar operasi mengajarkan teknik sederhana meditasi pernafasan satu-dua menit kepada pasien yang akan dioperasi. "Pasien tsb dilaporkan berkurang kecemasannya dan menjalani operasi dengan lebih baik," katanya. "Para dokter menjadi senang karena tekanan darah pasien lebih rendah, mereka mengalami pendarahan yang lebih sedikit dan operasi memakan waktu yang lebih singkat."

Perusahaan di Amerika juga mulai memanfaatkan keuntungan dari meditasi. Banyak karyawan yang harus melakukan berbagai tugas yang kompleks, yang mengakibatkan kecemasan dan membuat mereka susah untuk berpikir jernih. Belajar meditasi membantu mereka untuk memusatkan perhatian mereka dan menjadi lebih produktif.

Kekuatan sebenarnya dari meditasi datang tidak hanya dari waktu yang dihabiskan dalam latihan formal, tetapi juga menggunakan hikmah dari meditasi - belajar untuk rileks dan sadar - dalam kehidupan sehari-hari.

 


Pengeluaran untuk Kegiatan Amal di Formosa  
selama Juni dan Agustus 2002

Total jumlah pada Tabel 1 dan 2 adalah 329.129 dolar Taiwan (Kira-kira 9.680,26 dolar AS)

 

Tabel 1: Pengeluaran untuk Kegiatan Amal di Formosa, Juli dan Agustus 2002  
(Satuan : dolar Taiwan - NT$)

Lokasi Tanggal Keterangan Jumlah Apendiks
Taoyuan 2002.07.06 Bantuan untuk keluarga yang mempunyai pasien dalam keadaan koma dan sumbangan 1 set perangkat terbaru untuk penyedot rongga udara 6.825 A
Miaoli 2002.07.10 Bantuan untuk keluarga dari petugas polisi yang terbunuh saat tugas dan sumbangan dana bantuan yang mendesak 50.000 B
Tainan 2002.07.24 Kunjungan ke Rumah Tahanan Terbuka Tainan Mingte, seminar peningkatan rohani dan pengajaran meditasi (didukung oleh rekan-rekan sepelatihan) 0  
Tainan 2002.08.03 Dukungan bagi upaya Biro Perlindungan Lingkungan Kota Tainan untuk membersihkan pantai Golden Coast di Tainan bagian selatan (didukung oleh rekan-rekan sepelatihan) 0  
Filipina 2002.08.27 Bantuan bagi Koloni Penderita Lepra Culion di Filipina dan sumbangan berupa 750 kotak pakaian bekas, 193 kotak mainan dan buku-buku rohani (disumbangkan oleh rekan-rekan sepelatihan), dan biaya pengiriman 58.304 C
Malaysia 2002.08.28 Sumbangan berupa 176 kotak dan 22 karung pakaian bekas bagi orang-orang Cina Daratan yang terlantar dan tinggal di sepanjang perbatasan Malaysia, melalui Yayasan Kesejahteraan Komunitas Eden (disumbangkan oleh rekan-rekan sepelatihan) 0  
Tainan 2002.08.28 Kunjungan ke Rumah Tahanan Terbuka Tainan Mingte, seminar peningkatan rohani dan pengajaran meditasi (didukung oleh rekan-rekan sepelatihan) 0  
Tainan 2002.08.29 Kunjungan ke Rumah Tahanan Tainan, seminar peningkatan rohani dan pengajaran meditasi (didukung oleh rekan-rekan sepelatlihan) 0  
Total NT$115.129  

 


 

Tabel 2: Dana Bantuan bagi Keluarga Miskin di Formosa, Juli dan Agustus 2002
(Satuan: dolar Taiwan - NT$)

  Jul-02 Agu-02  
Lokasi Jumlah Keluarga Jumlah Jumlah Keluarga Jumlah Apendiks
Keelung 1 2.000 1 2.000 1
Taipei 7 18.000 7 18.000 2
Taoyuan 1 2.000 1 2.000 3
Hsinchu 1 3.000 1 3.000 4
Taichung 7 23.000 5 17.000 5
Nantou 6 23.000 6 23.000 6
Chiayi 3 8.000 3 8.000 7
Tainan 1 4.000 1 4.000 8
Kaohsiung 3 10.000 3 10.000 9
Pingtung 1 2.000 1 2.000 10
Hualien 1 5.000 0 0 11
Taitung 3 10.000 3 10.000 12
Penghu     2 5.000 13
Subtotal 35 NT$110.000 34 NT$104.000  
Total: NT$214.000
 
Ket.gambar:
Dengan hati yang penuh kasih, rekan-rekan sepelatihan Formosa membungkus dan memasukkan pakaian, mainan dan buku-buku rohani ke dalam peti untuk dikirimkan kepada penderita lepra di Filipina. 

Surat Penghargaan

(Asal dalam Bahasa Inggris)

Walikota Emiliano P. Marasigan, Jr
Kotamadya Culion
Culion, Palawan
5315 Filipina

Melalui: Ibu Candelaria M. Rigodon
Kantor Departemen Pengembangan Kesejahteraan Sosial Kotamadya

7 Oktober 2002

Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, Repubik Rakyat Cina

 

Para Penyumbang yang Terhormat,

Departemen saya dan semua penduduk Culion, terutama mereka yang menerima bantuan dana dari kalian, sangat berterima kasih atas kedermawanan kalian.

Kami menerima dua peti mainan dan baju bekas pada tanggal 9 September dan semuanya kami terima dengan baik. Sejauh ini semuanya telah kami distribusikan dan mereka yang menerimanya merasa terberkahi dengan hadiah-hadiah tersebut.

Semoga Asosiasi kalian terberkahi juga, sementara kalian meneruskan usaha kalian untuk menolong orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih,

 

Emiliano P. Marasigan, Jr
Walikota
Candelaria M. Rigodon

 


Seni Adikarya

Kuasa Ilahi dalam Karya Artistik Guru

Oleh saudari inisiat Chen, Yu-mei, Miaoli, Formosa

Saat saya mengapresiasi lukisan-lukisan guru di Center Hsihu, sering kali saya memandang sekilas pada lukisan "Fear (Takut)", tetapi jarang saya perhatikan secara khusus. Suatu ketika, setelah gempa bumi besar pada tahun 1999, seorang saudari sepelatihan membeli cetakan dari lukisan "Fear" itu. Tidak lama kemudian, dia memberitahukan saya bahwa rasa takutnya yang tak hilang-hilang akibat gempa bumi itu tiba-tiba lenyap setelah dia melihat lukisan "Fear." Baginya, lukisan guru ini sungguh ajaib! Sejak saat itu, saya mulai lebih menaruh perhatian terhadap lukisan itu.

Setelah meditasi malam hari selama retret dua-hari, saya mengunjungi area pameran lukisan, yang dipenuhi dengan pancaran cahaya harmonis dan berbagai Lentera Panjang Umur kreasi Guru. Setiap lukisan dan lentera karya Guru memancarkan keindahan yang luar biasa dan daya hidup yang lembut, ditambah dengan alunan musik Guru pada latar belakang, membuat saya dipenuhi suka cita!

Beberapa bulan yang lalu, saya merasa kuatir dan tidak tenang, dan ketika saya melihat "Fear" pada saat itu, sungguh membuat saya tergoncang! Setiap kelopak bunga dan daun dalam lukisan itu, bahkan vas-nya, seakan-akan gemetar karena ketakutan. Namun kemudian saya menyadari bahwa satu-satunya "ketakutan" yang dapat membuat saya takut adalah bilamana iman saya akan Kebenaran menjadi berkurang, bilamana ego saya menjadi semakin kuat, bilamana saya membuat kesalahan, atau menyakiti orang lain, atau bilamana tingkat kesadaran saya menurun tanpa saya menyadarinya. Lukisan "Fear" seketika itu mengingatkan saya tentang banyak hal, dan membuat saya paham akan kehidupan yang bersifat sementara ini, dan bilamana saya gagal untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk tekun berlatih dan menyelesaikan tugas saya, saya harus merasa malu dengan diri saya di hadapan Guru.

Pertama kali saya melihat lukisan "The Clown (Sang Badut)", saya tidak terlalu tertarik. Namun, pada retret dua-hari yang diadakan dua tahun lalu, saya terharu melihat lukisan ini. Pada waktu itu, saya merasa kesepian, frustrasi, dan putus asa, dan saya memandang kepada lukisan "The Clown" dengan mata yang tak berkedip. Hanya Guru, dengan kemurnian hati-Nya selayaknya seorang Kudus dan anak-anak, dapat dengan sempurna melukiskan kesedihan dan kegembiraan yang merupakan dua aspek kehidupan dalam lukisan ini. Badut dalam lukisan itu mungkin memiliki lebih banyak warna gelap yang meliputi hatinya, namun dia tetap memperlihatkan sisi terangnya kepada orang-orang. Apa yang dapat saya katakan adalah: "Guru! Anda sungguh menakjubkan!"

Ket.gambar:
The Clown (Sang Badut)
Fear (Takut)

 


 

Mode Terbaru yang Dinamis Menjelang Musim Gugur

Desain: Maha Guru Ching Hai

Untuk menambah suasana romantis musim gugur, diluncurkan koleksi terbaru Yogi yang Berbahagia bagi wanita dan pria. Menampilkan pakaian olah raga model terakhir dan rancangan pakaian santai, yang nyaman dipakai dan praktis, membuat pemakainya tampak muda, bersemangat dan bergaya. Dibuat dalam 5 seri warna dan jenis kemeja, semua menampilkan garis-garis yang cantik berkesan nostalgia.


Koleksi Pakaian Pria:

  1. Kemeja polo abu-abu coklat dengan garis-garis biru Turki dan hijau zaitun. Yang membuatnya tampak elegan adalah kerah dan hiasan manset elastis berwarna abu-abu coklat dengan warna biru pada pinggirnya.
  2. Kemeja polo dengan garis-garis berwarna kuning terang, hijau terang dan biru nilam, dipadankan dengan kerah berwarna putih. Kombinasi warna yang cerah ini sungguh-sungguh mempesona.
  3. Kaos oblong berleher pendek dengan kombinasi garis-garis halus berwarna abu-abu, putih, hijau terang, hijau tua, hitam dan biru terang. Kerah dan manset dipadankan dengan warna biru terang pada pinggirnya, sehingga tampak menyolok.

 

Koleksi Pakaian Wanita:

  1. Blus berleher-V dengan kerah terbalik, menampilkan garis-garis berwarna merah dan jingga dan pola berbentuk V berwarna jingga di bagian dada, dihiasi dengan kancing-kancing. Desain yang unik dan elegan ini juga tersedia dalam warna biru, putih dan merah.
  2. Blus berleher-V dengan kerah terbalik, menampilkan garis-garis berwarna biru, putih dan merah. Terdapat dua kantong berbentuk hati yang menarik di bagian dada dengan warna biru seperti kerahnya. Tampilan yang unik dalam desain ini adalah tambahan yang berbentuk busur, yang membuat pakaian ini tampak mempesona dengan sentuhan yang ceria. Desain yang elegan ini juga tersedia dalam warna merah dan jingga.

Bagaimana Menghubungi Kami

A Journey through Aesthetic Realms TV Program Videotapes
("Perjalanan melalui Alam Estetis" Pemutaran Video untuk Acara TV)
E-mail: art&spirituality@Godsdirectcontact.org
Fax : 1-413-751-0848 (AS)

News Group (Kelompok Berita):
E-mail: lovenews@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-801-7409196 atau 886-946-728475

Book Department (Departemen Buku):
E-mail: divine@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-240-352-5613 atau 886-943-802829
(Anda dapat bergabung dengan kami dalam menerjemahkan buku-buku Guru ke bahasa lain.)

Spiritual Information Desk (Pojok Informasi Rohani) :
E-mail: lovewish@Godsdirectcontact.org
Fax: 886-946-730699

S.M. Celestial Co., Ltd.
E-mail: smcj@ms34.hinet.net
Tel: 886-2-87910860 \ Fax: 886-2-87911226

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd. Taipei, Formosa.
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org
Tel: (886) 2-87873935 \ Fax: (886) 2-87870873

LA Center Bookstore (Toko Buku Center LA)
E-mail: la_bookstore@yahoo.com
Fax: 1-909-738-9992

Untuk mendapatkan informasi terakhir dari praktisi penghubung di seluruh dunia, silahkan kunjungi URL:
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/cp/index.htm

 

 

Situs WWW Quan Yin

* Daftar "Situs WWW Quan Yin" ini dapat berubah sewaktu-waktu, untuk informasi terkini atau jika Anda ingin menyertakan situs web Quan Yin dalam informasi apapun, silahkan gunakan informasi yang tersedia dalam dokumen berikut:     http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/links/links.htm

Hanya situs Web Quan Yin inilah yang paling terbaru dan akurat. Mohon tidak menggunakan URL situs web lainnya yang sudah usang.

 

WWW:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw (Formosa; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)

http://www.smchbooks.com/ (Formosa; dalam bahasa Cina dan Inggris, Toko Buku SMCH)

http://www.Godsimmediatecontact.com (Singapura; dalam bahasa Inggris)

http://www.GodsImmediateContact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.Godsdirectcontact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)
http://www.qyitv.com (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.GodsImmediateContact.org (Jepang; dalam bahasa Jepang)

http://www.godsdirectcontact.or.id   (Indonesia; dalam bahasa Indonesia)

http://www.godsdirectcontact-thai.com/ (Thailand; dalam bahasa Thailand)

http://www.godsdirectcontact.net (AS; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com (AS; dalam bahasa Spanyol, Perancis, Inggris, Cina tradisional & disederhanakan)

http://www.Godsdirectcontact.com/aulac/ (AS; dalam bahasa Aulac)

http://www.spiritweb.org/Spirit/media.html?who=Suma%20Ching%20Hai (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.Godsimmediatecontact.net/ (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.godsimmediatecontact.net/aulac (AS; dalam bahasa Aula)

http://www.Godsimmediatecontact.org/video/ (di AS dengan Windows Media Video & Real Video; dalam berbagai bahasa)

http://www.GodsImmediateContact.tripod.com (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.contactDirectAvecDieu.org (Perancis; dalam bahasa Perancis)

http://godsdirectcontact.rma.cz () http://www.Godsdirectcontact.or)

http://www.Godsdirectcontact.org (Kanada dengan layanan Real Audio; dalam bahasa Inggris, Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman; dalam bahasa Jerman)

http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org (Austria; dalam bahasa Jerman)

http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel (Hungaria; dalam bahasa Hungaria)

http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome (dalam bahasa Inggris) (BPesanan Buku - Aku Datang Untuk Membawamu Pulang)

 

 

Untuk berlangganan versi E-mail, sehingga terbitan majalah ini dapat dikirimkan ke email pribadi Anda, silahkan isi data Anda di salah satu situs berikut:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/service/service.htm (Bahasa Cina)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/service/service.htm (Bahasa Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.org/au/service/service.htm (Bahasa Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.com/english/service.htm (Bahasa Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com/spanish/service.htm (Bahasa Spanyol)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/fan/service.htm (Bahasa Cina tradisional)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/jian/service.htm (Bahasa Cina disederhanakan)

 

 

Alamat WWW Untuk Berita Maha Guru Ching Hai Secara Online Adalah:

Bahasa Cina Tradisional: 

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/news/139/index.htm (Formosa)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/139 (AS)

http://www.Godsdirectcontact.net/ch/news/139/index.htm (AS)

Bahasa Cina yang Disederhanakan: 

http://www.Godsdirectcontact.net/gb/news/139/index.htm (AS)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/gb139/ (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gb/news/139/index.htm (Formosa)

Bahasa Inggris: 

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/english/139 (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/139/ (AS)

http://godsimmedatecontact.net/news/news139/ (AS.)

http://www.Godsdirectcontact.net/eng/news/139/index.htm (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/139/index.htm  (Formosa)

Bahasa Aulac: 

http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/ (AS; huruf VNI,VPS,VISCII dan VNU)

http://godsimmediatecontact.net/aulac/n139/ (AS; huruf VNI)

Spanish: http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/spanish/ (AS)

Korean: http://www.Godsimmediatecontact.or.kr (Korea)

Japanese: http://www.Godsimmediatecontact.org/kannon/news/newsindex.htm (AS)

Indonesian: http://www.godsdirectcontact.or.id (Indonesia)

French: http://www.contactdirectavecdieu.org/News/index.html  (Perancis)

German: http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman)

Thai: http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/ (Thailand)

 

 

Situs web untuk men-download gratis buku contoh: Kunci Mencapai Pencerahan Seketika (dalam 50 Bahasa)

http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/publication/sample/sample.htm

http://www.direkter-kontakt-mit-gott.org/download/index.htm

http://www.godsdirectcontact.org/sample/

 

 

 

 

 


 

-- SEKIAN --

 

 

TOP