Gaya Hidup Zaman Keemasan

 

Kebun Pencakar Langit - Cara Baru yang Potensial untuk Bertani

Oleh Grup Berita Hong Kong (Asal dalam bahasa Inggris)

Berita baik di saat pemanasan global! Profesor Universitas Kolumbia Dr. Dickson Despommier menemukan cara baru yang potensial untuk bertani dengan mengubah gedung pencakar langit menjadi kebun pertanian! Hal ini dapat mengurangi pemanasan global dan mengubah lahan perkebunan tradisional menjadi hutan alami.

Dickson Despommier memiliki ide untuk menempatkan perkebunan di dalam gedung pencakar langit sekitar delapan tahun yang lalu. Ia meminta murid-muridnya untuk menguji tentang ketahanan kota, dan mendesain sebuah gedung yang dapat memberi makan Kota New York. "Kebun vertikal" 30 tingkat yang diimpikan kelak akan dijalankan oleh tenaga surya, tenaga angin, dan sisa tanaman yang tidak terpakai. Irigasi datang dari pembuangan kotoran. Ia percaya bahwa penggunaan sistem gedung ramah lingkungan ini juga dapat membantu membersihkan lingkungan kota. Ia memperkirakan bahwa lebih dari 100 jenis buah-buahan dan sayuran seperti arbei, arbei biru, dan bahkan tanaman pisang miniatur, dapat ditanam di kebun dalam gedung ini dan dapat menyediakan makanan dan air bagi 50.000 orang sepanjang tahun. Despommier percaya bahwa satu-satunya cara untuk menstabilkan iklim dan pola cuaca adalah mengubah cara kita bercocok tanam, serta menumbuhkan hutan di ladang pertanian. Ia percaya bahwa kebun dalam gedung akan menghilangkan semua tanah pertanian dan menggantikannya dengan hutan.

 
 

Selain usaha untuk meningkatkan jumlah hutan demi mengurangi pemanasan global, ada alasan lain untuk mengembangkan pertanian vertikal: ledakan populasi. Di tahun 2050, hampir 80% populasi bumi akan berada di pusat-pusat kota. Menurut tren demografi saat ini, populasi manusia akan meningkat sekitar 3 milyar. Dan pada saat itu kita akan membutuhkan lebih banyak tanah untuk menumbuhkan makanan dan hal ini tidak dapat dilakukan jika praktik pertanian tradisional terus berlanjut.

Sekarang, 60% dari populasi dunia tinggal di kota-kota. Kita manusia terlindungi dari pengaruh cuaca, akan tetapi kita membuat tanaman kita merasakan kerasnya tempat terbuka dan hanya bergantung pada cuaca yang baik. Perubahan iklim yang cepat, banjir, kemarau, angin ribut, dan angin hujan yang lebat dapat memakan korban setiap tahunnya serta menghancurkan jutaan ton tanaman panen. Jadi apakah tanaman yang dapat dipanen layak menerima "kenyamanan" dan perlindungan yang sama seperti yang kita nikmati sekarang? Mungkin sudah waktunya untuk mulai menumbuhkan makanan kita dalam bangunan kota dengan lingkungan yang dikendalikan.

 

Konsep pertanian dalam gedung telah menjadi tren selama beberapa waktu, dan pertanian rumah kaca telah berhasil menghasilkan tomat, tumbuhan bumbu, dan tanaman panen lainnya untuk dijual di pasar. Sekarang kebutuhan mendesak untuk menampung 3 milyar orang yang lain membuat pertanian dalam gedung sangatlah menarik. Kebun vertikal haruslah efisien, murah untuk dibangun, dan aman untuk dioperasikan. Despommier yakin bahwa kebun vertikal pertama akan ada dalam lima belas tahun ke depan. Jika diimplementasikan dengan sukses, maka pertanian bangunan-tinggi baru mampu menyediakan cukup makanan bagi seluruh umat manusia, dan tanah lapang yang besar dapat dikembalikan ke keadaan alami mereka. Pada akhirnya, hal ini akan menciptakan sebuah lingkungan yang mendukung kehidupan kota dan meningkatkan kesehatan bagi mereka yang hidup di kota.

Website:
http://www.verticalfarm.com/essay.php
http://nymag.com/news/features/30020/