Maha Guru Ching Hai
Majalah Berita No. 131

Saat engkau bahagia, kau berada di surga

~Maha Guru Ching Hai


======= Daftar Isi =======

 

uWejangan Guru
Jadilah Pasangan yang Baik

uLintasan Peristiwa
AS / Jerman / Korea

uAgenda Kegiatan

uGuru Menceriterakan Lelucon
Ke mana Perginya si Kura-Kura? / Mistri Roti Sandwich

uPeningkatan Rohani
Kaset Video / DVD

uSaran-Saran Bermanfaat
Rahasia Bermeditasi Lama / Hangatkan Tubuhmu dari Kedua Telinga / Penutup "Tetap-hangat" Buatan Sendiri

uEra Vegetarian
Kampanye Vegetarian Nasional: Mempromosikan suatu Era Baru mengenai Kesehatan, Latihan Rohani dan Penghargaan akan Kehidupan

uKeluarga Quan Yin
Kemulian Cinta Kasih yang Utama / Menyatu dengan Guru

uPuisi
Dari Lubuk Hatiku

uSelingan Rohani
Semua dalam Satu / Untuk Menyenangkan Mata Orang

uGuru Bercerita
Melaksanakan Kehidupan yang Seimbang adalah Tao

uKeajaiban Guru
Ceramah oleh Pengejawantahan Guru

uLaporan Utama
Tumbuh Kembangkan Perkawinan yang Bahagia / Perkawinan dan Kerohanian / Cara Mendamaikan Konflik Perkawinan / Penuhi Kewajibanmu sebagai Pasangan Perkawinan

uKata-Kata Mutiara

u
Tanya Jawab Pilihan
Menikah ataupun Tidak, Bersikaplah Wajar! / Menyikapi Perselingkuhan / Berusahalah Sebaik-baiknya demi Keutuhan Pernikahan

u
Perjalanan Rohani
Contoh Terbaik dari Kebersamaan -- Teladan Guru / Mengubah Pernikahan Meningkatkan Kerohanian / Pembimbing Rohaniku / Pernikahnan -- Suatu Alat yang Baik di Jalan Rohani / Pelajaran-pelajaranku Melalui Pernikahan

u
Mutiara Kebijaksanaan
Hakikat Pernikahan / Bagaimana Pernikahan Bekerja / Memilih Gaya Hidup yang Terbaik

u
Spiritualitas dan Ilmu Pengetahuan
Keajaiban dari Kekuatan Berkah / Kekuatan Pikiran dan Emosi Dibuktikan

uKasih dalam Tindakan
California, AS / Formosa / Pengeluaran Biaya atas Berbagai Kegiatan di Formosa Selama bulan November dan Desember 2001 / Upaya Bantuan di Seluruh Dunia oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, Januari hingga Desember 2001

uCara Menghubungi Kami

uSitus WWW Quan Yin

uSeni Adikarya
Merek Teragung di Jagad Raya / Perhiasan Surgawi "Gelang Kaki" dan " Papa" / Dunia Yogi Bahagia

Pesan Kecil:
Dalam pembicaraan mengenai Tuhan, atau Adi-Insani, Guru menginstruksikan agar kita menggunakan istilah muasal nir-kelamin untuk menghindari perdebatan tentang apakah Tuhan itu adalah Wanita atau Lelaki. (Istilah ini lebih tercermin dalam penggunaan kata pengganti bahasa Inggris yang terdapat dalam News versi bahasa Inggris).
She + He = Hes (seperti dalam Mess)
Her + Him = Hirm (seperti dalam Firm)
Hers + His = Hiers (seperti dalam Beers)
Contoh: When God wants, Hes makes things happen according to Hiers will to suit Hirmself.


Majalah Berita (News) No. 131
Diterbitkan: 1 Maret 2002
Didirikan: 1 April 1990
Diterbitkan oleh: Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai
Penerbit: Hsieh, Hsin Lin


Majalah Maha Guru Ching Hai diterbitkan di Internet dalam bahasa-bahasa berikut: Aulac, Cina (baik tradisional maupun yang disederhanakan), Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Korea, Spanyol, Portugis dan Thai. Silakan mengacu ke "Situs-situs WWW Quan Yin" untuk majalah Berita (News) yang berkaitan dengan situs web.



 


Wejangan Guru

Jadilah Pasangan yang Baik

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai
Florida, AS, 4 Oktober 1998
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No.638

Kita mengharapkan pasangan kita akan seperti ini atau seperti itu, melakukan itu atau melakukan ini. Dan apabila mereka tidak melakukannya, kita merasa kecewa. Apabila mereka bukan seperti yang kita harapkan, kita kecewa dan sakit hati dan hal-hal semacam itu, dan kita mengakhiri hubungan yang ada. Namun hubungan tersebut bukannya berarti Anda mengharapkan orang lain melakukan apa yang Anda inginkan. Hubungan itu adalah untuk melakukan apa yang Anda inginkan bagi Anda sendiri, untuk menjadi diri Anda, untuk menunjukkan sebagaimana adanya Anda, seberapa baiknya Anda, bagaimana dan seperti apa Anda ingin menjadi dalam hubungan atau pernikahan tersebut. Anda mungkin ingin menjadi seorang istri yang baik, "istri yang super", yang toleran atau seorang yang setia. Itulah apa yang ingin Anda jadikan dalam peran Anda, dan bukannya mengharapkan dari suami Anda sepanjang waktu akan menjadi apa dia, bagaimana dia akan berlaku terhadap Anda atau bagaimana dia akan bercakap dengan Anda.

Namun itulah masalahnya dengan pernikahan; Anda telah keliru sama sekali. Anda pikir, "Oke, sekarang saya telah bertemu dengannya, dan hidupku telah berubah. Luar biasa. Dia akan membuatku bahagia." Ini tidaklah benar! Anda yang akan membuat diri Anda sendiri bahagia atau tidak dalam hubungan itu. Namun acap kali kita berharap pasangan kita membuat kita bahagia, menjadi seperti apa yang kita inginkan dalam gambaran kita. Dan itulah masalahnya. Kita lupa menjadi apa yang kita inginkan. Kita lupa membuat semacam agenda yang ideal bagi diri kita. Alih-alih, kita membuat agenda bagi pasangan kita, semacam kesepakatan atau gambaran bagi pasangan kita untuk menyesuaikan diri. Dan lalu keduanya mengharapkan hal yang sama, dan itu sebabnya sesuatu menjadi berantakan.

Kita telah keliru dalam banyak hal. Dalam situasi apa pun, kita harusnya memeriksa diri kita dulu. Apa yang akan kita perbuat dengan situasi begini? Akan jadi apa kita? Apa yang ingin kita tunjukkan? Kebaikan semacam apa yang ingin kita berikan pada pasangan kita atau pada dunia? Bukannya si pasangan yang harus memberikan sesuatu pada kita. Apa pun yang ingin dia tunjukkan, merupakan masalahnya. Masalah kita hanyalah diri kita sendiri; selalu diri kita saja. Namun kebanyakan orang, setelah menikah atau bilamana memiliki pasangan atau sahabat, mereka tumpahkan seluruh perhatian pada pihak lain tersebut, separuh yang lain tersebut, dan memeriksa: "Oh, dia telah keliru. Dia melakukannya dengan jelek", atau "Dia tidak baik. Dia tidak manis." Lupakanlah itu! Kita haruslah memeriksa diri kita sendiri. Kita sendirilah orang yang penting itu. Hubungan apa pun, situasi apa pun adalah bagi kita untuk belajar, bukannya untuk orang lain. Orang lain hanyalah sebagai katalisator, suatu alasan bagi kita untuk melatih daya kuasa dan imajinasi tentang diri kita.

Itulah masalahnya. Itu sebabnya pernikahan sering kali tidak berhasil. Jadi periksalah pernikahan Anda dan perbaikilah. Itu bukanlah tentang suami atau istri Anda, melainkan tentang diri Anda sendiri, ingin menjadi orang semacam apa Anda, atau apa yang ingin Anda tunjukkan padanya dalam hubungan ini. Dan kalau dia bereaksi baik terhadap hal itu, baguslah. Jika dia tidak bereaksi baik terhadap hal itu, tak banyak yang bisa Anda lakukan. Tapi periksa dulu diri Anda sendiri, lihat adakah Anda masih seimbang, adakah Anda masih di jalur yang benar dan adakah Anda oke atau tidak. Dan jika dia tetap bersama Anda, itulah yang terjadi; jika dia pergi, itulah juga yang terjadi. Tak banyak yang dapat Anda lakukan. Anda tak dapat menumpahkan seluruh perhatian padanya dan lalu kehilangan serta melupakan diri Anda sendiri. Lalu semakin Anda tumpahkan perhatian padanya, semakin Anda keliru. Dan lalu, dia akan lebih banyak mengecam, dan hubungan pun jadi semakin buruk!

Silakan kunjungi situs jaringan berikut untuk menikmati versi video wejangan Guru:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/131/mt.htm  (Formosa)
http://Godsdirectcontact.org/eng/news/131/mt.htm
  (AS)

 

 

Lintasan Peristiwa

Laporan dari Oregon, AS

Seminar Berbagi Kebenaran di Kota Mawar

[Oregon] Setelah persiapan selama beberapa minggu, pada tanggal 6 Januari 2002 Center Oregon mengadakan suatu seminar menampilkan video ceramah Guru di Perpustakaan Pusat di kota Portland. Acara tersebut sukses sekali dan setelah itu banyak peserta yang memutuskan untuk tetap berada di tempat dan mempelajari Metode Kemudahan. Sukses besar seminar ini sungguh membesarkan semangat.

Seorang pria datang ke Perpustakaan beberapa menit sebelum seminar dan berkata bahwa dia ke sini untuk mencari buku mengenai Tuhan. Ketika melihat poster Guru di pintu ruang seminar, dia berpikir bahwa mungkin ini merupakan sesuatu yang Tuhan ingin agar dia lakukan. Jadi dia masuk, mendengarkan ceramah video, dan tetap berada di tempat untuk mempelajari Metode Kemudahan.

Seorang wanita sedang berkunjung ke Portland pada minggu itu dan memberitahu kami bahwa dia sedang berpikir tentang meditasi dan lalu melihat jadwal acara perpustakaan. Ketika memperhatikan adanya suatu pengajaran meditasi gratis di daftar, dia masuk dan mempelajari Metode Kemudahan.

Seorang saudari sepelatihan ingat akan dua wanita yang masuk pada waktu kami sedang sibuk menghiasi aula. Lalu dia menyapa mereka dengan hangat, dan mengundang mereka untuk ikut dan bergabung dengan kami. Mereka menunjukkan sedikit tanggapan saja atas sapaannya, lalu dia memutar satu rekaman video Guru bagi mereka. Tak terduga, kedua wanita itu tetap tinggal dan mengikuti seminar tersebut, dan sesudah itu kedua-duanya mempelajari Metode Kemudahan. Sebelum pergi, mereka dengan tersenyum memberitahu saudari sepelatihan yang menyapa mereka tadi bahwa mereka sekarang paham akan apa yang dia maksudkan dengan “bergabung dengan kami”.

Terilhami dengan keberhasilan acara ini, Center Oregon memutuskan untuk mengatur seminar-seminar serupa itu secara teratur, sehingga semakin banyak orang yang akan memperoleh kesempatan untuk berbagi berkah dan kasih Guru, dan melangkah maju di jalur menuju pencerahan.

 

Laporan dari Bagian Barat-Tengah, Amerika Serikat

Kasih Guru Membawa Kami Bersama

[Indiana] Meskipun tidak begitu besar, namun keenam center Bagian Barat-Tengah Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai di Illinois, Indiana, Kentucky, Michigan, Missouri, dan Ohio, memiliki banyak anggota yang tulus dan berbakti, yang tidak keberatan berkendaraan jauh ke negara-negara bagian lainnya guna menghadiri sesi meditasi kelompok khusus. Masyarakat Amerika selalu mengatakan negara bagian Indiana sebagai Persilangan Amerika, dan setelah sekian tahun berkendaraan antar berbagai center setempat, para rekan praktisi di Bagian Barat-Tengah merasakan hal yang sama. Center Indiana telah muncul sebagai pusat di mana para saudara-saudari sepelatihan dari negara-negara bagian sekitarnya saling berkumpul setiap bulan untuk acara yang dinamakan "retret dua-hari Bagian Barat-Tengah".

Dengan pertolongan Guru kita yang mahaada, Center Indiana sungguh beruntung dapat menampung para rekan inisiat yang datang untuk bermeditasi kelompok. Selain itu semua, berbagai kunjungan dari utusan Quan Yin beberapa tahun lewat telah memberkahi dan mengangkat suasana Center, dan mengisinya dengan getaran kasih. Dengan demikian Center Indiana telah menjadi tempat yang menyenangkan bagi para rekan praktisi, karena retret dua-hari di akhir pekan tersebut telah berubah menjadi libur bulanan, di mana para inisiat dapat memperoleh "simpanan" tambahan secara jasmani dan rohani.

Pada tanggal 19 Januari 2002, para siswa dari Bagian Barat-Tengah sekali lagi berkumpul bersama di Center Indiana untuk retret dua-hari lainnya. Mereka datang dipenuhi dengan kasih Guru yang nirbatas hasil Retret Natal di Florida yang berlangsung tiga minggu sebelumnya, dan dengan demikian mengumpulkan lebih banyak kasih, bahagia dan damai daripada biasanya.

Pada kesempatan ini, kami menyelenggarakan pertunjukan khusus Perhiasan Surgawi SM di ruang tamu Center Indiana dengan memajang hasil ciptaan perhiasan Guru. Banyak rekan inisiat yang membawa perhiasan Guru menggunakan kesempatan ini untuk berbagi keindahan dari setiap perhiasan yang dipajang dengan kelompok yang ada, sementara seorang saudari bertindak selaku pemandu acara.

Dengan musik gembira yang hangat berkumandang di udara, dia mengenalkan para "peragawati" yang berjalan di seputar ruangan menunjukkan perhiasan mereka, dan menguraikan nilai rohani dari setiap perhiasan yang dipakai. Perhiasan yang dipertunjukkan beragam dari yang kecil, cincin gemerlapan hingga Poci-teh Naga Surgawi yang luar biasa. Pertunjukan tersebut sungguh merupakan suatu pengalaman yang menggetarkan karena kami begitu terpesona menyaksikan keindahan setiap perhiasannya. Berkah dan kasih Guru sungguh tak terukur!

 

Laporan dari California, AS

Siraman Kasih --- Ekspo Cina 2001

[Los Angeles] Ekspo Cina Tahunan di Amerika Serikat merupakan salah satu pekan raya terbesar yang diselenggarakan oleh masyarakat Cina di Amerika Serikat. Ia merupakan suatu jembatan bagi pertukaran ekonomi, budaya, seni dan kerohanian antara Timur dan Barat, yang menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya. Tahun ini, Center Los Angeles ikut ambil bagian di Ekspo tsb, yang diselenggarakan saat berlangsungnya musim Natal yang sibuk.

Karena organisasi kita adalah nirlaba, maka gerai kami rencananya akan disiapkan di areal kelompok pameran "lain-lain". Namun demikian, dua hari sebelum Ekspo tersebut dimulai, kami menerima pemberitahuan dadakan bahwa kami dapat pindah ke areal pameran kesenian, dan para rekan praktisi pun bersuka-cita, karena kami telah menyiapkan beberapa mahakarya seni Guru untuk pajangan.

Selama tiga hari pameran, kami dapat merasakan bahwa seluruh tempat acara dilingkupi oleh berkah Guru, sementara para pengunjung berkeliling dalam suasana penuh damai dan kasih. Gerai Guru bersinar dengan cahaya kerohanian khusus. Gayanya yang unik dan anggun menarik sekian banyak pengunjung yang berhenti dan memuji pajangan kami. Beberapa di antara mereka dengan tulus bertanya tentang ajaran Guru atau menonton rekaman video-Nya, sementara yang lain membeli buku atau mencicipi makanan vegetarian yang kami tawarkan. Gerai kami adalah yang paling gemilang dan ramai pada Ekspo tersebut.

Seorang pengunjung memberi kejutan menyenangkan ketika dia memberitahu kami bahwa dia adalah seorang rekan inisiat dari Propinsi Sichuan di Daratan Cina, dan dalam kesulitan yang sangat ketika dia tak mampu menghubungi kelompok kita atau turut serta dalam meditasi kelompok setelah tiba di Amerika Serikat. Beberapa peserta pameran dari gerai lainnya sering mengunjungi kami, dan beberapa di antara mereka meminta buku atau menonton rekaman video yang sedang dipertunjukkan. Mereka begitu menikmati kunjungan tersebut hingga segan beranjak. Selain itu, beberapa di antara tamu tersebut memberitahu kami bahwa mereka pernah menonton acara TV Guru "Perjalanan Melalui Alam Estetis" dan sangat menyukai Guru serta Ajaran-Nya.

Ekspo Cina di Amerika Serikat berakhir dengan penuh keberhasilan dengan berkah Guru. Melalui kegiatan ini, kami berharap untuk berbagi ajaran Guru dengan masyarakat umum dan dengan demikian membantu Cahaya dan Kasih Tuhan bersinar di setiap sudut dunia, sehingga kita semua dapat menyambut masa depan yang gemilang dengan saling bergandengan tangan di abad baru ini.

 

Laporan dari Jerman

Retret Tiga-Hari yang Penuh Berkah di Center Hamburg

[Hamburg] Kami dengan tulus berterima kasih pada Guru karena membolehkan kami mengatur retret tiga-hari yang penuh berkah selama berlangsungnya libur Natal. Meskipun cuaca amat dingin, para rekan inisiat Jerman tidak keberatan berkendaraan jauh dari Center Berlin dan Duesseldorf untuk menghadiri acara ini.

Kami selalu mengasihi dan kehilangan Guru, Bunda nan mulia, dan kami merasa begitu menyesal tidak dapat hadir di Florida guna menjenguk Beliau selama berlangsungnya retret Natal. Selain itu, kami berterima kasih pada Guru atas berkah yang dilimpahkan pada kami sehingga kami dapat menyelesaikan retret kami dengan berhasil, sepanjang mana kami percaya bahwa pengejawantahan Guru menemani kami selama berlangsungnya retret.

Kami akan mencoba berlatih untuk menunjukkan penghargaan kami pada kasih Guru, dan kami berdoa agar Beliau senantiasa dalam kesehatan yang terbaik sepanjang Tahun Baru mendatang.

 

Laporan dari Korea

Perayaan Natal di Center Youngdong

[Youngdong] Pada tanggal 23 Desember 2001 diadakan retret satu hari dan perayaan Natal yang diselenggarakan di Center Youngdong. Setelah sesi meditasi kelompok yang dilakukan mulai pukul 4 pagi hingga pukul 1 siang, perayaan dimulai dengan acara pemotongan kue yang dilakukan oleh utusan Quan Yin dan siswa penghubung setempat.

Setelah para rekan inisiat menikmati makan siang Natal yang khusus, utusan Quan Yin yang berkostum Sinterklas, membagikan hadiah kepada anak-anak. Lalu acara hiburan dipersembahkan oleh para inisiat remaja. Seluruh hadirin merasa bahagia, dan bertepuk tangan mengiringi pertunjukan musik dan lagu para kawula muda.

Bagian kedua dari acara terdiri dari pertunjukan-pertunjukan oleh berbagai center lainnya di Korea, termasuk suatu tarian bangau serta nyanyian dan pertunjukan musik tradisional rakyat Korea. Persembahan-persembahan yang hidup dan menyenangkan ini membuat hadirin tertawa tanpa henti. Kami merasa bahwa Guru menemani kami dan mengangkat rohani kami di sepanjang pertunjukan.

Hari berikutnya, para rekan inisiat dari Center Youngdong pergi berkunjung dan membagikan beras dan kue kepada keluarga miskin yang tinggal di dekat Center.

Keterangan Gambar:

1. Para inisiat setempat dari Center Youngdong, dalam kostum Sinterklas, memegang lilin dan mempersembahkan suatu pertunjukan guna menghibur rekan-rekan inisiat.
2. Utusan Quan Yin membagikan hadiah Natal kepada para inisiat remaja.

 

Laporan dari Korea

Menebar Kebenaran di Seminar Vegetarian

[Seoul] Pada tanggal 20 Januari 2002, suatu seminar berjudul "Vegetarisme dan Kerohanian" diselenggarakan di Seoul, dan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai Cabang Seoul diundang guna berbagi ajaran Guru tentang kerohanian dan vegetarisme pada acara tersebut.

Para peserta di seminar tersebut sangatlah murni dan tulus dalam niat mereka untuk mengenal Tuhan. Namun demikian, mereka kelihatan tak berdaya dalam beberapa hal yang berkaitan dengan pemenuhan keinginan mereka.

Guna membantu meningkatkan pemahaman mereka, pertama kali kami siapkan berbagai masakan vegetarian untuk dicicipi para peserta. Sambil menikmati makan siang, mereka dengan penuh perhatian menonton rekaman video khusus tentang vegetarisme yang kami putarkan. Mereka menunjukkan perhatian yang dalam pada rekaman video tersebut dan saling membahas pendapat mereka mengenai vegetarisme satu sama lain. Selesai makan siang, seorang saudari inisiat memberikan suatu ceramah ringkas tentang manfaat diet vegetarian. Dan lalu pengurus dari Restoran Buffet Vegetarian SM yang dikelola oleh Center Seoul, menunjukkan cara memasak makanan vegetarian. Kebanyakan para peserta merasa sangat tertarik dalam vegetarisme, dan mengungkapkan keinginan mereka untuk mengunjungi Restoran Buffet Vegetarian SM.

Berikutnya, kami putarkan video ringkas yang memperkenalkan Guru, bersama salah satu ceramah video Beliau. Kami juga membagikan buku contoh Guru dan brosur vegetarian sehingga para peserta seminar dapat menghubungi kami setelah ini.

 


Agenda Kegiatan

Untuk mengimbangi cepatnya peningkatan rohani dari planet kita yang sedang berlangsung saat ini, center setempat dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengadakan banyak dan banyak lagi seminar video dan kegiatan berbagi-Kebenaran di seluruh dunia.

Anda diundang mengikuti kegiatan-kegiatan ini bersama kawan-kawan dan relasi Anda.

Untuk jadwal terbaru kegiatan kami berbagi Kebenaran, harap mengunjungi URL berikut:

http://www.Godsdirectcontact.org/seminar/  (AS)
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/seminar/index.htm
  (Formosa)

 

Guru Menceriterakan Lelucon

Ke mana Perginya si-Kura-kura?

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Natal Empat-Hari di Florida, AS, 25 Desember 2001 (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada suatu ketika adalah seekor kelinci dan seekor kura-kura yang hidup bersama. Suatu hari, si kelinci menderita sakit kepala, mungkin karena terlalu banyak makan wortel, khususnya wortel yang mengalami modifikasi genetika. Wortelnya sangat besar dan mengenyangkan, dan hanya Tuhan yang tahu apa saja yang dimasukkan orang ke dalamnya. Jadi segala macam campuran yang tidak cocok saling beradu di dalam perutnya. Dan pada saat perutnya tidak punya cukup ruangan lagi, ia pun naik ke atas kepala. Hingga si kelinci pun sakit kepala.

Maka ia bertanya pada kura-kura, “Ah, saudara, kepalaku sedang sakit, bisakah kau pergi ke apotek dan membelikan obat sakit kepala? Aku pergi ke pesta tadi malam dimana mereka menyajikan wortel besar-besar, dan aku makan terlalu banyak. Aku juga minum jus wortel, dan aku menderita sakit kepala saat bangun pagi. Jadi bisakah kau secepatnya pergi ke toko obat dan membelikan aku obat? Lekaslah!”

Lalu dari kamarnya, kura-kura berkata, “Baiklah!” Tetapi kemudian satu jam telah lewat; lalu dua jam, tiga jam, empat jam. Dan si kura-kura tak terlihat sama sekali. Dan kelinci yang sakit kepala itu hanya terbaring di tempat tidur, merasakan sakit kepala serupa itu maka ia pun jadi sangat marah. Katanya, “Kura-kura tolol ini! Tunggu saja sampai ia kembali. Akan kuberikan ia sepenggal rasa sakit kepalaku! Aku sakit kepala seberat ini, dan ke mana dia? Toko obat hanyalah di pojokan itu. Bodoh amat!” Kemudian, lima belas menit setelah berkata begitu, terdengar jawaban dari kamar si-kura-kura. Dan kata si kura-kura, “Sekarang karena kau mencelaku begitu, aku takkan pergi kemana pun.”

 

Misteri Roti Sandwich

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, AS, 6 Oktober 1999 (Asal dalam bahasa Inggris)

Adalah tiga buruh bangunan. Yang satu orang Amerika, lainnya Jerman dan satu lagi Irlandia, dan suatu hari mereka makan siang bersama. Mereka membuka kotak makan siang mereka, dan si Amerika berkata, “Oh, tidak, sandwich tomat lagi. Ya Tuhan! Aku tidak paham istriku! Aku sudah nikah selama 20 tahun, dan tiap hari ia memberiku sandwich tomat sebagai makan siang. Besok, kalau sekali lagi kudapati sandwich tomat sebagai makan siang, aku akan lompat dari lantai lima! Dan lalu si Jerman membuka kotak makan siangnya dan berkata, “Oh, tidak, tidak lagi, sandwich keju lagi! Aku sudah nikah selama 15 tahun dan tiap hari ia memberiku sandwich keju. Kalau besok kudapati satu lagi sandwich keju dari istriku, aku juga akan lompat dari lantai lima dan mati. Dan si Irlandia juga membuka kota makannya, dan berkata, “Oh, tidak! Hari ini, lagi-lagi sandwich kentang! Baik, kalau besok, kudapati lagi sandwich kentang, aku akan lompat dari lantai lima. Aku akan lompat bersama kalian juga.

Kemudian, esoknya saat makan siang, mereka makan bersama lagi. Dan si Amerika membuka kotak makan siangnya, dan tentulah, ia dapati sandwich tomat. Maka, iapun melompat dari lantai lima. Si buruh Jerman juga membuka kotak makan siangnya, dan berkata, “Apa? Sandwich keju lagi?” Maka ia pun melompat juga. Dan lalu si Irlandia membuka kotak makan siangnya, dan melihat sandwich kentang. Maka ia juga melompat bersama dengan kedua temannya.

Kemudian, pada penguburan ketiga sekawan itu, ketiga istri bertemu dan bicara satu sama lain. Dan istri si Amerika berkata, “Aku tidak mengerti pada John-ku, tahu kan, maksudku ia selalu sangat baik, dan tak pernah menggerutu. Ia bisa saja bilang padaku bahwa ia tidak suka sandwich tomat, dan saya akan buatkan lainnya! Sebab di hari pertama saya membuatnya, dia katakan luar biasa, jadi aku terus saja membuatnya. Tapi dia harusnya memberitahuku. Dan istri si Jerman juga berkata, “Aku tidak mengerti pada Johan-ku. Kami sudah menikah selama 15 tahun, dan segalanya baik-baik saja dan kalau dia tidak suka sandwich keju, dia bisa memberitahukanku. Aku tentu akan membuatkan yang lain setiap waktu. Mengapa dia harus melompat dan mati seperti ini! Aku sangat sedih dan heran." Dan lalu istri si Irlandia berkata, “Oh, ini tak ada apa-apanya dibanding kesedihanku. Aku tidak mengerti Jack-ku, karena dia membuat sendiri sandwich makan siangnya setiap hari!”

Kunjungi situs jaringan berikut ini untuk menikmati versi video dari lelucon tersebut, dan Anda boleh berbagi kegembiraan lelucon Guru dengan orang-orang di sekeliling anda juga.

http://www.godsdirectcontact.org/eng/news/131/jk1.htm  (AS)
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/news/131/jk1.htm
  (Formosa)
http://www.godsdirectcontact.net/eng/news/131/jk1.htm
  (AS)

 

Peningkatan Rohani

Kaset Video Terbaru Maha Guru Ching Hai

<Dalam bahasa Inggris dan Aulac + Teks Aulac>
720 Kehidupan Rahib Mulai dengan Pertapaan
Meditasi Kelompok di Center Florida, AS,
4 Juni 2001

<Dalam bahasa Inggris dan Cina + Teks Inggris>
721 Mata Kebijaksanaan
Meditasi Kelompok di Center Florida, AS,
4 Juni 2001

<Dalam bahasa Inggris>
723 Hari Penampilan Festival Bulan (2)
Acara Khusus di Center Florida, AS,
26 September 1999, Petang hari

 

DVD Terbaru Maha Guru Ching Hai

<Dalam bahasa Inggris + Teks dalam 21 Bahasa>
676 Parlemen dari Agama-agama Dunia
Cape Town, Afrika Selatan, 1 Desember 1999

 

Untuk memesan publikasi Guru, silakan hubungi:

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd. Taipei, Formosa.
Tel: (886) 2-87873935 / Fax: (886) 2-87870873
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org 
ROC Postal Remittance Account No: 19259438 (hanya untuk pemesanan di Formosa)
Postal Account: The Supreme Master Ching Hai Publishing Co., Ltd.


Silahkan mengunjungi situs toko buku kami untuk men-download katalog dan ringkasan dari isi publikasi terbaru:
http://www.smchbooks.com/  (dalam bahasa Inggris dan Cina)

 

 

Saran-Saran Bermanfaat

Saran 1: Rahasia Bermeditasi Lama

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Tujuh-hari, Hsihu, Formosa, 13-18 Februari 1989 (Asal dalam bahasa Cina)
MP3-4

Apa yang harus kita lakukan kalau kita ingin banyak bermeditasi dan tidak merasa lelah? Rahasianya adalah: Kurangi bicara, jangan lihat sekeliling, jangan pedulikan kebaikan ataupun keburukan dan hanya melafalkan Nama-nama Suci selama 24 jam sehari. Jika kalian merasa tidak stabil dalam melakukan meditasi Suara, maka lafalkan Nama-nama Suci selama beberapa menit sebelum melakukan meditasi Suara lagi. Bila terasa ada bagian tubuh yang sakit atau mati rasa, jangan pedulikan! Saat mencapai samadhi nantinya, kalian tidak merasa sekujur tubuh itu ada. Karena itu, jangan menggaruk sana-sini. Saat merasa lelah melakukan meditasi Suara, ubah posisi tubuh dan lakukan meditasi Cahaya. Kaki akan berterima kasih pada kalian karenanya. Karena mereka sangat sakit dan kepala serasa kencang dari posisi tubuh sebelumnya. Jika kalian ubah posisi tubuh dan melakukan meditasi Cahaya pada saat ini, ia akan berasa lebih baik. Maka kalian harus melakukan meditasi Cahaya dan Suara bergantian, dan mereka akan saling membantu satu sama lain dan kalian bisa bermeditasi lebih lama tanpa merasa lelah.

Beberapa praktisi kawan kita bisa bermeditasi semalaman. Itu karena mereka melakukan meditasi Cahaya dan Suara secara bergantian. Tapi kalian jangan melakukan itu terlalu sering dan mengubah posisi tubuh dalam lima menit, karena tak ada gunanya. Lebih lama kalian tetap di posisi tubuh yang sama, lebih baik. Meditasi Cahaya dan Suara saling membantu satu sama lain. Saat duduk terlalu lama dalam meditasi Cahaya, dan terkadang kalian merasa lelah dan gatal, ubahlah posisi tubuh kalian dan lakukan meditasi Suara. Kalian akan merasa jauh lebih baik, karena rasanya ada sesuatu untuk bersandar. Tak banyak yang tahu rahasia dalam praktek meditasi ini.

Saran 2: Hangatkan Tubuhmu dari Kedua Telinga

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Natal Empat-hari, Florida, AS, 28 Desember 2001 (Asal dalam bahasa Inggris)

Belilah topi untuk menutupi kedua telinga karena telinga amatlah penting. Kalau kedua telinga kalian hangat, keseluruhan tubuh lebih baik. Terkadang saya sakit kepala karena telinga saya terasa dingin. Kalau rambutmu panjang, lebih baik. Kalau terlalu dingin, bawa dua kantung tidur: satu untuk tidur, dan satu lagi untuk tutup luar. Karena kantung tidur sangat terisolasi, dan isolasinya baik; beli yang berkualitas baik. Atau kadang yang sederhana juga menolong, karena tutup kantung tidur gunanya untuk isolasi. Maka kalau matahari terik, kalian bisa menaruhnya diatas tenda dan membuka jendelanya. Biarkan pintunya terbuka. Ketika kalian tidur di dalamnya, saat tengah hari pun masih terasa dingin. Dan kalau hawa sangat dingin, kalian bisa menaruhnya diatas tenda untuk mengisolasi. Akan jauh lebih baik. Dan tutupi telinga dengan Topi Kasih itu, dan tutupi dengan selimut. Kalian juga bisa menutupi kepala seperti ini (Guru menarik sebuah kantung tidur keatas kepala-Nya), dan lalu tidur didalam kantung tidur. Perbedaannya sangat terasa.

Dan bungkus selimut lain seperti ini, di dalam kantung tidur, di atas badanmu. Itu juga membuat perbedaan besar. Saya hanya menutupi dengan ini sedikit dan saya merasa lengkap, pemulihan seketika bagi telinga, dan terasa amat hangat. Bedanya besar kalau kalian menutupi telinga. Para wanita bisa menurunkan rambut dan menutupi telinga; pria bisa menutupi dengan topi. Karena disinilah kalian merasakan sakit kepala. Dan terkadang angin dingin melewati telinga kalian. Telinga kalian sangat sensitif bagian dalamnya. Dan punya banyak syaraf yang berhubungan dengan seluruh tubuh dan kepala. Jadi kalau telinga kalian kedinginan, kepala pun sakit. Dan kalian pilek dan flu dan semacam itu. Jadi lebih baik menjaga agar telinga tetap hangat.

 

Saran 3: "Penutup tetap-hangat" Buatan Sendiri

Oleh rekan inisiat Ah Sen, Formosa

Banyak pekerja kantor mendapat kesulitan duduk terlalu lama selama musim dingin, karena lutut dan mata kaki kedinginan dan terkadang malahan sakit. Banyak dari kita yang mengabaikan kebutuhan untuk menjaga kehangatan bagian bawah tubuh kita, maka tak heran bahwa kaki kita pun mulai mengeluh.

Masalah ini mudah diatasi. Kita bisa membuat semacam “penutup tetap-hangat” yang sederhana dari kaus kaki tua dan baju kaus sweater. Pertama, potong terbuka bagian depan kaus kaki (lebih baik dari wol). Kaus kaki, dengan bentuk L-nya, membuat penutup sangat baik yang tepat sekali bagi lutut kita. Kita bisa juga memotong bagian lengan sweater tua dengan ukuran yang sesuai dan menyelipkannya pada mata kaki untuk membuat sepasang penutup hangat. Ingatlah untuk mengobras bagian tepi supaya wolnya tidak terurai. Selama kita memperhatikan lutut dan mata kaki, kita pekerja kantoran akan bebas dari sakit persendian pada musim dingin.


Era Vegetarian

Kampanye Vegetarian Nasional:
Mempromosikan suatu Era Baru mengenai Kesehatan, Latihan Rohani dan  Penghargaan akan Kehidupan

Oleh Grup Berita Korea
(Asal dalam bahasa Korea)

Latar belakang:

Saat berbagi ajaran Guru dengan masyarakat, rekan-rekan sepelatihan sering kali merasakan perlunya juga untuk menyediakan informasi tentang masakan vegetarian. Di Korea, di mana faktor-faktor lingkungan menyebabkan vegetarisme sulit diterapkan, Metode Quan Yin harus dipromosikan bersama dengan diet vegetarian. Maka, di bulan Desember 2001 center-center setempat di seluruh Korea mengadakan kampanye vegetarian nasional yang sukses dan menerima respon yang cukup besar.

Rekan sepelatihan menyiapkan banyak bahan promosi tentang vegetarisme, termasuk tulisan dan gambar, untuk pajangan di lobi dan di pinggir jalan. Sebagai tambahan, kami juga mencetak brosur berwarna mengemukakan ceramah-ceramah Guru tentang vegetarisme, penelitian ilmiah yang berkaitan, dan artikel-artikel tentang vegetarisme, lingkungan, kasih dan kesehatan. Akhirnya, termasuk juga informasi dan resep untuk menyiapkan hidangan vegetarian lezat.

Kami juga membuat sebuah kaset video berisi acara-acara televisi tentang vegetarisme, pengenalan mengenai restoran-restoran vegetarian yang dikelola oleh rekan-rekan sepelatihan, dan pengenalan kepada Guru. Sebagai tambahan, Center Seoul menyiapkan sebuah pertunjukan yang bagus sekali dimana saudari-saudari sepelatihan berpakaian menyerupai binatang untuk membantu orang memahami dengan cara yang cerdik dan lucu tentang bagaimana perasaan binatang saat mereka dimakan oleh manusia.

 

Berikut ini berbagai laporan dari center-center setempat yang berpartisipasi di acara itu:

[Kwangju] Pada tanggal 7 Desember, kampanye vegetarian nasional dimulai dengan mulus di sebuah restoran di Kwangju. Rekan-rekan sepelatihan menghiasi meja-meja makan dengan bunga-bunga cantik, lilin dan balon, dan memajang sebuah poster besar yang menjelaskan ajaran Guru tentang vegetarisme, bersama dengan publikasi Guru dan bahan–bahan masakan vegetarian.

Acara mulai dengan ceramah yang bagus sekali tentang vegetarisme oleh seorang saudara sepelatihan, dilanjutkan dengan demonstrasi memasak vegetarian oleh tiga orang rekan sepelatihan, yang dedikasi, keahlian profesional dan penjelasan mereka yang rinci mengesankan para tamu. Acara ini, begitu pula tiga puluh macam hidangan vegetarian yang lezat, telah mengubah pendapat para tamu mengenai sulitnya vegetarisme.

Seorang utusan Quan Yin lalu memberikan ceramah singkat. Saat itu kami merasakan berkah Tuhan telah meresapi seluruh ruang. Usai tanya jawab, kami memperkenalkan Metode Kemudahan, dan banyak peserta meminta untuk mempelajarinya. Ketika kami melepaskan berbagai poster dan hiasan untuk keperluan mendatang di center-center lain, kami merasa senang bahwa acara pertama ini terbukti merupakan sukses besar.

Keterangan Gambar:
1. Seorang saudari sepelatihan menerangkan cara memasak hidangan vegetarian yang lezat dan bergizi.
2. Penduduk Kwangju mencicipi berbagai makanan vegetarian yang dipersiapkan oleh rekan-rekan sepelatihan.

 

[Seoul] Pada tanggal 8 Desember, sebuah Festival Kehidupan diadakan oleh Persatuan Korea Hijau, sebuah organisasi lingkungan terkemuka di Korea Selatan, untuk mempromosikan vegetarisme, menentang produk-produk yang dimodifikasi secara genetik, dan menganjurkan penghargaan akan kehidupan dengan memprotes penggunaan binatang pada berbagai percobaan. Center Seoul ikut serta dalam acara vegetarisme di festival itu.

Rekan-rekan sepelatihan mendirikan sebuah tenda besar untuk menghidangkan makanan vegetarian gratis, yang dengan cepat sekali dikonsumsi oleh kerumunan para pengunjung festival. Para pengunjung menikmati makanan, menonton video, dan melihat pameran kami. Banyak pengunjung, terutama anak-anak, menikmati tarian dan berfoto bersama saudari-saudari sepelatihan yang berpakaian menyerupai binatang.

Dari pengalaman sebelumnya, kami tahu bahwa kami mungkin tidak segera beroleh tanggapan dari para pengunjung jika kami hanya membagikan buku contoh Guru di jalanan. Jadi, kali ini kami mengubahnya ke suatu bentuk baru – mengadakan pertunjukan hiburan dan makanan vegetarian gratis, dan mendapati bahwa itu merupakan suatu cara yang alami dan baik sekali untuk berbagi ajaran Guru.

Keterangan Gambar:
1. Berbagai bahan promosi dan hidangan vegetarian dibagikan di tempat Festival Kehidupan.
2. Saudari-saudari sepelatihan, berpakaian kostum binatang, menarik pengunjung tua dan muda.

 

Pada tanggal 11 Desember, bagian kedua dari rangkaian kegiatan vegetarisme diadakan di Seoul bekerja sama dengan Federasi Korea untuk Gerakan Lingkungan (KFEM), organisasi lingkungan Korea dan merupakan kelompok terbesar di Asia, dengan 73.000 anggota. Rekan-rekan sepelatihan menyediakan hidangan makan siang vegetarian bagi 400 anggota delegasi yang menghadiri konferensi tahunan KFEM, yang terdiri dari politisi terkenal, pengusaha, dan anggota biasa lainnya.

Konferensi dimulai dengan suatu perkenalan kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai oleh pembawa acara, yang berterima kasih kepada kami atas hidangan makan siang. Saat para delegasi menikmati makan siang, kami memutar video tentang vegetarisme. Setelah makan malam, para saudari sepelatihan kembali mempertunjukan tarian binatang mereka. Seorang saudara sepelatihan, yang juga anggota KFEM dan organisasi lingkungan lainnya, menjelaskan secara singkat mengapa kita harus vegetarian. Kami juga mengadakan pameran di lobi, menyediakan sebuah meja informasi untuk menjawab pertanyaan mengenai vegetarian dan Metode Quan Yin, dan memutar kaset video ceramah Guru dan video kampanye vegetarian. Setiap pengunjung menerima buku contoh Guru, brosur vegetarian, dan daftar restoran vegetarian serta toko roti.

Melalui kampanye ini, Asosiasi kami membentuk hubungan saling percaya yang baik sekali dengan organisasi ternama ini. Sebagai tambahan, video kami tentang vegetarisme telah di-upload ke Situs Quan Yin Korea, dan akan segera diperkenalkan kepada semua anggota KFEM. Artikel kami mengenai vegetarian akan diterbitkan di warta bulanan KFEM berikutnya, dan kami juga akan mengadakan kegiatan bersama dengan KFEM di masa mendatang. Ini akan membantu mempromosikan vegetarisme dan ajaran Guru di antara banyak anggota masyarakat.

Keterangan Gambar:
1. Para anggota KFEM berbaris antri untuk mengambil hidangan vegetarian lezat yang disiapkan oleh rekan-rekan sepelatihan.
2. Para anggota KFEM menikmati hidangan vegetarian sambil menonton pertunjukan rekan-rekan sepelatihan yang mengenakan kostum binatang.

 

[Daegu] Melalui usaha bersama dan penuh dedikasi dari rekan-rekan sepelatihan dari center-center lain, Center Daegu mengadakan suatu kegiatan promosi vegetarian di Hotel Golden Tour pada tanggal 8 Desember sore. Acara ini dirancang khusus untuk memperkenalkan bermacam-macam hidangan vegetarian dan berbagi keahlian memasak dengan masyarakat. Seorang saudari sepelatihan yang merupakan juru masak dari Formosa memberikan demo memasak. Juga, sebuah video khusus diputar selama acara itu, memberikan informasi mengenai vegetarisme.

Sekitar 400 orang tamu yang menghadiri kegiatan itu, jauh melebihi jumlah yang kami harapkan. Kami mengadakan suatu acara tambahan hingga setiap orang dapat berpartisipasi. Semua tamu menerima buku contoh Guru dan brosur vegetarian; banyak juga yang membeli bahan-bahan vegetarian untuk keperluan di rumah.

 

[Pusan] Acara di Pusan yang diadakan pada tanggal 9 Desember memperoleh tanggapan hangat dari sekitar 400 orang tamu yang memenuhi tempat acara dan dengan penuh perhatian mendengarkan ceramah seorang utusan Quan Yin dan setelah itu menonton video yang disiapkan khusus untuk acara itu.

Para pengunjung khususnya menikmati uraian seorang rekan sepelatihan yang adalah seorang dokter yang menjelaskan vegetarisme dalam hubungannya dengan kesehatan, pemeliharaan lingkungan, dan penghargaan akan kehidupan binatang. Sebagai tambahan, Metode Kemudahan diberikan pada mereka yang memintanya.

 

[Andong] Meskipun hanya terdapat sedikit rekan sepelatihan di Center Andong, kami memutuskan ikut berparitsipasi dalam acara promosi vegetarisme kali ini, dan merasa senang bahwa sebanyak 120 orang datang ke acara tanggal 10 Desember itu, karena kota Andong berpenduduk sangat sedikit. Dalam suasana yang tenang di tempat acara, hadirin menunjukkan minat yang tulus dalam vegetarian dan meditasi, dan takjub akan kualitas dan variasi hidangan vegetarian yang kami siapkan.

Acara itu sangatlah berhasil, dan banyak peserta minta belajar Metode Kemudahan. Acara itu menolong murid-murid setempat untuk maju dalam latihan rohani mereka. Kami sangat bersyukur pada Guru atas pengaturan segalanya bagi kami.

Keterangan Gambar: Seorang saudari sepelatihan dari Taiwan menampilkan demo memasak vegetarian.

 

[Sangju] Kota Sangju, di mana Center Youngdong terletak, mengadakan acara promosi vegetarian di Pusat Wanita Sangju. Meskipun hanya ada sedikit rekan sepelatihan di daerah itu, kami berusaha sebaik-baiknya melakukan suatu upaya yang tulus, membagikan brosur di jalan-jalan dan memberikan undangan pada para pemimpin organisasi pemerintah yang terkait.

Saat acara dimulai, lebih dari 200 orang tiba pada saat bersamaan. Pertama-tama, kami mengadakan sebuah demo memasak vegetarian, diikuti ceramah berjudul “Mengapa Kita Harus Bervegetarian.” Makanan contoh dan pajangan yang disiapkan oleh rekan-rekan sepelatihan dikonsumsi dengan cepat, sebagaimana orang-orang menunjukkan minat yang besar akan kue-kue tanpa telur dan makanan vegetarian kami yang mirip daging.

Walikota Kota Sangju mengirimi kami kartu ucapan selamat, sementara para pemimpin beberapa organisasi masyarakat dan asosiasi wanita, begitu pula para anggota DPRD dan para professor, menghadiri acara itu, di mana kami memperoleh kesempatan untuk berbagi konsep dan ajaran Guru tentang vegetarian.

Kami percaya bahwa benih-benih dari Metode Quan Yin telah tertanam dalam hati para warga setempat, sebagaimana para tamu sangat terkesan oleh pengabdian kelompok kami. Ketika acara sedang berlangsung, banyak tamu mengatakan bahwa mereka mulai memahami secara lebih dalam mengenai Asosiasi kita. Pemimpin Pusat Wanita memastikan kami bahwa mereka akan sangat berbahagia untuk meminjamkan gedung itu lagi kepada kami, seandainya kami berencana mengadakan acara serupa di masa mendatang. Setelah acara, kami menghadiahkan semua kelebihan makanan dan bahan-bahan vegetarian kepada para anggota Pusat Wanita untuk mereka pergunakan dalam kunjungan ke panti jompo keesokan harinya.

Para pejabat pemerintah di luar jangkauan area lokasi Center Youngdong sangat menyesal tak dapat menghadiri acara itu dan minta agar sebuah acara serupa diadakan khusus bagi mereka. Jadi, suatu acara promosi vegetarian berskala kecil diadakan di Center Youngdong tanggal 27 Desember. Meskipun jumlah tamunya sedikit, kami mempersiapkan beberapa hidangan vegetarian yang lezat, memutar video Guru, dan memberi mereka buku contoh dan brosur vegetarian.

Keterangan Gambar: Acara promosi vegetarian diadakan di Pusat Wanita Sangju

 

[Taejon] Untuk memastikan keberhasilan acara promosi di kota mereka, rekan-rekan sepelatihan di Taejon bertemu beberapa kali untuk mendiskusikan rincian dari tugas persiapan. Kami putuskan untuk mengadakan acara itu di sebuah hotel dekat Center Taejon, sehingga akan lebih mudah untuk membuat persiapan dan memberi para tamu suatu lingkungan yang menyenangkan.

Pada hari Minggu sebelum acara, rekan-rekan sepelatihan berkumpul di Center Taejon untuk mempersiapkan makanan. Kami juga menyebarkan 500 buah undangan kepada para kerabat kami, tetangga, wartawan dan lainnya. Pada hari acara berlangsung, para murid setempat, bersama para rekan sepelatihan dari center lain, bekerja sama dalam usaha tulus untuk membantu, dan tempat acara dengan cepat dipenuhi para tamu yang tertarik akan vegetarisme. Sebuah ceramah tentang diet vegetarian dan demo memasak kami menghangatkan suasana. Setelah mencoba aneka hidangan, para tamu tak henti-hentinya berseru tentang betapa lezatnya hidangan vegetarian.

Sebuah radio siaran besar, MBC, dan koran lokal Harian Choong Nam meliput acara tersebut.

Keterangan Gambar: 
1. Masyarakat Taejon menunjukkan minat yang besar dalam acara promosi vegetarian yang diadakan oleh Center Taejon. 2. Para tamu yang ingin tahu, mencicipi hidangan vegetarian untuk pertama kalinya.
3. Buku-buku Guru dan bahan-bahan masakan vegetarian dipamerkan, sementara rekan–rekan sepelatihan dengan serius menjawab pertanyaan para tamu tentang meditasi dan vegetarisme.

 

[Chonju] Kegiatan vegetarian di Chonju diadakan di Rumah Makan Vegetarian Sehat yang dikelola suami seorang pelatih Metode Kemudahan. Karena ia merupakan ketua Persatuan Vegetarian Provinsi Jeonbuk, para pemimpin beberapa organisasi vegetarian terkait ikut serta dalam acara itu. Walikota Chonju, Bapak Kim Wan Ju, juga menghadiri acara itu dan ikut dalam diskusi tentang vegetarisme. Ia menunjukkan minat pribadi dalam diet vegetarian, dan sangat senang melihat acara seperti ini diadakan di kotanya.

Setelah menonton video tentang vegetarisme, wakil-wakil dari organisasi tersebut di atas mengenalkan diri mereka sebelum kami berlanjut untuk mengadakan demo memasak dan acara mencicipi makanan. Para tamu menikmati susasana yang menyenangkan dan memuji lezatnya hidangan vegetarian yang dipersiapkan oleh rekan-rekan sepelatihan.

Keterangan Gambar: 
1. Para anggota kelompok-kelompok vegetarian di daerah Chonju mendukung kegiatan promosi vegetarian yang diadakan oleh para rekan sepelatihan setempat.
2. Walikota Chonju Bapak Kim Wan Ju menghadiri acara itu dan ikut dalam diskusi tentang vegetarisme.

 

Silakan mengunjungi URL berikut untuk menikmati kaset video spektakuler, yang dibuat secara khusus oleh rekan sepelatihan Korea, menampilkan hidangan vegetarian:

http:// www.godsdirectcontact.or.kr/vege/vegevideo.htm  (bahasa Korea)

 


Keluarga Quan Yin

Kemuliaan Cinta Kasih yang Utama

Oleh saudari inisiat Jian, Keelung, Formosa

Di bulan Juni 2001 saya pergi berlibur ke Thailand. Sebelum meninggalkan rumah, saya pilih dua buah perhiasan surgawi untuk dikenakan selama perjalanan: cincin “Mama” dan sebuah gelang yang disebut “Kemuliaan Utama dari Cinta Kasih”. Karena berharap bisa mampir ke Center Bangkok, saya juga membawa serta kartu inisiasi. Selama perjalanan, saya dapat merasakan berkah Guru melalui tiga harta ini, dan itu sungguhlah mengagumkan!

Masih dini hari ketika saya tiba di Bangkok, saya segera menelepon teman inisiasi setempat, saudari Lin. Meskipun kami belum pernah bertemu, suaranya di telepon terdengar sangat hangat dan ramah. Ketika kami kemudian bertemu di hotel saya, hal pertama yang saudari Lin beritahukan adalah, walau terdapat banyak orang di lobi hotel waktu ia datang, ia dapat mengenali dengan segera bahwa saya adalah seorang rekan inisiat. Begitu melihatnya, saya dipenuhi kebahagiaan batin, dan saya beritahu dia mengenai keinginan saya untuk mengunjungi center lokal. Kemudian ia melihat rencana perjalanan saya, dan berkata bahwa pada saat kelompok tur pergi ke Sungai Chao Phraya pada hari keempat perjalanan tur saya, ia akan datang menjemput dan membawa saya makan malam, dan kemudian kita dapat bergabung dengan meditasi kelompok. Saya sungguh senang!

Ada lebih dari empat puluh peserta dalam kelompok tur saya ke Thailand, tetapi saya adalah satu-satunya yang bervegetarian murni. Pimpinan kelompok orang Formosa mengatakan pada saya bahwa tidaklah mudah untuk mendapatkan makanan vegetarian di Thailand. Namun, selama perjalanan lima-hari itu, saya dijaga dengan baik oleh Guru. Pimpinan kelompok lokal dan pembimbing tur, setelah tahu bahwa saya adalah vegetarian, menunjukkan rasa hormat yang tidak biasa, dan secara khusus memesan makanan vegetarian untuk saya nikmati. Sepanjang tur, saya disajikan masakan gaya Cina, Jepang, dan Thailand, dan saya sungguh bersyukur.

Pada hari keempat, saudari Lin dan dua rekan inisiat lainnya mengajak saya makan malam di sebuah restoran vegetarian, dimana santapan Jepangnya yang eksotik sangatlah unik. Walaupun ada halangan bahasa antara dua rekan inisiat Thailand dan saya, terima kasih atas terjemahan saudari Lin, kami merasa nyaman laiknya anggota keluarga. Usai makan malam, saudari Lin mengajak saya mengikuti sesi meditasi kelompok di Center Bangkok. Lantai dasar dari Center adalah sebuah sanggar seni yang menampilkan kreasi-kreasi Guru. Suasana sekeliling yang anggun dan agung membuat orang serasa di Surga. Menurut saudari Lin, center terbuka bagi rekan inisiat untuk bermeditasi setiap sore. Saya sungguh terkesan. Tak diragukan lagi bahwa inilah tempat yang suci.

Selama liburan saya di Thailand, sewaktu mengenakan gelang dan cincin Mama, saya rasakan cinta suci Beliau yang agung, yang membuat saya bahagia dan puas di dalam batin. Betapa menakjubkannya Guru memberkahi makhluk hidup melalui Perhiasan Surgawi! Semoga saja, lebih banyak orang yang berjodoh akan datang untuk menikmati bersama-sama kasih-Nya yang tak terhingga.

 

Menyatu dengan Guru

Oleh saudara inisiat Vincent Nguyen, Virginia, AS (Asal dalam bahasa Inggris dan Aulac)

Suatu hari, saudaraku memanggil dan berkata bahwa kawannya, yang merupakan pimpinan penyunting dari acara radio RFA (Radio Asia Bebas) di Washington, D.C., sedang pergi mengundang beberapa pendeta Buddha dari Perancis kerumahnya untuk suatu wawancara, setelah para pendeta tersebut menghadiri Pertemuan Hak-hak Asasi di Kongres AS di Washington, D.C. Ia perlu menyiapkan suatu jamuan vegetarian bagi para tamu dan ingin meminta istri saya membantu memasakkan beberapa hidangan baginya.

Merasa bahwa ini merupakan kewajibannya, istriku menyiapkan beberapa macam hidangan dan mengantarkan kerumahnya. Para tamu mendapat hidangan yang baik, dan mengungkapkan pujian tinggi atas makanan vegetarian yang lezat. Orang itu sangat terkesan dengan bantuan istriku, dan belakangan berkata pada saudaraku, “Saya telah bertemu dengan sejumlah murid Maha Guru Ching Hai, dan semuanya sangat baik!”

Saya selalu percaya bahwa selain meditasi harian dan menjaga sila, apa pun yang saya lakukan merupakan urusan saya sendiri. Tetapi dari pengalaman kecil ini, saya sadari bahwa meskipun kita para murid punya hak untuk “melakukan urusan kita sendiri”, orang lain masih melihat kita sebagai perwakilan Maha Guru Ching Hai, dan menilai Guru melalui perbuatan kita. Setelah inisiasi, kita menjadi satu dengan Guru, dan apa pun yang kita lakukan, baik maupun buruk, akan mempengaruhi dan mencerminkan Beliau. Orang-orang sekeliling kita akan terpengaruh oleh ajaran-ajaran Guru – konsep Kebenaran, Kebajikan dan Keindahan – yang kita latih dalam hidup keseharian kita, dan kita sendiri akan terangkat tanpa sadar pada waktu yang sama.


Puisi

Dari Lubuk Hatiku

Oleh saudara inisiat Tony,
California, AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Kaulah dasar kepercayaanku,
Bintang utaraku yang bersinar,
Membimbing jiwaku yang letih,
Melalui lembah Bayangan Maut,
Berulang dan berulang kembali, dibayar oleh
Keringat, darah dan airmata-Mu yang berharga.
Aku hampir saja di sana, dan bisa mencicipi Cahaya-Mu yang murni.
Samar-samar dapat kudengar suara surgawi-Mu,
Dan hampir di sana bersama-Mu,
Bunda surgawiku.
Aku selalu dan selamanya milik-Mu,
Kasih sejatiku nan lama hilang.

 

Selingan Rohani

Semua dalam Satu

Oleh saudara inisiat Wong Xue-wei, Michigan, AS

Biasanya saya merupakan orang yang tak punya perasaan pada binatang, dan bila melihat kutu apa saja di rumah, saya selalu dengan kasar menyerok mereka ke dalam keranjang kecil dan membuangnya ke halaman rumput diluar, seraya memuji diri sendiri bahwa saya sangat murah hati pada makhluk-makhluk ini.

Di bulan Desember 2001, saya pergi ke Center Florida dan ikut serta dalam retret Natal 4-Hari, dimana saya lihat Guru menunjukkan kesabaran, perhatian dan kelembutan yang tiada tara pada hewan-hewan piaraan-Nya. Sebaliknya, saya tidak menemukan satu sel pun pada diriku yang membawa rasa penyatuan dengan makhluk hidup lainnya. Berhadapan dengan segala burung dan anjing ini, saya hanya merasa mengunjungi kebun binatang.

Pada salah satu hari usai retret, Guru memanggil hampir semua burung-Nya ke panggung. Satu-satunya hal yang menarik perhatianku terhadap mereka adalah bulu-bulu mereka yang beraneka warna. Kemudian, Guru bertanya, “Siapa yang ingin memegang nuri?” dan dengan segera sampai di pikiranku bahwa apa pun yang Guru tawarkan pastilah penuh berkah. Lalu saya pun cepat-cepat maju kedepan dan membiarkan seekor nuri putih-salju bertengger di tanganku. Meski saya sesungguhnya tidak menyukainya, waktu merasakan gerakan burung itu, saya dengan spontan berkata padanya, “Kami semua mengasihimu!” Mendengar ini, burung nuri itu memalingkan kepalanya kebelakang perlahan-lahan, dengan rupa seakan tergerak oleh pernyataan perhatianku.

Sejak kembali dari retret Florida itu, saya perhatikan perbedaan yang jelas pada diriku ketika mengamati makhluk-makhluk kecil di sekitarku. Sambil memindahkan mereka keluar rumah, gerakanku jadi makin lembut, seakan saya mengantarkan seorang kawan pulang. Disinari oleh pengalamanku sewaktu retret itu, saya sadari bahwa Guru sesungguhnya mengadopsi makhluk-makhluk kecil bukan saja untuk menolong makhluk hidup, tapi juga untuk mengangkat kita secara rohani dan memimpin kita kembali pada suatu kesadaran akan kesatuan segala makhluk.

 

Untuk Menyenangkan Mata Orang

Oleh saudara inisiat Low Chip Khoon, Singapura (Asal dalam bahasa Inggris dan Cina)

Sebagai seorang yang tak begitu perhatian pada pakaian, saya tidak begitu memahami pernyataan Guru bahwa Ia mengenakan pakaian bagus untuk “menyenangkan mata orang”. (di antara alasan-alasan lainnya) Kemudian suatu peristiwa terjadi yang menjelaskan pernyataan ini dan menambah pemahamanku.

Di bulan November 2001, suatu Fungsi Keselamatan dilakukan di perusahaan saya. Departemenku telah mengundang tamu untuk menghadiri peristiwa ini, dan saya ditunjuk sebagai pembawa acara. Sepanjang rapat sebelum Fungsi tersebut, pengurus acara berulang kali mengingatkan para peserta (para teknisi yang biasanya memakai seragam kerja biru tua sehari-harinya) agar berpakaian bagus untuk acara percakapan mereka.

Pada hari berlangsungnya Fungsi tersebut, saya memakai pakaian terbaikku dan pergi kerja. Waktu memasuki kantorku, rekan-rekanku tercengang dan memberitahuku, “Kau kelihatan cakap sekali berpakaian begini; harusnya kau berpakaian begini terus sewaktu bekerja!”

“Mau ke acara pernikahan?” ada yang bercanda. Si “bebek jelek” dalam sesaat berubah jadi angsa!

Waktu sampai di aula dimana Fungsi itu dilakukan, saya perhatikan bahwa semua orang juga memakai pakaian terbaik mereka. Suasana riang gembira memenuhi ruang. Topik keamanan dibawakan dalam cara yang hidup, pemutaran slide merupakan pesta warna-warni bagi mata, acara kuis dan permainan berjalan baik, dan para peserta menikmati keseluruhannya. Acara berubah jadi salah satu Fungsi Keselamatan yang terbaik antara semua departemen di perusahaan saya! Pakaian sesungguhnyalah membuat suatu perbedaan!

Jadi, melalui pengalaman ini, saya memahami komentar Guru bahwa Beliau berpakaian bagus untuk menciptakan suatu suasana riang yang santai untuk “menyenangkan mata hadirin”. Saya juga menemukan bahwa ketika memakai pakaian yang baik, orang cenderung lebih bersih dan sopan dalam tindak-tanduk serta pikirannya. Maka, dimasa mendatang, saya akan berusaha memakai pakaian yang baik lebih sering untuk “menyenangkan mata rekan-rekan saya”.

 


Guru Bercerita

Melaksanakan Kehidupan yang Seimbang adalah Tao

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 19 Oktober 1990
(Asal dalam bahasa Cina)

Kalian seharusnya melakukan latihan rohani dengan cara yang moderat. Boleh saja menjadi orang Suci besok, jadi mengapa harus buru-buru melakukannya hari ini? Kalian sudah menunggu selama banyak kali kehidupan, jadi apa susahnya menunggu hanya beberapa hari saja lagi? Semakin kalian cemaskan, semakin mengganggu kalian sendiri.

Di masa lampau, ada seorang yang ikut berlatih pada seorang Guru Sejati. Suatu hari, dia bertanya pada Gurunya, “Guru, berapa banyak orang setulus saya yang bisa Guru temukan di dunia ini?” Gurunya menjawab, “Semesta alam ini penuh dengan murid-murid seperti kau”. (Guru dan semuanya tertawa) Masih merasa skeptis, si-murid bertanya lagi, “Guru, saya sungguh tulus. Kalau saya siap meninggalkan segalanya, termasuk orang tua saya, istri, anak-anak, relasi, dan kawan-kawan, lalu berapa tahun latihan yang saya butuhkan untuk mencapai tingkat orang Suci?” Gurunya memberitahu, “Kalau kau giat, kau bisa memperolehnya dalam lima hingga lima belas tahun”. Si-murid bertanya lebih jauh, “Ini terlalu lambat. Kalau saya menghindari makan dan minum, dan bahkan tidak tidur, dan hanya bermeditasi dengan bersilang kaki selama dua puluh empat jam sehari, kapan kira-kira saya bisa menjadi orang Suci?” Gurunya berkata, “Dengan cara demikian, mungkin akan dibutuhkan tiga puluh hingga lima puluh tahun bagimu untuk menjadi orang Suci”. (Guru dan semuanya tertawa) Tahukan kalian sebabnya? Dia menjadi terlalu cemas. Siapa sangkanya dia itu? Siapa peduli apakah dia jadi orang Suci atau tidak? Siapa sih yang butuh orang semacam dia?

Buddha Shakyamuni sangatlah luar biasa, dan India merupakan tanah suci. Banyak sekali orang yang vegetarian, dan tahu bahwa mereka harus menjalani latihan rohani. Namun demikian, Ia menyelamatkan tidak lebih dari beberapa puluh ribu orang saja. Malahan setelah wafat-Nya, tetap saja ada orang yang memburukkan-Nya. Aliran-aliran keagamaan lain berkata bahwa Ia seorang yang sesat, seorang praktisi iblis, dan setan! Sama halnya, orang juga memfitnah Yesus Kristus. Kedua Mereka itu masih diburuk-burukkan orang hingga kini. Itu karena Mereka telah ditakdirkan sebelumnya untuk menjadi Guru-Guru Sejati, dan diperintahkan Tuhan untuk meyelamatkan orang, jadi Mereka tak ada pilihan lain selain datang untuk menyelamatkan makhluk hidup. Ketika orang-orang yang tulus memohon Mereka untuk memberikan Kebenaran, Mereka tak sampai hati menolak, karena Mereka tidak ingin menghancurkan hati mereka. Karena itu, tak ada hebatnya menjadi orang Suci; secara bertahap, semua orang akan menjadi orang Suci.

Buddha Shakyamuni pernah punya seorang murid yang tidak tidur di malam hari. Rupanya ia bermeditasi di siang hari dan melafalkan sutra di malam hari, hingga kemudian matanya hampir menjadi buta. Buddha Shakyamuni berkata padanya, “Caramu berlatih akan segera menjadikan kau Maya dan bukannya orang Suci. Waktu kau mainkan sitar, dan senarnya direntang terlalu kencang, bisakah mereka mengeluarkan bunyi?” Si murid menjawab, “Tidak!” “Dan kalau senarnya terlalu kendur, akankah suara keluar?” Jawabnya, “Tidak, tidak”. Maka Shakyamuni berkata, “Jalan terbaik adalah jalan tengah”.

Karena itu, kehidupan seimbang adalah Tao; pikiran biasa adalah Tao. Kita seharusnya tidak merindukan apa pun juga. Rindu untuk menjadi orang suci secepatnya juga merupakan ketamakan. Kita harusnya bersikap moderat dalam hal apa pun yang kita lakukan. Bagaimana bisa kalian menuntut seorang bayi yang baru lahir untuk mengendarai sepeda? Kalian boleh jadi cemas melihat dia tumbuh dan menjadi orang yang mampu, tapi kalian tak boleh memaksanya. Dia takkan bisa berjalan dengan mantap, jadi bagaimana bisa kalian memintanya berlari? Meskipun andaikata dia memaksa dirinya berlari, dia akan segera terjatuh. Ketika seorang anak kecil yang belajar melangkah mencoba berlari, tidakkah ia jatuh hanya dalam beberapa langkah saja? Sebagai hasilnya, hidungnya akan berdarah dan melukai badannya, semua akibat ia terlalu ingin.

Kita harus pertama kali menjaga pikiran kita. Periksa apakah kita punya tidak gagasan yang murni dan mulia, bahwa kita sudah mengendalikan ketamakan, kemurkaan dan nafsu kita, bahwa kita mencintai dan cukup bersabar terhadap orang lain, bahwa kita murah hati, pengertian dan cukup baik untuk mentolerir kesalahan orang lain. Kalau kita sudah memperoleh semua ini, masih belum terlambat untuk menjadi seorang Guru Sejati atau orang Suci. Sebelum kita mencapai kesempurnaan, siapa yang bisa memetik manfaat dari keberadaan kita menjadi seorang Guru Sejati? Kita belum lagi menghapus rasa bersalah kita, atau membersihkan prasangka dan ketidaktahuan kita. Masih menjadi orang yang berpikiran amat sempit, kita tidak bisa mentolerir banyak orang. Kasih kita masih sangat tidak berarti untuk mencintai banyak orang. Lalu apa guna buru-buru menjadi Guru Sejati? Walaupun semua Guru dan para Suci menumpahkan segala kekuatan Mereka kepada orang berpikiran sempit, mengganggu dan tak pengertian semacam itu, apa gunanya?

Diberi kekuatan tanpa kasih, orang akan menjadi Maya. Tak ada perbedaan yang tegas antara Maya dan orang Suci. Keduanya punya kekuatan yang sama, tapi orang Suci punya Cinta, Maya tidak. Maya amat mementingkan diri sendiri, menuntut segalanya dan mengambil segalanya. Dia hanya mengkritik dan tak pernah mengampuni. Orang Suci bukan saja mengkritik, tapi Ia juga mengampuni. Ia mengkritik kalau saatnya tepat untuk melakukannya, untuk membantu orang maju, dan membiarkan mereka menyadari kekurangan mereka sendiri. Kalau tiba saatnya mengampuni, Ia akan mengampuni, memberi orang semangat untuk hidup, tanpa terbebani rasa berat kesalahan.

Untuk benar-benar menjadi orang Suci, kita harus menjadi sempurna dalam segala aspek, bukan hanya aspek tertentu saja. Kalau kita hanya murah hati, tapi tak pernah mengkritik, maka itu juga tidak benar! Misalnya, pada waktu kalian harusnya mengkritik dan mengajari orang, kalian malah memujinya, maka kalian hanyalah mencemari dan merusak kemampuan penilaian mereka dalam latihan rohani. Itu sebab saya katakan, “Orang haruslah seimbang dalam Yin dan Yang untuk menjadi orang Suci”. Kita haruslah menembus segala aspek dunia ini. Hidup di dunia ini, kita masih perlu makan, tidur dan berinteraksi dengan orang; karena itu, kita haruslah normal. Bila mana tingkat dalaman atau rohani kita maju, kita harus menyimpannya bagi diri kita sendiri, dan menjaga untuk tidak menonjolkannya melalui kelakuan luaran kita.

 


Keajaiban Guru

Ceramah oleh Pengejawantahan Guru

Oleh saudara inisiat Dai, Cina Daratan

Bulan Oktober silam, kakak perempuanku kehilangan anak kunci dari kunci pengaman ganda rumah kami, dan saya tidak mengganti kunci tersebut dengan segera. Suatu hari, ketika suamiku dan aku pergi bekerja, ayah mertuaku sendirian di rumah dan waktu melangkah ke luar dari ruang meditasi mendapati bahwa video di ruang makan sedang memainkan salah satu video ceramah Guru. Pikirnya kami pergi kerja dan lupa mematikan video itu. Ia pun lalu duduk di sofa dan menonton video tersebut. (Tetapi, sesungguhnya tak ada kaset video dalam pemutar video tersebut di saat itu).

Beberapa menit kemudian, empat orang asing dengan kunci tersebut memasuki rumah kami dan berjalan menuju ruang makan. Yang satu kira-kira 40 tahunan dan penuh cambang, dan lainnya sekitar 20 tahunan. Ayah mertuaku memberitahu mereka, “Hei, pergi, aku tidak kenal kalian!” Tapi mereka tidak mendengarkan dan malahan duduk di sofa dan menonton video bersama dengan ayah mertuaku, seolah-olah mereka adalah teman-teman yang diundang. Kira-kira sejam kemudian, ketika badan jelmaan Guru selesai berceramah, TV pun mati secara otomatis. Ayah mertuaku mendesak orang-orang asing itu untuk pergi dan berkata, “Guru sudah menyelesaikan ceramah-Nya dan sudah waktunya kalian pergi.” Tapi mereka tidak peduli. Ayah mertuaku lalu mengeluarkan salah satu buku Guru dan mulai membaca. Sementara itu, orang-orang asing itu pergi tanpa disadarinya.

Waktu pulang siangnya, saya dapatkan bahwa kunci pengaman, yang saya ingat dengan jelas sudah terkunci, kini terbuka. Saya tanyakan ayah mertuaku mengenai hal itu dan menyadari bahwa badan jelmaan Guru telah menolong kami terhindar dari bencana. Beliau tidak saja melindungi kehidupan dan harta kami, tapi juga memanfaatkan kesempatan itu untuk mengajar dan menyelamatkan jiwa para penyusup itu. Guru pernah berkata, “Hanya dengan berlindung kepada ‘Tao’ kau bisa aman, dan tak ada tempat yang lebih aman”. Pengalaman yang ajaib ini sekali lagi membuktikan kata-kata Guru.

Terima kasih pada Guru atas perhatian-Nya yang menyeluruh. Anggota keluarga kami, semuanya teman sepelatihan, dengan tulus berharap bahwa orang-orang di seluruh dunia akan menggunakan kesempatan yang berharga ini dan mengikuti Guru untuk berlatih rohani untuk berlindung kepada “Tao” dan mendapatkan kebebasan abadi pada kehidupan sekarang.


Laporan Utama

Tumbuh Kembangkan Pernikahan yang Bahagia

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Phnom Penh, Kamboja, 23 Juli 1996 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 563

Umumnya, orang mengatakan bahwa istri tetangga selalu kelihatan lebih baik. Tetapi menurut saya tidak begitu. Laporan mengatakan bahwa 90% pria ingin menikahi wanita yang sama kembali, jikalau mungkin. Jadi jangan cari perkara, kemudian menyesal dan menjadi salah satu dari yang 90% itu. Itu sebabnya mengapa sejak dulu sampai sekarang semua Guru menyarankan untuk percaya dan setia kepada satu pasangan. Karena mereka tahu nantinya Anda akan merasa menyesal.

Perlu waktu yang lama untuk berhubungan baik dengan seseorang, seorang yang asing. Apakah ia seorang wanita atau pria yang Anda kasihi, ia merupakan seorang yang asing bagi Anda. Anda belum pernah mengenal mereka sebelumnya. Bahkan jika Anda mengenal mereka sebagai teman sekolah atau semacamnya, tetap ada sesuatu di dalam yang tidak Anda ketahui sampai kalian benar-benar hidup bersama.

Karena ketika Anda berkencan, sebagai pacar atau tunangan, Anda berbagi kegembiraan yang sama tetapi Anda tidak khawatir akan masalah yang sama. Anda berpisah, Anda pulang ke rumah, dan masing-masing khawatir akan masalahnya sendiri dan mengurusi tanggung jawabnya sendiri. Anda hanya berbagi kegembiraan sewaktu bersama. Jadi itu suatu hal yang berbeda, lebih memberi semangat. Dan bahkan jika Anda bertengkar sedikit, karena jarak dan kebutuhan atau kebiasaan untuk bersama-sama, kalian rukun kembali dan memaafkan dengan segera. Tetapi sekali kalian hidup bersama, kalian harus berbagi tanggung jawab yang sama dan keresahan yang sama; lalu segalanya pun berbeda. Butuh waktu lama untuk mematangkan hubungan kasih ini, untuk belajar kebiasaan masing-masing dan aspek terdalam dari bagian dalam orang lain.

Ini muncul seiring dengan waktu. Anda menjadi terbiasa pada kekurangan dan ke"lebih"an serta ke"terlambat"an atau ke"pagi"an pulang ke rumah, dan hal-hal semacam itu. Tetapi butuh waktu yang lama untuk menjadi terbiasa akan hal tersebut. Dan sekali kalian menciptakan hubungan baik satu sama lain dan telah menguasai perbedaan-perbedaan serta telah cocok, maka itu menjadi seperti ciptaan Anda sendiri. Hubungan Anda adalah ciptaan Anda, sehingga Anda merasa baik. Sepertinya Anda telah membangun rumah bagi Anda sendiri. Bahkan kalau pun tidak sebagus rumah tetangga, atau tampak berbeda atau orang tidak begitu suka, itu adalah rumah Anda sendiri. Dan waktu menciptakannya dengan tangan Anda sendiri, Anda mencintainya. Anda merasa bahwa Anda merupakan bagian darinya. Jadi itu sebabnya ketika Anda bercerai dengan istri atau suami yang sudah lama bersama, Anda akan merasa sangat sedih. Dan jika harus memulai hubungan kembali dengan orang lain, butuh sedikitnya sepuluh tahun lagi.

Baiklah, saya masih berusaha keras dengan semua "istri dan suami" saya di sini di Center. Saya masih belum mengenal mereka. Saya selalu saja heran; mereka selalu memberi saya kejutan-kejutan besar. Saya tak pernah mengatakan kalau saya telah mengenal mereka semua luar-dalam. Saya tahu beberapa bagian dari mereka tetapi saya tidak mengenal mereka semua - kepribadian mereka, bukannya kualitas Tuhan yang di dalam. Juga, saya punya pembantu-pembantu tetapi terkadang ketika saya mengganti seorang, walaupun ia merupakan yang terburuk, saya merasa sangat sedih. Saya harus mengajari mereka semua lagi dan itu sangat, sangat melelahkan. Dan tidak peduli seberapa buruk pembantu terakhir itu, ia memiliki beberapa hal yang baik juga. Saya telah menjadi terbiasa dengan hal buruk dan baik darinya; saya telah tahu bagaimana mengatasi yang buruk dan menerima yang baik. Dan sekarang kekurangan dan kebiasaan buruk yang baru pun datang, dan saya harus berhubungan dengan segalanya yang baru lagi. Itu menyenangkan tetapi melelahkan juga.

Hal itu sama dengan istri dan suami. Karena ketika mereka bersatu untuk pertama kali, mereka berjanji untuk terus bersama dan dengan tulus ingin membangun sebuah sarang bersama. Mereka akan memberikan seluruh hati dan pikiran mereka untuk membangun hubungan dan rumah tersebut. Mereka sangat tulus. Dan sekarang, mereka bagaikan bagian yang lain. Sungguh, itulah sebabnya mengapa kita sebut mereka 'pasangan' atau 'bagian yang lain' atau 'bagian yang lebih baik'. Jadi setelah mereka berpisah, laiknya mereka terbelah dua; mereka terbelah jadi lima puluh persen. Dan biasanya mereka merasa kehilangan sesuatu. Untuk membangun sebuah rumah dengan pasangan lainnya tidaklah akan sama; untuk membangun hubungan yang lain tidaklah akan serupa.

Setiap manusia memiliki hal yang baik dan hal yang buruk; akan ada sesuatu yang hilang pada setiap dan semua orang yang Anda temui. Jadi terkadang Anda memimpikan bahwa orang berikutnya lebih baik, atau bagian yang lain, atau istri tetangga lebih baik, tetapi sebenarnya tidaklah begitu. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pria berkehendak menikahi lagi wanita yang sama, yang membuktikan bahwa agama, Kitab Suci dan perintah Tuhan adalah sama sekali benar. Karena bagaimanapun juga setiap orang adalah Tuhan; apakah ia Tuhan wanita yang ini ataupun Tuhan wanita yang itu, ia masih tetaplah Tuhan. Jadi kita sebaiknya membiasakan diri dengan satu Tuhan. Setiap orang memiliki sifat yang berlainan untuk membuat mereka sedikit berbeda. Jadi, kalau akhir-akhir ini hubungan Anda menjadi kecut; atau jika sesuatu tidak berjalan baik dalam keluarga, Anda harus pikirkan kembali apakah Anda sungguh ingin meninggalkan wanita ini atau pria ini, atau jika Anda telah membuat suatu kesalahan, dan apa yang akan terjadi jika ia benar-benar pergi. Jadi kalau Anda tidak yakin benar, maka tinggalkan saja rumah selama beberapa hari, pergi retret atau semacamnya.

Orang berkata semakin Anda mirip pasangan Anda, semakin baik hubungan. Itu artinya kalian suka satu sama lain begitu dalamnya hingga secara tidak sadar saling menyerap kualitas masing-masing dan seakan menjadi satu. Bahkan ekspresi kalian berubah. Itu bagaikan anjing dan kucing dan majikan mereka, yang kelihatan persis seperti anjing dan kucing mereka. Karena mereka sangat mencintai anjing dan kucing mereka, mereka meniru ekspresi mereka. Misalnya, mereka seperti menarik hidung mereka untuk membuatnya lebih panjang, seperti seekor gajah, jika mereka mencintai gajah. (Tertawa). Saya telah melihat banyak orang yang menyayangi binatang peliharaan yang kelihatannya persis seperti binatang peliharaan mereka. Kalian tahu kan; kalian telah melihat mereka juga. Waktu orang berjalan di taman dengan binatang peliharaan mereka di belakang, Anda tak dapat mengatakan siapa memiliki siapa! Mereka berdua kelihatan sangat mirip. Dan mereka berdua berhubungan baik, anjing dan majikannya.

Sama halnya dengan hubungan manusia: Semakin mirip kalian, semakin jelas artinya hubungan kalian berjalan baik. Pertama, karena kalian saling menyukai, kalian tampak lebih mirip; karena ekspresi dan pikiran sama, dan demikianlah penampakan luar kalian berubah. Dan itu sebabnya mengapa orang, setelah berlatih Metode Quan Yin, kelihatan lebih indah. Itu alami. Anda ingin menjadi Tuhan, dan Tuhan indah. Dan Anda bergerak menuju kualitas yang lebih mirip-Tuhan, lebih mirip-malaikat. Itu sebabnya, ketika orang melihat kepada Anda, mereka merasa Anda adalah indah, bahkan jika Anda lumpuh, jika Anda buntung atau berkepala botak, atau Anda berjalan bagai seorang bungkuk. Karena kualitas Tuhan di dalam bersinar; ia bersinar dan bersinar dan membuat semua orang merasa seakan Tuhan. Karena Anda kelihatan seperti Tuhan sekarang. Dan Tuhan mencintai Tuhan; yang sejenis menarik yang sejenis.

Jadi, jika suatu pasangan rupanya sangat mirip, mereka akan makin dan makin saling cinta setiap hari. Karena itu, marilah kita terima kenyataan ini: Kita paling mencintai diri kita sendiri. Benar kan? Kita menghabiskan berjam-jam untuk melihat di cermin dan menata sisa rambut kita yang tinggal sedikit, dan mengurusi beberapa helai janggut dan hal-hal semacam itu. Kita mencintai diri kita sendiri, dan itu memanglah benar. Masalah hanya muncul jika kita membenci diri kita sendiri. Itu adalah hal paling berdosa yang bisa kita perbuat. Kita adalah Tuhan. Jika kita tidak dapat mencintai diri kita sendiri, tak ada orang lain yang bisa. Dan jika kita tidak mencintai diri kita sendiri, itu artinya kita tidak mencintai Tuhan. Jika kita tidak dapat mencintai diri kita sendiri, kita tak dapat mencintai siapa pun yang lain. Tak peduli siapa yang mengatakan pada Anda untuk mencintai orang lain sebelum diri Anda sendiri, mencintai tetangga Anda dan hal seperti itu. Cintailah diri Anda dulu dan kemudian tetangga Anda akan menjadi sama.

Jika Anda tidak mencintai diri Anda sendiri, Anda tidak dapat mencintai orang lain dengan cara yang sama. Anda tidak tahu apakah cinta itu. Hanya jika Anda mencintai diri Anda sendiri Anda dapat mengurusi diri Anda sendiri dengan baik. Kemudian Anda juga tahu apa yang orang lain suka - bagaimana rasanya ketika Anda benar-benar mencintai diri Anda dan mengurusi diri Anda, apa yang nyaman untuk Anda. Kemudian Anda tahu bagaimana untuk memberikan hal yang sama kepada orang berikutnya, karena Anda tahu apa yang membuatnya nyaman. Setiap orang menyukai saya, karena saya tahu bagaimana mengurusi diri saya sendiri. Saya tahu apa yang baik untuk saya. Dan saya mencintai diri saya, seperti yang bisa Anda lihat. Jadi ketika saya perhatian pada orang, ia jadi mabuk kepayang. Atau ia terpana, dan jatuh pingsan. Saya tahu persis apa yang ia sukai karena saya tahu persis apa yang saya sukai.

Kalian lihat bahwa apa pun yang saya pakai kalian menyukainya, bukan? Karena saya tahu apa yang harus dipakai untuk membuat diri saya kelihatan baik. Saya mencintai diri saya. Itu bukannya saya memanjakan diri saya; saya kelihatan baik dalam segala hal, dan itu bukan karena harganya mahal dan bukan karena pakaian saya tidak seperti pakaian kalian. Hanya saja saya tahu apa yang sesuai bagi saya. Saya kelihatan baik di hampir segala sesuatu karena saya hanya memilih yang cocok bagi saya. Bukannya saya membeli yang mahal-mahal. Saya mengenakan yang mahal juga, tetapi itu bukanlah berarti bahwa barang mahal yang membuat saya kelihatan baik. apa pun juga membuat saya kelihatan baik. Dan saya kelihatan baik di hampir segala hal karena saya membeli warna yang saya suka. Saya hanya merasa bahwa itu akan baik bagi saya. Itulah sebabnya mengapa ia kelihatan baik. Saya suka membuat diri saya kelihatan baik. Jika saya membelanjakan uang yang sama, mengapa saya harus membeli sesuatu yang membuat saya tampak jelek? Saya harus mengalami masalah yang sama - mencuci dan menyetrika dan butuh waktu untuk mengenakannya dan semua masalah yang sama, jadi mengapa saya harus membayarkan uang untuk membuat diri saya kelihatan lebih jelek? Itulah prinsipnya.

Jadi jika saya tahu bagaimana supaya kelihatan baik dan bagaimana mengurus diri saya sendiri, dan jika saya suatu ketika mengurus orang lain, bilamana perlu, maka orang itu pasti merasa baik. Tak ada pilihan lagi selain merasa baik. Saya tidak melakukan secara berlebihan. Segala sesuatu yang saya lakukan adalah tepat dan cepat. Dan itu kelihatan baik dan sempurna dan terasa baik. Karena saya tahu bagaimana saya suka orang memperlakukan saya. Saya tidak suka apa-apa yang tak masuk akal atau makan banyak waktu, melakukan sesuatu dengan berlebihan dan membuat orang terpana. Langsung sajalah ke permasalahannya.

Jadi jika Anda benar-benar bisa mengurusi diri sendiri dan mencintai diri Anda, tidak seorang pun yang tidak bisa Anda urusi, dan tidak satupun yang tidak merasa nyaman dekat Anda, bahkan jika Anda tidak mengurus mereka. Karena mereka merasa Anda adalah jenis orang yang ingin mereka capai, sangat mudah dan tepat serta sederhana dan tak pernah melakukan kesalahan.

Jadi cintailah diri Anda sendiri; urus diri Anda sendiri. Tetapi jangan membutuhkan banyak waktu. Seseorang mengatakan pada saya, "Anda selalu terlihat bahagia dan puas dengan diri Anda sendiri". Saya katakan, "Ya, saya kelihatan baik, dan saya merasa baik. Saya baik!". Saya hanya merasa percaya diri. Mungkin saya tidak terlihat seperti wanita terbaik di dunia, tetapi saya kelihatan baik. Jadi buat diri Anda sendiri merasa baik. Manjakan diri Anda sewaktu-waktu, bahkan jika Anda sedang sibuk. Dan suatu waktu bersantailah. Karena Anda adalah orang yang paling berharga di planet ini. Setiap orang paling berharga. Anda hanya memiliki diri Anda sendiri yang berharga untuk diurus; orang yang lain juga berharga tetapi itu milik mereka. Jadi harga Anda adalah yang paling bernilai. Jagalah diri Anda sendiri karena Anda adalah Tuhan. Jadilah baik, merasa baik dan jadilah orang mulia. Dan pergilah menuju tujuan Anda yaitu menjadi apa yang Anda inginkan.

 

Pernikahan dan Kerohanian

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret 7-Hari di Hsihu, Miaoli, Formosa, 12-15 Mei 1991 (Asal dalam bahasa Cina)
Kaset Video No.165

Waktu saya bicara pada kalian tentang pernikahan dan cinta, harap jangan mengira bahwa saya mengarah keluar dari tanggung jawab saya. Tidak! Saya melakukan hal itu karena kalian tidak bisa Samadhi dalam meditasi kalian kalau kalian tidak mengalami pernikahan yang bahagia atau hubungan yang baik dengan pasangan kalian. Kalian merasakan kesusahan batin dan gejolak emosi. Pikiran kalian dipenuhi oleh segala hal itu. Kalian bahkan tak bisa melafalkan Nama-nama Suci, jangankan masuk dalam Samadhi! Pada waktu itu pasangan kalian lebih penting daripada Guru. Tapi saya tidak menyalahkan kalian sebab hal-hal serupa itu tidak terhindarkan. Di saat itu, kalian malah tak ingin pergi ke Nirwana. Bahkan kalaupun kalian ingin, kalian takkan bisa karena kalian tidak bahagia. Saya sudah melalui semua hal ini sebelumnya, jadi kini saya bisa menjadi guru kalian. Situasi semacam itu memang sukar dihindari dan dikontrol.

Tentu saja, bilamana kita maju secara rohani, kita tahu bagaimana mengatasi hubungan-hubungan pernikahan cinta kita. Tetapi, ada beberapa teman sepelatihan yang merasa tertekan secara emosi dan sengsara di dalam. Karenanya, saya harus berbicara pada kalian mengenai persoalan-persoalan duniawi sebab itu semua berhubungan dengan latihan rohani. Waktu kalian bahagia, kalian ada di Nirwana. Tak jadi soal siapa pun yang datang kepada kalian, kalian merasa bahagia, dan kalian bisa mengasihi siapa saja atau mengampuni siapa pun atau memberi apa saja pada siapa pun. Tapi saat tidak bahagia, kalian tak ingin melakukan apa pun atau mengambil tanggung jawab apa pun. Kalian tidak bisa, meskipun kalian ingin, karena kalian tak punya inspirasi untuk melakukannya. Di kala itu, kalian lelah akan segalanya dan ingin melupakan keseluruhan dunia. Itu sebab ada pepatah mengatakan, “Dharma ada di persoalan dunia”. Benar begitu? (Hadirin: Ya) Itu dia. Kalian semua sudah mengalaminya.

Karena itu saya sering mengatakan bahwa kalau kalian ingin berhasil dengan lancar sepanjang jalan kerohanian, kalian harus melindungi emosi kalian dan pernikahan kalian. Kalian yang masih lajang harus memelihara hubungan dengan kekasih kalian juga, kalau kalian memang benar saling mencintai. Akan terlambat kalau kalian coba membuat perubahan setelah bubaran. Masa-masa indah tidaklah berlangsung selamanya. Tidak selalu kalian temukan orang yang sungguh kalian cintai dan ingin berbagi kehidupan dengannya. Jadi berhati-hatilah waktu kalian menemukannya.

Jangan kira bahwa itu suatu hal biasa atau persoalan duniawi. Tidak! Tidak! Orang acap kali merasa kesepian tanpa adanya kawan. Ada yang bisa menanggungnya, tapi kebanyakan tidak bisa. Jadi, hati-hatilah menjaganya kalau kalian masih membutuhkannya.

Bahkan mutiara kecil pun terlindung dan dijaga bagaikan harta karun, apalagi cinta! Ia bisa sangat membantu kalian. Meskipun kalian sebaiknya tidak terikat padanya, kalian tidak bisa mengabaikannya. Mobil barangkali bukannya seseorang seperti kalian, atau sebagian dari kalian, tapi kalian masih memerlukannya untuk datang ke Hsihu. Akan sangat tidak nyaman dan buang waktu untuk datang berjalan kaki. Kalian tidak mengatakan, “Saya datang ke Hsihu untuk berlatih rohani dan mencapai pencerahan. Mengapa saya perlu mobil? Itu hanyalah kendaraan fisik saja. Tinggalkan saja di pinggir jalan!” Kalian tidak bisa begitu. Itu akan mengurangi waktu dan membawa kalian kepada saya lebih cepat. Kalian bisa menghemat banyak waktu untuk meditasi. Tentu saja, kalian bisa datang dengan berjalan kaki, tapi akan berbulan-bulan, dan mungkin saya sudah pergi pada saat kalian tiba.

 

Cara Mendamaikan Konflik Pernikahan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Malaysia, 25 Februari 1992
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 219

Sementara orang menjadi bijaksana karena telah mengalami kesulitan-kesulitan pernikahan di masa lalu. Jadi kini mereka menghindari pernikahan, dan mungkin menjadi biarawan karena hal itu. Mereka mungkin telah mendapat cukup pengalaman dalam pernikahan, dan tidak memerlukan lagi pengalaman belajar atau percobaan seperti itu. Jadi mereka tidak menikah dalam kehidupan sekarang ini. Mereka merasa puas sendirian.

Tetapi jika Anda sudah menikah, berusahalah untuk tetap dengan satu pasangan. Tidak masalah betapa sukarnya hal itu. Sebagai contoh, saya dengar bahwa Tolstoy punya istri yang sangat sulit. Dan suatu hari ketika dia sedang berbicara dengan temannya, istrinya memperlakukannya secara menakutkan. Dia menjelek-jelekkan suaminya dan membuatnya merasa dipermalukan di depan teman-temannya.

Maka temannya berkata, “Kau lebih besar dari dia. Dia hanyalah masalah kecil. Mengapa tidak kau tunjukkan pada hantu itu kekuatanmu dan membereskannya! Bagaimana kau bisa bersabar dengan semua ini?” Tolstoy berkata, “Sttt! Jangan bicara keras-keras. Aku telah mencoba begitu sebelumnya, di kehidupan yang lampau. Itu sebabnya kudapatkan ‘penghasilan ganda’ sekarang! Lebih baik tidak kulakukan lagi, jika tidak, aku akan mendapat penghasilan tiga-lipat di kehidupan yang akan datang.” Katanya, “Aku harus bersabar. Sebab jika kulakukan lagi, aku takkan pernah bisa lepas”. Dia tahu bahwa itu akan menjadi penghasilan tiga-lipat dan lebih, setiap kali. Karena itu dia mencoba bersabar dengannya.

Jika kau punya pasangan yang katakanlah menakutkan dan bagaimanapun juga kau rasa membutuhkannya, maka itu adalah hubungan kehidupan masa lampau satu sama lain. Kau harus membayarnya. Jadi usahakan untuk menanggungnya dan melakukan apa saja yang kau bisa, dengan segala upayamu, untuk memuaskan orang itu agar melunasi hutang secepatnya. Cara terbaik untuk menyingkirkan musuh adalah dengan menjadikannya kawan. Cara terbaik untuk menyingkirkan seorang istri atau suami yang menakutkan adalah dengan menyenangkannya, memenuhi segala keinginannya. Dan lalu ia akan menjadi temanmu.

 

Penuhi Kewajibanmu Sebagai Pasangan Pernikahan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Hsihu, Formosa, 21 Januari 1996
(Asal dalam bahasa Cina)
Kaset Video No. 523

Walaupun saya mengajari kalian hal-hal tentang keterampilan kosmetik dan kebajikan untuk mengingatkan supaya kalian melakukan yang terbaik untuk menjaga diri dan mengungkapkan aspek estetika kalian, ini tidak bisa menjamin bahwa pernikahan kalian pasti akan bahagia dan memuaskan. Ini karena karma terkadang bisa menciptakan situasi yang berbeda dari harapan kita. Oleh karenanya, jika kita telah berusaha sebaik-baiknya, dan pernikahan kita tetap tak berhasil, kita harus bersyukur pada Tuhan karena telah membebaskan kita. Tak ada yang patut dikeluhkan.

Jika kita tidak memenuhi kewajiban kita dalam suatu pernikahan, dalam kasus dimana pernikahan itu gagal, kita akan merasa tak enak di hati. Kita akan berpikir bahwa mungkin itu adalah kesalahan kita, mungkin kita belum cukup berusaha, masakan kita tak enak, atau kita tidak mempercantik diri kita sendiri untuk menyenangkan mata suami kita. Itu sebabnya kita harus melakukan segala sesuatunya sebaik mungkin. Akan tetapi, itu tidak berarti bahwa setelah kita melakukan semuanya dengan baik, suami kita pasti tidak akan meninggalkan kita. Tak seorang pun dapat menjamin hal seperti ini.

Begitu juga, jika seorang suami sempurna semuanya dan juga sangat lembut, itu tidak berarti bahwa istrinya pasti tidak akan meninggalkan dia. Sebab musabab dan rintangan karma dalam dunia ini sangatlah sukar untuk ditentukan. Oleh karenanya, melakukan yang terbaik untuk memenuhi tanggung jawab dan kewajiban kita akan memberikan kita pikiran yang damai. Jika terjadi sesuatu, kesadaran kita tidak akan merasa tidak nyaman. Kita dapat menghadapi kesadaran kita dengan terus terang, karena kita tahu bahwa kita telah memenuhi kewajiban kita, dan telah melakukan segala sesuatu yang seharusnya kita lakukan dengan baik.

Oleh karenanya, tidak berarti bahwa setelah saya mengajarkan kalian keterampilan kosmetik dan kebajikan, pernikahan kalian akan terjamin memuaskan. Tak seorang pun dapat menjamin hal begini. Kebanyakan hal di dunia ini tidaklah kekal. Oleh karenanya, dalam melakukan apa pun, kita hanya melakukan yang terbaik untuk memenuhi kewajiban kita, seperti halnya sewaktu menjaga pernikahan kita. Maka, apa pun yang terjadi, kita tahu bahwa itu telah diatur oleh Tuhan, oleh takdir. Kita tak perlu berharap apa pun lagi, menyalahkan siapa pun, merasa tidak enak atau sedih, atau menjadi terikat kepada apa pun. Di samping itu, jika kita telah melakukan segala sesuatunya dengan baik, bahkan jika pernikahan kita gagal, kita tetap akan menjadi orang yang bahagia. Inilah yang terpenting.

   

Kata-Kata Mutiara

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Kosta Rika, 16 Desember 1990
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 141

 

Pernikahan artinya bermitra dalam upaya meningkatkan kehidupan satu sama lain, mencoba untuk saling mendukung cita-cita, dan mencoba untuk membuat kehidupan kita lebih mulia.

 


Tanya Jawab Pilihan

Menikah ataupun Tidak, Bersikaplah Wajar!

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret 3-hari di Cape Town, Afrika Selatan, 28-30 November 1999 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 673

T: Guru, saya hanya ingin tahu barangkali ada sesuatu yang mencegah orang yang spiritual untuk ambil bagian dalam kehidupan pernikahan karena kebanyakan orang yang spiritual hidup melajang sepanjang saya tahu, seperti pendeta dan lainnya.

G: Oh, jadi pendeta adalah spiritual. Anda yakin begitu?

T: Mereka religius; saya kira begitu.

G: Baiklah. Anda bisa melajang kalau mau, ataupun menikah kalau mau. Tak ada bedanya. Tapi perbedaan ada pada cara kalian menanganinya. Pernikahan bukannya berarti kalian tidak bisa menemukan Tuhan. Kalau begitu, Tuhan tentunya takkan membuat pria dan wanita, tapi Tuhan akan membuat pria sendirian atau wanita sendirian. Oke? Itu yang pertama.

Yang kedua, sebenarnya begitu nikah Anda akan terbiasa pada kehidupan itu, dan Anda malah lebih berkonsentrasi pada kerohanian beberapa waktu kemudian. Sebab Anda tahu seperti apa itu, Anda tidak merindukannya lagi, dan setelah beberapa lama hidup bersama istri Anda kalian pun menjadi teman. Kebanyakan seperti itu. Jadi, lajang atau nikah akhirnya hampir sama saja. Tapi pada kebanyakan orang, ketika menikah, mereka terlalu berkonsentrasi kepada pasangan mereka dan jadinya sukar berkonsentrasi kepada Tuhan. Itu bisa jadi masalah. Tapi, kalau Anda tahu bagaimana menyalurkan energi dari suatu hubungan, itu bahkan akan lebih membantu Anda secara kerohanian, karena Anda bahagia secara fisik dan pikiran Anda juga bahagia. Ketika seseorang mengasihi Anda, Anda bahagia secara jasmani, emosi dan mental. Jadi kehidupan rohani Anda  lebih terpacu. Tuhan tidak menciptakan cinta tanpa maksud. Ia sebagaimana adanya. Cinta fisik ataupun cinta pernikahan merupakan bagian dari kasih Tuhan; merupakan tiruan dari kasih Tuhan. Ia membantu Anda untuk mendapatkan cinta yang lebih agung. Jangan merasa alergi dengan pernikahan. Bersikaplah wajar. Kalau Anda ingin nikah, nikahlah. Kalau ingin melajang, tetaplah melajang.

 

Menyikapi Perselingkuhan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Singapura, 9 Maret 1993 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 328

T: Guru terkasih, bagaimana seorang pria mengatasi ketika pernikahannya tidak bahagia tapi kemudian jatuh cinta pada seorang wanita yang menikah?

G: Anda harus melihat kepada pernikahan Anda sendiri dan periksa apakah sama sekali tak tertolong, dapat diperbaiki atau bisa ditingkatkan. Atau apakah Anda sedang mencari cinta dalam suatu hubungan yang lain hanya demi kesenangan Anda. Karena sudah cukup repot dengan satu pernikahan. Jadi, lebih baik kalau kita bisa memelihara hubungan pernikahan kita. Saya tahu hal itu sulit; segala sesuatunya memang sulit di dunia ini. Tapi bukan berarti itu tidak mungkin.

Bicarakan dengan istri Anda kira-kira dimana letak masalahnya. Tapi tolong jangan ceritakan padanya tentang selingkuh Anda. Kalau Anda bicarakan itu, mungkin takkan ada jalan keluar lagi. Tak mengapa; kalau Anda pikir perselingkuhan itu merupakan suatu kesalahan, Anda boleh mencoba berhenti atau meninggalkannya. Tapi bicarakan dengan istri Anda tentang bagaimana meningkatkan hubungan kalian: dimana kegagalannya, atau dimana kegagalan Anda, dan dimana Anda memerlukan perhatian atau perbaikannya, atau dimana ia memerlukan Anda.

Bicaralah satu sama lain. Belikan hadiah baru baginya; belikan dia baju yang bagus. Hiasi dia dengan barang-barang indah; jadikan dia keindahan Anda. Jadikan dia keindahan dari kehidupan Anda, bukannya menghabiskan waktu dan energi pada wanita milik orang lain. Karena bagaimanapun juga Anda tidak memilikinya. Lebih baik menjaga apa yang Anda miliki, dan bukannya membuang waktu dan energi pada milik orang lain. Tak jadi soal betapa sukanya Anda  pada mobil tetangga, Anda tidak akan pergi dan melaburkan emas padanya. Laburlah mobil Anda sendiri! Peliharalah mobil Anda sendiri, karena Anda mengendarai mobil itu dan Anda memerlukannya setiap hari. Mobil itu perlu bagi Anda. Mobil tetangga bisa Anda kagumi secara diam-diam, tapi jangan melaburkan emas padanya. Jangan melihatnya terlalu banyak dan mengabaikan mobil Anda. Suatu hari mungkin pengendara mobil tetangga memakainya pergi, dan mendadak Anda harus pergi tanpa apa pun. Mobil Anda ada di garasi, rusak, tidak terawat, dan kini Anda dalam kesulitan.

Jadi berusahalah bagi pernikahan Anda, kalau Anda anggap hal itu berharga. Dan lalu juga, pada waktu yang sama, hargai pernikahan orang lain. Sakit rasanya untuk meninggalkan sesuatu yang Anda cintai. Tapi pikirkan juga pria yang lain itu. Jika Anda pada posisi dia, akankah Anda merasa bahagia? Tidakkah Anda lebih suka istri Anda setia dan berbakti pada Anda? Maka jadikanlah istri Anda seorang istri yang baik, dan jadikan diri Anda sendiri seorang suami yang baik. Dan jadikan istri tetangga juga sebagai istri yang baik bagi suaminya. Itu akan menjadi jalan keluar terbaik, kalau Anda tak bisa mendapatkan yang lebih baik lagi.

Terima kasih karena telah mempercayai saya dengan masalah keluarga Anda. Tapi ini juga sangat penting. Kalau hati Anda tidak tenteram, tak peduli berapa banyak istri yang Anda miliki, usaha Anda dan segalanya akan salah. Lebih baik puaslah dengan apa yang Anda miliki, dan menjaga serta memperindahnya. Jadikan ia lebih indah dan lebih cocok bagi selera Anda. Sebagaimana Anda memelihara kebun Anda dan menanam bunga mawar Anda, jadikan apa yang Anda miliki lebih indah bagi diri Anda sendiri.

 

Berusahalah Sebaik-baiknya demi Keutuhan Pernikahan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Universitas California, Irvine, CA, AS 2 Juni 1998 (Asalnya dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 623

T: Apa pendapat Guru mengenai perceraian?

G: Jelek; perceraian merupakan solusi terakhir dari suatu hubungan percintaan. Dan seharusnya jangan sampai terjadi. Tapi amatlah sulit untuk melakukan bersama, mengingat pria dan wanita sangat berbeda. Pria lebih dingin, lebih terus terang, sederhana, dan wanita lebih sentimentil, lebih romantis. Jadi yang keras dan yang cantik tidak bercampur dengan baik, tapi ada banyak cara untuk saling berdamai. Ada penasehat pernikahan, dan buku-buku mengenai hal itu. Dan tentu saja, meditasi, yang akan mendamaikan banyak perbedaan. Anda akan melihat bahwa keduanya akan berubah dan lebih mengasihi, lebih pengertian dan kurang menuntut. Dan itu kalau Anda berdua berada pada tingkat yang kurang lebih sama; jika tidak, masih akan ada konflik. Tetapi Anda masih akan saling mencintai. Anda tidak akan memilih perceraian sebagaimana orang yang tidak berlatih kedamaian batin. Mereka akan lebih menghendaki demikian.

Saya tidak akan menceraikan suami saya kalau saja saya telah tercerahkan pada waktu itu. Saya beritahu Anda, dia pria yang paling baik, dan masih tetap begitu. Tetapi dia sekarang pria terbaik bagi orang lain. Setelah pencerahan, Anda akan belajar untuk lebih menghargai pasangan Anda. Banyak konflik keluarga terhapus setelah inisiasi, kalau suami dan istri bermeditasi bersama. Itu sungguh membantu karena Anda menyadari bahwa kalian berdua adalah Tuhan. Cinta dalam diri kalian akan berkembang, akan membesar untuk mengatasi segala perbedaan antara pria dan wanita. Anda akan belajar untuk saling mencintai, dan malahan saling menghargai sebagai Tuhan. Selain cinta jasmani, ada cinta lainnya, cinta suci yang akan mengikat kalian satu sama lain, menjadikan kalian lebih mengasihi, lebih bertanggung jawab dan lebih sensitif terhadap perasaan dan kebutuhan yang lainnya.


Perjalanan Rohani

Contoh Terbaik dari Kebersamaan – Teladan Guru

Oleh saudari inisiat Ling Gao, Illinois, AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Saya diinisiasi pada tahun 1995 dan tetap sebagai seorang praktisi Quan Yin yang tidak nikah selama 5 tahun. Sepanjang waktu itu, kehidupan saya sangat sederhana, hanya terdiri dari belajar dan berlatih rohani. Selain tugas sekolah, saya membaktikan seluruh waktu luang saya untuk mempelajari ajaran Guru, bermeditasi, ikut serta dalam sesi meditasi kelompok, dan pergi melihat Guru bilamana memungkinkan. Saya merasa saya maju dan berkembang dengan cepat dan merupakan seorang praktisi Quan Yin yang gembira, hidup sendiri, dan tanpa beban. Saya tak pernah berpikir untuk menikah dan sebenarnya tidak berpikir saya akan melakukannya di kemudian hari.

Namun di tahun 2000, pada suatu hari yang tidak terduga, saya bertemu dengan suami saya sekarang di perjalanan ke wawancara pekerjaan. Itu adalah cinta pada pandangan pertama. Bagi saya, hal itu lebih merupakan suatu reuni dengan seorang pasangan lama. Kami bergerak cepat, menikah setelah enam bulan, dan mempunyai seorang bayi setelah itu. Walaupun pernikahan saya berlangsung begitu tiba-tiba, saya bukannya tidak mempersiapkan diri. Jauh di lubuk hati saya tahu bahwa ini adalah bagaimana saya secara sadar memilih untuk menjalani hidup saya: untuk berhasil dalam kehidupan rohani dan duniawi. Saya ingin menguji kerohanian saya melalui kehidupan duniawi, dan menerapkan kebijaksanaan serta kebahagiaan yang saya peroleh dari latihan ke dalam keberadaan sehari-hari untuk melihat apakah saya dapat membuat “surga” dari situ.

Suami saya bukanlah saudara inisiat, dan saya tak dapat mengatakan bahwa ia seratus persen mendukung latihan rohani saya. Tetapi ia menghargai keyakinan pribadi saya dan toleran terhadap latihan saya, hal mana cukup memberi saya ruang gerak dan kebebasan untuk meneruskan perjalanan rohani. Saya juga menjalankan bagian tugas saya, kadang-kadang mengesampingkan meditasi kelompok untuk mengunjungi orang tuanya bersamanya pada akhir minggu. Saya kadang pergi ke gereja bersama suami saya untuk membiarkannya tahu bahwa saya sepenuhnya menghormati Yesus Kristus, walaupun saya bukan seorang Nasrani. Dan saya perlakukan teman-temannya dengan baik ketika mereka mengunjungi rumah kami untuk menunjukkan kepadanya bahwa saya tidak antisosial, walaupun kebanyakan teman saya adalah para praktisi.

Sejak menikah, saya memberikan perhatian yang sama besar terhadap kehidupan duniawi dan latihan rohani. Sebenarnya, saya menemukan bahwa saya harus memberi mereka perhatian yang sama besar untuk membuat mereka bekerja secara lebih baik. Berlatih Metode Quan Yin memberi saya kebahagiaan dan inspirasi batin yang konstan, yang pada gilirannya mempengaruhi dan memperbaharui pernikahan saya. Hubungan yang mantap dengan suami memberikan saya kedamaian pikiran untuk berlatih rohani. Saya tahu bahwa bila saya berfokus hanya pada satu bagian kehidupan saya, pada akhirnya saya akan merusak keduanya.

Bila orang tahu bagaimana menangani aspek duniawi dan rohani dari keberadaannya pada saat yang sama, tak akan ada konflik antara pernikahan dan latihan rohani. Berlatih dengan sungguh hati tanpa terpengaruh menjadi sederhana, tetapi dalam konteks pernikahan ia membutuhkan beberapa kualitas tambahan seperti keahlian-keahlian sebagai manusia, kecepatan melakukan pekerjaan rumah tangga, kemampuan untuk menjadi orang yang romantis, dan sebagainya. Sebenarnya, Guru telah mengajari kita segala detil untuk mendapatkan keahlian-keahlian ini dalam ceramah-ceramah-Nya.

Bagaimanapun juga, saya lebih banyak belajar dari teladan Guru daripada dari ajaran lisanNya. Guru tak pernah menyembunyikan tangis dan tawa-Nya; Ia memberikan pelukan hangat kepada orang untuk menunjukkan kasih-Nya, memberitahu kita dengan tepat apa yang Ia sukai dan yang tidak disukai, dan selalu berpakaian menarik untuk menyenangkan mata kita. Ia tak pernah berkata, “Saya berhenti” dan tak pernah meninggalkan kita sendirian di dunia ini, tak peduli betapa sulitnya situasi Beliau. Cara-Nya memperlakukan murid-murid-Nya, dengan penuh kasih dan sabar, memberikan kita suatu teladan yang baik tentang bagaimana memperlakukan pasangan seumur hidup kita.

 

Mengubah Pernikahan Meningkatkan Kerohanian

Oleh saudara inisiat Li, Daratan Cina (Asal dalam bahasa Inggris)

Menurut gagasan aliran Konfusius, menjalankan latihan rohani dimaksudkan untuk pertama-tama menyempurnakan individu, kemudian keluarga sang individu, negaranya, dan akhirnya dunia. Buddhisme juga menekankan pada memberi manfaat dan mencerahkan makhluk-makhluk hidup lain. Anggota keluarga adalah makhluk-makhluk hidup yang telah membentuk hubungan kuat satu sama lainnya pada kehidupan sebelumnya. Karena itu, keluarga adalah media yang alami melalui mana seseorang bisa mengembangkan latihan rohani.

Kasih sayang yang tercipta di antara anggota keluarga yang mempunyai pemahaman rohani dan cita-cita untuk mencapai pencerahan bukanlah ikatan. Sebaliknya, cinta seperti ini dapat membantu orang memecahkan mentalitas keakuan yang sempit. Saya selalu berpikir bahwa keluarga adalah sebuah pintu di mana orang dapat mengembangkan kasih melampaui dirinya sendiri, dan bekerja adalah sebuah pintu untuk meluaskan kebijaksanaan seseorang di luar zona kenyamanan seseorang. Kasih dan kebijaksanaan adalah sasaran utama dari latihan rohani.

Saya sangat beruntung dalam hal ini, karena istri saya sangat pintar dan sukses dalam studi dan karirnya, dan juga merupakan pasangan yang penuh perhatian. Saya belajar arti dari cinta tanpa syarat darinya, dan ia telah membantu saya mematahkan kerak keakuan saya.

Ia adalah seorang ateis ketika kami pertama kali berpacaran sekitar 12 tahun lalu, ketika kami masih kuliah dan saya masih berlatih bhakti yoga (yoga jenis bakti yang meliputi pelafalan dan doa). Beberapa tahun kemudian saya mulai mengikuti Maha Guru Ching Hai dan berlatih Metode Quan Yin. Selama tahun-tahun itu, saya coba membuat kehidupan spiritual saya tanpa formalitas yang tidak perlu, supaya tidak terlihat aneh di depan mata istri saya. Dibutuhkan waktu tujuh tahun sebelum istri saya menjadi vegetarian dan menjadi seorang praktisi. Akhirnya, ia diinisiasi pada tahun 1997.

Sejak kami menjadi rekan inisiat, tak ada sesuatu yang dramatis terjadi di antara kami. Kami saling mencintai satu sama lain sebagaimana sebelumnya dan juga masih bertengkar satu sama lain dari waktu ke waktu. Tetapi semakin banyak kebijaksanaan secara diam-diam menyebar ke dalam hubungan kami, dan terkadang, diskusi yang memberi inspirasi sehubungan dengan Guru, kehidupan, harapan-harapan, dan sebagainya terjadi di antara kami. Sekarang ini, cinta keluarga telah menjadi suatu inspirasi bagi kami berdua untuk mencari pencerahan.

Pada titik ini dalam kehidupan saya, saya telah menyadari bahwa, kalau saya benar-benar peduli akan istri saya, saya harus mencari lebih banyak kebijaksanaan dan cinta kasih. Bila saya gagal mendapatkan kebijaksanaan, saya bisa membawanya tersasar, ke kehidupan yang membosankan. Bila saya gagal mendapatkan cinta, saya bisa menyakitinya karena kepribadian saya yang tidak sempurna. Jadi, pengalaman dengan keluarga saya sangat positif dalam hubungannya dengan latihan rohani saya, dan sebaliknya.

Sebagai kesimpulan, Konfusius mengatakan bahwa seorang yang baik berbeda dengan orang lain tetapi hidup harmonis dengan mereka, sementara seorang yang tidak baik sama dengan orang lain tetapi senantiasa bersengketa dengan mereka. Seseorang harus mengharmoniskan diri dengan orang lain tanpa peduli apakah mereka menjalankan latihan rohani atau bervegetarian ataupun tidak. Janganlah memaksa orang lain untuk menerima Guru dengan segera, dan perlakukan mereka dengan kasih dan bijaksana, kemudian tunggulah dengan sabar sampai saat mereka tiba; itulah cara terbaik untuk membimbing mereka untuk menerima Guru dan mencapai kebebasan abadi.

 

Pembimbing Rohaniku

Oleh saudara inisiat Sunny, San Francisco, California, AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Istriku sangat gembira pagi ini, karena harapannya untuk mencegah saya pergi ke retret satu hari seminggu sekali di center kami telah terkabul. Ia salah ketika membenarkan ingatan saya bahwa hari itu adalah hari Jumat, jadi saya tanpa sengaja melewatkan retret Sabtu itu!

Walaupun istriku berlatih Metode Kemudahan, banyak konsep kami tentang kehidupan sangatlah berbeda; sebagai contoh, ia selalu ingin agar saya bersungguh-sungguh dalam pekerjaan saya, tetapi saya tidak tertarik untuk mencari uang seperti sebelum saya berlatih Metode Quan Yin. Dalam pandangannya, sikap ini betul-betul menyedihkan, dan ia selalu memarahi saya. Walaupun keyakinannya berbeda dengan saya, karena saya berlatih Metode Quan Yin, kami masih tinggal bersama secara harmonis.

Setiap hari, istriku menantang saya dalam hampir semua aspek kehidupan, dan selama saya mempertahankan ego saya, ia dengan segera berlaku bagaikan “neraka” bagi saya, atas alasan apa pun. Tetapi bila saya mengikuti ajaran Guru dengan tegas dan berhasil, ia mengizinkan saya tinggal di surga untuk sementara. Melalui latihannya, saya belajar bagaimana untuk memaafkan, dan mengalami bagaimana mencintai musuh. Ia memilih saya sebagai pasangan hidupnya, dan berakhir sebagai pelatih rohani saya  tanpa kartu inisiasi! Ia menyumbang banyak bagi latihan rohani saya, dan telah menderita sewaktu memainkan perannya sebagai tutor saya. Saya kira caranya memperlakukan saya serupa cara Guru melatih para murid biara-Nya di Miaoli. Terkadang saya berpikir bahwa ia ditugaskan Guru untuk membantu saya tumbuh dalam perjalanan pulang ke Rumah. Ketika saya menyadari ini, bukannya mengeluh, saya sungguh menghargainya.

Walaupun belum ingin diinisiasi, ia dengan gembira memasakkan makanan vegetarian bagi saya. Ia juga dengan tulus mendukung latihan saya lebih banyak lagi sejalan dengan waktu. Perubahan sikapnya belakangan ini sungguh mengherankan saya, karena saya tidak pernah berpikir bahwa orang sebandel dia akan berubah menjadi vegetarian setelah ia memakai gigi palsu.

Belum lama ini, ia mengalami perasaan “mati” selagi pencabutan 19 buah giginya dalam suatu operasi. Sikapnya tentang kehidupan berubah tak terduga semenjak itu, dan ia jadi lebih tertarik untuk belajar lebih banyak mengenai kerohanian.

Saya tahu bahwa Guru sedang mengangkat jiwanya, dan ingat bahwa Guru suatu kali mengatakan, “Seorang bayi takkan bisa berlari!!” Setiap orang punya tingkat dan waktunya sendiri, dan saya kira cepat atau lambat istri saya akan melangkah ke jalan yang sama seperti yang saya ikuti.

Saya memperlakukan pasangan saya dengan Kasih Guru sejak dari semula, dan ia telah berubah dengan amat halus tanpa saya sadari. Sering kali, saya merasa begitu kecewa hingga ingin menyerah, tetapi keyakinan saya pada ajaran Guru telah mengatasi cara berpikir yang negatif. Saya telah mengalami kekuatan besar dari kasih tanpa pamrih, dan percaya setulusnya bahwa istri saya adalah utusan Tuhan, yang dikirim untuk memberi saya pelajaran rohani. Darinya saya belajar bagaimana untuk memaafkan dengan belas kasih, dan betapa pentingnya untuk bersabar dan menunggu. Hanya karena saya memiliki keyakinan yang kuat atas hukum sebab dan akibat, cobaan-cobaan luar biasa yang sudah saya lewati melalui dirinya dalam kehidupan ini adalah pembayaran berikut bunga atas hutang-hutang saya padanya dalam banyak kehidupan di masa lampau. Dengan kesadaran ini, saya temukan bahwa untuk memaafkan seseorang, termasuk musuh Anda, tidaklah berat sama sekali!

 

Pernikahan - Suatu Alat yang Baik di Jalan Rohani

Oleh saudari inisiat Solange Mondesir, Nashville, Tennessee, AS (Asal dalam bahasa Spanyol)

Saya sudah bertunangan sewaktu menerima inisiasi dari Guru, dan karena sudah merupakan harapan saya untuk memiliki suatu keluarga yang bahagia, saya memutuskan untuk menikah. Secara tak terduga, apa yang menyusul setelah pernikahan adalah serangkaian masalah. Secepat saya memulai kehidupan pernikahan, saya merasa yakin bahwa suami saya akan mengikuti saya menjadi vegetarian, dan bahkan mendapat inisiasi suatu hari. Tetapi saat kenyataan membuktikan sebaliknya, saya merasa tertekan dan sedih. Terang saja, harapan saya sebelumnya hanyalah mimpi indah.

Situasi yang frustrasi ini mengilhami saya untuk berlatih lebih rajin lagi, yang saya rasakan sebagai satu-satunya jalan untuk membuat saya  merasa lebih baik. Saya gunakan setiap saat yang memungkinkan untuk bermeditasi. Dengan cara ini, Kekuatan Guru Batin secara perlahan-lahan mengubah saya, dan membantu saya menyadari serta menerima keputusan saya untuk mempunyai sebuah keluarga. Karena itu, saya harus menghadapi kenyataan dan bertanggung jawab. Guru mengajari saya untuk menerima suami saya dan mencintainya.

Dengan pertolongan yang tak nampak dari Guru, saya temukan bahwa kehidupan pernikahan bukanlah suatu halangan pada jalur rohani saya, bahkan sebaliknya merupakan suatu alat belajar yang sangat baik. Melaluinya, Guru telah mengubah diri saya dari dalam, membetulkan format pikiran yang sebelumnya egois, dan membiarkan saya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari ajaran-Nya mengenai cinta tanpa pamrih bagi  segala makhluk. Sekarang kehidupan keluarga saya telah bertambah bahagia. Selagi menjaga keluarga saya, saya merasa sangat damai dan tenang, dan dapat dengan lancar melakukan latihan rohani.

Kasih Guru yang tak terhingga memberkahi kami setiap hari. Walaupun suami saya belum diinisiasi ataupun menjadi seorang vegetarian murni, ia sangat jarang memakan daging. Dibandingkan dengan perangainya di masa lampau, ia telah berubah banyak, dan bahkan mendukung keputusan saya untuk ikut retret. Kami memiliki seorang anak perempuan berumur dua setengah tahun, yang mencintai Guru sepenuh hati. Ia adalah hadiah yang dianugerahkan Tuhan kepada saya. Atas karunia ini, saya berterima kasih kepada Guru dengan segenap hati saya. Seandainya bukan karena-Nya, hidup saya tentu akan sangat jauh berbeda!

 

Pelajaran-Pelajaranku Melalui Pernikahan

Oleh saudara inisiat Duc Vu, Indiana, AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Semasa remaja dan menjelang dewasa, saya pacaran dengan banyak gadis, sambil terus mencari orang yang “tepat”, “pasangan batin” yang benar-benar romantis, berdasarkan pada harapan dan imaiinasi saya. Namun, sekalipun ada beberapa yang “hampir”, saya belum pernah benar-benar jatuh cinta dalam hati saya, tetapi hanya terus memuaskan ego pria saya.

Saya sedikit paham tentang horoskop Cina, dan di usia 30, saya bertemu seorang wanita muda (istri saya sekarang) yang mempunyai tanda bintang yang menunjukkan “kualitas batin yang baik” dan banyak tanda lain yang menunjukkan bahwa kami kelak akan menjadi suami istri! Jadi, beberapa tahun kemudian, kami menikah, tetapi sayang sekali, konflik mulai muncul di antara kami segera sesudahnya! Terjadi begitu banyak keributan, sakit hati dan frustrasi di dalam keluarga kami, bahkan lebih banyak lagi setelah dua anak kami lahir. Pikiran kami bekerja dalam cara yang sama sekali berbeda, disebabkan oleh latar belakang kami yang berbeda, kepribadian, suka dan tidak suka, dan sebagainya - kami sama sekali berlawanan! Kami tinggal di rumah yang sama tapi seakan terpisah beberapa dunia. Kemudian, setelah sepuluh tahun usaha yang panjang untuk mempertahankan pernikahan kami bersama, kami menemukan satu hal yang sama di antara kami: Maha Guru Ching Hai! Istri saya dan saya mencintaiNya dengan segera dan dengan tulus ingin berlatih rohani. Tahun berikutnya, seluruh keluarga kami menerima inisiasi.

Guru datang ke dalam keluarga kami untuk menghangatkan hati kami. Sejak itu, ia senantiasa berada di belakang layar, mengajari kami untuk menjadi lebih toleran, sabar, dan memaafkan satu sama lain. Melalui pengalaman yang banyak, Metode Quan Yin telah melembutkan ego kami, dan memperluas cinta kami, belas kasih, dan pengertian, yang membawa istri saya dan saya lebih dekat lagi. Sebagai contoh, suatu hari, di dalam mimpi saya melihat istri saya pergi dengan barang-barang miliknya. Saya tiba-tiba merasa sangat sedih, karena cinta melimpah di dalam hati saya, dan kemudian saya memanggilnya untuk kembali. Untung saja, ia melakukannya! Dengan demikian Guru telah menyegarkan kembali cinta di hati saya, dan dengan perlahan-lahan mengubah suasana keluarga kami menjadi riang, cinta kasih, dan kedamaian. Ada suatu lelucon biasa, tetapi mengandung arti yang sangat dalam mengatakan bahwa bila bukannya karena pernikahan, pria akan menjalani hidup dengan anggapan mereka tak pernah berbuat kesalahan apa pun!

Saya akhirnya sadar bahwa pernikahan saya sesungguhnya adalah sebuah sekolah di mana saya dapat belajar untuk mencintai, yang belum pernah saya ketahui bagaimana melakukannya sebelumnya. Meditasi Cahaya dan Suara memberikan saya petunjuk batin yang mengubah saya setiap hari. Melihat kembali selama sepuluh tahun lebih berlatih Metode Quan Yin, saya tak bisa membayangkan diri saya sebelumnya. Saya juga mengerti sekarang bahwa tidak ada hubungan pernikahan yang “sempurna”, dan yang tidak perlu kerja keras yang bersinambungan. Itu adalah bagian yang besar dari pertumbuhan rohani, sebuah potongan pembangun untuk menuju langkah selanjutnya pada tangga rohani menuju pencerahan sempurna, sesuatu yang harus kita upayakan daripada hanya berharap terjadi sebagaimana yang kita mau. Saya telah melihat bahwa komunikasi di antara pasangan selalu merupakan alat paling penting untuk suatu hubungan yang baik. Dan kesalahan paling umum pada suatu hubungan adalah salah satu pasangan “menganggap” atau “mengartikan” apa yang dipikirkan, disampaikan atau dilakukan oleh pasangannya.

Pada tahun 1998, saya menulis sajak berikut ini sebagai janji pernikahan tambahan bagi istri saya. Saya ingin mempersembahkannya kepada semua suami yang pernah memiliki hati “kayu” sebagaimana saya dulu.

Bagi Istriku:


Syukur pada Tuhan bagimu!
Syukur pada Tuhan atas cintamu.
Aku menyesal atas apa yang terjadi dulu -
Telingaku tuli,
Mataku buta,
Dan hatiku tertutup!
Sekarang ia-pun hidup.
Kutitikkan air mata ...
Dalam kebahagiaan!
Atas apa pun yang tinggal,
Tahun-tahun mendatang,
Dalam perjalananku yang terakhir,
Mereka bagimu
Dan hanya kau, sayangku!


Mutiara Kebijaksanaan

Hakikat Pernikahan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Sao Paulo, Brasil, 15 Juni 1989 (Asal dalam bahasa Cina)

Tak ada yang salah dengan pernikahan. Pernikahan menjadi tidak baik hanya jika orang memakainya sebagai alat untuk menurutkan kenikmatan fisik. Jika setiap pasangan dapat memperlakukan satu sama lainnya dengan rasa hormat, melahirkan anak-anak untuk meneruskan nama keluarga, hidup dalam damai dan harmonis, membesarkan anak-anak mereka, menjaga orang tua mereka, dan melayani masyarakat, maka pernikahan mereka pun baik. Itu akan memberi dorongan pada kita dan membuat hidup kita stabil. Itu akan memberi kita perasaan hangat dan saling percaya, begitu juga semangat bertekun dan giat untuk bekerja dan menghadapi masa depan. Pernikahan seperti ini sangatlah baik.

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Phnom Penh, Kamboja, 23 Juli 1996. (Asal dalam bahasa Cina)
Kaset Video No. 561

Kebaikan terdapat dalam pernikahan dan persahabatan di dunia ini. Manfaat terbesar adalah bahwa kita dapat saling menolong, dan saling mengingatkan satu sama lain akan Jati Diri di dalam dan akan pentingnya latihan rohani. Kalau ada situasi atau hubungan yang bisa selalu mengingatkan kita akan latihan rohani dan Jati Diri di dalam, itulah hubungan yang baik, dengan kasih sayang dan perasaan yang baik.

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Malaysia, 25 Februari 1992
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 219

Tuhan tidaklah berpikiran sempit dengan melarang kita mencintai suami atau istri kita seperti yang biasa kita lakukan. Tuhan tidaklah begitu kejamnya hingga memisahkan pasangan yang saling mengasihi agar dapat mencapai-Nya. Kita harus memperluas hati kita untuk mencintai Tuhan dan begitu pula makhluk-makhluk lainnya, termasuk anggota-anggota keluarga kita. Jika kita dapat mencintai makhluk-makhluk lainnya yang jauh dan asing bagi kita, mengapa kita tidak mencintai anggota-anggota keluarga kita, orang-orang dekat yang kita cintai?

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Singapura, 10 Maret 1993
(Asal dalam bahasa Inggris)
Pita Video No. 329

Masalah pribadi, masalah keluarga, tampaknya tidak termasuk bidang rohani. Tetapi memang iya. Karena apa baiknya bagi Anda, bagi saya, mengajarkan Anda bermeditasi dan menjadi orang Kudus sementara hidup Anda menderita, suami Anda dalam kesulitan dan kesepian, dan anak-anak Anda merasa tidak bahagia karena perpecahan keluarga? Dan saya berkeinginan untuk membawakan Surga bagi Anda saat ini, bukannya neraka. Karena itu, apa pun di dunia ini yang dapat Anda gunakan untuk membuat hidup Anda  lebih baik, untuk memperindah lingkungan Anda, dan untuk memperkokoh, untuk mengkonsolidasikan pernikahan Anda, maka pergunakanlah, dan jangan terikat dengannya, melainkan hanya menggunakannya saja.

 

Bagaimana Pernikahan Bekerja

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional 5-hari, Long Beach, CA, AS, 28 Desember 1996
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 573

Pernikahan bukan berarti ikatan dan perbudakan. Pernikahan adalah kemitraan. Yang satu harus memberi dorongan pada yang lain. Ada orang yang salah mengerti, dan itulah sebabnya pernikahan tidak berhasil. Tetapi Anda harus menjadi orang yang mengerti dan mencoba untuk berlaku sepantasnya. Hanya setelah berulang kali mencoba dan tak ada yang berhasil, barulah Anda pertimbangkan, untuk kemajuan dan keselamatan rohani Anda sendiri, apa yang baik bagi Anda dan dia.

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional 5-hari, Long Beach, CA, AS, 28 Desember 1996
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 573

Karena itu jadilah orang yang sesuai dengan keinginan Anda, alih-alih memiliki orang yang sesuai dengan keinginan Anda. Jadilah begitu. Jika Anda ingin suami Anda bersifat romantis, mengapa bukannya Anda yang begitu? Nantinya ia akan belajar, ia akan bekerja sama. Atau jika Anda menginginkan istri Anda  menjadi menyenangkan dan romantis, maka beritahu dia apa yang Anda inginkan darinya, beritahu dia apa yang Anda sukai, atau berilah isyarat dengan cara yang sangat khusus. Berusahalah bagi hubungan kalian dan keluarkanlah segi-segi terbaik masing-masing. Itulah yang terbaik.

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional 5-hari, Long Beach, CA, AS, 28 Desember 1996
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 573

Cinta, seperti halnya pohon-pohon dan bunga-bunga, juga perlu disirami setiap hari, setidaknya di musim kering. Jika tidak, ia akan mati. Orang beranggapan: Oh! Aku cinta padamu, dan kemudian itu akan bertahan selamanya. Tidak, tidak. Anda harus memupuknya melalui pengabdian, melalui pembaharuan setiap hari, melalui penghargaan nilai dan cinta kasih satu sama lain, dan membantu pasangan Anda  mengembangkan kualitas terbaik dalam dirinya. Itulah pernikahan sejati. Itulah kemitraan yang sejati.

 

Memilih Gaya Hidup yang Terbaik

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional 5-hari, Washington, D.C., AS, 24 Desember 1997
(Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video No. 604

Jika Anda membujang, Anda punya masalah. Jika Anda menikah, Anda juga punya masalah. Tetapi dengan membujang, agak kurang masalahnya, saya harus mengatakan, lebih punya kebebasan, dan mungkin lebih sepi. Jika Anda menikah ada lebih banyak kegembiraan, tetapi juga lebih banyak masalah. Anda harus membayar apa pun yang ingin Anda peroleh dalam hidup ini. Dan Anda harus menginginkannya, yang manapun. Jadi putuskan sendiri. Bukannya berarti kalau menikah, Anda tak bisa menjadi orang Kudus.

 


Spiritualitas dan Ilmu Pengetahuan

Keajaiban dari Kekuatan Berkah

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Natal Empat-hari,
Florida, AS, 26 Desember 2001 (Asal dalam bahasa Inggris)

Praktisi: Ada bukti fisik di masa kini bahwa ketika Anda memberkahi sesuatu, Anda mengubah struktur molekulnya. Saya lihat di Internet bahwa ada seorang ilmuwan Jepang yang mengambil air, seperti air terpolusi, misalnya, dari suatu sungai di Jepang. Dan lalu ia membekukannya serta memperbesarnya 500 kali. Dan ia memotretnya. Air yang sangat terpolusi tak punya bentuk; tampak seperti lumpur, sebagaimana benda berlumpur yang besar.

Dan lalu ia pergi ke suatu biara dan meminta salah satu pendeta untuk memberkahi air tersebut, air yang persis sama, dari contoh yang sama. Sesudah itu, ia membekukan airnya, memotretnya, dan rupa lumpur tersebut telah berubah jadi suatu struktur kristal yang indah. Bagaikan gumpalan salju. Lalu ia memutuskan untuk meneruskan percobaan itu. Ia mengambil contoh air yang lain dan menaruh "Terima kasih" pada tempat air itu; ia menempelkan kata-kata itu di sana. Dan lalu memotret air tersebut dan ternyata punya struktur yang berbeda, ia mendapat gambar yang berbeda, seakan-akan air itu punya semacam bahasa.

Dan lalu ia mengambil air itu dan berkata, "Mari perdengarkan musik kepada air itu". Maka ia letakkan air itu dekat musik hard-rock, musik heavy-metal, musik yang sungguh ribut. Dan air itu seluruhnya terdistorsi, dan nampak seakan ada wajah-wajah di sana. Lalu diambilnya air itu dan mengatakan, misalnya, "Mahatma Gandhi", atau "Ibu Teresa" di dekatnya. Dan setiap pemikiran atau setiap kata menghasilkan gambaran yang berbeda. Air itu berubah setiap kali, bahkan juga air yang terpolusi tadi. Jadi sungguh menakjubkan waktu kita berpikir mengenai makanan berkah Guru, dan bahkan diri kita sendiri, bahwa kita malahan mengubah struktur makanan ataupun air. Dan ada bukti fisik dari hal ini.

Guru: Kalian tahu, saya sangat pemalu. Waktu kalian bertanya terlalu banyak mengenai jenis kekuatan yang saya miliki, saya sangat kesulitan menjelaskannya. Jadi mungkin saya hanya memberitahukan kalian bahwa mereka bagaikan makanan atau seperti kue atau semacam itu. Tapi kalian harus menemukannya sendiri. Saya bukan agen iklan yang baik. Saya jarang berbicara tentang hal-hal semacam itu.

Kalau saya katakan sesuatu, katakanlah, "Guru", atau "Kuasa Guru". Yang saya bicarakan bukanlah tentang saya. Guru atau kuasa Guru, itu tidak bersangkutan dengan seseorang. Tapi hanya sebagai bukti fisik, setiap pendeta atau siapa pun dengan perhatian yang baik bisa memberkahi sesuatu dan membuatnya lebih baik dari tiada apa pun sama sekali. Ketika seseorang dengan kekuatan rohani memberkahi air, ia pun bercahaya. Dan kalian bisa melihatnya. Kalau kalian taruh dua macam air yang berlainan di sini, satu yang diberkahi dan lainnya tidak, yang diberkahi akan berkilauan cahaya.

Anak-anak, ataupun anjing akan mengenalinya. Kalian tidak perlu memberitahu mereka yang mana air diberkahi. Mereka akan langsung mengambilnya bukan yang satunya lagi, karena mereka bisa melihat cahaya itu. Tidak semua anak bisa melihat; anak-anak yang mudaan bisa, dan kebanyakan anjing, mereka bisa melihatnya. Mereka bisa melihat aura rohani orang. Itu sebabnya ada anjing yang menyalak pada beberapa orang, tapi tidak menyalak pada orang lainnya.

Jadi ada sesuatu seperti kekuatan rohani atau energi yang berlainan dari orang yang berbeda. Terkadang kalian pergi makan di suatu tempat atau restoran, dan meski kelihatannya bersih, kalian masih merasakan kotor. Itulah energi itu; ada kekuatan berkah yang hilang. Jadi banyak orang membawa makanan ke biara atau gereja untuk meminta pendeta atau komisarisnya, biarawan atau biarawatinya, memberkahi mereka. Ini ada pengaruhnya, walau biarawan atau biarawati itu, mungkin mereka sebenarnya tidak berlatih Quan Yin atau apa pun. Tapi mereka tulus, mereka murni dan mereka punya semacam kekuatan berkah. Sedikit banyak jadilah, walau tentu tidak sebaik dengan seorang yang sudah tercerahkan. Tapi masih lebih baik daripada tidak sama sekali, sebagaimana ditunjukkan oleh ilmuwan Jepang itu. Dan waktu kalian katakan pada orang, "Oh, terberkatilah hatimu!" atau, "Semoga Tuhan memberkati", itu sungguh punya efek. Jadi katakanlah hal-hal semacam ini. Harapkan kebaikan terjadi pada orang.

Kekuatan Pikiran dan Emosi Dibuktikan

Oleh saudari inisiat Sophie Lapaire, San Jose, CA, AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada retret Natal yang baru-baru ini diadakan di Florida, seorang saudara sepelatihan bertanya kepada Guru mengapa pada waktu para saudara orang Barat datang untuk mengambil permen dan buah-buahan yang telah diberkahi, mereka hanya mengambil sedikit, dengan tenang dan sopan, sementara para saudara-saudari orang Asia cenderung lebih agresif dan kompetitif, mengambil segenggam penuh setiap kalinya. Saudara ini meneruskan pertanyaannya dengan cara yang sangat lucu barangkali saja ada sesuatu yang belum diberitahukan kepada para saudara dari Barat dan hilang mengenai makanan berkah. Dengan ini dimulailah diskusi yang sungguh-sungguh yang mana dijawab oleh Guru bahwa Ia sangat segan membicarakan apa yang terjadi apabila Ia memberkahi makanan, tetapi mungkin orang-orang merasakannya sangat istimewa karena Guru hanya menyirami makanan tersebut dengan kebaikan - permohonan yang baik akan kesehatan, kebahagiaan, pencerahan dan belas kasih. Ia menambahkan bahwa, sejak Ia memulai kegiatan khotbah di Asia, para praktisi Asia boleh jadi telah mendapat kesempatan lebih banyak untuk mengalami dan menguji makanan berkah ini, jadi mungkin karena itu mereka lebih menghargainya.

Diskusi ini mengingatkan saya akan sebuah artikel yang pernah saya baca beberapa bulan sebelumnya di Internet yang menjelaskan tentang bukti fisik bahwa lingkungan kita diubah oleh pikiran dan emosi kita.

Pesan-pesan datang dalam berbagai bentuk. Kadang mereka muncul ketika kita secara acak membolak-balik halaman-halaman sebuah buku, dan adakalanya mereka muncul dalam kata-kata seseorang yang benar-benar asing bagi kita, menggemakan pertanyaan yang hanya diketahui oleh kita. Mereka juga ditemukan dalam botol-botol yang hanyut ke pinggir pantai. Bahkan sesuatu yang amat mendasar bagi kehidupan seperti halnya air, punya semacam kecerdasan bawaan melalui mana ia dapat berkomunikasi dengan kita. Teknologi modern bisa mendemonstrasikan bahwa pikiran dan emosi kita dapat mengubah bukan saja keberadaan fisik kita, tetapi juga dunia sekeliling kita.

Dalam dunia ilmu pengetahuan, kecuali jika sebuah percobaan bisa diulangi oleh pengamat independen, kesimpulannya dianggap tidak sahih. Jadi ini persis yang dilakukan oleh Dr. Masaru Emoto, seorang peneliti visioner dari Jepang. Melalui percobaan yang berulang-ulang ia mendemonstrasikan bahwa pikiran dan emosi manusia dapat mengubah struktur molekul air. Kini, untuk pertama kalinya, ada bukti fisik bahwa kekuatan pikiran kita dapat mengubah dunia di dalam dan di sekeliling kita. Efek lanjutan dan lompatan kuantum dari penemuan ini dengan cepat tersebar ke seluruh dunia. Jika Anda skeptis dan memerlukan bukti, nah, sekarang Anda mendapatkannya!

Semua berawal di tahun 1994 ketika Dr. Masaru Emoto mengambil contoh air dari berbagai sumber, membekukan beberapa tetes, memeriksanya di bawah mikroskop yang gelap dan memotretnya. Pertama kali dia membuat percobaan dengan air dari suatu sumber yang murni di Jepang. Gambarnya menunjukkan bentuk kristal yang indah (Foto 1). Kemudian dia melakukan hal yang sama pada air yang berasal dari sungai yang terpolusi. Hasilnya adalah pola yang keruh dan kotor dengan struktur yang sangat kecil (Foto 2). Kemudian dia meminta seorang pendeta dari sebuah kuil untuk mendoakan contoh air terpolusi itu dan mengulangi percobaannya dengan rasa ingin tahu. Yang mengherankannya, sebuah struktur kristal indah lainnya muncul lagi (Foto 3) Percobaan ini diulang berkali-kali dengan hasil yang sama. Peneliti tersebut kemudian memaparkan contoh-contoh air ini dengan jenis-jenis musik yang berlainan. Musik klasik selalu merefleksikan pola-pola yang indah (Foto 4), sementara musik 'heavy metal' dan 'rock and roll' menciptakan gambaran yang terdistorsi, tanpa bentuk dan tercoreng (Foto 5), seakan-akan jenis musik ini telah menghancurkan keseimbangan yang rapuh dari molekul-molekulnya. Dia terus melakukan percobaan, kali ini dengan menuliskan kata-kata pada potongan-potongan kertas dan menempelkannya pada gelas bening untuk melihat apa yang akan terjadi. Dia mencoba menggunakan kata-kata yang positif seperti "Cinta" dan "Terima kasih" (Foto 6) dan setiap kali muncul pola kristal yang halus dan indah. Dia mencoba "Kau memuakkanku. Akan kubunuh Kau" (Foto 7) dan setiap kali teramati pola yang terdistorsi, ketakutan dan keruh. Dia bahkan juga mencoba dengan nama-nama seperti "Gandhi", "Ibu Teresa" (Foto 8) dan "Hitler" (Foto 9) dan didapat hasil yang sama.

Dr. Emoto segera menyadari bahwa segala sesuatu adalah hidup dan mempunyai frekuensi getar, medan resonansi magnetik, yang merupakan sumber energi di balik penciptaan semua yang ada. Dia bahkan dapat mengukur medan ini dengan menggunakan Penganalisa Resonansi Magnetik. Penelitian ini sungguhlah menjelaskan mengapa meditasi Suara sangat berdaya kuasa. Tidak terlewatkan satu hari pun ketika saya tidak menyadari bahwa beberapa komitmen yang kita buat bagi diri kita sendiri saat berlatih Metode Quan Yin adalah yang paling sedikit dan paling sederhana, tetapi merupakan pengalaman paling berdaya kuasa dan mengubahkan yang dapat kita peroleh (dan tanpa efek samping!).

Setelah melakukan banyak percobaan, Dr. Emoto menemukan bahwa kombinasi pikiran yang paling berdaya kuasa dalam kapasitas untuk mengubah adalah "Cinta dan Rasa Syukur" (Foto 10).

Apa yang membuat penemuan ini sangat menakjubkan adalah bahwa kita hidup di planet yang lebih banyak tertutup oleh air daripada daratan, dan tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Maka jika kita mempunyai daya kekuatan untuk mengubah struktur medium yang membuat diri kita, dengan hanya membuat pola-pola pikiran positif, kita dapat mengembalikan tidak hanya kesehatan kita tetapi juga setiap orang di sekitar kita, dan bahkan planit ini, dengan setiap pikiran kita.

Pikirkanlah tentang apa yang dapat dilakukan oleh ucapan syukur dan doa sebelum makan bagi kesehatan Anda. Dulunya saya percaya bahwa hal itu untuk menghentikan mental bisnis pada hari itu dan menjadikan diri saya dalam keadaan yang lebih menerima. Kini saya tahu bahwa bahkan makanan yang akan saya makan juga akan ditransformasikan.

Jika tujuan kita di dunia ini sesungguhnya untuk memberkahinya, maka cara apa lagi yang lebih baik bagi kita agar waspada dan penuh tekad dalam menjaga kualitas pikiran dan emosi kita selain dengan Metode Quan Yin? Pemahaman akan hal ini sungguh memberikan arti baru bagi latihan penguasaan-diri. Sekarang kita tidak dapat lagi berpura-pura bodoh atau menganggapnya sebagai masalah agama. Dan jika terkadang saat merasa lelah kita bertanya-tanya apakah kita sungguh membuat suatu perbedaan, maka kita harus memikirkannya lagi!

Catatan:

Sumber Foto:

Foto 1 - Foto 9 :
Dari http://www.rainbowjaguars.com/hadoindex.html 
Foto 10:
Dari http://www.spiritofmaat.com/archive/nov1/cwater.htm 
Untuk informasi lebih lanjut tentang hal ini, kunjungilah:
http://www.rainbowjaguars.com/hadoindex.html 

Foto 1: Air dari sumber yang murni di Jepang
Foto 2: Air terpolusi sebelum didoakan
Foto 3: Struktur kristal air yang indah setelah didoakan
Foto 4: Struktur kristal air yang dihasilkan oleh musik klasik
Foto 5: Struktur kristal air yang dihasilkan oleh musik 'heavy metal'
Foto 6: Struktur kristal yang dihasilkan oleh "Terima kasih" dalam Bahasa Jepang.
Foto 7: Struktur kristal yang dihasilkan oleh "Kau memuakkanku. Akan kubunuh Kau".
Foto 8: Struktur yang dihasilkan oleh "Ibu Teresa".
Foto 9: Struktur yang dihasilkan oleh "Hitler".
Foto 10: Struktur kristal dari "Cinta dan Rasa Syukur".
 

Kasih dalam Perbuatan

Laporan dari San Francisco, AS

Menolong Kaum Tunawisma selama Musim Liburan

(Asal dalam bahasa Inggris)

Biaya sewa gedung sangatlah mahal di San Francisco, dimana perumahan yang terjangkau terbatas jumlahnya. Akibatnya, kota ini memiliki tingkat tunawisma tertinggi di seluruh Amerika. Dalam usaha meringankan beban hidup kaum yang kurang beruntung selama musim liburan baru-baru ini, rekan-rekan inisiat dari Center San Francisco mengumpulkan waktu, uang dan beragam sumber daya untuk penyelenggaraan program bantuan bagi tunawisma.

Kegiatan tertuju pada sekelompok kecil penduduk terpinggirkan -- yaitu mereka yang terpaksa tidur di jalanan karena kurangnya tempat penampungan tunawisma.

Rekan-rekan inisiat membeli cukup bahan-bahan untuk menghangatkan para tunawisma ini, dan pada tanggal 2 dan 16 Desember malam, menyisir kota dari pukul 11 malam hingga pukul 3 pagi untuk mencari para tunawisma. Setiap orang menerima sebuah kantung tidur yang baru, sebuah baju hangat, sarung tangan, kaus kaki, sekotak makanan hangat, dan sebuah majalah Guru untuk dibaca. Senang rasanya melihat ekspresi wajah-wajah yang keheranan, bahagia dan gembira dari para saudara-saudari kita yang kurang beruntung itu saat menerima bingkisan.

Terbiasa dengan saat-saat gembira, ceria dan makmur, amatlah mudah membuat kita lupa betapa beruntungnya kita. Kita sudah terbiasa memperoleh kebutuhan hidup sederhana sehingga menganggapnya sebagai suatu keharusan. Membantu saudara-saudari kita yang membutuhkan mengingatkan kita bahwa ternyata banyak hal yang harus kita syukuri.

Keterangan Gambar: Menjelang subuh, rekan-rekan inisiat dari San Francisco keluar mencari kaum tunawisma dan memberi mereka barang-barang untuk menghangatkan tubuh serta makanan hangat selama hari-hari libur.

 

Laporan dari Formosa

Konsultasi Kesehatan dan Potong Rambut bagi Suku Pedalaman

Pada tanggal 30 Desember 2001, suatu regu terdiri dari tigapuluhan lebih rekan inisiat dari seluruh Formosa mengunjungi suku Bunun yang terpencil (sekelompok suku asli di Daerah Pegunungan Formosa Tengah) untuk mengadakan konsultasi kesehatan dan pemotongan rambut gratis bagi penduduk setempat di Sekolah Dasar Daun Merah di Desa Daun Merah, Kabupaten Taitung.

Ketika rekan inisiat sedang mempersiapkan segala sesuatunya, beberapa anak setempat sudah berbaris untuk potong rambut. Tetapi jelas mereka lebih tertarik pada meja tempat pembagian makanan berkah. Waktu membuka bungkusan berharga berisi permen dan biskuit, mereka tidak menyembunyikan kebahagiaan pada wajahnya. Petugas Sekolah yang bertugas, nona Wang, membantu kami menerjemahkan, membuat konsultasi kesehatan lebih lancar bagi dokter-dokter kami, yang juga merupakan rekan-rekan inisiat.

Warga dewasa menggunakan bahasa isyarat dan berbicara dalam bahasa Bunun, mencoba menjelaskan problem kesehatan mereka. Ketika nona Wang sibuk menerjemahkan para pasien, saudara Han, yang telah lama berpraktek pengobatan syaraf tulang belakang pada masyarakat asli Formosa, membantu berkomunikasi dengan pasien menggunakan bahasa Jepang sederhana, yang dipakai oleh sebagian kaum tua suku Bunun. Usahanya memecahkan masalah kekurangan tenaga penerjemah. Melalui pengalaman ini, kita lebih menyadari lagi mengapa Guru selalu ingin agar rekan inisiat belajar lebih banyak lagi bahasa asing. Cepat atau lambat, kita akan jadi penerang bagi dunia,” Itulah yang pernah Guru ucapkan. Karenanya, setiap rekan inisiat harusnya menguasai komunikasi dasar dengan orang-orang yang berlainan budaya.

Beberapa pengunjung dari luar desa juga memanfaatkan kesempatan langka ini untuk meminta rekan inisiat merawat mereka. Ketika beberapa pengunjung menemani kami mencicipi sup panas dan bacang vegetarian, yang telah kita persiapkan, mereka terheran-heran karena makanan vegetarian bisa begitu enak! Jadi, sebagai tambahan dari kegiatan konsultasi kesehatan gratis, kami juga mempromosikan gaya hidup vegetarian. Kami berharap bahwa para pengunjung tak diduga ini akan mencoba menjalani diet vegetarian dan mengikuti deretan mereka yang mencari pemurnian dunia.

Kegiatan mestinya berakhir tengah hari. Namun atas permintaan penduduk desa, kami teruskan lagi selama 30 menit, sehingga mereka yang hanya bisa kembali ke rumah saat tengah hari juga sempat menikmati kasih Guru. Dengan kebahagiaan tak terbatas, kami bersyukur pada Guru atas karunia-Nya yang telah memberi kami kesempatan berinteraksi dengan begitu banyak penduduk setempat. Kami berharap semoga penduduk Bunun, dengan berkah Guru, akan segera sembuh dari sakitnya, dan segera menemukan jatidiri-Nya, yang bebas selamanya dari kelahiran, kematian, sakit dan penderitaan.

Keterangan Gambar
1. Saudari inisiat sedang memotong rambut penduduk Bunun.
2. Para dokter dari rekan inisiat memeriksa penyakit penduduk setempat, membuat resep dan melengkapinya dengan terapi perawatan syaraf tulang belakang.

 

 

Tabel 1: Dana Bantuan bagi Rumah Tangga yang Membutuhkan di Formosa bulan November dan Desember 2001 (Satuan: NT$)

 

November 2001

Desember 2001

 

Tempat

Jumlah Rumah- tangga

    Jumlah

Jumlah Rumah- tangga

Jumlah

Apendiks

Keelung

1

2,000

1

2,000

1

Taipei

8

21,000

8

21,000

2

Taoyuan

1

2,000

1

2,000

3

Hsinchu

1

3,000

2

6,000

4

Taichung

8

26,000

8

26,000

5

Nantou

6

23,000

6

23,000

6

Chiayi

3

8,000

3

8,000

7

Tainan

1

4,000

1

4,000

8

Kaoping

4

12,000

4

12,000

9

Taitung

4

10,000

4

10,000

10

Subtotal

37

NT$111,000

38

NT$114,000

 

                                      Total:    NT$ 225,000

 

 

Tabel 2: Pengeluaran biaya atas Berbagai Kegiatan di Formosa selama November and Desember 2001 (Satuan: NT$)

Tempat

Tanggal

Keterangan

Jumlah

Apendiks

Miaoli

4 Nov.

Penyisiran Jalan Raya Miaoli No.28 sebagai dukungan atas proyek pemeliharaan lingkungan yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Hsihu (didukung oleh para relawan)

0

 

Taipei

10 Nov.

Sumbangan bagi Pengumpulan Dana "Sayangi Anak-anak" Sekolah Dasar Tachih untuk pengembangan sekolah dan pelajar yang membutuhkan

10,000

A

Pintung

15 Nov.

Kunjungan selama 3 hari (Nov. 13-15), termasuk lokakarya peningkatan rohani dan sesi pengajaran meditasi di rutan Pingtung (didukung oleh para relawan)

0

 

Kaohsiung

17 Nov.

Pameran kesenian, lokakarya peningkatan rohani, sesi pengajaran meditasi, dan contoh makanan vegetarian bagi pelajar dan fakultas, disponsori atas undangan Institut Teknologi Lingkungan dari Universitas Nasional Sun Yat-sen

4,900

B

Nantou

21 Nov.

Lokakarya peningkatan rohani dan sesi pengajaran meditasi di rutan Nantou  (didukung oleh para relawan)

0

 

Taipei

25 Nov.

Biaya Pelatih kepada Palang Merah Republik Taiwan Cabang Taipei untuk acara pelatihan "P3K Bagi Pengendara" untuk anggota-anggota Taipei

25,600

C

Taichung

27 Nov.

Lokakarya peningkatan rohani dan sesi pengajaran meditasi bagi para penghuni di rutan Taichung (didukung oleh para relawan)

0

 

Tainan

29 Nov.

Lokakarya peningkatan rohani dan sesi pengajaran meditasi bagi para penghuni di rutan Tainan (didukung oleh para relawan)

0

 

Taipei

18 Des.

Mensponsori fasilitas lampu penerangan SLTP Lung Shan di Taipei (9 Des. 2001 hingga 8 March 2002)

30,000

D

Tainan

19 Des.

Lokakarya peningkatan rohani, sesi pengajaran  meditasi dan acara hiburan serta kebudayaan bagi para penghuni di rutan Tainan (didukung oleh para relawan)

0

 

Tainan

26 Des.

Lokakarya peningkatan rohani dan pengajaran meditasi bagi para penghuni di rutan terbuka Tainan Mingde (didukung oleh para relawan)

0

 

Tainan

27 Des.

Lokakarya peningkatan rohani dan sesi pengajaran meditasi bagi para penghuni di rutan Tainan (didukung oleh para relawan)

0

 

Taitung

30 Des.

Konsultasi kesehatan cara Barat dan Tradisional Cina serta layanan gunting rambut bagi penduduk pegunungan terpencil di pinggiran kota Yenping, Kabupaten Taitung

7,623

E

Total:

NT$78,123

 

 

 

Tabel 3: Upaya Bantuan di Seluruh Dunia Oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, Januari hingga Desember 2001.

Negara yang Dibantu

Bulan
/Tahun

Keterangan Upaya Bantuan

Jumlah Pengeluaran

Nilai dalam US$

Acuan Majalah Berita No.

Kanada

Feb. 2001

Hadiah Tahun Baru bagi rumah tangga korban gempa bumi.

US$10,000

US$10,000

 

India

Feb. 2001

Bantuan bagi korban gempabumi di Negara Bagian Gujarat.

US$35,908

US$35,908

120,121,123

El Salvador

Feb. 2001

Bantuan bagi korban gempa bumi.

US$19,323.20

US$19,323.20

121,123

Daratan Cina

Feb. 2001

Bantuan bagi korban bencana badai di Mongolia Dalam.

US$3,800

US$3,800

120

Filipina

April 2001

Bantuan bagi rumah tangga korban.

US$50,000

US$50,000

123

AS

Sept. 2001

Bantuan bagi korban bencana di AS tanggal 9-11.

US$361,057.28

US$361,057.28

126,127,129

Afghanistan

Okt. 2001

Bantuan bagi pengungsi Afghanistan.

US$100,000

US$100,000

127,128

Formosa

Juli 2001

Bantuan bagi korban Taifun Toraji.

NT$390,692

US$11,259.12

125

Formosa

Sept. 2001

Bantuan bagi korban Taifun Nari.

NT$187,686

US$5,408.82

126,127,129

Formosa

Jan. ~ Des. 2001

Kunjungan rutin bulanan ke rumah tangga korban di seluruh pulau.

NT$1,449,000

US$41,757.93

120,123,125,127,

129,131

Formosa

Jan. ~ Des. 2001

Kegiatan sosial dan amal di seluruh pulau.

NT$485,641

US$13,995.42

120,123,124,125,

127,129,131

Total:

US$652,509

 

 

 


Seni Adikarya

Merek Teragung di Jagad Raya

Oleh saudari inisiat Lu-yi, Taipei, Formosa

Meskipun saya sudah diinisiasi selama beberapa tahun, saya masih saja menyukai barang-barang mode merek terkenal, dan juga sangat mencermati informasi dan arah mode mutakhir. Saya malu mengatakannya, sementara rekan-rekan inisiat lainnya mengalami kemajuan dalam pertumbuhan spiritual, saya mengalami kemajuan dalam kesadaran mode busana!

Jadi, secara alamiah, saya pun mencermati berbagai rancangan Perhiasan Surgawi karya Guru, dan belajar banyak darinya. Misalnya, Papa (Matahari) dari koleksi Perhiasan Surgawi adalah rangkaian yang tertinggi yang bernilai lebih dari harganya! Karena di antara seluruh mutu manikam, zamrud adalah yang paling langka dan paling mahal. zamrud ditambang di Kolumbia, Pakistan dan tempat-tempat lain, dan lapisan endapan tanah di mana mineral ini ditemukan hanya dapat terbentuk sesudah masa pergerakan kulit bumi yang sangat lama. Lebih lagi karena zamrud memiliki kekerasan yang relatif rendah, timbunan mineral lain sering juga ditemukan di dalam batuan jenis ini. zamrud yang warnanya lebih pekat dan cerah, dan sedikit kandungan mineralnya digolongkan sebagai batuan berkelas lebih tinggi. Dan sudah barang tentu, harganya pun meningkat. Disamping itu, permata yang ukurannya lebih dari satu karat sangatlah berharga. Jadi, saya sempat terperangah ketika mengetahui harga jual Perhiasan Surgawi “Papa (Matahari)”, yang terdiri dari zamrud bermutu tinggi. Karya Seni bermutu tinggi itu sendiri saja sudah membuatnya sangat berharga. Rancangan koleksinya mencerminkan gaya Bohemia yang baru saja sangat populer di dunia perhiasan - menciptakan suasana romantis dan indah sekali dengan rancangan sangat sederhana. Koleksi Perhiasan yang sempurna ini dijual hanya senilai 60% dari harga pasarnya!

Perhiasan Surgawi lainnya yang memberi saya inspirasi mendalam adalah yang disebut “Gelang Kaki”. Dilekatkan pada gelang nan indah ini beberapa hiasan kecil, termasuk sebuah harpa, yang mengingatkan saya akan Irama batin, seekor elang, simbol dari ego, dan seekor burung phoenix muncul dari dahan pohon, keseluruhannya menggambarkan berbagai tingkatan rohani dan mengingatkan kita untuk tidak lupa kembali ke Rumah, kembali ke Kerajaan Surga, tempat jiwa kita berasal. Perhiasan ini tidak saja diukir dengan halus, melainkan juga penuh arti. Keunikan lain yang menarik adalah tiap hiasan pada gelang ini dapat dilepas dan dipasangkan lagi pada kalung membentuk bandul yang terpisah-pisah. Rancangan Perhiasan Surgawi ini, yang sudah tersedia sejak beberapa tahun yang lalu, adalah salah satu favorit saya.

Pada musim dingin 2001, di sebuah majalah mode yang khusus menampilkan merek-merek terkenal, saya lihat bahwa suatu perusahaan pembuat perhiasan terkenal didunia memamerkan sebuah gelang yang mirip sekali dengan “Gelang Kaki” rancangan Guru. Bedanya adalah gelang ini dibuat berbentuk rantai, serangkaian cincin yang saling bertautan, dan dari emas 18 karat. Bandul pada gelang berbentuk Menara Eiffel, Bola Dunia, botol anggur, tas tangan, gembok, dan sebagainya. Apa yang membuat saya terkejut adalah rancangan gelang yang belakangan ini persis seperti rantai kemelekatan duniawi yang membelenggu jiwa kita kehidupan demi kehidupan! Seluruh hiasan itu melambangkan nafsu materialis. Kemurungan dan penderitaan jiwa didalam tertutup oleh gemerlap palsu dari emas. Dalam pandangan orang duniawi, mode dan merek perhiasan internasional yang paling top menunjukkan kedudukan dan status sosial mereka. Tetapi, menembus kebenaran di baliknya, praktisi spiritual mengerti dengan jelas bahwa merek-merek ini hanyalah alat yang secara effektif membelenggu jiwa kita pada keberadaan benda-benda ini. Label-label ini memberikan orang kesan yang salah bahwa mereka hanyalah identitas dan tubuh fisik semata, yang menyebabkan mereka menghabiskan hidupnya memburu keuntungan dan ketenaran, dan lupa untuk meneruskan perjalanan pulang ke Rumah.

Sebaliknya, Perhiasan Surgawi rancangan Guru membawa arti yang sangat dalam, yang secara terus menerus mengingatkan kita untuk mengejar pertumbuhan spiritual, dan kembali ke tempat asal kita di Surga. Karenanya, saya merasa sangat beruntung, karena Tuhan telah mengizinkan saya menemukan merek Teragung dan memilikinya. Merek ini tak tertandingi dan tak ternilai harganya, sekarang saya sudah mendapatkanNya tanpa mengeluarkan sesen pun. Merek yang teragung diseluruh jagad raya ini adalah “Metode Quan Yin”

 

Sampul-dalam-belakang-131:

Seni Adikarya – Di Rancang oleh Maha Guru Ching Hai

Perhiasan Surgawi "Papa": Memancarkan cahaya cemerlang bak Matahari; melambangkan kasih tanpa ego dari bapak.

Perhiasan Surgawi "Gelang Kaki": Mengungkapkan rahasia di luar dunia dan membawa simbol-simbol pesawat terbang, helikopter, UFO (pesawat luar angkasa), bunga teratai, naga, burung Phoenix, lonceng gereja, rajawali, dan sebuah harpa, yang menandai arah latihan rohani.

Beberapa buah gelang kaki dapat dirangkai menjadi sebuah kalung, dihias dengan satu atau beberapa hiasan sesuai pilihan anda.

 

Dunia Yogi Bahagia -- Menyambut Datangnya Tahun Kuda

Dinamis dan penuh daya hidup,
Dengan penampilan baru,
Kita maju dengan penuh semangat
Menyongsong masa depan yang cerah.

Tahun Ular telah memberikan jalan pada Tahun Kuda, yang melambangkan kehidupan yang dinamis dan penuh vitalitas. Saat ini, Kelompok Busana Surgawi SM menyelenggarakan pameran busana khusus berjudul “Menyambut Tahun Kuda” untuk merayakan Tahun Baru, mempersembahan beberapa kreasi Yogi Bahagia rancangan busana sehari-hari, dan membawa pemakainya harapan dan pandangan baru ke masa depan.

Kami setulusnya berdoa agar di Tahun Baru mendatang, semua rekan inisiat menikmati kemajuan rohani yang pesat, dan menjadi Yogi-yogi Bahagia yang sukses.

Jaket Musim Dingin:
Rancangan jaket Yogi Bahagia model mutakhir ini sangat tahan air dan angin, namun tembus udara. Bahan kelas atas yang digunakan terbuat dari serat Hytrel dari DuPont, dan jaket ini terdiri dari 2 lapisan. Lapisan luar tidak saja tahan air, melainkan juga sangat efisien untuk penyebaran uap, memiliki tingkat tembus sebesar 5.000. Lapisan dalam, sangat baik untuk menghilangkan uap, membuat pemakai tetap kering dan nyaman.

Tersedia dalam dua model: jumper (baju tanpa lengan) dengan penutup kepala, atau dua-muka seluruhnya. Kedua model terdapat dalam 3 kombinasi warna yang berbeda: luar merah/dalam biru Ming; luar hijau/dalam krem; luar biru safir/dalam kuning.

 


Cara Menghubungi Kami

"Perjalanan Melalui Alam Estetis" Kaset Video acara TV
E-mail: art&spirituality@Godsdirectcontact.org
Fax : 1-413-751-0848 (AS)

News Group (Grup Berita):
E-mail: lovesrc@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-801-7409196 or 886-946-728475

Bagian Buku S.M.:
E-mail: divine@Godsdirectcontact.org
Fax: 1-240-352-5643 or 886-943-802829
(Anda diundang untuk ikut menerjemahkan buku-buku Guru ke bahasa-bahasa lain.)

Meja Informasi Kerohanian:
E-mail: lovewish@Godsdirectcontact.org
Fax: 886-946-730699

S.M. Celestial Co., Ltd.
E-mail: smcj@ms34.hinet.net
Tel: 886-2-87910860 \ Fax: 886-2-87911226

The Supreme Master Ching Hai International Association Publishing Co., Ltd. Taipei, Formosa.
E-mail: smchbooks@Godsdirectcontact.org
Tel: (886) 2-87873935 \ Fax: (886) 2-87870873

Toko Buku Center LA
E-mail: vole@earthlink.net
Fax: 1-909-738-9992

Untuk info terkini mengenai anggota penghubung kami di seluruh dunia, harap mengunjungi situs berikut:
http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/cp/index.htm

 

 

Situs WWW Quan Yin

 

WWW:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw (Formosa; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)

http://www.smchbooks.com/ (Formosa; dalam bahasa Cina dan Inggris, Toko Buku SMCH)

http://www.Godsimmediatecontact.com (Singapura; dalam bahasa Inggris)

http://www.GodsImmediateContact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.Godsdirectcontact.or.kr (Korea; dalam bahasa Korea)

http://www.GodsImmediateContact.org (Jepang; dalam bahasa Jepang)

http://www.godsdirectcontact.or.id   (Indonesia; dalam bahasa Indonesia)

http://www.godsdirectcontact-thai.com/ (Thailand; dalam bahasa Thai)

http://www.godsdirectcontact.net (AS; dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan, Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com (AS; dalam bahasa Spanyol, Perancis, Inggris, dalam bahasa Cina tradisional & disederhanakan)

http://www.Godsdirectcontact.com/aulac/ (AS, dalam bahasa Aulac)

http://www.spiritweb.org/Spirit/media.html?who=Suma%20Ching%20Hai (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.Godsimmediatecontact.net/ (AS; dalam bahasa Inggris)

http://www.godsimmediatecontact.net/aulac (AS; dalam bahasa Aulac)

http://www.Godsimmediatecontact.org/video/ (di AS dengan Windows Media Video & Real Video; dalam berbagai bahasa)

http://www.GodsImmediateContact.tripod.com (AS; dalam bahasa Inggirs)

http://www.contactDirectAvecDieu.org (Perancis; dalam bahasa Perancis)

http://godsdirectcontact.rma.cz (Republik Ceko; dalam bahasa Ceko)

http://www.Godsdirectcontact.org (Kanada dengan layanan Real Audio; dalam bahasa Inggris, Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman; dalam bahasa Jerman)

http://www.Direkter-Kontakt-mit-Gott.org (Austria; dalam bahasa Jerman)

http://www.Godsdirectcontact.org.uk/  (Inggris;dalam bahasa Persia)

http://www.extra.hu/kozvetlen_kapcsolat_Istennel (Hongaria; dalam bahasa Hongaria)

http://www.geocities.com/godsdirectcontact_2000 (Polandia; dalam bahasa Polandia, Inggris, Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.com/IhavecometotakeyouHome (dalam bahasa Inggris) (Pesanan buku - Aku Datang Untuk Membawamu Pulang)

 

 

Untuk berlangganan versi E-mail, supaya bisa dikirim ke alamat e-mail pribadi Anda, harap mendaftar di salah satu situs berikut:

 

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/service/service.htm (Cina)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/service/service.htm (Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.org/au/service/service.htm (Aulac)

http://www.Godsdirectcontact.com/english/service.htm (Inggris)

http://www.Godsdirectcontact.com/spanish/service.htm (Spanyol)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/fan/service.htm (Cina, tradisional)

http://www.Godsdirectcontact.com/chinese/jian/service.htm (Cina, disederhanakan)

 

 

Alamat Situs-situs Majalah Berita Maha Guru Ching Hai:

Bahasa Cina Tradisional:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/ch/news/131/index.htm (Formosa)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/131 (AS)

http://www.Godsdirectcontact.net/ch/news/131/index.htm (AS)

Bahasa Cina yang disederhanakan: 

http://www.Godsdirectcontact.net/gb/news/131/index.htm (AS)

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/chinese/gb131/ (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gb/news/131/index.htm (Formosa)

Bahasa Inggris:

http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/english/131 (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org/eng/news/131/ (AS)

http://godsimmedatecontact.net/news/news131/ (AS)

http://www.Godsdirectcontact.net/eng/news/131/index.htm (AS)

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/news/131/index.htm  (Formosa)

Bahasa Aulac:

http://www.godsdirectcontact.org/aulac/news/ (AS; huruf VNI,VPS,VISCII and VNU)

http://godsimmediatecontact.net/aulac/n131/ (AS; huruf VNI)

Spanyol: http://www.Godsdirectcontact.com/eNews/spanish/ (AS)

Korea: http://www.Godsimmediatecontact.or.kr (Korea)

Jepang: http://www.Godsimmediatecontact.org/kannon/news/newsindex.htm (AS)

Indonesia: http://www.godsdirectcontact.or.id (Indonesia)

Perancis: http://www.contactdirectavecdieu.org/News/index.html  (Perancis)

Jerman: http://www.Godsdirectcontact.de (Jerman)

Thai: http://members.mweb.co.th/godsdirectcontact/ (Thailand)

 

 

Situs-situs download gratis untuk buku-contoh: Kunci Pencerahan Seketika (dalam 50 Bahasa)

http://www.godsdirectcontact.org.tw/eng/publication/sample/sample.htm

http://www.direkter-kontakt-mit-gott.org/download/index.htm

http://www.godsdirectcontact.org/sample/

 

 

 

 

 


 

-- Sekian --

 

 

TOP