Dunia Satwa

Gajah Memiliki Penciuman yang Hebat dan Memori yang Baik

Oleh Grup Berita AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Gajah-gajah liar membentuk sekelompok keluarga pada saat mereka berjelajah dan berkumpul bersama. Mereka akan saling menelusuri jika ada anggota keluarga yang terpisah dari kelompok atau menyelip ke dalam kelompok.

Suatu kajian yang dilakukan oleh psikolog dari Universitas St. Andrews menemukan bahwa gajah-gajah liar yang tinggal di Taman Nasional Amboseli Kenya dapat mengingat di mana posisi 30 anggota keluarganya satu persatu hanya dengan penciuman. Mereka menelusuri apakah anggota keluarganya tetap berada dalam kelompok dan di mana posisinya, apakah di depan atau di belakang. Gajah betina sangat perhatian dalam mengawasi anggota keluarganya dan dengan siapa mereka berjelajah.

Untuk menelusuri dua atau tiga anak dalam pusat perbelanjaan yang ramai sudah cukup sulit bagi kita. Coba bayangkan bagaimana melakukannya hingga 30 orang, ini benar-benar merupakan suatu tantangan yang luar biasa! Dalam hal ini, gajah sepertinya memiliki dua kelebihan dari manusia, yaitu penciuman yang hebat dan ingatan yang baik.

 

Sumber:
http://news.bbc.co.uk/1/hi/sci/tech/7127276.stm
http://www.timesonline.co.uk/tol/news/uk/science/article3001086.ece