Dunia Satwa

 

Persahabatan dan Kasih Feline Terhadap Orang yang akan Meninggal

Oleh Grup Berita AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Seekor kucing berusia dua tahun bernama Oscar di rumah jompo New England, AS sepertinya mempunyai kemampuan untuk meramal dan ia sekarang membantu menenangkan serta menemani mereka yang akan meninggal dunia. Sejauh ini Oscar telah menemani lebih dari 25 orang yang meninggal dunia di rumah jompo itu. Hal yang ia lakukan adalah melekuk di sebelah pasien pada saat-saat terakhirnya. Dikarenakan ketepatannya, staf rumah jompo sekarang memanggil anggota keluarga segera setelah mereka melihat Oscar duduk di ranjang pasien. Mereka tahu bahwa ini berarti orang tersebut mempunyai sisa waktu kurang dari empat jam.  

Oscar lebih pandai dalam memperkirakan waktu meninggalnya seseorang daripada orang-orang yang bekerja di sana, kata Dr. Joan Teno, seorang ahli perawatan penyakit mematikan yang merawat pasien di rumah jompo itu. Kehadirannya yang hangat telah memberikan arti yang besar tentang persahabatan yang penuh kasih dengan mereka yang akan meninggal dalam keadaan kesepian.

Kebanyakan keluarga berterima kasih atas peringatan dini ini. Mereka menganggapnya sebagai kesempatan untuk bisa mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang yang dikasihinya. Mereka juga menghargai Oscar karena kerabatnya dapat ditemani olehnya.

Baru-baru ini Oscar menerima sebuah plakat dinding dari sebuah rumah sakit setempat yang sekarang tergantung di dinding rumah jompo yang tertulis “Perawat rumah sakit yang welas asih.” Sebuah esai yang tajam tentang peranan yang unik dari kucing juga diterbitkan dalam edisi terbaru di Jurnal Kedokteran Inggris.

 

Sumber:
http://www.msnbc.msn.com/id/19959718/  
http://content.nejm.org/cgi/content/full/357/4/328