Dunia Satwa

Induk Anjing yang Pemberani Berenang Menyeberangi Sungai untuk Memberi Makan Anaknya

Oleh saudara inisiat di China (Asal dalam bahasa China)

 
Hua-hua dan anak-anaknya yang lucu

Pada pertengahan bulan Juli tahun ini, hujan yang amat lebat melanda Kota Chongqing di Propinsi Sichuan, China, yang mengakibatkan air dari Sungai Yangtze meluap dan mengakibatkan banyak bencana. Akan tetapi, bencana juga tidak dengan sengaja mempublikasikan tindakan kepahlawanan dari seorang induk anjing yang berenang menyeberangi sungai untuk memberi makan anak-anaknya di sebuah daratan kecil. Anjing pemberani ini mendapat panggilan “Hua hua” oleh penduduk setempat. Ukuran tubuhnya kecil dengan garis-garis kuning dan putih di bulunya. Pada awal bulan Juli, dia melahirkan empat ekor anak anjing di batu karang. Sayangnya, karang tersebut segera berubah menjadi pulau yang terisolasi setelah badai dahsyat menenggelamkan jalan antara tanah daratan dan karang. Jadi, untuk memberi makan anak-anaknya, setiap malam Hua-hua mengambil resiko hanyut oleh pergolakan Sungai Yangtze ketika dia berenang lebih dari satu kilometer menuju ke batu karang untuk menemani anak-anaknya sepanjang malam. Keesokan paginya, dia berenang kembali ke pantai dan mencari makanan.

 

Jalur renang yang dilalui Hua-hua untuk menyeberangi sungai demi menyelamatkan anakanya.

 

Bukan saja Hua-hua sangat berani dan penuh kasih, dia juga sangat pintar. Setiap hari ia berenang dari hulu, membonceng arus untuk mencapai batu karang. Kemudian dia akan berenang menuju hilir kembali ke pantai sepanjang rute paling hemat energi. Suatu hari, ada sekelompok orang yang kuatir akan Hua-hua dan anak-anaknya. Mereka naik perahu ke pulau tersebut untuk mengunjungi mereka. Akan tetapi ketika mereka tiba di pulau tersebut, mereka menemukan bahwa air telah naik sangat tinggi, dan telah membenamkan tempat dimana anak-anak anjing itu berlindung. Semua orang kuatir tentang keselamatan mereka. Beruntung mereka menemukan Hua-hua bersembunyi di dalam tumpukan batu bata yang berongga dengan empat bayinya yang berbaring dengan damai di sisinya sambil menyusui. Salah satu pengunjung tiba-tiba teringat pernah melihat Hua-hua tidak seperti biasanya yang berenang kembali ke pulau pagi hari sebelumnya. Sepertinya dia telah merasakan bahwa air sungai akan naik, lalu dengan cepat kembali untuk memindahkan anak-anaknya ke tempat yang aman.
Orang-orang dengan semangat memberi makan Hua-hua

Dengan melalui pemberitaan lisan dan liputan media, Hua-hua telah menjadi pahlawan hebat di dalam hati warga Chongqing dan kepada penyayang binatang di seluruh dunia. Banyak orang yang memberi makanan kepada Hua-hua sehingga dia akan mempunyai cukup nutrisi dan kekuatan. Beberapa orang juga mengungkapkan keinginan mereka untuk mengadopsi Hua-hua dan anak-anaknya, atau merawat mereka di pulau tersebut.