Majalah Berita (News) Maha Guru Ching Hai No. 129

Daya kasih Tuhan abadi selamanya,  dan senantiasa melingkupi kita.

~Maha Guru Ching Hai


======= Daftar Isi =======

 

uGuru Menceritakan Lelucon
Tidak Berani Mengganggu/ Mobil Bekas yang Paling Hebat/ Sangat Perlu Operasi

uWejangan Guru
Pikiran yang Terbaik Adalah Tentang Tuhan

uKata-kata Mutiara

uLintasan Peristiwa
Kanada/ AS/ Kosta Rika/ Peru/ Jepang/ Korea/ Formosa/ Australia/ Hongaria

uPuisi
Kasih Tuhan -- Jalanku Menuju Pencerahan

uKisah Nyata
Di mana Ada Kemauan, Di situ Ada Jalan

uGuru Bercerita
Bergembira dan Menjadi Puas!

uTanya Jawab Pilihan
Keinginan Bebas dan Keinginan Tuhan/ Hati Nurani adalah Saksi Tertinggi Kita

uPesan Singkat
Pencarian Tanya Jawab yang Mudah

uSelingan Rohani
Pulang ke Rumah Melalui Keadaan Sulit

uCatatan Perjalanan Utusan Quan Yin
Sebuah Kesaksian akan  Kekuatan Tuhan

uGuru Berkata
Cobaan Hidup Membuat Kita Lebih Kuat

uPeningkatan Rohani
Kaset Video/ Lagu-Lagu dan Gubahan Maha Guru Ching Hai

uPerjalanan Rohani
Manfaat Tak Terhingga dari Retret

uDunia Cerita
Putri Tidur

uMutiara Kebijaksanaan
Menyebarkan Injil Tuhan Ke Mana-Mana/ Metode Quan Yin adalah Harta Terbesar/ Sudut Pandang yang Tercerahkan

uKeajaiban Guru
Alat yang Baik bagi Tuhan 

uKasih dalam Tindakan
New Jersey, AS/ Biaya Pengeluaran  untuk Pelbagai Kegiatan di Formosa selama September dan Oktober 2001/ Tanda Terima dan Piagam Penghargaan

uBagaimana Menghubungi Kami

uSitus WWW Quan Yin

uSeni Adikarya
Dunia Yogi Gembira/ Pengalaman Saya mengenai Lukisan Guru "Nostalgia"

Pesan Kecil:
Dalam pembicaraan mengenai Tuhan, atau Adi-Insani, Guru menginstruksikan agar kita menggunakan istilah muasal nir-kelamin untuk menghindari perdebatan tentang apakah Tuhan itu adalah Wanita atau Lelaki. (Istilah ini lebih tercermin dalam penggunaan kata pengganti bahasa Inggris yang terdapat dalam News versi bahasa Inggris).
She + He = Hes (seperti dalam Mess)
Her + Him = Hirm (seperti dalam Firm)
Hers + His = Hiers (seperti dalam Beers)
Contoh: When God wants, Hes makes things happen according to Hiers will to suit Hirmself.


Majalah Berita (News) No. 129
Diterbitkan: 10 Januari 2002
Didirikan: 1 April 1990
Diterbitkan Oleh: Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai 
Penerbit: Hsieh, Hsin Lin


Majalah Berita (News) Maha Guru Ching Hai dipublikasikan di Internet dalam berbagai bahasa: Aulac, Cina (dalam versi tradisional dan versi yang disederhanakan), Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Korea, Spanyol, Portugis dan Thailand. Silakan mengacu ke "Situs WWW Quan Yin" untuk majalah Berita (News) yang berkaitan dengan situs web.



 


Guru Menceritakan Lelucon

Tidak Berani Mengganggu

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 
17 Desember 1995 (Asal dalam bahasa Cina)
Kaset Video No.516

Ada dua kekasih yang masih belum saling mengenal terlalu lama, sehinga mereka saling berbagi perasaan yang kuat. Seperti kita juga, kita "hanya" bertemu sepuluh tahun yang lalu, dan masih saja merasakan kedekatan antara kita. (Guru dan hadirin tertawa.) Suatu hari mereka pergi berdansa hingga larut malam, namun mereka masih merasa enggan untuk berpisah bahkan setelah mereka keluar dari mobil. Mereka saling berpelukan berkali-kali, berbicara tanpa akhir.

Pada waktu itu, kebetulan seorang lelaki muda memarkir mobilnya di dekat mereka. Dia keluar dari mobilnya, menghampiri mereka, agak ragu sejenak, dan lalu kembali lagi ke mobilnya dan mengamati mereka lagi. Setelah beberapa saat, ia datang kembali, ragu-ragu, dan kembali lagi ke mobilnya. Dia mengulangi kelakuannya beberapa kali. Akhirnya dia berdiri di seberang jalan dan memandang pasangan tersebut, jelas sekali terlihat keputusasaannya. Dia memasukkan tangannya ke dalam sakunya, lalu ke belakang, dan ke dalam saku lagi, sepanjang waktu memandang pada dua kekasih tersebut. 

Akhirnya, sang kekasih lelaki tidak tahan lagi. Dia berlari ke arah lelaki tersebut dan bertanya, "Kamu telah memandang kami selama setengah jam. Apa sebenarnya yang kamu inginkan?" "Baiklah, saya mencoba masuk ke dalam rumah saya, namun Anda berdua berdiri di jalan masuk, dan saya tidak dapat masuk ke dalam!"


Mobil Bekas yang Paling Hebat

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa,
17 Desember 1995 (Asal dalam bahasa Cina) 
Kaset Video No. 516

Seorang lelaki bertanya pada temannya, "Pak Wang, bagaimana keadaan mobil bekas yang kamu beli minggu lalu?" 

"Jangan menyinggung mobil itu lagi! Sungguh mengerikan!" Pak Wang menjawab.

"Kenapa?" 

"Mobilnya mengeluarkan suara yang begitu berisik yang belum pernah kamu dengar sebelumnya - setiap bagian dari mobil itu mengeluarkan suara gaduh, kecuali klaksonnya!"


Sangat Perlu Operasi 

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 
17 Desember 1995 (Asal dalam bahasa Cina)
Kaset Video No. 516

"Dokter, saya perlu operasi," demikian ujar seorang wanita tua pada seorang dokter.

"Apa yang sakit?" sang dokter bertanya.

"Tidak apa-apa. Hanya saja saya perlu operasi." 

"Kamu tidak sakit tapi kamu ingin operasi? Di mana saya mesti melakukannya?"

"Tidak masalah. Terserah di mana saja dan lakukan saja."

"Tapi kenapa?" 

"Saya seorang anggota Asosiasi Warga Usia Lanjut. Seluruh anggota kami telah melakukan operasi. Dan mereka saling membicarakan mengenai operasi itu setiap hari. Saya tidak pernah melakukan operasi dan tidak dapat ikut serta dalam pembicaraan tersebut!" 



 

Wejangan Guru

Pikiran Yang Terbaik Adalah Tentang Tuhan

Ceramah oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 
25 September 1991 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 152

Anda tahu pikiran itu amat penting, begitu kuat merupakan keberadaan dan sifat dari Tuhan - demikian pada saat itu, atau paling tidak, ketika kita bermeditasi, atau kita ingat akan Tuhan, pikiran kita menjadi suci dan murni serta tiada berkondisi. Sehingga kita tidak menciptakan apa pun yang buruk - hanya getaran suci dan berkah yang penuh kekuatan.

Jadi ketika berkah yang penuh daya kuasa ini dan kekuatan pikiran dihasilkan oleh kita dan di sekitar lingkungan kita, maka pikiran dan berkah tersebut naik, dan kemudian orang lain yang juga suci dan berlatih diri, mereka juga menghasilkan pikiran yang sama, berkah yang sama, dan daya kuasa yang sama. Dan suka menarik suka, dan ketertarikan ini saling mengikat dan menjadikan sebagai kekuatan yang penuh daya, yang mengalahkan seluruh iblis, pengaruh negatif di dunia ini.

Dan itulah bagaimana dunia menjadi tersucikan dan meningkat hari demi hari. Itulah bagaimana kita membantu dunia bahkan tanpa perlu melakukan kerja amal, tanpa harus pergi keluar dan berceramah. Ya, tentu saja, apabila kita keluar dan berceramah, kita membawa serta, meskipun sebentar saja, getaran batin tingkat tinggi, ke dalam benak para hadirin dan menaikkan mereka sebentar saja, atau kemungkinan secara menetap, atau kemungkinan untuk jangka waktu yang lama. Dan mungkin saja orang-orang ini kemudian pulang ke rumah, dan mereka membawa serta getaran yang ada pada mereka, dan mereka memeliharanya, sehingga mereka menjadi stabil dalam suasana yang suci ini. Dan mereka tumbuh secara suci - murni dan stabil. Namun itu membutuhkan seseorang yang berdaya kuasa penuh untuk melakukannya. Kalau tidak, kita tidak akan mempengaruhi orang lain. Sebaliknya, kita yang akan terpengaruh oleh mereka. Karena massa yang ada - mayoritas orang yang ada adalah gabungan dari banyak benak pikiran yang disatukan bersama, dan kita hanya sendirian saja. Jika kita tidak terlalu kuat melingkupi benak pikiran mereka, maka mereka akan menelan kita, dan kita akan berada dalam bahaya.

Namun kita tidak perlu melakukan hal itu. Kita dapat sekedar duduk di sudut rumah kita, di sudut yang tenang di dalam kamar tidur kita, dan mengirimkan pikiran-pikiran baik, getaran-getaran baik, berkah yang berdaya kuasa ke dunia dan alam semesta secara luas. Itulah sebabnya kita harus bermeditasi untuk memurnikan pikiran kita.

Setiap kali kita ingat akan Tuhan, setiap kali kita ingat akan Nama Suci Tuhan, kita dikuatkan dengan kemurnian, kesucian, dan berkah. Dan siapa pun yang berada dalam kesadaran yang sama, tingkat yang sama dengan kita, akan disatukan dengan kita pada saat itu. Dan kita menambahkannya pada kekuatan tersebut, pada kekuatan positif guna menyucikan dunia dan menjadikan dunia lebih baik dan lebih baik lagi, dan guna menolong orang-orang yang memiliki benak pikiran yang sama dengan kita untuk lebih berkekuatan, dan menolong mereka yang berhubungan dengan pikiran kita, berhubungan dengan kehadiran kita, menjadi lebih berdaya kuasa, guna menaikkan tingkat rohani mereka. Itulah jalan yang terbaik untuk menolong dunia.

Tentu saja, pada waktu kita menolong dunia, kita menolong diri kita, karena kita tinggal di dalamnya. Semakin bersih suasana yang ada, semakin baik buat kita, bukan hanya bagi sesama kita. Jadi, membantu orang lain adalah membantu diri kita. Oleh karena itu, setiap kali kita harus menghasilkan pikiran yang paling murni, cinta-kasih tanpa pamrih, dan kehendak baik - sepanjang waktu - tanpa menghendaki apa pun sebagai pengembaliannya. Inilah cara yang terbaik. Meskipun kita belum mencapai tingkat kesucian atau tingkat Bodhisattva yang sangat agung atau tingkat Buddha, paling tidak kita harus menjaga diri kita murni dan tak terpengaruh oleh kekuatan negatif yang ada di sekitar kita. Karena di dalam dunia ini, banyak orang yang tidak berlatih kebaikan ini dan yang tidak memiliki keyakinan yang sesungguhnya terhadap Tuhan, mereka membangkitkan pikiran buruk sepanjang waktu. Dan mereka membuat lingkungannya menjadi kotor dengan pikiran, perbuatan, dan juga ucapan.

Dan jika kita tidak dilindungi oleh perisai suci, oleh perlindungan mental kita sendiri, dan oleh kemurnian serta kehendak baik kita sendiri, maka kita akan terbenam oleh kekuatan negatif di sekitar kita yang begitu besar. Itulah kenapa kita harus senantiasa melafal Nama Suci Tuhan, yang telah diberkati oleh Kekuatan Guru pada waktu inisiasi. Itulah yang kita namakan silsilah rohani, atau garis turunan dharma. Jika kita tidak memiliki garis turunan atau silsilah rohani, kita melafal Nama Suci itu seperti kata-kata hampa; kata-kata yang tanpa memiliki kekuatan.

Sungguh demikianlah adanya. Seperti halnya kesejahteraan materi. Seseorang yang tidak memiliki uang tidak dapat memberikan uang kepada orang lain. Meskipun dia menandatangani selembar cek, cek itu akan menjadi cek kosong - tidak ada dukungan, tidak ada rekening bank yang mendukung cek itu. Sama halnya, orang yang hampa secara rohani tidak dapat mengisi orang lain dengan kekuatan rohani, tidak dapat menghidupkan kembali daya kuasa rohani orang lain. Meskipun kekuatan rohani tidak kasat mata, ia tetap ada. Ia mesti ada agar dapat dipergunakan oleh seorang suci atau Guru untuk membangkitkan dalam diri orang lain, dalam batin orang lain, kekuatan rohani mereka sendiri. Kalau tidak, ia tidak mungkin tiba-tiba berdiri di sana dan membuat api sendiri. Meskipun api berasal dari kayu, ia perlu sesuatu, atau ia membutuhkan sebatang kayu bakar lainnya untuk membakar, atau menjadikan api di dalam kayu itu sendiri timbul.

Sama halnya, Guru adalah seseorang yang telah mengembangkan kekuatan spiritual-Nya, yang dapat mempengaruhi ribuan, jutaan, seluruh dunia, dan seluruh alam semesta. Semakin kuat sang Guru, semakin besar pengaruh-Nya. Dan ini dapat kita ketahui dengan berhubungan langsung dengan sang Guru. Kita merasa amat tenteram ketika kita duduk dekat seorang Guru rohani. Dan jika kita keluar dengan orang lain, orang yang memiliki pikiran jahat atau yang amat garang, kita merasa amat khawatir dan ketakutan. Ini merupakan pengaruh tak kasat mata dari dalam batin, yang tidak dapat kita ungkapkan, namun kita merasakannya.

Jadi, sesuai dengan itu, kita mencoba hidup sesuai standar Guru. Jadi kita bermeditasi; kita coba memurnikan pikiran kita. Pikiran yang terbaik adalah tanpa pikiran. Oleh karena itu, jika Anda melafal Nama Suci Tuhan, itu saja sudah cukup. Itu adalah pikiran terbaik. Nama Suci Tuhan sangatlah netral, sangat suci, dan sangat berdaya kuasa. Pada saat demikian, Anda tidak perlu memunculkan pikiran keseharian, benak keduniawian kita. Karena, seberapa pun baiknya kita berpikir, adakalanya itu masih terpengaruh oleh kebiasaan dalam suatu negara, oleh kebiasaan dari masyarakat kita, dan oleh kecenderungan masyarakat kita.

Oleh karena itu, pikiran yang terbaik adalah bahwa kita hanya memikirkan Tuhan. Karena Tuhan mahakuasa, penuh daya kuasa. Tuhan dapat melakukan segala sesuatu. Itu berarti pada saat itu, kita menyerahkan kehendak kita pada kehendak Tuhan. Membiarkan Tuhan yang menjalankan alam semesta, dan kita akan merasa tanpa beban.

Silakan kunjungi situs web berikut guna menikmati versi video wejangan Guru: 

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/129/mt.htm  (Formosa)
http://Godsdirectcontact.org/eng/news/129/mt.htm
  (AS)


 

 

Kata-Kata Mutiara

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, Hawaii, AS, 
27 Maret 1993  
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No.341

Cahaya Surga akan membersihkan semua kegelapan selama berkalpa-kalpa, miliaran, triliunan tahun di dalam jiwa kita.

Kita dapat duduk diam pada suatu bagian dalam hidup kita dan mempertimbangkan, mengatur kembali jalan kehidupan kita. Kita hanya dapat melakukan itu dengan pencerahan; kalau tidak sangatlah sulit menolong dunia kita dari permukaan. 

Saya tidak meminta Anda mengubah kepercayaan agama, pekerjaan, atau jalan kehidupan Anda, tapi hanya untuk mengetahui Kebenaran. Karena Kebenaran merupakan hakikat dari segala prinsip yang mendasari agama. 

 

 

Lintasan Peristiwa

Laporan dari Kanada

Perpustakaan Kebijaksanaan Spiritual yang Berharga

[Vancouver] Untuk membantu penyebaran ajaran Guru yang berharga, para inisiat Vancouver baru-baru ini membuka sebuah perpustakaan buku-buku dan pita rekaman Guru dengan menyewa sebuah kantor kecil di keramaian kota Vancouver, yang memperkenankan orang-orang yang berminat untuk meminjam materi-materi yang tersedia dan mengakses kebijaksanaan Guru dalam kenyamanan rumah mereka sendiri. 

Kami menginformasikan orang-orang tentang perpustakaan ini pada saat seminar yang baru-baru ini diadakan di dua tempat yang berbeda di kota ini. Beberapa tamu yang datang ke seminar dan berminat untuk belajar lebih jauh, selanjutnya dapat datang ke perpustakaan ini. Beberapa orang mendapatkan pamflet mengenai seminar tersebut sesudah acaranya sendiri sudah berlalu, tetapi tetap menelepon untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Kami sangat senang dapat memberitahukan mereka mengenai perpustakaan kami.

 

Laporan dari AS

Kebenaran Bersemi di St. Louis

[St. Louis] Pada tanggal 4 november 2001, para murid Missouri mengorganisasikan acara seminar video di St. Louis, di mana kami memperkenalkan Metode Kemudahan dan Metode Quan Yin kepada penduduk kota. Meskipun St. Louis bukan merupakan kampung halaman bagi murid-murid Missouri, kami merasa terpanggil untuk membagikan kabar gembira tentang Guru-yang-hidup, di kota ini, yang dikenal sebagai Gerbang Menuju Barat, dan kaki langitnya didominasi oleh lengkungan logam raksasa. 

Cinta kasih Guru meliputi acara ini, dan khususnya tampak nyata dalam diri rekan-rekan praktisi yang datang dari tempat yang jauh untuk membantu kami dengan bakti mereka. Kami sungguh-sungguh menghargai kesempatan ini untuk belajar dan bertumbuh bersama satu dengan lainnya dengan membagikan ajaran-ajaran Guru pada acara ini, dan berharap untuk mengadakan lebih banyak acara seminar seperti ini di kemudian hari. 

 

Laporan dari Kosta Rika

Kelas Memasak Vegetarian

[San Jose] Rekan-rekan inisiat di Kosta Rika mengadakan kelas memasak hari Minggu di center setempat tanggal 18 dan 25 November 2001. Kelas memasak ini menekankan pentingnya diet vegetarian, menerangkan bagaimana memasak berbagai masakan vegetarian yang bergizi, dan memperkenalkan pengetahuan umum tentang kebersihan.

Para inisiat dan calon inisiat, bersama dengan teman-teman dan sanak keluarga mereka, mengikuti kelas ini dengan penuh semangat, berbagi kesenangan dalam memasak dan mencicipi masakan yang lezat yang dibuat selama kelas berlangsung. Demonstrasi masak ini meliputi masakan dari Aulac sampai masakan Cina dan Kosta Rika. Kelas ini berlangsung dalam suasana harmonis dan komentar kekaguman terdengar sekali-sekali. Bagi para calon inisiat yang akan diinisiasi ke dalam Metode Quan Yin, kelas ini meningkatkan keyakinan mereka akan diet vegetarian dan menginspirasi mereka untuk terus melangkah maju dalam latihan rohani mereka.


Laporan dari Peru

Retret Pertama di Peru yang Melampaui Semua Harapan

[Trujillo] Pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2001, rekan-rekan praktisi dari Center Trujillo mengadakan retret mereka yang pertama kalinya. Lokasi yang dipilih adalah distrik Cachicadan, 2.800 meter di atas permukaan laut di Pegunungan Andes Peruvian. Tenang dan tenteram, Cachicadan tidak tersentuh oleh peradaban materi, dan orang-orangnya miskin tetapi bahagia.

Selama retret dua-hari, kami sungguh-sungguh memusatkan kepada latihan rohani. Dengan pengaturan tak terlihat yang dibuat oleh Guru kita terkasih, segalanya berjalan dengan mengagumkan di tempat yang indah ini, di mana suasana yang sungguh sentosa melingkupi sekeliling, dan hari-hari yang cerah, malam-malam berbintang, dan pemandian air panas yang bersifat terapis dengan kemurnian airnya yang bertemperatur 70 derajat Celsius, 250 meter jauhnya dari tempat retret.

Pada hari pertama retret kami dipenuhi dengan kebahagiaan dan kepenuhan. Kami semua memperoleh pengalaman yang luar biasa dan sungguh merasakan kehadiran Guru. Semua peserta tampak berubah, tampak sangat cantik dan berbahagia. Hari kedua bahkan lebih menakjubkan, karena kami memasuki samadhi untuk pertama kalinya, dan waktu berlalu dengan cepat.

Kami sangat berbahagia akan apa yang kami pelajari dan alami selama kami di Cachicadan sehingga kami memutuskan untuk mengadakan retret bulanan secara teratur di kemudian hari, tetapi di tempat yang lebih dekat dengan Trujillo, agar semakin banyak rekan praktisi dapat ikut serta dan menikmati kegembiraan dan manfaat dari retret di bawah naungan berkah Guru. 



Laporan dari Jepang

Berbagi Ajaran Guru dan Makanan Vegetarian yang Lezat

[Tokyo] Pada tanggal 18 November 2001, rekan-rekan praktisi dari Tokyo mengadakan acara seminar video di center mereka untuk membagikan ajaran-ajaran Guru dan berbagi makanan vegetarian yang lezat dengan para tamu. Dengan harapan dapat menarik sejumlah besar peserta, kami memasang pemberitahuan tentang kegiatan ini di Internet, dan mengirimkan email-email ke kelompok-kelompok vegetarian yang dipilih.

Seminar dimulai dengan kisah yang menyentuh mengenai perjalanan spiritual dari sepasang suami-istri yang merupakan rekan-rekan inisiat dari Amerika Serikat. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi video dari sebuah ceramah Guru dan sesi tanya-jawab, di mana seorang utusan Quan Yin menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para tamu. Menanggapi pertanyaan "Mengapa kita harus bervegetarian?", seorang rekan praktisi dengan spesialisasi dalam pengobatan Cina, memberikan penjelasan yang meyakinkan dan penuh humor dari sudut pandang profesinya. Paham vegetarian agak tidak lazim di Jepang, di mana kebanyakan orangnya mempunyai konsep yang salah bahwa diet tanpa ikan, daging atau telur akan mengganggu kesehatan. Uraian dari para rekan praktisi pada hari itu membantu para tamu untuk menyadari pentingnya diet vegetarian dari sudut ilmu kedokteran. Hal itu juga memperdalam keyakinan para tamu akan latihan rohani, dan lebih dari separuh tamu belajar Metode Kemudahan pada hari itu.

Selanjutnya, kami mengundang para peserta untuk mencoba rupa-rupa hidangan vegetarian yang disiapkan dengan penuh kasih oleh rekan-rekan praktisi. Kami juga mengadakan demonstrasi masak masakan vegetarian dan seni minum teh Cina. Para tamu dan inisiat semuanya menikmati hidangan makanan yang mewah ini dalam keharmonisan di bawah naungan cinta kasih dan berkah dari Tuhan.

 

Laporan dari Korea

Vegetarisme Tumbuh Pesat di Korea 

[Ilsan dan Jeonju] Pada tanggal 11 November 2001, rekan-rekan praktisi membuka dua restoran vegetarian baru, satu di Ilsan dan satu lagi di Jeonju. Meskipun SM Vegetarian Buffet, yang dikelola oleh Center Seoul untuk mempromosikan vegetarisme di Korea, mengalami kesulitan finansial dalam tahun-tahun pertamanya, restoran ini tetap beroperasi dan lambat laun menjadi terkenal karena minat akan diet vegetarian yang terus meningkat. Vegetarisme menjadi semakin populer setelah berjangkitnya serentetan penyakit yang berhubungan dengan makan daging. 

Hambatan terbesar bagi orang-orang Korea untuk mengikuti diet vegetarian adalah karena kurangnya restoran vegetarian. Tetapi dengan pertumbuhan vegetarian yang pesat belakangan ini, telah mendorong rekan-rekan praktisi setempat untuk membuka dua restoran di Korea.

Restoran J&J Vegetarian Buffet di Ilsan diberi nama dari singkatan kegembiraan ganda atau "Joy and Joy". Restoran vegetarian terbesar di Korea ini didirikan sebagai sebuah korporasi dan dioperasikan oleh rekan-rekan inisiat dari Center Seoul untuk mempromosikan vegetarisme. 

Upacara pembukaannya dihadiri oleh 500 tamu dan inisiat. Pemesanan tempat dilakukan bahkan sebelum pembukaannya dan hidangan vegetarian yang disiapkan untuk 500-600 orang segera habis dimakan. Para tamu memuji kelezatan makanan vegetariannya dan memperlihatkan minat yang besar dalam memasak masakan vegetarian.

Pada hari yang sama, restoran Healthy Vegetarian House dibuka oleh para praktisi Metode Kemudahan di kota Jeonju. Restorannya luas, dengan banyak meja, dan beberapa meja juga ditempatkan di luar restoran. Pada upacara pembukaan, yang diadakan bersama dengan gerakan vegetarian Provinsi Jeonbuk, menarik banyak inisiat dan kelompok vegetarian datang ke restoran itu. Sepanjang hari itu, demonstrasi masak masakan vegetarian dan ceramah-ceramah yang berhubungan dengan hal-hal vegetarian diadakan. Setelah upacara pembukaan, para tamu beserta inisiat pergi ke keramaian kota Jeonju untuk mempromosikan vegetarisme.

Pada hari pembukaannya restoran J&J Vegetarian Buffet menyajikan hidangan vegetarian yang lezat bagi para tamu yang gembira.


Laporan dari Formosa 

Pameran dan Pekan Raya

[Hsihu] Pada tanggal 18 November 2001, Ashram Hsihu mengadakan pekan raya yang luar biasa yang menarik ribuan rekan praktisi dan tamu-tamu dari seluruh Formosa.

Pekan raya ini mempertahankan tradisi dari tahun lalu yang banyak mendapatkan sambutan, menampilkan perayaan vegetarian yang mewah dengan lebih dari empat puluh jenis makanan tradisional yang lezat, penganan, dan minuman. Kegiatan istimewa lainnya meliputi sebuah pameran prestasi dari berbagai center di Formosa, acara hiburan di Taman Pelangi anak-anak, dan sesi transmisi Metode Kemudahan.

Pameran prestasi yang menampilkan center-center Formosa merupakan suatu kegiatan yang benar-benar baru. Rekan-rekan praktisi menggunakan seluruh kebijaksanaan mereka untuk menghiasi area pameran ini dan menampilkan keistimewaan dari masing-masing center mereka. Penampilan tulisan dan ilustrasi memberikan para peserta gambaran yang jelas mengenai perkembangan dan pertumbuhan keluarga Quan Yin tahun demi tahun. Center Taoyuan bahkan memberikan presentasi eksklusif berbasis-web, dan menyajikan tontonan VCD. Presentasi mereka yang hidup dan unik menarik banyak tamu ke area pameran mereka.

Acara istimewa ini juga dihadiri oleh kelompok pengamat khusus dari sekolah kedokteran Universitas Uppsala Swedia. Kelompok dengan dua puluh dua anggota ini dipimpin oleh seorang rekan inisiat, turut serta dalam acara gembira ini di bawah pengaturan yang senang dari rekan-rekan praktisi. Karena mereka sangat tertarik dengan pengobatan Cina dan terapi alternatif, seorang praktisi yang akrab dengan pengobatan Cina menarik perhatian para tamu dari jauh ini dengan pembicaraan singkat mengenai hubungan antara latihan rohani dan ilmu kedokteran, manyarankan bahwa meditasi adalah bentuk pengobatan alternatif yang terbaik.

Pekan raya dimulai pukul 9:00 pagi dan berakhir pukul 2:30 siang. Dengan berkah Guru, pekan raya ini berlangsung pada hari yang cerah, penuh sinar matahari, dan angin sepoi-sepoi, dalam suasana penuh kedamaian dan keharmonisan yang dipenuhi dengan tawa gembira. Setiap orang bersyukur kepada Guru atas hari yang gembira dan bermanfaat ini.

Tamu-tamu dari sekolah kedokteran Universitas Uppsala Swedia menonton rekaman video Guru dan mengunjungi pameran prestasi di Ashram Hsihu. 

Rekan-rekan praktisi bersama teman-temannya menikmati makanan vegetarian tradisional yang lezat.


Berbagi Kebenaran di Kampus NSYSU

[Kaoping] Terletak di Teluk Hsitzu di Kaohsiung, Universitas Nasional Sun Yat-sen dibangun di seputar tempat yang tenang dan indah, dengan latar belakang pegunungan dan depan menghadap ke laut. Sebagai universitas terkemuka di Formosa selatan, universitas ini telah melatih banyak individu berbakat bagi masyarakat. Untuk meningkatkan kesadaran rohani para muridnya, otoritas Universitas ini sering kali mengadakan seminar peningkatan-rohani. Karena itu, pada tanggal 17 November 2001, Profesor Lou Chi-chung, kepala Studi Pasca-Sarjana Jurusan Teknik Lingkungan, memprakarsai kegiatan berbagi-Kebenaran bekerja sama dengan Center Kaoping dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai.

Acara hari itu meliputi dua tema utama: seni dan spiritualitas. Selain menampilkan kreasi artistik dan publikasi Guru, makanan vegetarian yang lezat disediakan bagi para tamu untuk dinikmati. Presentasi video menampilkan partisipasi Guru dalam sebuah acara seminar pada tahun 2000 di Akademi Sinica yang terkemuka di Formosa. Acara-acara cemerlang lainnya dibawakan oleh rekan-rekan praktisi meliputi pertunjukkan musik, paduan suara dan tari.

Pada akhir acara, banyak tamu dan murid-murid belajar Metode Kemudahan, dan sesudah sesi meditasi mengajukan pertanyaan-pertanyaan selama hampir satu jam. Jelas terlihat bahwa para siswa sungguh tertarik dalam mencari Kebenaran. Kami sungguh berharap bahwa, dengan berkah Guru, mereka akan menemukan arti kehidupan mereka yang sebenarnya. Rekan-rekan praktisi sangat bersyukur akan berkah Tuhan dalam menolong mereka membuat kegiatan berbagi-Kebenaran ini berjalan sukses.


Laporan dari Australia

Cahaya Guru Bersinar di Perth, Australia

[Perth] Pada tanggal 11 November 2001, Center Perth mengadakan sebuah seminar video untuk membantu menyebarkan ajaran Guru ke seluruh kota.

Dalam persiapan acara tersebut, selebaran disebarkan selama sebuah expo rohani baru-baru ini yang diikuti oleh Center. Selain itu, stasiun-stasiun radio lokal di Perth mengumumkan acara tersebut melalui sebuah layanan yang dinamakan  Community Switchboard  di mana organisasi-organisasi nirlaba dapat secara gratis mengiklankan aktivitas-aktivitas mereka dalam masyarakat. Kami juga diberikan ruang iklan yang gratis di semua surat kabar di daerah metropolitan. Kelihatannya segera sesudah keputusan dibuat untuk mengadakan sebuah seminar video, roda-roda tak kelihatan digerakkan, dan semua persiapan di atas dilaksanakan dengan luar biasa mudahnya dan dalam waktu yang singkat. Hal ini jelas menggambarkan bahwa ketika kita bekerja dengan satu pikiran dan bebas dari hambatan ego, kekuatan Guru dapat bekerja tak terhalangi, dan segala sesuatu terjadi dengan sempurna.

Seminar dimulai pada jam 10:30 pagi, dan hening cipta selama dua menit dimulai (setengah jam lebih awal*) untuk berdoa bagi kedamaian dunia. Ini diikuti oleh video Guru berjudul  "Menjadi Pembawa Obor bagi Tuhan".  Semua orang kelihatan duduk penuh konsentrasi selama keseluruhan waktu video termasuk sesi tanya jawab. Guru pasti telah menjawab semua pertanyaan dalam pikiran hadirin, karena tidak ada yang bertanya setelah presentasi video, walaupun kami memiliki sebuah panel saudara dan saudari yang siap menjawab mereka. Banyak yang memutuskan untuk mempelajari Metode Kemudahan, dan yang lain ingin belajar Metode Quan Yin.

Center Perth sangat kecil, tetapi sekarang dengan kasih dan bimbingan dari Guru, kami berharap untuk berkembang dan tumbuh sambil melihat ke depan dengan semangat yang memancar hingga ke seminar berikutnya untuk menyebarkan Kebenaran.

*Dua menit Keheningan: Pada tahun 1918, pada jam 11, tanggal 11, bulan ke-11, perintah diberikan untuk mengakhiri Perang Dunia I. Sejak itu, negara-negara yang berbahasa Inggris telah menandai momen ini dengan Keheningan Dua Menit untuk mengenang mereka yang meninggal dan berdoa untuk kedamaian dunia.

 

Laporan dari Hongaria 

Berbagi Kebenaran dan Pertumbuhan Rohani

[Budapest] Rekan-rekan inisiat di Hongaria baru-baru ini mencapai perkembangan yang baik dalam pertumbuhan rohani mereka dan dalam menyebarkan ajaran Guru, karena dua seminar video diadakan dan jadwal meditasi kelompok lokal disesuaikan kembali.

Seminar Berbagi Kebenaran

Pada pertengahan Oktober 2001, sebuah seminar video berbagi Kebenaran diadakan atas saran seorang murid inisiat lokal, yang kemudian diadakan dengan begitu mulus di Kaposyar, sebuah kota utama di Hongaria sekitar 200 km dari Budapest. Hadirin bergabung dengan rekan-rekan sepelatihan dalam diskusi yang antusias, dan sekitar separuh peserta mempelajari Metode Kemudahan. 

Sebelumnya, selama musim panas, kami telah mengadakan sebuah seminar video di Bukares, ibukota negara tetangga Rumania, yang saat ini masih belum memiliki center. Pada waktu itu, kami bertemu dengan seorang wanita vegetarian di Cluj-Napoca, sebuah kota utama lain di Rumania. Ia mengundang kami untuk mengadakan ceramah, dan ternyata ia adalah pemimpin sebuah grup meditasi dan mengenal banyak orang yang bervegetarian. Ia sangat senang mendengar Maha Guru Ching Hai menjanjikan pembebasan abadi dalam satu masa kehidupan melalui latihan Metode Quan Yin, dan segera mengundang kami untuk mengadakan sebuah seminar video di daerahnya. Ia memesan sebuah aula ceramah dan mengatur penyebaran berita, sehingga kami hanya perlu pergi dan memberikan seminar pada tanggal 11 November, dalam suasana yang tenang dan penuh rasa persahabatan. Setelah itu, lebih dari setengah tamu memutuskan untuk belajar Metode Kemudahan dan mengungkapkan ketertarikan yang mendalam kepada Guru dan Ajaran-Nya.

Sesi Meditasi yang Ditambah

Center Budapest mengadakan sesi meditasi kelompok tiga kali seminggu sebelum bencana 11 September. Kemudian, setelah menerima permintaan Guru untuk mencoba untuk menghadiri meditasi kelompok lebih sering, kami memutuskan untuk memungkinkan inisiat lokal datang ke meditasi kelompok setiap sore, dan  bermalam  di Center sehingga kami juga dapat melakukan meditasi bersama pagi-pagi keesokan harinya. Jadwal baru ini ternyata sangat populer. Sebagai tambahan terhadap sesi meditasi ini, pada hari Sabtu terakhir setiap bulannya, kami sekarang melakukan meditasi satu hari, sehingga murid-murid dapat datang setiap Jumat sore, dan tinggal di Center hingga Minggu siang untuk retret akhir minggu. Berita mengenai retret tidak resmi ini entah bagaimana menyebar hingga ke luar negeri, dan retret yang terakhir kami juga diikuti oleh seorang saudari dari Austria. Kami dengan tulus berharap agar tidak ada lagi perang di dunia, tetapi kami sekarang merencanakan untuk mempertahankan jadwal meditasi yang baru ini secara permanen.




 

Puisi 

Kasih Tuhan

- Jalanku Menuju Pencerahan

(Asal dalam bahasa Inggris)

Oh! Guruku,

Terima kasih banyak.

Jika ku tersesat dan berkelana di kegelapan,

Sabda-Mu akan membimbingku.

Jika kurasa sepi dalam diriku, 

Kasih-Mu akan menjadi temanku.

Jika kapan pun kuperlukan kawan,

Kan kupanggil Engkau dari hatiku.

Kasih-Mu, mengalir turun dari Surga, 

Menjagaku bagai seorang malaikat penuh kasih.

Kasih-Mu, penuh dengan belas kasih tanpa akhir,

Mengasihiku dengan caranya.

Kasih-Mu, bergaung dari jauh,

Menenangkan segala sakit dan kecemasanku.

Kasih-Mu, suara hatiku,

Adalah hidupku dan keselamatanku.

Kasih-Mu..., begitu suci,

Kebahagiaan sempurna bagi jiwaku.

Oh, Guruku! 

Semoga aku menjadi seorang anak,

Dan Kau sebagai Ibuku,

Membelaiku dengan cinta dan belas kasih tak berujung....

Selamanya, Amin.......

Dari Dilip Gautam, murid-Mu terkasih, Nepal

Diinisiasi tanggal 1 Mei 2000 dan menikmati kasih Guru serta kebahagiaan abadi sepanjang waktu.



 

 

Kisah Nyata

Di mana Ada Kemauan, Di situ Ada Jalan

Oleh saudara inisiat Kim, 
Center Youngdong, Korea
(Asal dalam bahasa Korea)

Pepatah kuno mengatakan bahwa semangat adalah hal terpenting bagi praktisi rohani. Saya kira ini sungguhlah benar.

Waktu memutuskan menjadi seorang biksu Buddhis bertahun-tahun lalu, saya dipenuhi dengan aspirasi besar, harapan, serta kegembiraan. Saya menyelesaikan pelatihan sebagai biksu dan mulai berlatih Zen. Setelah berusaha bertahun-tahun, saya memperoleh kedamaian pikiran dan berjalan pada jalur latihan rohani. Tetapi, saya tidak merasakan kepuasan batin dan sangsi bahwa guru saya telah terbebaskan dari kehidupan dan kematian atau mampu membimbing kami sepanjang jalan menuju kebebasan. Pemikiran ini membuat saya bingung dalam latihan saya, dan setelah guru meninggal, saya merasa kehilangan sama sekali. Seorang praktisi rohani merasakan penderitaan yang amat sangat ketika ia tidak lagi punya keyakinan teguh
pada latihannya.

Untuk membebaskan diri sendiri dari perasaan-perasaan hampa ini, saya pergi menetap di suatu vihara dan berdoa dengan tulus tiga kali sehari, dan melanjutkan latihan ini selama duapuluh tahun. Itu menjadi kebiasaan, dan saya tidak lagi merasa jemu atau tidak suka melakukannya. Setelah mengungkapkan keinginan batin atas Kesejatian melalui doa yang tulus, saya dapatkan bahwa cara demikian lebih mudah untuk berlatih kerohanian. 

Tetapi, setelah menjalani kehidupan yang normal dalam biara, saya pikir bahwa sebagai seorang praktisi, saya terlalu lemah. Saya merasa malu terhadap para biksu Buddhis yang mencari Kebenaran tertinggi. Dari sejarah, para praktisi agung memperoleh Kebenaran melalui latihan tulus, sambil mengabaikan keinginan-keinginan fisik dan lainnya. Saya merasa tak sanggup lagi membuang waktu sedetik pun juga, dan pergi ke suatu vihara yang cocok untuk berdoa. Saya putuskan untuk melafal dan menyembah para Buddha di sepuluh penjuru selama tujuh hari, dan berlatih empat kali sehari. Setiap membungkuk penuh dengan harapan saya yang dalam. Gelora saya atas Kebenaran meningkat hari demi hari. 

Pada hari keempat, setelah selesai berlatih jam 10 malam, saya merasa segan dan sulit berdiri, tapi sanggup kembali ke kamar saya. Dalam keadaan setengah sadar, saya melihat kamar bersinar dengan cahaya yang terang, dan seorang biksu tua muncul dan memberitahu saya,  "Lafalkan nama Bodhisattva Kwan Im (Quan Yin). Maka kau akan mendapatkan berkah Buddha."  Waktu sadar sepenuhnya, ternyata saya sedang berbaring dan menatap langit-langit. Kelelahan yang sangat telah sirna, dan saya berasa ringan, nyaman, dan penuh semangat. Seluruh rasa kantuk lenyap. Merasa bersyukur atas kegembiraan batin dan penghargaan atas pengalaman tersebut, saya berlatih amat rajin selama tiga hari yang tersisa. Saya merasa sangat ringan dan bahagia pada perjalanan turun gunung.

Dua puluh tahun berlalu dan tak ada perubahan selama saya menjalani kehidupan biasa. Saya putuskan pergi melakukan retret lain, mungkin yang terakhir dalam kehidupan rohani saya. Saya berketetapan melakukan retret selama empat puluh sembilan hari. Karena usia telah melebihi enam puluh tahun, kondisi fisik saya jelek dan semangat juga menurun; karenanya, saya tidak berharap kemajuan terlalu banyak. Walaupun begitu, saya dengan teguhnya menyelesaikan retret tujuh minggu itu dan memutuskan untuk terus berlatih sepanjang hayat hingga mendapat pencapaian. 

Beberapa hari kemudian, beberapa biksu dan pengikut yang tinggal berdekatan datang berkunjung. Kami bicara mengenai latihan rohani hingga larut malam. Ketika para tamu akan pergi, saya tanyakan seorang pengikut,  "Apa yang Anda latih?"  " Metode Quan Yin,"  jawabnya. Saya bertanya lagi,  "Apakah Anda melafalkan nama Bodhisattva Kwan Im? " Jawabannya tak terduga:  "Saya merenungkan Cahaya dan Suara batin."  Saya lalu mendengar sekilas pengenalan mengenai Maha Guru Ching Hai. Tapi merasa tidak puas, saya bertanya lebih rinci mengenai Metode tersebut, dan diberitahu bahwa saya hanya bisa tahu lebih banyak setelah inisiasi. 

Walaupun itu adalah yang pertama kalinya saya mendengar mengenai Metode Quan Yin, minat saya muncul begitu besar, dan saya pergi ke center Seoul untuk meminta inisiasi keesokan harinya. Saya didorong untuk membaca buku-buku Guru, dan memperoleh dua belas di antaranya. Sewaktu masih di pertengahan buku pertama  Kunci Mencapai Pencerahan Seketika, saya mendengar Suara batin datang dari segala penjuru. Saya tak pernah mendengar Suara semacam itu sebelumnya, tetapi ia nyaman dan menyenangkan hati. Semakin saya membaca buku itu, semakin saya ingin membaca. Buku itu mendiskusikan Cahaya dan Suara secara rinci. Seseorang seperti saya yang telah menghabiskan sebagian besar hidupnya berlatih Zen dan telah dicuci otak oleh gagasan-gagasan Zen cenderung punya sedikit kepercayaan pada ajaran-ajaran semacam yang diberikan Guru. Tetapi, setelah membaca buku-buku-Nya beberapa hari, saya merasa bahwa berlatih metode ini adalah benar dan bisa. 

Akhirnya saya menerima inisiasi, yang selesai lewat tengah malam. Ketika para inisiat baru sedang berbagi pengalaman mereka, saya merasa tidak sabar karena saya tidak mendapat pengalaman apa pun. Saya malah sangsi jangan-jangan ada yang salah sewaktu proses inisiasi. Waktu itu, segalanya terasa aneh dan saya merasa gugup, jadi saya tidak tahu kalau mendapat pengalaman atau tidak. 

Sewaktu meditasi kelompok besoknya, Guru datang menjenguk kami. Waktu Ia melewati saya, tanpa sadar saya berdiri dan menyembah pada-Nya. Guru berhenti dan menyalami saya, melihat saya sejenak, dengan belas kasih dan anggun. 

Guru menyertai kami dalam meditasi kelompok di sore harinya. Dan meminta para inisiat Afrika Selatan untuk mendekati-Nya. Ia menyentuh dahi dan kepala mereka, dan saya merasa sangat iri dan memutuskan untuk tidak kehilangan kesempatan. Saya lari ke panggung dan menunggu sentuhan Guru. Waktu meninggalkan panggung, Guru menepuk punggung saya tiga kali dan meminta saya untuk mengikuti-Nya. Sungguh mengharukan. Lewat penerjemah, saya katakan bahwa saya tidak mendapat pengalaman apa pun sewaktu inisiasi. Guru lalu menyentuh kedua telinga dan dahi saya beberapa kali. Ia juga mengajari saya cara bermeditasi Cahaya. Pada waktu itu, saya merasa bahwa biksu tua yang muncul di depan saya 20 tahun lalu adalah Guru. Saya memberitahu Guru mengenai pengalaman ini dan Ia menjawab dengan senyuman dan mengatakan "Terima kasih" dalam bahasa Korea. 

Setelah itu, suatu perubahan yang amat besar terjadi dalam latihan saya. Saya buang latihan Zen saya selama empat puluh tahun dan berkonsentrasi pada Metode Quan Yin. Sudah kira-kira dua tahun berlalu sejak inisiasi saya; tapi, perubahan besar telah terjadi pada diri saya baik luar maupun dalam. Saya merasa puas dan bahagia di dalam, dan lebih pengertian. Saya perhatikan bahwa saya telah maju pesat dalam menghadapi rintangan dalam hidup keseharian saya, baik besar maupun kecil. Setiap kali saya perhatikan hal ini, saya sangat bersyukur pada Guru atas Kasih-Nya yang besar. Saya teguh untuk memperoleh Kebijaksanaan yang agung dan menolong makhluk hidup. Saya kira inilah cara saya membalas Kasih Guru.

 


Guru Bercerita

Bergembira dan Menjadi Puas!

Diceritakan oleh Maha Guru Ching Hai, 
Hsihu, Formosa, 
17 Desember1995 (Asal dalam bahasa Cina)
Kaset Video No. 516

Seorang lelaki pergi menemui gurunya untuk menceritakan masalahnya: " Guru! Engkau harus menolong saya. Saya tidak tahan hidup lagi. Saya berada dalam masalah besar! Jika Engkau tidak membantu saya, sudah pasti saya akan mati!" 

"Apa yang terjadi?"  Guru itu bertanya.

"Keluarga saya sangat miskin, dan kami hanya mempunyai satu rumah. Kami tidak mampu membeli rumah yang besar, tetapi kita harus memuat banyak orang, termasuk kakek saya, nenek dari pihak ibu, bibi-bibi, paman-paman, sepupu-sepupu, adik/kakak ipar, dan kakak saya, ditambah tiga atau empat orang anak saya,"  jawab sang murid.  " Di samping itu, kakak saya akan segera mempunyai bayi, dan adik perempuan saya akan segera menikah dan berencana tinggal bersama kami bersama dengan suami mereka!" 

Gurunya menggeleng-gelengkan kepala, berpikir dan bermeditasi sejenak, lalu menepuk mata kebijaksanaannya dan berkata,  "Ah! Saya mempunyai solusi! Engkau mempunyai binatang di rumah, bukan?" 

Murid tersebut adalah seorang petani, jadi dia menjawab,  "Ya! Ya!" 

Gurunya bertanya lagi,  "Binatang apa yang Anda miliki di rumah?" 

"Saya mempunyai dua ekor sapi, dua ekor domba, empat ekor angsa, tiga ekor babi, sepuluh ekor ayam, dua puluh ekor anak ayam, seekor kucing dan dua ekor anjing,"  jawab si petani.

Wow! Apakah Anda melihat betapa  "miskin"-nya  dia? Lalu, gurunya berkata,  "Sekarang, pindahkan semua binatang itu ke dalam rumahmu, dan segala sesuatunya akan menjadi baik!" 

Petani itu menjadi bingung dengan kata-kata gurunya. Tetapi karena dia telah mendengar bahwa gurunya adalah mahatahu, sangat manjur dan bijaksana, dia tidak mempunyai pilihan lain kecuali mengikuti petunjuknya dan mencobanya. Dia pulang ke rumah dan memindahkan semua binatang - sapi, domba, angsa, ayam, kucing dan anjing, ke dalam rumahnya dan mengunci mereka bersama-sama dengan keluarganya. (Guru dan semuanya tertawa.) 

Seminggu telah lewat dan lelaki itu datang lagi menemui gurunya. Dia pasti telah kehilangan sepuluh kilogram berat badannya, dan pakaiannya sungguh berantakan, tertutup dengan kotoran dan air seni binatang. Masya Allah! Dia sungguh-sungguh sangat bau! Dia bergegas masuk dan berlutut, lalu berkata, "Guru! Saya akan segera mati! Tolong selamatkan saya; saya tidak tahan lagi! Sekarang ada kotoran binatang di mana-mana di rumah saya. Binatang itu berkeliaran di mana-mana, di atas tempat tidur dan meja, di dapur dan kamar mandi. Seluruh rumah berisi kotoran binatang, dan kita sibuk seharian mencoba membersihkannya, tetapi semuanya sia-sia. Lihatlah apa yang terjadi dengan saya!"  Gurunya berjalan bolak-balik, menepuk mata kebijaksanaannya dan merenung sejenak. Tiba-tiba, dia berkata,  "Ah! Saya mendapatkannya! Pulanglah ke rumah dan bawalah dua ekor sapi keluar dari rumah, dan semuanya akan menjadi baik." 

"Terima kasih banyak, Guru,"  kata muridnya, sebelum bergegas pulang ke rumah untuk mengeluarkan dua ekor sapi dari rumahnya.

Seminggu telah lewat dan muridnya kembali lagi,  "Guru! Saya masih tidak tahan! Lantainya tertutup dengan kotoran binatang, dan binatang itu membuat banyak keributan sepanjang hari. Saya betul-betul tidak tahan lagi! Apakah Engkau mempunyai jawaban lain?"  Gurunya berjalan lagi bolak-balik, menyentuh janggutnya, menepuk mata kebijaksanaannya, dan lalu berkata,  "Oh! Pergi dan keluarkan dua ekor domba, dan semuanya akan menjadi baik."  Petani itu mengikuti petunjuk gurunya dan pulang ke rumah dan mengeluarkan dua ekor domba. 

Dua minggu berikutnya, dia datang kembali dengan keluhan yang sama: "Kami tidak tahan lagi! Bagaimana kami dapat hidup seperti ini? Saya menurutimu, tetapi saya betul-betul tidak tahan lagi!"  Sekali lagi, gurunya menepuk mata kebijaksanaannya dan berkata,  "Baiklah! Pulanglah ke rumah dan keluarkan angsanya."  Sekali lagi lelaki itu mengerjakan apa yang diinstruksikan, dan berpikir bahwa masalahnya telah selesai.

Akan tetapi, dia kembali lagi dua minggu berikutnya dengan keluhan yang sama, lalu gurunya berkata,  "Keluarkan ayam dan bebeknya, juga."  Dan dia mengerjakan sesuai instruksi. Akan tetapi, dua minggu kemudian, dia kembali dengan keluhan yang lain.  "Aduh! Sekarang dua ekor anjing berkelahi dengan kucing sepanjang waktu dan berkejaran di mana-mana. Segera sesudah kami berbaring hendak tidur, mereka melompat ke muka kami. Ini benar-benar tidak tertahankan lagi! Apa yang harus kami lakukan?"  Gurunya berkata,  "Mungkin Anda juga harus mengeluarkan anjing dan kucingnya!" Muridnya melakukan sesuai instruksi, dan lalu dia merasa jauh lebih baik. (Guru dan semuanya tertawa) (Tepuk tangan) Sebulan kemudian, dia membawa bunga dan pisang kepada gurunya, dan berkata, "Guru, Engkau selalu yang terbaik. Sekarang semua saudara-saudara kami, paman, kakek, semuanya hidup dengan damai dan harmonis."

Apa pun yang diberikan Tuhan adalah selalu yang terbaik. Jika Anda mengeluh tentang mempunyai tiga anak dan dua suami... Oh! Tidak! (Guru dan semuanya tertawa) Jika Anda mengeluh bahwa itu semuanya terlalu berat dan Anda terlalu sibuk mempunyai seorang suami dan tiga orang anak, di kemudian hari Tuhan mungkin akan memberikan Anda beberapa lagi! Kita harus puas dengan apa yang kita miliki. Dunia ini hanyalah sebuah tempat bermain bagi kita, jadi janganlah menjadi terlalu serius. Jika Anda pikirkan lagi, maka Anda akan merasakan kesenangannya. Dengan sedikit upaya pengaturan, keluarga Anda akan menjadi lebih baik. Bermeditasilah lebih banyak dan renungkanlah hal tsb, maka Anda akan menemukan jawaban dari masalah Anda. Oleh karena itu, janganlah takut dan janganlah mengeluh. Begitulah seharusnya hidup kita, tidak peduli berapa banyaknya kita mengeluh. 


Tanya Jawab Pilihan

Keinginan Bebas dan Keinginan Tuhan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, 
Retret Internasional 3-hari, Los Angeles, CA, AS,
18 Desember 1998 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 642

T: Karena Tuhan memberikan kita keinginan bebas, dan kita dapat melakukan apa pun   bahkan mengubah nasib kita,  bagaimana kita dapat menyelaraskan keinginan kita dengan keinginan Tuhan, dan mengetahui bahwa kita melakukan keinginan Tuhan?

G:  Ada dua hal yang dapat Anda lakukan: Mengikuti keinginan anda, atau mengikuti keinginan Tuhan. Mengikuti keinginan Anda adalah seperti ini: Jika Anda tidak menyukai ini atau Anda tidak menyukai itu, Anda ubah. Anda mempunyai hak untuk menyenangkan diri Anda sendiri. Jika Anda tidak menyukai ini atau itu, ubahlah. 

Mengikuti keinginan Tuhan berarti, " Oke, saya tidak peduli. Apapun yang datang kepada saya, akan saya lakukan."  Dan Tuhan akan mengurus lainnya. Jika Anda cukup kuat, Anda lakukan saja. Apa pun yang datang kepada anda, Anda mengurusnya sebaik mungkin. Lalu sisanya serahkan kepada-Nya. Tetapi jika Anda tidak cukup kuat, Anda mengikuti keinginan Anda. Apapun yang tidak Anda sukai, Anda ubah. Dan berharap bahwa Tuhan bekerja sama; Dia selalu melakukannya. 

T:Tetapi dapatkah ego masuk ke dalam keinginan Anda?

G: Tidak. Jika Anda tidak mempunyai ego lagi, Anda bahkan tidak khawatir dengan keinginan bebas. Jadi jika tidak ada ego, tidak ada keinginan-sendiri, maka hanya ada keinginan Tuhan. Bagaimanapun, kita berjalan satu tahap demi satu tahap. Tidak ada gunanya melompat langsung kepada keinginan Tuhan, jika Anda tidak siap untuk itu. Dia sangatlah sabar; apa pun yang menjadi keinginan Anda adalah menjadi keinginan Dia. Tetapi apa yang menjadi keinginan Dia tidaklah selalu menjadi keinginan Anda. Oleh karena itu, ada keinginan bebas, dan ada keinginan Tuhan. Jadi Anda memilih sendiri.

T: Bagaimana saya menyelaraskan keinginan saya dan berserah kepada keinginan Tuhan? Karena saya tahu bahwa keinginan Tuhan adalah yang terbaik buat saya.

G: Jangan lakukan apa pun. Dapatkah Anda melakukannya? Dapatkah Anda tidak melakukan apa-apa?

T: Hanya begitukah?

G: Ya! Saya tidak mengartikannya hanya duduk saja sepanjang hari, tetapi kerjakan apa yang datang. Jika Anda berada dalam pekerjaan ini, kerjakanlah. Jika seseorang meminta Anda melakukan itu, lakukanlah. Jika seseorang tidak meminta Anda melakukan apa pun, jangan lakukan apa pun. Kerjakanlah apa pun yang Anda tahu sedang menuju kepada Anda. Itulah keinginan Tuhan. Jika Anda bisa puas dengan itu, sangat bagus. Jika tidak, Anda dapat mengubahnya.

T: Terima kasih karena sangat mudah. Anda sangat sederhana.

G: Ya, itulah yang saya pelajari. (Hadirin bertepuk tangan) Itulah mengapa kemarin saya berkata kepada beberapa saudara/i sepelatihan,  "Tidak usah kerjakan apa pun."  Tidaklah perlu duduk di situ dan membayangkan mengirim kasih Tuhan ke semua penjuru, membayangkan ini dan membayangkan itu. Hanya cukup duduk di sana, dan Tuhan akan mengirimkan sesuatu kepada Anda. Tetapi Dia juga berkata,  "Ketuklah dan itu akan diberikan kepadamu."  Itulah keinginan bebas. Saya bahkan tidak peduli untuk mengetuk lagi. Jika Dia tidak memberikannya kepada saya, saya berkata,  "Oke, simpanlah itu."  Saya bahkan tidak meminta. Dan jika Dia tidak memberi, saya berkata,  "Baiklah! Mungkin saya tidak memerlukannya." Lebih sederhana dengan cara ini. 

Semua yang perlu Anda lakukan adalah hanya menjaga tubuh ini, kerja yang cukup untuk hidup atau berinvestasi atau apa pun. Kerjakanlah hal-hal yang Anda kerjakan. Pergulatan akan berkurang dan Anda akan merasa lebih damai. Emerson, filsuf Amerika berkata,  "Beban yang berat akan jatuh dari pundak Anda jika Anda membiarkan Tuhan menjalankan dunia ini."  Saya hidup dengan konsep ini. 




Hati Nurani adalah Saksi Tertinggi Kita

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, 
Malaysia, 
24 Februari 1992
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 216

T: Guru, Anda pernah berkata bahwa kita menghukum diri kita sendiri. (G: Ya, kita menghukum diri kita sendiri.) Tetapi meskipun demikian dalam dunia ini, kita tidak pernah melihat ketika anak melakukan sesuatu yang buruk, mereka menghukum diri mereka sendiri. Ibunya atau ayahnya yang menghukum anaknya. Dan juga ketika kita melanggar peraturan lalu lintas, kita sendiri tidak pergi ke kantor polisi dan melapor, " Oh! Saya ngebut." Tetapi polisilah yang menangkap kita dan menghukum kita. Jadi, tampaknya ada seorang saksi yang lebih tinggi yang menyaksikan karma baik dan buruk kita dan yang memberikan balasan dan hukuman setimpal dengan perbuatan kita. Sulit untuk berpikir bahwa diri kita sendiri yang memberikan balasan dan hukuman.

G: Hukum dunia ini dan hukum dunia batin berbeda. Kia sendiri adalah kesadaran; apa pun yang kita lakukan di dalam dunia ini bersifat fisik. Kita memerlukan mata fisik untuk melihat, tangan fisik untuk menangkap kita, dan hukum fisik untuk mengatur segala sesuatu yang kita lakukan secara fisik. Tetapi ada hal-hal yang lebih dalam daripada tingkatan fisik: ketika kita menyakiti orang lain dengan sengaja, atau merampas milik orang lain dan tahu bahwa bahwa seharusnya tidak melakukannya. Bahkan polisi mungkin tidak akan menangkap kita, tetapi diri kita sendiri adalah saksinya sepanjang waktu, 24 jam sehari. Kita tidak dapat berlari dari suara hati kita. 

Karena itu, kadang-kadang kita melakukan perbuatan yang salah di dunia ini dan polisi tidak menangkap kita. Tetapi kita selalu tahu bahwa kita telah berbuat salah. Dan perasaan salah akan terus mengikuti kita. Apa pun yang kita lakukan dan apa pun yang kita pikirkan menciptakan suatu jenis bentuk energi, mengelilingi kita dan melekat pada tubuh psikis kita. Dan itulah yang harus kita tanggung setelah kita meninggalkan dunia benda materi dan keberadaan materi ini, karena beberapa kejahatan melampaui retribusi. Contohnya, jika kita membunuh seseorang, polisi menangkap kita dan membawa kita ke penjara. Kita menjalani masa hukuman dalam penjara mungkin selama sepuluh atau dua puluh tahun atau mungkin seluruh hidup kita. Tetapi itu tidak menghapus suara hati kita. Karena kehidupan tidak kembali pada orang yang kita bunuh selama masa tahanan kita, tidak sama sekali. Kita tahu ia mati. Dan anaknya, istrinya, dan orang yang dikasihinya meratapinya, merindukannya, dan menderita. Dan kebencian serta penderitaan mereka juga menciptakan suatu jenis energi yang diarahkan ke kita, dan kita tidak dapat menghindar darinya. Pikiran memiliki bentuk dan energi; itulah sebabnya mengapa orang dapat melakukan hipnotisme. Karena itu, pikiran dan kebencian dari orang yang meninggal dan kebencian dari orang yang dikasihinya akan terus membahayakan Anda dan mengikuti Anda. Dan suara hati Anda akan terus menciptakan jenis energi penyesalan ini dan membuat masalah bagi Anda. Bahkan masa dalam penjara tidak dapat menghapusnya.

Itulah bagaimana kita sebagai Tuhan, sebagai energi, sebagai kebijaksanaan dan roh, sebagai kekuatan   tidak dapat mentolerir perbuatan salah kita. Jadi, kita harus menemukan suatu cara untuk mengimbanginya, supaya meringankan hati nurani kita. Itulah bagaimana kita jatuh ke dalam suatu tingkat kesadaran yang sangat gelap, tidak memiliki cahaya di dalamnya dan memiliki penderitaan. Dan itu disebut neraka. Jika tidak, sebenarnya neraka tidak ada. Lepas dari kesadaran diri kita, terlepas dari kesadaran orang yang berbuat salah, tidak ada neraka. Ada perbedaan pada tingkat fisik daripada tingkat rohani; secara fisik kita tahu apa yang kita lakukan salah, meskipun orang lain tidak mengetahuinya.

Ada banyak hal yang tidak diketahui orang. Contohnya, ada banyak orang yang sangat jahat sehingga mereka dapat mengutuk orang dan membuat mereka sakit. Secara fisik, tidak ada bukti yang dapat digunakan polisi untuk menangkap mereka, tetapi secara fisik atau mental orang jahat itu tahu sepanjang waktu. 

Kita adalah saksi terbaik dari semua kejahatan atau perbuatan baik/saleh yang kita lakukan. Itulah sebabnya saya berkata kita menghukum diri kita sendiri, atau kita menghadiahi diri kita sendiri Surga. Anda dapat berkata bahwa ini adalah tatanan yang lebih tinggi. Itu adalah Diri kita yang lebih tinggi, kesadaran kita yang lebih tinggi atau Keadilan kita yang menuliskan hukuman ini bagi kita. Tetapi itu adalah Diri kita, Diri kita yang Sejati.


 

Pesan Singkat

Pencarian Tanya Jawab yang Mudah

Anda sekarang dapat lebih mudah  menikmati kebijaksanaan tak terhingga dari Maha Guru Ching Hai ketika Ia menjawab pertanyaan dari pelatih rohani. Kunjungi http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/pearl_wisdom/qa/index2.htm  dan alami penjelasan-Nya yang jelas, ringkas mengenai banyak kebingungan yang ditemui para pencari rohani. Situs web yang berguna ini mencakup pada halaman pertamanya, suatu daftar kategori yang komprehensif mengenai wilayah perhatian yang populer untuk tampilan yang cepat. Ada pula fasilitas pencarian "Kata Kunci"  yang memungkinkan untuk melakukan studi yang menyeluruh dan detail dari banyak topik yang dapat diakses baik dengan memilih dari suatu daftar kata kunci atau dengan memasukkan kata kunci pilihan Anda. 

 

Selingan Rohani

Pulang ke Rumah Melalui Keadaan Sulit

Oleh saudari inisiat Chen Hsing-yin
dari Taipei, Taiwan

"Greenie" adalah nama yang saya berikan kepada bunga violet Afrika di dalam pot yang telah saya pelihara selama dua tahun, dan bunga-bunga ini telah mengajari saya sebuah pelajaran yang berharga.

Di kantor saya, rekan-rekan kerja dan saya banyak memiliki pot bunga violet Afrika. Greenie ada di antara sejumlah kumpulan pertama saya. Tanaman itu termasuk dalam keluarga bunga violet-Afrika kecil. Tetapi sejak awal, ia tumbuh melebihi yang lain serta tinggi, besar, dan banyak daun. Daunnya yang mekar, tebal, dan lebat menyerupai anak anjing yang berbulu lembut dan indah. Rekan kerja saya senang menyentuh daunnya ketika lewat. Greenie adalah harta dan kebanggaan saya.

Karena daunnya selalu amat tebal dan sehat, saya membiarkannya tumbuh dengan bebas. Kadang-kadang saya dapat merasakan hubungan yang halus dengan tanaman saya. Ketika saya telah berlatih dengan baik atau pulang dari retret, saya menemukan bahwa pucuk dan dedaunan yang baru terus bertunas tanpa banyak penyiraman dan pemupukan. Namun, ketika saya merasa sakit atau sedih, tanaman itu juga tampak layu. Karena ini, saya selalu merasakan kesukaan khusus terhadap Greenie dibanding tanaman-tanaman saya yang lain. Tetapi baru-baru ini saya menyadari Greenie telah menjadi sangat besar sehingga tangkainya mulai membengkok ke satu sisi. Saya tahu ini waktu untuk memangkas daun-daunnya.

Bunga violet Afrika semestinya memiliki daun yang terdistribusi secara merata di sekitar tangkainya agar dapat tumbuh lurus dan indah. Jadi, saya mulai memotong daunnya satu per satu. Dengan terkejut, saya harus memotong 4/5 bagian daunnya agar dapat mempertahankan keseimbangan pertumbuhan tanaman. Bagi saya, Greenie sudah seperti anak saya. Hati saya sakit karena harus memotong tanpa menaruh belas kasihan dengan cara seperti ini. Tetapi, agar dapat membuatnya tumbuh dengan sehat sesudahnya, saya mengangkatnya dari tanahnya, menghilangkan bagian yang berlebih, dan menempatkannnya tubuhnya yang kecil ke dalam air, menunggu akar yang baru untuk tumbuh sebelum menaruhnya kembali ke dalam tanah.

Greenie seperti sebuah cermin bagi saya. Ketika saya bersukaria terhadap pujian orang lain dan kekayaan semu, jarang saya dengan tulus memeriksa diri saya sendiri. Greenie dengan jelas berkembang tetapi daun-daun yang tidak seimbang mengingatkan saya bahwa saya telah mengurung diri saya dalam prasangka dan puas dengan prestasi tertentu tetapi mengabaikan perkembangan keseluruhan yang seimbang. Sebuah daun dapat tumbuh hijau dan kuat. Tetapi, jika semua daun seperti ini terkonsentrasi pada satu sisi tangkai, mereka menjadi berlebihan dan secara merugikan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Sama halnya, sebuah konsep tunggal dapat tampak benar dan tak berbahaya. Tetapi, apakah hal tersebut benar-benar bermanfaat bagi keseluruhan membutuhkan pertimbangan sungguh-sungguh sebelum suatu kesimpulan dapat dicapai.

Pengalaman saya dengan Greenie telah menolong saya menyadari bahwa jalan ke Rumah seperti seutas tali tegang di udara. Kita harus membuat setiap langkah secara hati-hati pada jalan yang sulit dan berbahaya ini. Mereka yang rindu pulang ke Rumah harus dengan waspada mengingatkan diri mereka sendiri untuk mempertahankan keseimbangan agar tiba dengan selamat pada tujuan mereka.


Catatan Perjalanan Utusan Quan Yin

Sebuah Kesaksian akan Kekuatan Tuhan

Oleh seorang utusan Quan Yin

Pada bulan April 2000, Guru melakukan kunjungan-Nya yang pertama ke Sri Lanka, sebuah negara di Asia Selatan yang mempunyai warisan peradaban kuno. Ketika Guru berkata,  "Bagus!"kepada staf pekerja setelah ceramah-Nya di Colombo, ibukota negara itu, kami dengan segera mengerti bahwa ekspresi itu bermakna - kami telah berlatih penyerahan diri penuh terhadap bimbingan Tuhan daripada bekerja dengan ego. Persiapan ceramah itu merupakan kesaksian sempurna terhadap kekuatan mahaada Guru yang bekerja melalui banyak orang dan persiapan untuk menggenapkan rencana Tuhan. 

Ceramah itu terdiri dari tiga tahap persiapan. Pertama, kami harus menemukan tempat yang cocok. Kami tidak tahu di mana harus memulai ketika kami pertama tiba di Colombo. Tidak ada inisiat sukarela lokal yang membantu kami, sehingga kami mencari  wahyu  lewat meditasi. Kami kemudian menemukan sebuah tempat yang cocok ukurannya tetapi di lokasi yang tidak cocok karena kurangnya akses informasi. Belakangan, perang saudara berkecamuk di Sri Lanka dan kami harus mengubah tempat acara demi alasan keamanan. Kali ini, ternyata kami menemukan tempat yang ideal di lokasi yang tepat dan kapasitasnya mampu menampung delapan ratus orang. 

Delapan ratus kelihatannya angka yang luar biasa. Walaupun orang setempat sederhana dan hangat dalam sifatnya dan sebuah ceramah di daerah itu umumnya menarik tiga hingga empat ratus hadirin, pecahnya perang saudara yang traumatis menyebabkan orang-orang bergegas pulang dan menghindari tempat-tempat umum segera sesudah datangnya malam. Dalam kondisi seperti ini, anggota setempat memperkirakan bahwa dua ratus pengunjung sudah termasuk cukup tinggi. Namun, pada petang hari ceramah, sekitar delapan ratus tamu datang, yang sekali lagi membuktikan kemahatahuan Guru. 

Para tamu ini adalah orang-orang yang berani dan bijaksana, karena harus melewati hambatan inspeksi setelah ceramah. Walaupun sangat jarang seorang biarawati berceramah di Sri Lanka, sejumlah hadirin tersentuh pada pandangan pertama mereka terhadap Guru. Seorang dokter gigi berusia lanjut yang telah berlatih di jalan rohani selama beberapa dekade tidak mampu menahan tangisnya. Lebih dari sepertiga hadirin memohon untuk belajar Metode Kemudahan atau diinisiasi ke dalam Metode Quan Yin; di antara mereka termasuk dokter gigi itu, yang dengan sukarela menawarkan rumahnya untuk meditasi kelompok selanjutnya. 

Di tahap kedua persiapan kami, publikasi yang berkisar dari formulir pertanyaan hingga catatan rohani dan poster harus diterjemahkan dan dicetak. Staf pekerja yang antusias membutuhkan koordinasi yang siap dari pencetak. Tetapi ternyata semua persiapan telah dilakukan oleh Guru sebelumnya! Order yang diberikan kepada pihak percetakan pada pagi hari siap diselesaikan pada sorenya, yang merupakan peristiwa yang jarang di negara ini, di mana orang-orang hidup santai dan bekerja tak dikejar waktu.

Tahap ketiga persiapan meliputi penyebaran berita mengenai ceramah itu. Dengan cara yang menyimpang dari cara biasanya ia bekerja, penyunting di salah satu dari dua harian lokal terbesar memberikan kami satu halaman iklan penuh gratis selama tiga hari untuk mempresentasikan pengenalan terhadap ceramah dan isi dari dua ceramah Guru sebelumnya. Dan pada hari ceramah, acara itu menerima liputan utama! Sebuah stasiun TV setempat sangat tersentuh oleh ketulusan kami dan menawarkan kami dua sesi gratis untuk memperkenalkan Guru, setelah mengerti pernyataan tulus kami bahwa kami tidak mencari nama melainkan untuk berbagi pesan besar mengenai Metode Quan Yin, setelah pertanyaan menyelidik mereka,  "Apakah Anda datang untuk ketenaran?"  Walaupun ini adalah pertama kalinya kami bertemu dengan editor-editor surat kabar dan wartawan-wartawan televisi, yang bukan merupakan inisiat, mereka terinspirasi untuk memperluas dukungan sepenuh hati mereka, yang sekali lagi membuktikan kekuatan Guru yang mahaada dan berkah Tuhan. 

Penyelesaian ceramah itu hanya setengah dari kerja kami. Memelihara inisiat baru lebih lanjut jauh lebih penting. Kami tidak dapat melakukan hal lain kecuali berdoa untuk menemukan seorang penghubung yang cocok, dan ia muncul dalam cara yang alami di luar pengharapan kami, dalam wujud penerjemah kami! Ia telah mencari pemenuhan rohani selama beberapa dasawarsa dan bermaksud membaktikan kehidupannya untuk misi rohani. Ketika ia selesai menonton salah satu video ceramah Guru, ia bertanya kepada suaminya,  "Bagaimana pendapat kamu bila saya menjadi seorang vegetarian?"  Suaminya segera menjawab,  "Tentu saja! Mengapa tidak mulai hari ini?"  Dan ia melakukannya. Pada petang ceramah Kolombo, Guru memberikan wanita itu sebuah cincin yang dipakai-Nya, karena ketulusan dan baktinya. Kami menjadi sangat lega bahwa inisiat baru akan menerima perhatian yang baik di tangannya, dan sejak saat itu ia telah membuktikan diri sebagai pekerja yang memenuhi syarat untuk Guru. 

Mengkaji ulang proses pengaturan ceramah Sri Lanka, kami tahu bahwa kami hanya menemui sedikit kesulitan. Kami hanya melihat kesaksian hidup atas serangkaian perencanaan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kejadian demi kejadian terjadi pada saat yang tepat dan orang-orang muncul pada waktu yang tepat. Setelah perang sipil Sri Lanka pecah, kami menyarankan kepada Guru bahwa demi alasan keamanan ceramah-Nya dibatalkan, tetapi Ia menjawab,  "Orang-orang telah bertempur di sini lebih dari satu dasawarsa tanpa takut, jadi mengapa kita takut?" Ketika kami sekali lagi mengalami kebijaksanaan dan keberanian Guru, kami memahami tekad dan kasih-Nya yang tak terbandingkan. 

 
 

Guru Berkata

Cobaan Hidup Membuat Kita Lebih Kuat

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Taipei, Formosa, 
28 Februari 1989 
(asal dalam bahasa Cina)
Kaset Video No. 50

Apakah Anda sudah menjadi sedikit lebih besar? (Hadirin: Ya.) Ya, Anda sudah menjadi lebih besar dan membengkak di dalam. (Hadirin tertawa.) Semakin baik kita berlatih, semakin  besar  kita jadinya. Ini adalah kekuatan sejati. Kekuatan fisik tak banyak gunanya. Kekuatan sejati datang ketika Cahaya di dalam kita tumbuh lebih kuat dan terang. Meskipun saya tidak bisa merawat jasmani Anda, saya pasti merawat Cahaya di dalam Anda sehingga Anda tumbuh  semakin besar dan semakin besar. (Hadirin tertawa dan bertepuk tangan.)

Namun, sewaktu kita mencapai tingkatan-tingkatan tinggi, kita menjadi semakin kecil alih-alih menjadi semakin besar. Di sana hanya ada samudra cahaya. Semakin tinggi kita berada, semakin kecil dan suci kita jadinya. Kita kecil tetapi tidak kita merasakan kekecilannya. Kita bisa tumbuh besar dengan cepat, atau menjadi semakin kecil atau bahkan menjadi bukan apa-apa, sesuai dengan kehendak kita.

Ketika kita berada di tingkatan tinggi, kita tidak segera melihat Penguasa di tingkatan itu seperti yang kita maui. Alih-alih, kita harus punya jodoh bagus dengan Penguasa itu, yang mau mewujudkan dirinya ke hadapan kita. Bila tidak, Ia tak kelihatan walaupun mahahadir. Ia bukan tubuh jasmani kasar yang bisa tampak begitu kita sampai ke sana. Bukan begitu keadaannya! Jika Ia mau kelihatan, Ia akan menyesuaikan getaran-Nya, kekuatan dan kepekatan Cahaya-Nya, agar kelihatan oleh kita. Ia akan memperlihatkan kepada kita satu atau dua perwujudannya, sekalipun itu cuma dalam bentuk Cahaya atau tubuh bening. Bila tidak, kita tak bisa melihat-Nya sama sekali. 

Cinta Membawa Kita Lebih Dekat kepada Tuhan

Namun alam itu bukan tingkatan tertinggi. Di tingkat tertinggi tidak ada apa-apa kecuali kekuatan yang sangat damai dan mengasihi. Kita tak punya konsep yang mampu merujuk-Nya. Kita tak dapat memeluk-Nya, meskipun kita merasa dipeluk dan dicintai. Kita tak tahu siapa Dia, tetapi kita tahu ada seseorang atau sesuatu. Dapat kita rasakan tenaga yang sangat mengasihi dan menyayangi. Dan itu adalah Tuhan, Buddha atau Kreativitas. 

Dalam alam fana ini, kita adalah Tuhan juga. Ketika kita mencintai anak-anak, tetangga, dan kerabat kita, kita mewakili kualitas Tuhan. Kita mengembangkan cinta kasih kita di dalam dan mengungkapkannya melalui berbagai kegiatan. Semakin kita mengembangkan daya cinta kasih kita, semakin dekat kita kepada Tuhan, Buddha, Tao, dan Kreativitas, karena mereka adalah cinta kasih.

Oleh karenanya, ketika para pendiri agama turun ke planet ini atas nama Tuhan atau Buddha, mereka hanya mengajar cinta kasih dan kasih sayang. Mereka lebih dekat kepada Tuhan, Buddha, dan Mahakasih, sehingga mereka mempunyai cinta kasih terluhur. Oleh sebab itu, kita merasa bahwa Tuhan mencintai kita dan akan memperhatikan semua yang datang kepada-Nya. Entah seribu atau sejuta orang datang kepada-Nya, Ia seolah-olah hanya memperhatikan kita saja. Pernahkah Anda mengalami hal ini? (Beberapa orang: Ya. Hadirin bersorak.) Tuhan adalah seperti itu. 

Beristirahat untuk Meraih Kekuatan Lebih Besar

Sepertinya tak seorang pun memelihara alam semesta ini. Seolah-olah di sini tidak ada sistem atau organisasi. Tetapi Tuhan tidak mengabaikan apa pun. Bahkan tidak pula seekor serangga, selembar rumput, setangkai buah atau sekuntum bunga sekalipun; alih-alih, mereka dirawat dengan penuh perhatian. Oleh karenanya, ketika waktunya tiba, bunga-bunga bermekaran dan matahari terbit; cuaca berubah hangat manakala musim semi tiba atau menjadi dingin ketika musim dingin datang. Dingin bukan berarti bahwa Tuhan telah mengabaikan kita. Melainkan, ini berarti perlu ada istirahat atau alam semesta butuh berhenti, sebagaimana layaknya kita memerlukan tidur pada malam hari. Itu sebabnya kita mudah letih di musim dingin. 

Kita perlu makanan bergizi agar kita mempunyai cukup energi. Di musim dingin dedaunan rontok dan pepohonan nampak kuyu. Mereka harus demikian agar pepohonan itu kemudian bisa menumbuhkan daun-daun segar. Semua kelahiran dan kematian mempunyai arti. Tempat di mana saya biasa menegakkan tenda sekarang berubah hijau. Betapa indahnya! Apakah Anda ingat ketika Anda pergi memetik buah kesemak? Pohon-pohon itu belum berubah hijau. Sekarang mereka semuanya menghijau, begitu indah! Begitulah seharusnya. Harus ada musim dingin sehingga pohon bisa layu, daun tua dan uzur bisa rontok, dan pepohonan bisa beristirahat, bergoyang dan berderak dan bergetar selama tiga bulan. (Hadirin tertawa.) Lalu dedaunan akan bertunas lagi dan buah bermunculan. 

Ada jenis bunga yang tidak mekar bila diberi air terlalu banyak. Seperti tanaman yang ada di padang pasir, kaktus contohnya. Jika Anda merawatnya terlalu  baik di dalam ruangan, ia takkan hidup. Sebaliknya, ia akan hidup dalam lingkungan yang kering, dan bisa menghasilkan kembang yang cantik sewaktu ia nampaknya sekarat. 

Batu Uji di Jalan Spiritual

Serupa dengan itu, banyak hal tidak selalu berjalan mulus bagi kita sebagai praktisi spiritual. Kadang-kadang kita pikir berbagai hal berjalan baik tetapi sebenarnya tidak. Mereka tidak mesti membawa kebaikan bagi praktik spiritual atau kebijaksanaan kita. Mereka tidak juga selalu bagus buat jasmani kita. Mereka tidak berarti menolong kita maju dalam hal tertentu. Pada waktu itu, kita boleh jadi memanjakan diri kita sendiri, bersantai terlalu banyak, memuaskan diri secara berlebihan pada kesenangan fisik dan pesta pora, menyia-nyiakan waktu berharga kita, mendengarkan pikiran kita belaka, dan melalaikan jiwa kita. Kadang kala Anda dibawa menempuh ujian, entah oleh Guru atau kerabat inisiat, atau oleh situasi di luar. Pada waktu itu kita berpikir banyak hal tidak berjalan mulus dan ada banyak yang harus dipikul untuk melanjutkan hidup. Tetapi belakangan kita akan membuat kemajuan pesat.

Oleh karena itu, kadang-kadang ketika kita pikir berbagai hal tidak bekerja sebagaimana mestinya dalam praktik spiritual, bisnis, atau kehidupan, padahal saat itu justru adalah situasi yang paling menguntungkan dan bermanfaat bagi kita, sebab spiritualitas kita lalu tumbuh, bertunas, dan berkembang. Ini seperti proses melahirkan, waktu Anda menjalani penderitaan terhebat, bukankah begitu? (Hadirat: Ya.) Oleh sebab itu, kita harus membuat semacam pengorbanan untuk mendapat upah. Kadang kala kita harus membayar dengan sejumlah upaya, dan bertindak lebih independen, untuk menghasilkan dobrakan. Tiada suatu pun datang dengan mudah. 

Saya punya banyak murid, tetapi mereka tidak datang sekaligus. Saya mencari dengan sangat keras dan lama untuk mendapatkan Guru Tercerahkan, dan menempuh begitu banyak ujian. Anda merasa Anda menderita ketika saya memarahi Anda, tetapi itu sesungguhnya bukan apa-apa. Ujian-ujian yang saya alami berjuta-juta kali lebih menyakitkan daripada yang Anda alami. Ujian-ujian Anda tidak seberapa besar artinya. Anda marah bilamana diuji oleh saya atau kerabat praktisi. Tetapi Anda tidak berani melakukan apa pun ketika orang luar menguji Anda Sebagai contoh, kalau Anda dimarahi oleh bos Anda, Anda tak bisa berbuat apa pun. Anda tak berani memperlihatkan kemarahan Anda, sebab Anda takut kehilangan kesempatan mendapatkan uang. Sewaktu Anda berbisnis di luar, Anda menahan diri terhadap pembeli yang kasar dan tak puas. Tetapi saya tak bisa memarahi Anda karena saya tidak membayar Anda (Hadirin tertawa.)

Kita harus membandingkan situasi-situasi ini agar kita bisa lulus ujian spiritual. Ketika orang-orang memaki atau menfitnah kita, kita takkan punya persoalan bila kita memandangnya sebagai sebuah ujian yang datang dari orang suci atau Tuhan; atau kebalikannya kita takkan membuat kemajuan apa pun. 

Ujian Berat Menghasilkan Praktisi Bagus

Pakaian, kacamata, dan barang lain yang Anda pakai dibuat melalui proses yang memakan tenaga dan sulit. Pakaian katun, misalnya, asalnya bukan seperti ini. Ia dibuat dari bunga tanaman kapas yang tumbuh di bawah terik matahari; bunganya dikumpulkan, disaring, diurai, dipres dengan mesin atau tangan, lalu diregang, direbus, diolah oleh mesin lagi, dan dikeringkan di bawah matahari. Itu perlu banyak usaha dan prosesnya susah. Jika kapas mampu berbicara, ia akan memberitahu Anda sambil menangis betapa hebatnya ia telah "berlatih"!

Anda hendaknya tahu ketika memandang pakaian Anda Anda tak perlu mendengarkan begitu banyak kuliah saya. Kacamata Anda adalah sebuah contoh yang lain. Pikirlah dari mana mereka datang. Berapa besar gelas itu harus dipanaskan untuk menghasilkan lensa? Bahan mentahnya harus dipanaskan hingga temperatur yang sangat tinggi, dicairkan, dan didinginkan di cetakan, sebelum ia menjadi lensa beraneka bentuk dan ukuran. Ini merupakan proses yang berat, layaknya ia sedang dipaksa. Dan ia masih harus dipoles dan mata Anda mesti diperiksa dulu sebelum lensa itu bisa dipasang menjadi sebuah kacamata yang pas buat Anda! Oh, makhluk-makhluk bekerja berat tak terkirakan!

Hal kecil, seperti halnya kacamata memerlukan begitu banyak upaya, tak usah dibilang hal menjadi orang suci! Anda pasti bercanda bila Anda berkata begitu! Anda tidak bisa lulus bahkan dari tes paling kecil! Dan Anda marah begitu saya sedikit mengomel! Kita harus belajar sabar. Jika kita tidak mampu menahan omelan kerabat praktisi, anggota keluarga, Guru, para guru dan kawan lain, bagaimana kita bisa bersabar ketika kita harus membebaskan ribuan atau jutaan makhluk! Mereka semua berbeda wataknya dan beberapa bersifat jahat. Pada waktu itu, kita akan tahu bahwa kita kurang kesabaran, dan menyesal tidak belajar lebih baik dari Guru kita. 

Meneruskan Warisan

Ini alasannya mengapa yogi-suci Tibet Milarepa tetap tersohor hingga sekarang. Ia mengikuti Gurunya selama tujuh tahun, dan setiap hari menderita siksaan tanpa mengeluh. Ia memohon Darma kepada Gurunya setiap hari, tetapi tidak berani mengeluh karena takut Gurunya takkan mengajarinya. Jadi, ia tidak mengeluh ketika Gurunya menendang, memukul, memaki, dan memperlakukan dirinya  tidak adil. Ini adalah teladan sempurna seorang murid yang baik. Ini sebabnya mengapa Milarepa tetap terkenal sepanjang sejarah agama Buddha. Ia sungguh-sungguh meneruskan warisan kepada generasi mendatang. Kita masih akrab dengan nama-Nya dan bercita-cita untuk bersabar seperti Dia. Kita sebut Ia "orang supraduniawi." 

Selain Milarepa, banyak orang duniawi, seperti pahlawan atau negarawan masa lampau atau sekarang, harus melalui banyak cobaan dan kesulitan sebelum mereka menjadi termasyhur. Sebagai contoh, raja Inggris harus dilatih di akademi militer sebelum ia naik tahta (adalah tradisi kerajaan Inggris untuk melatih raja mendatang di akademi militer). Di akademi militer, orang tidak peduli siapa Anda, tetapi memukuli dan memaki Anda seperti kepada yang lainnya. Mereka bisa memerintah Anda untuk melakukan pekerjaan jijik dan keras. Mereka boleh memerintah Anda untuk melucutkan pakaian Anda sendiri dan pergi ke luar selagi turun salju. Anda harus menerima perintah itu. Anda tidak bisa berkata, "Saya adalah pangeran Inggris." Mereka hanya akan berkata, "Saya tahu. Ibundamu memberitahu saya untuk memberimu lebih banyak pelajaran."

Anak-anak, termasuk pangeran-pangeran dan anak-anak pejabat penting, dengan sengaja dikirim ke akademi-akademi militer, karena sangat sulit buat orang tua untuk mengajar mereka di rumah. Lebih mudah untuk mengirim mereka berlatih di luar, di mana disiplinnya keras. Bila tidak, mereka tidak pernah memperoleh kesempatan mengalami situasi yang sukar dan tak menguntungkan, dan sewaktu mereka naik tahta, mereka akan memanjakan diri mereka sendiri dan memuaskan diri secara berlebihan pada kesenangan fisik, yang buruk buat negara dan rakyat. Mereka takkan bisa bersikap sabar dalam menghadapi negara-negara lain; itu pasti. 

Praktisi Spiritual Hendaknya Menempuh Ujian dengan Gagah

Kita para praktisi hendaknya tak perlu bertanya-tanya mengapa kita menderita begitu banyak. Kita harus sering membaca buku-buku yang bertalian dengan teladan demikian, sehingga kita menjadi lebih terbuka, sabar, dan rendah hati. Kita harus memeriksa apakah kita telah meraih apa yang telah diraih oleh orang-orang besar itu. Oleh sebab itu, kita harus melatih diri kita lebih banyak dan belajar lebih banyak. Waktu kita dimarahi, kita harus melafalkan Nama-Nama Suci dan berterima kasih kepada orang yang memaki kita. (Hadirin tertawa.) Sungguh! Kita harus melakukan ini, dan lalu kita akan merasakan perubahan. Belakangan, kita akan heran mengapa orang yang memaki kita akan menengadah terhadap kita! 

Kita harus melatih diri kita alih-alih memanjakan diri, karena kita tidak tahu kapan Tuhan akan memilih kita guna kepentingan makhluk-makhluk. Menjadi Guru Tercerahkan guna kepentingan makhluk-makhluk tidak terjadi melalui proses pemilihan. Bukan karena kita mempropagandakan diri sendiri dan menipu orang-orang agar mereka memberikan suaranya buat kita. Bukan pula karena orang-orang mempropagandakan kita dan membuat kita tersohor agar orang-orang memilih kita. Itu tidak benar! Propaganda tiada artinya bagi Tuhan. Ia hanya memilih Anda setelah mengamati Anda di bawah sini dengan teleskop dan berkata, "Oke, orang itu bagus! Ia sangat baik!" Lalu Anda terpilih. Barangkali Anda terpilih untuk menyelamatkan satu atau dua orang, suatu berkah yang cukup buat Anda; cukup untuk membeli tiket terbang ke atas sana! (Hadirin tertawa.) Barangkali Anda terpilih untuk menyelamatkan seratus, seribu, atau lebih banyak orang, lalu misi Anda menjadi genting, karena sudah cukup sulit untuk menyelamatkan bahkan satu orang saja, yang turut menyelamatkan lima generasi dari keluarga orang tersebut! Upahnya tinggi. 

Oleh karena itu, kita harus waspada agar lulus ujian pada masa serba susah. Kita harus menjadi orang yang matang. Bukan hanya energi kita harus dihidupkan, melainkan juga batin kita harus lebih terbuka. Kita harus paham bahwa dunia adalah sebuah ilusi dan fantasi besar. Jadi, mengapa kita harus terikat pada segala sesuatu! Mengapa kita harus bertanding buat kesia-siaan ini! Mengapa kita harus menjelaskan situasi "tidak adil" kita? Cepat atau lambat, kita semua akan pergi. Raja akan berangkat, dan begitu pun pemulung sampah. Tak seorang pun akan menetap di sini dengan langgeng. Oleh sebab itu, sekalipun kita berhadapan dengan situasi yang tak menguntungkan, kita harus terus hidup dan menguji diri sendiri. Semakin kita mampu menahan, semakin berkurang rasa kita harus "menahan," lalu kita temui diri kita sendiri di tingkatan lebih atas. Kita tidak mesti mengukur taraf spiritual kita hanya dengan melihat penampakan batin atau mendengar Suara Ilahi. (Hadirin bertepuk tangan.) 




Peningkatan Rohani 

Kaset Video Terbaru Maha Guru Ching Hai

<Dalam bahasa Inggris>

712 Kecerdasan Tinggi Hewan

Meditasi Kelompok di Center Florida, Amerika Serikat, 5 Juni 2001 

713 Cinta adalah Guru

Meditasi Kelompok di Center Florida, Amerika Serikat, 5 Juni 2001

716 Cara Alami Mencintai Tuhan

Meditasi Kelompok di Center Florida, Amerika Serikat, 8 Juni 2001

717 Kebajikan seorang Tetangga yang Baik

Meditasi Kelompok di Center Florida, Amerika Serikat, 11 Juni 2001

<Dalam bahasa Inggris + Terjemahan Lisan bahasa Turki + Teks bahasa Finlandia>

665 Pikiran yang Menenangkan

Ceramah di Istanbul, Turki, 20 November 1999


Lagu-lagu dan Gubahan Maha Guru Ching Hai (Edisi DVD, CD)

Koleksi lagu-lagu, yang digubah sepenuhnya oleh Maha Guru Ching Hai, merefleksikan gaya seni-Nya yang menawan dan kemampuan unik-Nya untuk mengungkapkan makna-makna yang luar biasa. Ia telah mengatasi perbedaan besar di antara kebudayaan Cina, Barat, dan Aulac dan mencampurkan mereka dengan harmonis, yang menciptakan sebuah kompilasi banyak gaya musik yang berbeda. Dengan inspirasi surgawi-Nya dan ketulusan penuh-Nya, Beliau telah menuliskan setiap kata dan nada sehingga hadirin dapat merasakan secara fisik dan rohani kekayaan dan keluarbiasaan getaran dari setiap lagu. Sebagai tanggapan terhadap banyak permintaan, kami sangat tersanjung untuk menghadirkan koleksi musik yang sangat jarang ini yang diinspirasi oleh Surga.



 

Untuk memesan publikasi Guru, silakan hubungi:

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd., Taipei, Formosa.

Tel: (886) 2-87873935 / Faks.: (886) 2-87870873

E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org 

ROC Postal Remittance Account No.: 19259438 (hanya untuk pemesanan di Formosa)

Postal Account: The Supreme Master Ching Hai Publishing Co., Ltd.

Silakan kunjungi situs toko buku kami untuk mendapatkan katalog dan ringkasan isi dari publikasi terakhir Guru: 

http://www.smchbooks.com/ (dalam bahasa Inggris dan Cina)

 
 

Perjalanan Rohani

Manfaat Tak Terhingga dari Retret

Oleh Saudari Inisiat Xiao Di, 
Cina Daratan

Retret Internasional Enam-Hari pada bulan Mei 2000 yang diadakan di Korea merupakan retret saya yang pertama kalinya. Setelah saya memutuskan untuk menghadirinya, tantangan-tantangan baru muncul setiap hari dan perasaan hati saya berfluktuasi selagi saya mencari penyelesaiannya. Melihat balik sekarang, saya memahami bahwa Guru telah mengaturnya semua untuk saya. Saya bisa menghadiri retret itu akhirnya, walaupun saya harus melewati banyak perjuangan sulit yang disebabkan oleh transformasi karma yang cepat untuk membersihkan saya sebelum saya bertemu Guru. Saya merasa diri saya maju setiap hari. 

Setibanya di Korea, anggota kelompok perjalanan saya dan saya sendiri santai ketika kami bertemu saudara saudari di bandara dan berpikir tidak akan ada lagi hambatan di depan. Ekspresi kami yang tegang sirna diganti dengan senyum yang cemerlang. Kami tidak tahu sama sekali bahwa ujian baru saja akan dimulai. 

Pada hari pertama kami di Center Youngdong, kebiasaan buruk saya mulai menimbulkan masalah. Saya mengeluh ke seorang anggota tim pekerja mengenai kekurangan barang-barang yang kami perlukan. Tetapi segera sesudah saudara itu memberitahu saya di mana mendapatkannya, saya merasa malu terhadap diri sendiri, karena saya tidak memiliki sifat seperti praktisi yang berbakti ini. Semua anggota tim pekerja telah menyumbang begitu banyak, bekerja tanpa berhenti untuk menerima para inisiat, mengatur akomodasi, dan memenuhi kebutuhan harian rekan-rekan sepelatihan. Saya tidak memberikan bantuan apa-apa, tetapi saya masih bisa mengeluh! Saya sangat kecewa dengan diri saya sendiri, karena saya tidak dapat mengubah kebiasaan saya dengan cepat dan bergabung ke dalam keluarga yang bersatu dan bersemangat ini. Saya tidak senang dan merasa kecil hati.

Belakangan saya melihat Guru, yang telah lama saya inginkan. Tetapi Ia melihat melewati saya dan saya merasa sangat tertekan. Saya tahu bahwa itu adalah masalah saya sendiri dan merasakan jarak yang luar biasa dari kasih Guru. Ketika Guru bertemu dengan kelompok kami, Ia berkata bahwa kita tidak boleh menipu pikiran kita, tetapi harus yakin bahwa kita tidak punya masalah. Saya tidak dapat tidak menangis selagi menatap Guru. Ketika saya mengangkat tangan untuk menyeka air mata saya, saya melihat hampir semua orang juga melakukan hal yang sama. Guru kami yang pengasih bercanda dengan kami dan menggoda kami, dan perlahan-lahan saya merasa bahwa Ia tidak begitu jauh. 

Sementara retret berlangsung, selama sesi meditasi pagi, kami mendengar dentuman guntur yang kuat, yang kemudian diikuti oleh hujan lebat. Pada waktu itu, hati saya terbuka, dan saya merasakan cinta kasih Guru yang kuat dan mahahadir. Saya tiba-tiba mengerti bahwa Guru senantiasa mencintai saya dan menunggu saya untuk melewati dinding yang telah saya bangun sendiri di sekeliling saya. Saya merasa sangat bahagia dan puas! Belakangan, saya menemukan bahwa segala sesuatunya sangat indah ketika saya melangkah keluar dari aula meditasi, dan tidak bisa tidak tersenyum kepada semua orang yang saya jumpai. 

Selanjutnya saya menerima makanan berkah dari Guru, yang mengandung kekuatan berkah yang luar biasa dan memelihara jiwa kami yang bahagia. Pada perjalanan pulang, suasananya terangkat oleh tawa kami, dan pemandu perjalanan bertanya-tanya mengapa orang-orang yang sebelumnya tak punya ekspresi di wajah dan datang dengan energi yang rendah, tetapi pulangnya sama sekali berbeda! Sejak bertanggung jawab terhadap kelompok perjalanan kami, pemandu perjalanan itu sendiri mempunyai banyak pengalamannya sendiri. Seorang saudari inisiat memberitahunya bahwa kekuatan Guru sangat luar biasa sehingga semua yang datang berhubungan dengannya akan berubah. Dan saya piker perubahan terbesar terjadi di dalam diri kami.

Sudah satu setengah tahun sejak retret enam hari di Korea. Saat-saat itu adalah saat-saat surgawi yang kami lewatkan bersama, dan saya menemukan lebih banyak lagi bahwa Guru telah memberikan segala sesuatu yang saya inginkan! Sejak retret itu, saya telah mencerna berkah Guru setiap hari dan memahami pada akhirnya apa yang telah Guru berikan kepada saya; karena itu, saya mulai belajar dari contoh-Nya mengenai bakti dan kasih yang tidak egois, dan semangat pelayanan tanpa pamrih. Ada begitu banyak untuk dipelajari! Terima kasih, Guru. Saya akan mencoba yang terbaik. 


Dunia Cerita

Putri Tidur

Oleh saudara inisiat 
Gary Niklason, Tokyo, Jepang 
(Asal dalam bahasa Inggris)

Apakah Anda percaya pada cerita dongeng? Saya tidak sebelum inisiasi, tetapi saya mempercayainya sekarang karena saya mempunyai kehidupan seperti dongeng. Judul dongeng saya adalah "Putri Tidur".

Cerita saya dimulai di Belanda ketika saya mengajar di sebuah sekolah internasional. Setiap tahun saya memimpin sekelompok murid dari Belanda ke Skotlandia untuk belajar sejarah, kebudayaan, dan kehidupan binatang di pegunungan dan Kepulauan Orkney. Ketika memimpin sebuah kelompok ini bersama dengan pengantar mereka, saya kebetulan berhenti di Edinburgh pada tanggal 5 Juni 1999, hari yang sama Maha Guru Ching Hai sedang memberikan ceramah di sana. 

Saya melewati sekelompok orang yang tersenyum yang membagi-bagikan brosur dan mereka menawarkan saya satu brosur, tetapi saya berkata  tidak  dan terus berjalan. Saya mempunyai urusan penting yang harus ditangani. Saya harus mengubah mata uang Belanda, Guilders, ke dalam Pound Inggris dan saya sedang mencari nilai tukar terbaik. Saya terlalu sibuk untuk diganggu.

Tetapi pekerjaan saya membawa saya lalu lalang melewati orang-orang yang ramah ini berkali-kali, dan saya bertanya, "Mengapa mereka begitu bahagia?"  Selagi saya menyeberang jalan salah seorang di antara mereka menaruh sebuah brosur di tangan saya. Untuk alasan tertentu, saya tidak membuang selebaran itu segera ketika saya tiba di seberang jalan, tetapi sebaliknya membacanya. Gambar di depannya menarik saya, dan saya pikir saya mengenal wanita itu. Saya membaca keseluruhan brosur itu dari depan ke belakang sementara saya terus berjalan. Di bawah teks tertulis,  "Simpan selebaran ini untuk berkah Anda,"  jadi saya melakukannya.

Saya tidak bisa menghadiri ceramah Maha Guru Ching Hai pada hari itu, tetapi saya menyimpan brosur itu dan membacanya berkali-kali sementara saya meneruskan perjalanan studi itu. Saya menunjukkannya kepada istri saya sekembalinya ke Belanda dan ternyata itu membuat saya terkejut karena istri saya juga tertarik. Kami kemudian menelepon penghubung Belanda dan melakukan perjalanan dua setengah jam dari rumah kami ke Center Amsterdam untuk memperoleh informasi mengenai Metode Quan Yin. Kami mempunyai keraguan apakah kami bisa bervegetarian sepanjang hidup, jadi kami putuskan untuk mencoba tiga bulan. Kami kembali ke rumah dengan sebuah buku contoh, sebuah Kaset Rekaman video, dan buku  "Aku Datang untuk Membawamu Pulang".

Menjadi vegetarian tidak sesulit yang kami perkirakan, tetapi meditasi adalah perjuangan. Sebelumnya, kami telah membaca beberapa buku mengenai meditasi tetapi merasa sulit untuk duduk selama 15 menit, apalagi dua setengah jam. Pada bulan Oktober 1999 kami belajar Metode Kemudahan di Amsterdam. Tiba-tiba meditasi kami kelihatan jauh lebih mudah, dan tiga puluh menit tidak lagi sulit. Sesuatu di dalam kami telah berubah. Kami memutuskan segera bahwa kami ingin inisiasi penuh. Penghubung memberitahu kami bahwa Guru Ching Hai akan memberikan sebuah ceramah di Istanbul, Turki pada tanggal 20 November dan kami bisa ke sana untuk inisiasi penuh.

Istanbul, Turki kelihatan sangat jauh dan kami kira itu akan memakan biaya besar untuk ke sana. Kami memeriksa penerbangan ke Istanbul dan semuanya luar biasa mahal. Kami hampir menyerah ketika saya mengingat sebuah biro perjalanan Turki di dekat kami. Kami mencobanya dan terkejut menemukan kesepakatan yang hebat. Biayanya lebih kecil daripada $150 Amerika Serikat per orang untuk penerbangannya dan dua malam di hotel berbintang tiga. Sebuah tawaran yang hebat! Orang lain dalam tur yang sama tidak bisa mempercayai harga kami. Tiket pesawatnya sendiri sudah menghabiskan uang yang lebih daripada paket total kami.

Kami mengakui berkah-berkah ini tetapi berkah yang terbesar masih belum datang. Inisiasi kami membangunkan kecantikan yang tertidur di dalam diri kami. Kita semua mempunyai Kerajaan Tuhan di dalam diri kita, tetapi dibutuhkan seorang Guru untuk membangunkan kecantikan tertidur ini. Sekarang saya mengerti mengapa orang-orang menarik itu membagi-bagikan brosur di Skotlandia sambil tersenyum! 

Setahun setelah inisiasi, kami menantikan liburan khusus Natal untuk lebih meningkatkan kemajuan spiritual kami. Suatu pagi seusai meditasi, saya berkata kepada istri saya, "Saya tahu ke mana kita akan pergi selama Natal." Dia bertanya ke mana dan terperanjat ketika saya katakan Formosa. Sebagaimana saya memikirkan hal itu, demikianlah saya. Kami harus menempuh separuh dunia untuk mencapai Formosa. Kami tidak mengenal seorang pun di sana dan saat itu adalah seminggu sebelum hari Natal. Tetapi saya tetap bersikeras untuk pergi ke Formosa.

Hari itu istriku memeriksa penerbangan ke Formosa, tetapi tidak menemukan tiket di mana pun. Semuanya sudah dipesan. Saya tidak mengerti. Saya sangat yakin kami seharusnya pergi ke Formosa. Keesokan harinya saya berpikir untuk mencoba terakhir kalinya, jadi saya mencari di buku kuning dan menemukan sebuah biro perjalanan bernama Cathay Travel. Saya kemudian menelepon kantor mereka dan berkata saya sedang mencari penerbangan ke Formosa. Selagi agen perjalanan itu memeriksa di komputernya, istri saya dan saya berdoa, "Guru, bila perjalanan ini baik buat kami dan bila ini memang yang seharusnya kami kerjakan, tolonglah kami."  Sejenak kemudian, agen itu kembali ke telepon dan berkata,  Ya, saya punya dua tiket.  Hanya ada dua tiket tersisa waktu itu! 

Ia berkata bahwa hampir tidak mungkin bagi saya untuk menemukan tempat menginap yang pantas harganya karena waktu itu adalah Natal dan hotel-hotel sangat mahal di Formosa. Ia tidak bisa membantu saya menemukan hotelnya tetapi saya memintanya untuk memesankan penerbangan itu segera. Sebelum saya menutup teleponnya, agen itu berkata,  "Pak, rekan saya tidak bisa mempercayai kalian bisa memperoleh dua tiket ke Formosa. Kami telah mencoba memesan penerbangan ke Formosa selama berminggu-minggu dan mereka semua telah terjual. Kalian sangat beruntung."

Jadi saya menelepon Center Taipei dan memberitahu mereka mengenai rencana kami untuk mengunjungi Formosa, dan bertanya apakah mereka bisa membantu kami mencarikan sebuah tempat untuk menginap. Itu adalah semua yang perlu kami kerjakan. Sejak saat itu, perjalanannya mengatur dirinya sendiri melalui saudara dan saudari di Formosa. 

Kami mencari Guru dalam perjalanan kali ini dan kami melihatnya di mana-mana kami berkunjung. Beliau tinggal di Center Hsihu yang indah dan di hati murid-murid Formosanya. Kami tidak tahu mengapa kami harus ke sana, tetapi kami mengikuti bimbingan batin dan mengambil lompatan keyakinan untuk pergi. Kami melewati waktu yang hebat dan setiap saat diisi oleh pengalaman yang berarti. Hal itu menjadi sebuah hadiah Natal yang penuh anugerah dari Guru. Tetapi untuk menerima hadiah itu kami harus bertindak dengan intuisi dan mempercayai Kekuatan Guru. 

Kami tinggal di sana selama dua belas hari dan ketika kami meninggalkan Formosa, kami sudah memikirkan bahwa akan menyenangkan untuk kembali ke Asia untuk tinggal. Setiap dua tahun saya diizinkan untuk mengajukan transfer kerja, tetapi tahun ini bukanlah tahun saya, jadi saya tidak bisa ditransfer. Selain itu, saya sudah meminta transfer setiap kali diadakan dan belum pernah menerima satu pun. Tetapi tahun ini, sesuatu yang aneh terjadi. Sekolah saya mengumumkan bahwa mereka telah memperkerjakan terlalu banyak guru dan perlu dua orang yang sukarela ditransfer. Saya dengan senang hati mengajukan diri tetapi kepala sekolah saya berkata,  "Tidak! Anda tidak dapat pergi."

Kami berdoa kepada Guru untuk memberikan kami apa pun yang terbaik untuk pertumbuhan rohani kami. Bila kami mendapatkan transfer itu, OK. Bila kami tidak mendapatkan transfer itu, juga OK. Minggu-minggu berlalu dan demikian pula dengan batas waktu permohonan transfer. Kemudian dalam keterkejutan kami, seminggu sebelum tugas transfer dimulai, kepala sekolah saya tiba-tiba mengubah pikirannya dan mengizinkan saya untuk mengajukan transfer. Saya mengisi kertas-kertas yang diperlukan dan mendaftarkan di mana saja di Asia sebagai pilihan saya. Tetapi itu masih masalah kesempatan - mereka bisa saja mengirimkan saya ke mana pun di dunia. Saya harus menerima apa pun penugasan yang mereka berikan kepada saya atau menghentikan pekerjaan saya.

Sekali lagi kami berdoa kepada Guru untuk memberikan kepada kami apa yang terbaik untuk pertumbuhan rohani kami. Seminggu kemudian, kami mendapatkan beritanya. Kurang dari empat bulan setelah meninggalkan Formosa, saya telah menerima transfer pekerjaan ke Jepang! 

Kami sangat gembira bahwa Guru membawa kami ke lokasi kami sekarang di Jepang. Center kami sangat aktif dan kami mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana melayani dan tumbuh secara rohani. Itu sangat menyenangkan   itu adalah segala sesuatu yang kami harapkan dan malah lebih dari itu. Itu adalah persis apa yang kami butuhkan. 

Sekali Guru membangunkan kecantikan tertidur di dalam diri kita, keajaiban-keajaiban mulai terjadi dan segala sesuatu menjadi mungkin.

Catatan kaki: Cerita ini dibacakan sebelum ceramah video di Center Tokyo. Setelah presentasi ini, dua saudari dari kelompok kami memberitahu saya bahwa mereka pergi ke Skotlandia pada hari itu dua tahun lalu membagi-bagikan brosur ketika saya menerima informasi mengenai ceramah Guru. Salah satu dari mereka berdiri di titik di mana saya menerima selebaran itu, jadi boleh jadi ia yang menaruhnya ke tangan saya. Selebaran itu mengubah hidup saya. Dua saudari itu melakukan perjalanan setengah dunia ke Jepang dengan biaya mereka sendiri untuk membantu menyebarkan ajaran Guru. -Mungkin itu adalah bagian dari rencana Guru bahwa saya bepergian setengah dunia ke Jepang untuk memberitahu mereka betapa pentingnya selebaran itu bagi saya. Saya masih menyimpannya untuk berkah saya


 

-Mutiara Kebijaksanaan

Menyebarkan Berita Tuhan Ke Mana-Mana

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai,
Malaysia, 
2 Oktober 1989 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 100

Kita semua harus membawakan pesan dari Tuhan, akan cinta, akan toleransi, akan belas kasih, kepada orang lain, mengingatkan masing-masing setiap saat. Tidak saja di gereja, tetapi di mana saja, di jalan, di restoran, di hotel, di pasar. Kita harus senantiasa ingat. Kita mengingat diri kita sendiri dan mengingatkan orang lain. 

 

Metode Quan Yin adalah Harta Terbesar

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, 
Los Angeles, California, Amerika Serikat 
1 Januari 1999 
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 643

Saya mengatakan kepada Anda bahwa itu benar, itu adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada diri kita: Metode Quan Yin. Kadang-kadang Anda lupa banyak hal, atau Anda tidak tahu bagaimana menyelesaikan sebuah masalah atau sebuah pertanyaan, atau Anda bermeditasi sejenak, Anda melakukan Quan Quang (Bahasa Cina:  meditasi pada Cahaya ), dan kemudian Anda melakukan Quan Yin (meditasi pada Suara), dan kemudian semua hal datang dengan cepat ke Anda. Dan Anda mengetahuinya. Itulah mengapa  Carilah dulu Kerajaan Allah.  Bermeditasi! Meditasi dulu, dan segala sesuatu akan datang. Dan bila ia tidak datang pada saatnya, itu berarti  Oke, Anda tidak membutuhkannya.

 

Sudut Pandang yang Tercerahkan

Diucapkan oleh Maha Guru Ching Hai, 
Hawaii, Amerika Serikat 
27 Maret 1993 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No.341

Apakah yang membuat perbedaan di antara orang yang disebut-sebut sebagai tercerahkan dan orang yang tidak tercerahkan? Seorang yang tercerahkan melihat kehidupan dengan cara yang berbeda. Ia menjadi lebih tenang, ia bahagia dan ia tahu apa yang ia miliki. Ia tahu apa itu kekuatan besar yang membuat segala sesuatu bergerak, dan membuat seseorang mencintai yang lain dan membuat bumi begitu hidup dan membuat hal-hal lebih menyenangkan baginya. Itu adalah Kekuatan Maha Guru di dalam diri kita semua. Dan hanya ketika kita membangunkannya dan menggunakannya, kemudian semua jejak kebiasaan kita yang negatif, dan menyedihkan, semua kumpulan ingatan dari masa lalu akan sirna.



Keajaiban Guru

Alat yang Baik bagi Tuhan

Saudari inisiat Feng-qin, London, Inggris (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada suatu pagi di bulan Maret tahun ini, saya terbangun dari keadaan setengah tidur dan setengah meditasi. Saya mempunyai janji bermeditasi dengan seorang saudari di rumahnya sore itu. Mungkin itu adalah penyakit pekerjaan yang saya miliki untuk selalu merencanakan segala sesuatu sebelumnya. Karena waktu itu masih terlalu pagi untuk sarapan, saya mulai bermeditasi, tetapi tidak mampu melanjutkan setelah sesaat. 

Kemudian, untuk alasan yang tidak jelas, saya pergi ke Stasiun Kereta Victoria, di mana saya berdiri di depan loket tiket tanpa kejelasan ke mana saya hendak pergi. Saya melihat jadwal bus meninggalkan London ke kota-kota kecil dan sedang di seluruh Britania, yang disusun berdasarkan abjad dari A ke Z. Setelah berulang-ulang membacanya, mata saya terpaku pada  Nottingham. Saya kemudian berjalan ke loket, membeli sebuah tiket dan membatalkan janji meditasi tanpa memberi saudari itu alasan yang bagus. 

Perjalanan ke Nottingham memakan waktu tiga jam, dan setelah tiba saya berkeliling di jalanan tanpa mengetahui mengapa saya datang ke kota yang membosankan ini. Saya melewati banyak toko tetapi tidak masuk ke dalam karena saya tidak mempunyai uang untuk dibelanjakan. Kemudian sebuah toko tiba-tiba menarik perhatian saya. Saya memasukinya, dan sewaktu saya naik ke lantai dua, dua orang Cina berjalan ke arah saya. Mereka meminta pertolongan saya untuk membeli selimut, bantal, dan seprei. Setelah kami selesai berbelanja bersama, mereka mengundang saya ke tempat tinggal mereka. 

Ketika kami tiba di sana, salah seorang dari pria itu menunjukkan saya secarik kertas dengan nama dan alamat notaris di sana. Ia kelihatan khawatir dan malu untuk meminta pertolongan saya lagi, karena kami baru saja mengenal satu sama lain hanya sejam. Ia harus bertemu dengan sang notaries di London besoknya. Ia memberitahu saya bahwa ia barusan tiba di Inggris dan tidak bisa berbahasa Inggris, dan khawatir bahwa ia mungkin tidak bisa menemukan kantor notaris itu. Ia tidak bisa menemukan orang yang bisa menolongnya. Bila ia melewati kesempatan ini, ia mungkin mengalami kesulitan dengan izin tinggalnya. Saat itu sudah hampir waktu tutup loket tiket, jadi kami bergegas ke Stasiun Kereta Nottingham, dan membeli tiket terakhir pas sebelum tutup. 

Keesokan harinya, saya bertemu dengan orang itu di Stasiun Kereta Victoria di London. Saya menyertainya sepanjang hari hingga ia berangkat dengan bus sore harinya. Selagi kami sedang menunggu bus, saya bertanya padanya,  "Apa keyakinan Anda?"

"Saya seorang Katolik,"  jawabnya.

Saya kemudian bertanya,  "Apakah Anda berdoa kepada Yesus untuk pertolongan?"

Dan pria itu menjawab,  "Ya, saya berdoa setiap waktu. Sejak saya meninggalkan rumah enam bulan lalu, saya sudah berdoa kepada Yesus setiap menitnya."  Tiba-tiba matanya berkaca-kaca dan ia bertanya,  "Apakah Yesus mengirim Anda untuk membantu sayae?"

Saya tersenyum dan mengangguk.

Ketika saya tiba ke rumah, saya hampir tidak bisa mempercayai bahwa saya telah melakukan perjalanan ini tanpa rencana, pengaturan, atau persiapan mental. 

Guru telah berkata,  "Setelah diinisiasi oleh Guru, kita tidak lagi terpisahkan."

"Telepon biasa dapat berkomunikasi dengan seluruh dunia. Apalagi hubungan rohani kita. Berkomunikasi satu sama lainnya."

"Bila kita selalu memfokuskan perhatian ke dalam, kita tidak akan salah. Setiap orang dapat menjadi alat Tuhan."

Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa bila kita melampaui kungkungan pikiran kita, kita akan mencapai tingkat kebijaksanaan, di mana waktu, ruang, batas-batas, tidak ada. Kita menjadi satu dengan Guru dan sejawat-Nya, dan akhirnya kita menjadi Guru sendiri.

 
 

Kasih dalam Tindakan

Laporan dari New Jersey, Amerika Serikat

Hadiah Kasih bagi Tunawisma

Sebagai bagian dari misi bantuan 11 September 2001, Guru menginstruksikan kami untuk mengunjungi dan menghibur korban bencana World Trade Center di rumah sakit. Oleh karenanya, kami membawa bingkisan dan bunga-bunga untuk pasien di beberapa rumah sakit. Hari berlalu dengan cepatnya, dan menjelang November, hampir seluruh pasien telah sembuh dan sudah kembali ke rumah, tetapi kami masih memiliki sisa makanan sehat. Jadi pada tanggal 19 November kami membagikan bingkisan-bingkisan ini dengan kasih Guru kepada Goodwill Home & Mission, Inc. sebuah rumah penampungan tunawisma di Newark, New Jersey. Para pengurus rumah penampungan ini merasa bahagia menerima bingkisan tersebut, dan menggunakannya pada perayaan makan malam Hari Thanksgiving (Hari Terima Kasih)..




Laporan dari Formosa

Kasih dan Perhatian pada Pertengahan Musim Gugur 

Semangat kasih sayang dan perhatian pada kaum miskin dan menderita, yang diyakini oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, berkilauan lagi tahun ini di tengah Perayaan Pertengahan Musim Gugur di Formosa. Anggota Asosiasi mengunjungi kaum miskin, para jompo, serta narapidana di Tainan, Changhua, Kaohsiung dan Pingtung. Pada malam menjelang Perayaan, Center Kaoping membagikan 180 kotak kue bulan, yang dipersiapkan dengan penuh kasih oleh rekan praktisi setempat, untuk Kepala Kantor Administrasi desa Hsinchih, Bapak Wang di pinggiran kota Wanluan. Rekan inisiat dan Bapak Wang sendiri yang membagikan kue bulan kepada para orang tua di atas umur 70 tahun, serta mengutarakan perhatian akan kehidupan keseharian mereka. Bapak Wang juga berterima kasih kepada Asosiasi atas nama seluruh penduduk desa atas perhatian dan perawatan selama beberapa tahun ini.




Foto

Atas nama para penduduk desa Hsinchih, Kepala Desa Wang di pinggiran kota Wanluan, Pingtung menerima bingkisan kue bulan pada Perayaan Pertengahan Musim Gugur dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai.

Tanda Terima

Kuitansi yang baru diterima atas sumbangan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai untuk korban bencana 911 (11 September) di Amerika Serikat (Silakan mengacu pada Majalah Berita No.127 untuk rinciannya.)

Palang Merah New York, US$10,000 

Brigade Pemadam Api New York, US$18,000 

Bala Keselamatan Washington DC, US$1,000

Palang Merah Arlington, Virginia, US$10,000 

 

Piagam Penghargaan

Bapak Su Tseng-chang, Bupati Kabupaten Taipei, dan Bapak Ma Ying-jeou, Walikota Taipei, Formosa, menyerahkan sendiri sebuah piagam penghargaan kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai atas upaya pemberian bantuan semasa angin Taufan Nari, yang melibatkan tenaga relawan, peralatan, barang-barang bantuan, dan usaha bantuan perbaikan pasca bencana taufan tersebut. 

Piagam penghargaan dari Pemerintah Kota Tainan untuk kegiatan perlindungan lingkungan dan pembersihan pantai yang paling menonjol.

Kuitansi untuk Pelbagai Kegiatan di Formosa selama September dan Oktober 2001

Tabel 1: Pengeluaran untuk Pelbagai Kegiatan di Formosa
selama September dan Oktober 2001

(Satuan: NT$)  

Tempat

Tanggal

Keterangan Kegiatan

Jumlah

Apendiks

Changhua

6 Sep. 2001

Buku-buku spiritual untuk narapidana di Pusat Perbaikan Pemuda Changhua.

4,380

A

Tainan

24 Sep. 2001

Seminar Peningkatan Rohani dan kKegiatan budaya dan rekreasi serta bingkisan Perayaan Pertengahan Musim Gugur bagi narapidana di Pusat Rehabilitasi Remaja Tainan.

2,315

B

Kaohsiung

25 Sep. 2001

Seminar Peningkatan Rohani dan Kegiatan budaya dan rekreasi serta bingkisan Perayaan Pertengahan -Musim Gugur bagi narapidana di Pusat Rehabilitasi Remaja Kaohsiung.

6,500

C

Changhua

25 Sep. 2001

Kunjungan, dan bingkisan Perayaan Pertengahan Musim Gugur bagi anak-anak di panti asuhan Kristen Hsi Le, Changhua, Rumah bagi anak cacat Tzu Ai, dan Pembantu Keluarga di Changhua.

8,400

D

Changhua

26 Sep. 2001

Seminar Peningkatan Rohani dan bingkisan Perayaan Pertengahan Musim Gugur bagi narapidana di Pusat Rehabilitasi Remaja Changhua.

6,760

E

Pintung

26 Sep. 2001

Kunjungan, dan bingkisan Perayaan Pertengahan Musim Gugur bagi warga usia lanjut di Desa Hsinchih, Pinggiran kota Wan-luan.

11,455

F

Changhua

30 Sep. 2001

Kunjungan, dan bingkisan Perayaan Pertengahan -Musim Gugur dan dana bantuan bagi Kaum Miskin di Desa Talun, Pinggiran kota Tatsun.

4,800

G

Tainan

6  Okt. 2001

Membersihkan Pantai Emas Tainan dalam kerjasama dengan Biro Perlindungan Lingkungan Kota Tainan (didukung relawan).

0

 

Piagam penghargaan dari Pemerintah Kota Tainan untuk kinerja yang paling menonjol dalam perlindungan lingkungan dan pembersihan pantai.

 

H

Taipei

Oct. 8, 2001

Mensponsori fasilitas penerangan malam di S.M.P Lung Shan Kotapraja Taipei (dari 9 September hingga 8 Desember 2001).

30,000

I

Changhua

12 Okt. 2001

Seminar Peningkatan Rohani dan Kegiatan budaya dan rekreasi bagi narapidana di Pusat Perbaikan Pemuda Changhua (didukung oleh relawan).

0

 

Tainan

23 Okt. 2001

Seminar spiritual dan pengajaran meditasi bagi narapidana Rumah Tahanan Terbuka Mingte di Tainan (didukung oleh relawan).

0

 

Tainan

31 Okt. 2001

Seminar spiritual dan pengajaran meditasi bagi narapidana di Penjara kota Tainan (didukung oleh relawan).

0

 

Pintung

31 Okt. 2001

Undangan oleh Instalasi Tenaga Nuklir Ketiga dari Perusahaan Listrik Taiwan untuk menyelenggarakan Seminar Berbagi Kebenaran dan pengajaran meditasi untuk staf mereka (didukung oleh relawan).

0

 

Total:                                                       NT$74,610  





   

Tabel 2: Dana Bantuan untuk Keluarga Miskin di
Formosa selama September dan Oktober 2001

(Satuan: NT$)

 

September 2001

October 2001

 

Tempat

Jumlah keluarga

Jumlah

Jumlah keluarga

Jumlah

Apendiks

Keelung

1

2,000

1

2,000

1

Taipei

7

19,000

7

19,000

2

Taoyuan

1

2,000

1

2,000

3

Hsinchu

1

3,000

1

3,000

4

Taichung

8

26,000

8

26,000

5

Nantou

6

23,000

6

23,000

6

Chiayi

2

5,000

2

5,000

7

Tainan

1

4,000

1

4,000

8

Kaoping

4

14,000

4

12,000

9

Taitung

4

10,000

4

10,000

10

Penghu

1

2,000

1

2,000

11

Subtotal

36

110,000

36

108,000

 

Total:                                                                    NT$218,000

 

Jumlah pengeluaran untuk kegiatan amal yang dipersembahkan di Formosa selama bulan September dan Oktober 2001, seperti yang tertera pada tabel 1 dan 2, mencapai NT$ 292,610 (atau kira-kira US$ 8,481.45).

 Keterangan gambar: Piagam penghargaan dari Pemerintah Kota Tainan untuk kinerja yang paling menonjol dalam kegiatan perlindungan lingkungan dan pembersihan pantai.



Seni Adikarya

Pengalaman Saya mengenai Lukisan Guru "Nostalgia"

Oleh saudari inisiat Jin Eul-sun, 
Center Daegu, Korea 
(Asal dalam bahasa Korea)

Segera setelah inisiasi, saya membeli sebuah reproduksi salah satu lukisan Guru, "Nostalgia". Walaupun kebanyakan dari lukisan-lukisan yang dipajangkan pada waktu itu besar dan dibingkai secara klasik, saya secara tak sadar tertarik terhadap lukisan kecil ini dengan bingkainya yang sederhana. Ketika saya bawa pulang, saya menggantungkannya di ruang tamu saya dan menatapnya setiap hari. 

Lukisan itu menggambarkan buah naga emas, yang berasal dari Au Lac, diletakkan di atas daun-daun hijau dalam sebuah keranjang emas. Buah itu dipotong menjadi dua potong, setiap potongnya mempunyai titik-titik hitam kecil yang banyak (biji). Ketika saya pertama melihat lukisan itu, saya berpikir bahwa warna-warnanya sangat serasi dan konfigurasinya seimbang. 

Suatu hari, ketika meditasi, saya melihat dua potongan dari buah naga emas, dan bintik-bintik hitam berubah menjadi bintang-bintang yang tak terhitung jumlahnya di langit hitam. Buah itu muncul dalam bentuk sinar dalam meditasi-meditasi saya selanjutnya juga. Ia kelihatannya membimbing saya, seperti mercusuar yang mengirimkan cahaya yang kuat ke dalam kegelapan. Kemudian saya menyadari mengapa saya telah memilih  Nostalgia  di antara begitu banyak lukisan. Jiwaku, yang sering merasakan nostalgia yang serius, telah secara tak sadar memperhatikan lukisan  "Nostalgia"  itu. 

Semua lukisan guru terisi penuh dengan kehidupan dan kekuatan, sebagai ungkapan alam batin. Walaupun lukisan itu hanyalah reproduksi, saya masih mempunyai pengalaman kecil ini, berkat kekuatan Guru. Ia mengingatkan saya bahwa apa yang kita lihat secara fisik hanyalah sebagian kecil dari alam semesta, dan terhubungkan dengan seluruh alam semesta selamanya.

 

Dunia Yogi Gembira

Musim Dingin hampir tiba, dan untuk menyampaikan kasih Guru dan cinta-Nya kepada kita semua, Kelompok Busana Surgawi S.M. telah menggelar sebuah show eksklusif berjudul  "Kasih Suci Menghangatkan Dunia",  yang menampilkan seluruh rangkaian busana musim dingin rancangan baru, termasuk setelan olah raga katun asli, topi-topi cinta dan selendang. Biarkan kasih Guru menghangatkan kita melalui busana-busana ini di setiap hari di musim dingin.

1. Setelan Olah Raga Leher Pendek Katun 100%

Fitur-fitur khusus dari rancangan ini adalah logo Yogi Gembira SM di dada yang tersulam dengan menonjol serta garis logo berlingkaran ganda di kerah. Dibuat dari bahan dengan kualitas yang sama, baju dan celana olah raga dengan lingkaran kaki yang ketat cocok satu sama lain secara sempurna. Tersedia dalam warna kuning, putih, dan biru tua.

2. Setelan Olah Raga Kerah Tinggi Katun 100%

Fitur utama dari rancangan ini adalah penggunaan kain yang berwarna kontras untuk sisi dalam kerahnya, yang memberikan tampilan yang segar ketika dilipat. Tersedia dalam warna putih, kuning, dan biru tua.

3. Topi Cinta dan Selendang

Rancangan-rancangan baru ini dibuat dari 100% poliester, dengan tambahan beludru di kedua sisi untuk menghasilkan sentuhan yang menarik. Hangat dan nyaman untuk dipakai.

 

<1> Topi Cinta

Lapisan Tunggal: Ungu

Lapisan Ganda: biru dan putih, putih, biru dan merah

<2> Selendang:

Lapisan Tunggal: ungu

Lapisan Ganda: biru dan putih, putih, biru dan merah



 

Bagaimana Menghubungi Kami

"A Journey through Aesthetic Realms" TV Program Videotapes
("Perjalanan melalui Alam Estetis" Pemutaran Video untuk Acara TV)
E-mail: art&spirituality@Godsdirectcontact.org
Fax : 1-413-751-0848 (AS)

News Group (Kelompok Berita):
E-mail: lovesrc@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-801-7409196 or 886-946-728475

S.M. Book Department (Departemen Buku):
E-mail: divine@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-240-352-5643 or 886-943-802829
(Anda dapat bergabung dengan kami dalam menerjemahkan
buku-buku Guru ke bahasa lain.)

Spiritual Information Desk (Pojok Informasi Rohani):
E-mail: lovewish@Godsdirectcontact.org
Fax: 886-946-730699

S.M. Celestial Co., Ltd.
E-mail: smcj@ms34.hinet.net
Tel: 886-2-87910860 \ Fax: 886-2-87911226

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd. Taipei, Formosa.
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org
Tel: (886) 2-87873935 \ Fax: (886) 2-87870873

LA Center Bookstore (Toko Buku Center LA)
E-mail: vole@earthlink.net
Fax: 1-909-738-9992

Untuk mendapatkan informasi terakhir dari praktisi penghubung di seluruh dunia, silakan kunjungi URL:
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/cp/index.htm

 

 

Situs WWW Quan Yin 

 

WWW:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw (Formosa; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)

http://www.smchbooks.com/ (Formosa; dalam bahasa Cina dan Inggris, Toko Buku SMCH)

http://www.Godsimmediatecontact.com (Singapura; dalam bahasa Inggris)

http://www.GodsImmediateContact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.Godsdirectcontact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.GodsImmediateContact.org (Jepang; dalam bahasa Jepang)

http://www.godsdirectcontact.or.id   (Indonesia; dalam bahasa Indonesia)

http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/ (Thailand; dalam bahasa Thailand)

http://www.Spiritual-Discovery.org (AS; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com (AS; dalam bahasa Spanyol, Perancis, Inggris, Cina tradisional & disederhanakan)

http://www.Godsdirectcontact.com/aulac/ (AS; dalam bahasa Aulac)

http://www.spiritweb.org/Spirit/media.html?who=Suma%20Ching%20Hai (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.Godsimmediatecontact.net/ (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.godsimmediatecontact.net/aulac (AS; dalam bahasa Aulac)

http://www.Godsimmediatecontact.org/video/ di AS dengan Windows Media Video & Real Video; dalam berbagai bahasa)

http://www.GodsImmediateContact.tripod.com (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.contactDirectAvecDieu.org (Perancis; dalam bahasa Perancis)

http://godsdirectcontact.rma.cz (Republik Ceko; dalam bahasa Ceko)

http://www.Godsdirectcontact.org (Kanada dengan layanan Real Audio; dalam bahasa Inggris, Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman; dalam bahasa Jerman)

http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org (Austria; dalam bahasa Jerman)

http://www.Godsdirectcontact.org.uk/  (Inggris; dalam bahasa Persia)

http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel (Hongaria; dalam bahasa Hongaria)

http://Godsdirectcontact.bizland.com/ (Swedia, dalam bahasa Swedia)

http://www.geocities.com/godsdirectcontact_2000 (Polandia; dalam bahasa Polandia, Inggris, Aulac)

http://www.contactodiretocomdeus.com.br (Brazil, dalam bahasa Portugis)

http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome (dalam bahasa Inggris) (Pesanan Buku - Aku Datang Untuk Membawamu Pulang)

 

 

Untuk berlangganan versi E-mail, sehingga terbitan majalah ini dapat dikirimkan ke email pribadi Anda, silakan isi data Anda di salah satu situs berikut:

 

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/service/service.htm (Bahasa Cina)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/service/service.htm (Bahasa Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.org/au/service/service.htm (Bahasa Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.com/english/service.htm (Bahasa Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com/spanish/service.htm (Bahasa Spanyol)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/fan/service.htm (Bahasa Cina tradisional)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/jian/service.htm (Bahasa Cina disederhanakan)

 

 

Alamat WWW Untuk Berita Maha Guru Ching Hai Secara Online:

Bahasa Cina Tradisional: 

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/news/129/index.htm (Formosa)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/129 (AS)

http://www.Spiritual-Discovery.org/ch/news/129/index.htm (AS)

Bahasa Cina yang Disederhanakan: 

http://Spiritual-Discovery.org/gb/news/129/index.htm (AS)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/gb129/ (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gb/news/129/index.htm (Formosa)

Bahasa Inggris: 

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/english/129 (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/129/ (AS)

http://godsimmedatecontact.net/news/news129/ (AS)

http://www.Spiritual-Discovery.org/eng/news/129/index.htm (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/129/index.htm  (Formosa)

Bahasa Aulac: 

http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/ (AS; huruf VNI,VPS,VISCII dan VNU)

http://godsimmediatecontact.net/aulac/n129/ (AS; huruf VNI)

Bahasa Spanyol: http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/spanish/ (AS)

Bahasa Korea: http://www.Godsimmediatecontact.or.kr (Korea)

Bahasa Jepang: http://www.Godsimmediatecontact.org/kannon/news/newsindex.htm (AS)

Bahasa Indonesia: http://www.godsdirectcontact.or.id (Indonesia)

Bahasa Perancis: http://www.contactdirectavecdieu.org/News/index.html  (Perancis)

Bahasa Jerman: http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman)

Bahasa Portugis: http://www.contactodiretocomdeus.com.br (Brazil)

Bahasa Thailand: http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/ (Thailand)

 

 

Halaman web download gratis untuk buku contoh: Kunci untuk Mencapai Pencerahan Seketika (dalam 50 Bahasa)

http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/publication/sample/sample.htm

http://www.direkter-kontakt-mit-gott.org/download/index.htm

http://www.godsdirectcontact.org/sample/

 

 

 

 

 

 


 

-- SEKIAN --

 

 

TOP